Tjandra Sutiono

Sepeda Motor Listrik

Sabtu, 18-07-2009 17:43:21 oleh: Tjandra Sutiono
Kanal: Gaya Hidup

Sepeda Motor Listrik

Sepeda motor listrik, apaan nih? Saya pertama kali kenal dengan sepeda motor listrik (molis) sudah 2 tahun lalu, waktu itu di Jakarta baru bermain 2 merk, yaitu Trekko dan E-Moto. Trekko adalah perusahaan lokal yang berlokasi di Cengkareng, sedangkan E-Moto didukung oleh Modern Grup. Produk keduanya nyaris sama baik bentuk maupun teknologi yang berbeda hanya harganya saja. Masing-masing mengklaim produk dan teknologi mereka lebih bagus. Tapi karena ini produk yang relatif baru, maka perhatian orang juga ditujukan dengan purna jualnya. Trekko memiliki jaringan penjualan di toko-toko sepeda serta mempunyai showroom di daerah grogol, sedangkan E-Moto menggunakan jalur FIP sebagai jalur distribusi di Jakarta, dan dealer serta sub dealer di daerah.

Dari beberapa tipe yang ada, ada yang bentuknya mirip dengan scooter eletric. Menggunakan molis ini di jalan suka dilirik orang yang heran dengan molis ini. Mereka bilang Mio kok nggak ada knalpotnya? Ada juga yang kaget mendadak ada kendaraan yang lewat dekat mereka padahal nggak ada bunyinya. Nggak usah heran karena molis ini tidak mengeluarkan suara, kecuali suara dinamo yang memutar ban belakang, dan itupun suaranya tidak keras.

Menggunakan molis sama saja seperti kita pakai motor bensin yang biasa kita kenal (mosin). Bedanya molis ini tidak pernah mampir ke SPBU cukup dicharging saja seperti kita punya handphone. Lamanya charge juga sama, kalo masih baru atau kosong sekitar 8 jam. Selanjutnya tergantung kapasitas sisa baterai. Rata-rata molis sudah mempunyai petunjuk km dan posisi baterai. Khusus untuk Nexus, selain dilengkapi dengan sensor lampu yang bisa otomatis menyala bila gelap, juga disediakan alarm, sehingga menambah keamanan molis ini. harga Nexus ini sekitar 7 jutaan.

Sewaktu pameran di PRJ kemarin harga didiskon rata-rata 20 %. Sedangkan untuk E-Moto didiskon lima ratus ribu rupiah. Type Xenos dan Titan sudah dilengkapi dengan tombol turbo, sehingga bisa mencapai kecepatan yang lebih tinggi. sekitar 50-60 kpj. Selanjutnya perbedaan lain barangkali karena kecepatan yang bisa dicapai molis rata-rata dibawah 50 kpj, mungkin kita harus terbiasa membawa molis berada disebelah kiri jalan dan tidak mendahului kendaraan yang sekiranya bisa lebih cepat dari kita. Tentunya juga perlu membiasakan diri dengan cara mengendalikan tali gas, karena ini berpengaruh terhadap tahan tidaknya baterai.

Awal mencoba membawa molis ini agak kaget dan tidak biasa karena berbeda dengan mosin yang bisa dibawa ngebut, tapi saat ini sudah merasa sangat nyaman dan seringkali menikmati pemandangan dijalan yang kadang-kadang tidak sempat kita lihat. Jarak tempuh yang terjauh yang bisa dicapai saat ini oleh molis rata-rata 80 - 90 km, bahkan trekko Dynamic Duo bisa mencapai 120 km, karena mempunyai baterai cadangan. Beberapa kali juga bertemu polisi, tapi tidak pernah dihentikan maupun ditegur, karena molis memang tidak memerlukan STNK, sesuai dengan aturan PP No. 44 tahun 1993 pasal 7. Bahkan tahun 2008 lalu dalam acara CFD sempet pengguna molis berkumpul dan konvoi ramai-ramai, dan bisa lihat di http://forummolis.co.cc.

Kemudian mengenai parkir di mal, sudah cukup banyak mal yang mengenal molis ini, sebagian besar parkir di secure parking sudah tahu dan mereka akan tulis sepeda distruk parkir. Jadi buat pecinta lingkungan yang bersih dan ramah boleh mencoba menggunakan molis ini, baik sebagai kendaraan sekitar rumah ataupun untuk ke kantor. Sebagai informasi molis sudah cukup banyak digunakan sebagai kendaraan sehari-hari ke kantor oleh penggunanya, termasuk saya. Untuk lebih jelasnya bisa bergabung di http://forummolis.co.cc atau di yahoo group http://autos.groups.yahoo.com/group/MotorListrik/

Bookmark and Share

Tag/Label molis, trekko, motor listrik, sepeda, green teknologi, forum molis, kehidupan, kehidupan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Senin, 20-07-2009 12:22:41 oleh: David Riandy

wew pengen gw belinya. ada ga ya d palembang.
; D




Selasa, 21-07-2009 14:49:52 oleh: Tjandra Sutiono

Maaf pak David, untuk di palembang dealer Trekko sudah tidak aktif kalo anda berminat bias hubungi showroom trekko jakarta di nomor 021-56981122, molisnya bisa juga dikirim, paling kena ongkos kirim saja.



Jumat, 07-08-2009 14:25:23 oleh: max metino

kapan lagi ada pameran sepeda motor listrik? dan dimana? minta info nya yah? saya tinggal di jakarta. dan saya bisa hubungi ke eamil atau no telp mana?thanks
max metino :)




Jumat, 07-08-2009 16:41:44 oleh: Tjandra Sutiono

@Pak Max Metino
Untuk speepda motor listrik Trekko bapak bisa datang ke showroom Jalan Dr Makaliwe Raya 42B, Grogol, Jakarta Barat dari arah pluit, ambil sebelah kiri sebelum naik jembatan layang Grogol, letaknya persis sebelah dealer yamaha
Telp. 56981122

Sedangkan untuk E-Moto, bapak bisa datang ke FIP terdekat, ada di Mangga Besar, Matraman, Balai Pustaka (depan Tiptop Supermarket).

Boleh tahu Bapak lokasi di Jakarta di mana ?




Selasa, 11-08-2009 09:28:02 oleh: maria

mas dealer di bekasi ada gag? ato jakarta timoer gitu? aku mau beli



Selasa, 11-08-2009 11:11:00 oleh: Tjandra Sutiono

@ibu Maria,
Saat ini delaer di Bekasi Tidak ada. Nanti akan saya informasikan lokasi pameran mereka. Mereka pernah pameran di Bekasi di Grand Mall.




Selasa, 11-08-2009 12:46:26 oleh: maria

mas harga molis trekko dynamo duo berapa? warna modelnya apa saja?




Jumat, 14-08-2009 21:01:37 oleh: jumaedy

mau nih beli e moto, tp harganya brp? kalo di jl. balai pustaka rawamangun lengkap ga? (model yang lain gitu)



Minggu, 16-08-2009 09:20:07 oleh: Tjandra Sutiono

@pak jumaedy, disemua FIP biasa tersedia conth motor listrik semua type, untuk pengiriman mereka langsung dari pabrik.
harga :
Sonia Rp. 5.450.000,-
Spirit Rp. 6.000.000,-
VIP Rp. 5.700.000,-
Renza Rp. 5.875.000,-
Titan Rp. 7.825.000,-
Xenos Rp. 7.950.000,-

Biaya STNK : Rp. 1.200.000,- (kecuali Titan & Xenos Rp. 1.300.000)




Minggu, 16-08-2009 21:01:51 oleh: Tjandra Sutiono

Kalo ada yang berkunjung ke Flona Lapangan Banteng juga ada stand E-moto. harga sepertinya masih dipakai harga promodi PRJ kemarin



Selasa, 18-08-2009 16:32:29 oleh: didi

Pak Tjandra, tanya donk.

- Emoto. Apa harga waktu pameran bisa lebih murah dari list price yang bapak tulis tgl 16 agustus 09?
Kalo iya, selisihnya kira2 berapa ya?

- Trekko. Untuk daerah Jaksel (Ciputat), showroom terdekat dimana ya?

Thx atas jawabannya




Kamis, 20-08-2009 09:25:21 oleh: andrie syam's

Kalo pameran di Flona Lapangan Banteng sampai tanggal berapa pa .... Pingin liat juga model2nya n kalo e-moto service after sales-nya bgm pa, saya domisili di bekasi barat.

Thanks dan mohon infonya ....




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY