IIN SOLIHIN

Biobag, Kantong Plastik Ramah Lingkungan

Senin, 26-02-2007 14:41:01 oleh: Iin Solihin
Kanal: Suara Konsumen

Biobag, Kantong Plastik Ramah Lingkungan

Biobag adalah sejenis kantong plastik yang ramah lingkungan. Adalah perusahaan asal Norwegia yang melakukan inovasi melalui percobaan selama 10 tahun oleh seorang professor asal Norwegia. Hasilnya kantong plastik yang diberi nama Biobag telah digunakan di banyak negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Inggris, Australia, Norwegia, Singapura, dan Indonesia.

Kemajuan teknologi telah membuktikan bahwa dari bahan baku yang tak pernah terpikirkan sebelumnya kini menjadi bahan sangat berguna. Biobag tak ubahnya dengan kantong plastik pada umumnya. Bentuknya seperti kantong kresek. Bedanya justru yang membuat orang tertarik kepadanya. Ia mampu meredam bau sampah!

Mates-bi

Sebetulnya Biobag sudah diperkenalkan oleh PT Ecotech Indopratama sejak akhir 2006. Menurut Mutaza Sarbini, Direktur Pelaksana Ecotech, seperti dikutip situs Radio Singapore International, rahasia Biobag terletak pada bahan baku yaitu terbuat dari kulit jagung yang disebut mates-bi.

Saat ini Ecotech satu-satunya distributor aneka produk Biobag dari Norwegia untuk kawasan Asia Tenggara. Manfaat Biobag bukan saja membuat sampah menjadi tidak berbau. Tetapi juga telah menghilangkan polusi yang diakibatkan oleh bau sampah tersebut.

Mengapa tidak berbau? Adalah pori-pori yang dimiliki Biobag sehingga memungkinkan sirkulasi udara di dalamnya. Sampah yang disimpan di dalam Biobag tidak mengembun, sesuatu yang menimbulkan jamur berbau busuk. Sampah organik yang dikantongi Biobag tidak membusuk malah mengering.

Keistimewaan ini bisa menghemat biaya karena sampah organik menjadi kering dan menyusut hingga 50% setelah seminggu disimpan. Hebatnya lagi, jika ditumpuk di atas tanah dalam kurun waktu 10-45 hari sampah organik tersebut akan berubah menjadi kompos. Sudah pasti kompos tidak menimbulkan bau busuk yang menusuk hidung.

Konon kompos ini bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman. Untuk membuktikan kunggulan Biobag, Pemda Bekasi telah melakukan uji coba pemberdayaan Biobag di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada akhir Desember 2006 lalu dengan cara membagikan kantong Biobag gratis kepada warga setempat. Menurut Mutaza, Biobag ini tidak hanya untuk kantong sampah, namun bisa digunakan untuk menyimpan makanan sehingga bisa tahan lama sampai dua bulan jika dimasukkan ke dalam lemari es.

Ikan atau daging bisa sebelum disimpan di lemari es, bisa dimasukan terlebih dahulu ke dalam Biobag. Uniknya Biobag tidak lengket atau menyatu dengan makanan, sehingga memudahkan proses pencairan bahan makanan yang dibekukan.

Sayang, Biobag yang ramah lingkungan ini masih sulit didapat. Hingga tulisan ini diturunkan, penulis belum mendapatkan alamat PT Ecotech Indopratama sebagai distributor Biobag. Barangkali ada yang tahu dimana bisa diperoleh? (sumber image: www.biobag.co.uk)

Bookmark and Share

Tag/Label Tidak ada tag/label untuk artikel ini.
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
14 komentar pada warta ini
Senin, 26-02-2007 15:42:18 oleh: Ardian Syam

Saya justru dapat ini setelah baca Artikel Kang Iin. Saya search lewat google dan saya dapat ini:

http://www.rsi.sg/indonesian/katalog/view/20051129181600/1/.html

http://www.ecotech-indopratama.com/ecotech_contact_us.htm

PT ECOTECH INDOPRATAMA
(formally: EcoTech Indopratama)
Jln Gandaria III No.23E,
Kebayoran Baru,Jakarta Selatan
Indonesia 12130

Tel: (62) 7399046
Fax: (62) 7399057
Email: info@ecotech-indopratama.com




Senin, 26-02-2007 16:02:46 oleh: IIN SOLIHIN

Wah, terima kasih sudah kasih info. Saya sedang berusaha menghubunginya.



Jumat, 11-04-2008 07:58:08 oleh: yohanes

Saya membutuhkan kantong sampah ramah lingkungan (Biobag). Dimana saya bisa mendapatkannya...?
Terima kasih banyak.




Jumat, 25-04-2008 21:49:24 oleh: thio motta

wah ini sangat membantu pemerintah, terutama terhadap lingkungan. cuma belum di populerkan d indonesia.saya membutuhkan informasi teknologi ramah lingkungan seperti kantong sampah ramah lingkungan(biobag) untuk penulisan skripsi, dimana saya dapat memeperolehnya. mohon bantuan nya. terima kasih



Minggu, 11-05-2008 16:54:48 oleh: alin

coba lihat di http://dml.or.id, ekamrin aku pernah beli bio bagnya (kantong sampah) juga produk terbarunya Ecoplas



Senin, 15-09-2008 13:14:21 oleh: mel

halo mas iin, gak sengaja sy masuk ke hlmn ini. buat yg nyari plastik bio-bag, bisa juga tuh mampir ke toko online brg2 ramah lingkungan pertama di indonesia: www.freetodecide.org




Sabtu, 27-09-2008 22:15:10 oleh: pRiLi

sy sedang buth informasi ttg trash bag, definisi dan perkembgnya di indonesia,,, utk tgs kuliah, ad yg punya info lebih tak? thanxb4



Rabu, 29-04-2009 14:41:20 oleh: Lukman zakaria

untuk saudara iin solihin sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri saya, saya lah yg pertama kali memperkenalkan Biobag di Bekasi dan saya dan rekan saya mutaza yg membawa biobag dari norway yg namanya polar gruppen sayalah yg membuka perusahaan ecotec indopratama dan saya mengangkat kakak saya eti herawati sebagai dirutnya karna saya menetap disingapore demikian juga dengan rekan saya mutaza
telah banyak waktu dan biaya yg dikeluarkan sebetulnya biobag ini sangat sesuai untuk indonesia yg bermasalah dengan sampah tapi sayang pemerintah indonesia tidak begitu menunjang program ini lagipun harganya tinggi dibanding dengan kantong plastik biasa inilah yg membikin saya stopkan pemasarannya indonesia perlu waktu yg lama untuk mengikuti Singapore dari segi kebersihan dan kesadaran lingkungan belum lagi ada sebagian orang yg kehilangan penghasilan sampingannya dari sampah yg berkurang akibat biobag jadi tidak begitu menungjang dalam program ini demikianlah keterangan dari saya wassalam
Singapore 29/4/2009




Kamis, 25-06-2009 15:27:16 oleh: Sapta Diah

Dear Pak Iin,

Pak mohon informasi yg up date saya berminat untuk mamakai plastik produk Bpk.Telp yng tertera tdk ada kode areanya yg jelas, serta alamat email Bpk.Mohon info segera Thanks..




Jumat, 17-07-2009 06:24:32 oleh: irfan widyasa

Pak Lukman, kalo pemerintah indonesia tidak menunjang bukan kendala. produk ini dapat dijual. sudah banyak orang indonesia, terutama kelas menengah ke atas dan orang2 terpelajar yg sadar akan masalah sampah dan lingkungan. green land, blue sky, clear water akan segera menjadi trend di indonesia.

kalo pun ada sebagian yg berkurang penghasilannya akibat program ini, lihat lah sisi yg lain. produk ini akan menambah penghasilan bagi sebagian yg lain, akan membuka banyak lapangan kerja baru di bidang manajemen persampahan. dari hulu ke hilir.




Selasa, 25-08-2009 09:51:34 oleh: oky

saya berniat memakai produk bioplast dalam jumlah banyak, di mana saya dapat membeli produk tsb. terima kasih



Selasa, 17-11-2009 14:57:01 oleh: satya

Inovasi yang luar biasa, mari kita mulai merubah
wajah bumi kita ^^ agar lebih baik....




Rabu, 20-01-2010 08:50:29 oleh: CS Askar

Dengan hormat
kami UKM dibidang bakery, membutuhkan kantong plastik, juga yg sudah di sablon, dengan ukuran +- 15 x 35 atau kalau ada contoh2 ukuran, kami bisa pilih, berikut harga terima di bogor ?, ditunggu secepatnya, terima kasih




Senin, 01-03-2010 08:30:34 oleh: supriyadi

CS askar, boleh minta contac personnya.. kalau mau info tentang plastik ramah lingkungan hub. 08159172557, insya allah saya siap bantu, project pertengahan tahun ini saya akan coba meluncurkan produk plastik sampah ramah lingkungan.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY