Ajeng Tiara

Bawang Goreng Khas Palu (Sulawesi Tengah)

Selasa, 30-06-2009 07:46:18 oleh: Ajeng Tiara
Kanal: Wisata

Bawang Goreng Khas Palu (Sulawesi Tengah)

Makan malam bersama Mbak Lani RH, Bu Nury dan Mbak Melani di Resto Radja Ketjil Sky Dining, Plaza Semanggi. Tercetus juga sedikit cerita tentang kota Palu, kota asal suami saya. Dari harga tiket pesawat yang lumayan tinggi, sampai ke oleh-oleh khasnya. Bawang goreng.

Pada awalnya saya juga tidak tertarik dengan oleh-oleh yang satu ini, please deh… bikin sendiri juga bisa. Tetapi berganti haluan ketika sudah mengetahui kisahnya. Sama seperti ikan bilih Danau Singkarak yang hanya bisa hidup di Danau Singkarak, konon bahan dasar untuk membuat bawang goreng khas Palu ini bawangnya hanya dapat tumbuh di kota Palu. Bahkan hanya berjarak beberapa kilometer kearah Kabupaten Donggala, bawang ini pun sudah tidak mampu tumbuh.

Sayang saya tidak punya koleksi foto bawang mentah ini. Yang jelas bentuknya agak lebih besar di banding bawang merah pada umumnya. Berumbi bawang tunggal dan warnanya lebih pucat ke merah jambu-an. Kadang disebut sebagai bawang mutiara. Penduduk kota Palu juga hanya bisa memakai bawang ini untuk digoreng. Untuk bumbu masak sehari-hari rasanya kurang mantap. Biasanya dijual segar dipasar tradisional masih terikat bergerombol dengan daun yang masih hijau. Persis seperti jika anda melihat ikatan bawang merah jika lewat kota Brebes. Bedanya, harganya yang lumayan tinggi. Seikat bawang mutiara jika sedang musim kering bisa dibanderol dengan harga 150-250 ribu rupiah. Tak heran jika sudah matang digoreng harganya bisa mencapai Rp 80.000/250gr.

Mumpung dirumah masih ada stok rutin kiriman mertua, saya segera mengabadikan gambarnya. Yang ini asli home-made, buatan rumah, tapi tidak kalah dengan gorengan pabrik. Malah lebih terjamin karena minyaknya masih baru, tidak tengik. Biar dipotong kasar, bawang matang merata dan renyah. Warnanya seragam tidak belang-belang walaupun tidak ditambahi apa-apa. Dan yang utama adalah rasanya yang manis dan gurih, tanpa rasa pahit. Untuk taburan nasi goreng, nasi uduk, bubur ayam, atau mie rebus, mantap!

 

Bookmark and Share

Tag/Label bawang goreng mutiara, palu, kuliner khas, oleh-oleh, ajengtiara, kuliner
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
4 komentar pada warta ini
Kamis, 02-07-2009 11:37:02 oleh: Mimbar Bambang Saputro

Ajeng, mamamu kasih pakde kok enak juga ya. Malahan makan nasi putih kepul-kepul pakai bawang goreng juga sip-maglesip. Masih ada stok nggak?



Kamis, 02-07-2009 16:11:25 oleh: ajengtiara

@Pak Miem; Pakde, masalahnya kalau mertua yg kirim jumlahnya tidak seperti kiriman untuk ibu Dir Intel PoLda. Cukup untuk konsumsi sendiri. Hehehe...



Selasa, 06-11-2012 18:02:22 oleh: japarus shadiq

hahhha enak neh



Jumat, 08-11-2013 18:33:39 oleh: Siti Nurhidhaya

saya siti nurhidhaya yang berasal dari kota palu, saya sudah melakukan penElitian mengenai tanaman bawang goreng khas PALU dengan bimbingan guru saya Pak.Murjadil M.M., asal sekolah saya SMAN 6 PALU
Saya langsung turun ke lapangan bawng goreng ini dengan melakukan penelitian,yang semua cara pemeliharaannya sangatlah tidak mudah butuh semangat dan telaten yang tinggi menurut wawancara dari pak petani bawang goreng lembah palu ini :)
Rasanya memanglah sangat renyah dan gurih,dan memang tidak terlalu mNTp untuk bahan dapur,kecuali mkanan yang lain seperti yang berkuah maupun tidak bekuah :D




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY