Sunaryo Adhiatmoko

Sekolahnya Manusia

Kamis, 18-06-2009 10:25:09 oleh: Sunaryo Adhiatmoko
Kanal: Gaya Hidup

Sekolahnya Manusia

Setiap orang tua, akan menghadapi pilihan sulit dalam menentukan arah dan masa depan anak-anaknya. Memilih pendidikan yang tepat, salah satu kegelisahan yang mengganggu. Belum lagi, perkembangan pola pendidikan yang berderak dinamis, menyuguhkan berbagai alternatif pilihan.

Pada musim pendaftaran sekolah baru, banyak sekolah yang menyuguhkan tawaran iklan memikat. Kualitas dan kompetensi sekolah bersangkutan, dikemas semenarik mungkin, untuk merayu orang tua menyekolahkan anaknya di tempat itu. Belum lagi, biaya mahal kerap jadi trend kelas sosial tersendiri.

Ironisnya, tumbuh budaya di masyarakat kita, bahwa sekolah yang berkualitas diukur dari mahal dan murahnya biaya yang harus dibayar. Jika demikian, sekolah di negeri ini sudah berubah menjadi sarana transportasi umum. Sama dengan bus, taxi, pesawat, dan alat transportasi lainnya. Anak didik, telah diubah jadi seorang penumpang angkutan umum.

Tak hanya jadi penumpang angkutan umum, dalam kebanyakan sistem pengajaran yang berlaku saat ini, murid juga disulap jadi robot. Ketika jiwa manusianya, dipaksa menerima materi pelajaran yang sifatnya memaksa banyak anak yang bingung. Dampaknya, materi pelajaran yang diberikan dengan sistem yang dipaksakan itu, tidak mampu dicerna murid. Ujungnya, murid yang gagal dipandang sebagai anak yang “bermasalah”.

Sejatinya, manusia lahir ke muka bumi dengan karunia kecerdasan yang beragam dari Tuhan. Jika keberagaman itu, mendapat tempat yang adil akan jadi kekuatan yang dahsyat bagi manusia, untuk mengelola alam dan bumi ciptaan-Nya ini. Masalahnya, bagaimana cara tepat untuk mengelola keberagaman itu?

Munif Chatib, konsultan pendidikan dan manajemen yang juga trainer Lazuardi Next, menjawab dengan gamblang dalam buku “Sekolahnya Manusia”. Buku setebal 185 halaman yang diterbitkan Kaifa, group penerbit Mizan ini, ditulis berdasarkan pengalaman Munif Chatib sebagai konsultan pendidikan dan distance learning-nya dengan Bobbi DePorter sang tokoh Quantum Learning.

Dengan penulisan buku yang mengambil gaya feature, lulusan DL di Supercamp Oceanside California, USA, tahun 1999 itu, menyuguhkan Sekolahnya Manusia dengan bahasa sederhana, enak dibaca, dan mudah dicerna. Kita tidak akan menemukan teori dan cara-cara pengajaran yang blibet, apalagi membuat dahi berkerut. Kita seperti hadir di ruang kelas.

Secara garis besar, Sekolahnya Manusia, memaparkan dengan terang tentang: Penerapan Multiple Intelligences (MI) sejatinya, Penerimaan siswa baru tanpa tes, tetapi melalui metode  Multiple Intelligences Research (MIR), Bagaimana melejitkan setiap siswa sesuai kecerdasan uniknya, Bagaimana menjadikan pembelajaran menyenangkan, menarik, dan memotivasi dengan Multiple Intelligences System (MIS), Bagaimana membuat guru makin kreatif dengan lesson plan-nya, Bagaimana mengubah orang tua makin memahami anak-anaknya, Bagaimana membuat sekolah benar-benar unggul, dan kisah nyata dari mereka yang mengalami pencerahan dari MI.

Dalam buku ini, juga diceritakan bagaimana menerapkan Multiple Intelligences System (MIS) di SMP Yayasan Islam Malik Ibrahim (YIMI) – sebuah sekolah di Gresik, Jawa Timur – yang sudah terancam ambruk. Pengalaman ini jelas sangat inspiring bagi siapa pun yang membacanya. Harian Jawa Pos, bahkan pernah menulis SMP YIMI, satu-satunya lembaga pendidikan di Indonesia yang berani menerima murid baru tanpa melalui tes. Karena, seperti ditulis dalam buku ini, mereka menganut the best process, bukan the best in put.

Masuk sekolah tanpa proses tes, tentu menabrak pakem umum yang telah berlaku bertahun-tahun. Pun, itu juga tak mudah. Banyak pihak meragukan cara ini dengan tanda tanya besar. Bagaimana mungkin bisa meluluskan murid-murid terbaik jika bahan bakunya saja tidak disaring? Nyatanya, Munif Chatip membuktikan dengan sistem pengajaran MIS-nya, murid SMP YIMI, lulus 100 persen dengan hasil rata-rata unas 27,58. Kenyataan ini, memupus kekhawatiran masyarakat tentang efektifitas MIS.

Berselancar kata demi kata, kita juga akan menemukan jawab tentang hakikat sekolah unggul. Sebuah kesimpulan menarik dalam buku ini, tegas menggaris bawahi, bahwa sekolah unggul adalah sekolah yang memanusiakan manusia. Juga pengalaman hebat dari terpatahkannya tuduhan terhadap seorang murid bernama, Andra yang dikatakan autis oleh orang-orang di sekitarnya.

Hasil Multiple Intelligences Research (MIR), menunjukkan Andra bukan penderita autis. Andra sejatinya anak cerdas, ia hanya lemah pada kecerdasan interpersonal (cerdas bergaul) dan linguistiknya (bahasa). Hari-hari berikutnya, kelemahan itu berhasil disulap jadi prestasi hebat. Ketika ada pameran lukisan tingkat ibu kota kabupaten, Andra memamerkan 40 lukisan karyanya, dari 120 lukisan peserta yang dipamerkan. Tak tanggung-tanggung, anak yang semula dicap autis itu, didapuk jadi ketua panitia. Lukisan Andra banyak laku dijual dan hasil penjualan itu, untuk membantu korban gempa di Yogyakarta.  

Kisah-kisah anak murid yang menurut kebanyakan orang “bermasalah”, melalui MIS justru menemukan kualitas terhebatnya. Di dalam buku ini, banyak disajikan kisah-kisah nyata itu. Sejak diterbitkannya awal Mei lalu, Buku ini mendapat perhatian serius dari berbagai aktivis pendidikan. Bahkan, di Jakarta berbagai sekolah unggulan mulai menerapkan konsep Sekolahnya Manusia ini melalui konsultan dari Lazuardi Next.

Bagi para orang tua, aktivis pendidikan, institusi lembaga pendidikan, para guru, dan masyarakat umum, buku ini sangat perlu untuk dibaca. Terutama menyambut tahun baru. Sangat penting bagi kita, membaca buku ini untuk memilih tempat didik bagi anak. Mau masuk “Sekolah Robot” apa masuk “Sekolahnya Manusia”, dua pilihan yang mudah ditentukan, setelah Anda baca buku Sekolahnya Manusia ini. (sunaryo adhiatmoko)

----------------------

Spesifikasi Buku:

Judul            : Sekolahnya Manusia

Penulis          : Munif Chatib

Halaman       : 185

Penerbit        : Kaifa

Pemesanan buku: Lazuardi – Next, 021-7804841

Bookmark and Share

Tag/Label buku, multiple intelligences, multiple intelligences system
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
5 komentar pada warta ini
Jumat, 03-07-2009 22:58:12 oleh: trisugiarti

saya tertarik dengan profil pak munif chatib saya ingin tahu alamat yang dapat saya hubungi



Senin, 22-02-2010 14:20:29 oleh: syafii ali

saya ingin tahu alamat P.Munif chatib sekarang?, saya tahu beliau dari Al Kautsar Malang, Saya mantan guru di sana



Kamis, 11-11-2010 11:54:34 oleh: slametwarsito

bagus sekali isinya, terutama untuk kami para guru. gimana ya cara mendapatkan buku tersebut




Jumat, 04-02-2011 22:27:57 oleh: Hanifah Bawazir Spd. M.si

AWW, pak, Sy mendengar cerita teman yg mengikuti pelatihan anda, Subhanallah...luar biasa. bgt juga buku anda. Sy sgt merindukan memiliki ilmu yg berkembang dan bermanfaat spt anda. sy guru di salah satu sekolah terkemuka di jkt, tp sy blm dpt berbuat byk untuk masyarakat. Sy tertarik dg anak berkebutuhan khusus.jika bpk membutuhkan tenaga untuk kegiatan di jkt sy bersedia membantu (agar ilmu sy berkembang dan bermanfaat). Berjuanglah pak, ilmu anda sgt bermanfaat. Smg tercatat sbg amal ibadah bpk. Amin.



Rabu, 03-04-2013 11:44:34 oleh: yos sudarso

saya ingin tahu bagaimana cara melakukan tes MIR



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY