Anwariansyah

Tips 10 Cara Memenangkan Perdebatan

Sabtu, 06-06-2009 11:55:28 oleh: Anwariansyah
Kanal: Opini

Tips 10 Cara Memenangkan Perdebatan

Info dari Media Center Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan debat capres dan cawapres 2009 akan digelar pada tanggal 18 Juni hingga 2 Juli. Debat dengan tema yang sudah disiapkan tersebut akan menjadi salah satu tolak ukur pemilih mengenai kapabelitas capres-cawapres. Ukuran yang mudah bagi calon pemilih adalah kecerdasan seorang capres-cawapres dapat diukur dari kepercayaan diri, kelugasan, ketegasan, nalar, dan kecepatan berpikirnya dalam sebuah perdebatan. Nantinya kecerdasan ini sangat berperan dalam memilih dan mengatur anggota kabinet, juga dalam memandang dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan bangsa.

Di luar debat capres-cawapres kita, kita semua juga senang berdebat, bukan?  Buktinya setiap pembahasan topik-topik hangat di Wikimu.com selalu dipenuhi komentar-komentar dengan argumen-argumen yang seru.  Namun sangat disayangkan dalam sebuah perdebatan seringkali tujuan beradu argumen – keterampilan dan asah otak – berakhir dengan teriakan dan lontaran penghinaan yang menyerang kepada pribadi. Sikap kontra produktif ini membuat perdebatan menjadi menjemukan bagi penonton dan berakibat tidak ada kesimpulan yang bisa ditarik.

Untuk menghindari hal itu, saya mencoba membantu Wikimuers dengan 10 cara untuk memenangkan sebuah perdebatan. Apabila Anda menerapkannya, saya yakin Anda akan keluar sebagai pemenang.

1. Lembut dan solid

Dalam sebuah perdebatan Anda tidak perlu sampai meninggikan suara.  Anda harus dalam keadaan tenang terus-menerus.  Semakin nyaring suara Anda, lawan Anda akan lebih nyaring lagi – dan akhirnya hanya terjadi pertandingan berteriak.  Dan tentu saja, Anda tidak ingin terjadi kekerasan setelah itu. Anda dapat mencoba untuk berbicara lebih tenang dibanding biasanya, agar Anda bisa menggambarkan dengan lebih jelas bagaimana lawan-lawan debat Anda, dan juga akan memberikan gambaran kepada lawan bahwa Anda seorang yang bijaksana.  Sebuah debat tidak dimenangkan oleh orang bersuara paling nyaring, tetapi perdebatan dimenangkan oleh orang yang mampu memaksakan argumen-argumennya untuk diterima.

2. Tempatkan lawan di sisi kita

Ini merupakan cara yang baik untuk memposisikan lawan sebagai partner bukan musuh. Suasana permusuhan akan tercipta dengan mudah apabila lawan berada di seberang kita, sedangkan jika dia berada di samping kita secara psikologis dia akan mudah untuk memberikan persetujuan.  Ini adalah posisi yang kuat dalam perdebatan.

Anda bahkan tidak perlu menggunakan sebuah fakta untuk mendapatkan persetujuannya, sebagai contoh, Anda hanya perlu berkata “Saya yakin Anda menyetujui pendapat saya ini bahwa …".  Secepat lawanmu setuju setelah – biasanya ditandai dengan tidak bisa memberikan sanggahan yang berarti, Anda sudah memenangkan sebuah pertempuran psikologis (psy battle).  Anda bukan lagi lawan baginya, tetapi sebagai teman.  Teknik efektif ini telah digunakan oleh para salesman yang pandai.

3. Jangan menyerang

Bukan cara yang baik apabila Anda dengan ribut mengatakan kepada lawan bahwa ia salah – sebagai gantinya anda harus menunjukkan bahwa dia salah dengan menggunakan sanggahan-sanggahan yang baik.  Menyebut bahwa lawan Anda salah hanya membuat lawan tertekan sehingga semakin menolak argumen kita.  Itu merupakan sebuah komentar yang subjektif.  Sederhanalah dalam berdebat dan tunjukan keinginan baik Anda. Sikap itu tidak hanya akan membuat Anda kelihatan baik jika anda menang, tapi akan menunjukkan bahwa Anda adalah lawan yang pantas sekali pun Anda kalah.

4. Janganlah menjadi tidak fair

Jangan pernah saling mengejek – usahakan sekali pun lawan Anda melakukan terlebih dulu.  Yang harus serang adalah argumentasinya, bukan orangnya.  Semakin cepat Anda mulai mengkritik lawan Anda, hal itu akan menjadi bukti bahwa Anda sudah kehabisan jalan untuk mempertahankan pendapat Anda. Berbagai macam hinaan dan sindiran adalah jalan yang pasti menuju kekalahan dalam sebuah perdebatan.  Jika lawan Anda sudah mulai kehilangan kendali dan mulai keluar dari alur debat berarti Anda sudah dekat dengan kemenangan.

5. Tunjukkan hal-hal yang mendasar

Ketika adu argumentasi, kedua belah pihak perlu untuk bersepakat untuk memulai debat dengan membahas kebenaran-kebenaran dasar – jika tidak, debat tidak bisa berlangsung dengan baik, karena arah perdebatan menjadi tidak menentu.  Sebagai contoh adalah perdebatan bertema agama. Peserta debat harus sama-sama mengakui bahwa Tuhan itu ada, kalau tidak perdebatan tidak bisa dilanjutkan, karena akan memperbanyak poin-poin perdebatan. Semakin kecil ruang lingkup perdebatan, semakin mudah diikuti oleh audiens dan semakin singkat waktu dibutuhkan untuk mencapai kesimpulan.

6. Kembali ke Pokok Materi

Ketika lawan Anda mulai kehabisan argumen, dia akan berusaha beralih ke topik yang lain – dengan demikian dia berharap Anda terpancing untuk lari dari topik sebelumnya dan membahas hal baru yang mungkin akan mengacaukan Anda.  Ketika ini terjadi, jangan teperdaya, segera kembali ke topik yang asli dengan segera.  Jangan memberi kesempatan kepada lawan Anda untuk lari ke topik-topik yang lain (tak peduli bagaimana pun usahanya untuk mencoba) sampai Anda memenangkan topik itu.

7. Ajukan pertanyaan-pertanyaan

Ini disebut “metoda sokratik”.  Ketika lawan mengemukakan sebuah “fakta”– periksa lebih dalam fakta tersebut dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk mengungkapkan kekurangan-kekurangannya. Biasanya digunakan  pertanyaan-pertanyaan seperti: “Dapatkah Anda memberi saya satu contoh?”, “Cara lain untuk melihat hal itu adalah …,apakah cara ini masuk akal menurut Anda?”. Pertanyaan-pertanyaan ini akan semakin menuntun lawan Anda kepada kebenarannya – dan jika mereka jujur, mereka akan menyetujuinya.  Sayangnya dalam banyak debat yang sering terjadi adalah respon kemarahan karena lawan Anda menganggap Anda sedang “berusaha bermuslihat” kepadanya.  Tapi jangan khawatir karena hal itu pertanda kemenangan Anda sudah dekat.

8. Tenanglah

Setelah membuat sebuah argumentasi yang kuat, biarkan lawanmu berbicara banyak – terutama jika dia sudah kekurangan fakta-fakta untuk menentang Anda.  Ia akan mencerca dengan meraba-raba – memberi Anda berbagai senjata baru untuk menyerang dia.  Dia barangkali tidak rela kalah dalam waktu singkat dan ingin menggiring Anda menjauh dari tema debat – sebenarnya sebuah kemenangan mutlak untuk Anda.  Banyak sebuah debat dapat dimenangkan oleh orang yang tidak membantah sama sekali!  Dari satu sisi, ini adalah sebuah metoda yang sempurna untuk berada pada jalur Anda sendiri – ajukan permintaan Anda dan seketika itu biarkan semua menjadi senyap.  Hal ini biasanya membuat lawan menjadi sangat gelisah (karena tidak ada seorang pun menyukai keheningan) dan lawan akan dipaksa untuk keluar dari satu situasi yang menggelisahkannya itu.

9. Kenalilah fakta-fakta yang Anda ajukan

Jangan mengatakan bahwa sesuatu itu “benar” kecuali jika Anda benar-benar mengetahuinya – itu disiapkan untuk membuktikannya jika perlu.  Anda akan mudah diserang kalau argumentasi Anda mengambang.  Anda tidak usah berdebat kalau Anda tidak bisa mengajukan fakta-fakta dan menguasai keseluruhan informasinya. Apabila lawan Anda ternyata lebih mengetahui kebenarannya, Anda akan “dibantainya”.

10. Ketahuilah di saat Anda mendapatkan pukulan

Jika anda mempunyai semua fakta untuk kembali atas anda, anda harus bisa memenangkan argumentasi Anda jika lawan Anda jujur.  Tetapi ada kalanya lawan menjadi lebih baik dari Anda dan mereka berhasil menyudutkan Anda.  Apabila itu harus terjadi, jadilah seorang jentelmen dan berikan kemenangan kepadanya.  Anda harus selalu tampak lembut dalam kekalahan.  Tidak ada hal yang lebih buruk dalam perdebatan dibanding seseorang yang membantah hanya untuk mengacaukan dan tidak mau mengaku kalah. Jadilah seorang ksatria yang mau mengakui kekalahan Anda, karena di mata audiens Anda adalah pemenang sesungguhnya.

Tapi Wikimuers jangan khawatir, apabila Anda sudah melaksanakan dengan baik saran-saran nomor 1 sampai dengan 9, saya yakin kemenangan sudah berada di tangan Anda. Tetaplah memegang kendali dalam perdebatan, apabila Anda berhasil mengendalikan situasi dan kondisi dalam perdebatan, Anda bisa dengan mudah menjatuhkan lawan Anda.



Sumber: http://listverse.com/miscellaneous/top-10-tips-for-winning-an-argument/

Bookmark and Share

Tag/Label tips, kiat, cara, debat, capres, adu argumentasi, menang, anwar, anwariansyah
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
21 komentar pada warta ini
Rabu, 19-08-2009 12:48:52 oleh: mahmud haris habibie

WOW ini dia yg wa cari akhir na
wa coba terapin ah biar pinter berdebat hehe

thakns bgt ya ka anwar udah bikin blog ini




Sabtu, 10-04-2010 11:07:27 oleh: heri harianto

wah...untung ada tulisan seperti ini, sedang butuh-butuhnya aku tentang info berdebat kayak apa.thanks ya...



Senin, 10-05-2010 08:27:16 oleh: quinzy

wah...sungguh bermanfaat..

besok saya menghadapi lomba debat




Sabtu, 18-12-2010 11:58:03 oleh: lilis

aslm....
tulisannya sangat bermanfaat :)
do'alan saya lancar dalam menghadapi lomba debat besok ya...




Kamis, 07-04-2011 10:34:07 oleh: rindang panuntun

ini dia yg saya cari,karna saya lagi butuh info debat ;)
tenx's ;)




Senin, 16-05-2011 18:48:19 oleh: Edi santoso

menurut saya,tips debat ini sangat membantu saya, karena tiba-tiba saya ditunjuk sebagai perwakilan debat,mudah2an tips ini besuk bisa aku terapkan dengan baik,dan saya bisa melaksanakan tugas ini dengan baik.



Jumat, 19-08-2011 01:40:30 oleh: putra andalas

artikel yang sungguh menarik, tips diatas butuh kesabaran yg luar biasa....belajar lebih famyliar dan bijaksana.mantab!!!!
tapi saya cuma menggaris bawahi, bahwa pendapat yang jitu adalah pendapat yang mendasar dan jg ilmiah tentunya. jadi kalo pendapat jelas2 tidak substans mending jangan dipertahankan deh.......




Senin, 12-12-2011 13:23:32 oleh: rayhan

Thank's ya Gan gw lagi mempelajari Ilmu Debat
agar cita" gw Tercapai
TQ gan . . .




Rabu, 22-02-2012 11:15:44 oleh: Furqon

KALAU TIDAK BOLEH MENYERANG, APA GUNANYA DEBAT?



Minggu, 18-03-2012 21:11:06 oleh: Baiq Liana R. A.

berguna banget..., thax..^^



Selasa, 24-07-2012 12:54:42 oleh: Agus sutopo M.U.

ini akan berguna bagi saya



Senin, 01-10-2012 14:36:57 oleh: Firgiawan Prasetya

Alhamdulilah, untung ada blog ini, jadi saya bisa belajar berdebat dengan baik.
teima kasih ya.




Sabtu, 06-10-2012 20:00:11 oleh: yuli nurmalia

waah,,makasih banget ya infonya,,,bisa buat bekal lomba hari senin nih,,,, :)




Rabu, 17-10-2012 05:08:51 oleh: Edy bakhtiar

waduh............... terima kasih banyak bang, terima kasih, anda telah memberiku ilmu yang sangat bermanfaat. good luck



Kamis, 06-12-2012 14:37:06 oleh: Muhammad Rizky Eka Arlin

terima kasih banyak gan. ini sangat berguna karena saya diutus untuk lomba debat bhs. inggris, semoga saya dapat mendapatkan hasil terbaik. amiin.

jangan lupa kunjungi http://rizkyarlin.blogspot.com/




Minggu, 05-05-2013 09:16:28 oleh: cepi imam

alhamdulillah...jadi tau bagaimana cra debat yg epektif,besok saya ada debating contest :)




Sabtu, 25-05-2013 13:20:46 oleh: rislan hasan

terimah kasih atas Tips'y Gan, setelah sy membaca tips 10 cara memenangkan debat ag, jadih ngga sabar nih utk debat........




Rabu, 11-09-2013 11:00:26 oleh: tumpal pasaribu

mantap guys.....
sangat bermanfaat....




Minggu, 08-12-2013 12:16:01 oleh: awan

Mksh gan



Selasa, 17-12-2013 05:05:52 oleh: nanik

Thanks
Doa'kan jg semoga debat saya pagi ini lancar* sajja :)




Jumat, 14-03-2014 09:34:24 oleh: toni

kalau dilihat kalimatnya seperti dari terjemahan. Penulis sepertinya nggak ngerti juga isinya



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY