Robertus Baluk Nugroho

Strategi Belajar Dengan Moving Class

Kamis, 28-05-2009 15:48:03 oleh: Robertus Baluk Nugroho
Kanal: Opini

Strategi Belajar Dengan Moving Class

Moving class merupakan sistem belajar mengajar yang bercirikan siswa yang mendatangi pendamping di kelas. Konsep Moving Class mengacu pada pembelajaran kelas yang berpusat pada anak untuk memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan bidang yang dipelajarinya. Dengan moving class, pada saat subjek mata pelajaran berganti maka siswa akan meninggalkan kelas menuju kelas lain sesuai mata pelajaran yang dijadwalkan, jadi siswa yang mendatangi pendamping, bukan sebaliknya. Keunggulan sistem ini adalah para siswa lebih punya waktu untuk bergerak, sehingga selalu segar untuk menerima pelajaran.

Sementara para pendamping, dapat menyiapkan materi terlebih dahulu. Kemampuan belajar setiap anak dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Anak-anak akan tumbuh dengan baik jika mereka dilibatkan secara alamiah dalam proses belajar yang didukung lingkungan yang dirancang secara cermat dengan menggunakan konsep yang jelas. Untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam bereksplorasi, mencipta, berpikir kreatif, dan mengembangkan kemampuan lain yang dimiliki siswa, sekolah perlu menerapkan berbagai model pembelajaran yang dikelola dengan sistem Moving Class.

Moving class merupakan sistem belajar mengajar yang bercirikan siswa yang mendatangi pendamping di kelas. Konsep Moving Class mengacu pada pembelajaran kelas yang berpusat pada anak untuk memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan mata pelajaran yang dipelajarinya. Dengan Moving Class, siswa akan belajar bervariasi dari satu kelas ke kelas lain.

Sesuai dengan mata pelajaran yang dipelajarinya. Adapun tujuan penerapan moving class adalah:

1. Memfasilitasi siswa yang memiliki beraneka macam gaya belajar baik visual, auditori, dan khususnya kinestetik untuk mengembangkan dirinya.

2. Menyediakan sumber belajar, alat peraga, dan sarana belajar yang sesuai dengan karakter mata pelajaran

3. Melatih kemandirian, kerjasama, dan kepedulian sosial siswa. Karena dalam moving class mereka akan bertemu dengan siswa lain bahkan dari jenjang yang berbeda setiap ada perpindahan kelas atau pergantian mata pelajaran.

4. Merangsang seluruh aspek perkembangan dan kecerdasan siswa (multiple intelegent)

5. Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran;

a. Proses pembelajaran melalui Moving Class akan lebih bermakna karena setiap ruang/laboratorium mata pelajaran dilengkapi dengan perangkat-perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Jadi setiap siswa yang akan masuk suatu ruang/laboratorium mata pelajaran sudah dikondisikan pemikirannya pada mata pelajaran tersebut.

b. Pendampping mata pelajaran dapat mengkondisikan ruang/laboratoriumnya sesuai dengan kebutuhan setiap pertemuan tanpa harus terganggu oleh mata pelajaran lain.

6. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Waktu Pembelajaran Pendamping mata pelajaran tetap berada di ruang/laboratorium mata pelajarannya, sehingga waktu pendamping mengajar tidak terganggu dengan hal-hal lain.

7. Meningkatkan Disiplin Siswa dan Pendamping

a. Pendamping akan dituntut datang tepat waktu, karena kunci setiap ruang/laboratorium dipegang oleh masing-masing Pendamping mata pelajaran.

b. Siswa ditekankan oleh setiap pendamping mata pelajaran untuk masuk tepat waktu pada pada saat pelajarannya.

8. Meningkatkan keterampilan pendamping dalam memvariasikan metode dan media pembelajaran yang diaplikasikan dalam kehidupan siswa sehari-hari.

9. Meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan bersikap terbuka pada setiap mata pelajaran.

10. Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Dalam segala kebijakan yang terkait dengan kondisi di dalam kelas, Pendamping mempunyai otoritas sesuai dengan yang menjadi kesepakatan dalam program pembelajaran. Moving class juga dapat berdampak buruk bagi siswa, misalnya siswa akan tiba di kelas terlambat disesuaikan dengan alasan yang sangat riil apabila itu juga dilakukan oleh Pendamping sendiri. Pada dasarnya akan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak baik itu Kepala Sekolah, Pendamping mata pelajaran dan siswa sendiri. Kaitannya adalah diharapkan dengan adanya dukungan akan menciptakan iklim yang baik dalam sebuah unit kerja, dimana dilakukan pencegahan supaya tidak terjadi konflik-konflik yang pada akhirnya akan bermuara pada sebuah dendam.

 

 

NB : Pendamping = Guru

Bookmark and Share

Tag/Label opini, moving class, guru, pendidikan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
22 komentar pada warta ini
Rabu, 15-07-2009 15:42:37 oleh: agustin

maav ganggu aktivitasnya. temen" ada yang tau nggak buku tentang moving class.karangan siapa aja?? tolong dong bantu saya. Klu ada kirim ya ke email saya "Aguztine@ymail.com"



Jumat, 26-02-2010 18:18:36 oleh: musyarrafah

ass... hi guys, ada yang tau nggak buku tentang moving class.karangan siapa aja deh?? tolong dong bantu saya. Klu ada kirim ya ke email saya, saya butuh banget nih untuk karya ilmiyah saya, udah deatline nih.
tq b4
di tunggu ya....




Minggu, 28-02-2010 17:59:23 oleh: Maghfira

Ass.., hi, tmn", aq mau tanya, apa dampak negatif dari moving class?



Minggu, 11-04-2010 23:28:10 oleh: nizardina

buku tentang moving class dong..
please bantuin..
bls yaw..




Jumat, 30-04-2010 15:38:48 oleh: nizardina

buku tentang moving class..
judulnya apa yaa..
kalau ada yang tahu..
tolong e-mail ke email gue..
nizardina@yahoo.co.id
makasii..




Sabtu, 01-05-2010 22:27:36 oleh: komarudin, s.pd

wah bagus banget pak.... kebetulan sekolah tempat aku ngajar juga pake movingg class nih cuman hambatannya siswa cenderung capek karena mereka ketika ganti pelajaran pada berlarian berusaha ngadapetin bangku yang paling depan



Sabtu, 10-07-2010 07:58:00 oleh: Yadin

sudah ada yang meneliti tentang pembelajaran dengan istem moving class belum??? kalo sudah, itu dalam jurnal apa??? tolong kirim ke email saya, karna jurnal sangat penting buat saya untuk referensi skripsi saya.
TERIMAKASIH




Jumat, 05-11-2010 08:46:31 oleh: aulia khoirun nisa

saya mau tanya, apakah anda punya buku tentang moving class??dimana saya bisa mendapatkannya???



Rabu, 01-12-2010 08:20:54 oleh: afifatun niswah

saya minta tolong.. refensi atau buku-buku tentang moving class apa saja(judul,pengarang & penerbitnya). tolong kirim ke E-mail saya.



Rabu, 01-12-2010 10:02:56 oleh: Yasinta Sulistyowati Sanjaya

SMU saya dulu juga memakai sistem moving class. menarik juga, terutama kalo punya gebetan, pasti tanya2 sekarang ada di kelas mana he..he..
mungkin moving class bisa diterapkan mulai dari SMP ke atas, sehingga siswa tidak bosan dan jenuh dalam 1 kelas. dengan moving class mereka akan mendapat suasana baru dalam pencarian kelas yang baru sehingga membuat mereka lebih fresh dalam menerima pelajaran.




Kamis, 16-12-2010 11:15:32 oleh: afifatun niswah

buku yang membahas tentang moving class apa z?? tolong bantu saya.. trimaksih tolong kirim ke Afra_niswah@yahoo.co.id



Rabu, 19-01-2011 09:35:54 oleh: ria aprillia nugraheni

tlong saya minta buku referensi tentang moving class untuk bahan referensi skripsi saya..tlong dikirim ke email saya di rhea_geecool@yahoo.com
tlong secepatnya ya..




Kamis, 24-02-2011 08:48:29 oleh: Kristin Utami

buku tentang moving class.judulnya apa ya?
kalau ada yang tahu,tolong kirim ke email saya.
kristin_muanis88@yahoo.co.id
terimakasih




Kamis, 17-03-2011 14:03:28 oleh: septa triana wati

saya mahasiswi iingin meneliti tentang moving class
pa da buku tentang moving class . ..
pengarangx siapa dan apa judulnya ?
trima kasih..blas d email saya




Selasa, 05-07-2011 07:34:34 oleh: Muhammad Rifqi tsani

bantu saya nyari referensi buku yang membahas tentang moving class dong,judul bukunya apa? dan pengarangnya siapa ya?
tolong di kirim d Mr_tsani@yahoo.com
trimakasih




Rabu, 14-03-2012 16:14:57 oleh: bintang wicaksono

buku referensinya tentang moving class apa ya... mohon kirim ke email saya. mz_ibin@yahoo.co.id



Kamis, 12-04-2012 16:55:30 oleh: MAHMUD YUNUS

tolong siapa pengarang buku ini



Sabtu, 22-09-2012 20:58:33 oleh: suhud,S.Pd M.M

disekolah tempat saya bertugas juga menggunakan sistem pembelajaran Moving Clas, yaitu di SMP negeri 31 kabupaten Tebo,propinsi jambi.ternyata membawa perubahan yang positif, terhadap guru maupun siswa dalam kegiatan belajar mengajar,disiplin guru dan siswa,serta meningkatkan kinerja guru,jika semua SMP dan SMA di Indonesia menggunakan Sistem Moving Clas secara perlahan Mutu pendidikan di Indonesia akan meningkat.




Kamis, 21-03-2013 05:36:33 oleh: nining

Apa judul buku moving class??? kalau ada kash tau ku ya coalnya q mau menulis karya ilmah qu.




Rabu, 22-05-2013 15:35:10 oleh: sri lestari

trimakasih atas ilmunya ya,,,
mohon informasi tentang buku Moving Class ya,,, kira2 kalau ada judul dn pengarangnya siapa ya? untuk penelitian nih,,, tlg kirim ke thon_kus@yahoo.com ya,,,
terimakasih,,,




Kamis, 11-07-2013 20:20:17 oleh: ajeng herty

trimakasih atas ilmunya tentang movinf classnya pak.,
pak klo boleh sayan minta informasi tentang buku Moving Class, kira2 kalau ada judul dn pengarangnya siapa ya? untuk skripsi saya pak.,tolong kirim ke hertyajeng@gmail.com
terimakasih




Rabu, 20-11-2013 06:26:04 oleh: maghfiroh

salam... maaf pak. kalo bloelh tauu.... buku yang khusu memuat moving class itu pengarangnya siapa dan judulnya apa? saya sangat membutuhkan refernsi ini. jika admin atau pembaca tau tolong kirimkan ke firoh25@gmail.com



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY