Gracia Emerentiana

Gagahnya Kapal Perang TNI-AL

Jumat, 15-05-2009 15:58:05 oleh: Gracia Emerentiana
Kanal: Peristiwa

Di bawah ini adalah sekelumit cerita tentang 2 kapal TNI AL, yang dikunjungi pada saat acara Wikimu Wisata Kapal Perang TNI AL, 3 Mei 2009 lalu. Kedua kapal ini adalah KRI Teluk Hading (tipe LST) dan KRI Tanjung Nusanive.

Sejarah Kapal LST

Kedatangan kapal jenis Landing Ship Tank (LST) di Indonesia merupakan awal dari terbentuknya Satfib Koarmatim (Satuan Kapal Amfibi Komando Armada RI Kawasan Timur). Kapal LST pertama masuk ke Indonesia pada September 1958, yang merupakan hibah dari Tiongkok, dan diberi nama KRI Teluk Wadjo. Disusul oleh LST dari USA pada 31 Maret 1960 yang diberi nama KRI Teluk Langsa. Pemerintah menyediakan kapal LST bagi wilayah kepulauan selain untuk membuka jalur pelayaran di pulau-pulau terluar, juga sebagai upaya membuka keterisolasian beberapa provinsi yang mempunyai banyak pulau.

Ada lima daerah yang disediakan kapal LST oleh pemerintah, yaitu Maluku, Maluku Utara, Irian Jaya Barat, dan Papua. Kapal jenis ini menjadi solusi karena beberapa daerah belum memiliki dermaga, sehingga daerah terisolasi karena tidak dapat dilabuhi oleh kapal. Selain itu, dibutuhkan dana besar untuk membangun dermaga. Dengan demikian disediakan kapal LST, dimana juga membuka jalur pelayaran satu minggu sekali.

 

Kondisi Kapal LST

Kapal LST tidak memiliki tangga masuk ke kapal seperti layaknya kapal pesiar. Jalan masuk menuju kapal ini berupa landasan miring dengan sekat-sekat di lantainya berfungsi sebagai pengganti tangga. Kapal ini biasanya digunakan untuk mengangkut tank, oleh karena itu jalan masuknya pun disesuaikan dengan jalan tank.

Kapal LST yang saya kunjungi ketika mengikuti wisata kapal peran TNI-Al yang diadakan oleh Wikimu.com (3 Mei 2009)  yaitu kapal LST bernomor identitas 538, dan dinamakan dengan KRI Teluk Hading, yang merupakan kapal LST paling baru yang dimiliki oleh TNI-AL, buatan Jerman. Di dalamnya banyak terdapat lorong-lorong yang memisahkan ruangan-ruangan kapal. Di dekat pintu masuk terdapat gambar kapal LST disertai tulisan mengenai sejarahnya.

Fasilitas yang terdapat di kapal LST 538 yaitu ruang meeting ber-AC, ruang cuci baju yang dilengkapi dengan mesin cuci, kamar untuk awak kapal dimana setiap kamarnya terdiri dari 2 ranjang bertingkat (total 4 tempat tidur), ruang mesin, ruang pantau, ruang kontrol, dek, geladak, navigator, ruang untuk penyusunan strategi yang dilengkapi dengan peta, di bagian atas kapal terdapat senjata perang seperti senjata yang terdapat pada tank serta terdapat ruangan-ruangan lain yang tidak sempat ditunjukkan oleh ABK yang memandu kami.

 

Kapal Tanjung Nusanive

Berbeda dengan kapal LST, kapal Nusanive tidak digunakan untuk berperang, namun digunakan untuk mengangkut orang-orang penting seperti pimpinan TNI-AL dan Presiden. Ketika berlayar, posisi kapal Nusanive berada di tengah, dikelilingi oleh kapal LST, dan di barisan paling depan yaitu kapal selam. Dan yang berbeda lagi dengan LST, yaitu Nusanive berukuran lebih besar dan juga memiliki fasilitas yang jauh lebih bagus dari LST.

 

Kondisi Kapal Nusanive

Tidak seperti ketika berada di dalam kapal LST yang panas, di dalam kapal Nusanive sebagian besar ruangan-ruangannya dilengkapi dengan AC. Selain itu kapal Nusanive juga lebih mewah dan megah, terutama di bagian dalamnya. Lorong-lorongnya pun terlihat elegan. Kapal Nusanive memiliki sekitar 10 lantai. Lantai 5 dan 6 merupakan kelas 1 dan 2, digunakan untuk para pimpinan kapal ataupun orang-orang penting seperti Presiden.

Pada lantai 6 terdapat ballroom yang cukup mewah, berbentuk U dan di dalamnya terdapat Bar serta sofa-sofa yang nyaman dan empuk. Kamar-kamar VIP serta tempat untuk bermain tenis meja terletak di lantai 5, sedangkan kamar  VVIP dan kamar Presiden terletak di lantai 6. Di lantai 6 juga terdapat ruang rapat yang berukuran cukup luas dilengkapi dengan sofa, TV dan perabot-perabot lainnya.

Pintu masuk kapal Nusanive terdapat di lantai 4, dimana untuk mencapai pintu tersebut kita harus terlebih dahulu menaiki tangga yang cukup tinggi. Begitu masuk ke kapal Nusanive, tepat di depan pintu masuk terdapat kantin dan provos. Di kantin kita bisa membeli makanan dan minuman. Yang bertugas menjaga kantin adalah juga anggota TNI-AL.

Di lantai atas kapal terdapat ruang kontrol yang sangat berbeda dengan ruang kontrol yang terdapat pada kapal LST. Ruang kontrol kapal Nusanive jauh lebih luas dan peralatannya juga lebih lengkap, salah satunya yaitu radar yang menggunakan suara di bawah laut sebagai penanda/sensor. Begitu pula dengan ruangan-ruangan lainnya yang terdapat di dalam kapal Nusanive. Kapal Nusanive memiliki sekitar 7 sekoci berukuran cukup besar. Pada lantai 3 kapal ini merupakan kamar-kamar kelas ekonomi, dan lantai paling bawah yaitu ruang mesin.

 

Berwisata ke kapal perang TNI-AL, selain akan memberikan pengetahuan mengenai TNI-AL, fasilitas yang terdapat di dalam kapal-kapal TNI-AL beserta fungsinya, juga memberikan pengalaman yang berharga dimana kita bisa bertemu dan berkumpul bersama dengan banyak orang yang berasal dari berbagai latar belakang dan usia.

Bookmark and Share

Tag/Label aneka, wikimu kapal perang, kri teluk hading, kri tanjung nusanive, tni al
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
3 komentar pada warta ini
Senin, 18-05-2009 10:01:02 oleh: Tjandra Sutiono

Foto-fotonya oke punya loh. begitu juga ulasan beritanya. kasih 2 jempol yach.



Senin, 12-04-2010 07:16:01 oleh: bustamin

gimna yHa Para KK TNI AL BISa BErTahaN di Laut Trus Pa Nga BOsan Tglx DiaIr,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



Minggu, 17-10-2010 20:37:24 oleh: Gracia Emerentiana

tx ya jempolnya..^^



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY