Novi Kusumayanti

Kunjungan Ke Kapal Perang TNI AL

Jumat, 08-05-2009 06:19:26 oleh: Novi Kusumayanti
Kanal: Peristiwa

Kunjungan Ke Kapal Perang TNI AL

Hari yang dinanti tiba, Minggu, 3 Mei 2009. Nyaris jam 9.00 WIB, bis yang mengangkut kelompok 4 bergerak menuju Tanjung Priok. Khusus bis 4, rute perjalanan ditambah dengan melewati stasiun Tanjung Priok yang sekarang sudah dioperasikan kembali. Sebetulnya sih ini karena faktor nyasar tapi kita seneng-seneng aja tuh diajak nyasar...

Panas matahari pagi menyambut kedatangan kami yang persis disamping KRI Tanjung Nusanive. Wow.... kapal yang sangat besar. Saya langsung membayangkan sebuah kapal induk yang memuat beberapa pesawat tempur dan tank.

Sebelum meninjau KRI Tanjung Nusanive, terlebih dulu kami masuk ke LST (landing ship tank) KRI Teluk Langsa (501). Nah kalo yang ini mah emang beneran kapal patroli TNI AL. Kapal laut yang dilengkapi peralatan menembak di beberapa titik potensial.

Setelah berkeliling di KRI Tanjung Langsa barulah kita menuju KRI Tanjung Nusanive. Wah ternyata kapal ini jauh dari bayangan saya. Ini bukan kapal induk tapi kapal laut yang dulunya merupakan kapal penumpang. Jadi gak ada tuh yang namanya landasan untuk pesawat tempur ataupun tank-tank. Penampilanya lebih mirip kapal Titanic. Duuh... ini pasti gara2 kebanyakan nonton film "made in Hollywood".

Kami langsung menuju ballroom tempat diadakannya berbagai kegiatan seperti sambutan dari Kolanlamil/KRI Tanjung Nusanive (973) dan Wikimu.com, pemutaran film dokumenter milik TNI AL, makan siang dan lomba gambar untuk anak-anak.

Setelah makan siang kami berkeliling KRI 973. Ternyata sebelum menjadi KRI Tanjung Nusanive, kapal ini adalah kapal pengangkut penumpang yang bernama KM Kambuna yang pada masa aktifnya dapat mengangkut lebih dari 1.500 orang dengan rute pelayaran Tanjung Priok menuju Indonesia bagian Barat dan Tengah. Setelah diserahterimakan dari PT Pelni ke TNI AL pada tanggal 13 Mei 2005, KM Kambuna berganti nama menjadi KRI Tanjung Nusanive dengan nomor lambung 973. KRI 973 ini tidak diperuntukan sebagai kapal tempur (combat ship) melainkan sebagai kapal angkut personil yang dalam masa damai dapat juga digunakan untuk operasi non militer (sumber: Kompas Cyber Media, 13 Mei 2005).

Tentunya kapal ini juga telah mengalami renovasi di bagian dalamnya. Seperti beberapa kamar VIP yang telah diubah fungsi menjadi kamar presiden, kamar KSAL, dan lain sebagainya.

Jalan-jalan kami di area KRI Tanjung Nusanive 973 ini didampingi oleh beberapa ABK, sehingga kami dapat bertanya-tanya mengenai beberapa hal, misalnya, "ada beberapa sekoci yang dalam keadaan darurat akan mengembang di lautan?" Di dalam sekoci tersebut juga telah dilengkapi dengan makanan kering.  Di dunia pelayaran ternyata dikenal tanda-tanda berupa bendera yang memberitahukan mengenai keadaan kapal tersebut seperti kapal kapal berpenumpang VIP, komandan kapal tidak di tempat dll. Banyak banget deh bendera-bendera yang digunakan.

Menurut salah seorang ABK, karena KRI 973 ini sangat besar dan bukan jenis kapal tempur maka kapal ini lebih sering "diparkir" di Kolanlamil. Selain itu bahan bakar yang diperlukan juga sangat besar.

Hmmmm... jadi kepikiran nih. Apa gak sebaiknya TNI AL membeli kapal patroli/kapal tempur dibanding memiliki kapal besar dan mewah seperti KRI Tg Nusanive 973. Karena kapal patrol/kapal tempur yang sekarang dimiliki TNI AL sudah berusia banyak. Rata-rata buatan tahun empat puluhan. Menurut informasi yang didapat dari Kompas Cyber Media, 13 Mei 2005, selain KRI Tg Nusanive disaat yang sama TNI juga mendapat hibah dari PT Pelni yaitu KM Kerinci yang kemudian diberi nama KRI Tanjung Fatagar (974).

Walaupun sifatnya hibah, tapi tetap saja biaya perawatannya (yang pastinya besar) menjadi tanggungan TNI AL. Padahal kapal-kapal besar tersebut jarang digunakan. Sementara wilayah Indonesia yang dikelilingi lautan memungkinkan timbulnya beraneka kejahatan/penyelundupan melalui laut. Dengan kapal patrol yang jumlahnya memadai dan dilengkapi dengan peralatan yang canggih saya yakin tingkat kriminalitas di laut dapat ditekan sekecil mungkin.

Pokoknya kunjungan ke kapal perang TNI AL bersama Wikimu.com TOP banget deh. Dapet ilmu, bisa foto-foto narsis (teuteup) plus dapet temen-temen baru.

Bookmark and Share

Tag/Label sosial, tni al, wikimu dot com, jalan-jalan, wisata, wikimu kapal perang
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
2 komentar pada warta ini
Sabtu, 09-05-2009 18:04:18 oleh: Meidy

Mbak Novi, KRI 974 Tanjung Fatagar itu eks KM Rinjani. Infonya saya dapatkan dari Kapten Mavrill waktu saya bercerita bahwa ada anak (Alif) yang ikut rombongan saya dulu lahir di atas KM Kerinci. Beliau mengatakan bahwa bukan KM Kerinci yang dihibahkan tetapi KM Rinjani.

Info ini juga dapat dilihat pada http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kapal_perang_TNI-AL




Senin, 11-05-2009 08:52:54 oleh: Novi Kusumayanti

Terima kasih Mbak Meidy atas koreksinya. Sekalian koreksi atas artikel saya. Yang benar memang KM Rinjani (KRI Tj. Fatagar) diserahterimakah dari PT Pelni ke TNI AL bersama dengan KM Kambuna (KRI Tj. Nusanive). Sekali lagi terima kasih dan mohon maaf atas kesalahan informasi.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY