Leonardo Paskah S

26 Fakta 'Segar' Tentang Kesehatan Jantung Anda

Jumat, 10-04-2009 08:37:16 oleh: Leonardo Paskah S
Kanal: Kesehatan

26 Fakta 'Segar' Tentang Kesehatan Jantung Anda

Jika ingin menjaga jantung tetap sehat, upayakanlah untuk mengenal si jantung itu dulu. Termasuk mengenal beberapa tanda-tanda alarm dini dari penyakit jantung. Dalam hal penyakit jantung, yang paling penting adalah upaya pencegahan, dan hal itu sebenarnya ga susah kok, hanya perlu mengenal tentang si jantung itu saja.

Berikut dimuat beberapa fakta klinis mengenai si jantung supaya ga banyak simpang siurnya dan ditujukan agar Anda dapat mengenal si jantung lebih akrab lagi.

  1. Kita memiliki sebuah jantung yang berlokasi di dada kiri , di belakang tulang dada-iga kiri. Posisi jantung berada diapit oleh kedua paru-paru, namun tidak perlu khawatir karena paru-paru bak ibarat spons sehingga posisi demikian tidak akan mencekik si jantung.
  2. Besarnya jantung hanya sekepalan tangan kiri si empunya-nya, tapi kecil-kecil gitu, fungsi jantung luar biasa vital bagi kehidupan, saat ia berhenti bekerja 5 menit saja, hampir dipastikan kita sudah dekat dengan lubang kubur.
  3. Sebenarnya adalah salah kaprah si orang-orang Indonesia mengartikan ‘heart' sebagai ‘hati'. Sebenarnya heart berarti sebagai jantung, sedangkan hati sendiri dikenal sebagai ‘liver'. Jadi istilah ‘my heart' artinya ‘jantung ku' (kok aneh tapi ya??)
  4. Jantung itu sebenarnya merupakan pompa berotot yang sangat unik, yang memompa darah keseluruh tubuh (hingga ke ujung-ujung jari) dan dengan irama yang sangat beraturan sepanjang hayat kita. Bayangkan, apakah ada alat buatan manusia yang masih sedemikian teraturnya setelah bekerja terus menerus selama 50 tahun atau lebih?
  5. Selain sebagai pompa berotot, jantung juga merupakan organ yang dilingkupi oleh system listrik yang amat rumit dan sistematis, lebih kompleks daripada jaringan kabel internet mana pun yang pernah ada. Oleh karena itu, gangguan sedikit saja pada suatu bagian kabel listrik jantung akan berdampak cukup berarti secara keseluruhan bagi efektivitas kerja pompa jantung. Gangguan irama jantung demikian dikenal secara medis sebagai aritmia.
  6. Irama jantung yang normal adalah yang beraturan dan dibawah satu komando yang berasal dari SinoAtrial Node. Frekuensi normalnya adalah 60 - 100 kali per menit
  7. Jantung mereka yang berusia muda dan gemar berolahraga rutin, juga pada atlit, berdetak lebih perlahan, bisa mencapai 40 kali per menit. Hal tersebut normal dan merupakan efisiensi kerja jantung karena daya pompa jantung mereka relative berdaya lebih besar daripada awam sehingga membutuhkan lebih sedikit frekuensi saja. Hal tersebut adalah sesuatu yang baik selama tak bergejala.
  8. Detak jantung anak-anak lebih cepat ketimbang dewasa karena alas an kebalikan dari hal diatas. Pada janin dalam kandungan, detak jantung normal antara 120-160 kali per menit. Pada anak balita detak jantung bisa mencapai 130 kali per menit. Hal tersebut memang normal, jadi jangan dikhawatirkan
  9. Ketika demam, normalnya  detak jantung akan meningkat, yaitu sekitar 10 kali per menit untuk setiap peningkatan suhu badan 1 ‘C diatas 38 ‘ C. Hal itu dikarenakan saat demam aktivitas sel-sel tubuh kita meningkat sehingga jantung perlu bekerja ektra untuk memenuhinya.
  10. Orang tua yang sering sempoyongan, gelap, pusing saat posisi berdiri, lemas, salah satunya bisa dikarenakan detak jantung yang terlampau lambat, selain gangguan tekanan darahnya. Umumnya memang ada beberapa proses degeneratif di bagian Sino Atrial Node pada lansia, terkait dengan usianya.
  11. Pada remaja terutama kaum wanita seringkali mengeluhkan jantung berdebar-debar terutama dalam situasi-situasi tertentu, kadangkala disertai juga dengan telapak tangan gampang keringatan. Keadaan seperti ini seringkali yang dijumpai adalah manifestasi dari gangguan kecemasan (psikis). Namun perlu pula disingkirkan kemungkinan adanya kelebihan hormone tiroid (kelenjar gondok)
  12. Walaupun jantung kita adalah mesin pompa darah yang berarti selalu kontak dengan darah, namun hanya darah yang dibawa melalui pembuluh kecil yang bernama arteri koroner semata lah yang berdapat dipakai sebagai penyedia oksigen dan nutrisi bagi kerja otot-otot jantung. Jadi apabila ada cabang koroner yang menyempit, maka sebagaian lokasi otot jantung potensial cedera atau malah mati, serangan jantung pun terjadi.
  13. Penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) saat ini merupakan momok pembunuh umat manusia nomor satu di dunia. Di USA, tak kurang 400ribu pasien baru dijumpai setiap tahunnya yang mengalami serangan jantung.
  14. Pada dewasa muda terkadang mengalami nyeri di dada bagian kiri yang tiba-tiba dan sakit sekali seperti ditusuk belati walaupun hanya sekejap (dalam hitungan detik) dan umumnya sering bangkit saat menarik napas panjang. Hal tersebut seringkali tidaklah terlalu berarti , bukan disebabkan oleh penyakit jantung spesifik. Umumnya dijumpai pada individu yang memang tergolong mudah cemas. Karenanya disejuluki sebagai cardiac neurosis. Keadaan ini tak berbahaya dan jika diperiksa macam-macam umumnya tak dijumpai kelainan jantung yang berarti.
  15. Nyeri dada yang khas untuk suatu penyempitan koroner (angina) umumnya berupa rasa seperti ditimpa beban berat tepat di belakang tulang dada (di tengah dada) yang dapat menjalar hingga kerongkongan, bahu, lengan dan punggung kiri. Nyeri demikian bangkit terutama saat aktivitas fisik dan segera mereda setelah beristirahat atau minum obat nitrat. Jika tak kunjung mereda dalam lebih dari 20 menit, mungkin suatu serangan jantung telah terjadi, bukan sekedar penyempitan.
  16. Untuk ras Asia, ada banyak kasus serangan jantung ditemukan pada pasien usia lanjut yang dating dengan keluhan nyeri ulu hati , tanpa disertai nyeri dada.
  17. Pada pasien lanjut usia dan penderita diabetes, serangan jantung dapat tampil diam-diam atau tanpa gejala sama sekali (silent infarct), walaupun demikian resiko komplikasinya serupa dengan yang bergejala. Jadi hal ini sungguh berbahaya. Cek rutin diperlukan pada mereka yang tergolong resiko tinggi.
  18. Merokok meningkatkan hampir 4 kali lipat resiko serangan jantung. Faktor resiko lainnya untuk terkena penyakit jantung koroner antara lain adalah diabetes mellitus tak terkontrol, kegemukan, hipertensi tak terkontrol, kolesterol darah (terutama LDL) yang tinggi, obstructive sleep apnea (periode henti napas sesaat saat tidur), faktor turunan keluarga, usia lanjut, post menopause pada wanita dan kebiasaan hidup serba stress serta penuh amarah.
  19. Pada individu yang relatif muda dan tanpa memiliki berbagai resiko diatas, seringkali nyeri dada yang tak khas di bagian kiri umumnya berasal dari organ lain selain jantung, terutama otot. Selain itu mungkin juga dari lambung dan paru.
  20. Perokok, mereka yang gemuk dan mereka yang memiliki pola makan yang tak baik serta maag kadangkala dapat mengalami suatu nyeri dada yang cukup mengerikan yaitu seperti terbakar dari atas ulu hati hingga ke kerongkongan. Hal demikian sejauh terjadi pada mereka yang berusia relative muda dan tak memiliki resiko penyakit jantung seringkali disebabkan oleh karena refluks atau tumpahan asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan, atau dikenal sebagai refluks esofagitis. Karena sensasinya seperti jantung yang terbakar maka dijuluki sebagai heart burn. Namun sesungguhnya hal ini sama sekalai tak berkaitan dengan penyakit jantung.
  21. Ada satu jenis penyakit jantung yang memiliki prognosis (harapan hidup) yang sangat buruk yaitu payah jantung (heart failure). Payah jantung secara perlahan namun pasti akan menggerogoti penderita hingga kematian adalah akhirnya. Prognosis ini bahkan lebih buruk ketimbang beberapa jenis kanker!

Pada payah jantung, kemampuan pompa jantung terus menurun akibatnya suatu saat jantung sudah tak mampu lagi secara optimal memompa darah sehingga berbagai organ vital di tubuh menjadi terganggu fungsinya. Penyebab tersering dari payah jantung terutama adalah hipertensi lama yang tak terkontrol dan pasca serangan jantung yang tak optimal dikelola. Kelainan katup jantung adalah penyebab payah jantung yang relative paling sering pada mereka yang usianya lebih muda.

  1. Oleh karena itu ada istilah ‘time is muscle' bagi mereka yang mengalami serangan  jantung, artinya semakin cepat pasien dikenali dan diatasi serangan jantungnya, maka kerusakan otot jantungnya tidak meluas dan fungsi pompanya dapat dipertahankan seoptimal mungkin sehingga resiko payah jantung dapat dihindari.
  2. Pemeriksaan penunjang penting untuk mendeteksi penyempitan koroner maupun serangan jantung antara lain adalah rekam jantung statis (ekg), rekam jantung dengan uji beban (treadmill), CT angiografi koroner (calcium score) dan kateterisasi jantung dan cek laboratium darah (cardiac marker).
  3. Pemeriksaan penunjang penting untuk mendeteksi payah jantung antara lain USG jantung (ekokardiografi), foto roentgen dada dan cek laboratorium darah (NT-Pro BNP).
  4. Yang paling penting dalam manajemen kesehatan jantung adalah mencegah serangan jantung yang pertama, artinya upaya pencegahan sudah diupayakan saat individu yang beresiko tinggi belum mengalami gejala apa-apa. Caranya dengan terus mengupayakan kebiasaan hidup sehat serta kelola faktor resiko yang ada secara rutin dan tanpa mengenal bosan (misalnya minum obat darah tinggi, obat gula dan kolesterol setiap hari).
  5. Upaya pencegahan yang paling mudah, murah namun sangat efektif adalah rajin jalan kaki setiap hari. Caranya sederhana saja, walaupun agak konyol, selalu pilih naik tangga ketimbang lift, tetaplah berjalan walaupun sedang di escalator, parker mobil sedikit jauh dari pintu masuk kantor Anda, dll. Jalan kaki adalah sahabat jantung sehat.

 

Angka 26 sesuai dengan umur saya yang baru saja bertambah hehe...

Bookmark and Share

Tag/Label jantung
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
29 komentar pada warta ini
Jumat, 10-04-2009 10:18:42 oleh: Ajeng Tiara

Mau tanya nih Pak Dokter,
Tante saya (40th)selama ini sehat, dari kecil gak ada keluhan apa2 .Suatu saat minta periksa tekanan darah, saya periksa tekanannya 160/90. Tapi yang bikin kaget ternyata denyut nadinya hanya 48/menit. Saat itu dia tidak merasa ada keluhan yang berarti.
Suatu saat dia dan teman2nya rekreasi ke gunung kelud. Tiba-tiba batuk hebat dan pingsan. Setelah dibawa periksa, memang sudah payah jantung. Setelah diobservasi, ternyata kinerja jantungnya masih bisa ditingkatkan sampai 60/menit.
Yang saya tanyakan, apa benar itu akibat dari hipertensi berkepanjangan yang tidak diobati? Kalau memang benar mengapa tidak ada gejala sebelumnya? (baik gejala hipertensi-pusing/sakit kepala-dan payah jantung)
Terima kasih...




Jumat, 10-04-2009 10:19:37 oleh: Meidy

Selamat Ulang Tahun, pak dokter.

Vote berguna...

Nanya dong... Coenzyme Q-10 itu sebenarnya buat apa ?





Minggu, 12-04-2009 13:37:48 oleh: Leonardo Paskah S

Thx mbak mei hehe..
co-enzim Q10 itu gunanya meningkatkan energi dan metabolisme selular, sebagi antioksidan kuat terutama bagi pembuluh darah (sehingga baik bagi penderita penyakit jantung) serta dari penelitian terakhir efektif dalam menurunkan tekanan darah juga dalam tingkat tertentu.

Mbak Ajeng, hipertensi memang dikenal sebagai silent killer, artinya tak bergejala sama sekali bahkan jika tekanan darahnya setinggi ibu Anda (kecuali jika peningkatan tekanan darah sedemikian tingginya dan tiba2). Walau tanpa gejala, proses pengrusakan akan terus berlangsung, dan beberapa orgat menjadi targetnya, salah satunya si jantung sebagai pompa darah itu sendiri. Jadi penting untuk kelola hipertensi sejak pertama kali ditemukan, dimulai dengan perubahan gaya hidup hidup dan jika memang perlu minum obat setiap hari. Saya merekomendasikan ibu Anda diperiksa rekam jantung / ekg nya serta USG jantung (ekokardiografi) untuk mengetahui mengapa nadinya begitu lambat karena harusnya penderita payah jantung yang murni disertai dengan detak jantung yang justru lebih lepat dari org normal. Mungkin ada gangguan irama jantung yang memang sering menyertai penderita dengan payah jantung.
trims




Senin, 13-04-2009 07:31:15 oleh: Meidy

Nanya lagi dong....

Soal Coenzyme Q-10 kalo yang tekanan darahnya sekitar 90/60 agak berbahaya mengkonsumsi ??

Apa hubungan antara Body Mass Index (BMI) dengan Cardiac Risk ??




Kamis, 16-04-2009 21:44:32 oleh: Leonardo Paskah S

Mbak Mei, yang unik dari kerja nya Co-Q10 adalah ia dapat menurunkan tekanan darah baik sistolik maupun diastolik pada mereka yang tingkat stress oksidatifnya tinggi (misal pada perokok, hipertensi, kencing manis dll), tapi tidak akan menurunkan tekanan darah pada mereka yang tekanan darahnya normal atau malah rendah. Hal ini disebabkan olehkarena cara kerja nya Co Q10 bukan sebagai antihipertensi melainkan melalui proses antioksidatif nya. Jadi aman digunakan bagi yang Tekanan darahnya normal.

BMI yang melebih 23 dikatakan sebagai overweight sedangkan yang > 27 sudah dikatakan sebagai obesitas (nilai modifikasi bagi orang Asia). Obesitas umumnya berkaitan dengan sindrom metabolik-resistensi insulin dan hal tersebut merupakan faktor resiko tinggi untuk terkena gangguan kardiovaskular pada suatu hari.




Selasa, 11-05-2010 21:07:27 oleh: hans hera amalia

mau tnya,, bapak ku berusia 50 tahun, sudah 3 hari ini nafasnya berat,
bagaimana solusinya agar normal kembali.

Trims Dokter




Selasa, 11-05-2010 22:23:50 oleh: Leonardo Paskah S

pastinya Anda harus bawa ayah Anda ke dokter dulu, biar bisa diketahui apa penyebab sesak napasnya tersebut karena ada banyak penyakit yang mendasarinya..



Jumat, 16-07-2010 14:39:34 oleh: Elvira Mantiri

Mau tanya.. Mamaku berusia 50thn, thn lalu msk RS krn muntah2 & tekanan darahnya naik. Dokter yg menangani ksi tau klo mamaku kena penyakit jantung dan sdh dideritanya sejak kecil (padahl selama ini jantungnya baik2 saja). 1 thn trakhir ini, terkadang mamaku merasa detak jantungnya tiba2 kencang tp kemudian normal kembali. Yang mau saya tanyakn, gangguan apa yg dialami jantung mamaku, apa penyebabnya dan langkah2 apa yg hrs dilakukan utk mnjg jantung mamaku ?
Trimakasih




Sabtu, 17-07-2010 11:51:49 oleh: http://riyadi.staff.umy.ac.id

artikel yg berguna ...





Sabtu, 17-07-2010 18:19:54 oleh: leonardo paskah s

sdr.elvira,tentunya agak sulit bagi saya untuk menyimpulkan kelaian jantung yg ada pada ibu Anda hanya berdasarkan cerita semata,Anda hrsnya menanyakannya ke dokter yg memeriksa ibu Anda. Pemeriksaan semacam rekaman jantung atau ekg saat istirahat, sepanjang waktu seharian (holter) maupun exercise (treadmill) serta usg jantung (echo) diperlukan untuk mendeteksi curigaan kelainan katup jantung, py.jantg bawaan maupun gg irama jantung.
Upayakan gaya hidup sehat selalu bagi ibu Anda, check up rutin setiap 1 thn sekali serta kontrol teratur hipertensi,kegemukan,kolesterol,kencing manis,stress psikis,stop merokok.




Jumat, 23-07-2010 17:24:50 oleh: retno e

dok, saya mau menanyakan perihal penyebab irama jantung yang tidak normal (jelek). karena dalam satu tahun ini, baik secara medical lab maupun hasil pemeriksaan dokter, ayah saya memiliki irama jantung yang jelek. dan akhir-akhir ini beberapa kali mengalami sesak napas (sulit untuk bernapas) apalagi kalau suhu udara sedang dingin. ayah saya dulunya adalah seorang perokok berat, memiliki penyakit kolesterol dan juga maag. yang saya ingin tanyakan, apakah ada obat untuk menangani gangguan irama jantung tersebut? olahraga apa yang sebaiknya dilakukan? karena selama ini ayah saya rajin berolahraga voli dan juga bulutangkis. dan apakah benar kelelahan dapat menjadi faktor pemicu kambuhnya gangguan irama jantung dan sesak napas? mohon jawaban dokter, terimakasih.



Sabtu, 24-07-2010 11:56:19 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.Retno,
pertama harus dipastikan dulu gejala sesak pada ayah Anda tersebut disebabkan krn faktor penyakit jantung atau dari parunya. Karena pengobatannya berbeda.

kedua, perlu dipastikan dulu apa jenis gangguan irama jantung yang ada, karena jenisnnya banyak sekali dan pengobatannya jauh berbeda. Umumnya gangguan irama jantung memerlukan obat-obat khusus bahkan tindakan (studi elektrofisiologi).

Secara umum olahraga tetap dianjurkan, antara lain adalah jenis yang aerobik, artinya olahraga yang dinamis yang periode tahan napasnya minimal (tidak mengedan). Olahraga aerobik baik untuk merileks kan pembuluh darah dan meningkatkan performa pompa jantung. Contoh olahraga aerobik adalah jalan cepat, jogging, bersepeda. Namun perlu dilakukan rutin, kalau bisa 3 kali seminggu, cukup minimal 30 mnt.
Mungkin ada baiknya minuman ber kafein (kopi) dihindari dulu krn seringkali dapat memicu gangguan irama tertentu.




Kamis, 05-04-2012 15:26:27 oleh: yayan suprianto

saya pria usia 31, 4bulan terakhir saya sering merasa detak jantung tak beraturan tiba tiba datang dan pergi, setelah cek EKG, dinyatakan jantung saya normal, apa yg harus saya lakukan dan kenapa?

thanks




Kamis, 05-04-2012 17:44:00 oleh: Leonardo paskah s

Sdr.yayan, gangguan irama jantung itu ada yang bersifat menetap, ada juga yang hilang timbul. Perlu diketahui bahwa perekaman ekg hanya dapat mendeteksi adanya gangguan irama pada saat dilakukan perekaman tersebut, so jika gangguan irama yang Anda alami berupa yg hilang timbul, maka untung2an tuk bisa terekam pada ekg. Jika kebetulan lagi muncul, ya terekam, namun jk tidak lagi muncul ya normal. Dalam kasus demikian, kami menganjurkan untuk dilakukan rekaman ekg kontinu 24 jam, atau yang disebut holter, jika memang keluhan yg Anda rasakan sangat mengganggu Anda. Prosedurnya simple, dan biaya cukup terjangkau. Silahkan berkonsultasi dengan dokter jantung Anda perihal prosedur tersebut.
Perlu pula Anda ketahui, pada usia Anda, seringkali rasa ganggaun irama itu muncul bukan sebagai penyakit, melainkan suatu variasi normal saja shg seringkali tidak berbahaya. setting sbb; dalam kondisi terlalu lelah, sehabis merokok atau minum alkool atau minim kafein, seringkali irama ekstra muncul, shg dirasakan irama jantung tak teratur. Pada sebagian kecil kasus baru memang terkait kelaian listrik jantung bawaan.
salam




Senin, 09-04-2012 09:50:08 oleh: yayan suprianto

ok thanks



Jumat, 27-04-2012 18:56:42 oleh: setyorini

Dok,, saya juga mau tanya..
saya wanita, berusia 24 tahun,mempunyai keluhan nyeri dada kiri yang timbul hilang, biasanya dirasakan saat mnjelang haid/ kelelahan..sekitar 1 tahun lalu saya cek EKG dengan hasil rbbb1 incomplete, kmudian 4 bulan berikutnya didokter yg berbeda sya cek EKG lagi dan hasilnya tidak ada gangguan apa2, 4 bulan berikutny cek EKG lagi dan hasilnya tidak ada rbbb1 tapi yang ada gangguan pada jantung sinus blok apa gitu sy ga begitu ngerti(kata dokternya ada sedikit gangguan irama).. kira2 apakah itu bisa berkembang sbg indikasi gagal jantung/payah jantung/serangan jantung??? terimakasih dok.. Saya memiliki riwayat asma.. tapi nyeri yg saya rasakan tidak menjalar ke leher




Kamis, 03-05-2012 08:41:55 oleh: Leonardo paskah s

Sdr setyorini,
Sayang sekali saya tak bisa menilai hasil ekg anda shg agak kesulitan dalam menterjemahkan masalah anda.
Nyeri dada pada wanita seusia anda agaknya jauh dari kemungkinan koroner, krn pada ummnya wanita mendapakan masalah koroner pada usia post menopause atau sekitar 10 thn lebih tua dari usia pria saat berisiko koroner. Shg dalam kasus anda, apalagi nyeri nya agaknya tidak khas, kita harus mencari kemungkinan lain, misalnya penyebab non jantung dapat berupa masalah otot dada, payudara, psikogenik, dll. Jikalaupun nyeri itu berkaitan dgn jantung, pada seusia anda penyebabnya lebih sering kelainan katup jantung (seperti prolapsus katup mitral) atau hipertensi pembuluh darah paru, bukan koroner.
Bengkak jantung tidak bergejala nyeri dada, melainkan umumnya sesak napas dan bengkak tungkai.

Saran saya, cek lah berkala ke dokter jantung.




Senin, 14-05-2012 19:38:16 oleh: setyorini

terimakasih dokter...
sedikit lagi saya belum paham,
kalau penyebab non jantung dapat berupa masalah otot dada, payudara, psikogenik, dll, perkembangannya ke arah penyakit apa dok??
lalu kalau indikasi kelainan katup jantung (seperti prolapsus katup mitral) atau hipertensi pembuluh darah paru, bukan koroner... itu perkembangan arah penyakitnya apa ya dok? apakah gagal/payah jantung??

saya bertanya lebih jauh untuk bisa mengetahui kira2 upaya preventif atau meminimalisir risiko apa yang bisa saya ambil..

oh iya dok, katanya kalau gigi berlubang bisa bakterinya sampai ke jantung dan berbahaya buat jantung ya dok..

terimakasih banyak ilmunya




Selasa, 15-05-2012 10:43:44 oleh: Leonardo Paskah S

Jika berkaitan dengan problem bukan jantung seperti masalah otot dsb jarang mengarah ke suatu penyakit yang serius, hanya membawa kecemasan saja dan mengganggu aktivitas karena nyerinya. Kalau penyebabnya seperti masalah katup jantung dan hipertensi paru itu betul arahnya ke gagal jantung jika memang tidak diterapi dengan baik dan dini.

Kesehatan mulut yang buruk memang sangat berisiko untuk terjadinya infeksi pada dinding dalam jantung, terutama apabila jantungnya sendiri memiliki risiko untuk dihinggapi oleh si kuman, misalnya pada mereka dengan penyakit jantung bawaan yang berat. Jantung yang normal pun masih mungkin dihinggapi oleh kuman yang ada dalam peredaran darah hanya apabila si kuman memang sangat infeksius (jarang terjadi, kecuali pada pengguna narkoba dan HIV).

Salam




Selasa, 26-06-2012 15:18:40 oleh: SUSANTORRO

dokter, saya baru periksa dan hasilnya ada penebalan pada jantung dikarenakan hipertensi, umur saya 38th, perokok dan menkonsumsi kopi, langkah apa yang harus saya lakukan selanjutnya dok.
terima kasih sebelumnya atas petunjuknya.




Selasa, 26-06-2012 15:25:20 oleh: Leonardo paskah s

Sdr.Susantoro,
Yang paling penting untuk anda lakukan adalah berobat rutin untuk hipertensi Anda terkait dgn temuan penebalan dinding jantung. Penebalan itu akan relatif berkurang jk hipertensi terkontrol. perlu diingat, walaupun saat ini tak bergejala, namun adanya penebalan tersebut seiring waktu dapat berujung sebagai gagal jantung yg sangat sulit penanganannya, dan kasus gagal jantung di indonesia paling sering memang disebabkan oleh hipertensi tak terkontrol. dikatakan tekanan darah anda terkontrol apabila dibawah 139/89 mmHg, atau <129/79 mmHg jk ada diabetes.
Saran kedua yg tak kalah pentingnya adalah ; STOP MEROKOK. Yah saya tau itu sulit, namun sangat penting bagi kesehatan jantung Anda




Kamis, 05-07-2012 17:31:44 oleh: setyorini

Terima kasih dokter..

Jadi kesimpulannya kemungkinan bagi yang usia muda adalah :
1. gangguan kecemasan/psikologis, masalah lambung, (yang tidak berhubungan dg jantung yg tidak terlalu berbahaya)

2. jika mungkin, gangguan katup jantung yang mungkin bisa mengarah ke payah jantung yang perlu diwaspadai ya dok..(bagaimana kita tahu punya kelainan katup jantung?)

3. Orang tua dengan hipertensi tidak terkontrol, arahnya ke payah jantung, tapi efek meminum obat hipertensi rutin jangka panjang tidak baik juga ya dok.. mungkin ada saran menjaga kesehatan jantung bagi lansia tanpa obat anti hipertensi

terima kasih sekali lagi




Minggu, 30-12-2012 11:10:12 oleh: anggee

#Tentang saya:
Wanita, 26th, 158cm/45kg, perokok aktiv, alkohol (kadang2), profesi modern dancer (1x 15mnt)

#Keluhan2:
1. Sering kesemutan (dan terkadang sedikit baal) bagian dada (terutama kiri), uluhati, perut kanan&kiri, punggung (terutama kiri), lengan kiri, telapak tangan&kaki, bibir, pipi.
2. Nyeri di uluhati, perut kanan/kiri, nyeri dada kanan/kiri, rahang kadang terasa kaku, sering pegal di punggung, dan nyeri di tulang belakang (yg sejajar pinggang), leher belakang pegal
3. Kadang tiba2 badan terasa ringan sekali/lemas, sprti mau pingsan
4. Hidung sering buntu sebelah, dan bagian pangkal hidung (sejajar mata) terasa seperti dipencet dan agak dingin, Leher kadang seperti tercekik

#Terjadinya:
1. Paling sering saat ulu hati mulai sakit
2. Saat menjelang tidur
3. Saat terkena hawa dingin, AC dingin
4. Saat panik/cemas/emosi

#Cek dokter:
1. Dalam minggu ini saya baru saja melakukan 2x EKG dan hasilnya "moderately abnormal" (dokter blg ada gangguan irama jantung).
2. USG jantung NORMAL.
3. Hematologi darah lengkap (HB, lekosit, eritrosit, trombosit, hematokrit, mCV, MCH, MCHC, basofil, Eosinofil, Batang, segmen,limfosit, monosit) hasil NORMAL.
Kecuali MCHC : 31,8% (normalnya 32-36)
3. Kimia Darah.
-Hati (SGOT, SGPT) NORMAL.
-Ginjal (Ureum, Creatinin) NORMAL.
4. Urinalisa (urine lengkap&sedimen urine) NORMAL.
Kecuali leukosit 6-8 (normalnya <5/LPB)
5. Imuno (pra vaksin hep-B) NON REAKTIF
6. Hormon tyroid NORMAL

#NB: Sblmnya saya prnh menggunakan narkoba slama 1bln (1,5bln lalu), kata slh 1 dokter blg cenderung faktor kecemasan/parno, dan saya akui itu.

#Pertanyaan:
1. Kira2 saya sakit apa?
2. Lalu apa saja yg hrs saya lakukan utk mengetahui sumber dr gangguan irama jantung?
3. Apakah EKG, echo dan cek2 diatas sudah bs mewakili keadaan jantung/perlu cek lain lg?
4. Apa medical check up bs mengetahui kemgknan2 penyakit saya? Medical cek up apa saja yg hrs saya lakukan?
5. Kalau cek maag ke dokter bagi




Minggu, 30-12-2012 12:31:35 oleh: anggee

#Lanjutan pertanyaan:
5. Kl cek maag ke dokter bagian apa?
6. Apakah aritmia jantung bisa berbahaya, jika seandainya hasil medical cek up menyeluruh saya lakukan (terutama jantung) dan misal hasilnya ternyata normal smua? Ataukah ttp berbahaya?
7. Bagaimana cara mengurangi perasaan cemas/parno saya? Krn sangat mengganggu dan membuat sakit yg saya alami mjd lbh parah dan sesak nafas.
8. Apa mungkin saya kena penyakit jantung?
9. Bagaimana cara yg benar menolong org yg terkena serangan jantung? Dan cara menolong diri sendiri saat terkena serangan jantung? (Apabila tidak ada obat n bila ada obat)

#Tambahan Keluhan:
5. Sesak nafas (entah memang krn sesak nafas atau karna hidung buntu sebelah) terutama saat panik.
6. Kadang kepala serasa pusing (bagian belakang kepala atau area jidat dan alis)
7. Mata sering berair (kluar airmata)
8. Sewaktu kecil pernah kena bronkitis
9. Dada berdebar2 (kadang sangat terasa dan kadang tidak terasa sama skali)
10. Terasa hangat di bagian dada dan punggung.
11. Nyeri dada tidak begitu nyeri skali, tp terasa sedikit nyeri

#NB:
Hasil EKG rekam jantung:
-heart rate: 93bpm
-PR int: 168ms
-QRS dur: 78ms
-QT/QTc: 370/421ms
- P R T axes: 58 5 47
(Moderately abnormal)

Terimakasih...




Senin, 31-12-2012 00:17:27 oleh: Leonardo Paskah S

Sdri.Anggee.
Jk sekilas menilik berbagai keluhan Anda dan riwayatnya, agaknya semuanya terkait didasari faktor psikis yaitu kecemasan. Secara umum hasil pemeriksaan fisik Anda adalah dalam batas normal, termasuk hasil kesimplan EKG yang anda tuliskan tersebut (saya tidak tahu dikatakannya abnormalnya dari mana, krn sy juga tidak melihat hasilnya secaa langsung, bisa jadi hanya variasi normal saja). jk memang tidak pernah keluhan khusus seperti pingsan mendadak tanpa sebab jelas, dada berdebar dan sangat mengganggu, dll, agaknya tidak perlu dirisaukan. saat keadaan cemas, seringkali jantung juga kena imbasnya shg memunculkan berbagai gejala tak spesifik seperti yang anda keluhan diatas (kondisi ini dinamakan cardiac neurosis). saran saya saat ini kurangi konsumsi alkohol, rokok maupun kopi. Kemudian coba berkonsultasi dengan psikiater perihal masalah kecemasan-panik nya. Saat ini tidak perlu khawatir krn hasil2 pemeriksaan Anda masih dalam batas normal kok. coba hidup lebih positif dan dibantu dukungan sosial yang memaai.
salam




Senin, 04-02-2013 12:40:58 oleh: cawi sumiati

Saya saat ini d vonis dokter terkena jantung koronor. Sya bru pulang opname karena sakit tipes. Berbarengan dengan nyeri dada yg sy radakan. Sy rrkam jantung katanya jantung koroner tp masuh ringan. Sy jg suka mengeluh sesak setelah pulang dari rumah sakit. Sudah d ronsten hasilnya normal.tidak ada pembengkakak jantung dan paru-parunya bagus. Sy cek up lg dengan keluhan masih sama sesak. Sy bertanya apakah sesak yg st rasakan dari jantung. Dokter bilang bukan. Mslahan fokyerny marah- marah dengan alasan saya bertanya tentang itu trus. Katanya saya meragukan dia. Sya d suruh nyari dokter lain. Sementara dokterny jg tfk menjelaskan knpa sy sesek. Sy mau tanya dari manakah sesak yg saya rasakan. Apakah jantung koroner bsa d sembuhkan? Ssya syok sekali ketika d vonis dokter jantung koroner. Sy seperti kehilangan semangat hidup
Apa yg harus sy lakukan dok.. mohon bantuanny... terimakasih...




Kamis, 21-02-2013 18:19:29 oleh: anggee

Maaf, tanya lg dok..
1. Benarkah jika gangguan irama jantung ttp hrs ditanggulangi? Dgn cara apa saja? Dan apakah suatu saat nanti gangguan irama jantung ini bs mjd bahaya utk jantung saya?
2. Apa kalo medical check up keseluruhan, bisa dgn pasti mendeteksi penyakit?
3. Kalo sakit jantung itu gejala2nya dirasakan setiap hari atau hanya sekali2 saja ya?
4. Oia dok, saya pnh tau bahwa di RS sekarang dijual obat yg bisa mengurangi rokok. Apa itu tdk apa2 jika dikonsumsi? Krn saya ingin berhenti merokok, tp susah sekali. Klo hanya mengganti dg permen2 biasa, itu g pnh berhasil.

Trimakasih.




Senin, 29-04-2013 11:44:03 oleh: Zeti

Dokter,saya wanita,26 tahun.apakah payah jantung itu sama dengan lemah jantung?
Saya pernah 3 minggu mengalami nafas yang agak sesak,namun saya biarkan karena saya pikir cuma kecapean dan tekanan psikis.kemudian suatu hari saya telat makan,pas mw tidur saya tibatiba sesak,cemas,jantung berdebar kencang sekali,tangan dingin.akhirnya saya masuk ICU karena debaran jantung tidak normal2.kata dokter jantung lemah.hasil rontgen baik.hasil echo jantung disfungsi diastolik gr3-apa artinya ya dok?hal tsb terjadi dua kali.dan dokter saya dibantu oleh dokter psikolog.selanjutnya saya disuruh kontrol ke dokter psikolog.sampai sekarang saya masih suka sesak.apalagi semenjak sakit itu,saya menderita alergi hidung<hidung selalu mampet ,kering>.punggung kiri selalu pegal,kaku.kalo saya tarik nafas suka bunyi 'klek' di punggung kiri tsb.karena itu saya kembali di rontgen,namun kata dokter jantung dan paru dalam keadaan baik.selain itu saya sering mual,cepat lapar,ulu hati suka sakit tapi sebentar,kalo kelamaan duduk suka sesak.apakah ada indikasi penyakit jantung/asam lambung tinggi/dispepsia/psikosomatis? Trimakasih banyak atas jawabanya dok.




Rabu, 02-04-2014 17:04:38 oleh: wina paputungan

pak dokter sayamau tanya tiba tiba siku tangan kanan saya nadinya tuh agak kuat denyutnya. seperti tak beraturan tapi kok ber jam jam. mohon penjelasannya makasi pak dokter



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY