Leonardo Paskah S

Osteoarthritis (pengapuran) Atau Osteoporosis (tulang keropos) ?

Jumat, 03-04-2009 09:00:53 oleh: Leonardo Paskah S
Kanal: Kesehatan

Osteoarthritis (pengapuran) Atau Osteoporosis (tulang keropos) ?

Kedua istilah tersebut maupun gejala penyakitnya seringkali dicampuradukkan. Keduanya memang sama-sama mengacu pada penyakit tulang, sama-sama sering dijumpai pada kaum wanita usia > 50 tahun (atau post menopause) serta sama-sama merupakan penyakit menahun yang sulit untuk disembuhkan seperti sediakala. Lalu kalau pinggang atau lutut Anda sering sakit apakah itu gejala pengapuran atau tulang keropos, atau bisa jadi dua-duanya ?

Osteoarthritis (OA) atau dikenal sebagai pengapuran adalah suatu penyakit tulang yang menggambarkan kerusakan pada tulang rawan sendi, jadi karena proses kerusakannya di sini terjadi pada rawan sendi pastilah kelainan dan nyeri yang dijumpai umumnya terjadi pada sendi-sendi tubuh. Sesuai namanya, di sini terjadi penumpukan zat kapur atau kalsium pada lokasi tulang rawan yang merupakan engsel dari sendi kita. Jadi istilahnya persendian kita aus ditandai dengan rawannya yang rusak dan kemudian kerusakan itu secara alamiah ditutupi tubuh dengan menimbun kalsium di situ. Sialnya kalsium yang tertimbun itu merupakan zat yang keras, tidak seluwes si rawan sendi, dan juga bentuknya terkadang tajam-tajam tak beraturan sehingga yang terjadi kemudian adalah nyeri saat sendi digerakkan. Selain itu celah antar sendi menyempit sehingga membatasi gerakan sendi dan menimbulkan kekakuan.

Lain lagi ceritanya tentang osteoporosis atau dikenal sebagai tulang keropos atau kopong. Pada osteoporosis massa yang membentuk tulang sudah berkurang, sehingga tulang dapat dikatakan kopong. Struktur pengisi tulang antara lain berupa senyawa-senyawa kolagen disamping juga kalsium, berfungsi bagaikan semen cor-an nya tulang. Ketika massa ini menjadi berkurang maka tulang menjadi kurang padat sehingga tak kuat menahan benturan ringan sekalipun yang mengenainya, resikonya patah tulang gampang terjadi. Sebagai perbandingan, apabila saya terpeleset di kamar mandi dan pinggul saya menghantam lantai, mungkin yang terjadi kemudian adalah daerah sekitar situ bengkak dan sakit, namun tulangnya tak apa-apa karena massa tulang saya masih oke. Tapi jika yang mengalami hal itu adalah penderita osteoporosis, maka tak anyal lagi terjadi patah tulang setempat, dan hal itu dinamakan fraktur patologis.

Di luar dari mudahnya tulang yang keropos itu mengalami fraktur, tulang yang keropos hampir tak bergejala sama sekali, silent disease. Jadi jika dengkul maupun punggung Anda seringkali kaku dan nyeri, yang lebih rasional untuk dicurigai adalah si OA (pengapuran) bukannya si osteoporosis. Keduanya memang dekat dengan wanita usia post menopause dikarenakan proses metabolisme di tulang memang membutuhkan pengaruh dari hormone estrogen yang lazimnya menurun saat wanita post menopause. Selain itu OA (pengapuran) sendi dipicu pula dengan berbagai trauma menahun pada sendi tersebut seperti misalnya over use saat olahraga (misalnya banyak menimpa para pesenam) maupun jenis trauma minor sekalipun seperti sering nyeletek-nyeletekin jari. Trauma menahun pada sendi akan membuat rawannya mudah aus akibatnya akan terjadi penumpukan kalsium disana (osteofit).

Osteoporosis selain bergantung pada fungsi hormone estrogen juga ditengarai berkaitan dengan stok kalsium yang kurang pada tubuh, misalnya jarang minum susu. Namun yang penting untuk diketahui, puncak massa tulang kita sudah menurun saat kita mulai masuk usia kepala tiga, artinya kita harus sudah memulai menimbun kalsium sejak kita usia pertengahan untuk menjamin saat tua nanti tulang kita masih cukup padat.

Jadi apabila sudah mengalami osteoporosis dan baru memulai minum suplemen tinggi kalsium maupun susu tinggi kalsium, hal tersebut tidak akan banyak faedahnya. Selain pada susu, kalsium yang tinggi juga dapat dijumpai pada ikan-ikan kecil seperti ikan teri. Kalsium dari alamiah memang lebih dianjurkan, sementara suplemen kalsium dosis tinggi dapat menimbulkan beberapa masalah seperti terbentuknya batu saluran kemih serta adanya isu peningkatan risiko stroke dan serangan jantung yang menyertai para wanita usia lanjut yang mengkonsumsi suplemen kalsium secara rutin (sesuai laporan research di Auckland, New Zealand baru-baru ini).

Bagaimana mendeteksi OA maupun osteoporosis?

Mendeteksi OA relatif lebih gampang karena penyakit ini akan menimbulkan kekakuan dan nyeri pada sendi-sendi tertentu, terutama sendi-sendi jari, lutut dan tulang punggung. Yang tersering dewasa ini adalah sendi lutut, karena sesuai dengan proses terbentuknya OA pada sendi yaitu sendi lutut lah yang paling sering mendapatkan trauma menahun, terutama pada mereka yang gemuk. Dengan foto roentgen konvensional kita sudah dapat mendiagnosa adanya OA serta derajadnya. Pada foto akan didapatkan adanya penyempitan celah sendi dengan tepinya yang tak rata dan adanya osteofit (bangunan runcing-runcing). Apabila OA sudah tergolong derajat 3 atau 4 (dua derajad akhir), umumnya sendi tak dapat diselamatkan lagi dengan berbagai obat-obatan. Ortoped (dokter tulang) umumnya akan menganjurkan lutut demikian di reparasi seluruhnya dan digantikan dengan bahan metal buatan, suatu operasi yang dikenal sebagai Total Knee Replacement.

Osteoporosis umumnya tak bergejala dan penilaiannya tak cukup dari hasil roentgen konvensional. Perlu suatu alat khusus yang dinamakan bone densitometri untuk dapat menilai kepadatan massa tulang. Dengan demikian tulang Anda dapat dideteksi sebagai tulang dengan massa yang masih baik, osteopenia (mulai menurun kepadatan massanya) atau malah sudah osteoporosis (keropos). Berbeda dengan OA yang ujung-ujungnya berupa tindakan bedah, pada osteoporosis kita masih mengandalkan berbagai obat-obatan, kecuali jika sudah terjadi fraktur patologis. Obat yang menjadi andalan baru untuk mengatasi osteoporosis adalah bisfosfonat. Sebaiknya bagi Anda yang terutama wanita dan berusia 50 tahun ke atas saya anjurkan sekali waktu perlu menilai bone densitometri tulang Anda dan konsultasi kepada ahlinya diperlukan sebelum fraktur patologis terjadi.

Bookmark and Share

Tag/Label osteoarthritis, pengapuran, osteoporosis, tulang keropos, wanita
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
163 komentar pada warta ini
Sabtu, 04-04-2009 11:05:28 oleh: Meidy

Kesimpulannya kalo sudah berumur mengkonsumsi Calcium dalam jumlah besar sudah gak efektif...jadi harus gimana dong ??
Makan teri tiap hari ?
Kalo sayur saya lupa.. yang mengandung banyak Calcium apa... daun pepaya atau singkong... tempo hari baca di Kompas Minggu waktu naik pesawatke Surabaya utk ngikut Gathering Wikimu di sana.

Buat yang punya anak... selagi anak-anak masih dalam keadaan bertumbuh diberi asupan yang cukup ya... n anak-anak diingatkan jangan dibiasakan bunyi2in jari tangan, leher... krek..krek... kalo tua akibatnya bisa arthritis ...gitu, pak Dokter ?

Kalo Rhematoid Arthritis itu apa lagi, dok ?

Maaf banyak nanya...mumpung gratis hahahaha...




Sabtu, 04-04-2009 18:35:53 oleh: Leonardo Paskah S

alo mbak mei..ketimbang meminum suplemen kalsium gila-gilaan, mending menu makanan ditambahkan vit D juga sebagai penunjang kalsium. Perlu diingat bahwa kalsium untuk diserap tubuh dan aktif itu memerlukan Vit.D, dengan demikian penting untuk mengkonsumsi vit D juga, baik lewat berbagai sayuran yang daunnya berwarna hijau, produk susu dan kacang2an.

Klo Rheumatoid Arthritis(RA) itu penyakit autoimun ,seperti halnya dengan lupus , dengan manifestasi ke persendian. Jadi disini bukan disebabkan oleh tulang kopong atau kurang kalsium atau aus tapi memang terjadi peradangan/inflamasi di sendi2 sehingga persendian membengkak.




Senin, 06-04-2009 16:42:26 oleh: elly murniati

bahu saya sendinya berbunyi krek2 kadang2 terasa nyeri, dan pada posisi tertentu terasa sakit. Dokter bilang saya kena radang sendi. Giamana ya mengatasinya.Usia saya 44 tahun, Wanita, dan saya rajin OR.



Senin, 06-04-2009 23:13:03 oleh: Leonardo Paskah S

Alow Bu Elly

menilik penjelasan singkat ibu, bisa jadi memang Anda memiliki OA pada sendi bahu, umumnya dikarenakan post trauma/injury bertahun2 lalu atau overuse (misalnya olahraga berlebihan yang menggunakan bahu, misalnya tenis dll). Harusnya diagnosa ini memang didukung oleh hasil interpretasi rontgen. Jika pada rontgen tak ditemukan tanda OA yang sesuai, perlu dipikirkan kemungkinan lain sebagai penyebab nyeri sendi bahu misalnya dikarenakan jaringan lunak sekitar bahu, contohnya IMPINGEMENT SYNDROME (ada baiknya Anda men cek sendiri mengenai sindrom ini di internet).

Saran saya jika benar OA,
- untuk mengurangi nyeri, gunakan pain killer seperlunya
- fisioterapi di instansi rehabilitasi medik dapat dipertimbangkan, disana Anda dapat sekaligus berkonsultasi dengan spesialisnya. Lebih tepat Anda dapat ke pusat rehabilitasi medis yang memiliki DBC Unit-nya (program khusus yang dirancang untuk nyeri pinggang, punggung, leher dan bahu menahun). Salah satunya dapat dijumpai di Rumah Sakit Siloam-Kbn Jeruk, Jakarta Brt.
- untuk jangka panjng, konsumsi suplemen yang mengandung kondroitin-glukosamin (jika Anda tak memiliki riwayat kencing manis)
- untuk konsultasi, cobalah ke dokter bedah tulang (orthopaed)
- untuk makanan, banyaklah makan makanan yang segar terutama sayuran dan buah
- dan tentu saja tetaplah rajin berolahraga, namun dengan perhatian tertentu yaitu olahraga yang tepat adalah jalan cepat, tai chi, sepeda, senam santai.
Hindari yang menggunakan kekuatan tangan dan bahu berlebih, misalnya tenis, badminton, basket, juga berenang

Memang masalah nyeri yang terkait OA seringkali mengganggu penderita bertahun-tahun tanpa hasil yang signifikan walaupun sudah berobat wara wiri, namun saya berharap Anda masih tetap semangat untuk mencari berbagai upaya rasional dan bersabar tentunya.
Trima Kasih, semoga dapat membantu Anda.




Kamis, 09-04-2009 13:44:11 oleh: elly murniati

dok...... makasih atas jawabannya yg sangat komplit. saya udah 1 bulan mengkonsumsi glukosamin (kbtln ga punya diabet, harganya lumayan ya dok....!). Kalo saya tambah dengan mengkonsumsi buah noni/jus noni...... apakah ada manfaatnya untuk mengatasi radang sendi ini. Obat luar pernah saya gunakan yaitu pirofel gel. dan jk saya melakukan akupuntur boleh ga .....? Dok...... trims banget atas bantuannya..... maaf pertanyaan saya banyak.



Minggu, 12-04-2009 13:29:38 oleh: Leonardo Paskah S

tentu saja Anda juga boleh mencoba berbagai terapi alternatif seperti jus buah noni maupun akupuntur walaupun laporan resmi tentang efikasinya memang belum jelas. Biasanya teknik relaksasi dan akupuntur memang cukup membantu untuk kasus nyeri menahun



Senin, 18-05-2009 08:39:23 oleh: Christine Natalia

Terima kasih atas artikel mengenai osteoarthritis! Di sana tertulis jika seseorang mengalami kaku dan nyeri sendi berarti orang tersebut mengalami OA.Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana pola makan yang benar bagi seorang penderita OA jika dirinya juga menderita hipertensi, asam urat, dan cholsterol? Apa yang sebaiknya dikonsumsi agar dapat mengurangi rasa nyeri tesebut? Jika orang tersebut juga sering mengalami kram saat tidur, apa itu juga gejala dari OA? terima kasih..



Senin, 18-05-2009 14:07:38 oleh: retno maya sari

siang dok......
dok mamahku sakit pd bawah bokongny (maaf maksudny pantat), diduga dokter itu sudah terkena osteoporosis tp blm di rongent, kta mamahku rasa sakitnya nyeri + pegel bgt dok. saya bingung klo mamah ku sudah kesakitan. mamahku sudah 5X mnjlnkan terapi dan dikasih obat oleh dokterny. saya amat sangat mohon masukannya dok trims :)




Rabu, 20-05-2009 09:35:04 oleh: dian

terima kasih bwt artikelnya.
dokter, kmrn sy mencoba tes kesehatan tulang dr salahsatu merk susu kalsium A dan hasilnya sy -2,6 dgn keterangan resiko tinggi keropos tulang pdhl sy br berusia 25 tahun dan sejak kecil sy selalu minum susu dan skrg sy minum susu kalsium merk B. apakah karena sy mengatakan kpd salesnya bahwa sy minum susu merk B, sehigga sy d nyatakan resiko tinggi???sy tdk meminum kopi,minuman bersoda dan olahraga tiap hr minggu sy joging dan setiap hr sy pergi k kntr jalan kaki kurang lebih 10 menit. apakah benar sy berpotensi tulang keropos atau agar sy berpindah mengkonsumsi merk A??
terimakasih




Kamis, 21-05-2009 13:16:20 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Christine, pola makan pasien OA dengan hipertensi dll sama saja, disesuaikan dengan kelainan2 yang ada, misalnya rendah garam untuk hipertensinya (maks.1 sendok teh per hari),hindari jeroan-kopi-coklat-seafood pada asam urat. Yang perlu digaris bawahi, pasien diabetes dengan OA hendaknya berhati-hati menggunakan suplemen glukosamin karena ditengarai dapat membuat kontrol gula darahnya membandel.

Sdr.Retno, tidak benar osteoporosis itu menimbulkan nyeri, kecuali jika ada riwayat ibu anda terjatuh (terduduk) dan ada retak disana. Mungkin OA yang lebih rasional. Rontgen diperlukan lebih lanjut.

Sdr.Dian, tentu saja hal tersebut tak benar. saya anjurkan jika anda hendak make sure memeriksakan diri derajad keropos tulang dengan metode bone densitometri karena metode tersebutlah metode formal dan bakunya. trims




Rabu, 22-07-2009 11:01:51 oleh: shavira indah P

Dokter saat ini saya sangat gelisah, Ibuku umur 70 tahun, akir-akir ini sering kesakitan di punggung dan sendi2 pinggul, dan saat ini sedang di rawat dirumah sakit. Hasil rongcen ada noda2 flek di tulang punggung dan pinggul. Saya mau tanya ibuku sakit apa dan pengobatan yang tepat dimana? ibuku berada di Magetan jawa timur. Tks.



Rabu, 22-07-2009 15:05:20 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Shavira, wah tentunya mustahil saya bisa tahu penyakit ibu Anda hanya dari keterangan singkat demikian, apalagi saya tidak memeriksa dan melihat rontgennya lsg. Lebih baik keterangan Anda dapatkan dari dokter yang merawat ibu Anda. ada banyak kemungkinan dari hal yang Anda kemukakan, bisa berupa osteoporosis pada tulang yang disertai retak atau patah (jika ada riwayat trauma fisik sebelumnya) atau yang paling jelek, kemungkinan adanya keganasan pada tulang.



Jumat, 07-08-2009 15:47:58 oleh: maria AR

Doktor saya telah memberitahu saya bahawa tulang leher saya telah aus ( kopong) saya merasa takut dan risau. apa yang patut saya buat mengenai ini. tiada ubat yang di berikan masa ini. saya tidak merasa sakit sebelum ini. perkara ini di ketahui setelah saya membuar X Ray tulang belakang dan leher. tolong berikan sedikit advise. TQ



Jumat, 07-08-2009 19:43:41 oleh: Leonardo Paskah S

Sebenarnya yg penting diketahui dulu adalah apakah kelaianan tulng leher anda tsb mrpkan pengapuran atau keropos.hal tsb perlu anda tanyakan ke dokter anda krn obat dan penanganannya tentunya tak sama. Sementara boleh dicoba beberapa suplemen rutin yg mengandung glukosamin & condroitin (aman jk anda tak memiliki diabetes) atau suplemen kalsium seperti tdpat pada susu misalnya
. Jk anda sudah menopause, terapi hormonal bs menjadi salah satu alternatif krn tlg keropos pada wanita post menopause diduga dipicu oleh kadar estrogen yg mnurun. Tentunya hal tsb perlu dikonsultasikan dg dokter anda. Selanjutnya saya menyarankan untuk tetap olahraga ringan secara teratur agar kepadatan tulang anda tetap terjaga




Sabtu, 29-08-2009 15:17:05 oleh: corry

dok..mau nanya bagaimana sih cara mengatasi OA yg belum terlalu parah??
apakah ada semacam terapi yg mudah dilakukan??
trimakasihh...




Jumat, 25-09-2009 16:17:35 oleh: christina johan

Dokter, hasil rongent sy ada spur (minor) di tumit kiri dan hasil lab saya jg ada rhemathoid factor = 127. apakah sy ini termasuk penderita OA ? bagaimana cara nya utk menurunkan rhemathoid factor dalam darah ? Terima kasih



Sabtu, 26-09-2009 14:11:14 oleh: Leonardo Paskah S

spur pada tumit umumnya memang terkait dengan pengapuran / OA, umumnya akan dirasakan sebagai nyeri saat berjalan yang bersifat musiman - hilang timbul.
Mengenai RhF yang tinggi, menandakan kemungkinan adanya proses penyakit rematik, namun harus disesuaikan dengan keadaan klinis Anda. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pakarnya perihal rematik tersebut, yaitu ke dokter spesialis internis - rematologi.
Trimakasih




Senin, 28-09-2009 08:28:51 oleh: christina johan

Dokter Leo,Terima kasih atas penjelasannya. Ada lagi yg mau sy tanyakan, mengapa suplement yg mengandung Glukosamin & kondroitin bisa berpengaruh kpd penderita diabetes ?
Sy di sarankan minum suplement OA forte (PT.Interbat) yg mengandung kedua unsur. Apakah efek nya apabila suplemen ini di konsumsi dlm jangka waktu lama ?




Senin, 28-09-2009 10:22:21 oleh: Leonardo Paskah S

glukosamin & condroitin memang dari beberapa penelitian skala kecil menunjukkan gangguan dalam kontrol gula darah jika digunakan dalam jangka panjang oleh penderita diabetes. Jadi kedua unsur tersebut memang kurang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi PASIEN DIABETES.
Hal ini dikarenakan unsur dasar glukosamin masih famili dengan zat gula semacam glukosa yang dalam hal ini terganggu kontrolnya pada pasien diabetes.

Namun kedua bahan ini TIDAK MENYEBABKAN munculnya diabetes bagi orang yang sehat. Jadi bagi mereka yang tanpa diabetes atau pre diabetes, it's ok untuk konsumsinya.Jadi jika Anda tanpa diabetes/prediabetes, silahkan lanjutkan obat tersebut.
Perlu diingat pula bahwa diabetes disebabkan multifaktor, tidak semata disebabkan konsumsi suatu jenis bahan obat, tetapi juga terkait faktor keturunan, kurang gerak, pola makan yang buruk, kegemukan, dll.

Salam




Senin, 28-09-2009 10:39:25 oleh: christina johan

Dokter Leo, many thanks for sharing information with us. GBU



Senin, 28-09-2009 14:51:49 oleh: diony

Dok...apa benar buah alpukat,kacang tanah & kacang mede bisa "melawan" kolesterol ? sorry yach agak melanceng dari soal OA.... thanks




Minggu, 04-10-2009 23:25:50 oleh: silvia sujanto

mau tanya dok,papa saya umur 57 thn,menurut perkiraan dokter terkena osteoporosis.ciri-cirinya punggung sering pegal-pegal dan nyeri.yang saya binggung nyerinya semakin terasa apabila dalam posisi tiduran,sedangkan kalo posisi duduk lebih mendingan.apakah memang demikian?dan lagi kenapa tulang rusuk bagian depan (kanan & kiri)sakit apabila sedang posisi tidur.otot2 pun sering terasa kaku dan seperti ketarik2.maaf ya dok pertanyaannya banyak soalnya saya binggung.dan bisa minta saran harus dibawa berobat kemana ya?soalnya saya udah bawa ke dokter syaraf dan dokter tulang tapi belum menunjukkan hasil yang cukup.kondisinya sudah berlangsung hampir 2 thn.saat ini kondisinya sudah sulit untuk berjalan(ada masalah kegemukan dan diabetes juga dok).tolong sarannya ya dok....



Selasa, 06-10-2009 22:06:40 oleh: Leonardo Paskah S

Diony, bahan-bahan yang Anda sebutkan itu sampai saat ini belum memiliki penelitian sahihnya, jadi saya belum berani beri kepastian. Yang sudah ada penelitiannya adalah minyak ikan yang baik untuk dikonsumsi rutin untuk membantu memperbaiki kolesterol darah. Mungkin yang segera akan menyusul adalah kacang kedelai.

Silvia yang baik, singkatnya yang perlu ayah Anda lakukan adalah menurunkan berat badannya terlebih dahulu. Bisa jadi semua keluhan otot-tulang -sendi demikian berkorelasi erat dengan kelebihan beban berat badan karena logikanya sistem rangka tubuh memang berfungsi untuk menopang badan, shingga jika berat badan berlebihan maka semua sistem rangka akan terganggu dan sakit2. Umumnya osteoporosis tidak menimbulkan nyeri-nyeri atau linu-linu kecuali jika sudah ada komplikasi retak atau patah tulang. Kemungkinan osteoarthritits lebih mungkin sesuai dengan faktor resiko berat badan berlebih, selain tentunya disebabkan oleh karena otot.Silahkan bawa ayah Anda untuk berkonsultasi ke dokter internis-rematologi atau ke dokter rehabilitasi medis (seperti dr.Nury tyang kebetulan Wikimuer juga)




Rabu, 07-10-2009 15:09:39 oleh: diony

Terima kasih dok....



Kamis, 08-10-2009 19:45:25 oleh: silvia sujanto

terima kasih dok atas jawabannya.pertanyaan lagi dok. dr.nury tyang bisa saya temui dimana ya dok???
kalo bisa kirimin alamatnya ke email saya bisa nga ya dok?kalo nga ngerepotin lhooo.....

trims ya dok....




Senin, 12-10-2009 09:27:33 oleh: christina johan

dokter Leo, bagaimana caranya mencegah spur di tumit agar tidak bertambah panjang ? Apakah ada pantang makanan tertentu ?
mengapa kalo sy jalan kaki kira2 lebih dr 2 jam tumit kiri sy bengkak sebelah ? Apakah nonflamin di minum saat bengkak spt ini ?
Benarkah bila kompres dgn es batu tidak boleh lebih dari 4 menit di satu titik ?
Fisioterapi, fungsinya utk apa ?
Terima kasih




Selasa, 13-10-2009 15:11:22 oleh: ina akbar

Dok,

Saya 46 thn, menurut dokter ahli tulang, saya menderita OA ringan di lutut kiri saya. Hal tsb terjadi stlh sy kecelakaan beberapa thn yg lalu. Sy sudah ada rontgentnya. Pertanyaan sy:
dimana dokter prakteknya dan apaka ada akunpunctur untuk penyembuhan selain fisio terapi? Dan perapa lama penyembuhannya.

Terima kasih
ina




Selasa, 13-10-2009 22:46:29 oleh: Leonardo Paskah S

Sdri.Silvia, Anda bisa mencari dr.Nury di web wikimu, hub.beliau dengan cari tulisannya di artikel kesehatan.

Sdri.Christina, pertama-tama Anda harus menganalisis tentang kecocokan alas kaki Anda dengan bentuk kaki Anda, apakah sudah pas, dan nyaman pada daerah tumit tentunya. bengkak pada tumit satu sisi lebih sering terkait dengan faktor trauma lokal seperti demikian. Spur adalah proses degeneratif atau pengrusakan menahun, jadi hindari tumit Anda dengan trauma lokal yang terus berulang, misalnya pembebanan berulang baik karena berat badan berlebih maupun aktivitas fisik. Makanan agaknya tak terlalu berpengaruh. Nonflamin sebagai painkiller boleh-boleh saja diminum dalam kondisi demikian namun tentunya atas pengawasan dokter dan sesuai indikasi karena obat semacam itu termasuk obat keras, bukan obat bebas.
Kompres es apalagi jika terlalu lama akan mematikan jaringan kulit (membeku), serupa dengan luka bakar 'dingin'. Tidak pernah diperbolehkan mengkompres dengan menggunakan es secara kontak langsung maupun terlalu lama.
Fisioterapi ada banyak jenisnya, umumnya terutama berfungsi sebagai proses rehabilitasi untuk membantu mengembalikan fungsi organ yang cedera.

Sdri Ina, saya praktek di UGD Siloam Kebon Jeruk. Akupuntur secara khusus belum pernah ada laporan resminya bermanfaat dalam terapi OA. Jika lutut Anda masih dalam masa pemulihan dan terganggu fungsinya, fisioterapi khusus nyeri menahun dapat dicoba, di RS kami terdapat program khusus untuk pemulihan pasca cedera seperti itu, namanya program DBC, yang lazim digunakan para atlet dalam masa penyembuhan mereka. Bole dicoba...




Jumat, 23-10-2009 08:02:35 oleh: giarti

Dok,

Saya 44 tahun, beberapa tahun terakhir ini ( sejak 40-an), punggung dan sendi lainnya sering nyeri, mungkin ini OA ya dok? yang ingin saya tanyakan adalah berbahayakah bila saya terus mengkonsumsi Bodrex, karena obat tsb dapat menghilangkan rasa nyeri, badan terasa enakan. asam urat saya 6.1..apakah nyeri ini dari asam urat atau OA? saya juga rajin mengkonsumsi susu kedelai, apakah ini baik dok, mengingat asam urat saya. Demikian, terima kasih ya dok..




Sabtu, 24-10-2009 11:25:01 oleh: Leonardo Paskah S

saya kira nyeri-nyeri Anda relatif tak ada kaitannya dengan kadar asam urat, karena umumnya peradangan karena asam urat lokasinya bukan disitu. Bodrex dan painkiller lainny sebaiknya jangan terlampau sering dikonsumsi karena akan meriritasi lambung, juga pengaruh ke liver atau malah justru akan menimbulkan nyeri (seperti efek bumerang). Ada baiknya dibantu dengan relaksasi serta memeperhatikan posisi badan saat duduk-tidur maupun saat mengankat barang2 berat.
Susu kedelai baik untuk dikonsumsi untuk seusia Anda, tidak terlalu berdampak buruk juga bagi asam urat kok..




Selasa, 03-11-2009 20:06:24 oleh: Karuniawati

Mamahku 67thn,OA di lutut,tumit.nyeri,kaku.konsumsi analgetik dan glukosamin kondroitin.kynya ga berefek tuh.gradenya dah tgi kali ya?bener ga si oa ga boleh minum kalsium?hrus obt apa gt yang minumnya hrus duduk krh bs bkn iritasi?:-S



Jumat, 06-11-2009 12:25:14 oleh: Leonardo Paskah S

kalsium bukannya tidak boleh untuk penderita OA tapi lebih tepatnya tidak membantu dan memang tidak cocok untuk terapi OA. Coba fisioterapi berkala saja pada tahap 'flare' atau masa sakit demikian, nanti setelah nyeri berkurang harus dibantu dengan 'senam' penguatan otot2 tungkai agar sedni menjadi stabil (pendekatan biomekanikal)



Jumat, 13-11-2009 16:33:35 oleh: christina johan

kakak saya 48th pr, kalo jalan kaki atau naik tangga tulang di panggul bisa bunyi "klotok2" itu, tapi tidak sakit. Kenapa yach dok ?



Sabtu, 12-12-2009 13:40:36 oleh: Angger

artikel yang bagus, maaf kalo saya ingin tau apakah Anda memang benar seorang Dokter ? apakah benar seorang Ahli tulang, sekali maaf saya hanya ingin mendapatkan jawaban dari orang yang tepat..
yang saya ingin tanyakan , apakah benar kalo seseorang sudah mengalami pengapuran pada usia 50 ke atas, dilarang keras mengkonsumsi kalsiun berdosis tinggi...kebetulan ibu saya sendiri adalah salah satu korban pengapuran, dan saya sedang ingin memberikan susu berklasium tinggi, apakah efeknya bagi penderita pengapuran??
terima kasih bapak Leonardo Paskah . S atas jawabanya...




Selasa, 09-02-2010 19:13:14 oleh: fivi halim

hallo dok saya umur 34 thn sudah menderita sakit dipundak sampai ke tangan kalo kena ac rasanya seperti ditusuk2 ngilu rasanya,dan sekarang kalo cuaca dingin pun terasa kalo ditekan pundak deket lengan terasa bunyi krek2,kenapa ya dok saya?saya sudah pergi ke dr tulang tapi cuma di suruh terapi yang pakai lampu hangat tapi tidak ada efek nya.saya harus berobat ke mana? sakitnya sudah 3 tahun,sepertinya tanagn dan pundak saya sangat sensitif kena ac apa gara2 ac dok tolong ya dok terima kasih sebelum nya



Kamis, 11-02-2010 00:40:31 oleh: stephani purwonegoro

Malam Dok,,
saya Hani,,

Papa saya baru aja di diagnosa kena osteoporosis di bagian leher dan kata dokternya harus segera di operasi karena susah dalam keadaan yang parah,,
tetapi dalam 10 hari ini papa saya akan melakukan terapi dan tepatnya esok pagi adalah hari pertamanya,,

saya buta sama sekali ttg mslh ini,,

mungkin dokter bisa membantu saya hal ap yang harus saya lakukan dalam kasus papa saya ini,,
atau kah ad pantangan-pantangan tertentu dalam hal ini..

terima kasih sebelumnya Dok,,,saya tunggu jawaban dari dokter




Jumat, 19-02-2010 00:04:22 oleh: kanya aprividia

halo dok, saya mau naya kenapa saya yg baru berumur 29th bs terkena osteoarthritis, bukankah itu biasanya menyerang orang yg sudah tua? apakah bisa disembuhkan kembali, adakah obat2an alami untuk penyakit ini dok? terimakasih sebelumnya



Jumat, 19-02-2010 14:34:31 oleh: debby

selamat siang dok,
ibu saya sudah dirontgen dan dikatakan terkena OA leher. OA pada leher
bisa disembuhkan tidak dok? Apa yang harus kami lakukan? Dokter juga dokter tulang ya? praktek di Siloam hari apa saja dan jam berapa dok?
terima kasih




Jumat, 19-02-2010 20:36:45 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Angger, saya seorang dokter dengan praktek umum dan emergency di rumah sakit. Tapi saya bukan spesialis tulang. Yang perlu saya luruskan adalah, pengapuran (OA) penting sekali dibedakan dengan osteoporosis (tulang kopong), dan dalam hal pengapuran, suplemen kalsium tentunya tidaklah berguna karena pada pengapuran yang terjadi adalah rawan sendi menjadi aus dan rusak bukan karena kekurangan kalsium. Jadi tidak perlu menyarankan ibu Anda konsumsi kalsium berlebihan jika tidak terdapat osteoporosis (bahkan untuk osteoporosis saja masih rancu apakah kalsium diperlukan berupa suplemen). Bahayanya nanti malah akan terbentuk batu ginjal jika overconsumption of calsium.

Sdr.Fivi, ada banyak kemungkinan yang terjadi pada nyeri bahu Anda, jika sudah diperiksa cermat dan dengan di rontgen/MRI bahu Anda dan tanpa kelainan pada tulang-ototnya oleh dr.tulang, coba cari second opinion lainnya, bisa ke dokter saraf ataupun rehabilitasi medik.

Sdr.Stephanie, keputusan operasi adalah pada dokter tulang yang memeriksa lsg kondisi klinis ayah Anda. Tentunya saya tidak bisa banyak bicara karena kurang tahu bagaimana kondisi dan jenis penyakit ayah Anda persisnya. Jangan malu bertanya ke dokter Anda maupun mencari second opinion jika ragu.

Sdr.Kanya, belakangan ini OA semakin banyak diderita pada usia lebih muda, diduga berkaitan dengan overuse atau pembebanan berlebih dari sendi (misal karena kegemukan, pada atlet tertentu seperti senam) atau karena kesalahan atau kebiasaan teknis gerak yang menahun (misalnya suka mencetak-cetek jari tangan karena hal tsb merupakan faktor trauma fisik juga)

Sdr.Debby, OA pada leher umumnya tidak akan menganggu nyata aktivitas sebelum menjepit saraf di sisinya. OA adalah penyakit degeneratif (atau penyakit karena aus dan 'jatuh tempo' pemakaian), dengan demikian tidak ada cara penyembuhan sempurnanya seperti sediakala. Yang kita lakukan adalah menghambat kerusakan sendi, mencegah komplikasi saraf, atau operasi perbaikan pd tahap lanjut.




Jumat, 26-03-2010 15:09:06 oleh: lily yanti

Dok.sy 60 thn,Kwantitas tulang -2,4.Saya terkejut sekali.
Apa mungkin bisa menjadi lebih baik atau mengecil minusnya?sekarang sendi2 terasa ngilu kayaknya radang sendi terutama dilutut.
apakah tetap saya boleh olahraga jalan pagi?
dan kolestrol 299 apakah ini penyebabnya?
mulai sekarang sudah dieet minyak dll anti kolestrol
Obat apa ya Dok yg proses cepat,Uda ga sabar radang sendinya ngilu.TQ DOK.GBU




Minggu, 28-03-2010 07:31:05 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Lily, tampaknya Anda memiliki tahap awal pengeroposan tulang, disertai radang sendi juga (OA) dan kolesterol yang tinggi. Apakah Anda gemuk? Jika ya, itulah yang bisa jadi faktor risiko utamanya sehingga BB harus diturunkan secara graduil.
Tidak ada korelasi langsung antara kolesterol tinggi dengan proses di tulang-sendi.
Olahraga rutin harus tetap dilakukan untuk mengisi kepadatan tulang, yang dianjurkan adalah olahraga aerobik semcam jalan cepat, jogging, sepeda, berenang, senam, setidaknya 30 menit setiap harinya. Asupan kalsium dan obat pengeroposan tulang sebaiknya dikonsultasikan ke dokter Anda.




Kamis, 01-04-2010 15:04:34 oleh: AGUS SUPRIADI

SELSMS NYSWS MASIH BERSENYAWA DENGAN JIWA,RUH MASIH BUTUH TUBUH,NAFAS BELUM LEPAS AMBLAS ENTEK BLAS & UMUR BELUM DIKUBUR KITA TETEP WAJIB IKHTIAR.



Kamis, 01-04-2010 17:36:19 oleh: edi

dok mau nanya, ibu saya usia 73 tahun dan saat ini terkena pengapuran tulang, kaki mengecil tidak bisa menggerakkan badan bagian bawah sehingga jalannya merangkak, apakah ada obatnya dan kalau berobat saya harus berobat kemana (rumah saya di semarang, terimakasih sebelumnya.



Selasa, 06-04-2010 14:29:47 oleh: ratna awan

Met siang dokter, month tanya MRI di RS siloam berapa duit ya, sy di kalimantan rencana mau ke sana.thx




Selasa, 06-04-2010 22:07:10 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.Edi, agaknya gangguan ibu Anda sudah berlangsung dalam jangka waktu lama, andaikata itu OA pun sudah masuk stadium lanjut. Mungkin intervensi serupa bedah diperlukan. cobalah bawa ibu Anda ke dokter tulang dulu, saya kira di RS. Telogorejo dan RS.Kariadi dapat dijumpai.

Sdr.Ratna, itu sangat tergantung dari jenis MRI apa yang akan dilakukan. organ apa yang akan difoto, pakai kontras atau tidak dsb. Tapi harganya relatif mahal, rata-rata > 1.5 juta rupiah.




Sabtu, 17-04-2010 09:50:36 oleh: juliah

dri hasil penjelasan diatas... bagaimana cara yg baik untuk menyembuhkan penyakit pengapuran tersebut?yg tidak ber efek samping.
apabila seseorang menderita penyakit pengapuran yg gejalanya akibat terlalu lelah karena banyak melakukan kegiatan sehingga lebih dari 1 minggu badan terasa lemas sekali sehingga tidak dapat digerakkan,bagaimana cara untuk menanggulangi penyakit tersebut?kira-kira penyakit tersebut dapat sembuh atau tidak?
sudah dalam kategori seperti apa gejala tersebut???




Senin, 03-05-2010 09:24:49 oleh: veronica ica

Pak dokter, ibu saya usia 68 th, sudah 1,5 bulan ini menderita sakit/nyeri di tangan kiri. Hasil rontgen adalah : spur formation posterior vertikal c4 kanan dan c 5-6 kiri. Kesan : sposndyloarthrosis cervical. Oleh dokter di RS. Pasar Rebo diberi obat penahan nyeri & juga vitamin tapi rasa nyeri tetap ada, terutama bila ibu saya duduk/berdiri lebig dari 15 menit.
Apakah ada terapi/obat lain untuk mengurangi rasa sakit ibu saya?
Terima kasih Dok..




Kamis, 06-05-2010 13:42:25 oleh: Leonardo Paskah S

sesuai dengan rontgen, berarti ibu Anda memiliki pengapuran pada tulang leher, yang mungkin bisa membuat saraf ke lengan terjepit.
ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf dalam hal ini agar sesuai dengan terapinya




Jumat, 07-05-2010 07:49:35 oleh: rusdiyanto

dok,gmn y bapak saya udah delapan bulan ini menderita sakit tulang belakang udah pernah diagnosa katanya saraf kejepit dan pengapuran parahnya beliau juga menderita diabetes kering umurnya 52 tahun gmn y dok kami udah berobat kemana-mana tapi hasilnya belum jg sesuai dengan harapan?



Selasa, 11-05-2010 22:36:00 oleh: Leonardo Paskah S

sakit tulang belakang memang salah satu tantangan tersendiri karena pengelolaannya tidak mudah dan memerlukan waktu panjang. Diperlukan pemahaman yang baik dari pasien dan keluarga perihal gangguan tersebut dan posisi2 tubuh saat duduk-tidur yang tepat agar meringankan gejala (mengenai hal ini, ada baiknya Anda buka di search engine dan mengetikkan 'low back pain', maka Anda bisa mendapatkan banyak info dari banyak web yang mengupas tentangnya). Konsultasi dengan dokter saraf, ahli tulang dan rehabilitasi medis dianjurkan. Dalam hal ini, nyeri harus diredakan dulu, entah dengan minum obat, suntik, maupun operasi, setelah itu fisioterapi diperlukan. Oleh karena itu ketiga spesialis tadi dibutuhkan. Jika memang ada bukti saraf terjepit (umumnya dari foto MRI), sebaiknya jangan dibawa ke terapi alternatif, dipijat-pijat dsb, karena potensi bahaya...
Salam




Rabu, 12-05-2010 20:09:47 oleh: desi

dok, apakah benar jika penderita OA lutut yang tidak punya sejarah penyakit maag harus tetap diberi lansoprazol 1x1 sehari jika diberi obat meloksikam 1x1 sehari selama 1bulan berturut-turut?
haruskah semua pasien diberi kombinasi meloksikam+lansoprazol seperti itu?




Jumat, 14-05-2010 23:30:02 oleh: leonardo paskah s

sdr.desi
perlu diketahui bahwa piroksikam maupun meloksikam adalah obat yg tak ramah bagi usus,telah sering dilaporkan kejadian perdarahan saluran cerna dikarenakan obat keras itu.hal itulah yg menye abkan sejak 3 tahun lalu bbrp negara di dunia seperti australia telah mencabut peredaran obat gol.tsb. Saya rasa untuk meredakan nyeri sendi jangka panjang spt pada OA,obat gol.ini sebaiknya dihindarkan krn resiko efek sampingnya lebih besar. Kpd pasien saya umumnya saya hanya meresepkan meloksikam paling lama 1 mggu untuk diminum,tk boleh jangka panjang. Masih banyak jenis obat lain yg lebih relati aman dipakai tuk jangka panjang,misalnya yg paling sering dipakai pada OA jangka panjang adalah parasetamol atau celecoxib yg relatif lbh aman bagi usus.
Mengenai hal ini silahkan konsultasi lbh lanjut ke dokter Anda tuk mencari solusinya





Sabtu, 15-05-2010 23:25:11 oleh: haryathi

dok saya berusia 32 thn, sering mengalamipegal dipunggung sebelah kiri,dan pegelnya menjalar ketangan dan jari.apakah itu oa?gimana mengatasinya?
terima kasih dokter




Minggu, 16-05-2010 18:56:49 oleh: leonardo paskah s

sdr.haryathi, tentunya ada byk penyebab dr gejala pegal2,dan untuk melihat adanya OA kita butuh minimal rontgen foto. Tapi menalar usia Anda, keluhan dan lokasi yg tidak khas,sy kira kmgknan lebih besar jk penyebab keluhan nda berasal dr masalah oto bukan OA.
Selanjutnya konsultasi ke dokter Anda adalah langkah yg tpat untuk keluhan yg bkepanjangan




Kamis, 20-05-2010 10:03:09 oleh: andra r

dok klo saya skit tubuhny sring nyeri2, dilutut dpungggung, dlehher,tubuh rasany panas, air liur kluar trus, rasany gelisah,tubuh tambah kurus aja, dan tulang spertinya keropos juga.dulu saya sering mengkonsumsi obat2 kuat trus mnerus,sprti extrajos,hemaviton,dll. kira2 saya sakit apa dok ya? n obat apa atau langkah apa yang bsa saya lkukan untuk mengobati pnyakitku itu.? ditugu ya dok jawabanya.?



Kamis, 20-05-2010 11:05:22 oleh: dyah annisa

dok, saya wanita berusia 22 tahun. Saya mau bertanya tentang pengapuran sendi, di usia saya yang masih muda ini, kenapa ya lutut saya sering berderak waktu bangun dari posisi jongkok? saya sering ngeri sendiri apalagi dengan banyaknya informasi mengerikan tentang bahaya tulang keropos dan sejenisnya. . terima kasih.



Kamis, 20-05-2010 14:53:15 oleh: F.Iskandar

Saya adalah laki2 umur 52 th sudah lama menderita sakit sendi2 diseluruh tubuh mulai dari ujung jari kaki sampai ke sendi leher, baik persendian kecil maupun besar. setiap bangun pagi badan sakit2 semua dan sendi mengalami kekakuan. Pengobatan dilakukan dan sekarang ditangani dokter spesialis rematik dan didiagnose sakit ankylosing spondilitis. Sinar X dilakukan di sendi pinggul, tulang belakang dan terakhir leher kesimpulan dileher spondylitis cervicel ( infonya dokter ada pengapuran ). Mohon pencerahan sharing untuk :
1.Mengatasi/mengobati, mengurangi rasa pegel2 dan pusing.
2.Menu2 makan apa yang bisa menekan tumbuhnya pengapuran.
3.Olah raga apa yang cocok?.
4.Apa ada nutrisi/suplemen untuk mengurangi rasa sakit.
Terima kasih atas pencerahannya. Tks
F. Iskandar




Jumat, 21-05-2010 12:54:03 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Andra, saya kira masalah Anda tidak terbatas pada pengapuran semata, cek lebih lanjut diperlukan untuk tahu persis gangguan yang Anda alami (laboratorium darah dsb).

Sdr.Dyah,
Anda termakan iklan yang keliru. Osteoporosis itu tidaklah menyebabkan tulang bergerak. Osteoporosis seperti yang saya ulas di artikel ini pada stadium awal hanya terdeteksi lewat pemeriksaan kepadatan tulang (bone densitometri), tahap lanjut umumnya hanya bergejala jika sehabis terjatuh disertai dengan patah tulang.
Saya kira masalah dengkul Anda tidak terkait dengan osteoporosis, mungkin ada masalah lain yang menyebabkan sendi lutut kurang stabil, seperti pernah cedera lutut sebelumnya atau berat badan berlebih.

Sdr.Iskandar,ankylosing spondilitis merupakan penyakit sendi kronik, sehingga pengobatannya membutuhkan waktu panjang. Jika periode nyeri sedang kambuh sebaiknya obat painkiller yang diresepkan diminum. Upayakan lebih banyak makan makanan sehat yang berupa banyak sayuran-buah, kurangi berat badan agar beban tubuh tidak semakin berlebih. Olahraga dalam skala tertentu tetap dianjurkan tergantung kondisi badan Anda, umumnya olahraga jenis aerobik lebih dianjurkan, simpelnya jogging, jalan cepat, bersepeda dan berenang.





Senin, 07-06-2010 15:07:05 oleh: Joni Saputra

dok,ibu saya umur 55 menderita pengapuran tulang pada lutut,udah coba hampir semua obat,tapi ga ada kemajuan.pertanyaan saya pengapuran bisa di sembuhkan atau tidak.klo bs harus berobat dimana?thanks.di tunggu jawabannya secapatnya



Jumat, 11-06-2010 11:04:52 oleh: ana

Dok,saya ibu rumah tangga 46 thn, tinggi 169, berat
58 Kg. Saat ini mengalami rasa nyeri/ngilu pada bagian tumit kaki terutama saat bangun pagi,setelah duduk lama, setelah berjalan kaki dan menaiki tangga
Mohon petunjuknya untuk penyembuhan (pernah ke dokter disarankan untuk disuntik pada bagian yang sakit, tapi saya agak takut menjadi ketergantungan).
Terimakasih,




Jumat, 11-06-2010 12:43:28 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Joni, pengapuran itu tidak bisa disembuhkan, tergolong sebagai penyakit degeneratif (peng-aus-an), tapi bisa diupayakan untuk mengurangi keluhan dan dihambat proses pengrusakannya. Lutut ibu Anda harus dinilai dulu oleh dr.tulang tergolong derajad berapa, jika derajad lanjut umumnya obat minum tidak terlampau efek sehingga tindakan bedah dibutuhkan.

Ibu Ana..menyimak dari keluhan Anda, kemungkinan besar gejala tumit Anda berasal dari plantar fasciitis. Umumnya hal tersebut dikarenakan overuse dari tungkai Anda, misalnya berdiri dalam waktu lama setiap hari. Untuk tahu lebih lanjut, Anda bisa baca artikel yang mengupas penyakit tsb di wikimu di kolom kesehatan (ditulis oleh dr.Nury). Umumnya saat keluhan akut muncul, memang bisa disuntik di lokasi sakit tsb lalu lanjut obat minum. Jika tidak mau disuntik, boleh dicoba obat painkiller, kompres dingin di lokasi yang sakit dan lakukan peregangan setiap pagi-malam setelah nyeri mereda.




Jumat, 11-06-2010 18:58:57 oleh: yuni

Dok,Ibu saya berumur 57 tahun dah mengalami pengapuran. sakit pada kaki,kami sudah kerumah sakit...dan sudah dirontgen..dokter pertama mengatakan pengapuran dan harus disuntik yang katanya bisa bertahan sampai 15 tahun.dokter ke 2 di rumah sakit berbeda mengatakan harus dioperasi..apa obat yang tepat untuk menghilangkan nyeri pada kaki akibat pengapuran dok?mohon solusinya dok.terima kasih...



Sabtu, 12-06-2010 20:14:26 oleh: andra r

klo saya bleh tau, obat pengapuran tulang tu apa sich dok........???????



Rabu, 16-06-2010 16:12:04 oleh: bambang haryanto

sakit sendi terutama akibat pengapuran bisa sembuh dengan cara diterapi tapi bukan disendi sendi tapi jauh dari tempat nyeri sendi itu sendiri dan banyak yang berhasil untuk temen temen yang takut operasi atau disuntik bisa mencoba ,sudah banyak yang mencoba langsung uenak tenan selamat mencoba.



Rabu, 16-06-2010 22:39:05 oleh: bella

dok, berdasarkan artikel yang dimuat, biasanya osteoporosis/osteoarthritis di temui pada usia >50. Namun, saya (wanita, 26 thn) khawatir mengalami gejala2 ini dok. pertama kali lutut saya bunyi adalah ketika kaki mendorong beban sebesar 50kg (fitness), kegiatan langsung saya hentikan karena khawatir bertambah parah. namun saat ini Lutut, bahu, tulang panggul sering bunyi jika digerakkan. punggung dan leher sulit tegak. leher kadang bunyi "kres" seperti yang keropos. Apa saya mengalami keropos tulang, dok? apa ada yang bisa saya lakukan agar menjadi normal kembali? keadaan ini sudah berlangsung selama 3 bulan, sebelumnya saya jarang berolah raga, namun aktif berjalan kaki, tb/bb 158/47.

terimakasih.




Kamis, 17-06-2010 16:14:37 oleh: giarti

Dok, saya mengalami OA ( hasil rontent spur di leher..apakah rasa nyerinya dapat menjalar ke siku? soalnya beberapa waktu yang lalu siku kiri saya nyeri..kemudian saya fisioterapi 15..dan sekarang siku kanan saya mengalami hal yang sama.
Dok apakah pengapuran dapat terjadi di siku juga..apa yang harus dilakukan dengan siku yang sakit dok?..terima kasih.




Rabu, 23-06-2010 15:06:32 oleh: Heri Cahyadi

Dok, saya didiagnosa awal menurut dokter terkena OA karena lutut saya membengkak, setelah dikasih obat lutut saya berkurang bengkaknya dan sudah tidak nyeri lagi kalau jalan kaki, tetapi masih ada sedikit bengkak tapi kecil daripada sebelumnya. Apakah saya perlu dioperasi antroscopy? sudah 3 minggu bengkaknya....



Kamis, 24-06-2010 08:56:07 oleh: Rose Pane

Dok,sy pernah didiagnosa LBP (Low Back Pain) setelah mengkonsumsi obat2an, nyerinya hilang, tetapi sy jadi ketergantungan pd obat tersebut. Saat ini setiap saya minum kopi walaupun hanya beberapa teguk maka nyeri pinggangnya sangat terasa. Mohon penjelasan dokter tentang pengaruh kopi pada sakit/nyeri di pinggang saya. Terimakasih



Kamis, 24-06-2010 13:22:27 oleh: Leonardo Paskah S

perihal terapi yang diperlukan apakah perlu suntik, minum obat atau operasi, OA sebelumnya harus dinilai derajadnya dulu. Untuk derajad kerusakan lanjut (derajad 4), sendi sudah dipastikan rusak sehingga obat-obatan sudah tidak memberikan manfaat, shg upaya operasi umumnya ditempuh. Mengenai hal ini, Anda harus berkonsultasikan dengan dokter tulang Anda.


@ andra r : suplemen sendi adalah condroitin dan glukosamin, obat tersebut berguna untuk jangka panjang (menghambat kerusakan sendi). untuk saat nyeri datang, obat painkiller seperti parasetamol, celebrex dll boleh diminum

@ bella : OA memang lazimnya pada usia lanjut, namun pada beberapa kasus dapat terjadi lebih dini pada mereka yang asupan kalsiumnya buruk (malnutrisi) atau pada mereka yang sering overuse sendi (misalnya isu OA pada para mantan pesenam RRC yang sempat mencuat bbrp thn lalu)
Perlu diketahui, oeteoporosis itu tidak terkait dengan sendi berderak (seperti di iklan), itu keliru. umumnya osteoporosis tak bergejala jelas namun ancamannya mudah patah krn tulang keropos.

@ Rose : sejauh yang saya baca tidak ada korelasi lsg antara nyeri sendi dengan konsumsi kopi

@ giarti: OA bisa terjadi pada sendi mana saja, umumnya pada sendi@ kecil dan sendi yang paling sering mendapat beban (seperti lutut atau tlg punggung)






Senin, 28-06-2010 16:10:48 oleh: hakim

dok saya mau tanya, orang tua saya, menurut hasil ct scan, dokter bilang tulang blkang bapak saya terjadi pengeroposan dan pembengkokan, saat ini beliau masih d rmh sakit, ada gak kemungkinan untuk disembuhkan, apakah operasi jalan satu-satunya. tolong diberitahu secepatnya, karena saya masih meragukan tawaran dokter untuk d operasi?



Senin, 28-06-2010 16:39:49 oleh: hakim

dok saya mau tanya, orang tua saya, menurut hasil ct scan, dokter bilang tulang blkang bapak saya terjadi pengeroposan dan pembengkokan, saat ini beliau masih d rmh sakit, ada gak kemungkinan untuk disembuhkan, apakah operasi jalan satu-satunya. tolong diberitahu secepatnya, karena saya masih meragukan tawaran dokter untuk d operasi?



Kamis, 01-07-2010 14:30:53 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Hakim,
tulang punggung itu ibarat tonggaknya dinding rumah, jika sudah terjadi perubahan bentuk dan retak tentunya upaya renovasi diperlukan, tidak bisa hanya sekedar diketok@ atau diolesi cat. Demikian juga jika tulang punggung yang rusak sudah mengalami perubahan bentuk dan hingga menjepit saraf disekitarnya, umumnya tindakan operasi diperlukan. Memang ada berbagai upaya lain yang non-operasi, seperti minum obat pereda sakit jangka panjang serta beberapa obat maintenence lainnya disertai pemakaian belt penopang tulang punggung. Namun tentunya yang lebih pas menilai kondisi dan dejarad penyakit ayah Anda adalah dokter yang memeriksa shg perlu Anda tanyakan dengan jelas berbagai kemungkinan non operasi lainnya. Jangan lupa juga tanyakan risiko operasi supaya keluarga paham betul tindakan tersebut.
Salam




Selasa, 06-07-2010 11:23:31 oleh: diyani

saya usia 29 tahun dan sejak 4thn lalu menderita Osteoarthiris.
apakah suplemen Glucosamine, Chondroitin & MSM cukup menanggulangi Osteoarthiris?
saya depresi dalam OA ini dan sempat berhenti berobat, saat ini hanya mengkonsumsi GCM.
rasa ngilu berawal dari lutut, panggul, pinggang, punggung, pergelangan kaki, bahu, siku tangan, dan jari2. memar dan bengkak sering saya rasakan hampir setiap hari. begitu juga bunyi2 di lutut.
mohon pencerahan nya.
terima kasih dokter




Kamis, 08-07-2010 11:57:35 oleh: Muchrizal

komplikasi dari OA itu sendiri apa ya. ??



Jumat, 09-07-2010 16:12:20 oleh: Dewi

Dok...
Ibu saya nyeri di pinggul, setiap mau duduk terasa sakit sekali. Sdh dibawa ke dokter, katanya terkena Pengapuran. Jenis Makanan apa saja dok yg boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Apakah daunsingkong, bayam, kangkung tdk boleh dikonsumsi oleh ibu saya ?
Trims dok




Jumat, 09-07-2010 23:06:22 oleh: elyias ruzaimi b ibrahim

dr... ibu saya telah mengidap penyakit osteoporosi cadangan pakar tulang di hospital kuala lumpur adalah bedah .. akan tetapi penyakit ibu saya telah merebak dari tulang paha ke lutut dan sekarang bahu dan tulang belakang yg mana satu nak bedah? dan tiadakah ubat lain selain bedah? kerana jika dibedah mungkin ibu saya tidak dapat bergerak lagi? adakah ubat yg boleh diambil?



Senin, 12-07-2010 09:17:51 oleh: Dewi

Dok,
Ibu saya umur 55 th, sdh seminggu ini dia merasakan sakit nyeri di pinggul saat mau duduk & bangun. Setelah di bawa ke dokter, hasilnya adalah pengapuran. Makanan apa saja yang diperbolehkan & dilarang untuk ibu saya (dlm hal ini penyakit pengapuran). Apakah benar sayur daun singkong, bayam, kangkung, kacang panjang tidak baik untuk penyakit spt ibu saya ?
Tks




Rabu, 14-07-2010 09:08:31 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Dewi, secara umum tidak ada makanan khusus yang perlu dihindari. Alkohol, rokok, kopi dalam dosis berlebihan boleh dihindari.

perlu dihindari penggerakkan sendi tersebut dalam berlebihan (overuse).




Jumat, 16-07-2010 01:18:24 oleh: wartha

dok mau pejelasan,ayah saya kedokter katanya tulang dipersendian kaki kurang pelumas?apa ada obat atau vitamin....usia ayah saya 65th trus apa ada dokter spesialis tulang yang bagus menurut dokter di kediri?..terima kasih balas...ya..dok



Jumat, 16-07-2010 03:29:18 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.wartha, sendi ayah Anda dapat dikatakan aus, umumnya memang berkaitan dengan OA shg penambahan 'minyak pelumas' dibutuhkan, umumnya disuntikkan secara berkala ke rongga sendi, selain dapat dicoba juga untuk diminum rutin dalam bentuk sediaan condroitin dan glukosamin.
Terus terang saya kurang tahu perihal dokter di daerah Kediri. Jika memang ingin mencari orthopaedi, saya kira di Surabaya cukup banyak tersedia.

salam




Jumat, 16-07-2010 16:19:55 oleh: diyani

Saya usia 29 tahun dan sejak 4thn lalu menderita Osteoarthiris.
apakah suplemen Glucosamine, Chondroitin & MSM cukup menanggulangi Osteoarthiris?
saya depresi dalam OA ini dan sempat berhenti berobat, saat ini hanya mengkonsumsi GCM.
rasa ngilu berawal dari lutut, panggul, pinggang, punggung, pergelangan kaki, bahu, siku tangan, dan jari2. memar dan bengkak tidak hanya di sendi2 sering saya rasakan hampir setiap hari bahkan wajah kanan saya sudah 2 x bengkak. diserai juga bunyi2 di lutut & di panggul.
mohon obat pengilang radar tanpa steroid dok?
golongan stadium brpkah saya ? apakah eswl dapat membantu saya ?
mohon pencerahan nya.
terima kasih dokter




Sabtu, 17-07-2010 18:30:46 oleh: leonardo paskah s

sdr.diyani,apakah diagnosa OA tsb Anda sudah di konfirm oleh dokter? Krn tentunya relatif jarang OA pada seusia Anda. Stadium OA dpt dinilai berdasarkan tampilan klinis beserta rontgen sendi,jd saya tak bisa simpulkan di sini.
Glukosamain dan condroitin berguna terutama untuk terapi jangka panjang stadium awal. Painkiller non steroid yg lazim digunakan pada jangka panjang adalah celecoxib dan sejenisnya.
Eswl bukan ditujukan bagi OA melainkan untuk prosedur penghancuran batu ginjal




Senin, 19-07-2010 17:44:38 oleh: diyani

maaf dok..maksud saya adlh Terapi ESWT Untuk Osteoarthritis, proses nya pun 3-6 kali tiap sendi walo hanya berguna untuk bertahan setahun.
sejak thn 2004 saya sdh meggunakan obat2an pengilang nyeri, anti radang dan suplemen dari dokter Bedah Ortopaedi di salah satu rs swasta. dan disarankan untuk 3 bulan mengikuti fisioterapi tetapi tdk membawa hasil yg signifikan. hingga 2 thn terakhir saya berenti obat2an.
pada tahun 2004 rasa ngilu hanya di lutut disertai bunyi kretek2, pinggang, pinggul disertai bunyi kretek2, punggung,siku tetapi tahun 2010 mulai menyerang sendi2 lain seperti bahu, leher, pergelangan tangan, jari2 tangan, pergelangan kaki, jari2 kaki, dan di bagian sendi tersebut disertai dengan bengkak2. saya sampai tdk masuk kantor apbl bengkak besar menyerang secara bersamaan
apakah penderita OA mengalami hal yg sama seperti saya ? menyerang semua sendi dok ? krn setahu info saya hanya menyerang bbrp sendi.
saya juga kurang jelas knp menyerang di umur saya ini, dokter saya pun tdk dapat menjawabnya.
mgk dokter ada saran untuk saya ?
terima kasih sebelumnya dok.





Rabu, 21-07-2010 15:29:59 oleh: Siti Aliyah

Trima ksh atas info'a dok saya jdi mengetahui apa itu osteoarthritis dan cara mencegah'a sekali lg trima ksh smga bermanf2t untuk semua orang .....



Kamis, 22-07-2010 08:34:08 oleh: anti

dok... saya mo tanya...
saya umur 31 tahun, sendi lutut saya sering sekali bunyi klo d tekuk... kadang terasa panas... sehingga harus saya pijit2... apa ini gejala OA atau hanya pegel biasa ya dok... saya aktif bekerja... jadi jarang sekali olah raga...
terima kasih dok...




Kamis, 22-07-2010 19:35:02 oleh: leonardo paskah s

sdr.anti, apakah lutut Anda pernah cedera serius sblmnya? Jk tidak,mengingat usia Anda yg masih relatif muda maka saya kira gejala Anda belum tentu berasal dr OA.perlu pemriksaan lebih lajut untuk dpt mengetahui pastinya...
Salam




Kamis, 22-07-2010 19:51:34 oleh: leonardo paskah s

sdr.diyani,kasus Anda kemungkinan bukan OA krn klinisnya lokasi pindah2 dan usia masih muda,lebih sesuai malah dengan gol.penyakit rematik (penyakit autoimun). Saya sarankan Anda berkosultasi ke dokter internist khusus rematologi,bukan ke dokter bedah tulang.
Salam




Senin, 26-07-2010 09:21:15 oleh: diyani

pagi dok..
saya tdk punya penyakit rematik krn sdh tes darah sebelum rotgen, dan ngilu serta bengkak nya itu tidak pindah2 tetapi bersamaan dok.

terima kasih




Senin, 26-07-2010 22:18:37 oleh: Anita Chairani

salam kenal dok,

dok saya berumur 29 th, saya ingin tanya dok, telapak kaki kanan bagian belakang terasa sakit saat posisi menginjak/berjalan, hanya kanan saja dok, terutama saat bangun tidur, tapi msh bsa jaln dan lama2 sakit berkurang, juga sakit dan terasa pegal sampai betis jika berjalan lama kira2 1 jam atau lebih, kalau istiraht akan berkurang sakitnya, menykit apa sich ini dok, apakah pertanda ada yang tidak beres dengn tulang saya?

saya ucpkan trima kasih untuk jawaban doker

salam




Minggu, 08-08-2010 11:48:20 oleh: debby

dok saya wanita umur 26 thn dulu waktu sma pernah gemuk tp setelah diet ketat akhirnya brt bdn bisa banyak berkurang, bbrp bulan lalu saya tes massa tulang scr gratisan di salah satu gerai promo susu berkalsium dan hasilnya -2,..katanya saya sudah hampir osteoporosis dan dianjurkan minum susu kalsium tsb secepatnya..yg ingin saya tanyakan adalah bbrp minggu ini kedua telapak kaki terasa nyeri ketika bangun pagi, dan kedua lutut saya sakit ketika hendak jongkok atau berdiri dr jongkok..klo jalan tdk bermasalh dan sejauh ini sakuit tsb br di lutut aja..dok kira2 apa yg saya derita?? dr yg saya baca di inet sepertinya ini adalah osteosrthritis,apakah benar dok? apa penybabnya? apakah mungkin krn diet keras yg saya pernah jalankan?? klo benar OA apakah msh bisa disembuhkan permanen?? krn sakit ini br saja sya rasakan belakangan ini,sekedar info sy mengkonsumsi legiron,apakah cocok obat tersebut untuk keluhan saya??? saya belum ke dokter dan belum menjalani rontgen,,tb/bb saya 153/48kg..dok mohon bantuannya..thanks sebelumnya ..GBU..



Kamis, 19-08-2010 12:33:00 oleh: tia suryono

Salam kenal dok,
Ibu saya berusia 68 tahun, dan baru saja menjalani pemeriksaan laboratorim (rontgent) di salah 1 RS di jkt setelah adanya keluhan rasa sakit dan nyeri di punggung-pinggang. Sesuai hasil lab, beliau didiagnosa adanya perluasan pengapuran(OA)hingga ke leher-punggung dan pinggang. Bbrp tahun lalu memang beliau divonis pengapuran di lutut,namun akibat pernah terjatuh pada sekitar tahun 2000,OA tersebut kini meluas. Dokter internis menyatakan ada dua hal yang bisa dilakukan yakni terapi atau operasi yang tentu saja tidak akan menyembuhkan, hny mengurangi perluasan OA. Yang ingin saya tanyakan adalah berapa besar kemungkinan keberhasilan operasi bagi penderita OA? dan adakan efek samping dari operasi tersebut? makanan jenis apakah yang sebaiknya dikonsumsi penderita OA? Terima kasih banyak sebelumnya dok,,




Rabu, 01-09-2010 07:21:44 oleh: ryan

saya mau tanya dong.
gejala pengapuran tulang itu seperti apa ?.
saya punya keluhan di lutut saya selalu bunyi tak tek tak tiap bangun dari duduk,apa itu gejala pengapuran,dan juga seringkali terasa ngilu tp tidah lama cm hitungan beberapa detik..

seperti yang di sebutkan sebab pengapuran adalah berat badan yang berlebih dan usia.

tapi usia saya baru 19 thun dan berat saya sangat ideal.
tapi saya seorang olahragawan parkour.olahraga lari melompati bangunan tinggi.salto dan akrobatic.

jalan keluar untuk keluhan saya ini apa ?
saya benar" frustasi kalo memang tulang saya mengalami pengapuran,masi banyak yang saya ingin kan di usia muda saya seperti yang lain nya.

mohon pencerahan nya.




Jumat, 03-09-2010 18:53:37 oleh: Leonardo Paskah S

sdr Ryan, pengapuran seringkali gejala utamanya adalah nyeri pada sendi yang terkena, bisa sangat mengganggu sehingga gerak menjadi terbatas. Dalam tahap lanut bisa menimbulkan perubahan bentuk sendi, misalnya menjadi bengkok dan kekakuan sendi sehingga gerak sangat minimal.Keluhan ini harus ditunjang dengan rontgen yang memang tampil dengan gambaran sesuai. Keluhan Anda tidaklah khas, perlu pemeriksaan lebih lanjut jk memungkinkan. Namun melihat usia Anda dan faktor risiko yang kecil, agaknya keluhan Anda bukan berasal dari pengapuran yang bermakna.



Jumat, 03-09-2010 23:17:45 oleh: siska fitriyanah

malam dok nama saya siska
mertua saya usianya suda 45 tahun sudah setahun belakangan ini sering mengeluh sakit pinggang selama ini dia sering kedokter n cuma di kasi obat n terakhir bulan Agustus dia da ga tahan akhirnya dia ke dokter n di rekomendasiin untuk rongent dan hasilnya ada pembengnokan pada tulang pinggang n agak ke geser tulangnya kt dokter klo tidak cepat di sembuhin akan di oprasi akhirnya dokter menyarankan untuk stagen yg da tulang belakang yg hrs di pk selama 3 bulan n baru intensive minum susu kalsium tinggi.

pertanyaannya:
ada efeknya kesembuhan atau semakin parah ga klo minum susu tinggi kalsiun?

trus klo pk stagen yg da tulangnya bagaimana?

di jawab ya dok kasian mertua saya jadi ga bisa beraktivitass seperti biasa.




Minggu, 26-09-2010 20:57:37 oleh: Legiman

Yth : dr. Leo

Dok,... Tulang leher saya sering agak kaku2 dan kalau digerakkan terus akan berbunyi krek2 terus selama digerakkan ( digeleng2, diputar2 ). Ini saya rasakan sejak 10 th yang lalu saat menjalani pengobatan TB usus dengan obat yg hars diminum tanpa henti 6 bulan, diperpanjang jadi 12 bulan ( Rifamfisin, amoxcylin, dll )Apa ini efek dari obat2 tersebut ? Apa ada penyakit yg tulang. Sekarang umur saya 43,5 tahun, laki-laki
Mohon penjelasan ya Dok.... Terima kasih sebelumnya.




Minggu, 10-10-2010 00:27:32 oleh: Sofia dewi

nama saya Sofi, usia 20 tahun.
saya mau tanya dok,
lutut saya sering terasa ngilu/sakit kalo buat sujud dan berdiri..
sy sdah periksa ke dokter, kata dokter tulang saya keropos,
jujur saya bingung dok
sbenarnya ngilu di lutut termasuk pengapuran ato osteoporosis dok??
lalu, obat2an apa yg hrs sy minum agar lutut sy bs sembuh, dok?

mohon penjelasannya.
terima kasih




Jumat, 03-12-2010 06:49:33 oleh: Sandy

== Cukup menarik topik soal pengapuran...memang pengapuran tdk bisa sembuh hanya bisa dikurangi rasa sakitnya...

== Saya pribadi juga kena Arthrose ( pengapuran di leher...tp biasanya pengapuran sdh ada dimana2...hampir disemua bagian tulang...) memang ngak semudah itu kita bisa menghadapi kenyataan...kalau crise nya datang...sakitnya bukan main...leher rasa ketarik2...pundak pegal2 serasa ada beban berat sekali..juga turun ke bahu...pegal2...berat...juga spt di tusuk2...sakit sekali...semuanya bisa dibantu dgn Physiothérapie...disinar infra rouge n éléctro yg di pasang di pundak n punggung...juga dimassages...hasilnya rasa ditusuk2nya hilang...pegal2 kadang msh terasa...biasanya kita hrs 10 x physiothérapie ( sya br 4x...semgg 3x )...tetapi saya dengar dgn acupunture bisa hilang rasa sakit2nya...krn arthrose itu tidak bisa di sembuhkan..sdh aus tulangnya...hanya bisa dikurangi rasa sakitnya...Insya Allah bisa hilang rasa sakitnya seumur hdp ( itu yg saya harapkan..krn terlalu menderita...)

== Sebaénya kalau leher atau bagian engsel2 tulang bunyi krek2...juga ada rasa ketarik2 dileher...lebih baé periksa ke dokter n minta utk di radio...dr situ kita bisa tahu...apakah ada arthrose...seblm semuanya terlambat...

== Saya baca di site2...ktnya ada pantangan makanan...tp dokter saya bilang ngaklah...yg menarik...saya jumpai...makan terong ungu selama 4 hari berturut2...di bakar dulu setengah matang...baru dimasak atau dibikin soupe...hasilnya sakit2nya akan hilang...( saya sedang mencobanya...baru 1 hari...Insya Allah berhasil )

== Terima kasih dr. Leonardo Paskah S yg telah memberi n membantu memberi penjelasan2 soal Pengapuran.

W'salam

Sandy Fr




Kamis, 20-01-2011 23:32:23 oleh: Rika

dr Leo yth,
Umur saya 56 thn. Kira2 6 bln yang lalu jempol tangan kiri saya ga bisa ditekuk. Atas saran teman, saya minum jamu flu tulang dan alhamdulillah sembuh. Tapi kira2 1 bln yang lalu jempol tangan kanan juga ga bisa ditekuk. Hampir bersamaan saya jatuh dan lutut keseleo. Akhirnya saya ke dr penyakit dalam khusus rematik dan didiagnosa saya menderita OA (dikuatkan dengan hasil rontgent). Saat itu saya disuntik ditempat yang sakit dan diberi obat penahan sakit. Dan selanjutnya saya diberi suplemen Viostin X untuk jangka panjang. Sampai sekarang lutut saya masih agak kaku. Yang ingin saya tanyakan apakah saya harus terapi? Apakah harus konsul juga ke dr akhli tulang?

Terimakasih,

Salam,
Rika




Jumat, 11-02-2011 11:07:39 oleh: titik sudarwati

Dr Leo Yth
umur bapak saya 60 th,kata ahli saraf bapak saya terkena tulang keropos dan bapak saya merasakn nyeri di punggung sampi kaki sblah kiri,pertanyaan saya,apakah bisa di sembuhkan penyakitnya dok?makanan / buah apa saja yang boleh/ga boleh di makan ,bolehkah minum ramuan tradisioal?

terima kasih
salam

titik




Selasa, 29-03-2011 22:19:14 oleh: Lily santoso

dokter, saya usia 49 th..sudah positif tlg belakang ada pengapuran..pd leher jg ada syaraf terjepit, sudah dilakukan fisio terapi...saya ingin bertanya bagaimana cara melindungi AO tlg blkg shg tidak berdampak lebih parah? olah raga berenang apakh dibolehkan utk kondisi syaraf leher terjepit



Selasa, 29-03-2011 22:24:49 oleh: Lily santoso

saat ini tlg belakang tidak merasa nyeri sekali, tetapi jika dipijit sendi2nya, sebelah kanan kiri tlg blkg terasa sakit.......mohon sarannya dokter...

salam dan terimakasih




Minggu, 24-04-2011 08:27:07 oleh: sucipto

Salam Sejahtera,

Saya ingin bertanya tentang OA.
saya pernah mengalami jatuh dari ketinggian 4meter, menyebabkan 2kaki tidak bisa jalan selama 1 bulan. saat ini punggu dan pinggang sering terasa KAKU dan terkadang NYERI hingga ke pinggang bahkan kadang perut seperti ada rasa NYERI.
Sy sudah melakukan MRI, RONTGENT tulang. dari hasil MRI katanya tdk ada masalah. dari Rontgent di dapati :
- Radang sending pada pundak kiri ( Di suntik ), sekarang sakit lagi klo doi gerakkan.
- Pengkapuran Tulang Pinggul (3 pcs sambungan tulang yg ada lancip2 nya )
Pertanyaan :
1. harus mencari dokter specialis apa ?
2. Untuk nyeri Radang apa bisa sembuh ?
3. Apa bisa menyebabkan nyeri pada bagian tubuh lainnnya (Tulang rusuk), yg disebabkan Pengkapuran ?

Terima kasih. Salam




Rabu, 25-05-2011 04:59:44 oleh: putra

Dokter, saya mau tanya apakah onani, masturbasi, dapat menyebabkan kita menderita OA ?



Minggu, 05-06-2011 06:40:03 oleh: Wiwiek Lesmana

Dokter yth. Saya wanita umur 46 tahun, tinggi 153 cm, berat 60 kg. Sejak thn 2006 lutut saya sakit kalau turun/naik tangga. Saya ingat itu sejak saya ikut olah raga aikido, dimana sering menggunakan lutut sbg tumpuan untuk berjalan. Sejak itu olahraga aikido saya hentikan, saya cuma berenang. Tahun 2010, saya mulai lagi aikido, dan ternyata lutut kiri saya bengkak dan kaku. Saya sudah periksa ke dokter dan rontgent, katanya saya menderita OA dan diberi vitamin glucosamin (Viopor M Forte) yang harus diminum 2x sehari selama lutut masih sakit. Dokter juga melarang saya olah raga yang menggunakan lutut. Yang mau saya tanyakan, olah raga apa yang harus saya lakukan? Benarkah saya tidak boleh aikido / jogging lagi? Terima kasih atas jawabannya



Senin, 06-06-2011 08:29:32 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr. Putra, jelas tidak ada hubungan langsung antara masturbasi dengan terjadinya OA

Ibu Wiwiek, menilik riwayat Anda, usia serta badan yang cenderung overtweight, kmgnan besar memang nyeri lutut Anda disebabkan oleh OA. Olahraga masih tetap dianjurkan bagi Anda untuk menunjang kesehatan, tapi sebaiknya memang Anda mesti pilah pilih jenis olahraga yang cocok bagi kondisi Anda. Saya anjurkan jenis olahraga seperti sepeda dan berenang yang relatif minimal membebani lutut Anda.

Salam




Senin, 13-06-2011 15:33:42 oleh: fitwi

dok ... sekitar 1 mgu lalu saya di diaknosa dokter pengapuran di tulang belakang( hasil ronsen). padhl umur saya baru 24 tahun dan blum menikah... tapi dalam konsul dr. tany saya pernah jatuh atau tidak? dan memang saya pernah mengalami kecelakaan sekitar 2 tahun yang lalu. dr. menyarankan agar saya banyak minum susu kalsium dan pengapuran bisa hilang. yang sy mao tnykan :
1. apa iya pengapuran yang saya alami bisa di akibatkan oleh kecelakaan ???
2. apakah pengapuran yang saya alami termasuk ringan atau berat?
3. selain susu kalsium makanan apa yang harus banyak saya konsumsi? bisakah disembuhkan?

terimakasih sebelumnya ^^




Kamis, 16-06-2011 12:51:53 oleh: ardi

dok,salam kenal,nama ku ardi umur hampil 26thn,mau tanya kalo sering2 onani apa bisa membuat tulang keropong ya..dan tulang aku sering bunyi kretek semua, kaki, tangan, leher pingang semuanya.terasa nyeri sakit tidak cuman nyeri..dan saya juga suka olahraga berat..



Kamis, 16-06-2011 18:32:19 oleh: atong

dok.skr saya udah 25 tahun ..ini masalah saya dok kenapa ya kedua tangan siku saya makin lama makin bengkok..padahal waktu kecil tidak pernah jatuh patah tulang..dan sejak remaja smp mulai agak bengkok dan skr uda tambah parah nya...sendi tulang uda keropos dan bunyi kretek seluruh tulang saya kaki,tangan,leher,pingang semuanya..
Apa saya karna sering onani sampai skr dan hormon kurang baik bisa penyebabnya..mohon saran ya dok? Thank,s you.




Selasa, 16-08-2011 12:50:14 oleh: Dedi Iswadi

Siang Dok,
Ayah saya berumur 52 th, kata dokter ia terkena pengapuran pada sendi panggul. ayah saya tidak bisa berdiri terlalu lama, bahkan untuk berdiri selama 5 menit saja tidak kuat.Paha belakang sebelah kiri terasa skt sekali jika dibawa berdiri atau berjalan.
tolong dok, solusi untuk penyakit ayah saya, apa yang harus dilakukan utk penyakit ayah sy ini karna obt yang dikasih dr dokternya tdk ada perubahan sama sekali.
Apakah pengapuran pd ayah sy sdh parah sekali?

Saya tunggu jawaban dr dokter.
Thanks...




Sabtu, 17-09-2011 12:46:08 oleh: mila faradilah

siang dok.. ini saya mila usia saya 21 tahun, saya sering mengalami sakit pada kaki tepatnya di atas tumit,kata dokter saya menderita plantar fascitis, kaki ini sering sakit-sakitan setelah di minum obat hexilon dan kettese langsung sembuh.. tapi kalau gak minum sehari aja kumat lagi, sakitna kadang pindah-pindah dari kaki kiri ke kaki kanan.dan ini sangat mengganggu aktivitas kuliahku .
saya juga sering mengalami tiba-tiba pingsan setiap tahun sekitar 2 sampai 4kali pingsan.. dan cepat capek, kalau capek sering mengalami pusing yang sebentar 2 sekitar 20 detik-an tapi sering dan sangat sakit... mohon saran dari dokter dan penjelasan dari yang saya derita. terima kasih sebelumnya... saya tunggu jawabanya.




Selasa, 29-11-2011 23:36:06 oleh: nety maryati

malam,dok.saya wanita umur 35 thn.sktr sebulan yg lalu sy mrsa skit n nyeri di daerah (maaf)bokong dan mnjalar smpai ke betis sblah kiri.dan smggu ini,rasa skit utu brtmbah hebat shgga sya tdk bs duduk d kursi dgn posisi kaki mggantung,berdiri lama bhkan brjalan.saya hanya mrsa enak bla rabahan d tmpat tidur.sy mmg obesitas,sblumnya tb 160 cm,bb 86 kg.tp skrg bb 70 kg.wkt sy berumur 11 thn sy prnh sakit yg sy sdri tdk tau apa.hnya yg saya ingat sebulan kedua kaki sy skit dan tdk bs brjlan. sy orgnya ga bs diem,dok.srg bres2 rmh,mgangkat beban berat saat beres2 rumah.apakah sya terkena OA,dok.saya sdh brobat k dkter umum dan d beri pottasium declopenac n metilprednisolon.kmudian pndah dkter diberi meloxicam dan tramadol.trima ksih sbelumnya,sya ttgu jwabannya...




Kamis, 05-01-2012 11:40:31 oleh: castra

selamat pagi...
saya ingin bertanya,,
kalau untuk pengobatan osteoarthritis sendiri caranya bagaimana ya??




Jumat, 13-01-2012 16:46:47 oleh: binti salamah

maaf, ada yang bisa jelaskan...dimana saya bisa dapatkan buah noni...dan semacam apa buahnya...maaf karena saya tinggal di daerah...insyallah saya akan coba dgn buah noni untuk ikhtiar pengobatanOA




Sabtu, 28-01-2012 17:00:41 oleh: mila dewi

Sore Dokter...
Saya Mila,umur saya 37thn, saya mau nanya, sudah 1 bln sy merasakan pergelangan kaki,lutut,pergelangan tangan sy terasa nyeri,dan ada memar2 merah dan di pergelangan kaki bengkak, dan dokter yg memeriksa sy blg, sy kena radang sendi. Yang sy tanyakan, apakah penyakit radang sendi bs sembuh, sy suka makanan yg asin dok,apakah itu jg penyebab radang sendi, makanan apa yg hrs sy hindari, dan bagaimana pengobatannya,selain minum obat dr dokter yg memeriksa sy. Mohon penjelasan Dokter. Terima Kasih.




Selasa, 31-01-2012 23:52:41 oleh: violetta

malam dokter,
saya mau tanya, hari ini ibu saya telah cek darah dan baru di diagnosa dokter ternyata terdapat "pengapuran" di lututnya. sebelumnya memang terasa nyeri ketika jalan jauh, tapi sekarang makin terasa nyeri nya walaupun hanya jalan 100m.

yang ingin saya tanyakan, apa pertolongan pertama jika baru saja diketahui terdapat pada sendi tersebut? tindakan apa yang harus dilakukan dok?

trims :)




Senin, 20-02-2012 08:18:04 oleh: Iza

Doktor,

Saya merujuk kepada pemasalahan yang sama dengan saudara Legiman. Tapi saya perempuan, berusia 46 tahun. Harap doktor dapat membantu. Terima kasih

(Minggu, 26-09-2010 20:57:37 oleh: Legiman
Yth : dr. Leo

(Dok,... Tulang leher saya sering agak kaku2 dan kalau digerakkan terus akan berbunyi krek2 terus selama digerakkan ( digeleng2, diputar2 ). Ini saya rasakan sejak 10 th yang lalu saat menjalani pengobatan TB usus dengan obat yg hars diminum tanpa henti 6 bulan, diperpanjang jadi 12 bulan ( Rifamfisin, amoxcylin, dll )Apa ini efek dari obat2 tersebut ? Apa ada penyakit yg tulang. Sekarang umur saya 43,5 tahun, laki-laki
Mohon penjelasan ya Dok.... Terima kasih sebelumnya.)




Senin, 20-02-2012 14:01:55 oleh: Rohani Zori

Selamat Jumpa,Dok.
Maaf jika saya bertanya, bukan berkomentar.
Ibu saya usianya 53 tahun, lutut dan pinggang juga sendi2 yang lain selalu sakit,berbagai obat reumatik dan asam urat sudah diminum,namun itu kan tidak boleh di konsumsi jangka panjang,tapi sayangnya jika Ibu saya tidak minum obat,pasti sakit,jadi seperti ketergantungan.
Saya bingung,karena waktu saya tanya,untuk berobat seperti sakitnya Ibu saya itu mahal,saya belum mampu,tapi saya kasihan Ibu.
sudah ada sebulan ini Ibu minum obat (Maaf jika saya sebutkan namanya) MELOXICAM,sehari 15 mg,itu akan berbahaya tidak ya Dok,jika dalam jangka waktu panjang?
Mohon bantuannya Dok.
Terima kasih.




Senin, 27-02-2012 08:23:22 oleh: Leonardo Paskah S

Sdr.Iza, obat2TB setau saya tidak berefeksamping scr lsg ke tulang. Kondisi leher anda bs terkait dengan kelainan yg berbeda (misal osteoarthritis) atau terkait pyk TB yg berkomplikasi ke tulang (namun komplikasi ini jrang ke tulang leher). Hindari kebiasaan membunyi2kan leher krn tindakan tersebut dlm jgk panjang akan menimbulkan minor trauma yg akan berakumulasi.

Sdr.Rohani,
Meloxicam sangat byk efek sampingnya jk dminum terlampau sering khususnya bisa mnimbulkan luka pada usus. Saya sarankan jk tidak mau mencoba obat2an, anjurkan ibu anda berolahgerak ringan di bawah sinar matahari pagi min.3x semggu. Jk nyeri memng mengganggu, cukup minum paracetamol 750mg-1000mg (1.5-2 tablet). Berenang adalah olahraga yg baik bagi kondisi seperti ibu anda.

Salam




Selasa, 06-03-2012 21:57:49 oleh: igor wijaya

sya igor
mau nanya dok , ibu saya ada pembekakkan d lutut , terasa nyeri dan kaku , ini termasuk oto apa oa ?, obat yg d anjurkan apa dok ? , udah mengkosum si anglene total tiap hari tapi kok belum ada hasil , terima kasih dok




Rabu, 07-03-2012 23:34:01 oleh: lisna

dok,saya pernah jatuh posisi duduk,keluhan saya kog tulang ekor saya sudah pijat kog blm sembuh.trs saya jatuh lagi posisi sama.keluhan saya sudah 1 bulan nie kog tulang ekor saya sebelah kanan masih sakit.saya sudah minum obat metylprednisolon generik yg 4gr n meloxicam generik kog blm ad perubahan..trs saya hrs gmn ya dok enakan



Minggu, 18-03-2012 14:04:17 oleh: stevany

dok nenek saya tulangnya kegeser,retak,dan kemungkinan uratnya terjepit... bagaimna cara menyembuhkannya dok..?

agar tidak nyeri dikasih obat apa..? dan mkanan makanan apa sja dok..? agar cepat sembuh..?




Jumat, 13-04-2012 12:43:56 oleh: Mar'a Sholihah

selamat siang dok. dok sy baru berusia 22 tahun. saya mengalami nyeri pada tulang saya terutama pada pinggang bagian belakang. saat masih SMA usia belasan sudah saya merasakan nyeri pada tulang rusuk. saat datang bulan tulang sy pun selalu ikut-ikutan nyeri, selain disminorhae. sy pikir ini bukan masalah, tapi menjelang dewasa nyerinya semakin terasa dan menyebar kemana-mana. ciri-cirinya hampir seperti penyakit OA tapi lebih mendekati asamurat mengingat pantangan yang harus sy hindari. sakit yang sering muncul di pinggang (kanan-kiri)bagian belakang, telapak kaki, kadang tangan, jari dan kaki. sekarang dada atas sebelah kiri sampai leher dan punggung juga. ransanya nyeri sekali sampai saya susah bernafas. jika bersin pun semua terasa linu/nyeri terutama pinggang. bagaimanakah mangatasi ini dok? apa seusia sy juga bisa mengalami asam urat? makanan apakah yang harus sy konsumsi sedangkan pantangan saya berupa kacang-kacangan, kangkung, bayam, sawi, dan kubis.Maaf panjang lebar, terimakasih. ^^



Kamis, 19-04-2012 06:17:19 oleh: Inge

Dok saya umur42 th saya sering mengalami nyeri2 sendiri terutama pada saat menjelang haid rasanya tak tertahankan sehingga saya minum obat anti nyeri . Baru2 ini saya periksa darah beta crosslap dengan hasil 0,147 dan N mild osteocalsin dengan hasil 7,78 saya ini terkena apa ya dok osteoporosis atau OA ? Dan saya harus ke dok tulang apa ya? Karena saya pernah kedok tulang malah dianjurkan ke dok penyakit dalam spesialis alergi itu kira2 4 th yg lalu . Terima kasih sebelumnya dok



Senin, 14-05-2012 18:49:13 oleh: Betty Romauli Sihombing

Dok Leonard. Sy wanita umur mau masuk 30. # minggu terakhir ini sy mengalami sakit bahu n punggung sblh kanan bahkan sampai leher n sgt mengganggu sekali,akhirny sy pijat n lumayan. ttpi stlh 3 minggu kambuh lalu sy ke Dr Fisioterapi dan sy uda rontgen hasilnya telah terjadi sedikit pengapuran ditulang belakang kemudian sy di terapi n ditarik n telah diberi obat namun sakitnya msh terasa,dan sy dianjurkan hanya makan ikan dibakar alias tanpa minyak,sayur mentah seperti: selada air, selada keriting,ketimun,dan kecambah, kemangi.
Menurut dokter Leonard penyakit apakah persisnya yg sedang sy alami ini dan bagaimana cara penyembuhan n pola makan yg cocok..? makasih dok Tuhan memberkati.




Selasa, 15-05-2012 10:53:59 oleh: Leonardo Paskah S

Sdri.Betty, saya agaknya ragu sesuai dengan apa yg Anda katakan ada pengapuran sedikit di tulang belakang namun gejalanya terasa pada daerah yang luas dan berat. Mungkin lebih cocok gejala itu bukan berasal dari pengapurannya (atau saraf disekitarnya yg terjepit) melainkan dari ketegangan ototnya. Misalnya disebabkan dgn salah posisi kronis saat duduk, atau ada overuse otot-otot daerah tersebut. Salah satu kemungkinan adalah frozen shoulder, Anda bisa coba cek di internet perihalnya. Saran saya sebelum ke fisioterapist, cobalah pastikan dulu penyakitnya apa, misalnya berkonsultasi ke dokter spesialis tulang (ortopedist) atau neurologist. Jika memang perlu difisioterapi maka mrk akan refer ke fisioterapist sesuai dengan permintaan exercise yang sesuai

Salam




Selasa, 22-05-2012 10:55:38 oleh: pras

siang dokter leonard...
saya laki-laki berumur 28 tahun, 2 bulan belakangan ini, saya merasakan nyeri yang hebat di punggung saya sampai menjalar nyeri pada selakang kanan kiri saya.
saya udah mencoba MRI dan rotgen, ternyata ada retak di bagian persendian antara ruas tulang belakang (ibarat ruas2 tulang blakang, gerbong kereta api, nah di tiap2 pertemuan antar gerbong pasti ada bantalan karetnya) nah bantalan tersebut kata dokter spesialis saraf mengalami keretakan.
dengan cara apa bantalan tersebut bisa cepat membentuk lagi?? mngkin terapi atau konsumsi apa gt...
jujur dok, saya sangat tersiksa sekali blmana obat penghilang nyeri saya habis, dan saya mersakan hopeless yang berlebihan, kanapa umur 28 tahun kok bs sakit kayak gini...
sebelumnya terimakasih...
pencerahan lebih lanjut saya tunggu...
hehehehe




Selasa, 22-05-2012 15:34:40 oleh: evi

Siang dikter Leonard,
Saya wanita umur 32 thn belum menikah, tinggi badan 151cm dan berat 47kg, begini dok..bbrp tahun yg lalu saya pernah jatuh kepeleset tapi saya lgsung urut, tapi stlh sekian lama yg saya rasakan saat ini tangan kanan saya makin lama semakin membengkok,hasil rontgen mengatakan bahwa tulang rawan saya rusak, kemudian kaki kanan saya tidak elastis untuk bergerak dibagian tungkai dan telapak sangat terasa sakit sekali jika digerakkan, apalai ketika bangun tidur dan habis duduk.apakah saya mengalami pengapuran tulang dan apa yg harus saya lakukan, sebelumnya dokter hanya memberikan saya obat penghilang nyeri saja, terima kasih.

salam




Selasa, 22-05-2012 16:56:18 oleh: Leonardo paskah s

Sdr.Pras,
Sebelumnya,erlu ditanyakan ke dokter yg memeriksa anda jenis penyakit apa itu mengingat bukan dikarenakan trauma atau terjatuh. sy pikir kasus Anda bukanlah osteoartritis, shg penyebabnya bs banyak, salah satunya penykit gangguan imun yg menyerang sendi. Terapi disesuikan dgn penyebab pykt tersebut, tidak bs hanya semata faktor mknan. Sy sarsnkan anda berobat ke dr.spesialist orthopedi atau bedah tulang tertama yg mendalami ttg tulang belakang (spine).

Sdr.evi, saya kira keluhan anda terkait dgn kerusakan bantalan tulang maupun tulang rawan dikarenakan insiden terjatuh tsb. Mungkin jk sudah lama berlalu dan masih terasa nyeri saat beraktivitas, anda bs mencoba berkonsultasi ke fisioterapist

Salam




Rabu, 30-05-2012 08:52:28 oleh: lisna

Pagi Dokter leonard
dok,saya pernah jatuh posisi duduk,keluhan saya kog tulang ekor saya sudah pijat kog blm sembuh.trs saya jatuh lagi posisi sama.keluhan saya sudah 1 bulan nie kog tulang ekor saya sebelah kanan masih sakit.saya sudah minum obat metylprednisolon generik yg 4gr n meloxicam generik kog blm ad perubahan..trs saya hrs gmn ya dok enakna




Rabu, 30-05-2012 19:07:39 oleh: devi agustiani

mlm dok maaf saya mau tanya kalo penyaki oa emang ada stadiumnya?sebenarnya bahaya OA apa kangker?paling parah kalo memiliki penyakit OA bagaimna gejalanya atau dampaknya?



Sabtu, 02-06-2012 17:22:11 oleh: Sri Handayani

Tanya dok, saya ibu 3 orang anak, umur 39 th, tadinya saya merasakan gejala nyeri tulang seperti rematik di tangan sebelah kiri, lama kelamaan seperti kesemutan yang terus menerus (hilangnya cuma sebentar), lalu saya berobat ke bag syaraf lalu di foto Vertebra cervical, hasilnya tampak spur C III sd C VII dengan kesan spondilosis servicalis, diberi resep dan terapi 6 kl, setelah obat habis, saya malah demam selama 4 hr, ternyata lambungnya yg tidak kuat (karena saya juga ada mag). yang ingin saya tanyakan, apakah penyakit saya ini jg termasuk OA, dan apakah bisa sembuh, lalu saya harus kontrol kebagian apa, terimakasih atas jawabannya.



Rabu, 06-06-2012 13:01:05 oleh: Indra zefrianto

Sy penderita OA sudah melakukan terapi 10x, yg ingin sy tanyakan olah raga apa yg cocok utk sy? karena sejak didiagnosa OA sy takut utk berolah raga akibatnya BB meningkat, sy takut lutut sy akan cedera lagi. Perlu sy tambahkan sebelum didiagnosa OA sy aerobic setiap hari secara rutin selama 1jam bahkan terkadang sampai sehari 2x. Mohon bantuan jawabannya. terima kasih



Rabu, 20-06-2012 12:08:41 oleh: deva ramonisia

dok sy mau tanya... umur sy 36 thn,sy sakit di tumit sblh kanan bila berjalan n sy di beri obat oste forte oleh ibu sy,apa sy boleh meminumnya bila sakit nya terasa kembali tks.



Kamis, 19-07-2012 22:15:50 oleh: ibadurrahman

dok saya pengen bertanya, ada orang tua yang kena OA udah lebih dari 1 thun. setiap satu bulan sekali dy masuk ke rumah sakit karena OA di lututnya, padahal dl sudah sering berobat tapi semua hasilnya nihil, dl juga pernah mengkonsumsi propolsi memang kata dy enak buat d lututnya buat jalan jg agak enak, tapi darahnya jadi turun.

pengobatan seperti apakah dok yang harus orang tua saya jalani ??

sebelumnya makasih ya dok.




Jumat, 20-07-2012 15:11:24 oleh: Ida Indiana

Maaf dok saya wanita usia 40 an sering pegal-pegal tulang punggung apalagi kalau abis melakukan banyak aktifitas, tapi setelah di pijit-pijit kemudian punggungnya ditekan sampai bunyi krek, mendingan tuh..., itu gejala apa ya dok?

Sebelumnya makasih ya dok !




Jumat, 07-09-2012 20:13:59 oleh: Lina Arpinda

pak,lutut sy skt ketika dilipat, kdng bengkak dan skt ketika berjalan, sdh sering berobat, kata dokter radang sendi,...tapi kambuh lagi klau jalan/berdiri terlalu lama, apakah nama penyakit sy, dan apa obatnya, trus makan suplemen apa yg cocok utk sy, terimakasih .....( maaf nanyanya banyak kali )



Minggu, 16-09-2012 20:13:20 oleh: nita

pak dokter, saya mau bertanya. ibu saya sering menderita sakit atau nyeri di bagian punggungnya dan sendi" di bagian kaki dan jari"nya pun terkadang sakit, apakah gejala tersebut merupakan penyaki AO ya dok? trus obat apakah yang paling cocok untuk ibu saya>



Rabu, 26-09-2012 06:12:46 oleh: ariyadi setiawan

pak, tolong dijelaskan akibat RA dan OA yang terjadi di tulang belakang, dan tolong jelaskan cara penanganannya, terima kasih



Rabu, 26-09-2012 16:05:58 oleh: yuni astutik

Sore dok,saya seorang ib rumah tangga yang berumur 29thn,yang mo saya tanyakan,kenapa setiap bagun tidur tumit saya terasu ngilu,kalo d pakai jalan sakit, waktu tes darah asam urat saya nomal, kira-kira apa penyebab tumit saya ngilu waktu bangun tidur,terus apakah itu termasuk OA dan apa yang harus saya lakukan?



Kamis, 27-09-2012 06:31:03 oleh: Leonardo paskah s

Bu yuni,
Keluhan anda masih mungkin suatu OA walaupun rasanya jarang terjadi pada seusia Anda. Kemungkinan lain yang lebih besar adalah plantar fascitis, atau suatu peradangan pada selaput otot telapak kaki, yang umumnya terkai dengan kesalahan postur maupun kontur sepatu yang berlangsung kronis. Kalau tidak salah di kolom kesehatan di wikimu dr.nury pernah menuliskan tentang plantar fascitis ini. Silahkan dibuka. Thx




Sabtu, 29-09-2012 07:09:38 oleh: Juni Newman

Halo Dokter. Paman saya berusia 50 tahun. Dan baru2 ini atas pemeriksaan Dokter dinyatakan terkena OA, khususnya pada bagian kaki dan tangan dia merasakan sakit yang sangat. Sudah mengikuti terapi mungkin 2-3 kali. Dan sakitnya ini dimulai dengan rematik, saraf kejepit sampai OA. Bagaimana ini berhubungan Dokter? Saya awam akan hal ini. Setiap jalan dia merasakan sangat sakit pada kaki sehingga jalan sekitar kamar saja dia tidak kuat. Tindakan apa yang bisa dilakukan lagi selain terapi ini, dan apakah ada obat yg bisa meminimalisasi atau bahkan menghilangkan sakit ini? Karena ini sudah berjalan hampir sebulan. Terimakasih atas bantuannya Dokter.



Rabu, 07-11-2012 08:00:59 oleh: Harry setiawan

Dok permisi saya mau nanya keluhan apa yg ada di.penyakit saya ?
Saya mempunyai keluhan penyakit kaku & nyeri pada bagian tulang punggung & pinggul saya , itu disaat saya kalau bngun tidur susah untuk di.lemaskan dok, harus lama untuk dilemaskannya, dan cara saya dngn di.tempel.kan menggunakan air panas, itu dikarnakan apa ya dok ? Pengapuran apa kekurangan kalsium .. Saya baru berusia 17 thn dok .. Tolong sarannya dok dan gmna cara pengobatannya ?
Terima kasih.




Senin, 14-01-2013 10:16:22 oleh: edi supriyadi

dok, saya mau tanya sakit di lutut kaki sampai paha
apakah saya ini mengalami pengapuran atau bukan dan
obatnya apa




Selasa, 29-01-2013 20:19:44 oleh: Mei Herlina

malam dok...
begini dok, 2 minggu yang lalu ayah saya di duga terkena pengapuran tulang pada pinggangnya, usia ayah saya 56 tahun.
jadi makanan atau susu apa yang baik diberikan utk ayah saya???
terima kasih.




Rabu, 30-01-2013 22:57:56 oleh: Rio

Mlm dok..
Saya Rio, penderita OA, usia 34th. 185/ 105kg. Saya mengalami pengkikisan tulang panggul dari mangkuknya.
Sekarang klo banyak jalan lutut terasa sakit, sudah saya rongen, tp tidak masalah. Bisa jadi penekanan dari masalah pinggul.
Bbrp waktu yg lalu saya consult ke dokter, disarankan minum OA forte. Kata dokter penyelesaiannya bisa dilakukan "total hip replacement"
Yang mau saya tanyakan :
- setelah melakukan operasi tsb, apa ruang gerak akan berkurang?
- bila diusia 35th melakukan operasi, masa pakai alat cm 10 s/d 15th, apa saya perlu operasi ke 2?
- saat ini saya masih beraktifitas, dengan mengurangi hal/kerja berat, terkadang saya rasakan nyeri, tp kalo di istirahatkan nyeri akan berkurang. Lalu apa kah bijak saya melakukan operasi tsb?
- saya ingin serius diet, tapi ga bisa2, apakah minum OA forte/glukosamin malah menambah berat badan saya? Krena saya rasa demikian
- plus, minus melakukan total hip replecemen di usia saya (dgn masa pertumbuhan tulang yg baik), atau dipertahankan di lakukan operasi pada umur 50 nanti (dengan masa pertumbuhan tulang yg sudah berkurang) ?

Thanks alot doc, bless u





Minggu, 03-02-2013 18:23:34 oleh: liana

met malam dok. ibu saya(53thn)sdh 4thn mengeluh nyeri lutut kdg bengkak bila beraktifitas sprt jalan,bahkanjalan pun skrg jadi pincang2.selama ini beliau minum obat piroksikam dan carbidu(maaf menyebutkan)apabila tdk minum obat tsb beliau mengeluh sakit kepala,beliau pun pernah periksa kedokter spesialis saraf dan diberi obat GCM,etoricoxib,metyl prednisolon.obat tsb di minum cm 1 mgg kemudian kembali lg minum obat piroksikam+carbidu karena beliau tdk tahan dgn efek bl tdk minum obat tsb.pijat sdh sering di lakukan.pertanyaan saya untuk ibu saya ini terapi apa yg bagus. mohon advice nya,terimakasih.



Senin, 04-02-2013 23:08:11 oleh: nasty

Dok, ibu sya (55thn) udah lama merasa sakit bagian lutut dan pinggul...... setelah cek darah dan retogen hasilnya kolestrol tinggi, asam urat dan pengapuran tulang belakang, makan apa saja yang dianjurkan. apa kefisiotrapi dapat menyembuhkan nyeri pada pinggulnya?



Kamis, 28-02-2013 16:00:35 oleh: daryanto lebang pakan

selamat siang bu' saya daryanto bu' mau taNYA ibu saya kakinya sering terasa skit jika dia berjalan. ibu sy seperti orang pincang padahal umur dia bru 40 tahun yg sya mau tanya itu penyakit apa??? dan solusinya apa????




Selasa, 19-03-2013 19:08:19 oleh: Rahmatia Kabila

bu, saya ndak tau apa saya OA ato rematik, tapi saya sudah cek darah n kadar asam urat saya diatas normal untuk wanita. jari kelingking saya pernah bengkak n merah sakit sekali, lutut saya juga tapi sekarang nggak sakit lagi, justru sekarang tumit saya yang bengkak kemerahan n terasa nyeri klo berjalan, anehnya penyakitnya datang pada saat musim hujan, klo ke dokter saya cuma diberi obat pebghilang rasa sakit n anti inflamasi, saya takut makan obat kimia terus berakibat ke ginjal saya, tolong saya bu.




Kamis, 02-05-2013 12:31:46 oleh: titus heru setiyana

siang dok, umur saya 44th, sendi siku tangan ke2 tangan saya sudah 2thnan terasa ngilu2. sudah berpuluh2 kali pijat tp gak ada perubahan. berobat ke dokter sembuh sementara, habis obatnya kamboh lagi. demikian jg dengan minum jamu pegel linu, hanya bertahan 1mingguan. itu sudah berlngsong sekitar 9 bulan. dan semua sudah saya hentikan baik pijat maupun minum jamu. 3hari yang lalu saya priksa dokter umum katanya gejala pengeroposan tulan, dan dianjurkan minun susu anlene. dan hasilnya lumayan. mohon penjelasannya dok. makasih sebelumnya.



Selasa, 28-05-2013 12:01:50 oleh: Agus Fajar Irawan

siang dok.
saya wawan-bekasi
ibu saya berumur 55 tahun,,sudah 4 tahun ini mengalami nyeri yang luar biasa pada sendi lututnya.pernah kami periksakan di daerah kami-(KUDUS,Jateng),terindikasi pengapuran.
ibu sudah mengkonsumsi obat medis dan herbal.namun belum ada perubahan.bahhkan untuk berdiri setelah duduk atau jongkok bisa di bilang hampir tidak bisa.
kami pernah mendengar dari ada RS atau balai pengobatan di daerah cikarang yang mampu mengobati pengapuran sendi lutut dengan sistem injection-suntik.
dengan keterbatasan informasi tsbt,,saya bertanya kepada dokter.
1. apakah pengapuaran ibu saya bisa disembuhkan?
2. apakah ada rujukan RS di daerah semarang atau bekasi untuk penanganan pengapuarn sendi ibu saya ini

terimakasih atas perhatiannya dok.mohon maaf apabila susunan kalimatnya amburadul.terimaksih




Senin, 03-06-2013 04:20:26 oleh: tatu alawiyah

dok...
saya tatu usia 23 tahun, dok saya mau tanya. saya sering sakit dikaki hingga pinggang sperti kram, kalo saya berdiri lama.awal sya kira sakit pegel biasa, tapi skrg ini mkin sering kejadian sakitnya.dulu saya kira krn aktifitas trlalu lama d lab dok, ada kaitannya tdk dok dgn aktifitas yg sy lakukan? kalo berdiri lama sering sakit makin hebat sampai panas semua kaki sampai pahaku.saya sering minum susu kalsium. dan kira-kira menunjukkan gejala apa dok?




Kamis, 06-06-2013 16:52:14 oleh: belly

Membaca artikel diatas, sy ingin tanya Bagaimana jika yg terkena pengapuran itu orang yg berumur dibawah 40th tpatnya umur 37thn. apakah itu bs diindikasinya klu org tsb terkena penyakit LUPUS?
dan bagaimana pengobatan agar tulang berhenti mngalami pengapuran? Obat apa sj yg bs membantu atau konsumsi makanan apa yg tepat unt menjaga tulang selanjutnta agar pengapuran tdk smkin menyebar? terima kasih banyak. saya tunggu jawabannya




Senin, 10-06-2013 10:48:10 oleh: unita

Dear Dokter,


Kedua kaki Ayah teman saya mengalami pengecilan sampai lumpuh sudah 2 tahun. Posisi di Jogja, indikasi awal dokter kanker, tapi belakangan berubah jadi osteoporisi.
Apa memang benar osteoporosis bisa mengakibatkan kaki mengecil??
Lalu apakah ada referensi dokter yang bisa kami tuju di jogja??

Terima kasih untuk bantuan & responnya


REgards,
Nita




Selasa, 02-07-2013 15:51:45 oleh: sugi

sore dokter . ibu sya berumur 54 thn terkena pengapuran tulang pinggul ,,dan urat saraf terjepit ,,,ibu sya sush berjalan ,klu dibuat jalan lututx seperti mau lepas ,dan ibu sya punya penyakit tekanan dan maag ,kakix pun terasa panas dan pinggul ,paha sampe lutut terasa sakit ,,,sya sdh bawa kermh sakit tpi ibu saya masih kesakitan ,,,sya pengen tanya ma dokter ,,ap ibu sya bisa disembuhkan ? pengobatan dan komsumsi obat ap yg harus ibu sya lakukan ? terimakasih dokter



Senin, 15-07-2013 12:55:44 oleh: kholifatul laili

dok,,,,,saya maw tanyak,,ibuk saya itu punya penyakit diabet,trus,,,kata dokterx kmren kena pengeroposan tulang belakang,,,apakah gejala dr pengeroposan tersebut,,,,ibuk saya jadi hilang ingatannya seperti membaca itu lupa dok,,,pa krn pengaruh obat dr dokter ea???soalnya sebelumnya ibuk saya diinfus,,,dg 10 cairan yg berwarna putih buat lambung,,,saya lupa namax pa,katax pengganti makanan gtu,,,????klu minum noni jus,,,bermanfaat buat diabet sama pengeroposannya ta dok,,???makasih sebelumnya dok,,,



Senin, 15-07-2013 12:56:44 oleh: kholifatul laili

dok,,,,,saya maw tanyak,,ibuk saya itu punya penyakit diabet,trus,,,kata dokterx kmren kena pengeroposan tulang belakang,,,apakah gejala dr pengeroposan tersebut,,,,ibuk saya jadi hilang ingatannya seperti membaca itu lupa dok,,,pa krn pengaruh obat dr dokter ea???soalnya sebelumnya ibuk saya diinfus,,,dg 10 cairan yg berwarna putih buat lambung,,,saya lupa namax pa,katax pengganti makanan gtu,,,????klu minum noni jus,,,bermanfaat buat diabet sama pengeroposannya ta dok,,???makasih sebelumnya dok,,,



Rabu, 30-10-2013 19:44:18 oleh: Andi Dwi Lestary

saya ingin bertanya dok, apakah ada hubungannya OA dengan sakit kepala? trims



Kamis, 07-11-2013 12:24:43 oleh: Ulfah nafsiyati

Dok, suami sy berusia 46, sering mengeluh nyeri lutut,hasil rogten menunjukkan lututnya ada runcingnya, OA grade I. Riwayat keluarga ayahnya hipertensi,ibunya penderita diadetes,keduanya sdh wafat. Oleh dokter suami sy diberi terapi obat viostin X 2kali sehari, artrodar 1x1 dan celebrec jika terasa nyeri. Sebelum minum obat2 tersebut gula darahnya normal(rutin cek darah 3 bln sekali). Hasil cek darah terakhir setelah 3 bln mengkonsumsi obat2an tersebut gula darah 2 jam pp nya naik. Dari 90 mjd 140. Mohon saran dokter apakah pemakaian obat2an tersebut perlu diteruskan atau tidak. Apakah ada obat nyeri sendi lain yg tdk menyebabkan gula darah naik



Sabtu, 23-11-2013 07:53:22 oleh: riska artanti

Dok sendi2 sy suka bunyi krek2 gtu.trs ngiluu brganti2.Dr jari,lutut,smpai pggang.skt dok.k doktr umm diksh meloxicam sm kAlbion dan dexametason.krn tkt maagku kmbuh kuhentikan deh obt tsb.gmn dok?APA aku Oa?efektif gak kuminum viostin Ds?usiaku 35 th tggi 165 cm Bb 64kg.



Sabtu, 21-12-2013 18:51:52 oleh: erlin estarina

Malam dok.. ibu saya berumur 42 th, sering mengalami sakit pada tumit kaki dan disertai bengkak, terkadang sampai tdk bs jalan apakah ini yg dinamakan pengapuran ya dok.. atw reaumatik



Selasa, 24-12-2013 20:16:01 oleh: Dede Riyaldi

Permisi dok,saya umur 17tahun dan lutut saya apabila ditekuk itu berbunyi. apakah itu tanda - tanda pengapuran sendi? saya sangat risau akan hal itu dan saya takut kalau itu akan mengakibatkan kelumpuhan, tetapi tidak terjadi bengkak di sekitar lutut saya. Nah Dengan Produk ini (ViostinDs) apakah bisa mengurangi bahkan menyembuhkan hal itu dok?

Terimakasih dok atas waktunya dan jawabannya ditunggu ya! mohon bantuannya




Senin, 17-03-2014 18:00:55 oleh: Eva

Dok, ibu saya berumur 59tahun, beberapa bulan yang lalu periksa ke dokter tulang, dan hasilnya ibu saya terkena pengapuran di kaki bagian tulang kering. Sudah 1 minggu terakhir ibu saya rutin olahraga jalan kaki siang antara jam 2 - 3 siang. Apakah olahraga yang dilakukan ibu saya mengganggu ke penyakit pengapurannya? Sehingga memperburuk kondisi pengapurannya? Makasih jawaban dokter.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY