Edy Hendras W

Wisata Ke Bukit Lawang, Bohorok, Sumatera Utara

Jumat, 20-03-2009 09:15:18 oleh: Edy Hendras W
Kanal: Wisata

Wisata Ke Bukit Lawang, Bohorok, Sumatera Utara

Kita tentu masih ingat dengan bencana banjir bandang di Bohorok, tepatnya di Bukit Lawang, sebuah desa yang berada di tepian Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatra Utara. Bagi orang awam, bencana itu merupakan bencana lingkungan yang dahsyat, yang memporakporandakan perkampungan dan menelan korban yang tak sedikit.

Setelah lima tahun bencana banjir bandang, wisata Bukit Lawang di Bahorok kembali menggeliat. Kunjungan turis beranjak normal. Aktifitas wisata air dan alam yang menjadi sajian utama, masih menarik untuk dikunjungi. Bencana yang melanda 2 Nopember 2003 itu mengubah semua kehidupan masyarakat di Bukit Lawang khususnya dan Bohorok pada umumnya. Bohorok, kota kecil yang terletak di Kabupaten Langkat dan terletak di sekitar Taman Nasional Gunung Leuser yang ada di wilayah Sumatera Utara ini, dari dulu dikenal dengan daerah kunjungan wisata alam. Salah satu ”point of interest” atau obyek yang menarik kalau kita berkunjung ke sana adalah kehidupan orangutan. Lokasi ini dikhususkan untuk merehabilitasi orangutan siataan, khusus yang berasal dari Sumatera.

Pengunjung yang datang, baik dari manca negara ataupun turis lokal, memiliki interest yang berbeda. Umumnya para wisatawan dari luar negeri lebih suka melakukan perjalanan ke hutan untuk melihat indahnya kekayaan alam yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser ini. Berbagai primata dapat dilihat, burung dengan kicauan yang merdu terdengar, dan jenis-jenis serangga yang indah.

Untuk mengantisipasi kunjungan dan meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bukit Lawang, maka beberapa pihak mencoba untuk melakukan berbagai kegiatan, di antaranya adalah peningkatan kapasitas para pemandu wisata alam.

Mengunjungi Bukit Lawang

Jika sedang berkunjung ke Medan Sumatera Utara, bisa menyempatkan diri berkunjung ke Bukit Lawang. Jarak dari Medan sekitar 96 kilometer barat laut Medan, dengan kendaraan umum atau pribadi dapat ditempuh 2 – 2,5 jam. Selama dalam perjalanan akan terlihat perkebunan kelapa sawit, serta beberapa sungai yang menjadi sumber kehidupan warga sekitar.

Sejak dijadikan sebagai kawasan pelestarian orangutan, khususnya untuk rehabilitasi, kawasan ini dikenal turis mancanegara sebagai objek wisata alam hutan tropis. Keindahan Bukit Lawang tidak terlepas dari posisinya yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Sebagai sebuah kawasan taman nasional, kondisinya memang terjaga. Konsep ekowisata menjadi hal utama di sini.

Ketika banjir bandang menerjang kawasan wisata ini, hampir sebagian besar alam di sekitarnya rusak. Badan sungai pun melebar karena sebagian pepohonan berusia ratusan tahun yang ada di tepian sungai rubuh dihantam air bah, ratusan korban jiwa tewas, dan rumah-rumah hanyut. Namun kini, Bukit Lawang hampir 90 persen pulih.

Berdasarkan data Seksi Konservasi Wilayah III Balai Taman Nasional Gunung Leuser, sejak dibuka kembali pada Juni 2004 pasca banjir bandang tercatat 2.892 turis dari Eropa datang berkunjung sampai 31 Desember 2005. Meski jumlah tersebut masih jauh dari tingkat kunjungan sebelum banjir bandang, yaitu Mei-Oktober 2003, sebanyak 4.900 orang, namun sudah menunjukkan geliat ekowisata Bukit Lawang.

Pariwisata merupakan mata pencaharian utama bagi 2.179 jiwa atau 593 keluarga penduduk Desa Bukit Lawang, baik sebagai pemilik penginapan, guide, penjual cenderamata dan sebagainya. Penginapan sudah mulai terisi penuh menjelang akhir pekan. Orang-orang dari beragam tempat berdatangan ke desa ini, termasuk turis-turis asal Eropa yang mendominasi para pengunjung asing, seperti Belanda, Jerman dan Swiss.

Selain jalan-jalan ke hutan untuk melihat keindahan alam dan berbagai satwa yang ada, pengunjung juga bermain arus sungai. Untuk bisa melihat tempat rehabilitasi orang utan, pengunjung harus berjalan sekitar setengah jam dari tempat penginapan. Setidaknya harus melewati dua jembatan gantung dan melewati sungai selebar sekitar delapan meter dengan menggunakan perahu kecil.

Bookmark and Share

Tag/Label jalan, bukit lawang, bahorok, sumatera utara, taman nasional leuser
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
5 komentar pada warta ini
Senin, 27-07-2009 09:03:57 oleh: Hafida

Paqk Eddy,

bisa saya mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai masalah ini? Mengenai transportasinya terutama. Boleh saya email Pak Edy?





Kamis, 30-07-2009 18:41:09 oleh: edy hendras

Silahkan ke email saya aja langsung
hendraswahyono@yahoo.com.sg
atau
edy@inrr.org




Kamis, 22-10-2009 00:47:15 oleh: dewi ratnawulan

sangat menarik untuk dikunjungi, sayang kadang kita tidak tau bagaimana harus kesana, apakah mungkin bisa bekerjasama dengan travel utk buat paket wisata alam. saya sekarang masih di jordan, tapi kayaknya kalo pulang pingin juga main ke lokasi tersebut. terimakasih atas artikelnya. Tana fabiona 86



Senin, 19-04-2010 13:59:29 oleh: Jef Reey Sirait

Could u like to tell me about :
syarat-syarat klo mo menjadi seorang guide. i am student of university right now and actually i am not an English major, but i am really like speaking directly with foreigners, last yesterday i helped somebody foreigner from Holland. she needs going to bukit lawang, so i help her from masjid raya medan to take a bus from pinang baris. i am really proud of my self, because i can help her :)




Jumat, 04-06-2010 12:50:02 oleh: Jef Reey Sirait

Today also I had been helping 4 ladies that from England. They need to go to Bukit Lawang, so I help them to take the bus from Medan. So far away I am still can do that to help the developing Indonesian Tourism :)
Big Thanks. They said Bukit Lawang is a nice Place :)




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY