Ajeng Tiara

Waspada Bila Bayi Susah Minum ASI

Selasa, 17-03-2009 09:45:35 oleh: Ajeng Tiara
Kanal: Kesehatan

20 Mei 2006 saya melahirkan Giswa lewat operasi Caesar dalam usia kehamilan 38 minggu. Walau direncanakan normal, tetapi rupanya air ketuban sudah merembes tanpa saya sadari, sehingga dokter menyarankan supaya segera dilahirkan. Tidak ada masalah pada kelahirannya, dengan berat 3,7kg, suara tangisan yang keras, anggota badan yang sempurna, tentu saja saya amat sangat berbahagia.

Saat itu saya belum berpengalaman punya bayi sehingga tidak heran kalau Giswa terus menerus tidur di hari-hari pertama kelahirannya. Kalau dibangunkan untuk menyusu susah sekali, walau sudah dikelitiki kakinya. Ibu saya bilang kalau saya dan adik-adik ketika bayi biasanya akan reflek mencari-cari puting susu kalau sudah didekapkan ke dada. Sampai dokter spesialis anak berkunjung ke kamar perawatan saya karena dipanggil ibu saya yang menanyakan tentang sulitnya bayi saya menyusu. Dokter juga tidak bertanggapan apa-apa dan hanya mengajarkan saya cara-cara menyusui yang baik. Saya pikir juga bukan masalah, mungkin karena sudah keenakan diberi susu botol di ruang bayi.

Usia seminggu Giswa sudah terserang pilek dan batuk. Walau tidak ingusan, tetapi nafasnya berat dan terdengar berlendir. Saya kembali ke dokter spesialis anak, seperti biasa hanya diberi obat batuk pilek saja. Sampai obat habis batuk belum sembuh juga, saya kembali ke dokter (kali ini dokter anak yang lain). Dokter tersebut sempat menyentil-nyentil telapak kaki bayi saya, bayi saya menangis. Setelah itu dokter kembali menenangkan bayi saya.

Sempat bingung dengan tindakan tersebut tetapi saya tidak ambil pusing. Tidak banyak yang dikatakan, hanya tambahan obat batuk pilek dan menyarankan untuk menjauhkan bayi saya dari debu juga saran untuk ganti susu karena bayi saya katanya alergi. Sampai usia sebulan, batuk pilek tidak sembuh juga, hanya memang berkurang intensitasnya.

Ibu saya mengajak saya ke rumah seorang temannya yang kebetulan adalah seorang dokter spesialis anak plus (yang lahir dengan kelainan khusus). Bukan untuk periksa, tetapi memang niat murni untuk silahturahmi. Iseng-iseng dokter itu memeriksa anak saya, benar-benar iseng just for fun mumpung gratis.

Yang pertama membuat heran adalah, berat bayi saya di usia satu bulan itu sama sekali tidak bertambah sejak dilahirkan. Dokter sempat berganti stateskop dengan yang lebih kecil saat memeriksa jantung bayi saya. Lalu dokter bertanya “neteknya susah nggak?”. Spontan saya jawab iya. “Coba kamu netekin, bude tak liat” ujar beliau lagi. Maka saya duduk dan mencoba menyusui bayi saya.

Seperti biasa memang bayi saya seperti kewalahan kalau minum ASI. Dua kali hisap berhenti, nanti minta lagi tapi lagi-lagi berhenti di hisapan ketiga. Sampai saat itu saya benar-benar tidak tahu kalau itu sebenarnya adalah proses yang tidak normal. Tak lama dokter memanggil saya dan ibu saya lalu pelan-pelan menjelaskan kalau bayi saya sepertinya memiliki kelainan jantung bawaan. Saya diberi surat pengantar untuk periksa ke RS Jantung Harapan Kita.

Wah, orang tua mana yang tidak shock dengan kabar begitu. Segera saya menuruti saran dokter, saya bawa bayi saya ke RS Jantung Harapan Kita. Setelah melewati proses ekokardiografi ditemukan bahwa bayi saya mengidap ASD (Atrial Septal Defect) sebesar 3mm, dan VSD (Ventricular Septal Defect) sebesar 4mm. Yaitu sejenis kebocoran pada sekat jantung sehingga menyebabkan darah kotor dan darah bersih bercampur. Apalagi pada kasus VSD-nya juga banyak berpengaruh pada aliran darah di paru-paru. Saat itu penjelasan dari dokter jantung adalah keharusan untuk dioperasi, tetapi waktunya yang bisa ditunda. Singkatnya adalah selama kondisi anak baik, sehat secara umum, pertumbuhan tidak terganggu, operasi bisa ditunda selama mungkin. Apalagi ditambah harapan semakin besar anak, semakin besar juga otot jantungnya maka kemungkinan kebocorannya akan menutup juga semakin besar.

Bayi saya diterapi dengan obat yang serupa obat eyang kakungnya, yaitu Captopril untuk meringankan kerja jantung dan Lasik untuk membuang kelebihan cairan dari tubuh (kala itu bayi saya hanya buang air kecil dua kali sehari). Dengan pesan untuk tetap kembali kontrol setiap dua minggu. Saya rajin membawa buah hati kontrol, dari yang dua minggu sekali, sebulan sekali, tiga bulan sekali sampai sekarang yang enam bulan sekali.

Alhamdulillah sebelum usia setahun, hasil ekokardiograpinya menunjukkan ada sekat yang tumbuh di dekat lubang ASD. Kurang lebih jadi menutupi kebocoran dan positif untuk bayi saya. Sementara VSD nya sampai sekarang masih ada tetapi berkurang sedikit ukurannya. Sejak saat itu anak saya tidak lagi diterapi obat, hanya saja dipesankan untuk menjaga daya tahan tubuhnya.

Secara umum anak saya penderita kebocoran jantung yang nonsianotik (tidak biru). Ini yang membuat banyak orang terkecoh termasuk dokter dimasa kelahiran anak saya. Pada intinya, biru pada bayi bukan ciri utama bayi mengidap kelainan jantung bawaan. Dokter jantung berkata kalau biasanya di usia kurang dari sebulan, secara umum lewat pemeriksaan stateskop biasa dokter belum bisa mendengar bising pada jantung karena masih terkamuflase dengan suara cairan pada paru-paru. Walaupun pada dasarnya kelainan jantung bawaan juga bisa terlihat sejak bayi masih dalam kandungan lewat pemeriksaan intensif. Memiliki anak dengan kelainan jantung bawaan membuat saya jadi banyak belajar lewat membaca, browsing dan juga tukar pengalaman selama di ruang tunggu dokter dengan banyak penderita serupa.

Lewat banyak artikel yang memuat tentang kelainan jantung bawaan, saya simpulkan ciri-ciri bayi berkelainan jantung bawaan kurang lebih sebagai berikut :

1. Sulit menyusu asi, seperti kelelahan karena nafasnya tidak kuat

2. Sering muntah, hampir setiap kali habis minum

3. Seringnya batuk pilek diusia kurang dari dua minggu-sebulan

4. Selanjutnya sering mengalami infeksi saluran napas bawah (flek paru)

5. Keringat berlebihan

6. Berat badan susah naik

7. Cepat lelah

Artikel ini sifatnya sekedar berbagi pengalaman, bukan acuan untuk mendiagnosa karenanya jika bayi anda mengalami satu atau lebih gejala di atas sebaiknya segera periksakan ke dokter

Bookmark and Share

Tag/Label penyakit jantung bawaan bayi, bocor, jantung, asd, vsd, ajeng tiara
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
34 komentar pada warta ini
Selasa, 17-03-2009 13:49:32 oleh: Retty N. Hakim

Mbak Ajeng, ada keponakan saya (almarhum) yang juga punya kelainan jantung bawaan, ciri-ciri utama yang saya ingat hanya dia sangat tenang dan suka tidur, susah dibangunkan untuk menyusu. Gejala lain kurang saya perhatikan, mungkin karena saya tidak terlalu sering bertemu. Kalau tidak salah suka tidur juga gejala anak yang kuning, jadi memang sebaiknya kalau ada gejala suka tidur lebih baik cepat-cepat diperiksakan ke dokter anak yang kompeten dengan catatan lengkap pengamatan orang tua.



Minggu, 22-03-2009 02:13:45 oleh: gita anggi

mbak ajeng,

bayi saya jg dulu seperti itu, tp saya gak kepikiran kemungkinan ada kelainan jantung. susah sekali dia netek dan susah banget dibangunkan. sampai akhirnya saya nyerah ngasih asi dan belum genap 3 bulan dia menyusu full susu formula.

tapi kalau dia diberi susu formula, tidak ada masalah. berat badan naik banyak. waktu lahir 2,5kg sekarang 3 bulan sudah 5kg lebih.

yg masih saya dan orang tua saya bingung, keringatnya banyak sekali sampai bantal basah. saya khawatir dengan kelainan yang mbak ajeng ceritakan itu.

bisa minta tolong alamat dokter spesialis yang mbak ajeng datangi dulu itu? siapa tau saya bisa mampir memeriksakan anak saya. via japri saja, mbak ke email: go_anggi_go@yahoo.com

terima kasih banyak, mbak..




Sabtu, 04-04-2009 13:23:38 oleh: candra febriyanto

ass. saat ini kami bersama keluarga mengalami depresi berat dikarenakan putra pertama kami usia 3 bulan mengalami jantung bocor ( VSD ) saya membutuhkan banyak info dari dokter ataupun teman yang mengalami nasib serupa. tlg hubungi kami / sms kami di nomer hp 085257180511 matur nuwun



Minggu, 05-04-2009 06:41:49 oleh: Ajeng Tiara

Bisa minta alamat e-mail bapak candra? Supaya kita bisa bertukar informasi nantinya. Trims...



Selasa, 12-05-2009 10:24:28 oleh: Yonles

makasih sekali mba atas informasi yang sangat berarti buat saya karana anak saya juga mengalami kebocoran jantung tidak biru saat ini berusia 16 bulan, informasinya sangat membantu kami sbg orang tuanya, mohon nama dokter yang menanganinya krn minggu ini saya akan periksakan bayi saya. makasih sebesarnya



Jumat, 15-05-2009 17:25:36 oleh: Ajeng Tiara

@ Yonles : Saran saya, kalau memang sudah jelas ada kelainan jantung periksa saja ke Rumah Sakit Jantung Pusat Harapan Kita. Minta rekomendasi dokter yang bisa pegang anak-anak (Dr.Poppy, Dr.Indriwanto atau Dr.Ganesja).Disana insyaAllah semua ditangani dengan baik.



Rabu, 15-07-2009 19:47:03 oleh: Wildan

Maaf Mbak Ajeng, Saudara saya memiliki bayi yang bocor jantung. Kalau ke Rumah Sakit Jantung Pusat Harapan Kita masalah biayanya bagaimana? Soalnya kebetulan saudara saya termasuk keluarga tidak mampu. Atas informasinya saya ucapkan terima kasih.



Selasa, 21-07-2009 19:35:50 oleh: Ajeng Tiara

@Wildan: Silahkan urus surat Gakin atau keterangan keluarga kurang mampu dari Kelurahan. Pengalaman sy ngobrol2 dgn banyak orang tua bahwa penggunaan KArtu Gakin di RSJP Harapan Kita dilayani dengan baik dan hanya membayar biaya administrasi saja yg tidak lebih dari dua puluh ribu rupiah. kalau diperlukan tindakan (operasi), Gakin juga sudah cover semua. Semoga diberi kesehatan!



Senin, 24-08-2009 14:08:56 oleh: Ningrum

gabung ya..anak sy juga ASD-VSD..skarang dah 3bln 1minggu beratnya 5,5kg (berat lahir 2,7)...bisa kasih saran susu formula apa yang tepat buat dia karena sy harus bekerja (asi cm malem + hari libur)..skarang sy pake BMT Platinum (dr dokter juga) tp msh sering dimuntahkan..bagus pk dot pa disendokin ya?...tx for infonya



Selasa, 08-09-2009 12:47:18 oleh: Ajeng Tiara

@ningrum: kalau soal susu tergantung keadaan si anak. Kalau anak saya kebetulan saat dibawah satu tahun masih alergi pada laktosa. Sehingga susunya berganti-ganti antara NAN HA atau Isomil (formula soya). Kalau tidak ada masalah alergi lebih baik susu formula biasa saja, karena gizinya lebih mencukupi. Masalah sebaiknya pakai dot atau disendoki tergantung keadaan juga. Kalau menurut saya sebaiknya pakai dot saja sehingga aliran susu yang masuk bisa dikontrol sendiri oleh bayi. Semoga si kecil sehat dan salam hangat!



Senin, 14-09-2009 11:19:46 oleh: anisa

ikutan curhat ya...anak sy 2bln 2 minggu jg menderita PJB.VSD,ASD,PDA & TGA.skrg sdg rawat jln dgn Dr Poppy di Harapan Kita.b'dasarkan info mba ASD & VSD nya bisa menutup tanpa di operasi.sdgkan PDA sejenis dgn VSD & ASD jd kmungkinan msh bisa tdk operasi. kalau TGA ada pengalaman ga ya pasien yg ga perlu operasi.krn sejujurnya saya tdk mau anak saya di oprasi apalagi operasi melalui pembedahan.
terima kasih atas infonya ya...




Rabu, 16-09-2009 15:40:54 oleh: Ajeng Tiara

@anisa: saran saya sebaiknya anda mengikuti saja saran/petunjuk dari dokter. Kalaupun mmg butuh pembedahan demi kebaikan si kecil ya dijalani saja. Karena mmg tentunya dokter yang punya pengalaman dan mengerti apa tindakan terbaik yang harus dilakukan. Salam sehat selalu untuk si kecil!



Jumat, 08-01-2010 11:47:20 oleh: tinuk

ass,mngkn dah kelamaan ya tuk ksh komennya,krn sy sndri br bc site ini.sy jg memiliki putra dgn pjb,tga,vsd&pda.ptra sy skrg sdh berumur 18bln,Alhmdlah telah dioperasi pd umur 6bln di RSJantung Harkit.Saya sngt brsyukur skali putra sy kini sht & tumbuh normal,sdkit mskan setau sy utk kasus tga hrs dioperasi,sdngkan utk vsd,asd ada yg bs menutup sndri,tp ada jg yg perlu dioperasi.Sbg ortu kt hrs kuat,semangat &slalu b'doa utk ksmbhan anak kt,jgn takut &jgn prnh menunda utk ke dr bl anak kt mempunyai pjb,sng skali bs berbagi pengalaman dsni,moga anak kt tmbh sht,normal,pj umur,wassalam



Jumat, 08-01-2010 15:07:06 oleh: Ajeng Tiara

@tinuk: Terima kasih untuk masukan dan sarannya mbak. :)



Selasa, 09-02-2010 11:16:25 oleh: ratih clinovera

Asslkm.
mo sharing juga nih. anakku 4 bln jg jantung bocor sekitar 1,3 cm. skr lagi dirawat di rspj..
untuk saat ini memang tdk memungkinkan utk operasi jantung. harus naikin berat badan dulu sampe 8-10 kg untk operasi..skr berat masih 4,4.susah bgt naiknya :(
mbak tinuk, bs minta kontaknya untuk share paska operasinya?
mbak ajeng, bersyukur sekali bs tanpa operasi ya




Jumat, 12-03-2010 21:58:39 oleh: melda

ass,..mbak ajeng..,saya jg mempunyai bayi kelainan jantung bocor,.ciri2nya jg mengarah sprt mbak crtkn,ttpi ada sedikit yg berbeda,,anak saya sering kejang saat tidur pulas,klo diangkat badannya terasa ringa,.,tlg bagi infonya y mbak..neh email saya;anyaemil@yahoo.co.id..makasi...



Rabu, 17-03-2010 16:53:42 oleh: Lala Wardhana

Assalamualaikum.. Anak saya sekarang berusia 4 bulan lebih dua minggu, dia mulai aktif dan banyak mengoceh, saat ini saya khawatir karna dari pagi dia tidak mau minum ASI, kebetulan saya bekerja jadi anak saya jg minum susu formula (BMT Platinum), anehnya dia mau minum susu dibotol atau perasan ASI saya (dimasukan ke botol), memang sudah dua hari ini badannya agak hangat kata Ibu saya keseleo jadi harus di urut, sedangkan suami saya menyarankan untuk ke dokter. mohon masukannya apa yang harus saya lakukan sekarang..



Jumat, 26-03-2010 14:52:16 oleh: berry yudiawan

ass.. mba ajeng.. anak saya jg mengalami kebocoran pada sekat antara bilik kanan dan kirinya 4mm,kebetulan anak saya masih berumur 3 minggu. menurut dokter jantungnya.. (Di Bandung) saat ini belum ada dan dapat dilakukan untuk penyehatan kembali jantungnya mungkin dikarenakan masih berumur sangat dini,dan belom dapat mengkonsumsi obat apapun serta suplai makanan dan nutrisinya masih dicover ASI oleh ibunya.. kira2 mba tau apa saja makanan yg dapat membatu pertumbuhan atau perkembangan jantung si anak.. yg tentunnya, makanannya dikonsumsi oleh ibunya.. dan klw boleh apa saya dpt punya nomer dr yg merawat anak nya mba.. sekedar untuk second opinion saja..informasi Mba ajeng sangat dan yg lain sangat membantu saya.. klw tdk keberatan,apa saya bisa mendapatkan informasi mba.. di nomer saya ini.. 08156252527.. tnxbe4 YA MBA..



Senin, 15-11-2010 20:16:57 oleh: frida

bayi saya juga berkeringat dari baru lahir sampe skrg usia 10 bulan,tidurpun berkeringat,bayi saya bb nya skrg 7,4kg susah naik ,sejak usia 4 bulan ngk mau minum susu,sejak usia 2 bulan gampang muntah ,siap minum susu dari dot lgsg muntah,bayiku baru lahir memang gampang tidur ,terpaksa di bangunin suaya minum itupun msh tidur jg,di kasih dot sebentar aja di hisap lgsg berhenti tidur lg,,waktu asi jg gtu sebentar aja ngisap mulutnya lgsg berhenti ngk mau nenen lg,makanya asiku lgsg kering,.....
apakah bayiku penyakit jantung?
waktu di dalam kandungan tipa bulan check up dan jantungnya bagus kt dokternya...
memang lahirnya prematur 36 minggu karna air ketuban da banyak keluar n cesar karna aku yg minta,disamping aku da ngk tahan sakitnya ,air ketubannya da banyak keluar n msh bukaan 4,...sementara dokternya ragu utk operasi karna takut paru2 blm matang,waktu lahir ,kt dokternya paru2 matang...
trus kenapa bayiku jd seperti ini usia 4 bulan menolak susu padahal itu makanannya,..
pls ada yg bs bantu ngk kasih saran




Senin, 03-01-2011 00:52:12 oleh: soemanto panjaitan

malam mbak ajeng,
anak kami baru berusia 23 hari. secara tidak sengaja pada saat periksa ke dokter anak, pada usia anak kami msh 11 hari. oleh dokter di vonis VSD (ventricular septal defect) yaitu : DCSA VSD (doubly committed sub arteriil) dgn ukuran 1,5 s/d 2,1 mm. kata dokter persentase 50% bisa menutup sendiri, dan 50% tdk bisa menutup sendiri. kami tidak di kasih obat, hanya control setiap bln & akan di echo 6 bln kemudian.
kami sangat shock mendengarkannya.
tapi kami hanya pasrah & berdoa.

kami mohon utk informasinya ke:
soemanto panjaitan 0812 650 0022 atau soemanto.panjaitan@gmail.com




Rabu, 13-04-2011 05:39:03 oleh: dhany muhardo

Assslamualaikum.. Terima kasih byk ibunda Giswa.. Informasi anda sgt bermanfaat sekaligus menjadi bahan pembelajaran bagi saya & istri. Prihal keterangan dan info ttg "Ciri2 bayi berkelainan jantung bawaan", perlu diketahui beberapa diantaranya dari ciri cirinya diatas sama persis dengan kondisi yg dialami putra saya saat ini, seperti: anak saya sgt sulit bila menyusui menyusui ASI, Napas terkadang berat & terdengar berlendir, sering kali susah neteknya hanya 2-3 isap lalu berhenti. Utk memperbanyak masukan sekaligus pengetahuan saya dan istri ttg apa yg sedang dialami anak kami tsb, dan juga agar menjadi tempat curhat bagi saya dan istri saya, tolong sms saya ke No.081511389044 (nanti saya telp balik) Atau Email ke dhany.muhardo@gmail.com Mohon bantuan dan kerelaannya wktunya untuk kami bisa mengutarakan kecemasan serta kekhawatiran kepada yg telah berpengalaman. Terima kasih sebelumnya. wassalamualaikum wr wb..



Rabu, 24-08-2011 11:02:09 oleh: Lena

hi, sekedar sharing saja,mungkin bisa sedikit melegakan hati para ortu yg anaknya punya kelainan jantung bawaan

saya adalah bayi yg mempunyai kelainan bawaan jantung ASD dengan kebocoran 10 mm. ortu saya sering x masuk keluar rs krn kondisi sy yg susah mnm susu pd saat itu,dari infus sampai selang masuknya susu lewat hidungpun sudah saya alami dr sejak lahir. Shg salah satu dokter spesialis anak ( bandung) menemukan penyebabnya ddan cara mengatasinya sewaktu saya berumur 2 bln.

waktu umur saya memasuki 14 tahun, ortu membawa saya berobat ke malaysia dengan harapan lubang tersebut dpt mengecil atau menutup sempurna. di sana saya diberi obat capoten (thn 1997 obat tersebut terbilang masih baru dan mahal) untuk diminum setiap hari selama 3 tahun.

dengan biaya yg tak sedikit, makanan bergizi, kesehatan yg amat dijaga dengan teliti lubang tersebut mengecil mjd 5mm tanpa operasi, memang tidak 100% bisa seperti pada kebanyakan org yg normal, ttp saya masih bisa melakukan aktivitas yg sama seperti layaknya org normal. hanya saja kita tidak diperkenankan tll cape dan stress.
terutama bagi perempuan yg mempunyai mslh kelainan jantung, untuk hamil dan melahirkan harus dengan cara caesar dan dibawah pengawasan doker jantung.

memang anak dengan kelainan spt saya ini adalah "anak mahal". skrg saya sudah berumur 28 tahun, menikah dan dikaruniai seorang putra ( 3bln), saya menjalani hidup spt wanita pada umumnya, tidak mjd terbatas akibat ASD.ASD bukan penyakit keturunan. hanya saja jika pergantian musim kemarau ke musim hujan terkadang saya masih bisa merasakan susah dan sakitnnya bernapas.

moga2 pengalaman sy ini bisa menjadi dorongan bagi para ortu spy tidak mudah putus asa dlm mengurus si kecil yg mempunyai kelainan jantung.




Selasa, 06-09-2011 21:25:35 oleh: yusnila christine

salam knl bwt smua nya...
cukup menarik postingan y mba... saya butuh sdkt info, kbtlan saya pny kponakan di vonis dr saat dy br lhir pjb, kt y seh kcl sx lbang y, hya 1-3mm. yg klo mnrt ciri2 yg mba blg di ats seh.. ad bnr n ga y. ponakan saya saat ini BB y ckp bgs, usia 3,5 bln BB 7,5 kg. BB lhr wkt it klo g slh 3,4kg. dy aktiv, byk ngoceh n kuat mimik susu asi (no sufor) tp yg sya kwtirkan dy koq berkeringat lbh ya, wlupun di ruangan berAC, pd saat mnum susu ato bercanda pst akan berkeringat. dan setiap abis mnum jg slu gumoh.(entah itu muntah ato gumoh sya jg krg phm) tp pas di sendawakan gumoh y seh bkrg. akhr bln ini ortu y mw prksa ke dr spesialis di RSIA Hermina jt ngra. Mdh2an tdk ad ap2 dgn ponakan saya louis.. Bwt para ortu ttp smgaat y... n sllu ttp brsha mbrikan yg trbaek bwt si buah hati. GBU all




Selasa, 10-01-2012 10:07:13 oleh: nurrohma widiarta

anak saya (almarhumah) Khaerisya, penderita PJB jenis ASD 7mm, VSD 1mm, PDA 2mm dan hipertensi pulmonal. oleh dokter Sp.A sub spesialis jantung anak diberi captopril dan alddacton untuk meringankan kerja jantungnya.

khaerisya mengidap radang paru-paru (pneumonia) sebagai dampak dari bocornya sekat bilik, sekat serambi dan pembuluh ductus arteri tsb. ciri2nya nafas berat, terdengar seperti mendengkur dan bunyi grok2. kondisi paru2 berlendir dan terlihat kesusahan dalam bernafas.

khaerisya direncanakan akan menjalani penutupan PDA melalui kateterisasi, setelah pneumonianya sembuh, tekanan darah normal, bb dan umurnya cukup. ASD dan VSD kemungkinan menutup sendiri seiring bertambahnya usia.

Allah berkehendak lain ketika semua orang mengupayakan kesembuhannya. Khaerisya masuk PICU pukul 22 dan wafat pukul 10 keesokan harinya karena infeksi paru2 yg akut serta gagal jantung.

bagi pembaca yg bayinya juga penderita PJB, terus semangat dan jangan berputus asa dalam mengupayakan kesembuhan bayi Anda. tidak semua penderita PJB bernasib sama seperti anak saya, banyak yg bisa sembuh, tumbuh sehat dan normal hingga tua.

salam sehat untuk si kecil.




Selasa, 10-01-2012 11:39:37 oleh: Ajeng Tiara

Terima Kasih semua atas responnya terhadap artikel, maaf tidak bisa saya balas satu persatu. Semoga kita semua tetap dalam lindungan Yang Maha Kuasa. .



Jumat, 27-01-2012 11:06:01 oleh: yoppy

Salam untuk semuanya. Saya butuh info anak saya juga mengalami pjb dengan ciri2 asd sekendum kecil vsd besar diameter 7,3mm semua katub jantung normal. Yg ♍åϋ saya tanyakan apakah bs tutup sendiri? Dan jika operasi berapa biayanya



Kamis, 23-02-2012 12:02:38 oleh: Farid

Anak saya juga memiliki ciri yang sama seperti itu,
- kalau menyusui susah, tapi kadang-kadang.
- sering keringatan sampai basah di bantalnya.
- Sekarang usianya 3 bulan, pada saat lahir beratnya 3,4 Kg sesudah 1 bulan naik jadi 4,4 pas 2 bulan turun lagi jadi 4,3.
- Buang air kecil 3-4 kali sehari dan BAB kadang 3 hari sekali.

kalau boleh tau Mba beli obatnya dimana ?
Nama obatnya apa ?

Terima kasih




Kamis, 25-10-2012 14:33:20 oleh: wulan sari

salam kenal,,aq wulan aq pny keponakan umur'a br 2 bln, dy mengalami susah nafas, apalagi saat minum susu, dy jg mengalami batuk yg tak kunjung sembuh apakah itu bisa d'sebut ciri2 kelainan jantung, mohon d'share ya,,,! terimakasih



Kamis, 08-11-2012 11:57:28 oleh: erin

Ass salam kenal semuanya.saya mempunyai anak usia 6 bulan dr usia 2 blan bb П̥γ̥å susah naik sering batuk pilek trus kta dkter anak saya terkena plek suka berkringat berlebihan nafas П̥γ̥å cepat dtak jantung П̥γ̥å jg terasa sekali kalo di peegang dag dig dug cepat sekali.apakah anak saya mempunyai kelainan pada jantungnya,?



Selasa, 26-03-2013 22:06:01 oleh: david firdaus

Mlm mbak ajeng
Anak saya skrg berumur 6 bln
Waktu berusia 4 bln didiagnosa dokter mengidap ASD
Sebaiknya konsul DG dokter siapa y d harapan kits?
Mksh




Minggu, 31-03-2013 09:19:54 oleh: Nadiah Alwi

Dear Parents,

Saya memiliki seorang anak yang lahir dengan PDA, PFO, dan TAVB. Pada usia 2 hari dioperasi pemasangan alat pacu (TAVB: Total AV Block, jd tidak ada listrik pada jantungnya, sehingga denyutnya hanya 50 dan perlu dipasang alat pacu jantung untuk menormalnya denyutnya). PDA dan PFO-nya Alhamdulillah menutup sendiri.

Seperti uraian Mb Lena di atas, kondisi perlu dijaga. Untuk bayi, sebaiknya full ASI jika memungkinkan. Karena sebaik2nya makanan untuk bayi adalah ASI.

Bayi saya dioperasi di RSCM, di Pusat Jantung Terpadu. Dokter yang mengoperasi adalah dr. Rubyana. Tiga orang dokter yang saya kenal baik di PJT adalah dr. Ruby, dr. Mulyadi, dan dr. Piprim. Mereka sangat baik dan telaten.

Saran saya, ikuti saran dokter. Jika memang harus dioperasi, lakukan. Jika memang menurut dokter dapat menutup sendiri (jika bocor), jaga kondisi anak sebaik mungkin dan terus kontrol perkembangannya.

Untuk biaya operasi, bisa dibilang saat bayi saya dirawat seminggu di RSCM, 70% bayi yang dioperasi di sana adalah peserta Jamkesmas (atau sejenis). Jika memang ada kesulitan biaya, ada baiknya segera diurus saja surat-suratnya. Sehingga nanti jika memang harus dioperasi, sudah siap.

Sebagai orang tua, kita harus semangat dan jangan terpuruk. Karena semangat kita dapat dirasakan oleh anak, sehingga membuatnya juga semangat dan memperlancar proses penyembuhan.

Semoga anak-anak kita sehat selalu. Aamiin.

To Mbak Ajeng, terima kasih atas sharingnya.




Senin, 27-05-2013 22:11:21 oleh: rina

mbak..anakpertamaku umur 1 bln mengidap vsd 3 mm..kmungkinan nutup sendiri bisa ya?solusi alaminya apa?sudah minum captopril jg..katanya protein2 ato jelligamat itu



Selasa, 08-10-2013 17:19:20 oleh: Rere Zuhay

terimakasih mbak ajeng infonya,sangat bermanfaat.sama anak saya juga mengalami seperti yang mb ajeng tulis...
yang mau saya tanyakan bagaimana cara menanmbah berat badannya karena minum asinya sedikit dan sering gumoh?
obat rutinnya sudah berjalan 3bulan..
karena setiap saya tny dr.spa mengatakan anak dg kelainan jantung bawaan memang selalu gumoh2 jadi susah bertambah berat badannya.umur bayi saya skr 5bukan




Jumat, 11-04-2014 12:16:21 oleh: ibunda ziddan

Dear moms...ank sy ziddan bru umur 1buln saat d vonis doktr kena bocor jntung.saat itu,gejalax ank sy mmg suka keringtn brlebih,muntah2,nafs bunyi dn sush menyusu.wkt blum tw ank kna pjb,qt senang2 sj px anak yg anteng dn gk bxk bangun mlm,tp wkt ziddan kmi muntah2 dn sesak nfas dn d opname,saat itulh km tw klo piutra km mgalami skit d jntugx.dunia trasa ada d ats kpala q,stiap hour hx ingn menangis,km skeluarga btuk2 trpukul.saat menjalani echocardiograph mmg btul ank sy kena pjb non biru,tp kta doktrx lubangx sgt kcil dn ada kemugkinn mnutup sndri.saat ini kmi sedg rwt jaln,obt jntug dr doktr d minum ziddn stiap hri,yg sy ingn tw apakh obt jntug yg ank sy konsumsi stiap hour ini tdk akan mmpuxi efek smpig?kini doktr mxarankn km unt kmbli echocardiograph 6buln lg.doakn ank sy jntugx seht y moms,mudhn bs mnutup sndri.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY