Ritapunto

Cara Cerdas Mengolah Sampah : Pelatihan Membuat Kompos

Selasa, 03-03-2009 13:04:20 oleh: Ritapunto
Kanal: Opini

Cara Cerdas Mengolah Sampah : Pelatihan Membuat Kompos

Masalah sampah selalu saja menarik untuk dibicarakan tetapi menakutkan untuk dijamah. Serbuan sampah menjadi momok ketiga setelah serangan 'bludrek' dan diabetes, semua orang bahkan seisi kota bisa stres jika sampah telat ditengokin petugas kebersihan. Padahal calon sampah sudah menanti untuk dikeluarkan dan harus segera lenyap karena estetika akan berkurang nilainya jika sampah ada dimana-mana.

Sampah dimana-mana, kenapa bingung??

Semua riset mengatakan bahwa pertambahan sampah jumlah nya sama dengan pertambahan jumlah penduduk, jadi jika bayi kita lahir maka itu sama artinya bumi mendapat penghuni baru sekaligus ketambahan pembuang sampah baru. Nah, jika demikian krusialnya permasalan sampah ini, kenapa kita harus mempersulit penanganannya. Iya, kan?

Cobalah berpikir cerdas..sampah adalah bagian terintim dari diri kita, bahkan petugas sampah yang kreatif bisa membuat data perilaku dan tabiat penghuni sebuah komplek perumahan hanya dengan melihat sampah yang berserakan dipemukiman itu. Dia tahu kapan nyonya A dan anak perempuannya datang bulan, keluarga B yang pelit karena sampahnya selalu berupa batang kangkung dan bungkus tempe, atau warga C yang anaknya kena narkoba dan baru saja pesta shabu.

Sebenarnya kalau mau, kita bisa mempermudah urusan sampah-menyampah ini. Tirulah cara kerja alam yang selalu mereduksi sampahnya, misalnya di hutan tidak ada sampah, semua menyusut sehingga tidak kita jumpai menggunungnya guguran daun atau ranting atau bangkai hewan. Semua sampah itu di lahap bakteri dan mikroba lalu diurai menjadi humus, kembali ke alam sebagai material kimia organik yang bermanfaat.

Dengan meniru cara kerja alam, seyogyanya manusia juga bisa mereduksi sampah organiknya menjadi kompos. Siapa bilang bikin kompos itu susah, menjijikkan, buang waktu dan butuh lahan luas. Tahukah kalian , sejumlah teman saya ketagihan membuat kompos setelah mereka tahu ternyata mengolah sampah dapur menjadi kompos itu sangat menyenangkan, tidak membutuhkan waktu, bersih, dan bisa mengatasi masalah sampah dapur basah.

Kuncinya adalah niat dan komposter yang "cantik". Yuk, kita berbagi kasih kepada bumi dengan cara mereduksi sampah dapur kita sendiri. Jika belum tahu menyiasati bikin kompos yang menyenangkan, ikuti pelatihan singkatnya di Workshop Hijau Hayati, Jatiasih - Bekasi. Pada tanggal 7 Maret 2009, pukul 9 - 13.00 akan ada pelatihan mengolah sampah dapur yang basah menjadi kompos menggunakan bantuan komposter yang cantik dan menarik. Dijamin setelah mengikuti pelatihan ini kamu tidak akan jijik lagi berhadapan dengan sampah dapur. Catat tanggalnya yah..

Bookmark and Share

Tag/Label ritapunto, whh, gaya hidup, sayuran organik, kompos, sampah dapur, pupuk organik, worshop hijau hayati, opini
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
14 komentar pada warta ini
Selasa, 03-03-2009 13:18:09 oleh: Liemeina

its so interesting! bisa diupload ke you tube ga ntar acaranya + cara2nya gmana...
kan ga smua org bisa dateng ke bekasi... hehehehhe....
normally sih aku cuma misahin mana barang daur ulang kyk kertas, plastik, dll tu dipisa2in sm yg gak.. itu aj ktanya ud cukup memmbantu.. hehehehe...
jdi pnasaran.. ditunggu loh hasil pelatihannya.. ^^




Selasa, 03-03-2009 14:51:54 oleh: Eryawan Nurcahya

Mbak Rita ...

Saya pasti datang karena tambah ilmu dan berguna bagi yang bermasalah dengan tukang sampah (yang suka malas mampir untuk ambil sampah kita).

Nanti apa kita juga boleh ambil bibit tanaman yang lain (mis : bibit tanaman Rosela), sekalian uji test bagi pupuk kompos yang telah dibuat pada pelatihan nanti.

Kebetulan saya sendiri pernah berkunjung kesana / Wahana Hijau Hayati. Kita juga bisa belajar membuat lubang Biopori + mengolah sampah dengan keranjang Takakura.

Lebih ajip-ajip lagi, kalau Mbak Rita mau membagikan tips bagaimana menjadi seorang marketing yang baik bagi para peserta, untuk setiap produk pupuk kompos yang dihasilkan dari hasil pelatihan nanti.

Trims ...




Rabu, 04-03-2009 20:16:00 oleh: nani nagu

mbak, saya tertarik skali, pingin belajar ngolah sampah langsung kalo cuman teori tanpa praktik kayaknya malas en ada yang kurang...kapan lagi mba bikin pelatihannya...soalnya kita baru tau ni info.....siapa tau sekalian jalan2 ke bekasi..
ditunggu ya mbak!!!makasih.




Kamis, 05-03-2009 07:44:08 oleh: Wendie Razif Soetikno,S.Si,MDM

Maaf, infonya kurang jelas. Workshop Hijau Hayati, Jatiasih, Bekasi itu alamat lengkapnya dimana ? Kontak person ? No. telp yang bisa dihubungi ?



Rabu, 11-03-2009 13:02:30 oleh: edy sarwono ponco

Saya tinggal di Medan, sebagai kota metropolitan tentu Medan juga mempunyai masalah sampah, saya ingin membantu pemerintah untuk menanggulangi masalah sampah terutama di lingkungan saya sendiri. Kalau saja saya punya kemampuan untuk pengolahan sampah tentu saya sangat senang sekali



Selasa, 26-05-2009 15:47:51 oleh: zoel

adduh sayang sekali saya krtinggalan info, saya baru baca tulisan mbak...

tp saya pengen tai dan bisa bangget mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat, apa lagi di saerah saya sampah makin banyak, karena saya berada di wilayah perkotaan yang padat penduduk dan dekat denan pasar tradisional. apakah ada tempat pendidikan yang mengajarkan cara mengolah sampah. saya pengen ikut.

terima kasih..
jika ada informasi tolong kabari saya ke alamat e-maik ini




Selasa, 26-05-2009 15:50:37 oleh: zoel

maaf ralat tulisan. tulisan saya ada yang salah.

tp saya pengen tau dan bisa bangget mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat, apa lagi di daerah saya sampah makin banyak, karena saya berada di wilayah perkotaan yang padat penduduk dan dekat dengan pasar tradisional. apakah ada tempat pendidikan yang mengajarkan cara mengolah sampah. saya pengen ikut.

terimakasih




Rabu, 27-05-2009 21:16:20 oleh: ritapunto

Hubungi WHH :
021-68709301

dengan saya langsung atau klik http://bandarsampah.blogdetik.com




Jumat, 29-05-2009 01:36:17 oleh: zoel

Terimakasih.....



Minggu, 03-01-2010 15:23:20 oleh: suyono sugondo

rita, kalo boleh neh, aku minta artikel anda soal cara cerdas mengelola smpah buat terbitan lokal di sebuah desa di Kab. Kulonprogo. Yogykarta, "KONDE " namanya ( koran desa paling jreng ), rakyat butuh ide-ide cerdas dari anda, tg



Rabu, 20-01-2010 14:03:47 oleh: sulardi

ass. salm kenal dari saya, saya salah satu orang yang bekerja di bidang energi terbarukan, salah satunya ya tentang pengolahan sampah. oleh karena itu saya mohon mba bisa memberikan jadwal pelatihan semacam pembuatan kompos di tahun 2010 ini, saya berminat untuk ikut serta, mohon jadwal diberikan ke alamt email saya.

terimakasih
sulardi
0817 6364 107




Sabtu, 23-01-2010 17:52:09 oleh: toto

good



Rabu, 19-05-2010 10:33:49 oleh: andi

saya salah satu pengurus BKM di Kabupaten Kudus Jawa Tengah, saya sangat berharap bisa mengikuti pelatihan pengolahan sampah,.....
harapan kami dengan ilmu tersebut bisa kami terapkan di desa kami melalui Lembaga BKM, sehingga permasalahan sampah yang ada di desa kami bisa teratasi dan manfaatnya juga bisa memberikan peluang kerja bagi warga miskin yang ada di desa kami ( DIMANA KAMI BISA MENDAPATKAN PELATIHAN TERSEBUT ) terima kasih atas bantuannya




Kamis, 19-04-2012 12:58:14 oleh: Drs. Jamil. M.Pd

sy sangat tertarik materi mengolah sampah menjadi kompos mohon bantuan sumber materi yang terinci langkah-langkahnya. salam



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY