Edward Manopo

Kenakalan Remaja, Faktor Penyebab dan Tips Menghadapinya

Minggu, 01-02-2009 10:13:45 oleh: Edward Manopo
Kanal: Opini

Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas yang sewajarnya. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat diungkuri lagi, anda dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang. Dan saya pun pernah melihat dengan mata kepala saya sendiri ketika sebuah anak kelas satu SMA di kompelks saya, ditangkap/diciduk POLISI akibat menjadi seorang bandar gele, atau yang lebih kita kenal dengan ganja.

Hal ini semua bisa terjadi karena adanya faktor-faktor kenakalan remaja berikut:

- kurangnya kasih sayang orang tua.

- kurangnya pengawasan dari orang tua.

- pergaulan dengan teman yang tidak sebaya.

- peran dari perkembangan iptek yang berdampak negatif.

- tidak adanya bimbingan kepribadian dari sekolah.

- dasar-dasar agama yang kurang

- tidak adanya media penyalur bakat dan hobinya

- kebasan yang berlebihan

- masalah yang dipendam

Dan saya dapat memberikan beberapa tips untuk mengatasi dan mencegah kenakalan remaja, yaitu:

- Perlunya kasih sayang dan perhatian dari orang tua dalam hal apapun.

- Adanya pengawasan dari orang tua yang tidak mengekang. contohnya: kita boleh saja membiarkan dia melakukan apa saja yang masih sewajarnya, dan apabila menurut pengawasan kita dia telah melewati batas yang sewajarnya, kita sebagai orangtua perlu memberitahu dia dampak dan akibat yang harus ditanggungnya bila dia terus melakukan hal yang sudah melewati batas tersebut.

- Biarkanlah dia bergaul dengan teman yang sebaya, yang hanya beda umur 2 atau 3 tahun baik lebih tua darinya. Karena apabila kita membiarkan dia bergaul dengan teman main yang sangat tidak sebaya dengannya, yang gaya hidupnya sudah pasti berbeda, maka dia pun bisa terbawa gaya hidup yang mungkin seharusnya belum perlu dia jalani.

- Pengawasan yang perlu dan intensif terhadap media komunikasi seperti tv, internet, radio, handphone, dll.

- Perlunya bimbingan kepribadian di sekolah, karena disanalah tempat anak lebih banyak menghabiskan waktunya selain di rumah.

- Perlunya pembelanjaran agama yang dilakukan sejak dini, seperti beribadah dan mengunjungi tempat ibadah sesuai dengan iman kepercayaannya.

- Kita perlu mendukung hobi yang dia inginkan selama itu masih positif untuk dia. Jangan pernah kita mencegah hobinya maupun kesempatan dia mengembangkan bakat yang dia sukai selama bersifat Positif. Karena dengan melarangnya dapat menggangu kepribadian dan kepercayaan dirinya.

- Anda sebagai orang tua harus menjadi tempat CURHAT yang nyaman untuk anak anda, sehingga anda dapat membimbing dia ketika ia sedang menghadapi masalah.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga dapat berguna bagi anda.

Bookmark and Share

Tag/Label kiat, remaja, orang tua, pendidikan, kenakalan remaja, tips dan kiat
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
93 komentar pada warta ini
Rabu, 18-02-2009 14:50:30 oleh: DeaSy wUlaNDaRi

lumaYan laH buaT masUkaN.BiaR jaDi oRanG yaNg bEneR.



Minggu, 08-03-2009 20:25:31 oleh: Jennie

Bagus kok,semoga yang membacanya tak hanya sekedar dibaca tapi juga disimpan di memori otaknya,ya!!khikhikhi.........^^



Kamis, 26-03-2009 08:12:27 oleh: haryono

pas banget wat nak2 remaja masa kini........
pa lagi makin banyak nak2 remaja sekarang yang nongkrong ga jelas di jalanan!!!!asli parah!!!
kayanya kudu baca ini!




Senin, 04-05-2009 08:21:44 oleh: aisah

sepertinya lebih bagus lg klo di berikan penyuluhan langsung kepada ank2 sma atau mengadakan acara yang memberikan kesadaran kpd ank2 remaja



Sabtu, 16-05-2009 10:01:54 oleh: ika

argumenny4 b4gus b4ng3t,keb3tul4n q l4g!nyusun tug4s 4kh!r d4n judulnya tent4ng k3n4k4l4n r3maja.muat yang l3h lagi do4nk ???????????????


th4nks y4aaaaaaaaa..............




Selasa, 19-05-2009 12:01:53 oleh: kari enzo quray

alahmdulillah .sy sneng bgt dgn opini yang anda berikan.
mantaplah........
saya tunggu y selnjutya




Rabu, 24-06-2009 13:49:05 oleh: Edward Manopo

terimakasih telah memberikan komentar saran dan kritik kepada saya....
email:mase_iye@yahoo.co.id




Kamis, 30-07-2009 14:56:53 oleh: CaCa

BgOs BgD tC tOk D'JdIiN PlJrAn WaT iAnK UdH NaKaL bGd ...........

Cz Na BnYk BgD sEc Yg UdH mMlKuKn SeX GtO, mNk G pNy OrTu aP ?!
MsT nGlKuI HaL yG KyK gTo





Sabtu, 15-08-2009 13:35:30 oleh: yunie lesTaRie

ihjjj....bgs bngt sich artkelnya. . . stlah saya baca artkel ini saya merasa,tersentuh bngt loch . . . makasih yach atas saran nya . . .saya jd malu pd dri saya sndri stlh saya baca,bnyk bngt kekurangan,pd dri saya, x lg sukses bwt yg bkn"y . . . . .



Rabu, 02-09-2009 17:08:36 oleh: Vinnie Vincent

Artikelnya bagus... tapi yang bagian belajar agamanya, kalau yang ngajar macamnya Noordin M Top gimana?? Ntar malah seperti kasusnya si pembawa bom Ritz Carlton yang masih SMA itu lagii...



Jumat, 02-10-2009 09:13:39 oleh: seno

mnrt saya kenakalan remaja itu perlu di perhatikan.



Minggu, 18-10-2009 15:17:59 oleh: joni irawan

mksh ilmuny@ y@...ane tggu tulisan selnjutnya



Rabu, 28-10-2009 22:45:33 oleh: Drs Amin Wahid

saya di Miri Malaysia.....ini web milik yudi kah ?
salam kepada sahabat semua di Blimbing Pacairan Lamongan. Wong Padek, Pasar Balimbing.....




Kamis, 29-10-2009 14:54:24 oleh: eka saktiawan

Thanks for the information.....



Kamis, 05-11-2009 14:34:51 oleh: dedi

baguz bner paz bngt aku lagi nyusun tugas ne!!!!!!!!!!!!!!!
artielya baguzzzzzzzz




Kamis, 05-11-2009 15:37:47 oleh: asdar moehammad

penyebab terjadinya pergaulan bebas khususnya gadis usia dini...
penyebabnya secara lahiriyah apa yah...???




Senin, 09-11-2009 08:22:55 oleh: PIETER

baguss, dan kita juga harus menjadi panutan/idola anak2 kita,biasanya mereka lebih senang mencontohi idolanya, sebab itu jangan anak2 kita hanya mencari idola/panutan terhadap artis/pemain sinetron saja, harus juga mengidolakan orang tuanya.....hanya saja orang tua jangan melarang merokok terhadap mereka tapi or-tu sendiri merokok khan tidak kllloopppp simple tapi sulit....



Rabu, 11-11-2009 19:11:07 oleh: mira

mkacih y,artkelnya baguazz buaanget.........



Kamis, 12-11-2009 18:01:17 oleh: gex sri

thanks yaw...... artikelnya bgus, mumpung q lg nyari tugas tetang kenakalan remaja.....



Sabtu, 14-11-2009 14:32:44 oleh: Roland_bend

MenRut k,tuLsNX bguz,
alx brGna bngt.pa lg Bwt pRa plajr.
Hal smcAm ni,bkAn hx sebgI topIk bCa"an,tpi jga Sbgy meDia pemblJarn.slain t jga
dpAt menJdi bhaN
korEksi bgI rMja2 yg
bNdel2...he.....6

N Jga kbtUln k da tgaZ bwt crI2 infRmsi
tntng rmja2....

Thx bngeeeeeettt......yach




Rabu, 18-11-2009 17:34:36 oleh: L.Pamungkas

wah 2 bagus bgt bwt para remaja khusus na jgn se-x mencoba krn qt g sa lepas bgtu saja



Selasa, 24-11-2009 11:19:50 oleh: Didi Sulaiman

saya pikir dan saya amati para yunior saya, kenakalan mereka adalah di picu oleh antara lain :

1. korban tayang acara tv, sinetron.....karena dari situlah awal mereka mencontoh tingkah laku pemeran sintron...apalagi percintaan pelajar/anak sekolah.... banyak remaja ssst ini yg mendewakan penyanyi / group band.....seakan2 tidak ada cita cita lain /kegiatan lain selain musik...padahal dunia artis /musik belum tentu cocok dengan mereka... alangkah baiknya jika tv lebih banyak menyiarkan acara/film yg bertema olahraga/adventure/alam....

2. Korban kemajuan teknologi....
dengan gampangnya saran telekomnikasi/hp...mereka gampang berhub dengan siapa aja...jika ada teman yg ada ide nya negatif....mereka gampang menyerbarkannya.. ada baiknya tidak buru2 memberi hp (apalagi yang multimedia ) kepada anak remaja..apapun alasannya....




Sabtu, 28-11-2009 08:04:26 oleh: hary mp27

bagus artikelnya,thanks ya....mumpung aku lagi nyari artikel tentang kenakalan remaja



Sabtu, 28-11-2009 08:22:42 oleh: haryono 2 mp1

statementnya bagus,tapi lebih bagus lagi kalau dikembangkan lagi statemennya.tapi thanks ya..dari statement kamu sekarang aku ngerti.



Selasa, 01-12-2009 10:39:29 oleh: vina rohmatul ummah

em...apa yaw
sepertinya c d` ada. Tapi kurang sempirna dket la.Kan didunia ni tak da y smpurna.
but...bwaguz lho kata-katanya. q jd naksirne




Rabu, 09-12-2009 22:28:27 oleh: FERI VIGUNA

SELURUH INDONESIA HUSUS NY BANDUNG SUDAH TDK ANEH LG KLO YANG NAMNY DUGEM ROKOK D USIA DINI NARKOBA GANJA N REMAJA KITA DAH TDK ANH LAG...
KLO MENURUT SAYA DR ATURAN PEMERINTAH KIT TERLALU BEBAS C FACEBOOK D KT MAH BANY D SALAH GUNAKAN,TERUS INTERNET MALAH BUKA PORNO, KSET BAJAKAN D BIARKN BEGITU SAJA BEBAS,BERBEDA DENGN NEGARA LAIN ...............
NAH MASALAH PERGAULAN BEBAS OR KENAKALAN REMAJA BEGITU MENGHAWATIRKAN D TAHUN SEKARANG MUNGKN LEBIH PARAH LAGI TAHUN DEPAN




Kamis, 10-12-2009 15:17:30 oleh: karisma rizqi N.

Artikelnya bagusssssss. ^o^
kita hrs berhati2 nich! ma nak2 yg gak bener . . .




Rabu, 30-12-2009 21:32:19 oleh: siti hajrianti

IhH...h.. Waw....... Saya Salut dech ma artikelnya. betul banget, memang sich sekarang nech kenakalan remaja makin marak terjadi pengaruh dari faktor2 kurang kasih sayang ortu,kurang agamalah dsb. N' Satu pendapat saya sebenarnya itu tergantung juga dari bagaimana seseorang melakukan filter pada era globalisasi skarang Nich. Biar punya kebebasan yang sangat berlebihan, kalau seseorang punya kontrol atas tingkahlakunya pasti dech gak ikutan ma anak2 yang FreeseX,NarkoBa,Rokok. N' Satu ucapan : Thanks!! because, artikel ini dapat memberi saya satu tambahan pengetahuan.....




Kamis, 07-01-2010 16:32:43 oleh: shoimatul f

aduw..... artikelnya keren.....
ini membantu bgtz dalam pembuatan tugas karya ilmiah kelompok qw......





Jumat, 08-01-2010 22:55:11 oleh: bayu manyili

MAANTAP..gitu donk kasi jg pencerahan bwat ortu agar mrka jg sadar bhwa tgas merka bkn hanya lahirin k dunia ank2x tp budi pekerti harus d tanamkan sejak usia dini.pilih jg lingkungan yg baik bwat kluarga JGN asal rumahx aja yg cntik..ok...salut bwt mu mg ada klnjutnx.



Jumat, 15-01-2010 18:47:53 oleh: atacia leonita

aduh................. bagus bgt artikelnya bisa buat bantu tgs pidato qw



Senin, 18-01-2010 14:01:14 oleh: noviana clarista

artikelnya bgus and mnarik and ckup mnamnbh ilmu pngthuan



Selasa, 19-01-2010 11:25:48 oleh: RICKY

bagus... gw suka
gw pke pun tu
thanks yaaaaa




Rabu, 20-01-2010 14:19:27 oleh: ria

makasih dah memberi pengetahuan pada saya.ni bagus banget biar anak2 muda pd mkr.



Rabu, 03-02-2010 10:16:19 oleh: iin

mkasih ats pngtahuanx,,,
ni sngat mmbntu sy,untuk mngrjkan lporan sya...




Minggu, 07-02-2010 08:46:20 oleh: Rifky nurwan aziz

bagus .... singkat dan sangat membantu banget,,,,,
ok... kreatif pisan euy....




Kamis, 11-02-2010 00:40:12 oleh: eteot

mantaaaap... !

artikelnya berguna banget.., kata2nya padat dan mudah dipahami.
slain pertanyaan kuliah terjawab(gimana menghadapi psikis remaja), artikelnya lumayan buat intropeksi diri, sama buat persiapan kalo ntar jadi orang tua dan ngadepin anak sendiri...

berguna dah intinya!




Minggu, 14-02-2010 12:32:40 oleh: ikha

ya lumayan ngeban tu tugas c"q
hehehehehe




Rabu, 17-02-2010 15:05:42 oleh: ariestaputeri

lumaYan juja buat tugas koe,,
he,,,




Kamis, 18-02-2010 14:14:12 oleh: fellicia beby

hm,,bgs ni....biar qw juja gk msk or terjerumus dalam hal negtf...




Minggu, 21-02-2010 22:02:36 oleh: loedy

masa remaja adalah masa yang sulit kita kendaliakan




Rabu, 24-02-2010 10:16:24 oleh: neody

boleh saya latakkan di blog saya mas?
http://www.neody.blogspot.com




Selasa, 02-03-2010 12:46:18 oleh: SOKROO WIDO

SIIIIP...... LUMAYAN BUT NAMBAH WAWASAN ,,,



Selasa, 02-03-2010 14:35:55 oleh: nia kurnia

klau menurt sya sangat pas skali dg khidupan sekrang cz kenakalan remja sdah tidak asng lgi d kesekliling kta,
tpi knakalan remja jga d pengaruhi oleh lingkungan yg tdak mndukung... my friend q tunggu slanjut ny q suka karyamu.......




Rabu, 03-03-2010 15:22:45 oleh: arnella velovita

_loG mNurUt qHu cHe......eMank baEk bWt aNk" zMan cKrg,,,,ozaNk zMan ckRg uDh nUUUUakAAALLLLLLLLLL baNGEEEEEETTTTTTTTTTTTTTTZZZZZZZZZZZZZZ,..........N' MkCEH Jja oZ uDh bNT QhU BwT Bkin mKLah bWt tGaz bHs iNd qHu,,,,,,



_aRRa_j0e_g0keL...............^_^




Kamis, 04-03-2010 09:24:23 oleh: Gerald Audi Pramudya

wah2bagus nih buat temen2 yg rada nggratilyg suka hal2 kek begituan kawkakw makanya baca ini



Kamis, 04-03-2010 17:45:33 oleh: mega sharon mejistin silaban

hmmm... aku se7 banget... apalagi ank remaja skg ne... byk yg gk beresss... mudah-mudahan ada perubahan ank remaja skg... amiiiinnnnnnnnn....



Selasa, 09-03-2010 21:36:00 oleh: Daniel Max Yudha

kenakalan remaja gg bleh d.byarin.,. hruz d. cegah.. kta hruz jauhi kenakalan remaja.. jauh kn negeri kta drii knakalan remaja..



Senin, 22-03-2010 09:28:24 oleh: mauidotul

thank bgt y!!! artikelnya bagus.
kebetulan q ge da tugas bwt caru artikel




Rabu, 24-03-2010 16:39:26 oleh: lagan setiawan manik

ya mmg btul knakalan remaja gg bleh d'biarin

harus dicegah

OKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK!!!!!!!!!!




Senin, 29-03-2010 02:54:17 oleh: adericky yakub garonk

ALHAMDULILLAH SAYA BISA AMBIL ILMU DARI ARTIKEL INI.



Senin, 05-04-2010 15:34:05 oleh: Bang Jhon

Anda mengandaikan "Kita" sebagai orang tua,, profile anda sbg orang tua,, masa ga pake baju???
ihh,,malu.. info nya mungkin brmanfaat tapi org yg nyampein tampilannya kurang sopan bisa di bilang ga ada manfaat,,anda copy paste dari mana artikle itu??




Senin, 12-04-2010 20:46:57 oleh: dhede

sekarang banyak anak" iia hamil diie luar nikah , maka kita harus waspada ...

jika pacaran jangan keterlaluan ...





Selasa, 13-04-2010 12:54:15 oleh: rahayu

perhatian...... buat para remaja jnganlah kmu mengenal dngan namanya narkoba..... karena narkoba adalah tiket menuju kematian....... WASPADALAH,,........!!!!!!!!



Selasa, 13-04-2010 15:03:09 oleh: elle

s'badUng"x sya,,,gk pRnh tuCh ada k'inginan bwt n9injek hal" y9 gk baik.apl9i pergaUln bBas...
ihhh,amiT",,sin9 d'tebiHkeun ya Allah...amiiin
tuNtutan d'akhirat jAuh lbih beRat drpd d'dUnia nee.
takUt msuK jahanNam,,,,,,,ih serEm.




Minggu, 18-04-2010 12:11:24 oleh: yuven merdiaris lapu

buat remaja taupun orang tua.. yang mempunyai anak remaja, yang perlu diperhatikan adalah hubungan yang baik antara orang tua dan remaja itu sendiri, jika hubungan antara orang tua dan anak baik pasti sangat mudah bagi orang tua untuk mengontrol anak tersebut. jika hubungan orang tua dan anak biak yang perlu di jaga adalah lingkungan dimana remaja itu bersosialisasi. .... "masa remaja adalah masa dimana rtemaja akan berusaha untuk mencari seseorang yang bisa menjadi idolanya. sebagai seorang remaja, apalagi kalau remaja itu beragama kristen.. yang ingin saya katakan aadalah jadikan tuhan Yesus sebagai idolamu agar setiap perilakumu mencerminkan gambar dan rupa Yesus Kristus tuhan Kita GBU>>>



Sabtu, 24-04-2010 11:58:09 oleh: YESI

ea bner,,,,,,,,



Selasa, 27-04-2010 10:07:23 oleh: IMAM MAULANA

Buat apa sich para remaja ngelakuin hal yang negative.....????
Lebih baik nuntut ilmu di Pesantren dan di Sekolah....
Inget dosa boy....And Kiamat bentar lagi.....
TRIMS....




Senin, 03-05-2010 20:59:54 oleh: sapwan

apa ci dampak positif dari kenakalan remaja..//.?//



Rabu, 05-05-2010 19:17:02 oleh: angel gloriana

thaksss cihuuyyyy jadi'y w gampang buat power poin't nya hhe . thaanks jbu



Kamis, 06-05-2010 14:13:49 oleh: anis setiawati

WUISSSSSSSSSSSS.............Bagus buangeeeet tuh..mudah-mudahan dg adanya artikel ini dapat mengurangi kenakalan2 remaja masa Kni,so tDk da lagi kjadian ''MARRIED TO ACCIDENT''...UTK remaja wajib tw nhe...........



Kamis, 17-06-2010 10:44:15 oleh: dantye

tp. bagaemana membuat ank krban keruntuhan rumah tangga bisa bartahan tanpa kasih syg ortu? tanpa dukungan ortu spt sy?????????????



Selasa, 27-07-2010 19:40:41 oleh: perri

coba deh buat artikel efek sosial ekonomi dari bulan ramadhan dari mulai efek munggahan istilah sunda dan efek menjelang lebara dan setelah lebaran



Selasa, 27-07-2010 22:04:12 oleh: heri herdiyana

ziip info
pencerahannya sangat membantu terutama
yang mempunyai buah hati supaya lebih waspada
karena anak yg tidak shaleh
benar2 akan menyensarakan keluarga sekalipun
hartanya berlimpah




Jumat, 30-07-2010 10:31:12 oleh: TINA

MkasiH yaCh Ntuk Rubrik nY.... Kbtulan Aq ad Tugas Tntang RmaJa,, jdi Bsa aMbil dari sNi deCh.. Ntuk tMend2 yg Laen Cpet insyaF...



Rabu, 04-08-2010 10:32:33 oleh: Edward Manopo

dampak positif bagi kenakalan remaja bukan untuk pribadi diri orang itu sendiri tapi itu didapatkan oleh orang lain yang membenci kita, tidak senang dengan kita, orang yang suka melihat kita susah, dan orang yang suka melihat kita hancur lebur....
contohnya: untungnya bagi negara lain yang suka melihat generasi penerus bangsa indonesia hancur...
penerus bangsa indonesia akan dijajah secara perekonomian atau dengan kata lain kita akan hanya menjadi pesuruh di negara sendiri....




Rabu, 04-08-2010 11:06:44 oleh: Edward Manopo

@dantye: klo lo kurang kasih sayang.....
lo broken home....atau akibat keruntuhan rumah tangga....lo bisa contoh naruto....hehehehe....
walau ini film kartun....tp maknanya dalem...
dia tu anak yang ga punya orang tua n ga diakuin sendiri di tempat dia lahir....ga da orang yang peduli sama dia n ga da yang bisa dia jadiin tempat curhat n mengadu....tp dia nunjukin ke semua orang dia bisa melakukan dan menghasilkan sesuatu yANG Baik bagi lingkungan sekitar lo....
gapai cita" lo....tunjukin pada dunia lo bisa....
intinya harus ada motivasi dari diri lo sendiri, untuk lebih majundan keluar dari masalah itu...
itu semua hanya masalah kecil, karena dunia begitu besar dan kehidupan begitu panjang....
klo dari sekarang lo udah merasa ud terpuruk lo akan sulit mengahadapa hari dan dunia esok....
GBU




Jumat, 27-08-2010 09:06:05 oleh: agus thohir

sangat membangun semoga anak remaja sekarang bisa di atur, terima kasih



Senin, 30-08-2010 12:59:28 oleh: mochamad fatchul amien

mesqi topik seperti ini sering kita dengar dan kita baca, namun tips2 ini tetap menarik dan sangat perlu baik bagi yang muda maupun bagi orang tua. Yang lupa bisa jadi ingat..., yang terlena bisa waspada.... dan yang belum tahu bisa jadi tahu...
Terimah kasih!!!




Jumat, 17-09-2010 15:20:43 oleh: siti markonah

uapiikk tenann



Kamis, 23-09-2010 19:51:05 oleh: pebri andika

sangat menarik sekali...
kalo bisa,sanpaikan jga artikel ini ato beritahukan kepada pemerintah khususnya umtuk menanggulangi masalah kenakalan remaja.selain faktor orang tua masing-masing juga diperangaruhi faktor pemerintah.
so,sebarkan terus seua yang berbau positf kepda masyarakat luas terutama sekali para remaja.
yang katanya rentan akan godaan dunia....




Senin, 01-11-2010 11:04:56 oleh: kharis kuncung

artikel nya gak da yang laen lagi ta
kalau ada kirimin yang laen




Senin, 01-11-2010 20:15:28 oleh: Tasya Nainggolan

artikel yang sangat berguna dan layak untuk dibaca umum khususnya para remaja sekarang ini
semoga dengan adanya ini para remaja semakin ngerti pentingnya peraturan yang ada dan tidak mengarah ke yang buruk :)
GOD JOB :))




Selasa, 07-12-2010 18:57:11 oleh: uun suwito

mantap banget. semoga dengan adanya tulisan ini, dan banyak orang yang membacanya, orang menjadi sadar dan bisa menuju ke arah kehidupan yang lebih baik. perbanyak kawan artikelnya.



Senin, 28-02-2011 14:53:37 oleh: cica riana

thanks..
sya stuju ,,dgn adanya artikel ini..
smoga anak" rmaja jaman skrng lbih fokus ke agama yg kita anut oke...
karna islam lbih mmrhatikan sifat/akhlak




Rabu, 02-03-2011 14:29:18 oleh: dhie

apa jja bole..
wkowkowko..
apa mslah na...?




Selasa, 18-10-2011 14:51:33 oleh: dina ahdaniah

.,akk stuju bngeth ntu bsae mexadarkan nagh masa sekarang eang prgaulan.a sangat bebas dan semoga para remaja yg blum sdar ntu bsae cpath sadar biar dosa".a gk kbaxakan.,.,
.,hehehe




Rabu, 02-11-2011 10:52:19 oleh: wahyu esa

saya sangat setuju bila anak anak di bawah umur sudah merokok,supaya anak anak zaman sekarang bisa mengikuti zaman modern



Senin, 28-11-2011 15:32:33 oleh: Sri

Ga bisa disave......
Bingung gmna nehh caranya.....




Rabu, 30-11-2011 20:02:09 oleh: pasrah hati hura

trimakasih, saya sangat senang atas semuanya ini, tapi ada sesuatu yang saya cari bukan itu yang munculseperti yang aku harapkan tetapi yang lain. trimsi



Minggu, 04-12-2011 11:01:49 oleh: aldiant

sip but tmbah lbh dwasa



Sabtu, 24-12-2011 20:23:21 oleh: salmiah

mhon maav sbelumx
apa g ada lgi faktor2 pnyebab kenakalan remaja slain yg trtera di ats c'z yg aq bca zmwX hmpir zma dngan yg di ats.




Kamis, 26-01-2012 19:27:22 oleh: Chindy mustika ayu

Kurang banyak nih artikelnya :@



Senin, 06-02-2012 09:42:42 oleh: Lesmana Boedhy SQ

Artikelnya baguuss deh..??
Lumayan untuk pengetahuan...!!!?
Dan artikel ini sangat berguna untuk ku..??




Kamis, 23-02-2012 20:50:30 oleh: AnanDa_ayunDa

^~^
,,"yah msh bnyk thu putra~putri INDONESIA Yg menganggap "bahwa suatu ke banggaan atau suatu
Simbol keberania jk mrka mlkukan hal~hal negatif... ^mnrt_Gw anak gaul thu..engha seharunya kho,meski berbuat aneh~aneh dl`brh di blng gaul,,,
Msh bnyk ko hal~hal positif yg bs klian lakukn。。dan pastinya tdk mergkn km…orngtua…klarga…tmN…and agama。。。




Senin, 27-02-2012 09:45:26 oleh: OKTAVIA

CUKUP BAGUS MENARIK DAN BERMANFAAT BAGI PEMBACANYA



Senin, 02-04-2012 12:54:06 oleh: ervawanti sitorus

bagus, tp mnrut pndpt Q didlm dunia internet hrus memiliki banyak nasehat yg bertentangan dengan Agama,agr knkalan remaja berkurang.
Q berhrp qta bisa melakukan itu.
ok..................




Selasa, 01-05-2012 08:51:18 oleh: Anis Eka Saputri

Inti dari artikel tersebut sangat pas dengan sikon masa kini, isinya jelas tidak belibet,
Semoga bisa menjadi inspirasi bagi ornng tua pada khususnya dan anak-anak yang kurang perhatian pada umumnya,
Terima kasihhhh,,,:)




Jumat, 04-05-2012 11:31:12 oleh: sandry aditya

saya mau tnya

klau anak² skarang ttap tdak mau mndengar apa yng di ktakan oleh orng tua

gmana cranya..???




Senin, 04-06-2012 15:18:11 oleh: Yanti

ya bgus dan trimaksh ats tips'y. . . sya jga bingung knp bnyk bngtz temen sya yg ngrasa kekurangn kasih syang padahal orang ua mereka mnurut sya sngt memprhtikn mreka. .
stu lg d daerah sya skrng mkin bnyk bngt nich yg brhenti skolah gra2 hmil dluan, , kra2 bgaimna y tips cra bwt mngtsi'y?????????




Senin, 10-09-2012 17:03:14 oleh: anna maria juliana narwadan

sblmnx thanks ats artikelnx.. artikel ini sngt pas dgn ank2 jmn skrng.lw tdk d cegah scptx, pasti akn membahayakan diri sndiri,dn jga akan memalu-maaaaaaluin diri dn kluarga



Kamis, 12-12-2013 21:24:18 oleh: dofri patty

trimah kasih ya atas artikelnya sangat bagus skali



Jumat, 21-03-2014 17:34:03 oleh: Adhelya ludfy


Terima kasih atas artikelya, sangat membantu sekali. Bermanfaat dan berguna :-)




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY