agnes davonar

Biografi: Denny Sumargo - Dan Saya pun Bisa!

Jumat, 23-01-2009 14:56:04 oleh: agnes davonar
Kanal: Gaya Hidup

Biografi: Denny Sumargo - Dan Saya pun Bisa!

Ini adalah sebuah biografi singkat sebuah perjalanan anak bangsa yang sedang ingin berbagi cerita tetang dunianya. Dunia yang jauh dari apa yang mereka lihat tentang seorang Denny Sumargo seorang atlit basket seperti dunianya saat ini. Tapi itu hanya sebagian dari sisi hidupnya yang orang tahu, bagaimana perjalanan untuk menjadi seorang pebasket adalah misteri hidup yang pahit dan berliku.

Agnes davonar menceritakan kisah ini dalam sebuah Biografi berjudul Denny Sumargo: Dan saya pun bisa!. kisah panjang yang patut menjadi pelajaran bagi siapapun bahwa dunia ini sempurna bila kita menghendaki dengan tekat yang kuat dan yakin kita BISA! Karena sesungguhnya sejarah itu tercipta oleh kita sendiri dan Denny Sumargo pun bercerita tentang sejarahnya kepada anda.

 

BAGIAN 1

Namaku Denny Sumargo.

Saya lahir di Sulawesi utara tepatnya di Luwuk Bangawi sebuah kawasan utara Sulawesi yang indah nan luas dengan pemandangan lautnya yang eksotis. Terlahir dengan nama Denny Sumargo adalah pemberian ibu saya yang bermargakan Sumargo tepatnya Meiske Sumargo. Hingga saat ini hal-hal yang paling indah dalam hidup saya selalu terlukis dengan baik ketika saya bersama ibu duduk disebuah pantai sambil menikmati es kelapa yang dingin dan hangat sambil menikmati terbenamnya matahari.

Sejak kecil saya terbiasa hidup mandiri dengan kebebasan dan saya juga sangat keras kepala, sifat itu diwariskan oleh ibu saya yang berwatak keras dan pekerja keras. Ibu terlahir dari sebuah keluarga yang kaya dan berkecukupan tapi ia hanya lulusan Sekolah Dasar, sifatnya yang tomboy dan selalu membuat saudara-saudaranya berjumlah tujuh orang itu mengatakan ibu gadis barbal walau demikian ibu terampil sekali menjahit dan menyalon. Ibu saya bercita-cita menjadi seorang Polisi Wanita, cita-cita itu tidak pernah tercapai dan mungkin saja ia berpikir demikian karena terinspirasi oleh kisah pahlawan Wonderwomen yang termasyur ketika ia kecil dulu kala.

Ayah saya adalah seorang angkatan laut yang jatuh cinta pada eksotika Luwuk Bangawi, ia berasal dari Padang, Sumatra barat dan bernama Nazzarudin. Tidak banyak hal yang saya ingat tetang sosok ayah saya itu, sebab sejak saya berada di dalam kandungan ibu, Mereka bercerai. Kisah cinta mereka yang indah berakhir tragis karena keduanya memiliki sifat berlawanan. Ibu yang masih berusia 20 tahun sangat berbanding terbalik dengan ayah saya yang berusia 40 saat mereka menikah. Usia yang terpaut begitu jauh tidak mengendurkan niat mereka untuk saling mencintai.

Tapi yang saya dengar, ayah saya sangat sabar dan suka menolong orang lain. Sedangkan ibu termasuk orang yang tidak mau menerima pemberian dan selalu berusaha mencari apa yang dia mau dengan kemampuannya. Ibu gadis muda yang cantik memiliki hobi bermain bulutangkis setiap berkumpul bersama teman-teman sebayanya. Di kala itu ayah saya memutuskan untuk menetap di Luwuk sembari membuka usaha penjualan barang antik yang warung lapaknya bersebelahan dengan lapangan bulutangkis milik seorang Warga keturunan.

Suatu ketika saat ayah sedang berdagang, dilihatnya gadis muda itu setiap bermain bulutangkis disekitar warungnya dan akhirnya ia jatuh cinta pada gadis berpotongan rambut pendek dan bermuka manis itu. Ayah yang jatuh cinta berusaha mencari tau tentang sosok ibu dan usahanya tidak sia-sia ketika ibu bersedia berkenalan dengannya lewat macoblang penjaga lapangan bulutangkis. Ketika itu ayah saya sudah menikah dan mempunyai empat anak hasil pernikahannya dengan tiga istri, ibu terkejut bukan main ketika ayah berkata ia sedang menghadapai proses perceraian. Karena tidak pernah terpikir olehnya berkenalan dengan duda apalagi menikahi duda.

Ternyata cinta itu memang buta, ibu yang tidak pernah berpikir akan menikahi seorang duda akhirnya bersedia juga menikah dengan ayah. Padahal perbedaan mereka sangat banyak, ibu saya adalah seorang gadis keturunan Tionghoa dan beragama Katolik seperti penduduk Luwuk biasanya. Sedangkan ayah saya seorang muslim dan seorang pribumi tapi cinta itu membuat perbedaan itu hilang dan  mereka bersatu. Ibu yang sedang duduk di pantai setelah lelah bermain bulutangkis bersama teman-temannya kedatangan ayah secara mendadak.

“ Meiske maukah kau menikah dengan saya?” tanya ayah.

Ibu terdiam sejenak dan melihat pria ini tanpa alang-aling langsung mengajaknya menikah.

“ Saya pikir-pikir dulu..”

Ayah tertunduk lesu , ibu melihat sebuah cinta yang tulus tapi tidak langsung menerima cinta ayah. Ia melihat kesungguhan ayah yang tiada henti memberikan cintanya tanpa batas. Setiap hari ayah menanyakan hal yang sama hingga suatu ketika ibu mulai luluh dan menjawab pertanyaan ayah dengan syarat.

“ Baiklah saya akan menikah dengan kamu tapi pastikan kamu telah bercerai secara resmi.”

 

Ayah tersenyum lebar dan bahagia melihat ibu bersedia menikahinya. Di kala itu, ayah memang belum secara resmi bercerai dengan Istrinya tapi ia menguatkan hati ibu dan akhirnya statusnya menjadi lajang dengan surat perceraian yang ibu lihat dengan nafas turun karena keberanian ayah. Ketika keputusan pernikahan itu sudah bulat, ibu dan ayah menghadapi masalah besar ketika nenek dari pihak ibu saya menolak kedatangan ayah untuk melamar ibu.

Nenek saya sangat kolot dan masih berpikiran tentang pernikahan hanya bagi yang seiman dan sesuku, tapi tidak dengan ibu saya yang berpandangan luas dan bebas. Diantara keempat putri yang ia lahirkan hanya ibu yang sering melawan dan bertengkar dengan nenek. Nenek sendiri bercerai dengan kakek sehingga ia mengalami sedikit gampang emosi karena kakek sangat sayang pada ibu saya. Saudara-saudara ibu yang  laki-laki berjumlah tiga orang terkejut ketika ibu membawa ayah, mereka  langsung berusaha mati-matian untuk menyadarkan ibu tentang pikirannya yang dinilai sudah rusak.

“ Astaga, Meiske. Kamu sudah gila ya?. Kamu mau menikah dengan seorang pria duda yang sudah menikah tiga kali dan parahnya dia itu berbeda agama dengan keluarga kita.” Ujar kakak laki-laki tertua itu dihadapan ibu dan ayah saya.

Nenek sepertinya sudah sangat marah ia langsung mengusir ayah saya dari rumah. Ibu menangis tak bisa berbuat apa-apa, ia mendapatkan tamparan keras dari nenek yang murka dan saudara-saudaranya berusaha memisahkan dengan membawa ibu ke kamar. Ayah yang sudah sangat jatuh cinta pada ibu tidak peduli dengan larangan nenek, ia terus berusaha menyakinkan ibu bahwa ia adalah pria yang layak menjadi suaminya.

Ibu yang keras kepala dan percaya terhadap dirinya akhirnya benar-benar nekad menikah dengan ayah. Kakek yang biasa mendukung ibu hanya memberikan dukungan dengan setengah hati, ia hanya menyarankan ibu untuk berpikir ulang. Ibu sadar pernikahannya dengan ayah akan membuat ia dimusuhi oleh semua saudara-saudaranya dan ia bertekad membuktikan kepada saudara-saudaranya pernikahan dengan ayah adalah kebenaran jalan hidupnya.

 

Ayah dan ibu bercerai

Masa pernikahan itu berjalan baik dan dilaksanakan disebuah rumah makan secara sederhana yang dihadiri oleh beberapa kerabat ibu dan ayah. Karena mereka berbeda agama maka pernikahan itu berjalan dua kali, pertama di Gereja sesuai agama yang dianut ibu dan di Mesjid sesuai agama ayah. Ibu bersedih ketika pernikahannya itu tidak dihadiri oleh keluarga kandungnya sendiri, Kakek memang datang pada saat upacara di Gereja tapi itu pun dengan setengah hati. Tapi cinta yang indah itu tidak pundar walau harga dari semua itu adalah ibu kehilangan saudara-saudaranya.

Sebulan setelah pernikahan itu ibu mulai membantu ayah menjaga warung barang antiknya sedangkan ayah sering pulang untuk bertemu anak-anaknya dari lain ibu. Beban ayah sangat berat dikala itu, ia harus menanggung semua biaya hidup kakak-kakak tiri saya yang masih bersekolah. Ketika ibu sedang melayani tamu yang berkunjung ia merasa mual dan akhirnya jabang bayi berusia satu minggu itu menjadi tanda cintanya yang disambut ayah dengan bahagia.

Kebahagiaan yang indah menyambut kedatangan saya ke dunia ternyata tak seindah bayangan ibu, ibu mulai sering frustasi terhadap ayah yang sering tidak pulang ke rumah. Parahnya setiap pulang mereka selalu bertengkar hebat hingga ibu mengambil keputusan pahit yang sangat disesali oleh ayah, ia ingin bercerai dengan ayah. Ayah tidak ingin bercerai karena saat itu ia sadar saya masih di perut ibu dan ia khawatir dengan keputusan ibu.

Entah alasan apa yang membuat ibu nekad berpisah dengan ayah, ia mengancam lebih baik ayah bercerai dengannya daripada ia kehilangan saya yang masih diperutnya. Ayah mengalah dan mereka pun berpisah, ayah yang sangat sayang pada ibu kemudian memberikan semua harta dan rumah hasil pernikahan mereka menjadi milik ibu. Ibu saya yang naif dan gengsi menolak pemberian itu ia memutuskan untuk kabur begitu saja menginap di rumah teman bermainnya. Dan sejak itu saya tidak akan pernah tau siapa ayah saya hingga kelak saya menjadi dewasa.

Atas saran temannya, ibu pun memutuskan untuk kembali pada keluarganya. Ibu rela menahan malu dan hinaan demi saya yang masih dalam perutnya. Ia rela melakukan apapun untuk membuat saya terlahir di dunia ini walaupun ia sadar setiap pasang mata keluarga ibu melihatnya sangat hina. Bahkan secara terang-terangan saudara-saudara ibu memaki ibu tanpa mengingat tali darah yang mengikat mereka. Puncaknya ketika ibu sudah tidak tahan ia memutuskan pindah ke Makassar untuk hidup bersama Bibi saya sembari berharap kelahirkan saya dapat melunakkan hati nenek untuk memaafkan ibu.

Tanggal 11 Oktober 1981 dengan perjuangan berat ibu melahirkan saya dengan tangis kebahagiaan. Ia langsung mendapatkan nama Denny untuk memberikan nama pada saya, setelah itu Bibi menyarankan ibu saya lebih baik ibu kembali ke nenek karena bisa saja nenek menjadi luluh dengan kelahiran saya. Ibu yang pada saat itu tidak bekerja tidak ingin merepotkan Bibi dan akhirnya memutuskan kembali ke rumah Nenek. Harapan nenek untuk luluh sirna, ia tidak tergoda sekalipun untuk berbaikan dengan ibu walau dengan kelahiran saya.

Nenek memang memberikan uang untuk keperluan saya selama masih bayi tapi itupun sepertinya dengan terpaksa. Cacian dan makian yang begitu dalam dan melukai hati ibu tidak hanya dari nenek saya tapi dari saudara-saudara kandungnya. Terkadang ketika ibu sudah tidak tahan akhirnya ia memutuskan untuk tinggal di rumah temannya, untungnya kakek saya masih bersedia memberikan uang untuk memberi susu. Ibu sadar ia tidak bisa selamanya berharap pada nenek saya, ia pun mempraktekan kemampuannya di bidang menjahit untuk mencari nafkah guna menghidupi saya.

Ia bekerja pada sebuah rumah konveksi di dekat rumah untuk menjaga jarak agar tidak terlalu jauh dari saya. Setiap jahitan yang melekat di pakaian ia menanamkan sebuah tekad untuk membuat saya menjadi orang berguna, tekadnya yang besar tidak hanya disimpan dalam hati. Bahkan ibu bekerja dua kali untuk hidup saya. Di pagi hari ia bekerja di konveksi kemudian di siang hari ia memberikan susu ASI kepada saya lalu kembali bekerja hingga sore. Setelah bekerja menjahit, ia bekerja malam di sebuah salon kencantikan sebagai tenaga bantu. Gajinya tidak besar tapi cukup untuk membuat saya tumbuh menjadi gemuk dan sehat.

Setelah melihat saya mulai bisa berjalan dan merangkak, ibu begitu bahagia namun tetap dalam keadaan tertekan oleh saudara-saudaranya. Ayah yang mendengar kelahiran saya tidak mempunyai kesempatan untuk bertemu karena ibu tidak sudi mempertemukan kami. Ayah selalu menitipkan uang saku kepada sahabat ibu untuk diberikan sebagai uang keperluan saya, tapi ibu menolak dan malah membalikkan uang itu dengan tegas.

Saya masih ingat hal yang paling menyedihkan dalam hidup saya untuk mengenang ibu, di kala itu saat saya berusia empat tahun. Saya tertidur pulas dan ibu membangunkan saya dengan air mata berlinang yang membuat saya heran. Dengan cepat ia mengangkat tubuh saya melewati saudara-saudaranya yang berdiri di ruang tamu. Saya masih terlalu kecil untuk mengerti apa yang mereka katakan pada ibu tapi kata-kata itu sangat hina dan kejam.

Malam yang dingin menusuk disertai hujan rintik-rintik, ibu terusir oleh saudara-saudaranya dengan sekoper baju apa adanya. Ia membopong tubuh saya yang gemuk diantara malam, saya ketakutan tapi ibu sekali lagi tidak peduli dan terus membawa saya berjalan tanpa arah dan tanpa uang sepeserpun. Kami berhenti di sebuah sudut rumah besar yang tidak kami kenal, ibu mungkin kelelahan dan terduduk dengan air mata yang terus berlinang di halaman tersebut.

“ Mama.. Denny mau pulang..!” teriak saya.

Ibu terdiam, ia menghapus air matanya lalu berkata pada saya untuk mencoba tidur. Tapi halaman rumah itu terlalu banyak nyamuk dan bau air got yang menusuk. Saya pun menangis kencang meminta untuk pulang, Ibu sepertinya sudah sangat marah dan ia menampar saya.

“ Dengar.. Mama tidak akan pernah kembali ke rumah itu, jadi kamu jangan berharap kita pulang..!” teriak ibu pada saya.

“ Tapi Denny kedinginan dan banyak nyamuk.. !”

Ibu memeluk saya lalu menutupi saya dengan sisa pakaian yang ia bawa dari kopernya. Saya merasa lebih baik dan ia berkata pada saya, kata-kata itu begitu melekat dalam ingatan saya.

“ Denny dengarkan Mama, berjanjilah pada Mama.. kelak jangan pernah membiarkan orang lain menginjak-injak harga diri kita. Walaupun kita tidak punya uang dan kelaparan tapi jangan pernah biarkan siapapun orang itu menghina kita. Mama janji pada kamu, suatu saat akan membuat kamu menjadi orang besar dan membuktikan pada siapapun bahwa Mama bisa !!”

Saya begitu terkesima dengan kalimat yang ibu saya ucapkan hingga nyaris melupakan rasa gatal gigitan nyamuk. Tapi disinilah saya melihat ketegaran dan tekad ibu saya yang besar kepada saya, saya sadar setiap air mata yang ia jatuhkan bukanlah air mata kesediahan tapi air mata penderitaan. Saya tidak pernah menyadari bahwa kata- kata ibu terasa begitu menyedihkan ketika saya menjadi dewasa dan mengingat kejadian itu. Kami tertidur di halaman rumah itu seperti gembel saja, saya dan ibu terlihat begitu  menyedihkan tapi itulah sejarah hidup yang tak akan pernah saya lupakan.

Kami pindah ke Makassar.

Dengan berbagai bantuan teman-teman ibu, akhirnya kami bisa mendapatkan uang dan pergi ke Makassar untuk sekali lagi tinggal bersama saudara ibu, Bibi yang pernah menolongnya. Di Makassar ibu hanya sementara tinggal bersama Bibi saya mengingat sepertinya Bibi tidak pernah rela menampung kami dengan ikhlas. Untungnya kami bertemu dengan seorang sahabat kecil ibu yang bernama Tante Ana dan suaminya. Ia adalah sahabat ibu semasa Sekolah Dasar dulu, mereka sudah menikah sejak tiga tahun lalu namun sayang tidak dikarunia seorang anak.

Ibu menumpang pada keluarga itu cukup lama terlebih kedua orang itu sangat menyukai saya, kehadiran saya dalam keluarga itu seolah mengobati kerinduan mereka terhadap seorang anak. Ibu bekerja seperti dulu menjahit disebuah rumah konveksi, ketika ia bekerja saya dijaga oleh tante Ana yang begitu mencintai dan memanjakan saya. Ibu yang mendapatkan peluang usaha dari uang yang ia kumpulkan dari hasil kerjanya di Konveksi mulai berpikir untuk berdagang baju.

Awalnya ia memberi pakaian yang ia pesan dari Jakarta kemudian dengan sekarung tas besar ia membawa pakaian-pakaian itu untuk dijajahkan di setiap rumah di sekitar Makassar. Walaupun terasa menyedihkan dan serta kepanasan karena cuaca Makassar yang panas, ibu tidak pernah menyerah. Dalam pikirannya hanya satu ia ingin saya bisa bersekolah setahun mendatang ketika usia saya 6 tahun. Saya terkadang hanya bisa menahan haru ketika ibu berangkat berdagang setelah mengecup kening saya dan membiarkan Tante Ana mengendong saya.

Terkadang hasil berdagangnya lancar tetapi terkadang juga tidak sama sekali, tapi tekad ibu yang kuat membuat semua dijalankan dengan ikhlas disertai jalan Tuhan. Ia percaya bahwa Tuhan akan memberikan jalan padanya agar bisa menyekolahkan saya, padahal saya tidak pernah terpikir untuk sekolah dan selalu menghabiskan waktu  ikut dengan suami Tante Ana ke Pasar untuk belajar banyak hal. Tante Ana bersuamikan seorang Preman pasar yang kerjanya menagih upeti dari setiap pedagang. Jadi saya tidak asing melihat sedikit kekerasan yang ia perlagakan kepada saya.

Suami Tante Ana pandai berkarate dan ia tanpa ragu mengajarkan saya untuk berkarate agar bisa menjaga diri saya, saya yang terinspirasi oleh kisah Superman akhirnya ikut juga dalam setiap ajaran karate yang selalu kami lakukan setiap sore di halaman rumah kami. Saya menikmati masa-masa kebahagiaan dan kasih saya yang tidak pernah saya dapatkan dari saudara-saudara ibu dari Tante Ana dan suaminya. Usaha ibu berjalan dengan baik dan ia memutuskan untuk membeli langsung pakaian ke Jakarta, bisa jadi dalam setiap tiga bulan ia pulang pergi kota Jakarta dan Makassar.

Ketika ibu berpergian, Suami Tante Ana yang kebetulan berkeyakinan Muslim mulai mengajarkan saya tentang agama Islam. Saya mulai mengerti sedikit tentang bagaimana Sholat dan membaca Al-Quran, masa-masa itu menjadi masa paling indah saya, mereka sudah seperti orang tua saya yang begitu tulus memberikan kasih sayangnya pada saya. Ibu saya yang semakin sibuk akhirnya malah lebih memutuskan untuk berdagang diluar Kota Makassar dan bisa dalam seminggu ia tidak pulang, tapi saya tidak cemas karena orang tua baru saya ini menjaga saya dengan baik.

Ibu yang sudah mulai memiliki sedikit tabungan mulai berpikir tentang masa depan saya, ia berpikir saya akan hidup lebih baik dengan bersekolah di Jakarta. Ketika ide itu diceritakan kepada Tante Ana dan suaminya, mereka keberatan. Mereka sudah sangat mencintai saya seperti anak kandung dan tidak rela untuk dipisahkan dengan jarak yang begitu jauhnya. Tapi ibu yang keras kepala tetap berpikir untuk membawa saya ke Jakarta dan sejak itu terjadilah percekcokan antara ibu dan Tante Ana berserta suaminya.

Saya yang tidak mengerti apa-apa pada saat itu hanya bisa diam dan menangis melihat mereka bertengkar. Tante Ana dan suaminya yang sudah tidak rela dengan kepergiaan saya kemudian mengambil keputusan untuk membawa saya pergi tanpa sepengetahuan ibu. Tiga bulan lamanya saya tinggal di rumah ibu dari tante Ana tanpa pernah bertemu dengan ibu saya. Ketika saya tanyakan tentang keberadaan ibu, tante Ana dan suaminya hanya berkata

“ Mama kamu sedang bekerja di Jakarta.. kamu disini sama Tante saja..” ujar Tante sembari memberikan mainan mobil untuk menghilangkan rasa kangen terhadap ibu saya.

Saya tidak sadar bahwa saya sedang diasingkan dari ibu hingga suatu ketika saat saya sedang membeli kue manisan di jalan dan menemukan ibu yang langsung memeluk saya. Dengan cepat ibu langsung menarik tangan saya menaiki angkutan umum tanpa saya ketahui saya sedang dibawa pergi dari kedua orang tua baru saya. Saya yakin mereka akan panik mencari saya tapi seingat saya ibu sudah mengirimkan pesan pada sebuah warung untuk memberitahu bahwa saya dibawa oleh ibu untuk kembali padanya. Sejak saat itu saya tidak pernah lagi bertemu orang tua baru yang sangat mencintai saya itu selamanya.

 

Tentang Agnes Davonar

Agnes Davonar adalah dua bersaudara yang memulai kariernya dari seorang blogger. Keduanya telah melahirkan dua novel best seller berjudul Misteri kematian Gaby dan lagunya jauh Dan Surat kecil untuk Tuhan. Situs pribadi mereka www.agnesdavonar.net adalah satu situs blogger yang paling berpengaruh di Indonesia, karier mereka mencapai puncaknya ketika salah satu kisah novel mereka Surat kecil untuk Tuhan diangkat dalam sebuah acara talkshow Kick Andy karena menjadi inspirasi bagi banyak orang. Buku mereka juga diedarkan secara luas di Taiwan, Malaysia dan Singapore dan mencatat sukses yang sama.

 

Bookmark and Share

Tag/Label buku, denny sumargo, atlit basket, basket
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
101 komentar pada warta ini
Kamis, 29-01-2009 13:20:10 oleh: Dwi Starlite

penampilan kakak bagussss di garuda,tapi kayaknya ada yang kurang yaitu:kakak harus lebih percaya diri karena aku yaaaakin banyak yang kagum dengan cara bermain basket seperti kakak.



Senin, 02-02-2009 11:47:57 oleh: Adhe Safitri

Aku tuu ngefans banget sama Denny Sumargo. dan aku seneng banget waktu dapat biografi dia disini.
awalnya aku cuma tahu, dia hidup hanya didampingi oleh Ibunya, sampai dia sejaya ini.jadi pemain basket yang jago banget. dan ternyata perjalanan hidupnya berliku, sejak dari kandungan hingga dia menjadi sebesar ini.
Aku pengen, Denny tetaplah menjadi Denny. Tambah PD dan bertanggung jawab dalam hidup.
Salam buat your Mom, the best Mom.
I Love You, Mom!!!




Senin, 09-02-2009 14:13:12 oleh: angghita wisnu wardani

aku tuhhh nge-fans berat sama Denny Sumargo kalo bisa nampilin lagi yang laen tentang perjalanan hidupnya salam iaaa bwt Denny dan Mama okk...... pokoknya bwt Denny tetep maju dalam karirnya (usaha rumah makannya dan pemain basket) dan jangan nyerah untuk dapatkan apa yang kamu inginkan SEMAAAANNNGGGGATTTT TEERRRRRUSSS!!!!!!!!!!!!



Senin, 09-03-2009 10:52:37 oleh: aguztynne

kakak,,
harus tetep terus semangat yahhh....
n tetep maen basket yahhh........
karena di luar sana buuanyak banget yang
ngefans ama kakak,
termasuk aku,,
hehe




Sabtu, 14-03-2009 12:50:58 oleh: satria herlangga

setelah saya baca semua tentang biografi seorang denny sumargo, saya sedikit tidak percaya...,tp mungkin itulah jalan hidup yang harus dijalaninya,bravo buat denny.... ! bertahan di garuda...smangat truzzzzzz....



Selasa, 24-03-2009 15:19:49 oleh: Revino Tryantito

Dmana y bsa dpt Biografinya Denny Sumargo??



Kamis, 26-03-2009 15:08:39 oleh: Hilda N Rachma

Q ngFens bgd am kaka... smangad ya .. maen baskednya !!!!

salam juga buad your mom ...
wish u all the best ....




Jumat, 27-03-2009 11:37:12 oleh: Nisya Rahayu Lestari

Ko,g sbr bwt bukunya nh...
chaioo koko...
mksh dh share m aku,
jgn bosen y liat message'a dr aku...
chaiiooo




Senin, 30-03-2009 23:59:43 oleh: abloy

deny..deny..deny u're the best.......... GBU



Kamis, 09-04-2009 15:53:02 oleh: priskila vaya

salut banet same ka denny...
sangat menginspirasi :)




Senin, 13-04-2009 14:32:52 oleh: friska septiana

deny..deny..deny..
love you...




Sabtu, 18-04-2009 15:40:51 oleh: obito

ciaou denny sumargo di garuda! smoga bisa trus bermain dgn baik.
kalahkan sm britama! jadilah pemain nasional indonesia terus! proud of you!




Jumat, 24-04-2009 11:24:22 oleh: bayu

MAJU TERUS PANTANG MUNDUR



Selasa, 28-04-2009 08:49:30 oleh: Heru Wijayanto

Gila.. Keren Banget...
Perjuangan Hidup yang berat... Namun tidak sia-sia.. Karena Denny Sumargo adalah salah satu Bintang basket Indonesia...

Maju Terus Denny.. Maju Terus Basket Indonesia..

http://siheyu.net




Rabu, 29-04-2009 12:11:48 oleh: nufie

Denny....keren banget. bintang basket yang berbakat dengan kisah hidup yang inspiratif. Maju terus Denny...



Minggu, 10-05-2009 20:30:31 oleh: winda setiana widjaya

mengharukann ..
tp keren bgd , bs jd inspirasi buat smua org
salut buat denny
dan sukses truss




Senin, 11-05-2009 00:01:27 oleh: Ivana

Koko Deny
Bener-bener cerita yang mengharukan sampai aku pun ikut meneteskan air mata saking sedihnya...

Semangat terus ya!banyak orang yang selalu dukung koko




Senin, 11-05-2009 10:16:22 oleh: Rahma Devi Malacca

Awalnya, aq pikir seorang Denny Sumargo yg mempunyai nama besar spt sekarang pasti berasal dari keluarga yg bahagia dan mapan. Tapi, setelah membaca biografi ini, WOW, i'm AMAZED!!! Ga nyangka perjuangan hidupx bakal seberat itu tuk menjadi THE BEST IBL PLAYER, EVER! Aku makin salut and ngefans ama Denny. Deep respect for you Kak! Teruskan perjuanganmu! Kisahmu menjadi inspirasi yang mengena di hatiku. Hidup ternyata indah jika qt berusaha keras utk mewujudkannya. Aaaaaaaahhhhhhhh, so nice! Luv you Denny Sumargo. HIDUP Denny! HIDUP Garuda!



Senin, 11-05-2009 12:29:37 oleh: friesda dido jr. F

baca biografi denny,,bikin pengen nangis,,terharu,,huhu,,,hebat banget! itu baru namanya perjuangan,,hehe
tapi semangat terus yua!!
tiap kali liat denny tampil,bikin semangat banyak orang,,dan itu jg udah membuktikan kalo denny BISA..sangat menginspirasi dan its amzing bangged.
sukses terus..huhu




Rabu, 13-05-2009 21:03:50 oleh: THERESYA

KO DENNY KREN'Z BGT YAOOO...
PERTAMA GUA BACA GAK PERCAYA TUH..
BIEZ KOKO KELIATANNYA KYAK ORANG YANG SENENG GTU..
TAPI GAK NYANGKA TRNYATA KOKO PNYA PERJALANAN HDUP YANG BENER BENER PAHIT...
TERE JUGA PUNYA KISAH YANG HMPIR MRIP AMA KOKO..
TAPI SATU YANG TERE INGET tuhan selalu ada buat qta..
so0 jgn perna menyerah...
semangat truz..
buat prestasi tuk basket indo.
i love u ko denny sumargo




Rabu, 13-05-2009 21:09:36 oleh: theresya purwanto_3

hehe...
koko ...
kita sama2 tionghoa n katolik lou..
so selalu inget jesus yao..
w jnji pxti bakalan ngikut jejak koko..
oiy,jgn lupa jln2 k medan yao..
byar ixa ktemu..
ciayooo, truz koko denny......
love you 5um4r60..
muachhh....




Jumat, 15-05-2009 15:53:51 oleh: rahma

saLut sm deny & mama'nya yg udh berJuang keras u/ mlnjutkan hiDup..smua memang di mulai dari nol..
teruz semangat..semua'nya msh panJang..kisah hiDup lo knp ga di buat aja film'nya..menarik lagi..




Sabtu, 16-05-2009 12:41:21 oleh: sondang

salut buat ibu dari deny s
aku bukan pecinta basket, apalagi pengagum deny sumargo tapi sejak menonton acara pagi jakarta di O channel aku jadi salut untuk ibu yang membesarkan anaknya dengan baik..





Sabtu, 16-05-2009 12:48:35 oleh: Lia UcuL

kakak ku.....
biograf ngebuat aku nangis...
tapi aku rela banget ngeluarin airmata untuk kakak...
hahaha......

banyak inspirasi dan pelajaran yang aku terima....
pelajaran yang sangat berharga untuuk semua orang yang baca....

gimana di bikin layar lebar nya kak...
gag papa kan sapa tau terkenaL....
semua orang pasti menanti nya....

keep spirit ea kak !!
Jesus Luv U !!




Senin, 18-05-2009 19:53:28 oleh: suharyanti

wowwwwwww....

g tw yah w mw ngomong apa?????


tux Denny,tetep semangat yah.......




Kamis, 28-05-2009 21:48:00 oleh: Mutia

hai kak deny.......
salam kenal
aku cuma mo bilang tetap semangat dan pertahankan prestasi yang sudah kakak peroleh saat ini. semoga kedepannya kakak dan tim kakak bisa semakin baik.

good luck!!!
n aku salut pada mama kakak n kakak




Kamis, 04-06-2009 10:00:05 oleh: Fauziyah Rahma

Kisah yg mengharukan,,

Kak denny smangad trz ya!!
:)




Kamis, 04-06-2009 21:52:17 oleh: ardhi kardhiansyah

denny,,saya salut m kamu,,saya telah menganggap ka sbgai pahlawan,,aplgi pas nyelamatin garuda kekalahan dari SM pas final leg 3......
chayooo,,ka pasti bisa merebut MVP lg.....




Jumat, 05-06-2009 21:01:40 oleh: YUNANTO

deny tetap semanngat ya n junjung tinggi nama baik INDONESIA n GARUDA FLEXI

DENY q fans terbesar u




Sabtu, 06-06-2009 13:31:04 oleh: aditya bayu anugrah

luar biasa



Minggu, 07-06-2009 11:54:39 oleh: Ranne

ka denny suksess truss y ..

smangadh !

suksess jg wad Garuda Flexi




Senin, 08-06-2009 16:08:53 oleh: Bernadeta

Kalo dibandingin sama perjalanan hidup seorang Denny Sumargo, perjalanan hidup ku bukanlah apa-apa. Tapi biarin anak kecil yang tau ini bilang sana Kak Denny : "Terkadang jalan yang kita lalui nggak seperti yang kita harap. Namun dengan kerja keras kita pasti BISA mengubah sesuatu yang nggak mungkin menjadi mungkin."

Kalo misalnya aku ngalamin seperti apa yang Kak Denny alamin, belum tentu aku bisa ngejalaninnya...

So, buat Kak Denny,,, Semangat ya!
Jesus Bless U!!!
Denny BISA!




Selasa, 09-06-2009 12:43:15 oleh: ran

bang' denny .. waw bgd.!! ahahah*



Jumat, 12-06-2009 14:34:46 oleh: FEBBY& bee"

dwuh kha.....
wlaupn qtq ru bca biografi kaa v qtq ttp pgmar fanatik kaa bgt....
ksh kaa ntw nynth bgt qta terhru bgt louwh....
qtq pgn bgt kya jd pemain bsket iyanx hebt anth jgo ubz....
auu pun qta cwe qta pgn tnjukin au cwe jga bsa kya kaa.... pkk'a semangat trz bwt impian'a......
anth jgain yawh ma"h kaa dy wonderwoman bgt ......




Senin, 15-06-2009 17:00:26 oleh: EVI SELVIANI ASYIK

wah........
ga nyangka buanget kalo ternyata kisah idola gue niich sebegitu mengharukannya
cayoooo bozt
moga yang lalu lalu jadi pengalaman berharga yang selalu bisa dikenang dengan hati damai
sukses denny sumargo
kapan nich bisa ngambil tropinya IBL dari SM
semangadhhhhh bozt..........




Minggu, 21-06-2009 09:52:50 oleh: ahmadazwar avisin alhaidar

Koko Denny, aku baru hari ini kenal Koko...
di Trans 7 tadi.... aku langsung terkesan sama u...
akhirnya aku memutuskan untuk melihat biodata kamu di internet....
ternyata....
kesuksesanmu tak semudah yang kulihat sekarang....TOP




Sabtu, 27-06-2009 22:06:27 oleh: ana

k'Denny smangat teruzzzz yaaa!!!
sebuah perjuangan yg amat berat untuk dilalui..
tapi dgn smangat dan keyakian..
ku yakin PASTI BISA !!!
yup ! salut n bangga bwt K'denny^^

MANTAB bgd dah !!!
moga sukses slalu..!!
TOP BGT !!




Selasa, 30-06-2009 13:02:18 oleh: Anindita Dyah .P.

Kak Deny,
Kak Deny,
Kak Deny,
Aquw ngepans bgt ma qmyu.....
Ceritana menghrukan buangetzzz, kak.
aquw hampir mao nangis nie, kak.
aquw salut dech ma ka2k.
SMANGAT teruz yaw kak.





Rabu, 01-07-2009 13:04:46 oleh: Erwin kurniawan

Biografi nya keren bgt n pnuh inspirasi . Buat kak denny lok maen k jogja kbari yah coz q pngen bgt crita2 langsung ma kak denny .GBU



Minggu, 05-07-2009 13:40:25 oleh: m.iqbal ikhram

gue seneng lihat aksinya denny di lapangan ternyata tdk mdh utk mencapai cita2nya utk mencapai mjd pemain basket terkenal sprti sekarang dan permainannya sprt kobe bryant



Minggu, 05-07-2009 22:22:01 oleh: TYRTA

HALLO MASS DENNY APA AKABAR NIH EMANG SUSAH YA JADAINYA



Sabtu, 11-07-2009 19:44:21 oleh: RAGIL PUTRA

GUE NGEFANS bangeeeeet am denny sumargo,.,.

impian gue,.,.gue pngen banget duet main bskt am denny sumargo,.,.,gue pngen lht lngsng aksi duks ya denny sumargo.,,.,




Sabtu, 11-07-2009 20:24:14 oleh: RAGIL PUTRA

DENNY SUMARGO KPN km bsa prgi ke padang,.,.,.

ak pngan banget main baket am idola gue denny sumargo,.,.
ooo ya poster2 lu gw pjang di kmr gue,..,.,
pkok ya gue ngefns bnget am lu den.,,.

tp tetap smangat di garuda den ,..,
gue psty dkng lu trs,..,

kpn2 kl jd km ke padang den,..,km kbri aj ak lwt friendster,.,.ni nm fs gue mcr.idontlove@yahoo.co.id,.,.jgn lpa di add den,..,




Sabtu, 11-07-2009 20:28:25 oleh: RAGIL PUTRA

NI yg bnr nma fs gue den,.,.

mcr.idontloveyou@yahoo.co.id





Sabtu, 08-08-2009 21:17:48 oleh: Feronica

WOW, seandainya ko Denny ga dibentuk dengan pengalaman dan kisah hidup seperti di biografi, bakal ada ga ya Denny sugo yang sekarang??.Thx biografi yang membangkitkan semangat hehe



Senin, 10-08-2009 16:40:05 oleh: AIS

KaQ,kka DenSu tau ga kLo kk dah bkn Q Lebih semangat n'tegar nGejaLanin hidup ini kaRna gAra2 kk aQ sadaR Lo G cma aQ yG ngaLamin cobaaN berat maLah perjuangan Q g seberapa dibanding kk...thanks y ka..n Q minta doa biar Ntar pertandingan basket Q menang n bisa ketemu kak Denny Sumargo



Sabtu, 22-08-2009 11:04:14 oleh: AIS

Hai kak DenNy....pa kbr btw sMpe saAt niE kaK DenSu mZih biZa bCa AL-Quran SM ShOLat?kk...kpN ya Qta bZa ktEmU....?Q penGen bNGedZ Jd AtLit KYa kk N bZa menGhaRumkaN naMa INDONESIA teRCiNtA...eHm...KpaN Ya...?



Minggu, 23-08-2009 08:58:24 oleh: attabi marie sahmi

Hai kak margo.how are you?ka ak pngin kya kak margo
tpi bgymna cranya.dri awal smpe kakak jdi pntr men
bzkt dan mnjdi trknal bgaimna kak.critain doooon.




Rabu, 09-09-2009 14:26:06 oleh: Jaclyn

Bagus banget Kisahnya....
Kisah yang sangat berbanding terbalik dengan kisah masa kecil saya. Tapi membuat saya menyadari bahwa diluar sana masih banyak anak yang kurang bahagia dimasa kecilnya.

Bravo untuk Denny Sumargo, sebuah keberanian yang luar biasa karena telah menceritakan kisah hidupnya, akan tetapi mampu menjadi inspirasi bagi orang lain.

Tuhan berkati Kak Denny Sumargo dan keluarga dalam segala hal, baik dalam pekerjaan, aktivitas maupun pelayanan.
Karena Tuhan Yesus adalah sumber segala sesuatu.




Minggu, 13-09-2009 16:24:45 oleh: Ayu Yersi Marlia

.Hiii ... k' denny . . .
.Sumph aku tuch fns brat kk !!!

.aku sneng...bgd pas tau ada bku biografi ttg kk !
.bgi aku kk MY INSPIRATION IN MY LIFE !!
.aku salut berat ma kk stlah aku bca semua ttg didi kk !

.Aku jd ga tau mo nlis pa lg !
.ppk.a sukses bwt k' denny !
.your the bst my idol . . .




Rabu, 16-09-2009 00:47:06 oleh: petra

Aq terinspirasi bgt..
walaupun sulit.. bukan berarti gak bisaa..
dan aq pecaya.. aQ pasti bisaa!!




Jumat, 02-10-2009 13:56:41 oleh: oxa primantara

sungguhkehidupan yg....tegar dan tak putuz asa....
mkci atz inspirasinya...




Rabu, 07-10-2009 16:19:38 oleh: stveny advent

pertama g liat biografi denny di toko biasa ja tapi..
waktu liat garis besar nya,ada kesamaan peristiwa hidup denny dengan g..
buku DENNY SUMARGO inspirasi banget buat g..
menambah pengetahuan tentang lingkungan di clup -clup basket..
biasanya kita cuma lihat di lapangan klo mereka satu clup kompak banget, ternyata setelah keluar dari lapangna musuh di dalam selimut.

Banyak banget kata yang bisa kita ambil dari pesan2 dari mantan pelatih DENNY dan seorang Haji dimana saat Denny di palak sekelompok pelajar dan Denny sok jagoan menghadapi mereka dan akhirnya Denny lari ke sebuah rumah yang ternyata pmlik rumah itu adl seorang Haji.inti psan haji itu kita jangan menahan harta (g lupa kata kata aslinya hehe).

tapi bagian saat DENNY bertemu dengan ayah kandungnya dan kakak tiri.. hal ini yang g belum baca.... haha..




Rabu, 07-10-2009 16:29:42 oleh: stveny a

kak denny sudah bertemu dengna wanita ke tiga belum.... hahha....

dan sekarang kakak di clup apa?

"tuhan selalu beri kuasanya untuk kita"
"tetap bersyukur" itu pesan yang sederhana tapi begitu berarti dalam hidup..

tuhan memberkati mu ^_^




Jumat, 09-10-2009 13:57:39 oleh: chintya m

kak denny, aku yuch nge-fans banget ma kakak
dan aku saluth bgt ma kakak
karena perjalan hidup kakak ma your mom
keren banget ..........

I love denny Sumargo





Sabtu, 10-10-2009 21:38:40 oleh: octa kintania

setelah aku baca ..
ternyata m.harukan s'x ..
smpai* aku mengeluarkan air mata ..
..
kak denny ..
wajah kaka mirip org yg aku ska ..
SEMANGAT yah ka ..




Sabtu, 31-10-2009 11:09:10 oleh: YUDI SUSANTO

KO.......
kapan ibl maen lagi ntar klo ud mulai
kompetisi koko terus point ya rebut gelar MVP
KO,OKKK
ak yakin koko bisa




Jumat, 06-11-2009 19:49:01 oleh: astrie dork

sykk.. tetep smangad yawhh..





Selasa, 10-11-2009 19:00:08 oleh: raflialdi s.a

bang. . .
berikan motifasi saya untuk bisa kaya jadi kamu




Minggu, 15-11-2009 09:12:36 oleh: Kiki Amelia

Deny Sumargo, inspired bgt......
Gw ngefans bgt ma Deny, sebelum buku niy terbit pernah nonton Pagi Jakarta di O Channel dengan bintang tamu Deny Sumargo......
Makin jatuh cinta ma doi...........
Sisi lain dari Deny Sumargo.........
Semangat......
Big hug for Deny Sumargo




Minggu, 15-11-2009 12:13:59 oleh: Ditha Mahadithan

Denny Sumargo=Susah...
Seneng banget waktu dia dateng ke Maranatha...
Ramah..(Untungnya)
"A miracle step by step..."
Uhh, satu kalimat itu aku ingat teruss...
Cerita hidupNya Luar Biasa...
God Bless You...
Sayang Gak dapet foto (Gak bawa kamera sihh)




Sabtu, 28-11-2009 12:57:18 oleh: upay uli upi

salut banget sama ka denny sumargo.........
aq pengent bgt kya kak denny sumargo....


tetep smangat bwat kak denny sumargo.......





upay.Bandung




Kamis, 03-12-2009 14:41:04 oleh: ayu khairunnisa

aduuuh q sdih bgt melihat biografi ka Deny trnyata smua perjalanan hidup itu tak slamanya yg kt hrapkan,tp ka2 hrs tetap optimis & smgat ya kak!!!!!!!!



Sabtu, 26-12-2009 00:10:13 oleh: andi darussalam

jadi inti dari smua crita tuh apa yah kak.?!!



Minggu, 17-01-2010 11:32:24 oleh: riantyapri

sukses tyuz for u denny sumargo.......



Minggu, 17-01-2010 19:36:10 oleh: Fardiaz Abrar Ramadhan

sebenernya Aku ke web ini cuma mau nyari tugas bahasa Indonesia,,,
Tapi Aku tertarik oleh kehidupan Kak Deni Sumargo,,
Salut deh Aku ma Kak Deni Sumargo,,
Tambah sukses ya kak,,,


Aku ini adalah anak SMP Negri 2 Semarang yang sangat mencintai basket,,
Aku berharap bisa menjadi pemain basket seperti Kak Deni Sumargo,,,
Dan Aku berharap Kak Deni Sumargo kalo ke Semarang juga bisa mampir kesekolahku,,,
hehe,,,




Kamis, 04-02-2010 09:52:15 oleh: yan inda

g nga nyangka,,
orng se hebat denny, trnyata mempnyai cobaan hdp yg berat,,,
jd terinspirasi ne,,




Selasa, 09-03-2010 19:48:10 oleh: Adiet PG

trima ksih bung Denny atas biografiny yg tlah mnjadi inspirasi bwt sya..
sEmAngat bung..
& ttap jya bwt GARUDA FLEXI BANDUNG..





Jumat, 02-04-2010 09:20:31 oleh: septi wahyuarini

you are my inspiration,i get spirit from your biografy.so i just wanna say thnk you.....



Sabtu, 10-04-2010 21:38:41 oleh: fahroe

kak denny,leh tny tntng basket g?



Senin, 12-04-2010 23:40:18 oleh: WTP Phandjaitand

yaampun .
kak denny sumargo bener-bener ngasih aku inspirasi
terlambat banget aku ngefans sm ka denny

ak pngen bgd jd kayak kak denny ..
sukses terus ya kak !!
i love u .




Selasa, 13-04-2010 10:02:48 oleh: Lina Fitriana

bagus banget



Rabu, 14-04-2010 10:37:35 oleh: 3a_ne w!d30w@ty

TOP BGT dech bwt ka Deny .
Maju Terus Ka Denny , jng kcwkn ortumu .
bwt dia selalu bngga , krna tnpa dia ,kk tk akn
sprt skrng .
TETAP SEMANGAT KA .MAJU TERUS .




Rabu, 14-04-2010 19:12:37 oleh: rizki afriana


Assalamualaikum warahmatullahhiwabarokatuh..


....jujur,,,,
kenal pas liat take a selebrity out,,, dan tau kehidupan seorang Deny Sumargo, ternyata sangat luar biasa, hanya orang yang terpilihlah yang mengalami kehidupan hebat seperti itu,, salut buat ibu dan ayah yang kamu sebut om kemaren ,,,,he,,he,, that's life,, salut juga buat seorang deny yang bisa dan mampu bersikap bijaksana dalam menyikapi hidupnya...
btw sudah ketemu sama tante Ananya belum,,, you should find them,,, dan pertemukan mereka kembali dengan your mother,, it's gonna be make them happy i think...

wassalam




Kamis, 15-04-2010 10:23:45 oleh: RIZKY AMELIA

kak,,,,saya sangat terinspirasi dengan cerita kak'k .karena cerita kak'k ini bisa membuat saya lebih kuat untuk menjalani hidup yang pahit ini.you're the best!!thanks



Kamis, 15-04-2010 18:04:49 oleh: yanti sinaga

kemaren liat ka denny di take a celebrity out, ka denny keren banget, bisa jadi terang dimana pun kk berada, bisa bikin artis2 itu pada sadar..
keren..
takut dan syukur..
2 rasa yang paling ka denny suka..
good banget..
bisa jadi inspirasi buat semua orang..
maju terus ka..
lord bless you always.




Jumat, 16-04-2010 19:51:48 oleh: aditya

wah denny sumargo hebat banget..
kmren liat di take a celebrity out..
pria yang kepribadiannya baik, dan kuat menghadapi masa yang sulit..

keren banget..




Sabtu, 17-04-2010 00:17:38 oleh: bara

masa lalu denny sumarco tertutup oleh kelebihan dan kesuksesan yang dia raih sekarang.. sekarang dia ga kurang satu apapun, tampan, pinter, kaya, terkenal, good personality, sungguh menginspirasi....



Sabtu, 17-04-2010 15:57:30 oleh: winaviolla desire adorasya

denny sumargo = he's so adorable :D
aku kagum banget setelah liat dia di tco . kepribadiannya , kata-katanya . jatuh hati deh .haha :D




Sabtu, 17-04-2010 18:22:24 oleh: Novia Ardishanti

buku biografinya kak Denny cari di mana, ya?? soalnya aku pengen beli nih :(



Senin, 19-04-2010 12:07:00 oleh: oddethraguna

thanks for the inspiried story..
dear denny..
one word ....Salute!!
keep on Rowk denny!




Senin, 03-05-2010 10:14:58 oleh: latiefah l

denni aku ngefens bwanget ma kamu.................. u'are the best for ever



Sabtu, 08-05-2010 12:50:23 oleh: Raoul Bagan

Kisahnya Menyentuh Banget. . .
Memang Perjalanan Hidup idak selalu Bahagia. . .
Semoga kelak aku bisa jadi pemain Basket Hebat kayak Bang Denny Sumargo. . .




Senin, 10-05-2010 10:04:03 oleh: cen-cen

aq salut ma mama-nya..luar biasa !!! bagian 2-nya boleg dibagikan juga dunk..aq bagikan cerita ini ke semua temanku spy mereka lbh termotivasi lagi dalam berjuang untuk hidup...



Senin, 31-05-2010 19:12:54 oleh: chiecie

I LUPZ DENI SUMARGO
Gaya di lapangannya Cool banget..
Q suka Gayanya....


Dirimu takkan terhapus dalam hati Q tuk....


selamanya...










I LUPZ FOREVER
Mmmmuuuuuaaaahhhhhh.....




Jumat, 23-07-2010 19:44:14 oleh: bernath wira

pertama gue udah baca keseluruhan dari novel kakak dan saya dapat menyimpulkan perjuangan kakak yang sangat kuat yaitu dari makassar jakarta mkassar surabaya jakarta bandung gue salut sama kakak dan ibu kakak
I LIKE it gua bakan jadi pemain basket terhebat seperti kakak




Selasa, 27-07-2010 17:33:58 oleh: rizhfany exaudia

setelah membaca kisah hidup kakak yang penuh dengan tantangan membuat saya sangat terinspirasi untuk tidak lekas putus asa. begitu pun dengan ibu kakak tidak pernah putus asa dalam persoalan hidup.



pokoknya buat kakak semoga tetap sukses dan menjadikan semua itu pelajaran, dan hadiah untuk ibu kakak.


semoga sukses DAN TETAP MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK iNDONESIA!!!!!!!!!!!!


I LOVE U KaK DENNY




Minggu, 17-10-2010 13:56:48 oleh: Verry Rahmawati

kak denny,,,,,,,,,
Q salut banget sama cerita ini......
cuz you're my inspiration for mmy life,,,,,

for agnes davona,,,,,,tetep berkarya terus,,,
cuz karya mu yang satu ini keren banget....
oke..........




Senin, 08-11-2010 14:50:55 oleh: rhyank teku firansyah

hi k'denny q' nge fend's bget ama k'denny n aku mo juga jadi pemain basket terkenal seprti k'denny n gi mn cara nya yach supaya aku bisa bergabung di club k'denny......?
good luck k'denny
lo k'denny mo ajarin aku main basket
ini no hp aku yach k'denny
081242332424




Minggu, 12-12-2010 14:49:39 oleh: lia sumargo

aku saluuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuutt.. aku belajar dari ini... densu you are great..



Kamis, 16-12-2010 04:24:43 oleh: mursalam

aku fans buat denny sumargo, cara bermain basket yang keren, disamping itu pernah liat di TV, gaya bahasanya sopan, bicara yang teratur,dan kata-kata yang dikeluarkan seperti aturan yang sidah terkonsep. maju terus buat denny sumargo, pertahankan eksistensinya di dunia basket dan entertaiment



Jumat, 17-12-2010 13:27:00 oleh: YUNIE WIYASRI

mengharukan walau baru membaca bab 1...
saya pikir ibu anda berhasil berhasil dalam membesarkan anda,wanita yang hebat...menginspirasi saya,sungguh ingin tumbuh dewasa menjadi wanita kuat dan tegar seperti dia...
semoga anda sukses dalam segala bidang...
GBU n famz...




Jumat, 25-03-2011 15:19:00 oleh: sandhira

hey deni .. apakah kamu masuk ke timnas basket pada saat sea games 2011? kapan kamu membawa GARUDA FLEXI BANDUNG sebagai juara 1 ?
kata orang lain kamu sibuk sebagai presenter, bintang iklan dll.




Sabtu, 21-05-2011 05:51:55 oleh: muhammad akbar

salut salut dan salut buat k deni, dan setelah baca bloger ini menambah semangat saya untuk menjalani hidup yang lebih baik. dan satu kata'' k deni yang selalu saya ingat

hidup cuma sekali what do you wont people re member?




Sabtu, 21-05-2011 13:16:48 oleh: ryen pransisco

denny,,,saya sngat ngfen ama loe,,,,karna kamu itu orangnya sangat ganteng,,,dengan badan yg perfec,,,pokoknya denny sumargo itu is the best deh,,,,



Jumat, 23-09-2011 13:40:38 oleh: inka afriany fransis

kak deny aku ngepans buanged loe ma kakak............. ' soalnya kakak kerea abis klo main basket............ " cahuy dech pokoknagh.............. "

:-D




Kamis, 01-03-2012 07:56:56 oleh: ria

ak suka bngt sm denny, I like you



Rabu, 19-12-2012 10:58:44 oleh: kinda aurellia jasmine

kaka keren banget....pengen banget bisa ketemu kak deny sumargo......!!!!



Rabu, 26-12-2012 12:13:33 oleh: dety hyung

Koko denny wo ai ni
Kau cool maen Basket dgn segenap perjuangan bembawa nama bangsa Indonesia
Koko dibalik Ƨe♍üåª banyak perjuangan Ɣǧ pahittt,your mom my Everthing,,,,!!!!
Cayouuu




Senin, 01-04-2013 12:21:36 oleh: khoirul

kak densu memang hebat,,,,
aq salut dan kagum sama kak densu
terus semangat dan pantang mundur
hadapilah semua masalah yang ada dengan sabar dan bijaksana




Selasa, 21-01-2014 18:48:06 oleh: rina safa

keren bingitss main basketnya.. apalagi pas main di 5cm.. :) mukanya ngegemesinn.. :}



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY