Mediansyah

Sembako: Tidak Lagi Berarti Sembilan Bahan Pokok?

Rabu, 21-01-2009 07:34:49 oleh: Mediansyah
Kanal: Opini

Menurut Kepmen No 115/mpp/kep/2/1998, Sembako adalah kependekan dari sembilan bahan pokok yang terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng dan margarin, daging (sapi dan ayam), telur ayam, susu, jagung, minyak tanah dan garam ber-iodium. Bahan yang dikategori sembilan hal  penting bagi kehidupan dasar ini dapat saja berubah sesuai kondisi. Misal, sebelum tahun 1998, termasuk Sembako (waktu itu) diantaranya sabun cuci, tektil kasar dan batik kasar. Waktu itu, daging sapi tidak termasuk dalam Sembako.

Jadi suatu komoditas dikategorikan sebagai sembako, bila diputuskan dan ditetapkan oleh pemerintah. yakni bahan-bahan yang betul-betul dasar dalam menopang peri-kehidupan rakyat. Suatu bahan pokok kehidupan dikategorikan sebagai Sembako oleh pemerintah, artinya pemerintah mengambil tanggungjawab langsung untuk tidak membiarkan stok barang dan harganya menjadi liar mengikuti mekanisme pasar. walau pemerintah Indonesia menghormati pasar bebas, tapi sepanjang menyangkut sembako, maka pemerintah harus siap turun tangan menormalkan situasi. Demi normalnya kehidupan rakyatnya.

Tentu saja dalam istilah sembako (menurut istilah/kategorisasi Deperindag) ini tidak semua minyak goreng dikategorikan sembako, sebab yang masuk sebagai sembako hanyalah minyak goreng dalam bentuk curah. Sedangkan minyak goreng dalam kemasan belum tentu dikategorikan sembako. Demikian pula untuk kategori sembako yang lain, yang dimasukkan sebagai sembako biasanya adalah dalam bentuk yang massal dengan harga yang memang termurah di pasar.

Namun tampaknya, sudah cukup lama, istilah sembako yang kita kenal sehari-hari menjadi sangat bias. Sekarang ini, pokoknya segala hal (bahan pangan) yang kita anggap penting kita sebut saja sembako. Bukan hanya rakyat kebanyakan yang gebyah-uyah dalam peristilahan sembako ini. Para pejabat, tokoh politik penting, dan para wartawan juga sering secara serampangan mengistilahkan suatu bahan (pangan) sebagai Sembako.

Misalnya, dalam daftar sembako versi kabupaten Jombang (http://www.jombangkab.go.id/e-gov/Sembako/DaftarSembako3.asp) dicantumkan bahwa Sembako tidak berjumlah sembilan, tetapi sebelas kategori (walau istilahnya tetap sembako?). Berbeda dengan Pemerintah pusat, Kabupaten Jombang memasukkan sayur-mayur, palawija dan tepung terigu sebagai sembako.

Contoh lain, sebuah toko on-line indoanthurium.com yang menyebut diri sebagai toko sembako, menjual apa yang disebutnya juga sembako, yakni teh celup, mie instan rasa ayam dan kecap.

Banyak pula tulisan wartawan di media massa yang menyebut Sembako untuk bawang putih, mie istan, cabai dan beras kepala (beras berkualitas tinggi). Tulisan di Kompas.com tertanggal 7 September 2008 selain dihiasi foto sayur-mayur (yang tidak dikategorikan Sembako oleh Depperindag), lengkap dengan laporan harga bawang merah dan bawang putih.

Jadi, apa arti Sembako sekarang ini? Andapun mungkin punya arti sembako versi diri sendiri? Berapa jumlah kategorinya? Sembilan? ataukah Duapuluhlima?

Saya sendiri mengusulkan untuk memasukkan jenis obat-obatan tertentu sebagai Sembako. Namun istilahnya tidak harus Sembako, cukup Bako (Bahan Pokok) saja.

Bookmark and Share

Tag/Label sembako, depperindag, pangan, beras, opini
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
10 komentar pada warta ini
Rabu, 21-01-2009 09:24:06 oleh: Kusriati

Mungkin kebutuhan pokok tiap orang dari waktu ke waktu berbeda ya Pak, seperti 4 sehat 5 sempurna, yang kini berubah menjadi gizi seimbang. Kalau dihitung kategorinya... bisa puyeng sendiri kali ya :) Mungkin ganti aja kepanjangan SEMBAKO menjadi SEMUA BAHAN POKOK.



Rabu, 21-01-2009 09:35:27 oleh: mediansyah

Iya tuh Mbak Kusriati. Dan kalau nggak salah termasuk sembako juga adalah Yadi Sembako (Suryadi Ishaq= seorang pelawak/selebritis).




Rabu, 21-01-2009 10:43:39 oleh: Yunus Bani Sadar

Kebutuhan manusia memang akan selalu berubah, seiring dengan keinginannya.


Bagi saya, yang dimaksud Sembako adalah :

1. Nasi
2. Indomie Goreng
3. Handphone + Pulsa
4. Komputer + Akses Internet
5. Duit
6. MP3 player + file
7. DVD Player + Disc
8. Bensin + Kendaraannya
9. Wikimu

hehehehehe...:)




Rabu, 21-01-2009 11:21:11 oleh: mediansyah

Usulan (daftar) dari Pak YBS (Yunus Bani Sadar) perlu disosialisasikan ke Ibu Mega, yang katanya punya program sembako murah. Soalnya kita juga belum tahu poin-poin daftar sembako versi-nya Ibu Mega khan?



Rabu, 21-01-2009 16:11:12 oleh: A Chalik

dari tulisan sdr mediansyah, tentunya posisi minyak tanah dalam sembako sudah digantikan oleh gas lpg 3-kiloan?



Sabtu, 03-10-2009 10:06:58 oleh: jeni lhabhy

bisa minta tlg ni tlg jelaskan pegertian sembako



Sabtu, 09-04-2011 11:07:08 oleh: MUNGGAR

mas saya mau tanya apa....?
kategori sembako yang di putuskan dan di tetapkan oleh pemerintah tahun 2010/2011....
sayur mayur apa di kategorikan termasuk sembako oleh depperidag 2010/2011????




Senin, 11-04-2011 22:08:39 oleh: Mediansyah

Untuk Munggar dan jeni lhabhy.., aku nggak tahu pasti apakah ada daftar Sembako yg resmi dan up-dated. Namun dari situs Wikipedia, masih menyebutkan keputusan Menteri Industri dan Perdagangan no. 115/mpp/kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998. Kesembilan bahan itu adalah:

1. beras dan singkong
2. gula pasir
3. minyak goreng dan margarin
4. daging sapi dan ayam
5. telur ayam
6. susu
7. jagung dan sagu
8. minyak tanah atau gas ELPIJI
9. garam beriodium

Namun, mungkin seiring desentralisasi pemerintahan, Peereintah daerah2 di situs2 resmi mereka sering mengumumkan daftar Sembako sendiri dgn harganya. Ada yg memasukkan cabe dan sayur2 tertentu, misalnya Dinas Perdagangan dan Industri Kab Jombang memasukkan Kobis, tomat dan wortel sebagai Sembako. Bahkan Pemkab Banyuwangi memasukkan semen dan pupuk urea sebagai Sembako :D




Rabu, 12-10-2011 19:57:27 oleh: tami fau

mie gak termasuk sembako ya??



Rabu, 23-10-2013 12:17:26 oleh: poltak ambarita

Perkembangan jaman mengakibatkan perubahan kebutuhan, Sembako sdh bergeser kepada Barang Kebutuhan Pokok. Pemerintah wajib menjamin ketersediaan barang ini dengan harga yang terjangkau di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh sebab itu jenis barang ini merupakan jenis barang kebutuhan khusus, untuk itu pemerintah perlu campur tangan untuk mengistimewakan jenis barang ini dalam hal pendistribusiannya, pergudangannya, penyalurannnya, produksinya dan transportasinya. Agar ini bisa berjalan dengan baik maka harus ditetapkan oleh pemerintah




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY