Astri Lestari

Mendidik Kucing Tak Perlu Pelatih Sirkus

Sabtu, 10-01-2009 13:35:42 oleh: Astri Lestari
Kanal: Opini

Mendidik Kucing Tak Perlu Pelatih Sirkus

Anda penggemar kucing? Bila iya, maka bisa dipastikan pernah ada hewan peliharaan yang satu ini di rumah anda. Bagaimana cara merawat kucing tentunya berbeda-beda caranya. Ada yang memelihara kucing hanya sebatas memberi makan, memberi ruang untuk berlindung dan tidur. Ada pula yang begitu memanjakan dengan cara membawa kucingnya ke salon hewan, atau cek rutin ke dokter hewan langganan, untuk vaksin ataupun KB, dan ini tentunya memerlukan budget khusus.

Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia selain anjing, burung, ikan, ular dan binatang lain yang legal untuk dipelihara. Berdasarkan hasil beberapa penelitian, memelihara kucing juga dapat membantu mengurangi tingkat stress si pemilik. Kucing juga sebagai sahabat manusia yang penuh dengan cinta dan kasih, tergantung dari bagaimana manusia merawat dan memeliharanya. Beberapa pemilik hewan peliharaan jenis kucing, yang termasuk dalam kategori penyayang kucing, biasanya akan memerhatikan setiap detail pertumbuhannya dari bulan-ke bulan. Menjaga asupan makanan kucing juga termasuk cara agar fisik kucing terjaga dengan baik, entah itu untuk kehalusan bulunya agar tidak rontok dan tidak kusam, ketajaman penglihatan, dan juga kelincahan gerakannya.

Namun bagaimana cara mendidik kucing agar membiasakan diri untuk membuang kotoran di kamar mandi rumah pemiliknya? Beberapa pemilik kucing yang telah mempunyai kucing dengan kebiasaan itu, awalnya mengalami kesulitan yang luar biasa. Karena jam-jamnya acara buang hajat si kucing tidak bisa diprediksikan. Namun untuk beberapa pemilik hewan peliharaan satu ini yang telah berpengalaman dan memelihara hewan ini dalan jangka waktu lama, biasanya akan peka terhadap gerak-gerik kucing. Entah disaat si kucing mengeong meminta makan, mengalami masa kawin dan yang paling penting gerak-gerik hendak membuang kotoran, karena kucing termasuk salah satu hewan yang memilki kebiasan membuang kotoran dimana saja sesuka hatinya, terutama di tempat-tempat yang kotor, bau dan berantakan. Ada satu tips yang cukup berguna, dan bermanfaat. Bila kucing anda berjalan ke salah satu sudut ruangan, lalu mengendus diikuti dengan gerakan kedua kaki depannya seperti gerakan menggali tanah, maka bisa dipastikan bahwa kucing anda hendak buang kotoran, entah itu buang air besar ataupun kecil. Bila anda menginginkan kucing anda agar terbiasa membuang kotorannya di kamar mandi rumah, maka yang perlu anda lakukan adalah segera membawanya ke kamar mandi, lalu mengunci pintu kamar mandi dan membiarkannya sejenak. Bila telah selesai, maka anda masih perlu mengawasi gerak-gerik kucing anda dalam beberapa hari ke depan. Setelah tiga hingga empat kali kucing anda berhasil membuang kotorannya di kamar mandi rumah, maka bisa dipastikan untuk selanjutnya kucing anda dengan spontan akan berjalan sendiri ke kamar mandi, dan akan terus seperti itu selanjutnya, dengan catatan kamar mandi anda lengang, dan tiap sudutnya tidak terhalangi benda lain seperti ember dan lain sebagainya.

Apabila kucing anda beranak pinak, maka anda tidak perlu khawatir untuk mendidik anak-anak dari sang induk kembali, karena dengan sendirinya si induk akan memberikan contoh nyata, karena kebiasaan anak kucing selalu membuntuti induknya. Penciuman kucing cukup tajam, bila anak-anak kucing membuntuti induknya hingga ke kamar mandi, maka sinyal respon selanjutnya adalah anak-anak kucing tadi tahu bahwa induknya buang kotoran di tempat yang sudah menjadi kebiasaan induknya. Begitu mudah, dan anda tidak perlu pelatih khusus seperti layaknya hewan sirkus ataupun anda tidak perlu mengorbankan kucing anda dengan membiarkannya jorok di luar rumah, dan juga kemudahan lainnya adalah bila kebiasaan kucing anda buang hajat di kamar mandi, anda cukup menyiramnya dengan air, dan akan terbebas dari kuman penyakit bila anda membiarkan kucing anda buang kotoran di luar rumah seperti di tanah atau di rumput. Sederhana dan berguna, bukan?

Bookmark and Share

Tag/Label kiat, kucing, perawatan kucing
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
15 komentar pada warta ini
Selasa, 27-01-2009 23:14:54 oleh: rian

klo kucingnya g nurut juga , harus gmana lagi dong ?????



Kamis, 29-01-2009 00:16:28 oleh: Astri Lestari

wah belum nemu tuh buat kucing nggak nurut, karena hampir semua kucing yang dididik lama-lama terbiasa, bukan penurut. tapi kucing juga ternyata moody-an, kadang kebiasaan yang sudah dilatih sering dilanggar, karena suatu hal, misalkan kamar mandi lagi dipake, atau kondisi hujan dan ada sebagian kamar mandi yang membuang air hujan melalui pipa yang memang dibuang melalui saluran air kamar mandi, dan kucing enggan untuk masuk kamar mandi karena dia takut air hujan bikin basah bulu-bulu kakinya, hehehe



Selasa, 10-03-2009 20:24:10 oleh: widianto

kalo saya nggak pelihara kucing, tapi kucing2 datang dgn sendirinya. yg buat sy kerepotan adalah kucing2 ini buang kotoran sembarangan. saya sampai siram karbol, minyak tanah, baygon, tp tetap sj kucing2 ini buang kotoran di situ. ada tips gak ya........ agar kucing yg kebiasaan ini tidak lg buang kotoran di tempat sy. mengingat kucing membawa virus toksoplasma. thank you



Sabtu, 14-03-2009 22:08:29 oleh: Astri Lestari

mas widianto, memang agak sulit buat kucing2 itu supaya nggak balik lagi ke tempat yang sama mereka pernah buang kotoran, tapi pengalaman saya pribadi bila kucing-kucing lagi rese-resenya, lagi males 'ngesot' ke kamar mandi dan pada akhirnya buang kotoran di tepi luar kamar mandi dekat keset, yang pertama saya lakukan adalah menyingkirkan keset dan tidak lagi menaruh keset di tempat yang sama, kesetnya saya sangkutkan di atas mesin cuci, bila sewaktu-waktu dibutuhkan barulah diturunkan, namun disangkutkan kembali, lalu membersihkan bekas kotoran kucing, dan jangan sampai ada bau yang tertinggal. Langkah mas widianto menyiram dengan karbol, minyak tanah, dsb juga pernah saya lakukan, namun kurang efektif ternyata. Bila kembali lagi seperti yang mas widianto bilang, mungkin tips lainnya adalah coba taruh barang misalkan kursi plastik, guci atau barang lainnya untuk menghalangi alias tidak memberi ruang bagi kucing-kucing itu bila mereka berniat untuk buang kotoran di tempat yang sama. Tips lainnya jangan menaruh barang-barang yang tidak terpakai secara sembarang tempat di sudut rumah, atau pekarangan, karena biasanya kucing paling senang bila ada tempat yang berantakan atau berserakan atau yang mengundang untuk buang kotoran. Bila masih saja membandel, kayaknya mas widianto tidak perlu lagi 'bersua' dengan kucing-kucing itu, cukup satu kata saja 'husss...husss...' sampai kucing itu pergi, kan tidak pelihara kucing ya, mas?



Kamis, 16-04-2009 22:53:34 oleh: Nilam

Halo...sy it pny kucng yg agk bandel klau soal buang ktoran mezkpn sy dah kzh dy ruang trzendri...tp tetap dy buang ktrn drmh..smp2 sy bingung dn dmrhn klrg agr membuang kucngny.sy tdk stj krn kcng sy lucu.sy hrz bgmn?



Minggu, 23-08-2009 16:44:45 oleh: nenti nuryanti

hay. . .saya juga memelihara kucing di rumah,tp kucing saya suka buang kotorannya sembarangan.kadang di kolong bangku,kadang di deket kompor gas. . .saya di rumah punya kucing 5.tetapi yg buang kotoran di wc dengan benar cuma 1. . padahal saya sudah ngajarin dengan mengurungnya di kamar mandi.tp masih saja kucingnya bandel.terus sekarang apa yang harus saya lakukan sekarang.tolong infonya ya.terima kasih



Selasa, 12-01-2010 09:33:59 oleh: Muhammad Naaquddin

Kucing saya tak ikut arahan saya.Macam mane nak buat dia ikut arahan saya?



Kamis, 22-07-2010 22:02:27 oleh: mimi

kalau sudah di bawa ke wc tapi kucingnya tidak mau buang air besar gimana?
trus kalau kita kurung di wc,kucingnya terus menggeong gimana?




Jumat, 13-01-2012 13:02:00 oleh: chelsa

kucing ni bandel juga mshan
gmn donk




Rabu, 02-05-2012 21:36:22 oleh: fajrian erdhayana

infonya sangat menarik thanks ya for infonya



Jumat, 11-05-2012 11:45:58 oleh: sinta

kadang dia mau kekamar mandi tp, kadang buang kotoran sudut2



Kamis, 11-10-2012 07:44:11 oleh: zakiah alfi

kalau WC toilet nya Khusus yang Duduk, bukan yang jongkok, Apa Kucing nya bisa kak?, pa nyampai? kan itu cukup tinggi?
Minta penjelasannya ya kak^^




Sabtu, 19-01-2013 19:21:33 oleh: elimar

kucing saya buang kotoran di kamar mandi tapi nggak di wc,cukup repot jg,tapi lumaan nggak dimana2,sekarang baru pertama punya anak 3 ekor....wah bingung nih gmn gar nggk bunting lgi,dan dipain anakny,terlalu bnyak,mau dibuang kasihan.gman ya ?




Selasa, 30-07-2013 12:49:21 oleh: ekoyudhi

si choki kucing saya hebat...baru 2 hari d pungut dari jalanan dia udah ngerti BAB d toilet..tp hari pertama sih kacau....dan sekarang dia tambah oke dengan pelatihan2 ringan....



Selasa, 03-12-2013 13:41:16 oleh: ABDUL KARIM

Hai sobat....adakah yg punya pengalaman menangani bau kotoran kucing ? Trim's



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY