Retty N. Hakim

“Marching Down the Memory Lane”, Reuni Akbar Lintas Generasi

Minggu, 14-12-2008 07:50:29 oleh: Retty N. Hakim
Kanal: Peristiwa

Reuni akbar SMA memang selalu ditunggu, tapi bila alumni salah satu kegiatan ekstrakurikuler secara khusus berkumpul dan berinteraksi lintas generasi, maka hal ini ternyata dianggap pantas untuk tercatat dalam sebagai rekor dunia melalui Pencatatan Rekor MURI.

Walaupun Indonesia tidak memperbolehkan adanya monopoli, tetapi pada hari Sabtu (13 Desember 2008) di Balai Sarbini, Jakarta, telah terjadi pementasan akbar lintas generasi yang hanya dimonopoli oleh kaum hawa. Demikian yang disampaikan oleh Jaya Suprana pada acara penyerahan piagam Pencatatan Rekor MURI dalam hal Pemrakarsa dan Penyelenggara Pagelaran Marching Band antar generasi, yakni pagelaran “Marching Down the Lane”.

Memang lapangan dan panggung menjadi marak dengan dominasi kaum hawa, karena yang mengadakan reuni adalah Ikatan Alumni Korps Putri Tarakanita (ILIORA). Marching Band adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler kebanggaan SMA Tarakanita I dan SMK Tarakanita yang sangat dibanggakan alumni sekolah tersebut. Kegiatan ini dimulai sejak tahun 1965 dan sejak itu terus meraih berbagai prestasi.

Layaknya kaum hawa yang senang memperhatikan detail kostum, maka secara khusus dalam kegiatan ini ditampilkan juga fashion show kostum drum band/ marching band yang telah menemani mereka tampil di dalam acara-acara di dalam negeri maupun di luar negeri. Tampak juga Chossy Latu desainer yang sejak 1982 sudah membantu tampilan kostum Korps Putri Tarakanita (KPT). Tidak heran bila dalam Grand Prix Marching Band (GPMB) tampilan kostum terbaik sering mampir ke tangan KPT.

Walaupun pengalaman mendampingi kostum KPT senantiasa menyenangkan, tapi kendala waktu selalu menjadi tantangan bagi Chossy Latu. Tidak heran kalau salah satu hal seru yang diingatnya berhubungan dengan sebuah kostum yang berhiaskan ornamen Pelembang. Ornamen-ornamen unik yang digunakan untuk mengangkat nilai tradisional Indonesia itu harus dipasang satu persatu dengan teliti. Karena waktu yang sangat mendesak, maka akhirnya seluruh keluarga Chossy Latu ikut turun tangan, baik ibu, adik, maupun saudaranya ikut serta membantu memasang assesoris unik tersebut.

Memang senantiasa ada banyak orang di balik keberhasilan gemilang, demikian juga ILIORA berterima kasih kepada para pendiri dan pembimbing yang sudah membimbing mereka agar meraih disiplin, kerjasama, tanggung jawab dan keakraban/kekeluargaan. Bimbingan yang mereka terima telah menjadikan mereka sosok-sosok yang sangat kuat dalam berorganisasi dan bersosialisasi. Rasa terima kasih mereka ungkapkan antara lain kepada para pendiri Drum Band Putri Tarakanita (cikal bakal KPT) yaitu Sr. Emmanuella CB (alm), Bp. Gusanto (alm), Kak Budi, Bp. Alex Latuputty (alm), serta romo Frans Pranata PR yang merintis kegiatan ini sejak 28 Agustus 1965.

Maya Hasan dan Ussie Pieters yang juga alumni Korps Putri Tarakanita tampil menawan dalam ensembel harpa. Kemudian permainan solo Maya Hasan, serta permainan Ussie Pieters dan anak-anak yang tampil enerjik dalam permainan genderang yang menawan menghangatkan suasana acara bergantian dengan penampilan KPT.

Puncak acara adalah saat 75 orang yang berasal dari angkatan pertama (lulusan tahun 1968) sampai angkatan terakhir yang baru masuk (2008) unjuk kebolehan. Ira Wibowo, mantan Mayorette KPT, tampil sebagai Field Commander dalam pertunjukan gabungan KPT dan ILIORA ini. Selain itu tampak juga Tamara Geraldine yang memperkuat barisan horn ILIORA dengan terompetnya.

Ira Wibowo tampak maklum dengan kondisi pasukan gabungan yang dipimpinnya, sehingga ketika muncul permintaan lagu tambahan dari penonton, ia menyempatkan diri untuk turun ke lapangan dan menanyakan kesanggupan pemain yang dipimpinnya. Rupanya persiapan matang sejak bulan Mei 2008 lalu membuat mereka siap memberikan tambahan lagu persembahan bagi penonton.

Kondisi tubuh yang prima rupanya masih terjaga dengan baik, yang menjadi kendala utama penampilan reuni ini ternyata adalah waktu latihan. Lucy, angkatan 1985, yang juga menjadi ketua panitia acara ini, mengungkapkan betapa seringkali latihan yang belum selesai harus terganggu karena ada yang telah ditelpon suami atau anaknya. Mas Kirnadi yang turut mendampingi latihan mereka juga mengungkapkan betapa seringnya ada anggota yang tidak bisa hadir latihan, tapi herannya seminggu sebelum pagelaran ketika semua benar-benar berkumpul ternyata mereka bisa.

Tampaknya disiplin diri yang menjadi kunci utama. Turtamtami, atau dikenal dalam ILIORA sebagai kak Itur, adalah pemain terompet dari angkatan 1977 yang masih setia dengan kebiasaan-kebiasaan disiplin yang diperolehnya dari KPT (mungkin kala itu masih bernama DB Tri Tar). Sebagai angkatan yang pertama kali memainkan alat sangkakala pada PON tahun 1977, ia berusaha melatih dan menyiasati kemampuan nafasnya dalam memainkan terompet dalam acara gabungan tersebut.

Ada beberapa alat yang sudah tidak digunakan KPT saat ini, ada juga alat-alat yang mungkin terlalu berat untuk dibawa oleh angkatan senior. Jadilah beberapa orang berubah posisi. Kak Indra dari angkatan 1975, yang dahulu memegang genderang, ternyata harus beralih ke marimba. Merupakan kebanggaan tersendiri baginya bisa tampil bersama adik-adiknya. Ada juga Kak Elis (angkatan '79) serta kak Inge (angkatan '68) yang mengisi warna warni barisan colour guards.

Unik memang, walaupun berbeda generasi bahkan ada yang Anita Anwar dari angkatan 1979 yang bermain bersama Nasti anaknya (angkatan 2005), tetapi kakak senior semua tetap mendapat panggilan ‘kak’. 

Angkatan terbaru yang masih duduk di kelas I SMA menyatakan serunya latihan bersama angkatan senior. Bagi ILIORA sendiri pertemuan ini akan menjadi masukan agar perbedaan yang ada antar generasi bisa terjembatani, rasa kekeluargaan dan penghargaan terhadap senioritas juga terjaga, dan pada akhirnya ada kerjasama antara KPT, pihak sekolah, dan ILIORA bagi perkembangan Korps Putri Tarakanita kedepannya.

Sebelum pertunjukan dimulai, sempat terdengar di telinga saya beberapa ungkapan gelisah, “Aduh, gue demam panggung. Udah lama nggak tampil di muka banyak orang”, atau “Wah, tempatnya dekat banget lagi dengan penonton.” Tapi, begitu tampil maka lagu-lagunya, antara lain The Phantom of The Opera, Saturday in The Park, Birdland, serta ‘Galih dan Ratna’, mengalir dengan lancar memukau penonton (kebanyakan alumni dan keluarganya) yang juga hanyut dalam nostalgia masing-masing.

Kalau Sr. Imelda CB, kepala sekolah SMA Tarakanita I saat ini, mengingatkan pentingnya menjaga rasa kekeluargaan dan persaudaraan, maka mas Kir mengungkapkan betapa semua disiplin dan pendidikan yang ditanamkan selama itu adalah bagian dari pendidikan kewiraan sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Irama “Winter Games” serasa terngiang di telinga, tatkala mata memandang generasi lintas angkatan yang sedang reuni, serta rombongan keluarga mereka. Tidak sedikit anak-anak kecil yang ikut hadir disana, calon-calon penerus bangsa. Semoga semangat, disiplin, kerjasama, tanggung jawab, serta rasa kekeluargaan dan persaudaraan itu menular turun ke generasi penerus.

 

 

 

 

 

Foto, koleksi pribadi:

1. Ussie Pieters dan rekan muda

2.Chossy Latu, kak Peggy (angaktan pertama) dan teman-teman - kostum awal DB Tri Tar

3. Fileld Commender - Ira Wibowo. Terlihat Jaya Suprana, Suter Imelda CB, Kak Budi dan Mas Kir di latar belakang

4. Penampilan rekan-rekan Horn gabungan

5. Foto antar generasi: Kak Astrid (85), Kak Dian (85), Kak Elis (79), Kak Inge (68)

6. Colour Guards

7. Para guru dan ex-murid berpose bersama

Bookmark and Share

Tag/Label korps putri tarakanita, iliora, ikatan alumni korps putri tarakanita, sma/smk tarakanita, aneka
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
7 komentar pada warta ini
Minggu, 14-12-2008 08:23:02 oleh: Meidy

Pada foto yang ada kamu, aku mengenal satu wajah. Wajah salah satu dari My 'Queen Family' ;-)
Hehehehe dia dan teman-temannya juga ikutan lomba foto Dove seperti yang kamu ikuti. Mereka masuk dalam nominasi. Oooo siapa dia ??? :-)




Minggu, 14-12-2008 11:45:27 oleh: Retty

Wah, buka rahasia perusahaan aja...



Minggu, 14-12-2008 19:33:26 oleh: ALDI

aku fans berat KPT

KPT,aku tunggu surprise-surprise berikutnya di GPMB...

Vivatar Vivatar Tarakanita




Selasa, 16-12-2008 10:47:27 oleh: Retty N. Hakim

Link berita: http://english.ohmynews.com/articleview/
article_view.asp?article_class=5&no=384423&rel_no=1




Selasa, 16-12-2008 23:17:56 oleh: tantin

mantap beritanya,bagus fotonya..bangga sekali gw jd alumninya..sedih jg gak bisa hadir..ada VCDnya? kapan lg kejutannya..BRAVO untuk ILIORA.



Rabu, 17-12-2008 14:56:14 oleh: Retty N. Hakim

Tin, kalau dengar suara Marching Band aku pasti ingat kak Olaf (alm), selain mas Kir dan kak Budi waktu di DB PMR dulu dia yang paling ngemong. Mas Wid (PMI) sekarang dimana ya?



Selasa, 09-06-2009 00:00:20 oleh: dian

Aku baru tau DB reunian.. Kapan SMA reuni akbar lagi?
there's a joy, joy joy in my heart.. today! (karangan Sr Emmanuela alm) Kapan kita nyanyikan lagi bersama?
Vivatar!




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY