Ida Puji

Intermezzo: Mitos Seputar Ular

Jumat, 05-12-2008 13:22:27 oleh: Ida Puji
Kanal: Gaya Hidup

Intermezzo: Mitos Seputar Ular

Beberapa hari lalu saya mengalami suatu pagi yang (menurut saya) horor. Pagi itu ketika saya hendak pergi ke kantor saya menemukan seekor ular yang masuk ke ruang tamu rumah saya. Ular tersebut berukuran kecil berwarna hitam galur kuning dengan dada berwarna putih. Meskipun ukurannya kecil dan masih beberapa meter di depan saya, saya yang benar-benar takut ular dibuat menjerit karenanya.

Mendengar jeritan saya beberapa anggota keluarga yang masih di rumah mendekat. Akhirnya kakek dan ibu saya yang ’mengurus’ si ular tersebut. Namun ketika keluar rumah dan menengok, saya sempat melihat ekor si ular meliuk-liuk dan saya jadi merinding karenanya. Kemudian saya berangkat ke kantor tanpa mau memperhatikan lagi nasib si ular.

Namun di tengah perjalanan ke kantor kembali menemukan ular yang hampir sama di tengah jalan. Hanya bedanya di ular ini sudah mati terlindas kendaraan yang melintas sebelumnya. Duh kengerian saya jadi bertambah.

Setibanya di kantor saya menceritakan kengerian yang barusan saya alami tadi kepada rekan-rekan. Herannya mereka malah menertawakan saya sambil menggoda, ”ularnya sudah melingkar atau belum?” Saya sempat heran juga dengan tawa rekan-rekan saya. Namun akhirnya dari mereka saya mendapat cerita yang menarik seputar ular ini.

Selama ini mitos yang saya tahu adalah ketika seseorang mimpi kaki digigit ular pertanda orang tersebut telah dekat pada jodohnya. Mitos lain yang saya tahu ular hitam kuning (di Jawa disebut ula weling yang artinya pepeling=pengingat) merupakan pertanda ada anggota keluarga yang memiliki janji namun belum ditepati. Tapi ada lagi mitos versi rekan saya yang lain bahwa beberapa waktu sebelum dia menikah dia pernah menemukan seekor ular yang melingkari pagar depan kantor. Tak lama berselang dia menemukan pendamping hidupnya dan segera menikah.

Cerita lain datang dari rekan saya yang kakaknya baru saja menikah. Proses si kakak menuju ke pelaminan tergolong cepat. Hanya berselang 2 bulan sejak perkenalan resmi keduanya sepakat untuk berkomitmen. Hal yang aneh sempat terjadi ketika untuk pertama kalinya calon mempelai perempuan dibawa ke rumah rekan saya untuk diperkenalkan kepada keluarga. Setelah calon mempelai perempuan pulang mendadak ditemukan seekor ular melingkar di pojok ruang makan dan tak bergeming ketika diusir keluar.

Karena ingat tentang mitos ula weling ayah rekan saya menanyakan kepada setiap anggota keluarga saya apakah ada yang mempunyai janji namun ternyata tidak satupun yang merasa memiliki janji yang belum ditepati. Setelah si ayah berkata, ”mungkin ini pertanda jodoh,” ular tersebut mau diusir pergi. He he he, saya jadi tertawa simpul mendengar ledekan rekan-rekan saya, ternyata gitu to maksudnya.

Namanya juga mitos, percaya gak percaya karena tidak bisa dijelaskan secara rasional. Tapi rekan saya yang lain malah menekankan keunikan mitos adalah benar-benar terjadi ketika yang bersangkutan benar-benar mempercayainya. Wah kalau ini sih bisa dijelaskan dengan membaca The Secret-nya Rhonda Byrne. Nah bagaimana dengan anda pernahkan anda mengalami hal menarik seputar mitos tentang ular seperti ini?

Bookmark and Share

Tag/Label mitos, ular, jodoh, intermeso
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
2 komentar pada warta ini
Jumat, 05-12-2008 21:17:56 oleh: Rudy Handoko

Iyaa Mbak...banyak mitos soal ular ini! Klo di kampongku, mitosnya hampir mirip tuch. Jika ada yang mimpi di kejar ataw di gigit ular, katanya pertanda akan di kejar atau di taksir seseorang yang menyukai/mencintai. Jadi, aku pengennya di kejar ma ular mulu, tapi dalam mimpi. Klo beneran...jangan sampe dech! Iiih!
Ingat waktu SD, disuruh guru mengucapkan ULAR LARI LURUS (diucapkan dengan cepat berulang-ulang)!




Sabtu, 06-12-2008 10:13:52 oleh: Silvi Anhar

hehehe iya mbak, temen2ku juga suka pada biang gitu.. kalo mimpi ketemu ular, berarti ada yg naksir gitu. tapi kalo ketemu ular beneran, aku mah sering, krn rumahku bekas rawa-rawa.. jadi sang ular rajin mampir ke rumahku deh.. tapi yah aku sendiri ga percaya ama hal tersebut, kalo ketemu ular belang2 atau giaman pertanda dapet jodoh.. bagiku ular ya ular, mahluk yg bikin aku takuuuuttttt...



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY