Panjikristo

Ritual Seks di Gunung Kemukus Dalam Cerita

Selasa, 25-11-2008 12:17:59 oleh: Panjikristo
Kanal: Gaya Hidup

Ritual Seks di Gunung Kemukus Dalam Cerita

"Kalau kamu mau sukses dan kaya secara instan, datanglah ke Gunung Kemukus. Kalau kamu ke Gunung Kawi, salah satu anak, keponakan, cucu, atau cucu keponakan, akan terlahir idiot. Kalau kamu memelihara tuyul, dan tuyul itu tertangkap, lalu salah satu tangannya dipaku, maka tanganmulah yang akan luka ditembus paku. Kalau kamu datang ke Jimbung, dan memelihara bulus, maka kulitmu akan belang-belang putih yang terus meluas. Ketika belang itu menyatu, maka kamu akan mati dan menjadi bulus. Kalau kamu jadi babi ngepet, dan tertangkap, akan langsung dibunuh orang. Paling aman memang ke Kemukus. Tidak ada resiko, tidak ada tumbal…

 

Demikian sebuah nasihat orang tua kepada seseorang yang ingin sukses tanpa resiko, bahkan bisa dibilang mudah dan nikmat. Lho koq nikmat? Ya, karena kita hanya diminta berziarah ke makam pangeran Samudro dan mandi di sendang Ontrowulan, lalu melakukan hubungan seks dengan seorang yang bukan muhrimmu di alam terbuka. Baik laki-laki maupun perempuan. Dan hanya diperlukan 7 kali kehadiran di sana. Tidak percaya? Buktikan saja.

Kemukus di sini adalah bukan sejenis nama tumbuh-tumbuhan atau sebutan untuk sebuah komet yang kerap kali disebut bintang kemukus, tapi nama sebuah gunung – sebenarnya hanya sebuah gundukan tanah - yang bernama Kemukus, yang selalu penuh sesak didatangi oleh orang yang datang ke sana untuk melakukan suatu ritual dalam upaya mencari kekayaan. Ada dua alasan mereka ke sana, Yang pertama tentu tentu saja tak lepas dari rezeki. Sedang yang kedua, nah ini yang menarik, karena berkaitan erat dengan birahi. Sehingga seringkali Gunung Kemukus pun dicap masyarakat luas sebagai tempat peziarahan paling mesum di Indonesia.

Gunung Kemukus seringkali disebut sebagai kawasan wisata seks karena di situlah orang bisa sesuka hati mengkonsumsi seks bebas dengan alasan untuk melakukan ritual ziarahnya, karena itulah syarat jika mereka ingin kaya dan berhasil

Operasi pelarangan perbuatan mesum di sekitar makam Pangeran Samodro pun digelar setiap malam Jumat Pon (saat dimana ritual itu dilaksanakan) seringkali dilakukan Pemkab namun herannya tempat ini tidak pernah ditutup sama sekali. Operasi itu terkesan hanya setengah hati, karena sumbangannya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), tergolong besar.

Ritual Gunung Kemukus, sebuah novel adalah novel kedua dari F. Rahardi setelah novel perdananya yang cukup kontroversial. Lembata. Novel ini diinspirasikan ritual nyata yang terjadi di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, yang masih dilakukan oleh banyak orang hingga saat ini. Berikut cuplikannya : 

 

* * *

Meilan adalah seorang reporter yang ditugaskan bosnya di Redaksi Majalah Fidela. Ia tak habis pikir sekaligus kesal karena tiba-tiba mendapat tugas untuk meliput Ritual di Gunung Kemukus. Mendengar namanya pun baru kali ini.

"Aku ini kan biasa jalan ke luar negeri, dan liputanku pasti fashion. Mengapa Redpel Bimo tiba-tiba bilang ke Yani, akan nyuruh aku liputan perklenikan, di Jawa lagi. Dia kan tahu aku ini Cina, tidak bisa ngomong Jawa sama sekali, apalagi tahu kulturnya…"

Apa jawaban Redpel. Bimo?

"Yang nulis harus orang yang sebelumnya sama sekali tidak tahu Gunung Kemukus, tidak bisa ngomong Jawa, dan pasti juga tidak tahu kultur Jawa, dengan tujuan agar tulisannya benar-benar mewakili mayoritas masyarakat pembaca, sekaligus pengguna jasa penerbangan."

Apa yang dilakukan Meilan selanjutnya? Bagaimana ia sampai ke sana? Apa yang ditemui di sana?

Ternyata novel ini bisa sebagai buku pedoman wisata ke gunung Kemukus, karena dalam buku ini diuraikan rute perjalanan, jarak tempuh, lokasi, biaya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tempat tersebut hingga penggambaran (deskripsi) tempat tersebut. Siapapun akan sampai di sana jika membaca dan mengikuti petunjuknya dalam novel ini.

Tidak sulit bagi Meilan untuk mencapai tempat tersebut. Apa yang ia lakukan? Berbaur dengan para peziarah dan menginap di lokasi untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin.

Saya sudah empat kali ini datang, Bu. Berarti masih harus datang tiga kali lagi. Pertama datang, kebetulan ketemu ibu-ibu juragan selèpan dari Bantul. Tetapi dia barusan SMS, kalau mau datang besuk saja, bukan hari ini. Ibu tahu bukan, kalau untuk bisa ngalap berkah dari Pangeran, pasangan seperti kami ini, harus datang sampai tujuh lapan? Selapan itu 35 hari Bu, kalau salah satu dari kami absen tidak bisa datang, harus diulang dari awal lagi. Bisa dengan pasangan semula, bisa pula ganti pasangan. Tetapi saya jangan dipotret, jangan ditulis. Sebab istri saya tidak tahu hal ini. Kalau tahu ia akan ngamuk Bu. Juga anak-anak. Kalau pasangan saya itu, namanya Mbak Rini, dia kemari atas ijin suaminya. Malah setengahnya, suaminya yang mendorongnya pergi.

 

Di saat Meilan hampir putus asa karena data yang diperolehnya belum sesuai dengan keinginannya, ia menjumpai seorang pria yang sedang sedih. Sarmin, yang berprofesi sebagai tukang bakso.

"Saya kehabisan uang Ibu. Saya sudah datang ke Kemukus Jumat Pon yang lalu. Seharusnya, ini Jumat Pon terakhir. Tetapi pasangan saya tidak datang Bu. Saya menunggunya selama seminggu, tetapi tidak datang juga dan uang saya habis. Apakah benar Ibu akan menolong saya?" Meilan merasa, bahwa justru Sarminlah yang akan menolongnya. Bukan dia.

* * *

"Mengapa pasangan Pak Sarmin, siapa namanya? Ibu Yuyun ya? Mengapa ia tidak datang? Tidak tahu ya? Padahal ini sudah yang ketujuh bukan? Ke delapan? O, ya. Yang pertama Pak Sarmin keliru mendapat pasangan wanita yang PSK ya? O, begitu. Lalu baru yang kedua bisa ketemu Bu Yuyun. Dari mana ia? Ponorogo ya? O, pedagang beras. Pak Sarmin pernah ke sana? Ya, ya, sebelumnya pernah kontak telepon, kalau Jumat Pon minggu lalu ini akan datang. Pak Sarmin juga sudah menelepon HPnya melalui wartel. Tetapi tidak diangkat ya. O, tidak bunyi ya? Tetapi apa Pak Sarmin yakin bahwa kalau bisa ketemu Bu Yuyun sampai tujuh kali, biasanya di mana menginapnya? Di dekat sendang ya? Apakah kalau benar bisa ketemu sampai tujuh kali dagangan Pak Sarmin akan laris? Tidak yakin? Mengapa?"

 

Bagaimana kelanjutan kisahnya? Siapakah Sarmin sebenarnya? Siapakah Yuyun?

"Sebenarnya saya malu sekali menceritakan hal ini Ibu. Tetapi saya percaya kepada Ibu. Ya, dengan Yuyun, dia punya suami Ibu, suaminya petani biasa, anaknya empat. Katanya, dagangnya mundur, karena suaminya judi. Saya tidak terlalu tahu ibu. Saya memang pernah menyusul ke Ponorogo, kemudian kami berangkat bersama ke Kemukus, menginap dulu di Wonogiri. Tetapi waktu itu saya tidak ke rumahnya. Saya hanya ke pasar, tempatnya jualan. Jadi saya tidak tahu rumahnya, tidak tahu anak-anak dan suaminya. Tetapi saya percaya yang dikatakannya benar. Saya tidak tahu mengapa ia tidak datang. Dia memang masih lebih baik dari saya Ibu. Dia pakai kalung, pakai seweng, pakai gelang, punya HP, arlojinya juga bagus. Yang membayar penginapan, yang membayar makan juga dia.

 

* * *

 

"Ini bukan sandiwara kan Mas? Mas siapa sampeyan? Mas Badrun? Sebab saya benar-benar kapok, dan tidak ingin pengalaman Jumat Pon yang lalu terulang lagi. Bu Yuyun ini benar dari Ponorogo kan? Boleh saya lihat KTPnya? Ya dulu itu saya juga ditunjuki KTPnya, KTP Donorejo. Ternyata dia perempuan bayaran. Habis duit saya jadinya. Untung aku hanya membayar Rp 30.000. Kalau tidak, aku tidak bisa pulang. Ya maaf lo Bu Yuyun, sebab pengalaman Jumat Pon yang lalu memang tidak baik. Lo, jadi sampeyan ini bukan pasangannya to? Tadinya saya mengira sampeyan berdua ini pasangan. O, jadi Mas Badrun sudah lima kali ini, dan Bu Yuyun baru sekali? Saya sudah dua kali ini, tetapi yang kemarin tertipu."

 

Apa yang dikatakan Romo Drajad sebagai salah seorang narasumbernya?

 

"Itu semua tidak adil!" Kata Romo Drajad dalam hampir semua wawancaranya. "Mengapa hanya bangsawan dan orang kaya yang boleh menikmati seks bebas? Dan mengapa hanya laki-lakinya? Mengapa perempuannya tidak boleh?

Maka digagaslah sebuah ritual seks antara pasangan yang bukan suami isteri, di alam bebas. Di sini laki-laki dan perempuan setara. Yang laki-laki boleh memilih pasangannya, perempuannya juga bebas memilih pasangan masing-masing. Hubungan seks di tempat terbuka secara massal, adalah hal yang sangat unik di dunia ini. Agar acara kurangajar ini memperoleh legitimasi, maka dikaranglah legenda Pangeran Samodro dan Nyai Ontrowulan."

"Ritual seks, sebenarnya bukan hal yang istimewa pada jaman neolitikum, Ibu. Ya di Afrika, di Eropa, di Amerika Tengah dan Latin, juga di Jawa ini, ritual seks sangat terkait dengan dewa atau dewi kesuburan. Itu semua milik rakyat. Kemudian ada budaya metropolis. Ketika itulah strata dibuat, aturan main dibakukan, dan penguasa serta orang kaya, menjadi punya hak-hak khusus, yang dibedakan dengan hak rakyat jelata. Di Timur Tengah lalu ada perbudakan, yang kemudian dilanjutkan di Amerika. Di India sana ada kasta. Untung di sini tidak ada. Tetapi hak-hak rakyat tetap dirampas. Hingga muncullan protes gaya Jawa. Mahabharata dan Ramayana versi Jawa, ada punakawan, yang pada versi aslinya di India sana tidak ada."

 

* * *

 

Bagaimana akhir dari kisah tersebut diatas? Mengapa Yuyum tidak datang lagi? Siapakah Wati? Mengapa Wati merelakan Sarmin berburu rezeki di Gunung Kemukus? Siapakah Kartien? Apa benar dia seorang pekerja seks? Siapakah Romo Drajat? Benarkah ia mencintai Mas Katno? Siapakah Mas Badrun? Apakah Sarmin berhasil menjadi kaya? Apakah Revolusi Kultural itu? Sebenarnya apa saja sih yang dilakukan di Gunung Kemukus itu? Ritualnya seperti apa? Sanggupkah Meilan memenuhi harapan redpelnya?

Bagi yang penasaran, tidak ada jalan lain lagi selain membaca dari sumbernya langsung, "Ritual Gunung Kemukus, Sebuah Novel" yang diterbitkan oleh penerbit Lamalera, November 2008.

 

Selamat membaca! 

Bookmark and Share

Tag/Label buku, gunung kemukus
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
65 komentar pada warta ini
Selasa, 25-11-2008 12:22:34 oleh: Ajeng Tiara

Saya pernah lihat liputan tentang Gunung Kemukus ini di TV. Jadi penasaran baca bukunya. Thx buat resensinya.



Selasa, 25-11-2008 16:15:47 oleh: rie

wah ... jadi penasaran nieh ... must read nih ... !



Selasa, 25-11-2008 16:42:22 oleh: panjikristo

INFORMASI TAMBAHAN :

Penerbit Lamalera, TB Gramedia dan PT Buku Kita
Mengundang Teman-teman, Bapak, ibu, untuk hadir dalam Launching dan Talkshow Bedah Novel “Ritual Gunung Kemukus” Karya F. Rahardi

Tema: “Sastra: Ritual Seks untuk mencari kekayaan”

Pada: Sabtu, 29 Nopember 2008, 15.00 wib - selesai
Tempat Function Room, Lt. 2, Gramedia Matraman
Jl. Matraman Raya – Jakarta Timur
Narasumber : 1. Mohamad Sobary (Sastrawan & Budayawan); 2. Happy Salma (Artis & Cerpenis); 3. Maria Hartiningsih (Wartawan Senior KOMPAS & Pemerhati masalah Gender); Moderator : Stanley Adi Prasetya (Anggota Komnas HAM & Pemerhati masalah sosial)




Selasa, 25-11-2008 19:59:19 oleh: ikhwan kunto alfarisi

tiketnya bayar brapa?



Selasa, 25-11-2008 19:59:47 oleh: ikhwan kunto alfarisi

tolong info kan ke hp saya: 083890068448, nuhun



Selasa, 25-11-2008 20:52:51 oleh: Sarmin

Maksud Mas Ikhwan tiket ke Kemukus ?
Gratis kok...




Rabu, 26-11-2008 08:29:59 oleh: H.I Sijoek

Sebagai orang yang bukan etnis jawa ingin tau juga nih kondisi yang sebenarnya dari cerita tentang kemukus. Yang menjadi pertanyaan saya adakah iini merupakan budaya ??? atau hanya legalisasi perbuatan mesum belaka, moga2 buku ini dapat memberikan pencerahan soal ini. sukses



Rabu, 24-06-2009 19:49:42 oleh: endson santo

penasaran juga



Senin, 13-07-2009 10:32:17 oleh: tribuana murti

saya sering ke kemukus dan siap membantu siapa saja yang ingin kesana



Senin, 13-07-2009 11:18:14 oleh: Tutuk Apriliyanti

saya juga pernah dengar gunung kemukus, memang kalo ke sana harus bawa pasangan,
tapi saya juga pernah dengar kalo yang tidak bawa pasangan, sepanjang jalan ke gunung kemukus tersedia orang-orang yang mau jadi pasangan dengan bayaran.




Senin, 13-07-2009 11:25:44 oleh: Tutuk Apriliyanti

saya pernah dengar gunung kemukus, jika mau mengadakan ritual di sana harus membawa pasangan.

dan jika tidak membawa pasangan di sepanjang perjalan ke gunung kemukus tersedia orang-orang yang mau menjadi pasang dengan bayaran. bener ga ya?




Selasa, 14-07-2009 09:55:51 oleh: tribuana murti

kirim data dan no hp ke tribuana_murti@yahoo.com semua penjelasan akan lengkap saya berikan



Senin, 19-10-2009 18:01:21 oleh: ichsan

buat mas tribuana murti :
lams knal mas, aku pernah ksana bulan februari kmarin, tp ko aku blm merasakan perubahan apapun ya?? aku lakuin smua aturan dsana....aku brangkat ksana pula sengaja untuk ritual itu...aku berangkat sendiri, nyetir sendiri dari bdg-solo PP cuma mau k kemukus berbekal GPS, thanks buat share`nya mas...




Kamis, 29-10-2009 12:14:36 oleh: andes alfian

mas tribuana mw bantu gak saya mau tw tentang perjalanan anda k gunung kemukus.ksh info'a..,!!!



Selasa, 19-01-2010 20:23:16 oleh: miftah

Selain ziarah kemakam pangeran Samudro dan mandi di sendang Ontrowulan dan melakukan ritual seks, adakah "jalur kanan". maksud saya, yang diatas saya sebut dengan "jalur kiri", adakah "jalur kanan" diarea tersebut. karena rumusannya (setahu saya) itu kalau ada jalur kiri pasti ada jalur kanan, begitu pula sebaliknya. jadi apakah ada makam atau sebangsanya yang masih di ziarahi selayaknya orang berziarah....



Senin, 25-01-2010 00:36:38 oleh: Agung

Saya pernah ke kemukus waktu bulan syro 2009 kemarin disana banyak bgt PSKnya,, mereka melakukan ritual seks(Peziarah) sudah tidak di tempat2 terbuka lagi, krn sudah disediakan kamar2 di Warung2 sekitar,, saya tidak menjumpai 1pun yg melakukan ritual seks ditmpt terbuka,, saat itu pengunjungnya ribuan,,



Rabu, 03-02-2010 00:07:19 oleh: adi

bagaimana mendapatkan pasangan usia sekitar 40 s/d 50 tahun yang bukan psk



Selasa, 20-04-2010 20:35:42 oleh: Brandon Wu

Tlg tny yah ... ??? Adakah yg mengadakan tour dr Surabaya ke gunung Kemukus trsbt ... ??? Dan jg sdh bisa memilih pasangan masing2 didlm tour trsbt ... ??? Kl begitu akan tdk mudah tertipu oleh psk yg berkeliaran trsbt ... ???



Selasa, 11-05-2010 15:52:54 oleh: Guntur geni

Benarkah mitos tentang kemukus??
Ada yg mau ngajak saya?? Tante asal ga gemuk dan tidak jelek boleh ajak aku. Penasaran nich. Siapa tahu jd ikut kaya. 30th 175cm 70kg. 085727727567




Sabtu, 19-06-2010 09:54:33 oleh: dwi

percaya atau tidak terserah kitanya tapi membuat saya penasran ingin membuktikannya.........apa mau barenagan ......



Minggu, 18-07-2010 11:24:57 oleh: bastian adhy

apakah benar semua itu terjadii??
sebenarnya saya percaya,tapi saya belum tau cara menempuh jalan kesana dan saya tidak tau apa yang saya lakukan ntar disana..bolehkah saya tau bagaimana caranya kesana???dan biaya untuk ke kemukus itu sekitar berapa??saya itu pengangguran sudah hampir 2 tahun,saya ingin jadi orang kaya??tolong komen saya ini dijawab bagi orang yang tau dan pernah kesana...




Minggu, 18-07-2010 17:55:16 oleh: joko samudro

Hanya sugesti!!!!

Kalau dilakukan dengan iklas, senang hati, tanpa paksaan, tanpa bayaran dan pelakunya yakin,maka ritual apapun pasti akan memberikan sugesti/semangat baru dalam berusaha mengejar kekayaan atau mengejar keberhasilan apapun. Tapi hari gini sepertinya sulit mendapat partner yang benar-benar setujuan, bagi peminat hati-hati jangan sampai terjebak penipuan, apalagi banyak psk dan laki laki hidung belang disana lho.




Minggu, 18-07-2010 23:57:47 oleh: agusprabowo

boleh juga tuh untuk dicoba, kali ja beruntung.



Jumat, 13-08-2010 03:11:08 oleh: Tb. ara permana

sebenarnya gunung kemukus dulu pernah ada. tapi,.
skarang mungkin hnyalah sebuah cerita novel yg di inspirasikan oleh pengarangnya.
gunung kemukus,. gunung yg mnyimpan fenomena ghaib / sex ghaib dimana ritualnya hanyalah bersetubuh dengan pasangannya yg bukan muhrimnya dan baca - bacaan khusus yg di berikan oleh sang kuncen.
berlanjutlah kisah tersebut, fenomena sex ghaib itu akhirnya di tutup oleh masyarakat setempat dan alim ulama yg mnghawatirkan tindakan trsebut akan merusak prilaku manusia normal, norma agama dan melenceng dri akidah tentunya.




Jumat, 13-08-2010 03:19:15 oleh: yeda rawayan

gunung kemukus itu di mna??
btul kah gunung kemukus sudah tidk ada..
apa bnr gunung kemukus di tutup oleh masyarakat setempat dan alim ulama..




Kamis, 16-09-2010 23:26:01 oleh: PARMIN

MEMANGG ADA TUU RITUAL KY GITUU GA JAUHH KO DR RMH Q.MAINNN JA DULU KESINI JNG LUPA MAMPIRR



Rabu, 01-12-2010 14:31:47 oleh: mjundi

Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan pada Qatadah, “Sungguh aku akan memberitahukan pada kalian suatu hadits yang tidak pernah kalian dengar dari orang-orang sesudahku. Kemudian Anas mengatakan,

"Di antara tanda-tanda hari kiamat adalah: sedikitnya ilmu dan tersebarnya kebodohan, diminumnya khamr, merebaknya perzinaan" (HR. Bukhari dan Muslim)




Senin, 06-06-2011 10:19:35 oleh: primarta cah gaul

mw buktikan tp tkut gk dapt pasangan



Sabtu, 10-09-2011 02:12:38 oleh: Tiwul

bagaimana kalau q mau ke Gunung Kemukus sedangkan q seorang karyawan,bukanlah seorang pedagang,menurut cerita orang2 yg biasa kesana adalah seorang pedagang karana untuk penglarisan,mohon jwaban




Sabtu, 03-03-2012 10:16:33 oleh: heriwijaya

lokasi persisnya di sragen sebelah mana ya ?
dan apakah bisa cari pasangan di sana - yg bukan PSK ?
tlg informasinya ya dari teman2 yg pernah ke sana atau yg punya pengalaman di kemukus.
thanks.




Selasa, 03-04-2012 13:15:06 oleh: maryam

ritual kyak gitu tuch..kerjaannya org kafir,,musryk,,dosanya berlipat lipat,g bklan diampuni ALLAH masuk ke neraka jahanam..bisa2 bukannya kaya tp malah kena penyakit kelamin...perbuatan sepertiitu dilaknat Gusti ALLAH...bertobatlah...



Jumat, 13-04-2012 21:09:38 oleh: danang

saya ke gunung kemukus tgl 5 Aril 2012 pas malam Jumat kliwon. asyik sekali disana bisa Jiarah di makam Pangeran Samoedro dan ada ritual yang lain. unt info bisa 08562894998 trims



Jumat, 13-04-2012 21:11:20 oleh: danang

6ya tapi semua bergantung pada keyakinan dan kemantapan hati aja



Kamis, 03-05-2012 18:18:10 oleh: pajri

tidak percaya itu semua pri laku yg mengada ada.yg tidak ada kebenarannya, jgn percaya cerita ini.hhehehe





Jumat, 25-05-2012 11:45:46 oleh: syitta

kyagg ap siich gunung kmukus jadii pnasaran



Selasa, 17-07-2012 17:53:11 oleh: oktavianus saloko

Penulis berhasil menggiring pembaca untuk masuk jauh kedalam ceritanya, bila pembaca tidak berhati-hati maka bisa terbawa arus. Tapi yang jelas pembaca perlu instropeksi diri agar dapat menjadi penyeimbang dalam alur cerita dimaksud, dan tidak sekali-kali melakukan pembenaran pada cerita tersebut.



Rabu, 29-08-2012 10:26:54 oleh: ratu kiara

Astagfirullah... Begini jadinya kalo manusia ga yakin sama kasih sayangnya Allah SWT. Iman hilang, dan cuma mikirin materi, tanpa takut dosa dan ga inget kematian. Naudzubillahi mindzalik...!!!



Jumat, 31-08-2012 06:03:25 oleh: irf

Syirik uy...



Selasa, 11-09-2012 00:08:19 oleh: Sulistyo Pramono

apapun itu patut kita renungi, sebelum kita melangkah lebih jauh...........................



Rabu, 12-09-2012 18:36:59 oleh: gegha budhiono

Penasaran ikut dong tp d jamin kaya lho.



Minggu, 07-10-2012 16:33:04 oleh: yustytio aditya

sebuah legenda,,,mitos..bisa jadi nyata,bisa juga tidak...manusia punya keyakinan sendiri-sendiri,jadi silahkan saja plih apa yang jadi jalan terbaik kalian,,,kita cukup mendoakannya saja...kalaupun ritual2 itu harus dilaksanakan,,tujuannya sudah berbeda,,,knikmatan sesaat,,,tak usah jauh2 ke gunug kemukus...lokalisasi banyak,,,



Sabtu, 20-10-2012 21:01:41 oleh: Ronggowarsito

Ritual syetan, jangan percaya, jangan ikut-ikutan, dan jangan coba-coba. yang halal-halal saja kalau usaha, dan berdoalah utk usaha anda dengan sungguh2 semoga Sang Penbuaat pebendaharaan langit dan bumi ini memberikan karuniaNya......amin.



Selasa, 30-10-2012 17:41:03 oleh: gegetasi

bohong besar kalau tanpa tumbal,, namanya berkat dari setan pasti ada tumbalnya



Selasa, 13-11-2012 11:54:11 oleh: warsito

dekat gemolong (kulon sragen)letaknya atau dari salatiga sampai di suruh menggok ngetan.....selamat



Selasa, 18-12-2012 01:24:57 oleh: AISAH MALUKU

Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekaran sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya di BANK bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri itu semua berkat bantuan AKI ROSO yang telah membarikan anka 4Dnya kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin seperti saya HBG 081/242/334/853 AKI ROSO,nomor ritual AKI ROSO dijamin 100%





Jumat, 18-01-2013 09:51:42 oleh: bimo satrio

sy dan istri sy ingin ritual di gunung kemukus, kami sudah sepakat untuk mencari pasangan sendiri2, karena kami percaya bhw "korban" untuk mendapatkan berkah di gunung kemukus adalah korban perasaan, karena merelakan pasangan kita berhubungan seks dengan orang lain. adakah yang ingin membantu kami atau anda ingin melakukannya bareng dengan kami? silahkan add fb kami : bimo satrio, dengan alamat email : bimosatriosakti@gmail.com. trims.. salam.



Jumat, 08-02-2013 11:37:15 oleh: bayu febrian

aq minat... dan aq tahu tmptnya ,,, aq org semarang apakah ada yg mau berpasangan dgnku



Rabu, 20-02-2013 13:42:22 oleh: yon72

Setahu saya kalau melakukan ritual di sana tidak boleh ada janji dulu dengan pasangan ritualnya. Jadi pasangan ritual harus sama2 tidak saling kenal dan tidak boleh memilih yang dikehendaki. Anda bertemu dengan pasangan ritual ketika sama2 masuk ke makam untuk ziarah P.Samudera. Kalau di dalam makam anda bertemu pasangan yang masih muda dan cantik/tampan ya keuntungan anda, tapi kalau ternyata sewaktu masuk ke makam ternyata pasangan anda seorang nenek/kakek ya harus anda terima....



Rabu, 20-02-2013 16:17:58 oleh: dede

Katanya kalo kesana harus bawa istri orang lain....kalo ad yang minat aku mau.....




Jumat, 08-03-2013 13:34:11 oleh: Husein syahlani

WONG EDAAAN



Kamis, 21-03-2013 12:56:50 oleh: asep

ada yg pny bukunya gak?
ane lagi nyari nui..........
wt d bedah......
lok ada yg pny or tahu t4 wt beli tlng kabari ya.......




Minggu, 24-03-2013 23:42:08 oleh: ahmad gevin

alamatnya dimana ya?
saya pernah dengar sich gunung kumukus?




Selasa, 02-04-2013 23:43:25 oleh: jody

Asthagfirullah....

Sekali lagi janji setan terbukti untuk menyesatkan umat manusia...... sekali lagi setan/jin kafir tertawa terbahak2 dengan senangnya..

Lupain aja gan.. hati-hati ritual sesat ni.. tanya hati agan masing2 mau jadi hamba Allah atau jadi hamba setan?

Ormas Islam... habib-habib... para alim ulama.. pada kemana ya...? Pemerintah??? ya nyari untungnya doank...




Minggu, 19-05-2013 10:29:45 oleh: ade K

jaman edaaan, syetan telah banyak menyesatkan anak adam,orang suka kepada hal musyrik,,ingat ada dosa yang tidak pernah di ampuni yaitu syirik/menyekutukan Allah swt, ingatlah sob sebelum ajal menjemput dan penyesalan yg tiada tara kalian dapat! rejeki yg halal masih banyak kok,



Rabu, 22-05-2013 01:18:47 oleh: riris

benar apa kata mas oktavianus saloko, hati2 para pembaca :p

tapi saya penasaran sama novelnya, pengen punya, ada info? thanks




Kamis, 30-05-2013 19:53:20 oleh: anan sangkar

aku pingin kesana tapi lum da pasangan kira kira ada yg mau bantu ak tdk yaaaa!



Minggu, 16-06-2013 10:52:02 oleh: afandy anwar

orang" ini gag jelas smua,,, mendingan ayuk kita bareng" ksana,,, biar jelas duduk permasalahanya,,, ok ,.,...



Jumat, 05-07-2013 09:00:54 oleh: miko

Ritual seks di kemukus sebenarnya hanya akal-akalan setan, yang perlu diwaspadai disana bukan hanya dosanya aja tp juga penyakit kelamin. satu PSk ketika mlm jum'at pon bisa melayani 10-20 pria dan semuanya tanpa kondom/pengaman. alasanya klo pake kondom ndak bisa cepet maaf "keluar" yg akan membuat psk merugi waktu. maklum mereka ramenya hanya mlm jum'at pon dan jum'at kliwon bukan tiap hari. Jadi waspadalah dan selalu gunakan pengaman ktika bercinta di gunung kemukus.



Sabtu, 06-07-2013 11:53:57 oleh: andrie

Yah.....pengin kaya nih jadinya....tapi ga perlu krj.....mau dong



Minggu, 15-09-2013 23:28:35 oleh: jookoo p samudro

Saya sdah sering ksana, kalau niat kita ziarah ya harus ziarah dan gak usah bawa pasangan atau mikir cari pasangan ternyata bisa berhasil.
Klo mau cari pasangan, hati2 kebanyakan mereka hanya mencari uang. sebaiknya bawa sendiri dari rumah, itu lebih aman.




Rabu, 18-12-2013 01:17:21 oleh: hen

setuju , mari kita buktikan ke sana rame2, kalo ada yg dr surabaya, saya ikut ya



Rabu, 08-01-2014 18:18:40 oleh: san

Wauuuu, masak sihhhhh



Senin, 13-01-2014 05:11:05 oleh: Asep Muhammad

hidup. mati, rizki, senang dan susah,serta jodoh semuanya adalah kehendak Yang Maha Kuasa, Cari jalan lain yang diridoi-Nya,



Minggu, 23-03-2014 22:38:04 oleh: surtitedjo

bertobatlah wahai saudara2ku yang muslim, karena semua itu jalan menuju neraka, allah maha kaya mintalah kepada NYA, insyaallah dikabulkan...amien



Kamis, 17-04-2014 22:02:35 oleh: Andy Harahap

Omong kosong! itu cuma bualan belaka, percaya kayak gituan sama aja syirik apalagi melakukan perbuatan yg dilarang sam agama benar2 dosa besar!
lok mau sukses kuncinya usaha,doa,dan motivasi . . .




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY