Meidy

Beberapa Alat Terapi Bicara untuk Jane

Selasa, 25-11-2008 14:03:37 oleh: Meidy
Kanal: Kesehatan

Di dunia ini tidak sedikit anak-anak mengalami keterlambatan berbicara. Penyebabnya pun beraneka ragam. Banyak peneliti, pembicara yang telah menuliskan hal-hal tersebut bahkan tidak sedikit orang yang mengatakan hal itu biasa, tapi hati-hati karena sesuatu yang biasa itu bisa menjadi ‘luar biasa’.

Saya mencoba berbagi dengan apa yang telah dan sedang dialami, dilakukan oleh adik saya di kehidupannya sehari-hari dalam hal mencoba mencari jalan untuk mengatasi keterlambatan Jane (7 tahun) berbicara. Sekarang Jane sudah mengalami banyak kemajuan… :-)

Pada Jane, penyebab gangguan bicara:

Dari sisi otak:
Pernah terdapat perlambatan pada gelombang bicara di otak, melalui hasil EEG (Electroencephalogram) terlihat bahwa dulu otak depannya pernah berkembang belum sempurna, juga terdapat gangguan myelinasi pada daerah temporal otak. Inilah yang mengakibatkan gangguan motorik. Jane menjalani terapi auditori Tomatis untuk menstimulasi otak untuk bahasa melalui musik berfrekuensi tinggi dan suara ibu yang difilter dengan alat khusus untuk menghasilkan frekuensi yang tinggi dan stabil. Kuping kanan dominan dan daerah "bone conduction" merupakan fokus Tomatis.

Dari sisi struktur:
Menurut dokter osteopath, terdapat pergeseran "twisted" di daerah tulang occiput pada bagian kepala Jane. Hal ini otomatis mempengaruhi rahang, lidah dan bibir. Nah... dokter tersebut masih sulit untuk menyelesaikan masalah Jane, karena Jane masih sulit diam dalam posisi terlentang, juga tulang-tulang kepala Jane rada "bandel", keras sehingga sulit diadjust.

Nah, daripada terlarut dengan masalah yang belum selesai, maka mamanya mencoba menggunakan alat-alat oral motor, yang langsung pada organ. Mudah-mudahan organ lebih luwes, dan mungkin akan mempermudah pekerjaan si dokter osteopath nantinya.

Berikut ini adalah salah satu catatan adik saya untuk para orang tua yang mempunyai anak yang sedang atau akan menjalani terapi bicara. Ini dia tuliskan berdasarkan pengalamannya.

* * *

TIPS bagi para orang tua, MENGENAIHAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MELAKUKAN LATIHAN-LATIHAN MOTORIK MULUT (“ORAL MOTOR EXERCISES”) UNTUK ARTIKULASI, DENGAN MENGGUNAKAN BANTUAN ALAT-ALAT TERAPI MULUT:

· Posisi tubuh anak yang dilatih:

Posisi tubuh harus duduk tegak dengan sudut 90 derajat (bayangkan posisi duduk: kepala sebagai salah satu sudut, tulang ekor sebagai sudut 90 derajat, lutut sebagai salah satu sudut lainnya). Posisi tungkai kaki dari lutut ke telapak kaki tidak menggantung. Beri penyangga jika menggantung, atau duduk di kursi khusus yang dapat diatur tinggi rendahnya.

· Organ-organ rahang dan bibir yang akan dilatih tidak dalam posisi mengunci atau dilakukan dengan posisi yang salah (terjemahan harafiah saya atas “fixing”). Untuk itu kita butuh “jiggler vibrator massager”, yang dilekatkan pada daerah rahang, pipi, dagu, bibir, selama beberapa saat sebelum memulai latihan, sehingga organ-organ tersebut lebih rileks. Catatan: Sebaiknya jangan menggunakan vibrator bagi anak yang mempunyai masalah gelombang kejang, sebab, adakalanya vibrasi memicu terjadinya gelombang kejang.

·Rahang merupakan dasar yang paling penting untuk artikulasi. Kita dapat menggunakan beberapa alat bantu :

 

Tahap pendahuluan I : ARK’s Probe atau Z-Vibe. Instruksi terlampir pada alat. (foto 1)

Tahap pendahuluan II : Red Chewy Tube, Yellow Chewy Tube, Purple Grabber, Green XT Grabber. Instruksi terlampir pada alat. (foto 2)

Program Inti I : Menggunakan “Jaw Grading Bite Blocks” sesuai instruksi pada alat. Terdapat sepasang alat dengan 6 tahap yang harus dilalui dengan sempurna, sebelum beralih ke program inti yang kedua. (Foto 3)

Catatan : Jane belum sampai pada tahap berikut ini tapi mamanya udah nyiapin alat-alatnya.

Program peralihan : Menggunakan “Progressive Jaw Closure Tubes Kit”sebelum beralih ke penggunaan sedotan untuk minum dan program pengembangan bicara lainnya. Instruksi terlampir pada alat.

Program Inti II : Menggunakan “Jaw Exerciser”. Terdapat 2 alat yang tahapnya harus dilalui dengan sempurna, sebelum melakukan program selanjutnya. Instruksi telampir pada alat. (Foto 4)

·Setelah melakukan program pada rahang, maka kita beralih ke program untuk bibir. Dari sekian banyak alat untuk melatih bibir, alat-alat dasar yang dapat dipergunakan: (Foto 5)

Flavored Tongue Depressor : agar bibir dapat mengatup dan menghasilkan bunyi m…., juga agar sensori hidung mendapat sensasi aroma buah (Catatan, tidak untuk anak yang sangat alergi terhadap aroma strawberi, anggur dan ceri). Jika alergi, gunakan tongue depressor yang tanpa aroma.

Horns : Perhatikan bahwa horn mempunyai beberapa tahap. Fokus utamanya adalah “lip closure” (bibir mengatup), dan seterusnya. Jika anak sama sekali belum mampu meniup, maka pergunakan “Pre-hierarchy horn”. Harap memperhatikan tahapan pada instruksi alat. Hal-hal penting yang perlu diingat: (1) horn tidak boleh digigit, (2) Jangan mempergunakan lebih dari 1 alat tiup selama latihan, (3) perhatikan target huruf yang seharusnya mampu diucapkan setiap kali hendak menuju ke tahap alat tiup berikutnya, (4) perhatikan nafas pada saat meniup, harus tampak pergerakan pada perut, bukan hanya pada dada, sebelum menuju tahap berikutnya, (5) perhatikan perhitungan pengulangan yang harus tercapai pada saat akan pindah ke horn berikutnya. Terdapat 12 horns, jika kita hendak mengikuti program dari “Talk Tools”. Beberapa bulan yang lalu, “Talk Tools” masih mempergunakan 14 horns. 2 horn tidak mereka pergunakan lagi saat ini, tetapi, bagi saya, merupakan program “optional”.

ARK’s Z Vibe : Baca instruksi pada alat, “tips”(alat pada ujung) mana yang diperlukan untuk melatih bibir.

Jiggler Vibrator : Dapat sebagai pengganti boneka untuk melatih bibir anak dalam mengatup dan mencium pada program “kiss” yang terdapat pada buku “Oral-Motor Exercises for Speech Clarity” yang diterbitkan oleh “Talk Tools”.

·Setelah program pada bibir, maka kita lanjut ke program untuk lidah: (Foto 6)

Seringkali kita melatih gerakan lidah dengan mengarahkan anak untuk menjulurkan lidah ke luar, ke bibir, padahal, jika kita perhatikan, pada waktu kita berkata-kata, kita tidak pernah berbicara sambil lidah terjulur ke luar. Jadi, latihan yang lebih cocok, adalah, latihan lidah di dalam rongga mulut.

Straws : Perhatikan bahwa straws (sedotan) mempunyai beberapa tahap. Sesuai dengan titik-titik mana yang hendak dikuatkan pada lidah. Hal-hal yang penting untuk diingat: (1) straws tidak boleh digigit, (2) Jangan mempergunakan lebih dari 1 sedotan selama sesi latihan atau paling tidak selama 1-2 minggu sampai tahapnya berhasil. (3) Perhatikan instruksi, berapa bagian sedotan yang boleh masuk ke mulut. (4) Perhatikan jumlah air yang harus diminum selama durasi tertentu, untuk menilai keberhasilan penggunaan setiap straws.

ARK’s Z Vibe :Baca instruksi pada alat, ”tips” mana yang diperlukan untuk melatih lidah.

Toothettes dengan atau tanpa Vibrator: Baca instruksi penggunaannya pada alat. Sebaiknya jangan menggunakan vibrator untuk anak yang mempunyai gelombang kejang, jika gelombang kejangnya dapat terpicu oleh getaran (vibrasi).

Tongue Tip Lat-Elev Tool Set : Untuk latihan lidah tingkat lanjut.

Demikian, tips singkat ini saya buat untuk membantu para orang tua. Metode yang dijalankan oleh Sara R. Johnson (“Talk Tools”), menurut saya, sangat sistematis dan tujuannya jelas (Foto 7). Namun, adakalanya, kita harus melakukan modifikasi, jika terdapat kesulitan dalam menyelesaikan satu program, mengingat setiap anak berbeda. Cara-cara menggunakan alat, sebagian besar saya baca dari buku, ikut pelatihan, dan saya lihat dari terapis oral motor anak yang menjalankan teknik “Talk Tools”.

Saya bukan terapis, agen, ataupun praktisi berlisensi dari “Talk Tools”, untuk itu saya sangat menganjurkan untuk meminta saran dari terapis (tentu saja yang mengerti penggunaan alat-alat dari “Talk Tools”), ikut pelatihan yang diselenggarakan oleh “Talk Tools”, membaca buku, serta menonton DVD yang dijual oleh mereka, jika ingin menjalankan program-program dari mereka. Alat-alat mereka sangat banyak. Semuanya mahal bagi saya. Namun, mengingat sebagian besar alatnya selalu dilampiri dengan instruksi, serta dapat kita kerjakan sendiri, tentu saja pada akhirnya dapat mengirit pengeluaran. Dan, yang terutama, anak saya dapat bertambah maju.

Program-program “Talk Tools” ini tidak menggantikan program terapis wicara konvensional, namun menurut saya, sangat membantu anak-anak yang mempunyai gangguan motorik mulut, seperti anak saya. Silakan browse www.talktools.net untuk melihat variasi alat-alat mereka. Mohon maaf, jika terdapat hal-hal yang kurang dimengerti atau kurang berkenan.

Salam, Rosa (mama Jane)

* * *

Selain dari terapi di atas, Jane juga menjalani terapi yang meliputi fisik untuk motorik, sensory dan reflex integrasi. Tulisan ini saya buat agar para orang tua yang mempunyai anak ‘special’ tetap mempunyai semangat karena setiap kesulitan pasti ada jalannya walaupun jalan itu berbeda-beda asal kita semua berusaha. Semoga ini bisa membantu.

Bookmark and Share

Tag/Label jane, terapi bicara, autis, anak-anak
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
34 komentar pada warta ini
Selasa, 25-11-2008 15:26:53 oleh: Agus Mardhika

Mba Meidy dan Mba Rose terima kasih info dan artikelnya.

Minggu kemaren tanggal 23 November, Hafiz di urut sama tukang urut bayi, (kami memang sudah berlanganan dengan Mak' Urut tersebut) dan disarankan untuk setiap hari Jum'at pipinya ditepuk-tepuk dengan daun sirih. tapi daun sirih tersebut harus langsung dari pohonnya.

Yaaa.... percaya tidak percaya juga sih, tapi saran ini akan kami coba (istri saya yang akan melakukanya), walaupun otak kecil saya menentang anjuran tersebut,

Tapi kalu saya pikir-pikir... dulu Kakak Ipar saya juga sudah umur 4 tahun belum bisa jalan, dan kakinya dipecut/disabet pake BELUT, dan dua hari kemudian sudah bisa berjalan...

Itulah kekuasaan Tuhan, kita tidak pernah tahu Dia menolong umatnya melalui perantara apa,siapa,dimana...

Tapi untuk Ade Jane, sepertinya kasus nya berbeda dengan Hafiz, Ade Jane lebih complicated permasalahannya.

Saya masih menunggu perkembangan Hafiz sampai 4 bulan kedepan, kalau memang tidak ada kemajuan, mungkin saya harus "berguru" dengan Mba Jane dan Mba Rosa..

Salam Untuk Ade Jane dan Kak Figo..
Keep the faith...




Selasa, 25-11-2008 15:29:26 oleh: Agus Mardhika

mungkin saya harus "berguru" dengan Mba Jane dan Mba Rosa..


Maksudnya..

mungkin saya harus "berguru" dengan Mba Meidy dan Mba Rosa..

hi..hi..hi.. ;-))




Kamis, 27-11-2008 04:15:58 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Meidy, ada yang sedang kami kembangkan, mungkin bisa membantu Jane.
Terima kasih untuk share yang mengingatkan saya untuk melanjutkan kembali "sesuatu" yang saya simpan (sementara)




Kamis, 27-11-2008 16:04:15 oleh: Meidy

@@ Mas Agus,
Menurut mamanya Jane, bukan daun sirihnya yang membantu proses bicara anak, namun, terutama, stimulasi ke pipi si anak. Kalo Jane sih, pakainya jiggler vibrator, ditambah dengan pijatan khusus untuk daerah wajah. Seperti juga, ada yang mengatakan, kerik lidahnya pakai cincin kawin, malah, ada yang nyuruh pada bibirnya dijalankan ritual patuk paruh burung. Alamak.... Apa pun caranya, orang zaman dulu sebenarnya kreatif juga cara menstimulasinya. Pada dasarnya, tujuannya sama, stimulasi pada pipi, bibir, lidah.
Kalo titik yang dituju pas, dan mendapat restu dari sang Pencipta, yah.. pasti hasil akan baik.

@@ Tante Nury, terima kasih atas infonya.
Tgl 12 - 19 Desember 2008 nanti Jane n mamanya akan mengikuti terapi oleh Dr. Svetlana Masgutova.




Kamis, 01-01-2009 21:46:45 oleh: MAMA AKBAR

Mama jane, kasus Jane hampir sama dengan anak saya akbar, ia baru bisa berjalan di usia 2 tahun 8 bln dan mulai mau berbicara 4 tahun, itupun hanya beberapa kata yang bisa di ucapkan. Tetapi saya tidak pantang menyerah, walaupun hanya beberapa kata yang ia bisa saya selalu mengajarinya untuk mengungkapkan kata-kata walau kadang bahasanya tidak bisa dimengerti. Alhamdulillah di usianya yang ke 7 ini akbar dah banyak ucapan sampai kadang kewalahan menjawabnya, tetapi ucapannya ada yang tidak jelas pada huruf-huruf tertentu. Berjuang terus mama Jane, terima kasih atas informasinya sangat membantu banyak orang yang memiliki anak yang mempunyai kasus yang sama.



Selasa, 24-03-2009 15:03:27 oleh: netsen

sangat menarik



Jumat, 27-03-2009 13:22:13 oleh: eka respaeti

waah ternyata yang punya masalah dg bicara sangat banyak, anaku udah 3 tahun tapi sangat jarang ngomongm pernah ngomong 1 or 2 kata tapi ilang lagi.. banyaknya menjerit yang gak jelas, gimana nee, cara yang relatip bisa membantu anaku buat ngomong



Jumat, 10-07-2009 05:38:34 oleh: dewa

Anak sy 6th, sudah banyak terapi sejak usia 2,3 thn samapai skg bicara nasih spontan, padahl sudah dikerik dn cincin tiap hari jumat dipijat dgn listrik, ditotok ada ide yg bisa kasih solusi trims



Rabu, 02-12-2009 20:22:47 oleh: Yenny Tjiayany

Mama jane, anakku andrew usianya 3,5 tahun,.. anaknya hyperaktif susah sekali bebicara. bicaranya hanya mengambil bagian akhir kata itupun hanya kaliamat gi yang artinya pergi. hal ini sudah kami alami hingga saat ini. Kami sudah berusaha mengajak berbicara hingga pada akhirnnya mencoba, memasukan andrew ke taman bermain. Namun sayangnya selama sekolah lebih kurang selama 6 bulan tidak memberikan hasil atau perkembangan. Apakah mama jane dapat memberikan ide - ide pada kami. agar kami dapat mencoba tahapan - tahapan yang harus kami kerjakan.
Kami orang awam kurang paham cara & menggunakan alat tersebut.
Sekedar info : anak saya terkadang mengerti perintah yang diberikan, dan dipraktekkan misalnya : cium, kiss by, mandi.
Mohon Bantuannya.




Senin, 22-02-2010 10:38:02 oleh: mami mikha

Hi mami jane,

mau tanya di mana beli tounge depressor (karena saya cari di talktools.com tidak dijual)

dan mau tanya paket apa yang perlu dibeli lebih dahulu.

anak saya telat bicara dan mulut susah tertutup. terapisnya bilang ada hipotone di daerah mulut dan masalah sensory juga.

thank you,
Mirna




Senin, 22-02-2010 11:54:18 oleh: Meidy

Nanti saya tanyakan ya pada adik saya alias mamanya Jane. Bisa juga kalau mau bertanya via email saya. Moga-moga kami bisa membantu. Terima kasih.



Senin, 22-02-2010 14:05:15 oleh: GUS WAI

Saya vote berguna



Minggu, 28-02-2010 16:20:17 oleh: Meidy

Hello, ini mama Jane.
Maaf banget ya, karena baru sempat menjawab. Preambule dulu ya jawabannya: Soalnya Jane agak sering kambuh kejangnya. Pada anak special need, biasa kayak gitu, gelombang epilepsi itu datang pada saat jelang usia akil balik.
Disamping December 2009, saya mengundang Svetlana Masgutova dengan metode Masgutova Neurosensory Motor Reflex Integration (MNRI Method) untuk review Jane. Jane ikut metode itu sejak December 2008.
Untuk case Jane, saya memang mixed metode, antara alat, terapi fisik, massage, dan dari sisi komunikasi tentu saja.
Untuk yang nanya flavored tongue depressors, saya masih punya stock, tetapi gak banyak.
Untuk yang nanya alat apa yang duluan: yang pasti, harus benahi rahang dulu, lanjut bibir, lanjut lidah. Untuk rahang, biasanya memakai alat ARK probe & chewy tube set, setelahnya ke jaw grading bite blocks. Nah..biasanya setelah memenuhi kriteria pemakaian jaw grading bite blocks yang nomor kesekian, baru deh mulai dengan latihan alat tiup untuk stimulasi bibir (ada urutannya untuk fokus ke artikulasi huruf apa saja). Memakainya pun ada hierarkhinya dan kriterianya jelas. Saya beri contoh Jane: u/horn (alat tiup)# 1, Jane butuh waktu 1 tahun baru saya luluskan. Kriteria lulus bagaimana contonya: alat tiup tidak digigit, dapat melakukan repetisi tiupan 20-25x berturut-turut dengan mantap, istirahat 10-15 menit, lalu lanjut lagi (sampai 3 putaran), lantas, pada saat meniup, apakah nafas yang dipakai untuk meniup telah melibatkan perut, dan, apakah sudah mulai muncul bunyi billabial (m,b,p). Jangan pernah mencampur pemakaian berbagai alat tiup dalam suatu periode terapi, sebelum tujuan utama tercapai, karena organ bicara anak akan bingung. Selanjutnya lidah. Lidah biasanya distimulasi dgn sedotan yang sudah jelas perutukannya, ingin memperkuat lidah yang sisi mana (ada 8 daerah di lidah) . Kriterianya juga jelas pada instruksi, diantaranya tidak boleh digigit, sedotan yang masuk bibir hanya berapa inch.




Minggu, 28-02-2010 16:29:10 oleh: Meidy

Ini mama Jane lagi:
Untuk yang nanya ucapan biasanya hanya akhir kata, coba deh, kalo mau memancing bicara dengan anak jangan biasakan seperti ini: mau minum su....(dengan harapan anak akan menyambung ..su), atau ini apa sayang?..sambil kita pegang biskuit, terus nanya/mancing bicara anak : kita berkata: bis....(dengan harapan anak menyambung ..kuit)..hm.. akhirnya si anak akan suka berbicara gaya separuh kata: su, kuit. Jane, walaupun artikulasinya masih jelek, karena berbagai faktor, terutama kekuatan nafas, dia mampu mengucapkan suatu kata dengan penggalan suku kata yang jelas. Misalkan kata : membaca, dia akan mengatakan sambil terengah-engah: mem ba ha (masih sulit katakan ca, tetapi kita hargai, kita ulangi, betulkan cukup sekali, kita katakan: membaca). Jangan terlalu sering mengatakan bahwa anak salah, karena nanti frustrasi disamping saya tidak ingin mengaktifkan reptilian brain Jane dengan terus menerus mengulang-ulang suatu materi.




Minggu, 28-02-2010 16:42:43 oleh: Meidy

Semoga 2 posting saya di atas bermanfaat ya. Oh ya..Jane sangat maju, juga tertolong oleh Masgutova Neurosensory Motor Reflex Integration. Metodenya sangat bagus, tidak perlu waktu yang banyak, dilakukannya pun boleh di mana saja, rata-rata dilakukan di pagi sampai siang hari. Namun....sangat mahal bagi mata uang kita yang sangat rendah nilainya. Kapan ya..negara kita punya foundation yang membiayai pakar yang orisinil yang kompeten untuk membantu anak-anak itu? Di negara lain, ada foundation yang membiayai. Di Indonesia, belum ada 1 pakar atau terapis pun yang ikut pelatihannya. Ada pakar yang berupaya untuk mempraktekkan ke anak-anak, hanya dari fotocopy-an dan DVD..nama metodenya pun dimodify sdikit ..aduh..seram...karena saya tau efeknya yang huge, sehingga, tekniknya juga tidak boleh sembarangan. Boleh klik di www.masgutovamethod.com, untuk liat yang original berikut terapis yang berkualifikasi.
Salam....




Sabtu, 27-03-2010 21:26:08 oleh: teguh

Dimana beli alat therapy bicara dan berapa harga 1 paket alat terapy yang lengkap.
terima kasih banyak




Sabtu, 08-05-2010 15:33:27 oleh: vivi fatah

adek saya yg umurnya 5 th masi belum bisa bicara dengan benar.
atau kadang-kadang jika dia sedang marah, dia sering berbicara bahasa planet yang tidak ada orang yang mengerti bahasanya....
terima kasih atas waktu luangnya, semoga bermanfaat buat keluarga...




Kamis, 17-06-2010 09:22:42 oleh: i wayan suastawa

saya wayan dari bali, anak pertama saya 3,5th masih belum bisa bicara dengan baik, susah diajari, cuma bisa 1 kata 1 kata saja dia sudah 1 th di PG tapi tidak ada perkembangan, kadang mengoceh dgn bahasa yg sulit dimengerti pernah terapi, tapi kurang ada hasilnya.Di bali saya tidak tau dokter atau tempat terapi lain krn ditempat skr saya merasa kurang ada perkembangan, mohon teman2 di forum ini kasi informasi tempat terapi di bali. trims



Jumat, 17-12-2010 13:37:10 oleh: adella

kalau saya mau membeli alat-alat bagaimana?



Senin, 27-12-2010 14:24:14 oleh: dona

anak saya umur 5 tahun belum juga bisa bicara. thank you for sharing that. Terus terang aku belum pernah bawa terapi. kira2 apa langkah pertama yang harus saya lakukan? Siapa yang harus saya kunjungi?



Rabu, 27-07-2011 13:53:45 oleh: fathiya

sharing yg menarik. kebetulan saya sdg kerja praktek di RSUP. DR Sardjito Jogja. bagian poliklinik tumbuh kembang anak.

dsni byk jg pasien anak speech delayed. biasanya ortu mengeluh anaknya yg sudah diatas 3 tahun tp blm bisa bicara dg lancar dan komunikasinya tdk bisa dimengerti oleh orang lain.

dan setelah diperiksa oleh dokter (untuk mengetahui apakah ada kelainan pendengaran atau tidak, ada kerusakan otak atau tidak, dan pemeriksaan fisik lainnya) , kemudian dirujuk ke psikolog untuk mengetahui tingkat inteligensinya dan melihat ada tidaknya faktor psikologis sbg penyebabnya.
kemudian di RSUP ini ada jg penaganan speech terapy sbg tindak lanjutnya.
ortu diharapkan melihat proses terapi tersebut dan mempraktekkannya dirumah juga stiap hari. agar hasil lbh maksimal.

tetap smgt ya bpk/ibu..^^
smg buah hati anda cpt kembali sperti anak seusianya yg lain :)




Senin, 28-11-2011 11:05:36 oleh: ria juli

sangat ingin sekali bisa menerapkan terapi pada si kecil Tristan. Sejak umur 18 bulan menunjukkan gejala autis dan semakin besar semakin tampak autisnya. Sekarang sudah 3,5 thn, sudah ikut terapi perilaku dan pernah terapi wicara di tempat yang sama hanya 4x pertemuan. Untuk perilaku dan kontak mata sudah mulai ada kemajuan, tidak banyak tapi lumayan :) namun bicara sama sekali belum. Yang ingin saya tanyakan, dimana saya bisa mendapatkan alat2 untuk terapi wicara tersebut? supaya saya dpt menerapkan nya sendiri di rumah, terima kasih



Senin, 05-12-2011 07:58:08 oleh: shazia

Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini tumbuh kembang anak, terapi autism, terlambat bicara, ADHD, Down syndrom, musik, renang dengan terapi terpadu, speech terapi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi dan program pendampingan ke sekolah umum. untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Rumah sahabat di Perum Gambiran C 2 UH V, Jl Perintis Kemerdekaan Yogyakarta phone 0274 8267882



Rabu, 29-02-2012 08:18:02 oleh: astin maliku

dimana beli alat bantu terapi bicara dan harganya berapa? terimakasih



Selasa, 27-03-2012 00:29:27 oleh: melinda

salam...
anak imel namanya naysa, sekrng 5 tahun...mnrt dokter dia autis...dia sudah terapi biomedik dgn dokkter meli, dan terapi perilaku, cuma naysa belum bisa berbicara, cuma kalau nangis panggil mama, kadng kalo disuruh pakai sandal jawabnya'iya iya' dan bahasa yg tdk jelas, kmrn saya bertemu terapis wicara dan dianjurkan tuk memakai alatsepert yang jane pakai...ada saran gak...apakah sdh terlambat tuk mencobanya....karena di Banda Aceh sangat2 terbatas untuk terapi wicara dan alat2 yang digunakan

atas perhatiannya saya ucapkan terimaksih




Jumat, 29-06-2012 18:56:13 oleh: nuryani puji

sedih ya...kenapa dalam hal seperti ini biaya pengobatannya selalu mahal...warga spt saya jadi harus bermimpi untuk menggapai nya




Senin, 16-07-2012 23:09:31 oleh: fenny

salam mama jane, sy fenny umur anak sy 4 thn sampai skr belom bisa bicara dgn lancar. bole tau alat tooltalks beli dimana? thanks ats sharing nya



Rabu, 17-10-2012 21:37:53 oleh: heni

mama jane,dimana saya harus mendapatkan alat terapi bicara"talk tool"dan tahapan pemakaiannya.anak saya umur 10 thn,belum bisa bicara,mungkinkah masih bisa dengan menggunakan alat ini,saya harap mama jane bisa membantu saya.trimakasih..........



Rabu, 31-10-2012 14:03:45 oleh: ana

salam kenal mama jane. mama jane,dimana saya bisa membeli alat therapi wicara dan berapa harga 1 paket alat terapi tersebut.
terima kasih banyak




Minggu, 03-02-2013 15:24:58 oleh: masriannur tanjung

salam kenal mama jane...
Anak saya shabila umur nya dah 4 thn tp blom bisa berbicara,niup,minum dan air liur nya terus kluar da di therapy n di scan kt nya ada penyumbatan di otak kiri n knn itu karna dia prnh kejang lidahn nya pun saya perhatikan pendek gak pernah keluar klo di mnta pun dia berusaha untuk melet ttap posisi lidah nya disitu aja saya gk tau harus bawa anak saya brobat kmna kalau teman2 ada yg tau tlng kasi info ke saya..
Terima kasih...





Rabu, 27-02-2013 10:55:04 oleh: suyatno

Salam kenal juga untuk Mana Jane, anak saya umur 4 th sdh implan koklea, akan sangat membantu kalau saya bisa kenalan dan ketemu langsung dengan Mama Jane untuk tukar pengalaman dan bagi tip2nya agar anak saya bisa berbicara lancar, kalau berkenan harap balas di email saya ini, terimakasih



Rabu, 17-04-2013 19:09:28 oleh: magdalena

hi.. kalo boleh tau, Jane terapi dimana? anak saya sudah terapi tapi belum banyak kemajuan.. thanks before..



Jumat, 28-06-2013 11:43:15 oleh: Bagus

Salam.
Saya coba klik talktool.net tidak bisa. Kalau toko yang menjual di Surabaya ada tidak? Atau mungkin ada link lain?. Saya juga butuh buku panduan. Di mana bisa saya dapatkan?. Terima kasih.




Selasa, 16-07-2013 19:11:10 oleh: hendra

salam

maaf numpang share
saya terapis wicara di blitar jawa timur
alamat praktek di praktek terapi wicara apotik dr ismangil . jl merdeka no 4 kota blitar

pagi diRSD Mardi Waluyo
jl kalimantan no 113 kota blitar

sedangkan untuk produk alat terapi yang mendukung kemampuan oral motor dan perkemb bahasa bicara anak bisa kunjungi akun FB kami atau blog

facebook:

https://www.facebook.com/gshop.alatterapi/photos

blog

http://gshopforall.blogspot.com/

atau bisa hub ke nmr 085649013039 hendra


terima kasih




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY