Edy Hendras W

Pengamen: Pengais Rejeki di Dalam Bis Kota

Senin, 24-11-2008 16:06:54 oleh: Edy Hendras W
Kanal: Gaya Hidup

Pagi tadi aku naik Bis dari Bogor menuju ke Bekasi. Biasa dalam bis selalu silih berganti pengamen. Kadang ibu dengan menggendong anaknya menggunakan bekas tutup botol untuk "ecrek-ecrek" dengan melantunkan lagu entah apa. Kadang juga ada seorang gadis dengan tape yang sudah dilengkapi dengan speeker dan menyanyikan lagu ala karaoke, atau aku pernah menemui seorang perempuan yang piawai memainkan gitar dengan lagu-lagu "evergreen" yang sangat aku sukai. Banyak macamlah orang mengais rejeki di atas bis.

Namun hari ini aku menenemukan pengamen yang hanya menggunakan seruling dan beberapa lembar kertas. Dia meniup seruling dengan nada ala Priangan, entah lagu Sunda apa yang diperdengarkan dengan tiupan seruling itu. Namun sebelumnya pengamen tadi yang menggunakan atribut ala seniman, membuka dengan mengucapkan terima kasih. Ada kata-kata yang tersentuh di hatiku.

"Asallamualaikum para penumpang semuanya, Selamat pagi, kami mohon maaf kalau kedatangan saya di sini mengganggu ketenangan bapak dan ibu sekalian" begitu sang pengamen mengawali pembukaannya. Kemudian, dia mengucapkan terima kasih kepada sopir dan kondektur. "Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Sopir dan Bapak Kondektur, hanya andalah yang benar-benar pahlawan sejati bagi kami. Karena anda langsung menolong kami-kami sebagai seorang pengamen, dan mengijinkan kami naik dalam bis untuk meminta keihlasan dari penumpang yang ada di bis anda". Yah Pahlawan sejati, yang langsung menolong para pengamen, sopir kadang dengan sukarela mematikan tape yang sedang diputar bila ada pengamen naik dalam bisnya.

Kemudian yang lebih "enak didengar" di telinga saya adalah kritikan-kritikan ala pengamen tentang kondisi negeri ini, yang disampaikan dengan gaya ala seorang Rendra. Membaca dan kemudian membuang kertasnya.

"Hai para pemimpin negeri ini, janganlah engkau membual dengan-janjimu, ketika engkau membutuhkan rakyat untuk mencoblosmu, namun setelah terpilih engkau hanya menggendutkan perutmu sendiri" dan entah apa lagi kata-kata kritikan buat pemimpin.

Tiba-tiba pembaca ini duduk, kemudian menangis sambil mengatakan kata-kata yang puitis. "Aku lapaaaarrrr, yah aku lapar. Wahai ketahuilah para penguasa, rakyat yang miskin seperti ini, kau tega memakan uang rakyat yang menggendutkan perutmu sendiri. Engkau rakus menelan tanpa berpikir, apakah makanan yang kau telan jadi daging .... Atau malah jadi penyakit ".

Kemudian dia berdiri, aku terbuai dengan gerak-geriknya, seolah-olah aku menyaksikan sebuah tontonan panggung teater. Ada beberapa bait yang dia bacakan, banyak sekali. Namun ada kata-kata yang menyinggung tentang bencana yang silih berganti.

Ah, kondektur sudah panggil penunpang yang mau turun di Bekasi Barat. Dan aku turun juga, dan penumpang yang turun sempat menyisihkan uang receh di topi yang dia bawa. Sepertinya belum semua usai dibacakan kertas-kertas lusuh yang dipegangnya. Entah berapa kali dia bacakan, dan entah berapa bis dia naik dan turun. Sisi lain kehidupan anak manusia yang mengais rejeki dari penumpang bis kota.

Bookmark and Share

Tag/Label kehidupan, pengamen, bis kota
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY