Eryawan Nurcahya

Pengalaman Mendebarkan Menjalani Operasi Laser

Kamis, 20-11-2008 10:37:58 oleh: Eryawan Nurcahya
Kanal: Kesehatan

Malam itu, Jumat 7 Nopember 2008 selepas maghrib, dering telepon terdengar mendayu-dayu. Saya yang saat itu baru akan melangkahkan kaki menuju peturasan untuk mengambil air wudhu, serta merta reflek menjulurkan tangan menjemput gagang telepon.

Suara merdu di balik gagang telepon tampaknya sudah tidak asing lagi di telinga. Olala ... ibu dokter kita, Dr. Nury Nusdwinuringtyas SpRM, M. Epid ... tak salah lagi rupanya. Ternyata beliau berbicara sebentar saja, menjadi penyambung lidah (red-pinjam istilah Bung Karno) dari sang suami, Dr.L.S. Handikin Sp.THT. Dengan suara bariton yang jelas dan khas ... Ndoro Kakung ... ternyata beliau mengundang saya untuk turut menghadiri acara seminar dengan Topik "Aplikasi Kursus Dasar Kedokteran Laser".

Selaku President dari IKLASI / Ikatan Kedokteran Laser Indonesia, Dr. L.S. Handikin Sp.THT mempunyai agenda tahunan di 2008 ini untuk mensosialisasikan Image dari Laser itu sendiri sebagai salah satu dari terapi pengobatan di Indonesia.

Alhamdulillah, tentu saja amanah yang tak mungkin terulang kedua kalinya ini, benar-benar berharga. Dengan anggukan kepala di depan gagang telepon seraya mengiyakan ajakan beliau, rasanya masih takjub saja hati ini.

Esoknya, Sabtu 8 November 2008 bertempat di RS. Pelni Petamburan - Aula Utama di lantai I - Gedung Lama (eh ... bangunan Gedung Lama RS. Pelni Petamburan ini - rasanya termasuk yang sudah dilestarikan sebagai cagar budaya - mengingat arsitekturnya yang masih kental berbau kolonial), dimulai pada pukul 08.00 wib, secara resmi seluruh rangkaian acara seminar telah dibuka.

Walaupun datang sedikit terlambat karena harus hadir dulu mengambil raport bayangan si sulung di sekolah, session I dan II yang terlewatkan ternyata berisi penjelasan asal muasal dari laser itu sendiri. Waktu sekilas saya pelajari isi makalahnya ternyata tak jauh beda dengan diktat tentang Electromagnetic di bangku kuliah.

Nah, session berikutnya yang lebih menantang. Yaitu "Contoh Aplikasi Bedah Umum dengan Media Laser".

 

Tabel. LASER dan Penerapan Medis.

 

No.

Medium

Aplikasi Terapeutik

Sub Aplikasi

 

1.

LASER

Bedah Umum

Reseksi Hati

Ukus Dekubitus

Penguapan Tumor.

 

2.

Bedah Urologi

Tumor Buli-Buli

Partiel Nephrectomi

Ca-Penis

Lithotripsi

Sirkumsisi

Herpes

 

3.

Kebidanan

C.I.N

Endimetriosis

Ca-Vagina

Condyloma

Herpes Genitalis

 

4.

Bedah Syaraf

Tumor Otak

Tumor sumsum tulang belakang

 

5.

Dermatologi

Melanin

Kelainan pigmentasi

Tattoo

Hair Removal / Botak.

Acne / Jerawat

Tahi Lalat

Kutil

Hemoglobin

Kelainan Vaskular

Protein

Non Ablative Skin Rejuvenation

 

Ada beberapa yang menarik dari Tabel di atas yang berhubungan dengan bedah estetika / bedah plastik. Yaitu :

  1. LASER - kebidanan, sub : Ca-Vagina.

Hal ini berhubungan dengan tampilan labia majora vagina, dimana pada wanita yang sudah bersalin beberapa kali, biasanya tampilan alat vitalnya sudah tidak menarik lagi. Dan atas nama keharmonisan rumah tangga demi sang suami, dibuat dan dirancang lagi menjadi menarik .

  1. LASER - dermatologi, sub : Melamin

Untuk tattoo dapat dihilangkan dengan tanpa merusak jaringan kulit dimana tattoo itu berada. Namun bagi tattoo yang berwarna, warna dasar hijau tidak dapat 90% dihilangkan.

Sedangkan untuk kutil dan tahi lalat dapat dihilangkan 99,9% sesuai dengan keinginan pasien.

Demikian pula untuk Hair Removal, kulit kepala tempat dimana akar rambut berada setelah dilakukan terapi LASER, hasilnya mulai tampak tumbuh rambut-rambut halus pada area yang sebelumnya botak.

Nah ... untuk penjelasan yang terakhir, yaitu tahi lalat ... penulis mempunyai pengalaman yang cukup mendebarkan juga.

Di akhir seminar, diadakan demo bagi para peserta bagaimana Laser di masa datang akan mengambil peranan penting di bidang medis. Mengingat banyaknya animo yang bertanya tentang bedah estetika / bedah plastik, maka dipilihlah penulis untuk demo perdana.

Hmmm ... memang sich penulis mempunyai tahi lalat yang berambut di sisi rahang kanan atas dekat mata. Menurut Dr.L.S. Handikin Sp.THT, untuk tipe tahi lalat seperti itu biasanya mempunyai akar yang relatif dalam dengan tingkat kesulitan di atas rata-rata.

Dengan perasaan hati yang berdebar-debar bercampur aduk rasa cemas ... khawatir kalau-kalau sang istri tercinta di rumah tak lagi mengenali suaminya ... yang sukur-sukur setelah sukses dilakukan bedah estetika, berubah menjadi seorang ...Tom Cruise ...

Juga ... sebenarnya ingin bertanya dahulu ke Suhu Tan (padahal esok Seninnya baru akan jumpa dengan beliau di acara "Wikimu on Air"), jangan-jangan tahi lalat ini berhubungannya dengan hoki juga dech. Tapi, tak apalah dengan semangat '45, penulis tetap maju tak gentar menerima tantangan turun gunung dari Dr.L.S. Handikin Sp.THT ... (tak tahunya, setelah jumpa dengan Suhu Tan, ternyata rekomendasi untuk menghilangkan tahi lalat di daerah seputaran mata, adalah sesuai dengan Fengshui dan sangat dianjurkan bila dapat dilaksanakan) ...

Tahap awal, penulis diperintahkan berbaring di ranjang operasi dengan sisi rahang / muka dimana tahi lalat tersebut berada, menghadap ke sisi atas. Setelah "Titik Operasi" sudah ditentukan, yaitu daerah seputar tahi lalat tersebut, lalu kemudian diberikan krim pelunak jaringan kulit dan disuntikkan cairan pemati rasa / bius.

Dalam hitungan menit, alat pemindai laser yang berbentuk seperti pulpen mulai bercahaya memancarkan sinar langsung ke arah ‘Titik Operasi". Bau hangus seperti daging terbakar mulai tercium samar-samar. Penulis sendiri awalnya tidak merasakan bau sangit yang timbul, malah bau sangit ini pertama kali tercium dan tersebar di antara peserta seminar.

Tak kurang lebih 30 menit, demo perdana berlangsung dengan sukses dan tentunya ... aman ... donk. Bekas operasi hanya perlu ditutupi dengan kapas steril dan diplester saja. Tak perlu dilakukan perawatan esktra, hanya saja sampai tiga hari ke depan tidak boleh terkena air ( wah ... kalau mau ambil air wudhu, gimana yach ...).

Dengar-dengar dari salah satu sumber informasi yang dapat dipercaya, biaya operasi menghilangkan tahi lalat dengan mempergunakan laser ini bisa menghabiskan biaya hingga ... jutaan rupiah ... (terima kasih yach, Dok)

 

Trims ...

 

Keterangan  foto :

 

Gambar.1. Sisi muka tampak tahi lalat sebelum dioperasi.

 

Gambar.2. Sisi muka tampak setelah dioperasi, tahi lalat sudah tidak ada.

 

Bookmark and Share

Tag/Label laser
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
11 komentar pada warta ini
Kamis, 20-11-2008 12:41:28 oleh: Ira Meida

mas eryawan...
skr, udh bermetamorfosis jd tom cruise blm?? hihihihih....




Kamis, 20-11-2008 14:50:55 oleh: Silvi Anhar

oooo.. itu toh waktu kunjungan ke istana itu, wajah mas er, ada plesteran kecil...
silvi kira mas er lagi jerawatan, makanya ditutupin hehehehehe....




Kamis, 20-11-2008 16:07:35 oleh: Eryawan Nurcahya

Mbak Ira ...

Ach ... rahasia dech ... kayaknya lebih seru kalau lihat langsung. Hmm ... tanggal 20 Desember 2008, pasti datang khan ?

Jangan khawatir, saya simpankan khusus buat Mbak Ira ... photo diri yang sedang bermetamorfosis plus tanda tangan ... dariku.

Trims ...





Kamis, 20-11-2008 16:23:48 oleh: Eryawan Nurcahya

Mbak Silvie ...

Aduuhh ... jadi ketahuan dech rahasianya.

Ssstt, jangan kasih tahu donk laporan pandangan matanya ke Mbak Ira, yach ...
Nanti jadi nggak datang dech ke Jakartanya ...

Trims ...




Kamis, 20-11-2008 19:38:14 oleh: L.S.Handikin

Mas Ery,
Nama lengkap mas Ery kan Eryawan Nurcahya(,nama belakang Nurcahya artinya kan sinar(cahaya) )jadi sudah cocok kalau tahi lalat disekitar mata dibuang dengan laser.Syukurlah Suhu Tan merekomendasikan untuk membuang tahi lalat disekitar mata sesuai Fengshui.
Ada perawat di rumah sakit termpat saya bekerja dengan tahi lalat lumayan besar di hidung , saya tawari dibuang saja, menolak dengan alasan nanti suami nggak ngenalin lagi he...he....he.Barangkali perlu konsultasi Suhu Tan dulu yah?




Jumat, 21-11-2008 16:58:20 oleh: Hengky Hepon

wah pantesan sekarang pak ery akarang rada mirp tom cruise tapi hehhehhe maaf saya liat waktu lampu kantor dimatiin, jangan marah ya bercanda



Kamis, 05-02-2009 17:49:02 oleh: ratu

menarik juga artikelnya...kebetulan banget aku juga pengen ilangin tai lalatku yang di hidung....kalo boleh tau berapa ya biayanya...??please..aku udah ga tahan dengan tai lalatku ini yang kian hari kian ga jelas bentuknya...thank u




Sabtu, 03-03-2012 00:09:03 oleh: yanti harrianti

rasanya plong kali yah....ga da yang item nempel? Saya di pipi kiri lebih besar jadi takut di operasi. Apa saya datang aja ke RS Pelni Petamburan aja yah...




Sabtu, 26-05-2012 10:09:34 oleh: titisari

menarik jg artikelnya bs jd wacana, ngomong2 habis biaya berapa, ni sikecil jg ada di dekat mata tepatnya bawah mata kiri usia 5th tapi tahi lalatnya halus dan melebar, bs gak y kalau dilaser atau ada cara lain?



Selasa, 05-06-2012 03:56:10 oleh: marisa

Saya mau tanya berapa biaya untuk.operasi hilangin tahi lalat,,tolong share harga ke email saya,trmksh



Kamis, 15-08-2013 22:31:08 oleh: rahmi

brapa sih harga ilangin tahi lalat nya!!tlong di share




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY