Ritapunto

Senthe Wulung Tanaman Pengusir Kuntilanak

Minggu, 19-10-2008 15:21:11 oleh: Ritapunto
Kanal: Gaya Hidup

Senthe Wulung Tanaman Pengusir Kuntilanak

Waktu suami saya keberatan karena tanaman senthe wulungnya yang sudah menghasilkan anakan saya pindah ke kebun, saya agak ngambek dan masygul dikarenakan senthe wulung yang kami tanam di pot tidak bisa berdiri kekar. Permasalahannya pasti unsur hara makro mikro di media tanamnya tidak terpenuhi makanya saya ngotot senthenya langsung ditanam di tanah, biar tinggi besar dan gagah.

Dari 5 pot , hanya anakan saja yang kecil ditanam di sudut kebun kami di bawah rindangnya pohon nangka, namanya juga anakan pasti masih kecil dan tidak terlihat dari jalan. Sebulan kemudian, mak Kiyah pengurus kebun laporan senthe hilang di curi orang, tandas diangkut sampai ke akar-akarnya, waduh...untung saya nurut apa kata suami tidak menanam semua senthe yang kita punya di tanah.

-------

Wikimuers, pernah dengar tanaman Black Java Alocasiae atau Alocasia Plumbea, di Jawa tanaman ini di sebut senthe wulung atau senthe hitam. Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia (P. Jawa) dengan ciri-ciri batang dan daun bagian bawah berwarna coklat kehitaman/keunguan, daun bagian atas hijau tua mengkilap. Senthe Hitam sulit didapatkan karena berkurangnya lahan-lahan terbuka di Pulau Jawa saat ini. Jika terkena getahnya, terasa gatal nyelekit di kulit, tanaman ini andai medianya tepat bisa mencapai tinggi 2 meteran dengan lebar daun berdiameter 50 - 70 cm.

Pamor senthe tidak seperti gelombang cinta atau aglaonema yang menjadi selebritis tanaman hias, harganya juga stabil dan tidak terfluktuasi oleh isu varian yang muncul seperti tanaman hias lainnya, harganya dibandrol antara Rp. 150 ribu s/d 2 jutaan saja, jika sekarang ini anda bisa memamerkan anthurium di ruang terbuka dan aman-aman saja karena harganya yang terjun bebas, lain hal dengan senthe wulung. Senthe wulung termasuk favorit yang di incar pencuri tanaman hias karena permintaanya cukup tinggi, bukan karena keindahan daunnya yang legam tapi tanaman ini punya penggemar fanatik, menyukai bukan karena harganya yang mahal tapi karena aura mistisnya--pengusir KUNTILANAK.

Teman saya dari Sumatera mencari senthe wulung karena ibunya dulu menanam tanaman ini di depan jendela kamarnya sebagai pengusir aura negatif, di Jawa pun sama mitosnya adalah penetralisir aura negatif dan roh jahat, tidak di sukai setan perempuan yang centil dan bisa membiaskan teluh atau santet sehingga teluhnya buyar di udara sebelum sampai sasaran.

Mungkin karena mitos di atas, senthe wulung selalu diburu orang, ada yang tahu kira-kira selain pengusir aura negatif apakah ada khasiat lainnya dari tanaman ini?

Bookmark and Share

Tag/Label ritapunto, gaya hidup, tanaman, senthe wulung, kehidupan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
9 komentar pada warta ini
Minggu, 19-10-2008 23:09:49 oleh: Yudi

Info baru nih... gimana klo klo ditinjau dari sisi keindahan atau kegunaannya untuk kesehatan




Senin, 20-10-2008 09:37:55 oleh: Mieka Kurnia Yasa

Ada anakannya yang bisa disumbangkan ke rumah saya, Mbak? Saya lagi bongkar-bongkar halaman dan menanaminya dengan tanaman tropis ala spa. Mungkin tanaman ini bisa dimasukkan walaupun saya belum pernah lihat kuntilanak berkeliaran di sekitar rumah saya hehehe...



Senin, 20-10-2008 09:57:02 oleh: Wendie Razif Soetikno,S.Si,MDM

Di Jawa, daun kelor juga dipercaya dapat mengusir roh halus dan roh jahat. Daun kelor juga enak dimasak sebagai sayur bening. Bumbunya persis seperti masak sayur bening dari daun bayam.



Senin, 20-10-2008 11:49:23 oleh: Ritapunto

@ yudi : iya nih saya juga lagi cari tau kegunaannya dari sisi medis, soalnya dia bergetah dan gatal, mungkin getahnya ada manfaat lainnya.

@mieke: kita nih kebalikan lho, org sering menyebut aku mas ritapunto en dikau sering dipanggil mba mieke..hehehe..japri aja alamatmu, nti ku kirim umbinya, dia mudah kok cara tanamnya, mudah tumbuh tp langka..aneh ya?

@Wendie: wah sayur kelor campur jagung muda favorit tuh,krn sy gak pasang susuk jadi aman buat saya.hehehe

tp umbi senthe wulung ini gak bisa dimakan, mungkin krn warnanya yg hitam keunguan jadi selalu dikaitkan dgn mitos magis.




Senin, 20-10-2008 12:12:38 oleh: nury nusdwinuringtyas

mbak rita, katanya golongan lidah mertua yang sekarang marak. He he, padahal dari kecil lidah mertua dan sejenisnya sudah ada. sekarang di kebun dan halaman depan rumah, banyak (dalam pot)

Katanya ditakuti ular. secara tak sengaja memang saya tanam di dekat pintu.
kalau saya engga usah japri alamt, kalau mbak Rita sudah punya umbi, beritahu saya, buat alasan sama suami , main ke tempat mbak Rita

Eh, kebunku bersih lho, asisten rumah sudah lumayan. Nanti malam ku muat di blogku ya (semoga tidak kelelahan).

Saya punya ginseng juga , biar halamanku kecil, saya upayakan punya macam-macam




Senin, 20-10-2008 12:18:48 oleh: nury nusdwinuringtyas

Eh, kurang lengkap ya

Bersih dari sampah, tepatnya, ada 4 lubang yang saya buat, satu di halaman dalam dekat dapur, 4 di kebun samping rumah. Yang di dekat dapur hanya emergency,untuk kalau malam.




Senin, 20-10-2008 12:25:30 oleh: ritapunto

@bunda nury: iya bunda nanti sy siapkan umbinya, biar nyebar tanaman ini, dengan senang hati sy membagikannya...

sansievera/ lidah mertua emang lg top lagi, padahal dulu ujungnya suka saya hiasin pake kulit telur...itulah bunda, ditangan org kreatif barang biasa bisa jadi mahal harganya..hehehe..




Kamis, 05-09-2013 12:52:29 oleh: didi setiabudi

Sekitar seminggu yang lalu ibu saya sakit batuk,begitu juga keponakan saya yg masih berumur 18 bulan.,
kmudian ibu saya memotong batang senthe wulung pada pagi hari,dgn tujuan untuk mengambil kandungan air dan di tampung pd botol minuman layaknya mengambil nira kelapa.,
Kemudian air itu di minum selagi masih segar,alhmdllh stelah meminum air trsbt beberapa kali batuknya pun sembuh.,
Entah benar atau tdk menurut ilmu kedokteran,tapi itulah pengalaman yg baru saya ketahui dan sdh terbukti.




Senin, 21-10-2013 21:27:00 oleh: junette

saya juga dulu punya sente wulung dapet dari bogor,trus saya bawa PULKAM ke JATENG....
Tapi ga tau kenapa kalo malem semua dauny mengahadap ke lampu dan menetes air berwarna merah tua
Semenjak di taruh d dalem rumah.....
Tapi memang sial.....
Waktu pas saya jemur sente saya hilang di embat orang.....




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY