Yusuf Iskandar

Mendadak Jadi Pranatacara

Kamis, 16-10-2008 13:34:38 oleh: Yusuf Iskandar
Kanal: Gaya Hidup

Pranatacara atau terkadang juga disebut pranata adicara adalah kosa kata dalam bahasa Jawa yang berarti pembawa acara atau MC. Mendadak jadi MC..... Siapa takut? Bagi sebagian dari kita, kiranya bukan menjadi sesuatu yang luar biasa kalau suatu saat mendadak ditunjuk menjadi pembawa acara atau MC.

Sepanjang bisa berhalo-halo, ditambah sedikit wawasan, improvisasi plus bumbu cengengesan, kiranya sudah bisa menjadi MC. Begitulah biasanya yang kita alami. Mendadak ditunjuk jadi MC pada pertemuan kampung atau kantor, arisan, pengajian, syukuran, reuni, rapat, sunatan, halal-bihalal, pentas seni, perlombaan sampai kampanye bin coblosan pemilu. Enteng saja sebagian dari kita menjalankannya, termasuk pengalaman saya sepanjang hayat dikandung badan ini.

Namun ceritanya menjadi lain, ketika suatu kali seorang teman menilpun saya dan meminta saya menjadi MC pada acara lamaran anak perempuannya. Kenapa jadi beda? Karena MC yang dimaksud adalah pranatacara alias pranata adicara.

Di mana bedanya? Pertama, ini adalah acara yang bagi sebagian kalangan dipandang mengandung ada bau-bau sakral. Kata lainnya, ada ketentuan tidak tertulis yang menengarai bahwa acara semacam ini harus berjalan mulus, khidmat dan jangan sampai ada kesalahan.

Kedua, di kalangan masyarakat Jawa acara semacam ini biasanya berlangsung dalam format suasana nJawani. Komunikasi dilangsungkan dalam bahasa Jawa halus, termasuk sambutan-sambutan, dsb. (kecuali bacaan kalam Ilahi.... ). Ini yang susah.... Bukan kalam Ilahinya, tapi justru ngomong Jawanya. Aneh rasanya, dan heran juga saya. Lha seprana-seprene bergaul dengan orang Jawa, sejak mbrojol ke dunia pun sudah nangis dan ngomong cara Jawa, disuruh jadi pranatacara kok sambat.... mengeluh susah.

Tapi ya begitulah. Akhirnya terpaksa syarat saya ajukan, ketika menjawab permintaan teman tadi. Saya bersedia jadi MC acara lamaran, asal menggunakan bahasa Indonesia. Kedengaran rada nasionalis sepertinya, tapi sebenarnya ya karena kesulitan ngomong bahasa Jawa halus alias kromo hinggil itu tadi.

Eh, lha kok teman saya setuju. Ya terpaksa secepat kilat kasak-kusuk cari referensi untuk bekal, minimal guna meminimalisir kalaupun nanti terjadi kesalahan. Alasannya ya seperti saya ceitakan di depan. Untuk acara-acara yang bersifat umum barangkali, sak-dek sak-nyet (seketika) saya siap. Tapi kalau acara lamaran dalam format Jawa, apalagi pernikahan, saya belum punya "fly watch".

***

Tiba saatnya membawakan acara. Sang MC yang mendadak jadi pranatacara pun mengantarkan acara demi acara di depan tetamu undangan dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. Sementara para wakil keluarga yang menyampaikan sambutan pengantar, lamaran, penerimaan, dst. menggunakan bahasa Jawa kromo hinggil..... Sudah begitu, malah para wakil keluarga itu sebelum menyampaikan sambutannya pakai minta ijin segala kalau hendak bicara dalam bahasa Jawa. Entah ini bagian dari sopan-santun atau sindiran kepada pranatacara yang keukeuh berbahasa Indonesia.

Akhirnya, acara pun dapat berlangsung dengan aman dan terkendali, meskipun keringat sempat bercucuran membasahi baju batik baru (maklum, habis lebaran) yang saya kenakan tanpa rangkapan kaus singlet (karena memang tidak biasa dan tidak punya, kalau yang ini memang rodo ndeso...).

Tapi tuan rumah dan para pihak yang terkait sempat sangat berterima kasih sama sang pranatacara. Pasalnya di akhir acara, sang pranatacara bahasa Indonesia ini, memberi bonus doa. Dalam draft susunan acara yang disodorkan si empunya hajat, tidak tertulis mata acara doa, akibatnya petugas pendoa pun tidak disiapkan. Tapi saya berinisiatif memimpin doa (sok alim ya biarin, wong berdoa itu baik, pikir saya.....). Lalu saya bacakan doa berbahasa Arab. Saya jamin ini bukan doa yang mengancam, meski saya yakin hanya sebagian kecil saja dari yang hadir tahu maksud dari doa yang saya lafalkan. Yang pasti ujungnya berbunyi : "Amiiin" (vokal i-nya agak panjang.....).

Asyik juga mendadak jadi MC, eh... pranatacara acara lamaran dalam format Jawa. Belakangan terpikir, barangkali ada baiknya juga kalau sempat belajar tentang pranatacara yang full bahasa Jawa kromo hinggil...... Tapi syusyah je.....

 

Bookmark and Share

Tag/Label pranatacara, pranata adicara, mc, jawa, lamaran, kromo hinggil, doa, kehidupan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
10 komentar pada warta ini
Kamis, 16-10-2008 15:00:50 oleh: ritapunto

salam kenal mas Yusuf..
istilah sak dek sak nyet,kalo suami saya baca pasti tersenyum dia, (mas yusuf boleh kok ikutan senyum)..hehehe..saya sering nggurutuin suami kalo lagi kepengen sementara saya lagi aras - arasan gak kepengen blas!, tapi namanya ibadah ya saya harus seketika itu siapp komandan !!melayaninya full cinta. Udahannya saya umpat dia 'dasar sak dek sak nyet'..




Kamis, 16-10-2008 17:23:46 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Saya pesen deh, nanti kalau sulung saya dilamar. he he



Jumat, 17-10-2008 08:38:06 oleh: Yusuf Iskandar

@ Mbak Rita,
Weleh... , saya jadi kepingin sak-dek sak-nyet...eh, maksudnya kepingin tersenyum juga...

@ Bu Nury,
Pesen baju batik atau doanya? Sepertinya saya mesti belajar bahasa Jawa dulu, deh.... (orang Jawa kok malah kursus bahasa Jawa?)..he..he..




Selasa, 15-09-2009 12:50:00 oleh: sugiyanto

Minta MC untuk acara syawalan yang menggunakan bahasa jawa krama inggil yang bagus



Sabtu, 24-10-2009 22:14:07 oleh: kuncoro

pripun nek wonten mriki ndamel basa jawa mawon...



Kamis, 26-11-2009 12:42:56 oleh: agung sudaryono

wonten ingkang pirsa alamatipun lembaga utawi pribadi ingkang saged ngursus pranata adicara jawa? matur nuwun.



Rabu, 14-12-2011 21:55:17 oleh: siti nurjanah

wahh maz boleh tu ditiru cra mnjdi pranata adicaranya cz q jg pgn bs pranata adicara ada tgs bhsa jwa adicara.hemm bngung nih




Sabtu, 18-02-2012 10:39:16 oleh: zain mukhtar

good information??????



Sabtu, 03-03-2012 13:15:19 oleh: munadiroh

kursus pranatacara jawa sepengetahuan saya di mpermadani. saya juga baru dua bulan ini bergabung di permadani.



Kamis, 04-10-2012 22:09:30 oleh: niken astuti

matur suwun infonya, lagi senewen jadi MC dadakan acra aniversarynya IMWU (Indonesian Migrant Workers Union)yg ke 13.organisasi serikat buruh migran di Hong Kong



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY