Hariyono Winarto

Bagaimana Mengetahui Kista Ovarium Jinak Atau Ganas?

Selasa, 07-10-2008 09:18:00 oleh: Hariyono Winarto
Kanal: Kesehatan

Sudah banyak ibu-ibu maupun wanita usia subur, terutama pasien yang datang ke saya, yang bertanya. Mengenai bagaimana mengetahui bila menderita kista ovarium, apakah kista tersebut jinak atau ganas. Tulisan ini sengaja saya ambilkan dari Blogspot saya:

http://hariymenulis.blogspot.com/


"Standar baku" adalah tetap dengan melihat hasil pemeriksaan laboratorium PA (Patologi Anatomi). Lazimnya setiap organ tubuh yang diambil pada tiap tindakan medis, dilakukan pemeriksaan, apalati suatu tumor, jaringan atau bagian yang diambil atau diangkat, selalu diperiksa di laboratorium. Pengambilan sebagian atau keseluruhan kista ovarium, pada umumnya dilakukan dengan cara operasi.

Pemeriksaan bagian atau keseluruhan kista ovarium yang diambil saat operasi, dilakukan oleh dokter spesialis Patologi Anatomi, juga dilakukan di laboratorium patologi anatomi.

Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui golongan tumor tersebut jinak atau ganas, dan bila jinak atau ganas, untuk keperluan memberikan terapi berikutnya penting diketahui apa jenis tumornya berdasarkan pemeriksaan histopatologi. Pemeriksaan laboratorium terhadap tumor dan jaringan yang diambil, juga dapat ikut berperan dalam menentukan stadium tumor, yang berguna untuk menentukan terapi selanjutnya juga.

Apakah dapat memperkirakan jinak atau ganas sebelum operasi?

Jawabannya adalah bisa, yaitu dengan pemeriksaan secara seksama oleh dokter spesialis ginekologi. Yang dipertimbangkan biasanya adalah perjalanan penyakit itu sendiri, bentuk tumornya, termasuk mulai dari kontur permukaan tumornya, isi kista tersebut, apakah bersekat atau tidak, apakah mengandung bagian padat. Semua pemeriksaan bentuk atau morfologi tumor kandungan dewasa ini selain dengan pemeriksaan fisik, juga dengan bantuan alat ultrasonografi. Kemudian diperiksa juga apakah tumor atau kista ovarium itu satu atau berasal dari kedua sisi. Kemudian ada juga pemeriksaan yang sering dikenal dengan "tumor markers" atau petanda tumor. Biasanya pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan darah, untuk mengetahui misalnya kadar tumor marker, CA 125 (yang merupakan pemeriksaan rutin untuk memperkirakan derajat keganasan tumor ovarium, lalu juga merupakan pemeriksaan untuk "follow up" efek terapi pada kista ovarium).

Bookmark and Share

Tag/Label kista, tumor, tumor kandungan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
133 komentar pada warta ini
Selasa, 07-10-2008 11:05:59 oleh: Meidy

Dok, kalo endometrium tebalnya 7mm itu apakah itu normal ?





Jumat, 10-10-2008 04:04:04 oleh: Hariyono Winarto

sebenarnya tebal endometrium itu bervariasi mulai dari awal siklus masih tipis sekitar 1-4 mm (setelah haid) sejalan dengan siklus akan menebal antara 7-10 mm pada masa sebelum ovulasi bahkan sampai 12 mm , kemudian pada masa terakhir sebelum mens bisa mencapai 15-an mm. Jadi emang tergantung fasenya.



Selasa, 04-11-2008 14:18:11 oleh: anna

dr,saya dx kista ovari kanan,9 cm, rasa nyeri diperut bag bawah dan pinggul,udh py anak umur 1,5 th,ngelahirin sc.dr menyarankan saya untuk di operasi.menurut dr gmana,apakah ada kemungkinan sembuh tanpa operasi,atau dgn cara hamil dulu.thx.saya tunggu jawabannya ya dr.



Minggu, 16-11-2008 03:20:20 oleh: ZIA OKTA

DR,SAYA DIDIAGNOSA KISTA OVARIUM,KANAN 8 CM.KALO HAID KADANG SEBULAN 2x,SERING KELUARNYA DARAH MENGGUMPAL AGAK BESAR.APAKAH BS SEMBUH TANPA OPERASI?? APA MSH BS HAMIL? PDHL SAYA UMUR BARU 20 TH,BLM MENIKAH. SAYA TUNGGU JAWABANNYA YA DOK,TRIMA KASIH SEBELUMNYA.



Minggu, 16-11-2008 10:05:00 oleh: Hariyono Winarto

Ibu Anna dan Mbak Okta Zia, maaf saya baru bisa menjawab sekarang karena koneksi internet di kantor dan di rumah kebetulan selama 2 minggu ini nyala idup dan tidak stabil sehingga untuk membuka situs ini pun sulit.

Bu Anna, kista dengan ukuran 9 cm memang sudah merupakan indikasi untuk dilakukan pengangkatan secara medis. Pada umumnya batasan yang dianggap perlu untuk diangkat berkisar antara 5-6 cm atau lebih. Dimana kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kemudian pada kista tersebut. Kemungkinan akan membesar ada, kemungkinan untuk menyebabkan gangguan fungsi baik pada organ genitalia interna itu sendiri maupun pada organ lain pun dapat terjadi. Misalnya kista yang besar yang mendesak saluran kencing atau ureter dapat saja menimbulkan gangguan fungsi ginjal dan demikian juga kalau mendesak saluran cerna dapat menyebabkan terhambatnya sebagian fungsi saluran cerna tersebut.

Mbak Zia Okta,
Kista ovarium dengan ukuran 8 cm merupakan indikasi juga untuk pengangkatan. Selain alasan secara medis seperti saya jelaskan diatas, ini juga untuk mengetahui lebih awal apa jenis kistanya dengann pemeriksaan Laboratorium Patologi Anatomi. Dari situ dapat diketahui pertama apakah kista itu jinak atau ganas lalu jenisnya, yang semuanya mempunyai konsekuensi terapi berbeda antara masing2 jenis.

Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat.
Salam,
dr. Hariyono Winarto




Jumat, 21-11-2008 09:36:11 oleh: aliya

Slmt pagi dokter.
saya nikah udah setahun dok,krn belum hamil juga saya cek ke dokter september 2008 dan ditemukan ada kista ovarium kiri diameter 3,04 cm.saya disuntik endrolin tiap bulan,udah 2x dan makan enat 400 mg 1x1.pada kunjungan kedua(oktober 2008) saya langsung disuruh laparoskopi bln dpn nya(november 2008).saya takut dok.saya byk baca bhw kista dibwh 5 cm kemungkinan bisa mengecil.tp knp ya dok,dokter saya lgsg menyarankan operasi?apa ada yg berbahaya?saya blm kontrol lg krn saya takut dioperasi.skr saya cb makan sehat,ga konsumsi MSG lg,trus makan vit E aja.apa tidak apa2 dok kalo saya tunda cek up sampai sebulan lg?trus endrolin yg sdh disuntik kmrn gmn dok kalo saya ga operasi?krn suntiknya mahal dok.kista membesar dalam hitungan brp bln ya,dok?usia saya 27 thn. Trim,s ya dokter.




Jumat, 21-11-2008 09:40:56 oleh: aliya

maaf dok ada yang kelupaan.pada kunjungan kedua(oktober 2008 ) saya ga di usg ulg. kata dokter nti aja november diusg lg trus bsknya langsung dioperasi.



Senin, 24-11-2008 13:31:11 oleh: linolin

Selamat sians
Dok saya mau tanya, apa saja macam-macam onkologi itu. Terimakasih




Selasa, 25-11-2008 16:27:49 oleh: farni

selmt sore Dok
langsung aja Dok
saya sudah menikah 8 tahun blm juga di kasi kturunan
pd tgl 21 november 2008 saya periksa ke Dokter SPOG
dan saya di USG dan kata dokter di rahim saya ada tumor sbesar 4,5 cm,saya bingung apakah itu memang tumor dan apakah cuma kista,kalau saya di oprasi apakah saya langsung bisa hamil dan apakh oprasi sendiri tidak mengurangi kesuburan saya,jawaban Dokt
sgt saya harap kan terimakasi




Jumat, 05-12-2008 19:04:44 oleh: Hariyono Winarto

Ibu Aliya dan Ibu Farni,

Mengenai kista hubungannya dengan kesuburan. Bisa saja kista menyebabkan sulit punya anak. Apabila dengan kista itu fungsi saluran telur terganggu misalnya maka jelas akan menyulitkan untuk punya anak. Atau hal lain misalnya apabila kista itu menyebabkan tidak adanya ovulasi atau ditetaskannya sel telur hal ini juga menyebabkan ketidaksuburan. Tapi sebaliknya apabila tidak menyebabkan gangguan fungsi pada organ2 yang berperan untuk terjadinya pembuahan tentu tidak akan mengganggu kesuburan. Jadi banyak kemungkinannya, yang paling tahu adalah dokter yang memeriksa ibu. Saya tidak bisa menyarankan untuk operasi atau tidak.

Mengenai tumor di rahim apakah harus diangkat atau tidak, sama halnya dengan kista seperti penjelasan saya di atas. Jadi saya tidak bisa menyarankan untuk operasi atau tidak

Mudah2an lebih jelas




Jumat, 05-12-2008 19:08:26 oleh: Hariyono Winarto

Ibu Linolin,

Onkologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tumor. jadi luas sekali ilmu itu. Sehingga ditiap spesialisasi kedokteran ada cabang yang mempelajari mengenai tumor sesuai dengan spesialisasinya.




Selasa, 09-12-2008 12:52:54 oleh: Adreasusni Aldis

Pagi menjelang siang Dok......
Saya menikah 3 Agustus 2008, sehabis lebaran Idul Fitri kemarin saya periksa kehamilan keklinik, setelah di USG Alhamdulillah saya hamil tapi Dr nya melihat seperinya saya menahan air pipis sedangkan sebelum masuk ruangan Dr baru saja saya buang air kecil, lalu Dr nya mengatakan kemungkinan saya ada kistanya n periksa darah dan periksa air seni.kata dr nya minggu depan datang lagi. Pemeriksaan Ke2 dr melihat hasil tes minggu lalu dan mengatakan semua bagus dan sayapun di USG diperut dan di vagina masih ada lalu saya disarankan keRS Cipto dan hasilnya saya hamil intra uteri, mudigah tunggal hidup, aktifitas denyut jantung dan gerakan mudigah normal. CRL:20 mm, Seusia kehamilan 9 minggu. Di kavum Dauglasi terdapat massa kistik unilokuler ukuran 93x86 mm, berasal dari ovarium (tipe serosum). tidak tampak bagian padat, pertumbuhan papiler dan neovaskularisasi.Sekarang usia kehamilan saya sudah 13 minggu. Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah kista saya ini berbahaya untuk janin dan saya sendiri?
2. Apakah harus diopersi?
3. Kapankah waktu yang tepat untuk diopersi?
4. Bisakah kista tsb hilang sebelum diopersi?
5. Baikkah diopersi sewaktu melahirkan saja jadi bisa bersamaan?
6. Bagaimana pola hidup yang harus saya jalani sekarang?dari segi makanan dan keiatan sehari-hari.
7. Apakah berbahaya bila berhubungan intim? sebaiknya berapa kali dalam seminggu?
8. Boleh saya jalan pagi tiap hari?
Terima kasih dr




Rabu, 10-12-2008 14:39:05 oleh: uthe

Rabu,10 December 2008
Sore Dok............
saya menikah 3 thn lalu dan saya susah mempunyai anak berumur 1,5thn waktu saya hamil saya difonis menderita mioma, tapi setelah melahirkan saya usg miom saya sudah tidak adaa... tapi sekarang saya difonis mempunyai tumor ovarium...sudah 15cm, saya bingung dok..
1. apakah tumor ovarium setelah dioperasi bisa ada lagi ?
2. trus mioma saya bisa tidak ada, dan kenapa sekarag bisa adanya kista sementara dari dahulu tidak terdeteksi ?




Selasa, 23-12-2008 10:09:36 oleh: mita

pagi dok,,saya mita umur 23 taun,,,selama ini saya tdk pnh merasakan nyeri pd saat haid,,tp 3 bln terakhir saya mrskn sakit yg luar biasa pd saat haid,,lalu saya biarkan dan tdk pnh nyeri lg,,,namun dgn bjln wktu perut saya smkn membesar dan akhirna saya usg,,tnyata ada kista di ovarium sbsr 13 cm,,sy kaget dan shock mnrt dokter saya kista hrs diangkat namun sy ragu krn sy blom menikah lalu sy berobat alternatif tp tak kunjung hilang perut saya makin mbesar..akhirna sy putuskan untuk operasi,,yg sy tanyakan apakah sy bisa hamil stlh operasi,,dan bth brp jam operasi pengakatana??dan terakhir apakah kista ini dpt tumbuh lagi??mohon jwbna..thankss



Sabtu, 24-01-2009 10:54:53 oleh: hanief muslimah

siang dok,saya hanif usia 30 thn,,pada tgl 12 jan 09 jam 7 pagi saya merasakan nyeri perut bag bawah,,sdh saya minum mefinal 500mg tp nyeri itu tdk berhenti,,hgg sakitnya makin terus bertambah smp akhirnya saya sdh tdk tahan lagi di lahirkan ke UGD RS. Stlh di USG,ternyata ada kista 17cm terpuntir dan hrs sgr di operasi saat itu juga,,dan ovarium kanan saya hrs ikut di angkat. Tapi kemarin wkt dr. USG saya mendengar dr. itu ada menyebut tumor,,yg ingin saya tanyakan,apakah kista dan tumor itu sama? dan apakah saya msh bisa hamil dgn ovarium kiri saya dok?
krn jujur saya sngt trauma dgn sma apa yg saya alami dgn bgt tiba2 dan sangat mengagetkan saya. Bayangkan sj dok,pada hari yg sama saya merasakan nyeri yg luar biasa,,dan pada hari itu jg saya lgsg hrs di operasi....terimakasih dok.




Sabtu, 31-01-2009 08:13:40 oleh: rafailahsista

paagi dokter,
sudah4 tahun ini saya mempunyai kista di ovarium bagian kiri saya, yg pada tahun pertama besarnya hanya 3 cm sekarang sdh 7,45 cm dan dalam waktu dekat akan segera di operasi,yang ingin saya tanyakan apakah setelah operasi kista bisa tumbuh lagi dan bagaimanakah bila saya melakukan terapi dengan pembalut dari suatu prodack tertentu yang katanya bisa mencegah kista dan kangker dok? apa itu sudah teruji secara klinis di dunia kedokteran.., terimakasih sebelumnya




Minggu, 01-02-2009 11:40:30 oleh: Hariyono Winarto

Ibu Hanief Muslimah,

Mengenai apakah kista itu sama dengan tumor bisa dilihat di blog saya: http://tentangtumorkandungan.blogspot.com/

lalu mengenai apakah bisa hamil dengan satu ovarium saja...jawanbannya bisa (dimungkinkan)




Sabtu, 07-02-2009 18:37:48 oleh: Rini

HI Dokter,

Saya Rini, usia 30 thn (blm nikah). 2 bulan lalu aku periksa & di temukan Kista di ovarium kanan 2x3cm. Bagaimana upaya untuk menghabat perkembangan kista ini...& apa obatnya?
karena ketika saya ke check, dokter tidak mengajurkan makan obat, hanya di kasih Vit. aja.

*Jika saya tetap ikut olah raga (senam aerobic/fitness), apakah dapat menganggu atau menyebabkan kista ini makin membesar dok ?

*apakah pikiran stress dapat memacu pertumbuhan kista Dok ?

Terima kasih sebelumnya. GBU.

B/rgd
Repina ms




Minggu, 08-02-2009 06:37:20 oleh: Hariyono Winarto

Ibu Rini yang baik, kista ukuran 2X3 cm biasanya akan difollow up saja, karena dengan ukuran kecil seperti itu, ditambah dari sisi usia ibu, dapat saja kista tersebut masih merupakan kista yang fisiologis (baca bukan penyakit) yang nantinya akan menghilang pada siklus mens berikutnya atau pada pemeriksaan di bulan-bulan mendatang.
Senam aerobic /fitness tidak ada hubungannya dengan pertumbuhan kista...tetap lah berpola hidup sehat olah raga yang teratur
Pikiran stress tidak terbukti memacu pertumbuhan kista.

mudah2an jelas ibu, bisa kunjungi blog saya dan beri komentar? http://hariymenulis.blogspot.com/
memang belum diperbaharui lagi tapi rencana akan saya kembangkan...
Terima kasih sebelumnya,
dr. Hariyono Winarto




Rabu, 25-02-2009 08:13:12 oleh: Ani Mawadatul M

selamat pagi dokter, dok saya mau menanyakan mengenai kista saya. saya belum menikah usia saya 24 tahun. menstruasi saya sebelumnya lancar2 aja, dan berjalan selama 8-10 hari. tp di bulan Februari ini mens saya dr tanggal 6-23, sekitar 17 hari. krna saya tajut kenapa2, lalu saya cek ke dokter dan ternyata saya ad kista ovarium kanan, tp selama ini saya gak pernah merasakan nyeri perut dsb saat mens.semua biasa2 aja. kira2 kista saya dikarenakan dr apa ya dok?sa ya takut dok. Trima kasih dok atas informasinya.



Senin, 09-03-2009 16:57:27 oleh: Nathalie

Sore dok. Umur sy 25 thn & blm menikah, sesuai hsl USG & scanning tgl 26 Peb'09, sy mempunyai kista uk. 12x7,6cm. Kt dokter kistany hrs sgra diangkat krn tkt nnti makin besar & tktny ganas. Sy mau tanya, apakah kista seukuran itu emank hrs diangkat? apakah ada pengobatan maupun obat2an tradisional? & bgaimana dgn rahim sy? apakah hrs diangkat jg ato tdk? krn sy blm menikah jd hal tsb sgt menakutkan buat sy.
thanx untuk jawabanny y dok.
regards




Senin, 09-03-2009 21:09:17 oleh: Hariyono Winarto

Ibu Ani,

Perubahan pola haid pada umumnya tidak berhubungan langsung dengan tumor.Banyak sekali faktor yang mempengaruhi haid seorang wanita. Sedang kecapekan atau mengalami stress pekerjaan pun bisa mempengaruhi disamping penyebab2 lain. Sedangkan Penyebab kista sampai saat ini belum diketahui dengan pasti

Salam,
dr. Hariyono Winarto




Senin, 09-03-2009 21:13:51 oleh: Hariyono Winarto

Ibu Nathalie,

Kista pada umumnya bila lebih dari 5-6 cm, membutuhkan pengangkatan, yang selain untuk mengambil kistanya juga untuk diagnostik. Pada saat operasi seorang dokter akan mengangkat organ yang dianggap sakit saja, misalnya hanya kistanya saja. Pengangkatan rahim jarang sekali dilakukan pada usia muda, biasanya pengangkatan hanya dilakukan atas indikasi medis yang mengharuskan saja, dengan kata lain banyak pertimbangan. Jadi bicarakanlah segalanya yang belum jelas sebelum operasi dengan dokter Ibu.

dr. Hariyono Winarto




Jumat, 20-03-2009 23:06:46 oleh: Hariyono Winarto

Ibu Lucky Sekali,

operasi atau tidak, bukan hny dari ukuran tumor saja, karena banyak faktor yang diperhitungkan untuk suatu terapi, mungkin Dokter pemeriksa lebih bisa menjelaskan karena dia yang memeriksa.

Terima kasih




Selasa, 31-03-2009 13:05:52 oleh: prawira saputri

Siang Dok,

saya lagi bingung nich dok, awal pemeriksaan saya dibilang dokter saya hamil dan saya senang banget tuh dok. tpi 3 bulan kemudian saya periksa lagi katanya dirahim saya ada kista dan Dr bilang saya malah g hamil. malah saya disuruh minum pil KB. saya takut banget dok,krn saya pikir takut akan mengeringkan kandungan saya. terus berbahayakah saya minum pil KB itu untuk melunturkan kista yg ada di rahim saya. Terima kasih




Rabu, 01-04-2009 10:05:22 oleh: PUPUT

dok sy mo tnya....!!
ckg usia sy 19 taun tiap kali haid sy sering mengalami nyeri yg sakit bgt...!!
nah tu apa tanda awal munculnya kista..??
kdg perut sy bagian bawah tu jg sakit...!!
trus sebelum dan sesudah haid tu sy kok kluar keputihan tu tdk berhenti2, warnanya agk putih kadang kecoklatan dan baunya agak sedikit tdk sedap..!!
itu knpa ya dok apa da gangguan lain d rahim sy dok...??
trus sehari sesudah haid itu kadang kluar cairan berwarna coklat kadang smpai kehitaman...!!
knpa dok...?
sy blm menikah...!!
mohon dokter jawab pertanyaan sy dan beri saran atau jalan kluar serta solusi tentang masalah sy itu..!!
terima kasih dokter




Rabu, 08-04-2009 14:08:22 oleh: ratna

Ya doc, melanjuti komentar yg lain apakah kista yang diatas 5 cm harus selalu berakhir dgn operasi? tdk bisa dilaser sajakah? seorg kawan divonis tdk bisa punya anak krn kista yg cukup besar ,malah sekarang hamil dan tdk berakhir dgn operasi. Apakah kista bersekat menunjukan arah kista ganas? lalu kenapa perut saya tdk membesar jika kista tsb berada didlm perut saya? keluhan yg menyebabkan (akhirnya) saya kedokter adalah rasa nyeri yg sesekali timbul dibawah perut sblh kiri. Kalau blm menikah, sebaiknya tdk dioperasi doc? benarkah? jikapun harus dioperasi ada kemungkinan akan timbul kista barukah? thanks doc





Rabu, 08-04-2009 14:17:04 oleh: Aulia

Siang Dok,
Saya sdh menikah 2 tahun yang lalu, dan belum punya anak. September 2008 saya hamil di luar kandungan(tuba fallopi)disebelah kiri dan dioperasi. agar tidak terjaaddi hamil diluar kandungan lagi, saya pun berobat ke salah seorang dokter penyakit kandungan, karena ada virus "anti clamydia...", dan harus menjalani pengobatan, waktu bulan pebruari 2009, saat itu juga saya di USG dan tampak ovarium saya sebelah kanan baik-baik saja (tidak ada kista), saya juga sempat Pap smear. setelah obat habis saya ke dokter lagi bulan maret 2009, ternyata ada kista di ovarium sebelah kanan, saya jadi bingung dok..
1. Kenapa saat saya mendapat pengobatan untuk tidak hamil diluar kandungan, justru muncul penyakit kista.
2. saya mendatangi 5 orang dokter, 3 diantaranya mengatakan saya harus operasi (2 diantaranya mengatakan bahwa ada kista dan isinya ada "septa" nya, sedangkan 1 diantaranya mengatakan bahwa itu infeksi), 2 diantara5 dokter tsb mengtakan bahwa saya tidak perlu operaasi, tapi check lagi 3 bulan kedepan. Yang mana yang harus saya ikutin dok ?
3. Apakah kalau operasi, ovarium saya diangkat? Karena ovarium saya sebelah kiri juga sudah diangkat waktu "KET" kemarin, kalau yang kanan diangkat juga, gimana saya mau punya anak dok? sedangkan umur saya masih 23 tahun..
Tolong dijawab ya dok.. saya tulis ini dengan penuh pengharapan..




Rabu, 08-04-2009 14:20:28 oleh: Aulia

Dok, apa kista yang ada septa tersebut tergolong ganas? kenapa beberapa orang dokter yang saya datangi berbeda analisis nya mengenai apakah saya harus operasi atau tidak?
Apakah saya boleh minum ramuan kunyit putih dan buah mahkota dewa? katanya untuk menghilangkan kista?




Rabu, 08-04-2009 14:22:29 oleh: Aulia

Oh ya.. Dokter2 yang saya datangi juga berbeda mengukur kistanya, ada yang 4 cm, ada yang 4,2 cm, ada yang 4,7 cm, ada yang 5 cm dan ada yang 5,25 cm, yang mana yang betul ya?



Selasa, 14-04-2009 21:11:37 oleh: tere yustira

Hallo dok,

saya tere, berusia 23 tahun, saya belum menikah. saya sering sekali telat haid, bisa 1 atau sampai 3 bulan. karena hal itu saya mencoba periksa ke dokter kandungan, kata dokternya saya memiliki kista berukuran kurang lebih 4 cm,kemudian saya disuruh untuk USG lebih lanjut, agar bisa diberi obat...

yang mau saya tanyakan, apakah kista saya itu parah dok? apakah kista saya itu bisa berkembang lagi?




Rabu, 22-04-2009 15:21:36 oleh: Dyah Puspita

Dok, saya pernah dengar kalo kista adalah penyakit turunan apakah betul? kalau sudah pernah diangkat apakah bisa timbul lagi?



Kamis, 30-04-2009 20:20:55 oleh: maya fitria

malam dok.
dok saya mau tanya apakah kista ovarium itu berbahaya? trus klu iya bagaimana pengobatannya?dok saya kemarin mengalami amenore selama 3 bulan lalu saya konsultasi ke dokter lalu saya menjalani usg. hasilnya ada kista sebesar 4.3x3.7 dok di ovarium kanan saya. apakah karena itu saya mengalami amenore? klu iya bukankah ovarium kiri saya masih berfungsi kan dok?trus gimana pengobatan tanpa operasinya?bonyok bilang perbanyak minum air n jangan tahan kencing.trus dibilangnya pakai softek khusus untuk itu. apakah bisa dengan itu dok?kira2 dengan kista sebesar itu apakah ada kemungkinan untuk mengecil dg sendirinya?




Kamis, 30-04-2009 20:31:55 oleh: elsi septrisia

dok,saya punya teman menderita amenore kurang lebih 3 bulan.setelah dilakukan USG ternyata teman saya menderita kista pada ovarium.apakah kistanya itu parah atau ga ya dok?apakah pencegahanya hanya dengan pembedahan,disamping itu dokternya juga bilang urinya infeksi dan kadar leukositnya cukup tinggi,bisa ga kista itu mengakibtkan kanker leukemia?



Sabtu, 02-05-2009 22:14:54 oleh: yuni mn

assalaumuallaikum...
dok,saya mau tanya,ini penyakit kakak saya.
wkt usia 15thn,kk saya pernah menjalankan operasi ovarium kista.
ovariumnya di angkat 1,sebelah kanan.
dan ketika berumur 27thn,dia di vonis dokter,mengalami pnykit kista sebelah kiri,dan berukuran 5cm(kista cair.
yang mau di tanyakan,apakah ada jalan keluar lain,selain pengangkatan lagi..
masalahnya dia belum memiliki keturunan.
tolong jwbnya dok

wassalam..




Senin, 11-05-2009 16:10:09 oleh: Tetty Meilani

dok, saya mempunyai Kista Ovarium disebelah kanan sebesar 6,5 cm.tp saya juga sudah punya anak berumur 1,7 tahun dan itu melahirkan melalui proses caesar.saya menggunakan KB suntik per 3 bulan.tp setelah saya konsultasi kedokter saya diberi obat penghilang rasa mual dan obat berbentuk peluru dan setelah saya gunakan keesokan harinya saya lansung haid.tapi dokter juga menyarankan agar saya dioperasi.yg saya tanyakan haruskah saya dioperasi dok?



Rabu, 20-05-2009 14:41:40 oleh: ipha

assalamualaikum..
Dok,kmrn tgl 19 mei saya di USG, menurut hasil tes yang diperoleh ternyata ada kista di dalam perut saya sebesar 38.18mm. dan menurut keterangan dokter, itu kista yang abnormal.
kemungkinan kista tsb akan trs membesar atau tidak?klo terus membesar,berbaha tidak buat kandungan atau organ yang lainnya?
wassalam




Selasa, 26-05-2009 15:09:11 oleh: lena

ass.dok,..
saya sudah satu tahun lebih operasi pengangkatan kista ovarium dan setelah saya cek USG lg ada kista tumbuh lg sebesar 2cm knp bs tumbuh kista lagidok...apa itu termasuk kista yang membahayakan ?.trims. wass.




Kamis, 28-05-2009 14:43:21 oleh: iin cecillia

Dok, saya 2 tahun lalu menderita kanker payudara stadium 1. Sekarang sudah beres semua. saya sudah menjalani operasi, sudah kemo dan radiasi. Terakhir saya general check up semua bersih. Tetapi dr USG di ovarium saya katanya ada kista 3.5 cm x 3.2 cm. Yang saya khawatirkan apakah itu benar kista atau ada gejala kanker karena jika saya baca kanker payudara arahnya juga ke kanker ovarium. Langkah apa yang sebaiknya harus saya lakukan ?



Selasa, 02-06-2009 20:44:02 oleh: lina

Dok,saya telah di vonis kista,apakah sebelum kista saya itu hilang saya dapat berhubungan intim seperti biasa,makasih dok



Kamis, 11-06-2009 20:18:52 oleh: Yani Widjaja

Selamat Malam dok..

Saya Yani, umur 33thn menikah dan punya 2 anak laki2, 2thn & 9 bln..
Selama 2 bulan terakhir ini saya mengalami sakit luar biasa menjelang haid..
Saya sudah cek ke dr spog dan diberikan obat buscopan dan karnex (kalo saya tidak salah tulis)

Setelah 1 mgg mengkonsumsi saya harus datang kembali ke dr dan ternyata di USG di ovarium sebelah kiri saya terdapat kista sebesar 3cm dan saya sudah cek darah ovarium (CA125) dan hasilnya negatif (14)..
Mohon penjelasan dokter:
1. Apakah kista ini berbahaya dan akan membesar? karena saya rencana mempunyai 1 keturunan lagi nantinya.

2. Apakah dengan meminum ramuan tradisional akan menganggu kesuburan saya?

3. Kista itu disebabkan oleh apa?
Apakah karena suka mengangkat/menggendong beban yang berat..

Terima Kasih dok

B.rgds
Yani




Jumat, 31-07-2009 17:44:39 oleh: rismaini

as. dok saya wanita berusia 25 th, sayang terserang kista yg berukuran 2,17x2,27.dan saya di beri obat actos 15 sebanyak 30 butir. apakah saya akan dioperasi untuk pengangkatan kista dan apakah kegunaan bat tersebut dok. thnx



Selasa, 01-09-2009 13:38:54 oleh: emida

Siang dok,Saya wanita dgn usia 26 thn,4 tahun lalu saya pernah usg dan ternyata memiliki kista pada ovarium tetapi saya tdk bertanya letaknya di sebelah mana dan berapa ukurannya(karna kaget)dan tdk pernah ada tindakan dan kelanjutan sampai 4 bln belakangan ini saya merasakan sakit yg berbeda ketika datang bulan di daerah pinggul sampai tulang belakang dkt payudara seperti kram & mati rasa. gejala ini saya rasakan di hari pertama dgn krg lbh 10 mnt,rasa sakitnya luar biasa dan menyebabkan saya sesak napas pdhal saya tdk memiliki asma..apakah gejala ini ada hubungan nya dgn kista saya?? trimakasih



Senin, 07-09-2009 18:03:55 oleh: ratu

dok saya mau tanya, saya pernah operasi kista. dan ternyata ovarium saya diangkat kedua2nya padahal saya belum menikah dan punya anak dok... hati saya hancur dok... apa saya memang sudah tidak berkemungkinan punya anak dengan cara apapun dok. tolong jawab saya dok..



Rabu, 09-09-2009 11:12:08 oleh: dalilah

selamat siang dok,...sy ibu dgn 2 anak.usia 34th 2th yg lalu saya divonis dokter mempunyai kista diseblh kanan 3-4 cm,..tp tdk diberi obt apapun,mnrut dr tsbt lihat prkembangannya saja dl dan kembali lg stlh 6 bln,...6bln kmudian saya kmbali dan di usg lg hasilnya kista tidak terlihat sama sekali.
yang mau sy tnykan dok :
1.apa benar kista bs hilang??
2.knp saya masih sering skali merasakan nyeri diperut bwh sblh kanan,dan rasa nyerinya sampai menusuk ke pinggang bag. blkng??? TERIMAKASIH BYK




Kamis, 08-10-2009 11:29:34 oleh: yani rustiyono

Selamat Siang Dok,
mengingat operasi cukup mahal apakah ada cara lain yang bisa menyembuhkan tumor kandungan tanpa melalui operasi dok ??,saya cemas dengan keadaan ibu saya yang menderita penyakit ini.trima kasih




Jumat, 09-10-2009 10:20:25 oleh: farrah fauzia

slamet siang dok,,
saya farrah,umur saya 17thn..
s'tiap haid saya selalu merasakan skit yg teramat sngat pd hari pertama dan kedua..
tapi saya blum pernah memeriksakan kpd dokter mnapun..
yg mau saya tanyakan,
apakah saya menderita kista dok.?
apakah nantinya akan berdampak buruk dok.?
sedangkan usia saya masi tergolong remaja yg hampir setiap harinya membutuhkan kondisi yg sangat fit untuk melekukan aktivitas.
tolong jwb y dok,terima kasih.




Minggu, 25-10-2009 17:10:12 oleh: riza zhafira

sore dok.....
tolong dong kasi tau saya apa penyebab kista itu?
trus kalau kita punya kista 2cm apakah berbahaya?




Senin, 16-11-2009 11:51:56 oleh: Istiasih

Dok,saya sudah menikah & saat ini sedang hamil, JAnin yang ada alhamdulillah normal, sdh bergerak-gerak, panjang dari kepala s/d pantat 3 cm (usia kandungan 10 minggu)Dari hasil pemeriksaan dokter pada saat usia usia kandungan sekarang 10 bulan ditemukan adanya kista berukuran 6,6 cm di ovarium sebelah kanan. Dokter menyarankan untuk dipantau dulu selama 3 minggu, baru kalau ada kemungkinan membesar pada saat usia kehamilan 14 minggu dilakukan operasi. Yang ingin saya tanyakan dok, :
1. Apakah kista tersebut berpengaruh pada perkembangan keseluruhan janin saya dok?
2. Seandainya dilakukan operasi (obat-obatan/terapi tersebut) apakah tidak membahayakan janin saya?
3. Apakah masih ada kemungkinan bahwa kista saya tersebut termasuk jenis kista yang bisa hilang dengan sendirinya karena pengaruh hormon dok?
Atas jawabannnya saya ucapkan terima kasih. Mohon di balas pada alamat email diatas. Terma kasih.




Kamis, 19-11-2009 17:43:31 oleh: Agusta

Solusi alternatif kista bisa juga dilihat disini :
http://hydroxygenplus.blogspot.com/2008/09/kista.html




Kamis, 19-11-2009 17:47:08 oleh: Agusta, Ms

Anda Punya Masalah Pada Gangguan Reprdouksi seperti Kista, Myoma, Endometriosis, Benjolan Payudara. Mau solusi yang jitu dan terbukti. Gunakan Hydroxygen Plus.

Hydroxygen Plus telah terbukti dapat membantu menyembuhkan kista tanpa harus melalui prosedur operasi. Seorang ibu yang pernah mempunyai kista berukuran 65 x 60 mm, dan disarankan oleh dokter untuk mengangkat kistanya melalui prosedur operasi, setelah menggunakan Hydroxygen Plus selama 3 minggu ternyata kistanya telah menghilang. Pada kasus lainnya, kista berukuran 4, 2 cm menghilang dalam waktu 12 hari setelah menggunakan Hydroxygen Plus. Hal yang sama juga dialami oleh banyak penderita kista lainnya, mendafaatkan setelah memakai produk ini.

Hydroxygen Plus Juga bermanfaat didalam penyembuhan kasus Myoma ( Mium) , Endometriosis, dan Benjolan Payudara.

Mengapa Hydroxygen Plus bisa membantu kasus-kasus tersebut? Hal ini karena kasus-kasus tersebut sering disebabkan oleh meningkatknya estrogen didalam tubuh, atau dikenal dengan dominasi estrogen. Dan Hydroxygen Plus berperan untuk membantu mendetoksifikasi atau membuang racun-racun tersebut sehingga sistem hormonal diharapkan dapat kembali normal.

Info Hub : 0813.8610.8089/ 021.26.249.248/ 0852.2672.117 ( www. hydroxygenplus. blogspot. com)

Simak ulasannya disini : http: / / hydroxygenplus.blogspot.com/ search/ label/ Kista




Senin, 21-12-2009 19:52:45 oleh: julia

ass,mlm dok sya mau tanya ne,saya pernah kena penyakit kista. tapi alhamdulillah sudah di operasi. yang saya mau tanyakan apakah kista itu bisa muncul lagi?mohon penjelasan dari dokter.
trimakasih




Senin, 21-12-2009 20:40:35 oleh: Hariyono Winarto

Ibu Julia,

Jawabannya bisa muncul lagi, dapat saja kista yang jenisnya sama atau yang lain. Penjelasannya sbb: karena kista adalah pertumbuhan abnormal dari jaringan yang selalu dapat terjadi, dan tidak terprediksi, mungkin analoginya apakah orang yang sudah pernah flu bisa flu lagi? tentu bisa baik karena tipe virus yang sama atau yang berbeda. Mudah2an jelas Bu...




Senin, 28-12-2009 21:42:06 oleh: nurdin basyarah

malam dok
istri saya di diagnosa kista ukuran 2,3 cm terus di kasih obat endometrial tab 3dd1 sama oxan tab 1dd1.
pertanyaannya apakah kista tsb bisa hilang dengan keluarnya menstruasi setalah 3x siklus haid
terima kasih sebelumnya atas jawaban dokter




Minggu, 24-01-2010 12:30:26 oleh: denny lolowang

sore dokter saya ingin bertanya apabila istri saya di OPERASI KISTA apakah masih bisa hamil lagi,karna dokter tempat istri saya memeriksakan diri,di nyatakan ada KISTA dan harus di operasi.sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas saran dokter.



Senin, 25-01-2010 19:00:29 oleh: Rayna Fedora

hai pak dokter..
saya rayna..
dok, akhir" ini perut saya yg sblh kanan bwh terasa agak" nyeri.. tyuz 3hari yg lalu saya d periksakan mama saya k rs.. mama saya takut klo sy kna usus bntu.. tyuz wkt d rs sy d periksa sm bu dokter.. kata'x saya tu gag kna usus bntu.. tp bu dokter curiga klo saya kna kista ovarium.. padahal umur saya baru 15th..
saya hrs gmn dok??




Rabu, 27-01-2010 22:10:16 oleh: asih

yth dokter hariyono
dokter mohon perkenalkan saya ibu seorang putri 1thn 3bln & umur sy 32thn dengan domisili kami di prov ks
dokter tanggal 15 des mlm sy ke obsgin dg maksud ingin memastikan kehamilan krn pd 15 pg sy ppt & hasilnya + membayang, o/ obsgin sy d dx hml 5mg dg kista ovarium 3 biji dg diameter 8cm, 5cm & yg satunya tdk di jelaskan & sy jg tdk tanya karena kaget.,,syok.,,ketika sy tny apa penyebab kista sy beliau menjawab hormon & tjd sdh selama setahun ini.
ketika saya tanya apa pantangan utk saya beliau menjawab tdk ada cm menyuruh sy utk dtg 1 bln lg & di beri tablet progeston & fe.
terus terang samapi detik ini sy belum ada l g cek k obsgin krn takut, cemas, kaget, syok, bingung,,,bahkan ketika sdh di ibukota prov utk ke onkolog sy milih balik kanan.
mohon maaf dokter, kl boleh tny apa benar pikiran bs mempengaruhi hormon???? krn terus terang selama 1 thn terakhir ini sy bekerja sbg pns namun penempatan sy tdk sesuai formasi awal kebutuhan & jg dg resiko pekerjaan yg tinggi (sbg tim pengadaan)
terima kasih dokter atas perhatiannya




Kamis, 28-01-2010 02:26:58 oleh: Hariyono Winarto

@Nurdin Basyarah: saya tidak bisa memperkirakan karena tidak mengetahui secara seksama mengenai kista istri anda, mungkin ada baiknya ditanyakan langsung ke dokter yang memeriksa dan memberi terapi, karena dokter yang memeriksa lebih tahu mengenai bentuk dan sifat kista ini.
@Denny Lolowang : tergantung keadaan kista dan operasinya, bila ovarium di angkat sebagian saja maka kans hamil ada meskipun lebih kecil dari yang normal dengan syarat fungsinya masih normal, tapi kalau fungsi ovarium sudah tidak normal semua, dan/atau diangkat semua berarti tidak bisa menghasilkan sel telur lagi, dengan sendirinya tidak bisa terjadi pembuahan.
@Rayna Fedora: Bila bu Dokter tersebut seorang ahli kandungan, tanyakan lebih lanjut mengenai, jenis kista, dan manajemennya
@Asih: pikiran adalah salah satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi keadaan hormonal. Sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan, sehingga semua lebih jelas.




Rabu, 03-02-2010 16:39:12 oleh: naomi indrar t

dok,usia saya 20 tahun...saya terkena kista 4cm...,sebelumnya saya pernah terkena radang pada bagian rahim. Sampai sekarang saya masih sering merasa sakit pada bagian rahim. Prtanyaan saya apakah kista saya bisa di obati tanpa operasi?



Rabu, 03-02-2010 17:44:37 oleh: Hariyono Winarto

Tergantung dari karakteristik kista tersebut sebenarnya, jika merupakan kista radang tentu paling tidak bisa berkurang dengan antiradang.



Minggu, 07-02-2010 10:51:23 oleh: nafisa

asaslm...
saya nafis 15 tahun
dok,bulan kmrin saya sering sakit perut sebelah knan trus di duga usus buntu,stlah diperiksa ternyata kista ovarium,stelah lma brobat ktanya kistanya telah hilang,tpi skarang sakitnya mlah timbul lagi,aplagi kalau stlh olahraga.
apa kista itu bisa hlang trus timbul lagi...dan apa olahraga b`pngaruh trhdp tmbuhnya kista,trus apa ada mknan yang harus saya jaga....
dan yang t`akhir apa sih pnyebab kista itu..
terima kasih sebelumnya,saya tunngu jwbnnya dok
wslm....




Kamis, 04-03-2010 08:33:44 oleh: rahmah nawastari

dok.saya sebelumnya pernah hamil dan mempunyai kista,sampai usia kandungan 6 bln,kemudian bayi saya meninggal dlm kandungan.sebulan setelh melahirkan saya periksa kedokter kandungan. ternyata kista saya masih ada. dan harus diopersi.pertanyaan saya.apakah mgkn kista ini menggangu rahim saya?.trims.



Sabtu, 06-03-2010 16:17:12 oleh: Olivia

Dokter, saya berusia 30 thn dan belum menikah. Berdasarkan hasil USG katanya saya menderita kista ovarium yang besarnya 118mm. Mungkinkan kista saya ini hilang tanpa operasi dengan menggunakan obat2an tradisional. Bagi saudara2 yang berpengalaman mungkin bisa berbagi resep dengan saya.
Terima kasih banyak sebelumnya.




Selasa, 09-03-2010 17:32:41 oleh: neli etika sari

sore dok...

sya mau menanyakan ..sdh hmpir setahun ini saya sering mengalami nyeri dbagian perut bawah atau pinggul sebelah kanan..dtngnya nyeri tiba2 tp sangat sakit...dan kadang hilang begitu aja..ini bkannya tanda2 pnyakit kista kan dok...




Selasa, 09-03-2010 17:33:13 oleh: neli etika sari

sore dok...

sya mau menanyakan ..sdh hmpir setahun ini saya sering mengalami nyeri dbagian perut bawah atau pinggul sebelah kanan..dtngnya nyeri tiba2 tp sangat sakit...dan kadang hilang begitu aja..ini bkannya tanda2 pnyakit kista kan dok...




Minggu, 28-03-2010 13:26:07 oleh: happy Tar

assalamu'alaikum dok...

saya seorang mahasiswa berumur 18 tahun n' belum berkeluarga.
Dulu saya sering mengalami nyeri ketika menstruasi, apalagi ketika saya melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak tenaga saya sering pingsan. hingga pada akhirnya saya konsultasi ke dokter kandungan ternyata di dalam rahim saya ada kista berukuran 4 cm. adakah cara lain untuk menghilangkan kista, tanpa harus
operasi? mohon sarannya dok...
trims dok...wassalam




Kamis, 01-04-2010 18:59:02 oleh: RAHAYU

malam dok..
saya di diagnosa kista dengan ukuran 2,7 cm diberi obat oxan sama endometril lalu bisa haid satu kali, bulan selanjutnya ga haid lagi . 3 bulan dari pemeriksaan pertama diperiksa lagi katanya ukurannya jadi 2,5 cm dan dikasih obat lutenyl, tapi belum juga haid. bagaimana menurut pendapat dokter ? apa kista saya masih fisiologis? terus obat apa supaya haid saya teratur?
terima kasih atas responnya




Jumat, 02-04-2010 20:24:56 oleh: imah imaniar

dok, saya di diagnosa kista ovarium bagian kanan, dengan diameter 6ox47 mm, umur sya msh 21, blm nkh, pa saya bisa puya anak dok, pa ada cara lain selain do laparaskopi atau operasi

mksh dok




Minggu, 04-04-2010 14:46:01 oleh: AI HERNANINGSIH

Dok saya berusia 27 thn sudah mempunyai anak berusia 2,5thn. ketika melahirkan dengan SC terlihat ada kista ovarium dg sebagian padat dan terus membesar 9cm.setahun yg lalu saya dipriksa Ca 125 kt dokter tdk ada keganasan sejak itu saya tidak pernah diperiksa lagi krn takut.sering timbul sakit diperut bawah terutama kalau sedang kecapean.yg saya tanyakan apakah saya bisa hamil lagi,berbahayakah kehamilan dg kista untuk janin,apakah bisa operasi secara bersamaan SC dgn operasi kista?




Selasa, 06-04-2010 10:44:32 oleh: voni

siang dok,
saya single 27 th. blm menikah. saya di diagnosa dokter ada kista 5,5cm d indung telur sebelah kiri.apakah berbahaya? mengingat saya belum menikah.aoakah saya bisa hamil kelak? dan bagaimana cara mengobatinya tanpa operasi?? atas jawabannya saya ucapkan terima kasih




Selasa, 06-04-2010 13:56:52 oleh: Yenida

Selasa, 06-04-2010 13:30 Oleh Yeni

Siang Dok,
Umur sy 38th,mnikah sdh 5thn dan blm dikaruniai anak,saya sudah periksa keRSCM didiagnosa ada kista coklat 11cm,dokter menyarankan utk dioperasi tp saya blm siap.
pertanyakan 1.apa stlh dioperasi saya bisa punya
anak.
2.klu prog.ingin mempnyai anak tp
kista saya tdk dioperasi dl bs tdk.
mhn jwbnya saya ucapkan trima kasih.




Selasa, 20-04-2010 16:49:02 oleh: roy

Selamat sore dokter,

dokter saya mempunyai istri usia 32 tahnu, kami sudah 2 tahun menikah dan blm dikaruniai anak.sekitar tahun 2009, kami cek ke dokter dan ternyata diketahui istri mengidap kista di ovarium kanan, dan sudah dilakukan operasi, hasil lab mengatakan bahwa kista tsb jinak dan tidak berbahaya, namun setelah 1 tahun berlalu dan km blm dikaruniai anak, maka kami coba cek ke dokter lain, namun alangkah kagetnya saya ternyata ada kista di ovarium sblh kanan, apakah mungkin hal tsb terjadi dok, apakah ada kesalahan analisa oleh dokter yang pertama , karena dokter yang pertama mengatakan kista tsb tidk berbahaya dan tidak mungkin tumbuh lagi.
mohon informasinya dok..
terima kasih
roy





Rabu, 26-05-2010 10:10:43 oleh: shinta

dokter, saya wanita usia 37 thn belum punya anak, tapi saya pernah keguguran 2 x dikarenakan di dlm rahim saya ada MIOM besarnya 6.17 cm. kata dokter yg menangani, saya tdk perlu berharap bisa hamil lagi krn akan tetap seperti itu ( keguguran ) saya shock dok apa tdk ada harapan lagi buat saya u/punya keturunan ? misalnya terapi atau sejenisnya yang bisa memberi harapan pada saya. thank dok saya tunggu jawaban dari dokter.



Sabtu, 05-06-2010 23:14:38 oleh: vera gusnawati

Sabtu,05 juni 2010 by:Vera gusnawati
Yth.DOKTER Hariyono
Dokter,saya wanita berusia 25th.saya sudah menikah selama 3th.tapi saya belum punya anak.setelah 2thn menikah saya pernah hamil,namun diusia kandungan saya 3bln saya pendarahan dan akhirnya keguguran tapi tidak dikuret.tapi sampai sekarang saya tidak pernah hamil lagi.haid saya lancar dan teratur.tapi yang jadi pikiran saya,disaat kami berhubungan, perut saya bagian bawah terasa sakit,dan sperma suami saya keluar lagi dari vagina saya meskipun setelah berjam-jam saya menganjal bagian bawah pinggul saya dengan bantal.dok apakah ada penyakit atau kelainan pada rahim saya?tolong beri saya masukan atau saran ya Dok.thx Dok sya tunggu jawaban dari dokter.




Sabtu, 05-06-2010 23:17:31 oleh: vera gusnawati

Sabtu,05 juni 2010 by:Vera gusnawati
Yth.DOKTER Hariyono
Dokter,saya wanita berusia 25th.saya sudah menikah selama 3th.tapi saya belum punya anak.setelah 2thn menikah saya pernah hamil,namun diusia kandungan saya 3bln saya pendarahan dan akhirnya keguguran tapi tidak dikuret.tapi sampai sekarang saya tidak pernah hamil lagi.haid saya lancar dan teratur.tapi yang jadi pikiran saya,disaat kami berhubungan, perut saya bagian bawah terasa sakit,dan sperma suami saya keluar lagi dari vagina saya meskipun setelah berjam-jam saya menganjal bagian bawah pinggul saya dengan bantal.dok apakah ada penyakit atau kelainan pada rahim saya?tolong beri saya masukan atau saran ya Dok.thx Dok sya tunggu jawaban dari dokter.




Sabtu, 03-07-2010 10:07:11 oleh: rima 23 tahun

Dok saya sudah mempunyai anak. Setelah melahirkan saya ber kB suntik 3 bulan karena spoting akhirnya dktr kandungan menyarankan saya untuk pasang iud. Tapi 4 bln iud saya tetap mengeluarkan darah terus menerus. Setelah itu saya lepas iud dan beralih ke pil KB menyusui. Alhamdulillah lancar dan haid teratur. Bulan juni ini saya haid tgl 21 tidak lancar seperti biasa karena saya lupa minum pil satu kali. Tgl 29 sepulang dari luar kota saya merasa lelah dan tiba2 mengeluarkan darah. Lalu berhenti dan berhubungan dgn suami setalah itu keluar darah lagi. Saya cek ternyata ª∂a̲̅ kista 3 cm. Apakah kista saya fungsional? Terimaksih



Selasa, 20-07-2010 10:32:39 oleh: yuly

mo nanya dok,,usia saya 28 sudah menikah 11 bln tp blm punya keturunan saya cek ke dokter ternyata ada kista 8 cmd kanan dan kiri 6cm apakah itu bisa menyebabkan saya tidak punya keturunan kalo di operasi



Kamis, 22-07-2010 10:54:39 oleh: Arhamin

Thanks Dok atas sharenya...http://arhamink06.student.ipb.ac.id



Rabu, 11-08-2010 09:44:39 oleh: sari

apa kadar CA-125 360 U/mL sudah bisa menunjukan adanya keganasan pada tumor ovarium?



Minggu, 15-08-2010 10:14:31 oleh: Debby Cinthia

Dok,sy sudah menikah slma 3 tahun.Sampai skrg belum juga hamil.Memang sejak msh gadis,siklus haid sy tdk teratur.Sy pernah memeriksakan ke SpOG,katanya hanya gangguan hormonal.Tapi stlh menikah dan belum juga hamil,maka baru-baru ini sy periksa ke SpOG,dilakukan USG Transvaginal dan didx:kista ovarium ki.3x2,04cm.dan kista ov.kanan 3x2cm.Sy mendpt terapi vit.E,metformin dan klomifen sitrat..yg ingin sy tanyakan,apakah dgn kista di ovarium ki. dan ka. saya masih bisa hamil atau tidak?dan kira-kira butuh waktu berapa lama untuk sy bisa hamil...oh ya,berapa lama sy harus menggunakan terapi Metformin?



Sabtu, 02-10-2010 12:30:55 oleh: abdi

selamat siang dokter,
saya mempunyai kakak yang didiagnosa kista ovarium. dari hasil USG disebutkan sebesar 16 cm. Tetapi kakak saya tidak merasa sakit pada perutnya, hanya terkadang sedikit tegang. Info yang saya dapat kista dapat tumbuh lagi setelah di operasi. dok saya mau tanya,
1.seberapa besar kemungkinan kista dapat kembali lagi setelah di operasi?
2.langkah yang harus dilakukan untuk mencegah kembalinya penyakit kista tersebut?
3.apakah kista ovarium menyebabkan perut dapat membesar seperti orang hamil?
4.Bagaimana keadaan fisik orang yang didiagnosa kista, apakah tidak merasa sakit?
5.Apakah efek yang timbul jika tidak dilakukan operasi terhadap kista yang ada di tubuh kakak saya?
6.adakah alternatif lain selain operasi untuk pengobatan kista, karena sejujurnya kakak saya takut dan tidak mau di operasi?
terima ksaih dokter atas kebersediaan dokter menjawab pertanyaan saya. Dan dapat membantu saya yang lagi kebingungan.




Selasa, 04-01-2011 14:42:46 oleh: Ny.kurniawan

Selamat siang,
sya berusia 27th.&divonis punya kista ukrn 3.85cm&3.55cm. haid sya teratur selalu 26hr tetpi sya sering buang air kncing & tdk bs menahannya dlm jmlh yg byk urine trsebut. dkter menyarankan sya utk operasi krn msh kcl& kemungkinan bs hml 50%.tp sya tkut jdi saat ini sya hnya mnum herbal temu putih yg sya dgr2 dpt membunuh sel2 kanker.apakah dg mnum herbal trsbut sya bs smbuh Dok?
mohon dibls dg segera&sya mengharapkan keterangan dr Dokter. Terima kasih.




Jumat, 07-01-2011 05:46:12 oleh: Hariyono Winarto

Mengenai obat2 an herbal boleh saja dicoba, saya tidak tahu apakah benar dapat menyembuhkan. Ibu juga bisa mengkonsumsinya dengan tetap kontrol ke dokter agar diketahui lebih lanjut mengenai kista tersebut.



Rabu, 09-02-2011 09:37:51 oleh: selfia

selamat pagi
saya didiagnosa terdapat kista ovarium disebelah kanan sebesar 5cm, dan saya telah melakukan periksa darah CA-125 dg hasil 22,5, apakah jalan keluarnya hanya operasi.? saya baca diinternet ada semacam obat tetes untuk kista yaitu hydroxygen plus, apakah aman obat tersebut dikonsumsi.?
terima kasih atas jawabannya.




Selasa, 24-05-2011 12:44:21 oleh: Kharis

Selamat siang dok,
adik saya terkena kista pd 2 sisi kanan&kiri rahimnya,sangat sering dia mengalami kesakitan pd kandunganya sampai terasa ke pinggang bag belakang.pa lg saat mens sakitnya hebat sekali.itu bahaya ga dok?takut mnjdi kanker.
dia tdk mau jika di operasi.solusinya bagaimana ya dok?
Terimakasih atas jawabanya.




Minggu, 03-07-2011 15:46:48 oleh: olivia

minggu,3 juli 2011

sore dok..
saya olivia mau bertanya,saya terkena kista sudah hampir kurang lebih 4thn,.waktu pertama saya mengetahui terkena kista 4 thun yg lalu pernah di usg dan disaran kan olh dokter utk operasi,dan skrg sya ngerasa aneh di perut saya,agk membesar.tapi saya ga ad ngerasakn sakit,satau saya org terkena kista merasa kan nyeri diperut. kista saya di luar kandungan menurut dok apkah cukup berbahaya??
apakah saya bisa mpunyai anak setelah operasi nanti ?
saya tggu jwban dari dokter,.
terima kasih




Rabu, 13-07-2011 02:49:27 oleh: fitri

Hallo dok…

Saya seorang wanita berusia 24 tahun. saya sudah 9 bulan menikah. satu minggu yang lalu ketika hari pertma haid dibulan ini, saya mengalami nyeri haid yang sangat sakit sampai saya lemas dan tidak bisa beraktifitas. setelah melakukan USG di RSCM, ternyata saya kena kista endometriosis ovarium kiri dan perlekatan adneksa (pseudokista).
yang ingin saya tanyakan :
1. pada hasil usg saya dituliskan “Endometrium : stratum base reguler, tebal 6 mm. ovarium kiri membesar dengan massa kistik bersekat berisi ekointerna homogen ukuran 160 x 34 x 48 (vol 538 cc), massa mengandung bagian hiperekoik yang tidak mengandung vaskuler, kemungkinan berasal dari materi endapan hemosiderin. Massa kemungkinan berasal dari kista endometriosis. disekitarnya terdapat massa kistik dengan batas tidak tegas dan terdapat serat2 fibrin berasal dari pseudokista. tidak terdapat pertumbuhan papiler dan neovaskularisasi”. Nah, bisakah dokter menjelaskan maksud dari hasil USG itu? karena dokter yang saya temui hanya mengatakan kista ini tidak terlalu membahayakan dan tidak ada indikasi kanker tapi alangkah baiknya dioperasi.
2. Apa benar jenis kista ini bisa ditekan perkembangannya dengan melakukan Suntik KB? apa resiko’a kalau saya melakukan suntik KB?
3. Saat ini saya sedang mengkonsumsi ramuan rebusan daun sirsak dan jus buah sirak setiap pagi dan malam. Karena saya masih takut jika harus di operasi. Apakah benar sirsak bisa efektif mengobati kista saya? Apa ada dampak negatif jika saya terus mengkonsumsi’a?
4. Berapa besar kemungkinan saya bisa hamil? Kalau misalnya ketika kista saya belum sembuh dan saya hamil, apakah berbahaya buat diri saya maupun janin saya nantinya?
5. Apa benar kista ini bisa hilang dengan cara hamil dan melahirkan?

terima kasih sebelumnya…
mohon maaf jika terlalu banyak bertanya…




Kamis, 21-07-2011 15:37:39 oleh: Florina

Sore, Dok...
Saat ini sy sdg menjalani terapi Endrolin, stlh April kmrn di-laparoscopy krn kista endometriosis. Bln ini adl suntik yg ke-3 dr total 6x. Apakah terapi Endrolin ini boleh di-combine dgn minum herbal, mis: kunyit putih atau daun sirsak? Kalau boleh, bagaimana takaran utk herbalnya? Terima kasih, Dok.
Salam,
Florina




Kamis, 29-09-2011 19:46:52 oleh: indri

selamat malam dok. . .
saya wanita berusia 21 thn,saya sudah menikah 2 thn,saya mempunyai kista,tapi sudah hilang,tapi kenapa dok ko saya ga hamil-hamil.apakah saya bisa hamil dok.
terima kasih. . .
saya tunggu jwbnnya dokter.




Selasa, 04-10-2011 11:27:31 oleh: azizah helmiati

Hallo dok,senang bisa update info kesehatan..
Saya kena kista bulan agustus 2011, ukurannya 2,53 cm. sebulan kemudian kista membesar jadi 3,5 cm. dokter menyarankan untuk suntik 3x. yang ingin saya tanyakan :
1. adakah efek samping dr terapi suntik tsb?
2. apakah suntiknya tidak boleh terputus?
3. adakah diet khusus untuk kista?
trimakasih




Sabtu, 12-11-2011 13:35:13 oleh: yuvi

Assalamualaikum dr. sy mau tny... sy sdh menikah slma 11 thn blm d karunia anak d krnkan ada kista coklat dan sdh d operasi 2 kali tetapi tetap saja muncul.sy d operasi thn 2006 dan 2007. sdh 3thn ini sy tdk kontrol lg d krnkn cpk dngn kdn yg tdk ada hslnya.dr sll menyarankan operasi dan cm d kch vit dan obat pnyubur sj stlh operasi.membuat bdn sy melar tp kista tetap tmbuh.prtnyaan sy apakah kista coklat dan ksus sprt sy ini memang tdk ada lg solusinya?apakah org yg pny pnykt kista tdk blh mkn2 an berlemak dan instant?dan apakah tdk blh berhub intim juga?sebab sy dpt info sprti hal d atas. mohon jwabannya sebelumnya terima ksh.wassalam



Sabtu, 12-11-2011 15:42:26 oleh: Hariyono Winarto

Waalaikum salam Bu Yuvi, bisa saja memang kista coklat menjadi penyebab kurang subur apabila dengan adanya kista tersebut menghalangi terjadinya pembuahan, bisa karena secara anatomis atau struktur terganggu akibat efek dari adanya kista tersebut. sebaiknya ibu berkonsultasi lagi dengan dokter kandungan ibu dan menanyakan penyebab khusus pada ibu.
Mengenai makanan berlemak dan instant, sebenarnya tidak mempunyai korelasi secara langsung dengan kesuburan, namun memang secara umum tidak baik bagi kesehatan. Hubungan intim tidak merupakan larangan bagi orang yang mempunyai riwayat kista endometriosis ataupun sedang menderita.

Wassalam




Sabtu, 12-11-2011 15:44:51 oleh: Hariyono Winarto

Ibu Azizah yang baik, tolong ditanyak ke Dokter Kandungan Anda, apakah jenis kistanya? Apakah obat suntiknya? dan Bagaimana bekerjanya? serta kenapa harus 3 kali...
Sayang sekali saya tidak memeriksa ibu sendiri sehingga saya tidak bisa memberi jawaban.




Minggu, 15-01-2012 15:31:12 oleh: aya

assamu'alaikum dokter, saya berusia 27thn, belum menikah.
saya di diagnosa dokter ada kista 8cm d indung telur sebelah kanan, 5cm sebelah kiri.kl saya tidak operasi dan mencoba obat2n herbal, apakah saya bisa hamil nnt mengingat saya akan menikah? atas jawabannya saya ucapkan terima kasih




Minggu, 22-01-2012 19:09:52 oleh: lina herlina

mohon maaf just info kulit manggis bisa melawan sel kanhker
lina




Kamis, 09-02-2012 08:41:30 oleh: maria

pagi Dok, saya mau tanya vagina saya besar sebelah kanan, seperti ada yang menonjol, tapi terkadang kempes sendiri, lalu terkadang menonjol lagi,apakah itu merupakan benjolan atau kista atau tumor? mohon diberi penjelasan.Saya sudah menikah selama 14 bulan dan belum hamil juga, apakah hal tersebut di atas yang mengakibatkan saya belum hamil juga?Terimakasih sebelumnya.



Jumat, 10-02-2012 13:36:39 oleh: susi

Dokter prakteknya dimana?



Sabtu, 11-02-2012 21:54:02 oleh: merry agusta

dok saya kena kista ovarium kiri.ukuran 3,6 x 2,4 cm..
saya tidak merasakan sakit dok..
saya baru menikah 4 bulan yang lalu dan sekarang saya sudah telat haid 1,5 bulan tetapi saya priksa di bidan saya negatif hamil...
kira2 kenapa saya telat haid ya dok?
apa kista saya berbahaya?
dan apa saya masih bisa hamil??
tolong dijawab ya dok//
terimakasii




Minggu, 12-02-2012 13:20:47 oleh: Hariyono Winarto

@ibu Aya, untuk ukuran lebih dari 6 cm sebagian besar dokter merekomendasikan untuk diangkat. Untuk kehamilan tidak bisa ditentukan tergantung sampai sejauh mana mempengaruhi saluran telur, ovulasi.@ ibu Maria: bisa saja itu infeksi atau bukan, periksakan segera.@Ibu Susi: saya praktek di RS Medistra dan di RS Pelni Petamburan. @ Ibu Merry Agusta: kista ukuran seperti itu bisa saja variasi normal, bahkan kista besar pun tak ada gejala bu...telat haid bisa terjadi pada setiap wanita selama hidupnya, mengenai bahaya atau tidak sebaiknya periksakan diri.



Selasa, 21-02-2012 18:34:39 oleh: astria sufiasty

ass,dok
sy seorng ibu RT berusia 25 thn dgn 2 org anak,sy memakai KB spiral.Minggu lalu sy di vonis dokter terkena tumor kandungan & ukuranx sdh 4 cm,dan dokter menyarankan tuk operasi.namun biaya sy tdk ada.jadi dok sy mau tanyakan :
1.apakah spiral bisa mengakibatkan tumor?
2.apa bedanya tumor dan kista?
3.adakah obat tradisional/terapi yang bisa menghilangkan tumor?
4.dan kalau sdh hilang apakah sy masih bisa dpt keturunan?
5.apakah kista huga mengakibatkan rasa ngilu pada persendian?(krna selalu terasa ngilu)
terima kasih
sebelumnya terima kasih




Kamis, 23-02-2012 13:02:21 oleh: nunuk setyowati

dok, saya mengalami haid yang tdk pernah berhenti sama sekali selama 5 bln. trs saya priksa k bidan ktx sy mengalami radang d vagina sy. saya d anjurkan USG dn hasilx saya kena kista,ukurany 3,2.
apakah kista itu sngat berbahya & prlu operasi dok..
saya ckrg msh memakai KB spiral & sy pny ank 4.
pertanyaan saya tdk bisa hilangkah kista itu tanpa operasi..????




Jumat, 13-04-2012 19:15:49 oleh: sudomo irfan

sblumnya saya terimakasih dok.. saya punya istri yg terkena kista dan sekarang sudah dioperasi dan di angkat dikarenakan kistanya terpuntir.. pertanyaan saya,apakah bisa tumbuh lagi kistanya dok? terus apa yang harus di lakukan untuk mencegahnya? sekarang lg di lakukan tes Patologi Anatomi untuk diketahui ganas atau tidaknya kista tersbut.. kalau ternyata ganas apa yang harus di lakukan dok.???



Selasa, 01-05-2012 11:19:31 oleh: mariska

slamat pagi dokter, saya umur 20 tahun belum menikah.saya mengalamai haid cuma 2 hari dalam 1 bulan.. saya suka mual2 sudah hampir 1 tahun dok....
apa ini gelaja kista ovarium dok......
saya belum memeriksakan sama sekali ke rumah sakit dok.......
apa bisa kista itu sembuh tanpa operasi dok?
apa pantangan makanan yang tidak boleh dimakan dok?
mohon penjelasannya ya dok..
trimakasih banyak




Jumat, 04-05-2012 22:05:26 oleh: tito

Perkenalkan saya tito, terapis medical alternatif dari klinik hikmatul iman purwokerto, saya ingin berbagi resep ramuan alami utk pencegahan sekaligus juga dapat mengobati penyakit kista/myom/kanker/tumor.

Resep ramuannya adl :
siapkan 5 helai daun sirsak + kulit batang pohon sirsak (dikelupas seukuran 2x3cm) + 2 gelas air putih, campurkan semuanya lalu rebus hingga airnya susut kira2 jadi satu gelas
ramuan tersebut diminum setiap hari minimal sehari sekali utk pencegahan dan utk pengobatan bisa 3x sehari. Disarankan agar kulit dan daunnya yang masi segar setiap kali kita membuat ramuan

pengalaman kami ada pasien yang memiliki kista sehingga menyebabkan tidak bisa punya keturunan selama 4 tahun, setelah rajin meminum ramuan sirsak tsb dan kami terapi hanya selama 20 hari, alhamdulillah sekarang sudah bisa hamil dan bayinya lahir dgn selamat.

Selamat mencoba dan silakan berkunjung ke web klinik kami di klinikhipurwokerto.blogspot.com




Selasa, 15-05-2012 10:43:45 oleh: rusdiyah fatatik

Assalaamu'alaikum dokter Hariyono

Saya menikah 1 tahun 8 bulan..
stlh 8 bulan pernikahan saya hamil, namun keguguran usia 6 minggu.3 bulan kemudian saya ternyata hamil dan keguguran 5 nmingguan usianya.
jadi saya sudah dikuret 2 kali.
yang kedua ini saya langsung tes TORCH, Anti IgG tokso, rubella dan CMV positif, saya terapi obat spiramycin 500 mg 1 bulan dan Preparat Echinaceae 4 bulan. tes tokso lagi ternyata hasil tetap sama, beda dikit.
saya ganti dokter dan katanya harusnya nggk diterapi. saya di USG perut dan vagina. ternyata ada Kista Ovarium 8 cm, tapi dokter tidak menyatakan isinya apa dan keganasannya gimana?
saya diberi obat mitolife, klindamisin dan vomilat. dan saya disuruh fisioterapi 10x.
tapi saya belum fisioterapi selama ini.
kalau menurut papa teman saya yang doter prof. SpOG seharusnya dioperasi yg baik biar bisa hamil lg (saya tidak menunjukkan hasil usg krn jarak).
dan ada 1 dokter teman ibu yg saya tunjukin hasil scan usg menyatakan saya harus dioperasi.
bagaimana menurut dokter? saya sangat ingin sembuh dan segera punya anak..
terima kasih dokter, semoga Alloh membalas kebaikan dokter.




Kamis, 26-07-2012 11:54:23 oleh: Iin Intan

siang dok...
saya udah di USG dan hasilnya saya punya kista sbelah kiri ukuran nya udah 9X6cm. kata dokter sih ada bagian padatnya di dalam kista. saya pun disuruh cek darah dan hasil CA 125 nya 160. Mnurut dokter apa hsil CA 125 segitu udah parah atau nggak dok???? trims




Senin, 06-08-2012 14:37:10 oleh: grania

Siang Dok,

saya punya kista coklat sebelah kiri 0,5cm kanan 2 cm, kata dokter rahim dan sel telur jarak nya jauh dan posisi kista saya di tengah2...apakah kista saya harus di operasi....??? terima kasih dokter...




Sabtu, 22-09-2012 22:32:34 oleh: shinki pindy f

assalamualaikum dok...
saya shinki 23 thn sudah menikah hampir 1 thun. haid saya dari dulu tidak teratur dok
saya mempunyai kista awalnya 4,6. saya ingin sekali hamil dan saya pun program hamil dgn d kasih obat genoclom tapi setelah usg vagina ternyata sel telur yg matang cuma satu dgn ukuran 1,9cm.. stelah bbrp bulan saya blm hamil jg ternyata kistanya menjadi 7,4cm.
apakah sel telur saya bisa matang banyak dan bisa hamil?? bagai mana kistanya?
terimakasih...




Jumat, 12-10-2012 12:03:27 oleh: miftahul aslamiah

Selamat Siang Dok

Saya Asmi 22 thn blum menikah, haid saya tdk teratur dok, terakhir 2 bln berturut turut pendarahan, akhirnya saya periksa ke dokter ternyata trdapat kista d ovarium kanan sbesar 4cm, dokter bilang tdk perlu oprasi, tp akhir2 ini saya merasa perut bawah saya terasanya sakit, apa itu membahayakan dok?
kista saya termasuk ganas atau jinak?
apakah saya tetap bisa mempunyai keturunan?
saya takut oprasi dok,apa bisa dg keluhan saya seperti itu bisa sembuh dg obt dan pola makan yg sehat saja?
terimakasih.




Rabu, 17-10-2012 23:21:51 oleh: darma yanti

malam dok saya mau tanya dok,,,baru2 ini saya usg,sebenar nya sih saya gk merasa ada yg sakit tapi wktu d usg ternyata ada kista ukuran 8x9 na sebenar ny dr vagina saya suka keluar seperti daging sebesar kelereng mengantung d vagina tapi kalo posisi tdr dia msuk sendiri,,, sebaik ny saya bagaimana ya dok??? sebenar nya apa yg sedang saya derita?? mohon bnatuan nya dok




Kamis, 25-10-2012 15:54:09 oleh: leni

salam dok.
saya leni belum menikah, 4 bln yg lalu saya operasi kista endometriosis sbelah kiri yg ukurannya skitar 12 cm.yg ingin saya tanyakan:
1. apakah boleh senama setelah operasi kista tersebut dok yg sudah brjalan 4 bln lebih?
2. setelah operasi,apakah kista tersebut dpt tumbuh lagi dok?
3. jika saya sudah menikah , apakah bisa hamil dok?




Rabu, 02-01-2013 14:26:40 oleh: ar

Halo, Dokter Hariyono Winarto
Saya sf(24th) Mohon bantuannya Dokter,
Setelah Saya Cek Di USG, terima surat hasil pemeriksaan ultrasonografi di rscm
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
- Deskripsi : Adnksa kiri: Ovarium kiri melekat pada jaringan di sekitar, membesar, mengandung massa kirsik beiri materi ekhointernal homogen, ukuran 47 x 32 mm, berasal dari kista endometriosis. di sekitar ovr kiri ada gambaran fibrin2 perlekatan, mungkin berasal dari massa kista yang pecah
KESIMPULAN : Polip endomentrium multiple. Polip Endoserviks multiple. Kista endometriosis ovarium kiri dengan perlekatan adneksa

MOHON PENJELASAN AWAMNYA DOKTER, APA SEBAB UMUMNYA?, dan Saran Dokter saya perlu lakukan apa dari simpulan diatas,
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
TERIMA KASIH BANYAK, DOKTER Hariyono Winarto




Selasa, 22-01-2013 10:20:36 oleh: Dwi

Dok, saya perempuan berusia 23 tahun dan sudah menikah sejak Mei 2012, tapi belum dikaruniai anak. Beberapa hari yang lalu perut saya sering terasa nyeri seperti nyeri haid padahal saya tidak sedang mens. Rasa sakit itu menyiksa ketika malam hari. Dan keesokan harinya saya mengalami keputihan, di bibir vagina terasa gatal dan saat selesai buang air kecil, bibir vagina terasa perih seperti luka. Kemarin saya beranikan diri untuk cek ke dokter kandungan, dan menurut dokter saya menderita kista sebesar 6cm. Karena kaget, saya tidak sempat untuk konsultasi.
ang ingin saya tanyakan,
1. Apakah saya masih bisa hamil? Dan berapa besar kemungkinannya?
2. Bila saya memang hamil saat mengalami kista, apakah pada kasus saya kista itu tidak akan mengganggu janin saya dan saya?
3. Apa yang harus saya lakukan untuk mengobatinya tanpa operasi?
4. Bolehkah saya mengkonsumsi obat -obat herbal di klinik-klinik tanpa anjuran dokter?
5. Bisakah kista itu sembuh total?
Mohon bantuannya dok, karena saya ingin segera sembuh dan ingin segera hamil tanpa masalah. Saya mengharap jawaban yang detail tentang kondisi saya dan penyakit saya dok. Terima kasih....




Rabu, 23-01-2013 11:51:25 oleh: youdi sompie

selamat siang dokter,,,,,istri saya berumur 32 tahun,dan istri saya,mendpt penyakit tumor dan kista selama 8 tahun sampai skrg belum sembuh,,,melainkan berat tubuh istri saya menurun dan HB nya kurang,,,,dok, apakah penyakit istri saya harus di operasi,,?
Sedangkan skrg istri saya sudah minum daun sirsak,apakah daun sirsak dan makota dewa ini bisa mnyembuhkan penyakit istri saya,,dan juga dok,makanan apakah yg tidak bisa di makan oleh istri saya,,,,,,,,? Sebelum saya mengucapkan terima kasih,,




Jumat, 25-01-2013 06:42:04 oleh: Eliyah Acantha

Selamat Siang dok.

apakah kista itu udah bisa di ketahui ketika usia 16 thn? soalnya ada adik teman yang mengalami hal yang sama.




Senin, 28-01-2013 13:28:29 oleh: henny

sore dok

dok umur saya 30th,saya ada kista besarnya 4,1cm.sy sdh usg.trs sy dikasih obat plasminex,provera tp setelah obat itu habis haid sy datang lagi..apa yg harus sy lakukan




Senin, 11-02-2013 13:10:55 oleh: linda

siang dok..
dok umur saya 38 tahun bulan april ini,usia pernikahan 5 th di bulan desember ini,dok mohon jawaban yang membuat saya tidak takut akan namanya dokter,dok di usia pernikahan saya hingga saat ini saya belum di karuniai buah hati,karena saya ada miom yang sdah cukup besar di kisaran 17cm,saya takut oprasi,takut rahim saya di angkat..dok apakah saya masih bisa memiliki keturunan dengan atau tanpa oprasi???apakah bisa di obati dengan ramuan herbal...??terimakasih atas jawaban dokter,salam sucses untuk dokter.terima kasih




Selasa, 26-02-2013 20:51:14 oleh: andrias emico

malam dok,,
saya andi,org tua saya mengalami pembengkakan pada sebelah kiri perut bagian atas,setelah saya ct-scan ternyata suspek kista mesintium, mohon informasi awal sebab munculnya suspek itu dan cara menanggulanginya,,terima kasih atas infonya,,,




Senin, 25-03-2013 11:05:55 oleh: Arni

dok sy arni usia sy 17 tahun, dua hari xg lalu, saya d'vonis mengidap kista ukuran'a 5-6 cm, apa xg harus saya lakukan dok, saya masih remaja, apa bila nanti saya menikah saya bisa pny anak dok?
mohon sarannya




Selasa, 26-03-2013 10:43:48 oleh: puji

assalamualaikum... dok usia saya 19 tahun dan belum menikah,,haid saya tidak lancar dan kadang bisa haid 2 kali sebulan, kadang keluarnya juga ada seperti gumpalan daging, dan terasa nyeri di perut sebelah kiri.,,tp belum saya periksakan ke dokter.

apakah itu ciri2 kista?apakah itu bahaya untuk rahim saya,saya tkut kalau tdk bisa punya anak,...mohon penjelasannya dok...terimakasih




Sabtu, 30-03-2013 19:02:26 oleh: aprilia

Aslm dok, umur saya 20 tahun, belum menikah. saya diberitahu memiliki kista ovarium 10 cm 3 bln yang lalu, mens saya lancar, sering dismenor sakit pinggang dan nyeri perut bag bawah, tapi dismenor ini benar benar tidak terasa mengganggu

sudah 4 hari saya telat haid, tapi 2 hari ini terasa sekali dismenornya
saya disarankan untuk melakukan operasi pengangkatan kista, tapi karena tidak ada gejala yang begitu mengganggu saya, saya tunda operasi selesai kuliah
tapi telat haid ini agak membuat saya bingung, apa yang harus dilakukan dok? tidak apa apakah jika saya menunda terus operasi? saya masih takut membayangkan operasi. terima kasih




Rabu, 24-04-2013 11:29:59 oleh: rina elvayanti

Selamat siang dok,nama saya rina,usia 27th.saya menikah bln agustus 2012 kemaren.hingga skrg sayg blm ada tanda tanda untuk hamil.bln februari 2013 kmrn saya terlambat bln dok,dan saya tespek,hasilnya positif tapi samar,tpi saya slma terlambat bln mengeluarkan flek2 hitam slma dua minggu dan akhirnya mengeluarkan darah sprti mens.saya kira itu hamil dan mengalami keguguran dok.dan stlh saya periksa kedokter ahli kandungan,saya divonis menderita kista ovarium pada rahim kiri dan kanan yg sudah berukuran 3cm.yg saya mau tanyakan dok,apakah kista yg berukuran 3cm itu termasuk berbahaya dan apakah tidak bisa diobati secara alami.dan apakah saya bisa hamil dgn.adanya kista dirahim kiri dan kanan.dan apakah minum jamu godog seperti benalu teh,mahkota dewa,jadam arab,dan sambiloto,bisa membantu penyembuhan dok.saya mohon jawaban dan penjelasan dari dokter.dan terima kasi sebelum dan sesudahnya



Rabu, 24-04-2013 11:46:41 oleh: rina elvayanti

Selamat siang dok,nama saya rina,usia 27th.saya menikah bln agustus 2012 kemaren.hingga skrg sayg blm ada tanda tanda untuk hamil.bln februari 2013 kmrn saya terlambat bln dok,dan saya tespek,hasilnya positif tapi samar,tpi saya slma terlambat bln mengeluarkan flek2 hitam slma dua minggu dan akhirnya mengeluarkan darah sprti mens.saya kira itu hamil dan mengalami keguguran dok.dan stlh saya periksa kedokter ahli kandungan,saya divonis menderita kista ovarium pada rahim kiri dan kanan yg sudah berukuran 3cm.yg saya mau tanyakan dok,apakah kista yg berukuran 3cm itu termasuk berbahaya dan apakah tidak bisa diobati secara alami.dan apakah saya bisa hamil dgn.adanya kista dirahim kiri dan kanan.dan apakah minum jamu godog seperti benalu teh,mahkota dewa,jadam arab,dan sambiloto,bisa membantu penyembuhan dok.saya mohon jawaban dan penjelasan dari dokter.dan terima kasi sebelum dan sesudahnya



Rabu, 22-05-2013 20:25:13 oleh: mesiyah

ass.wr.wb dokter hariyono..saya br saja usg dan sama dokter di bilang ada kista sebesar 5 cm,saya di sarankan supaya di kuret,apa itu harus dilakukan ya dok?apa ada alternatif lain untuk di obati saja biar kista nya hilang ya dokter...terima kasih dokter,mohon penjelasannya..



Sabtu, 25-05-2013 22:43:40 oleh: shanty susanty

permisi,saya santy, saya udah 9 bulan menikah tapi belum ada tanda-tanda kehamilan,waktu itu saya periksa ke dokter kandungan saya di USG kata dokter saya mempunyai penyakit kista dan kista nya ada 2 di kanan dan di kiri kata dokter saya harus di oprasi,bisa ga penyakit kista saya ini tampa di oprasi,,, mohon jawabannya ya terimakasih.



Jumat, 28-06-2013 11:39:32 oleh: Muliarti

Selamat siang Dok,
Saya Muliarti, umur 48 thn, hasil pemeriksaan PA saya divonis kanker rahim dan hasil CA darah saya 51
Dokter nyarankan saya untuk diangkat rahimnya, yang ingin saya tanyakan adakah pengobatan ini selain pengangkatan rahim? dan berbahayakah apabila diangkat rahimnya? masalahnya sampai saat ini saya sehat2 saja Dok, Mohon jawabannya, terima kasih




Sabtu, 31-08-2013 11:23:28 oleh: nurul syamsiah

selamat siang dok saya nurul umur 19 thun saya mengalami penyakit kista dan ukurannya sudah mencapai 21 cm apakah bisa dok pengobatannya dengan tanpa oprasi , dan anehnya saya sering haid terus ,1 bulan itu bisa haid 3 kali terimakasih



Kamis, 12-09-2013 20:48:52 oleh: icha

usia sy dok 23 hsl usg kista 10cm ovarium kanan hasil pemwriksaan urine dan darah positif hamil 2mggu.apakah harus dioperasi dok,?bgmna dgn janin sy,?apakah bsa hamil stlh operasi,??mohon penjelasanx dol



Kamis, 19-09-2013 12:54:18 oleh: Arien Yudha

Saya mau sharing pengalaman Kista ya,
Sewaktu sy USG kehamilan pertama, diketahui ada Kista Ovarium seberat 2,3kg, panjangnya 26cm, sebesar bayi baru lahir lah. Tetapi Alhamdulillah menurut dokter saya bisa melanjutkan kehamilan saya, tetapi jika bayi sudah menginjak 4 bulan harus dioperasi,karena kalau kista pecah saya/bayi bisa meninggal. Maka ketika kehamilan menginjak 4 bulan, saya Operasi kista saya, dan Alhamdulillah 5 bln kemudian saya melahirkan normal, anak sehat walafiat.




Rabu, 02-10-2013 09:59:30 oleh: yeli mariya s.y

pagi dok , saya juga penderita kista ovarium,sbsr 10cm, dan saya jg lg hamil ank ke3,yang ingin saya tanyakan apakah kista saya tidak menggangu kehamilan saya?dan bagaimana mengatasinya, krna saya tkt klu di operasi dok, dan kpn kista bisa di angkt dok? maaf dok saya jg pendrta teroid dok. mksh sblmnya dok.



Kamis, 10-10-2013 08:22:26 oleh: Ira hervandry

Dokter.... mau tanyaa... umur 20th terkena kista ovarium kanan.... blum di operasi......yg terkena kista boleh minum pelangsing ga? Apa akan mempengaruhi kistanya?



Senin, 18-11-2013 19:00:07 oleh: airyn

Dokter yg baik ..sy mau tny..selama ini sy tdk pernah nyeri haid, tapi tiba2 saya merasakan sakit yg luat biasa hingga di bawa ke ugd, ternyata ad kista 11cm d sblh kanan...dokter nyarankan operasi..lalu besok hari nya saya di tes ca-125..setelah di ambil darah..saya kesakitan sekali hingga emergency sekali dan di operasi saat itu jg padahal jadwal operasi harusnya nunggu hasil ca125 nya.
Dokter mengatakan ketika di operasi..kista nya pecah dan menyembur, apa cairan nya berbahaya dok kalau kena dalam perut? Dan ternyata stlh di angkat.ukuran nya hampir 20cm.saat ini saya baru baca hasil tes tumor ternyata hasil nya kista saya ganas..saya sedih sekali dok saya umur 24 dan blm menikah.apa yg hrs saya lakukan dok agar bisa punya anak kelak? Krn saya sedang rencanakan nikah.saya takut sekali pasangan saya lari nanti :(
Mohon tanggapan nya dok.trimakasih




Sabtu, 14-12-2013 06:02:44 oleh: veni syafira

Dok saya mau bertanya kalo bibir vagina sebelaah kanan mengecil itu knp ya?

Veni syafira
21th
Belum menikah




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia