Ritapunto

Narkoba Katanya Enjoy Kok Sengsara Jadinya

Kamis, 02-10-2008 07:20:52 oleh: Ritapunto
Kanal: Gaya Hidup

Narkoba Katanya Enjoy Kok Sengsara Jadinya

Terakhir kali saya bersentuhan dengan lingkungan yang bergelimang Narkoba sekitar 13 tahun yang lalu, teman-teman aktifis lingkungan hidup dan teater masih suka nyimeng, ngeboat, ngedrag, ngefly dan entah apa lagi istilahnya untuk bermabuk-mabukan diluar minum khmar. Kadang saya jengkel dengan kelakuan teman yang seperti itu, buat saya nyusahin aja. Seperti misalnya mau naik gunung harus mabuk dulu supaya pede 'njegat' = menghadang tumpangan ditengah jalan atau mau demo di sawmill liar harus ngefly dulu biar berani nantangin aparat desanya adu argumentasi.

Jelas bodoh dan tidak berakal, boro-boro bisa njegat tumpangan, sepanjang perjalanan mereka nembak'(muntah terus), saya yang repot, menggotong atau meminta maaf atas kelakuan teman ini. Belum lagi jika harus berurusan dengan aparat kepolisian, wah saya jadi ikutan puyeng gak karuan. Mungkin karena merasa teman, terkadang saya memaklumi kelakuan mereka yang kecanduan narkoba tersebut, atas dasar kemanusiaan juga saya tetap menjadi temannya. Apalagi jika mereka beralasan bahwa mereka adalah korban, wah kecian kan kalau kita menjauhi mereka. Pengalaman yang nyaris terlupakan.

----

Minggu lalu saya dikejutkan dengan adanya seseorang yang tergeletak di depan rumah saya, tepatnya di samping bak sampah. Mpok yang datang pagi-pagi tidak berani mendekat. Lalat berkerumun di tubuh orang ini, posisinya hanya tampak kaki dan orang tersebut tidak terbangun padahal mpok berusaha bicara keras. Tukang ojek yang lewat tidak berani menyentuh orang ini--membuat saya panik. Saya khawatir ini peristiwa pembunuhan, semua berpikiran sama.

Nekad, saya mendekat dan memastikan kondisi orang yang ditengarai berjenis kelamin laki-laki. Ups..ada tato di kaki yang saya kenal, dan masih ada denyut kehidupan, nafasnya naik turun. Orang ini tidur pulas sekali, lalat dan semut yang mengerumuninya tidak dihiraukan, dia tidur beralaskan keset kaki dan menutupi tubuhnya dengan spanduk.

Tato itu milik anak muda yang selama ini terjerat narkoba. Temannya bergantian masuk bui, aslinya dia berasal dari keluarga berada. Kadang masih mengendarai mobil orang tuanya. Isterinya masih muda, badannya kurus tanda tekanan batin dan rela berjualan makanan disekitaran rumah saya untuk membeli susu bayinya. Suaminya, kelihatannya membantu tapi disayangkan tiap hari butuh suntikan putaw supaya tidak sakaw, roman wajahnya selalu merah dadu, tangannya sering kali berdara-darah. Ironis..pemuda setampan dia harus jadi budak narkoba.

Akibat mabok pula, anak muda ini tidak mampu lagi berjalan untuk pulang. Menjelang siang ada temannya yang datang membangunkan dia, saat bangun hal pertama yang dilakukannya adalah 'nembak' sebanyak-banyaknya......di bak sampah saya.

Ah, narkoba jika engkau begitu nikmat kenapa budaknya jadi sengsara, pantaslah dibilang otak udang jika seseorang terjerat candunya narkoba. Otak udang adalah kiasan, saking kecilnya otak ini, maka manusia yang berakal sehat jika tidak bisa membedakan racun dan madu--dia disebut otak udang.

Bookmark and Share

Tag/Label ritapunto, warta, peristiwa, narkoba, mabok, utak udang, kehidupan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
3 komentar pada warta ini
Kamis, 02-10-2008 10:38:22 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ya mbak Rita, dan narkoba ini pintu gerbang untuk penyakit lain. Dan getah yang (kemudian) di tanggung, melimpah pada banyak orang.

Just say no to drugs.
Mulai dari diri sendiri, keluarga sendiri, lingkungan sendiri (Untuk Indonesia).




Kamis, 02-10-2008 11:36:18 oleh: Tari

Wah, mbak ternyata aktifis lingkungan hidup ada juga yang ngeboat, ngedrag dsb... dsb... yaaa ... gak nyangka. Thanks infonya, mbak. Jangan-jangan kalo ada acara untuk lingkungan hidup ... sumbangan yang masuk buat ngeboat !!



Kamis, 02-10-2008 21:12:52 oleh: ritapunto

@ bunda Nury: Setuju bunda, yg penting adlh pribadi yg tangguh dan tidak mudah tergoda trend, atau ikut2 an atau khawatir di cap gak gaul.jika gak nyoba narkoba, sekali mencoba, kontrak mati sudah ditangan.

@tari: disemua level komunitas, pasti ada oknum. begitupula dg aktifis lingk/seni teater. tetapi hal ini tdk bisa digeneralisir, krn memakai narkoba adlh privacy, implikasinya temannya yg bukan pemakai bisa tergoda juga. narkoba masuk disemua komunitas masyarakat dan menjadi agama baru bagi pecandunya. contoh yg nyata adlh ketergantungan rokok di kalangan aktifis lingk permpuan & laki, mrk paham rokok tdk baik utk lingkungan, mrk jug ogah terima dana dari perusahaan rokok ttp mrk perokok aktif. kasus narkoba juga spt kasus rokok




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY