Berthold Sinaulan

Beragam Kegiatan di Jambore ASEAN

Sabtu, 27-09-2008 15:49:23 oleh: Berthold Sinaulan
Kanal: Peristiwa

Beragam Kegiatan di Jambore ASEAN

Jambore Pramuka/Pandu ASEAN yang dalam Bahasa Inggris disebut "ASEAN Scout Jamboree" kini sedang memasuki tahap akhir persiapan, sebelum dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, dari 18 sampai 26 Oktober 2008. Panitia penyelenggara di bawah pimpinan Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Amoroso Katamsi, terus sibuk mempersiapkan berbagai hal.

Termasuk tentu saja mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang akan diikuti oleh para peserta dari 9 negara ASEAN, diantaranya adalah Indonesia. Entah kebetulan atau tidak, ternyata kegiatan-kegiatan dalam jambore tersebut juga dikelompokkan dalam 9 modul kegiatan. Diharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan-kegiatan itu sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan Tanda Ikut Serta Kegiatan (Tiska).

Modul kegiatan pertama adalah Scouting Skills. Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama setengah hari ini meliputi kegiatan pioneering, pertolongan pertama pada kecelakaan, dan kegiatan berkomunikasi saat dalam keadaan berbahaya. Termasuk penggunaan tanda-tanda isyarat seperti semafor dan morse.

Kemudian, ada juga yang disebut Adventure Land. Dalam kegiatan yang direncanakan berlangsung sehari penuh ini, meliputi pengenalan terhadap kemampuan bertahan hidup di kondisi kritis, yang tentunya disesuaikan dengan usia peserta jambore, dan berkelana di alam terbuka.

Berikutnya adalah ASEAN Cultural Village. Dalam kegiatan yang direncanakan berlangsung sehari itu, para peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti acara-acara Festival Seni Dekoratif, Pertukaran Budaya, dan Festival Masakan. Para peserta bisa mencoba membuat sendiri karya-karya seni dekoratif, belajar mengenal beragam sisi budaya, dan mencoba memasak serta merasakan makanan dan minuman khas dari negara-negara ASEAN.

Modul kegiatan selanjutnya adalah ASEAN Development Village. Para peserta direncanakan akan berkegiatan selama setengah hari, untuk mengunjungi Perkampungan Hijau ASEAN, Perkampungan Energi ASEAN, dan Teknologi Tradisional ASEAN. Di sini, para peserta diajak untuk belajar mengenai tumbuhan dan hewan langka di kawasan ASEAN yang perlu dilindungi, serta belajar teknologi-teknologi tradisional, yang bisa membantu menciptakan negara ASEAN yang lebih hijau dan lestari.

Ada juga modul kegiatan ASEAN Solidarity. Di sini para peserta diajak membangun solidaritas antarsesama warga ASEAN, termasuk melakukan kegiatan bakti masyarakat. Bekerja sama dengan warga di sekitar Bumi Perkemahan Pramuka Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, para peserta akan membersihkan dan memperbaiki lingkungan, termasuk merenovasi gedung ibadah dan bangunan-bangunan yang diperlukan masyarakat setempat, misalnya sekolah.

Berikutnya adalah ASEAN Development Boulevard. Ini adalah kegiatan pilihan bebas bagi peserta, dan mereka dapat melakukannya dua kali selama jambore berlangsung. Para peserta dapat mengunjungi arena pameran, permainan-permainan interaktif, dan tempat-tempat untuk memperkuat keimanan seseorang.

Modul kegiatan selanjutnya adalah ASEAN Sportacular. Kegiatannya akan dilakukan di dua hari terakhir jambore, dan para peserta akan diajak untuk ikut berkompetisi dalam permainan dan olahraga tradisional yang dikenal di negara-negara ASEAN. Tiap-tiap negara peserta diharapkan dapat membawa peralatan untuk sedikitnya satu jenis permainan dan olahraga tradisional dari negaranya.

Tak kalah serunya adalah kegiatan Educational Tour. Kegiatan sehari penuh ini akan dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah. Sementara dikabarkan, sebagian peserta juga akan diajak untuk menyaksikan Pameran Filateli Asia-Pasifik bertajuk "Jakarta 2008" yang digelar di Mangga Dua Square, Jakarta Utara. Di pameran filateli itu, prangko dan berbagai benda pos dari negara-negara ASEAN juga ditampilkan.

Satu modul kegiatan lagi adalah ASEAN Spectacular. Ini adalah kegiatan di malam hari, di mana tiap-tiap negara peserta diharapkan dapat menampilkan musik, lagu, dan tarian tradisional dari negara masing-masing di atas panggung yang disiapkan secara khusus. Ini juga merupakan kesempatan bagi peserta untuk lebih mengenal kesenian dari negara-negara ASEAN.

Seru juga, ya.

Bookmark and Share

Tag/Label pramuka, pandu, asean, jambore, cibubur, jakarta, indonesia, sosial
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
6 komentar pada warta ini
Rabu, 15-10-2008 18:00:57 oleh: riyan mudastsir

waw...gla..gua.kan pserta-a,waduh...enak bner...psti ne bkal jd kenang2an yg tak terlupakan




Sabtu, 18-10-2008 13:36:52 oleh: minur

info jambore ASEAN nya di update dong,,



Minggu, 02-11-2008 15:01:04 oleh: Riskiana


ASEAN,,

JAMBORE

halLo FRiends
gw Riskiana konTingen KALTIM
jamBore nC pnYa kzand snDRi bwad'gw
kaNgen bngT dngN suasana jaMboRe nC

thank bwad kakak" yG udc baeK ma anaK kaLTim
teRutama kakak" yG d SubcamP PATTAYA and Tajong

see You bYe




Jumat, 20-03-2009 14:24:40 oleh: silvy dwi yulainti

emang kapan di adaaen jambore ASEAN nya?
cz klu da pngen ikut gw




Rabu, 21-10-2009 19:42:23 oleh: gita arinsa

jamboreeeeeee
aseannnnnnnnn

gila aku kangen susana d asj kalo bisa jangan pernah habis tujamborenya,,,,,,

buat anak2 jambore asean ya dari north sumatra, west java,,, I MUSSS YOU ALL,,,,




Kamis, 22-10-2009 21:39:12 oleh: yani rene

hay..........gw yani perserta kontingen NTT g terasa ah setahun jamborenya berlalu tp ttp aj gw msh kangen ama suasananya........duh kpn yah...bisa diadain reoninya........oh yah salam jambore asean slalu untuk smuanya........khususnya bwt gegget........smph kangen nich........



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY