Nury Nusdwinuringtyas

Lutut Nyeri dan Kaku? Perkapuran? Mungkin

Senin, 22-09-2008 16:56:54 oleh: Nury Nusdwinuringtyas
Kanal: Kesehatan

Perkapuran pada lutut merupakan salah satu tanda terjadinya osteoarthritis . Osteoartritis (OA) dikenali sebagai arthritis degenerative, gangguan yang terjadi seiring bertambahnya umur, terutama mengenai sendi yang menopang berat badan, seperti lutut, dan panggul, meski tak jarang juga terjadi pada tangan dan kaki.

 

 

Di Indonesia, OA merupakan penyakit reumatik yang paling banyak dijumpai. Di Kabupaten dan Kotamadya Malang misalnya, angka kejadiannya mencapai 13,5%. Sedangkan di poliklinik Subbagian Reumatologi FKUI/RSCM, OA ditemukan pada 43,82% penderita baru reumatik (tahun 1991-1994).

Apa penyebabnya

Usia dan genetik  dikatakan merupakan  faktor resiko terjadinya OA.Rawan sendi  menipis bersama pertambahan usia. Rawan sendi yang menipis menyebabkan gesekan antar tulang , menimbulkan nyeri dan terbatasnya gerak lutut. Gerakan berulang sendi lutut bertahun- tahun mengiritasi dan menyebabkan peradangan .  Tulang rawan yang radang memicu terjadinya pertumbuhan tulang tidak pada tempatnya (spur/ perkapuran.) di sekitar sendi. OA juga sering ditemukan pada  beberapa orang dalam suatu keluarga, sehingga faktor keturunan tak bisa dihindarkan.

Hal lain yang merupakan faktor resiko, mencakup kegemukan, jenis kelamin (perempuan cenderung lebih banyak terjadi ), trauma,  kelemahan otot, sendi yang tidak stabil, meningkatnya pembebanan dinamik. Individu dengan obesitas cenderung mengalami OA lutut 300-400% . Sepatu yang terlalu tinggi, sempit, berat, alas sepatu (sol) yang keras dan kurang lentur , bisa menjadi penyebab.

Gejala

Nyeri dan kekakuan merupakan hal yang sering dikeluhkan. Nyeri sendi  biasanya bersifat tumpul, bedakan dengan nyeri yang tajam menusuk, sampaikan dengan jelas pada dokter. Sifat nyeri yang berbeda , akan memberikan diagnosa berbeda. Nyeri   dirasakan setelah aktivitas berulang .   Nyeri saat istirahat dapat terjadi , pada OA yang berat. Rawan sendi bisa hilang sama sekali, sehingga terjadi pergeseran antar tulang, yang berakibat keterbatasan gerakan persendian.

Kaku sendi, merupakan rasa seperti diikat yang biasanya  singkat, tidak lebih dari setengah jam. Nyeri dan kekakuan sendi dapat juga timbul setelah bangun tidur, atau setelah duduk yang lama ( naik kereta api, nonton film).

Gejala lain pada OA lutut berupa bengkak , teraba hangat dan bunyi (creaking); bowleg , bila degenerasi tulang rawan sangat progresif; sedangkan bony enlargement sering menyertai terbentuknya perkapuran.

Gejala OA  dirasakan bervariasi diantara individu yang terkena. Beberapa orang menjadi “cacat” karena gejalanya. Namun ada juga gejala yang dirasakan tidak sedramatis  tampilan degenerasi sendi yang citra dari foto rotgen. Bahkan nyeri tidak selalu dirasakan, seringkali hilang timbul. Tak jarang ada masa bebas nyeri yang lama , hingga dalam hitungan tahun.

Pemeriksaan penunjang

Tidak ada pemeriksaan laboratorium darah spesifik untuk menegakkan diagnose OA, tes darah dilakukan untuk menyingkirkan penyakit lain. Pemeriksaan radiologis sendi yang terkena memberikan penampilan penipisan hingga hilangnya rawan sendi , penyempitan ruang sendi, dan terbentuknya spur / perkapuran.

Artrosintesis dan artroskopi merupakan tindakan lanjut yang dilakukan seorang dokter,  bilamana perlu. Artrosintesis , dokter akan menusukkan jarum yang steril untuk mengambil cairan dalam sendi, untuk dianalisa.  Artroskopi, merupakan tehnik bedah menggunakan tabung kecil, untuk melihat dalam sendi .

OA? Apa saja  yang bisa dilakukan

Terapi OA lutut menghilangkan nyeri sendi dan menjaga fungsi sendi. Pada lutut, sesuai dengan fungsi penunjang saat berjalan, diharapkan tidak ada rasa nyeri , serta gangguan  akibat kekakuan ataupun keterbatasan. Pada wikimuers yang beruntung tanpa gejala yang dirasakan, pengobatan tidaklah peseharlu , meskipun proteksi agar OA tidak memberat sehingga menimbulkan keluhan , tetap harus dipertimbangkan.

Ingat PRITE.

P(rotection) ; P(revention):  

Bertujuan mengurangi beban pada lutut (saat berdiri maupun berjalan). Pengurangan beban selain pastinya mengurangi berat badan , bila memang berlebih, bisa disiasati dengan mnggunakan tongkat. Tongkat bersama ke dua kaki akan memperluas “dasar” tumpuan badan, dengan demikian beban lutut berkurang. Dapat juga diberikan alat bantu, dengan tujuan mengalihkan beban tumpuan lutut. (http://rehab-med.blogspot.com/2007/03/osteoarthrosis-genu-rehabilitation.html)

Relative R(est): 

Istirahat yang cukup untuk lutut, hindari berdiri lama, naik tangga,  berlutut,  menekuk lutut yang dalam. Mengistirahatkan lutut yang sakit, akan berdampak turunnya tekanan pada sendi,  pada gilirannya akan mengurangi nyeri, dan menghilangkan bengkak. “Istirahat”  dapat berupa pengurangan intensitas dan frekuensi aktivitas yang secara konsisten membebani lutut.

I(ce)

Es diberikan bila lutut teraba hangat, alasi es dengan handuk. Wikimuers mungkin akan dipilihkan terapi fisik yang lain misalnya TENS; ES suatu bentuk terapi listrik untuk mengurangi rasa sakit. Pemilihan terapi fisik yang lain seperti diatermi (bersifat pemanasan), atau  laser tenaga rendah , pastinya harus melewati pertimbangan dokter .

Taping

Secara teoritis lutut dibagai menjadi tiga, luar , tengah dan dalam. Lutut sisi dalam yang sering mengalami kerusakan . Taping menggunakan tape yang spesifik,  biasanya dipasang pada sisi dalam. Saat ini dokter spesialis  rehabilitasi medik, ortopedi dan rematologi- penyakit dalam yang berkompetensi untuk pemakaian taping

Exercise/ latihan

Bentuk latihan bisa isometrik atau isotonik, Konsultasi dulu dengan dokter, jenis olahraga yang sesuai untuk Wikimuers. Latihan atau olahraga (pada OA) yang terarah akan meningkatkan kelenturan sendi , dengan demikian diharapkan tidak terjadi keterbatasan gerakan sendi dan menurunkan derajat kekakuan lutut.

Pada pembahasan kali ini, saya sampaikan satu bentuk latihan penguatan otot paha depan (quadriceps), dengan metoda isometrik. Latihan dilakukan saat tidak terjadi radang pada lutut,  (tidak sakit, tidak teraba hangat, tidak bengkak). Sebaiknya sudah dilakukan sebelum memasuk usia resiko terjadinya OA . Tahanan selama 5 detik cukup aman.

Obat
•    Obat yang di berikan pada umumnya golongan NSAID, namun untuk OA biasanya disertai pemberian golongan glucosamine chondroitin . Keduanya ada dalam bentuk minum ataupun olesan . Yang sebaiknya diperhatikan , takaran dan cara pemakaian.
•    Obat lain berupa injeksi serta tindakan operasi, pastinya harus dengan indikasi yang tepat.

 

Tips:

 

 

Catatan:   
Arthrocentesis: Suatu prosedur menggunakan jarum dan syringe steril, dipergunakan untuk mengeluarkan cairan dalam sendi.
Arthroscopy: Suatu tehnik pembedahan dengan memasukkan tabung ke dalam sendi, untuk melihat, mendiagnosa dan memperbaiki jaringan.

Sumber:
•   Medicine.net.com
•   Handout Nury: Bijak pada lutut. Seminar awam RS Pelni 10 November 2007
•   Journal of Bone and Joint Surgery - British Volume, Vol 87-B, Issue SUPP_III, 393.  
Copyright © 2005 by British Editorial Society of Bone and Joint Surgery
•   llustration copyright 2001 by Nucleus Communications, Inc. All rights reserved. http://www.nucleusinc.com, di modifikasi by Nury
•   http://www.rehab-med.blogspot.com/2007/03/osteoarthrosis-genu-rehabilitation.html

 

 

Bookmark and Share

Tag/Label lutut, pengapuran
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
100 komentar pada warta ini
Senin, 22-09-2008 17:52:33 oleh: ritapunto

bunda, kalo kena dingin, kakiku bisa nyeri berhari-hari..selama ini aku minum allopurinol. awalnya sih, sakitnya agak berkurang tp lama2 kokdah gak mempan. jujur, aku harang lepas dari kaos kaki, kecuali mandi dan berjemur pagi hari..

ke mana daku harus konsultasi, bun?trims




Senin, 22-09-2008 18:46:29 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ke spesialis peny dalam , konsultan rematologi

Umur berapa sih sekarang mbak cantik? Japri silahkan




Selasa, 23-09-2008 08:52:38 oleh: herlina lim

b' dr. Nury,
kalo rematik termasuk ciri perkapuran juga ndak?




Selasa, 23-09-2008 09:08:37 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

A ha, terbalik Herlina. Perkapuran termasuk salah satu dari 100 jenis rematik.

Perkapuran merupakan jenis yang tidak sistemik, jadi bisa kena satu sendi. Yang sistemik seperti karena asam urat, bisa lebih dari satu sendi, dan rasa nyeri serta kekauannya berbeda.

BTW, terima kasih, sampai saat ini komputer saya aman, mengakses wiki dengan mudah.


Nitip buat mas Bajoe, pada kotak tips, 90 derajat, bukan 90 persen.

Terima kasih Herlina.




Senin, 29-09-2008 11:34:19 oleh: erlina

Buat Ibu Nury,
Ibu saya mengalami nyeri dilutut ( sudah lama dan kalau jalan kelihatannya bengkok seperti letter O )dan kemudian kami mencari dokter katanya lutut ibu saya perlu disuntik minyak. Sebelumnya dokter memberikan suntikan anti bengkak dulu sebanyak 2 kali ( seminggu sekali selama 2 minggu ), karena katanya lutut Ibu saya sudah cedera dan ada pembengkakan. Dokter bilang bengkaknya harus dikurangi dulu baru bisa disuntik minyak. Apa analisa dokter tersebut benar karena tidak ada rontgent terlebih dahulu ?
Dan saya mau bertanya apa benar penyuntikan minyak atau obat anti nyeri ke persendian lutut bisa membuat lutut jadi kaku / lebih parah dan bisa terjadi pengapuran ?
Umur ibu saya = 65 tahun, berat badan 62 kg
Terima kasih.




Senin, 29-09-2008 18:46:03 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Erlina
Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini. Penentuan penyakit atau bahasa kerennya diagnosis penyakit , di harapkan diperoleh terutama dari tanya jawab (anamnesa), yang diperkuat dengan pemeriksaan (fisik) , dalam hal ini lutut. Pemeriksaan radiologis / rontgen termasuk dalam kategori pemeriksaan penunjang, untuk memastikan diagnosis. Kemungkinan dari anamnesa, dikaitkan dengan usia, Ibu didiagnosis sebagai OA lutut yang telah terjadi gangguan bentuk. Foto rontgen memang baik kalau bisa dilakukan.
“Suntikan “ pada sendi, merupakan ikutan dari tindakan arthrocentesis. Kemungkinan pada kunjungan awal ditemukan pembengkakan, sehingga di suntukkan obat golongan steroid, dilanjutkan dengan “minyak” (?).

Penyuntikan pada dasarnya tidak membuat lutut jadi kaku, dan perkapuran. Kalau benar OA seperti judul tulisan saya, kekakuan dan perkapuran, yang menyebabkan terapi di berikan. Suntikan yang pertama, kalau benar steroid, tidak akan diberikan berturut-turut kurang dari 6 bulan , karena akan membuat keropos.

Saran saya , tanyakan pada dokter, apa diagnose penyakit ibu mbak Erlina, dan obat apa saja yang diberikan/ di suntikkan.

Untuk sementara ini yang bisa saya sarankan, P (revention) dan P (rotection) lebih lanjut. Mengurangi berat badan, memakai penyangga (tongkat misalnya) , dan R (relative rest)
(Ibu mbak Erlina tinggal di mana, dan berat badan berapa?)




Selasa, 30-09-2008 06:21:39 oleh: Dicky D.T. Rahardjo

Tante ku ini memang dokter online yang paling TOP...



Selasa, 30-09-2008 08:17:36 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@mbak Erlina, maksud saya tinggi badan berapa, untuk menhitung IMT (Indeks Massa Tubuh), dengan demikian beban pada lutut bisa diperkirakan


@Haloo mas Dicky, dilarang cuma berkomentar, libur panjang kan, web ku diberesin yuk.
Eh, tgl 11 Oktober 2008 ikutan kumpul ya.




Selasa, 14-10-2008 16:10:05 oleh: erlina

Terima kasih mbak Nury atas keterangannya, tinggi badan ibu saya kira-kira 150 cm. Ibu saya tinggal di Medan.

Mbak, ibu saya ada ke dokter beberapa hari yang lalu, dokter menyarankan minum obat dulu nanti seminggu baru datang lagi. Tidak ada periksaan rontgent. Dokter juga ada menyarankan suntikan yang harganya 3 jutaan sekali suntik ( untuk 1 kaki ), atau yang 4 kali seminggu suntik yang harganya lebih murah @ Rp. 750.000. Sekarang saya bingung karena tidak tahu mana yang lebih baik, 1 kali suntik atau 4 kali suntik. dan mana yang tahan lebih lama ? Dokter tidak menyebutkan apa nama obatnya. Menurut mbak bagaimana ? Mohon sarannya. Terima kasih.




Rabu, 15-10-2008 06:51:36 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Japri saja ya mbak Erlina, klik nama saya, ada alamt e-mail saya
Krim ke saya foto lututnya dan pemeriksaan apapun yang sudah di buat




Rabu, 15-10-2008 15:26:16 oleh: Hendracia Amar

dear bu Nury,

mama saya juga menderita sakit nyeri di lutut. baik pada saat aktifitas maupun saat istirahat/tidur akan terasa sakit. selama ini mama juga uda mengkonsumsi beberapa jenis obat2an & vitamin yg mengandung glucosamine. sakit agak berkurang tapi tidak lama nyeri lg. belakangan ini keliatannya sakitnya masih sering.

pertanyaan saya, jika saya mau konsultasi ke dokter sebaiknya ke dokter apa? kl ada dokter yg bisa di rekomen akan lbh baik. ato bu Nury ada buka praktek? lokasi & contactnya apa? japri ke email saya aja.

Trims





Kamis, 16-10-2008 08:23:10 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mbak/ mas Hendracia(?),
maaf, karena tidak log-in / belum member9?), saya tidak dapat membuka profil
dokter spesialis penyakit Dalam konsultan Rematologi dan dokter spesialis Rehabilitasi Medik

Tinggal di mana?




Jumat, 17-10-2008 11:17:35 oleh: Nindy

Bu Nury
Usia saya 40th, tinggi 160 dan berat badan 70
Keluhan saya sulit / payah pada saat mau jongkok atau mau berdiri setelah jongkok karena lututnya nyeri

Apakah ini termasuk pengapuran karena kelebihan berat ya Bu
Bagaimana terapi latihan untuk menghilangkan nyeri lutut ini

Trims





Jumat, 17-10-2008 11:50:09 oleh: Hendracia Amar

Dear Bu Nury,

sorry kemaren postingnya buru2 so gak login dulu :D.

oh ya kakak saya juga ada cari info ttg sakit lutut ini. dari research dia katanya mama kena asam urat. pertanyaan saya apakah asam urat ini sama spt kasus OA? lalu apakah gejala asam urat ini sama dengan OA? dalam minggu ini saya mau bawa mama saya utk cek asam uratnya dulu. sebenarnya saya rencana mo sekalian x-ray tp karena x-ray butuh surat dokter so untuk sementara kg jadi dulu.

lokasi saya di cengkareng, Jakbar.




Jumat, 17-10-2008 12:49:11 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@mbak Nindy,

kalau dihitug IMT mbak Nindy 27,34. Ya, keberatan, coba dikurangi dulu berat badannya, usia 40 an pas-pasan untuk OA
Salah satu lutut or ke duanya?
Sementar, duduk upayakan pada kursi dengan alas kursi yang tidak lunak , upayakn kursi dengan "tangan" , sehingga kalau berdiri, tangan membantu menopang , sebagai tumpuan berdiri.




Jumat, 17-10-2008 12:54:33 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

pak Hendra,

asam urat berbeda lagi masalahnya, kalau asam urat "sistemik", lebih dari satu sendi.
Asupan yang terjaga harus menjadi perhatian





Senin, 20-10-2008 14:25:39 oleh: Hendracia Amar

Dear bu Nury,

terima kasih atas info yg ibu sampaikan. bearti jika sakitnya hanya ada di lutut itu kemungkinan besar OA ya.

lalu metode utk menangani OA selain dengan operasi apa? lalu utk OA yg akut, apakah cara satu2nya hanya dengan operasi?




Selasa, 21-10-2008 05:59:47 oleh: nury nusdwinuringtyas

Seberapa sakitnya? kalau sempat buka tulisan saya, kala nyeri harus terukur, coba tanyakan , nyerinya seberapa besar.

Apa beliau mau memakai alat bantu, tongkat, walker, dipergunakan terutama saat ada aktivitas yang menyebabkan lutut terbebani. Dengan alat bantu, beban pada lutut di kurangi, dengan demikian tidak terjadi peradangan. Ukurannya, kalau nyerinya berkurang, memang benar sakit sendinya karena beban (sat aktivitas)

Bagaimana hasil laboratorium ? Gejala sebagai pendukung diagnisa , berlaku pada umumnya, namun setiap orang bervariasai.




Kamis, 23-10-2008 12:49:34 oleh: Hendracia Amar

Dear bu Nury,

hasil pemeriksaan lab uda keluar. setelah di liat2 ternyata asam urat mama saya normal2 aja (agak tinggi dikit aja). dari hasil pemeriksaan itu yg paling tinggi ternyata korestrol.

dengan demikian sakit lutut mama bisa di bilang bukan di sebabkan asam urat yg berlebihan.

beberapa hari terakhir ini sakit nyeri di lutut mama makin parah saja. utk jalan aja keliatan susah bgt. g uda anjurin kl mo jalan pake tongkat aja. dianya gak mau (malu kale ya). jadi pusing g :(.







Kamis, 23-10-2008 16:42:13 oleh: nury nusdwinuringtyas

Beri pain killer dulu, kalau belum mau pakai tongkat, dalam rumah jalan dengan mendorong kursi makan stainless steel yang ringan

Glucosamin - chondroitin lanjutkan hingga 6 bulan.
Ada gb alat bantu/ orthose untuk lutut di blog saya rehab-med<dot>blogspot<dot>com,




Jumat, 24-10-2008 18:00:18 oleh: Hendracia Amar

i c. coba g ikutin dulu deh saran dari bu Nury. sekalian check orthose di blog ibu :D. thx

saat ini sih mama ada makan obat. namanya kl gak salah proxim. dari bungkusnya sih di tulis emg obat utk OA. tapi gak tau deh itu pain killer ato bukan.

mama juga saat ini ada konsumsi Glucosamin - chondroitin. cuma saya mau nanya juga. itu Glucosamin ama chondroitin itu obat atau suplement ya? soalnya mama uda makan cukup lama tapi masih sakit juga kakinya :P




Jumat, 24-10-2008 21:38:20 oleh: nury nusdwinuringtyas

Glucosamin- chondroitin memang dikemas= suplemen , namun tujuannya untuk perbaikan rawan sendi, kalau rawan sendinya membaik, diharapkan keluhan dapat diatasi
Konsumsi jangka panjangberkesinambunagn, karena perbaikan memerlukan waktu.







Jumat, 06-03-2009 10:27:21 oleh: Bizal Bani

Ibu Nury Nusdwinuringtyas, saya pemain volly tetapi lutut saya saat mulai mengeluarkan bunyi (creaking), alternatif apa untuk mencegah ke keluhan saya, padahal kaki saya tidak sakit dan tidak bengkak.



Jumat, 06-03-2009 11:08:41 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Pakai knee decker saat aktivitas olah raga, lakukan pemanasan yang benar. Persering penguatan otot kuadricep



Jumat, 06-03-2009 11:13:18 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Aduh, mohon maaf mas Bizal, tanpa basa-basi ya. Ini sambil membuat proposal penelitian.
Selamat berlatih.




Selasa, 24-03-2009 14:46:12 oleh: ita

bu..sy mau konsul nie.
lutut sebelah kanan ayah sy skt n bengkak.
hasil diagnosa dokter blh klu ayah sy ada pyakit gula, asam urat dan paru.
stelah diopname dirmh skt, asam urat sudah turun menjadi 5,4, gula 149. paru sudah diobati dan konsumsi obat slama 6 bln.Tetapi sampai skrg kaki ayah sy belum bs jalan.
Sy mau Tanya :
1. Apakah ada hal lain/penyakit lain selain penyakit diatas yg bt ayah sy td bs jalan? karna dokter tdk menjelaskan hal lain.tetapi aneh kok nga bs jalan?
2. Apakah msh bs jalan? klu bs, sy minta arahan ibu, kira2 ke dokter spesial apa kt perlu konsul biar cocok n tepat sasaran.
3. Selain lutut kaki kanan bengkak,ayah sy jg dah 3 bln dgn kond seperti ini. Keluhan ya hanya satu bagaimana bs jalan.
Sy mohon balasan dan tanggapan Ibu.
Sy tggu.
Atas perhatiannya, sy ucapkan terima kasih.
-Ita-




Minggu, 19-04-2009 11:30:06 oleh: elly murniati

mbak Nury yg cantik.......!Bahu kiri saya berbunyi krek2 dan dalam posisi tertentu nyeri/sakit, saya sudah ke dokter spesialis syarat, dan dokter tsb bilang saya kena radang sendi, eh..... sekarang bahu kanan saya jg bunyi tp ga sakit, cuma di siku biru2 dan pegelangan tangan sakit (dlm posisi memeras pakaian) dokter tsb bilang ada masalah dengan sendi tapi bukan OA. sya diberi obat yg diracik dan pirofel gel. Saat ini saya minum glucosamin condoruitin(yg cream jg pake) dan kadang2 diberi IBUPROFEN,terapi akupuntur. asam urat 3.6 mg/dl dan test RF Negatif. Kadang2 seluruh tubuh saya terasa renyem2 kaya ada yg jalan gitu... pada malam hari. Usia saya 44 tahun, TB 155 cm, BB 60 kg (dlm 1 bln ini udah turun 3 kg) sejak usia 20 an saya OR senam aerobik low impact n sepeda statis (Sjk Usia 35 tahun BB naik), tapi perut saya ga buncit. Kolesterol dan sejenisnya normal, darah 100/80 kadang 110. Saya jg punya ASMA (karena Alergi dan udara sukabumi yg dingin). Selain itu ibu saya usia 67 tahun BB 52 kg, TB 155cm memang mempunyai OA di lutut kiri (beliau di Banjarmasin). Dokter Cantik....... maaf panjang banget dan thanks banget atas bantuannya.



Selasa, 21-04-2009 19:38:22 oleh: endi k.

bu dokter...mau konsul ni..
umur saya 54 th, asam urat 5, gula puasa 100, kolesterol total 135,tinggi 170, berat 80 kg
2 minggu yg lalu, lutut kiri saya nyeri ,otot betis & paha tegang, lutut sering bunyi klu digerakkan.
ke dokter dikasih oste forte 8 bh ( 2 x 1) dan obat nyeri.
- obat sdh habis tapi masih nyeri
- saya seminggu 2 kali jalan pagi 5 km, krn sakit istirahat ( apakah bisa dilanjutkan jalan pagi ??) - apakah ada obat yg lain ? tq.




Sabtu, 16-05-2009 11:28:25 oleh: Arifin

lutut saya hanya sakit/nyeri pada saat saya naik tangga, sedangkan akfitas lain tidak pernah sakit. gimana caranya untuk mengatasi permasalahan tersebut



Jumat, 29-05-2009 12:26:41 oleh: Fanny

Bu saya mau tanya untuk pantangan makanan bagi penderita penyakit perkapuran apa ? Kalau penyakit perkapuran sudah parah bisa diobati melalui suntikan ngak ? kalau bisa tahan sampai berapa tahun ? kalau seandainya dioperasi bisa tahan berapa tahun ? dan kalau kambuh lagi apa perlu dioperasi lagi ?

Terima kasih banyak atas infonya




Sabtu, 27-06-2009 16:23:13 oleh: leli mulyawati

terima kasih tentang semua hal yang menyangkut sakit lutut. Saya udah dua minggu mengalaminya, habis jongkok kalau mau berdiri suka snuuuut>Tapi melihat timbangan badan saya yang dua bulan ini melonjak 5 kg (dari 57 ke 62 )saya coba praktekan cara gambar di atas>.Angkat satu persatu kaki dan diluruskan. Selama ini saya mengkonsumsi habbatusauda 3X3 butir perhari.Alhamdulillah sakitnya berkurang



Sabtu, 11-07-2009 10:21:17 oleh: eve

Ibu Nury, mau konsult juga, saya usia 30thn,tinggi 163cm,berat bdn 63kg
saya sering mengalami nyeri sendi di lutut,siku,jari tangan apabila saya mengkomsumsi susu kalsium tinggi,sayuran kangkung,bayam, brokoli,kacang2an,saya sudah cek kadar asam urat saya normal.apakah gejala diatas adalah gejala
osteoarthritis ? atau termasuk jenis rematik? dan gimana cara mengatasinya ?

Terimakasih




Senin, 27-07-2009 11:38:47 oleh: sri pudjiastuti

Umur saya 40 Th , tinggi = 153 cm & BB = 55 Kg. sudah 1 bulan ini saya menderita sakit nyeri/ngilu di lutut sebelah kanan baik pada saat aktifitas maupun saat istirahat/tidur akan terasa sakit( apalagi habis ketekuk lama mau bangun lagi susah sekali). saya sudah periksa ke dokter spcl. tulang dan disarankan cek darah dan X-ray dan hasilnya rematik saya normal,kalsium normal dan hasil x-ray nya katanya saya menderita OA dini kemudian saya dikasih penghilang rasa nyeri,walaupun sudah minum penghilang rasa nyeri sampai sekarang masih sakit.Akhirnya saya beli sendiri suplemen omega 3 dan vitamin yg mengandung glukosamine,tapi kenapa rasa ngilu belum juga baik ya Mbak.
Dokter menyarankan saya untuk banyak olah raga renang & bersepeda. saya sudah lakukan itu tapi ngilu masih aja terasa.

Apa yg harus saya lakukan Mbak, apa ada terapi lain bisa menghilangkan rasa ngilu ini
Makasih atas saran dan bantuannya Mbak




Selasa, 28-07-2009 16:19:55 oleh: Rhudiyanto

umur sy udh 27 thn laki2, 3 thn lalu sy tabrakan dgn truck, tulng paha patah dan sdh smbuh, tinggal lutut yg blm smbuh2, lutut saya smpat dipasangi scrup krn retak dan skrng udh dikasi kluar, mslahnya slama 3 thn sy jrg trapy shingga lutut sy kaku, mungkin sdh ada kalus yg tumbuh disekitar tmpurung lutut shingga klihatan membesar, sampai skarang kaki sy lurus trus tdk bisa dibengkokkan, apa solusix bu? terima kasih.



Selasa, 25-08-2009 07:37:20 oleh: sella ganda

Ibu Nury, umur sy 29 thn perempuan, tinggi 170, BB: 57 Kg, akhir2 ini lutut sy sebelah kiri sering terasa ngilu, yg sy tanyakan pd ibu, apakah sy trkena sakit rematik di usia ini atau keropos tulang?. Bagaimana solusinya untuk mengobati dan mencegah hal ini. apakah berpengaruh dengan makanan yg sy konsumsi bu selama ini dan apakah ngilu ini bisa sembuh untuk jangka panjang/selamanya bu?. makasih..



Selasa, 01-09-2009 18:27:25 oleh: Ester Fitria

Salam sejahtera bu Nury,saya mau tanya ttg kondisi lutut mama saya. Lutut sebelah kiri mama saya kaku, ototnya kencang, dan suka nyeri (terutama kalo naik tangga), terus mama saya gak pernah bisa duduk sila, jongkok atau berlutut, karena terasa sakit. Waktu masih muda sih bisa tapi sekarang gak bisa, tapi mama sy gak ingat kapan terakhir bisa duduk sila. O iya, usia mama saya 49 th, berat 68 kg-70 kg, tinggi 165cm. Mohon bantuannya mengenai kondisi mama sy, soalnya mama saya belum berani untuk periksa ke dokter atau rumah sakit, karena takut kalau penyakitnya parah, padahal belum tentu jg kan ya. Terima kasih untuk bantuannya. Tuhan memberkati.



Kamis, 10-09-2009 14:46:47 oleh: lina

salam kenal bu Nury
terimaksih atas info yang di berikan dalam blog ini.
bu Nury saya juga mengalami masalah pada kedua lutut,awalnya
lutut saya mengalami sakit nyilu sewaktu. berjalan dan beberapa waktu hilang tapi kemudian muncul lagi ,saya pikir mungkin keseleo menjelang beberapa saat waktu menaiki tangga agak sakit seperi tertusuk dan ber bunyi
mohon bantuan bu nury
saya mengidap penyakit lutut apa ini dan bagaimana
cara menghilangkannya
Riwayat saya:
usia 40 tahun perempuan
berat Badan 47 tinggi 157
Hak sepatu tingi 3cm
hobby : bulutangkis(aktif),lari(berhenti)
demikian infonya . dan saya harap jawaban balik dari ibu. saya Tunggu.terimaksih

lina





Selasa, 22-09-2009 10:57:40 oleh: rudi

salam kenal bu,, ada yang ingin saya tanyakan adik perempuan saya berumur 6 thn berat badan sekitar 15 kg dalam waktu tertentu dia mengalami sakit pada persendian lututnya gejalanya lutut terasa hangat dan bunyi pada persendian , apakah gejala tersebut sama dengan apa yang telah di terangkan diatas apakah penyakit tersebut juga dapat terjadi pada anak....apakah ada obatnya. dan saya harap ibu dapat menjelaskannya. terimakasih



Selasa, 22-09-2009 19:19:49 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mas Rudi, sakit pada sendi bisa terjadi pada anak, tetapi penyebabnya pasti beda. Tinggal di mana? ke dokter anak yang spesialisasi imunologi dan atau ke spesialis rehabilitasi medik, agar terjegah gangguan fungsi maupun bentuk. Obatnya akan disesuaikan dengan penyebabnya. Saat ini ada pasien saya ( tahun diagnosa penyakitnya Juvenile Rheumatoid Arthritis (JRA), yang seperti ini, yang utama pengendalian (penyakitnya). Semoga membantu. Login atau jadi member (dulu0 , agar lebih mudah berkomunikasi.



Rabu, 23-09-2009 10:43:14 oleh: rizky

salam kenal bu Nury...saya ingin bertanya, apa benar perkapuran itu juga bisa disebabkan oleh karena terlalu banyak mengkonsumsi kalsium? apakah aman menggunakan suplemen kalsium setiap hari? kemudian, apabila memang benar menderita osteoartritis, apakah masih boleh mengkonsumsi kalsium? terima kasih banyak sebelumnya ya bu...



Rabu, 23-09-2009 22:14:59 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mas Rizky, pengapuran (pada sendi), mempunyai mekanisme yang tidak berhubungan dengan konsumsi kalsium. Ada tulisan terkait (di Wikimu juga)yang (mungkin) bisa menjelaskan, ditulis dr Abner, klik saja pada tulisan berjudul : pengeroposan ata perkapuran. Semoga membantu.



Senin, 28-09-2009 10:10:21 oleh: Hinu

Salam Kenal Ibu Nury, saya mengalami gejala nyeri lutut di bagian kanan, terutama pada saat posisi menekuk lutut saat duduk & setir mobil, nyeri dan panas di lutut namun saat kaki diluruskan beberapa saat nyeri tersebut akan hilang dan terdengar bunyi di lutut saya, dan nyeri akan muncul lagi saat kaki tertekuk.

Mohon info mengenai keluhan tersebut.

Terima kasih

Wassalam,

hinu




Kamis, 29-10-2009 14:02:56 oleh: lina

aslm bu, mama saya sering sakit tulang2,terutama di sendi jari tangan,lutut,dan tulang belakang sudah hampir 10 tahun ini.dulu pernah di ronsen.katanya tulang belakangnya agak bngkok.trus disuruh terapi.pernah juga kedokter saraf salah satu RS dijkt dan ikut terapi juga minum obat dokter selama 7 bulan,karna tidak ada perubahan,mama tidak datang lagi keRS itu.rasa sakitnya itu hilang timbul2.pernah periksa oestoporosis yang dari anline 3 thn yang lalu,tapi hasilnya negatif. kira2 mama sakit apa ya bu??? mohon bantuannya...makasih.waslm



Minggu, 13-12-2009 09:03:47 oleh: wawan

Bu Nuri,

Ketika bangun dari tempat duduk di kantor lutus saya terasa sakit. Juga setelah bangun dari WC duduk, terasa sakit sekali lutut saya. Oh ya.. umur saya 38thn. Sudah tes asam urat tyt normal. Apakah saya terkena pengapuran atau pengeroposan tulang spt dijelaskan diatas? Saya berenang sekali seminggu dan sudah stop main sepak bola merupakan hobi yang sangat saya sukai. Terima kasih atas info yang bermanfaat.




Senin, 14-12-2009 14:47:48 oleh: Muhammad Najib

Yth Bu Nury,

Saya Muhammad Najib, usia menjelang 40th, berat badan 65kg, tinggi 165 cm.
Pada waktu awal october 2009 saya terkena pembengkakan di lutut kanan , yg terjadi seketika setelah pulang kerja sore hari, pada saat saya istirahat terdengar bunyi crek di lutut dan dgn tiba2 lutut nyeri dan sakit sekali,lalu dalam hitungan menit sudah bengkak tidak bisa berjalan ( sakit sekali ), akhir saya di bawa ke UGD di beri anti sakit dan di rontgen hasinya tulang saya bagus.
tapi lututnya diraba sgt hangat rasanya.
Besoknya saya ke dokter ortopedi ternyata ada cairan yg cukup banyak disedot hampir 50 cc, setelah itu sakitnya hilang dan dalam 10 hari saya berobat di sedot 3x dgn 50 cc juga.
Alhamdulillah sekarang sudah membaik.
Tapi bu bagaimana ya untuk mengembalikan agar normal lagi, krn skg kapsulnya masih bengkak dan jalan masih pincang sedikit krn otot pahanya melemah ( tdk dipakai 1 bulan lebih saya tidk kerja bedrest), saya sudah terapi 6x ( laser,tens,ultrasonic), skg masih pakai decker agar aman lututnya. mks ya bu saya tunggu nasihatnya.
slm,
Najib.




Jumat, 18-12-2009 18:48:15 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Pak Najib, "isi" terapinya benar, hanya tinggal mengatur kapan digunakan, dan simultan antar latihan dan istirahat.

Coba jumpai dr speialis rehabilitasi mediknya, pastinya akan dicari dulu diagnosa- penyebab dan diagnosa - kami menyebut sebagai diagnosa fungsi.

Tentu saja membutuhkan bantuan informasi dari bapak.





Kamis, 24-12-2009 17:14:02 oleh: Nurul huda

Bu nury, sy mmpunyai keluhan sama sprti mama lina.
Dr umur 5thn sy sering ngilu2 kl capek&dingin di sendi kaki&tangan. Sktnya kadang hilang sndri tidak sampai seharian. Dalam sebulan bisa kambuh berkali2. Tes rematik,flu tulang,asam urat negatif. Baru umur 20 kmrn ronsen, trnyta ad kompresi tulang blkang.
Yg ingin sy tanyakan, apa benar kmprsi tlng blkang itu bisa terasa sktnya smpai tangan? Krna tlng belakang sy justru tdk merasa sakit.
Trma ksh ats jwbnya




Minggu, 27-12-2009 21:19:41 oleh: ricky setiawan

bu dokter
saya mao tanya
ibu saya menderita perkapuran pada bagian sendi kakinya bu.
kadank2 tidak terasa sakit tapi kadank2 bisa sakit yg sakit banget bu.
kira2 terapi diatas apakah cocok untuk ibu saya? dan kl perlu makan vitamin kira2 vitamin apa bu atau ada obat yg manjur?
karna selama ini sudah berobat kedokter dan sudah minum banyak makanan atau obat masih belum teratasi?
apakah olahraga jalan atau lari atau berendam di pantai cocok bu?
karna selama ini ibu saya suka jalan atau berendam di pantai.
trims ya bu dokter




Selasa, 19-01-2010 00:03:15 oleh: naufal

maaf Bu Nury, sya mau tanya..
lutut kiri sya klo ngilu sih trbilang jarang, tapi terasa sebel dan jika dlipat, lalu dibuka akan bersuara creaking swaktu mau tidur, shingga harus dganjal dlu sbelum tidur, lutut pun kdang trasa hangat..
1 lg, kdang jika brkendara motor, pergelangan kaki kiri suka tiba" lemas (sperti mati rasa).. tp jika dbiarkan sbntar, akan pulih dgn sndiriny.

Naufal, 21th, brat 68kg, tinggi 172cm..
apa harus mengurangi brat bdan lagi.?? dan sya akui, smnjak lulus sma, OR jarang sekali sya lakukan.. Mohon bantuanny Bu..




Selasa, 19-01-2010 15:44:31 oleh: naufal

Maaf bu, yg sya maksud mohon bantuan utk mncgahny supaya tidak brtambah parah.. Thx..



Senin, 25-01-2010 03:45:46 oleh: Aan Ardian

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas keterangannya bu. Permasalahan saya mengenai nyeri sendi pada lutut sama seperti yang dialami oleh mbak puji, hanya saja terkadang rasa nyeri tersebut berpindah-pindah dari lutut kanan ke lutut kiri saya. Pertanyaan saya bu, apakah ada terapi sederhana selain dengan es? Demikian bu, terima kasih atas infonya



Senin, 01-02-2010 14:50:13 oleh: Dewi

terimakasih infonya, nenek saya jg seperti itu, sakit lututnya, kl dibuat jln sakit, ku temukan informasi ada obat tradisional yg bisa mengobati osteoartritis, yaitu temulawak dan kunyit....



Kamis, 18-03-2010 12:49:40 oleh: aruel

saya atlit volly usia 35 tahun sekarang terasa ngilu pada lutut saat melakukan lompatan menyemis bola apa ada obat untuk menghilangkan rasa sakit itu



Kamis, 25-03-2010 17:14:27 oleh: Yessi

Ibu Nury, saya wanita berusia 30 tahun, 1.5 tahun yang lalu saya kecelakaan dan lutut saya lecet, waktu itu tidak ada gelala apa2 pada lutut saya, tapi sudah 5 bulanan ini lutut kanan saya sering nyeri saya sudah bawa ke dokter dan sudah di rongsen, kata dokter hasilnya bagus ndak ada apa2, tapi kenapa masih sering nyeri/ngilu ya bu.. apa penyebabnya, dan saya harus bagaimana untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut.
terimakasih




Minggu, 28-03-2010 11:35:24 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mbak/ ibu Yessu. Nyeri= gejala; rontgen= pemeriksaan penunjang yang menunjukkan situasi jaringan padat (tulang).

Masih diperlukan pemeriksaan (terutama) lutut untuk menentukan penyebab nyeri.


Jumpai dokter spesialis rehabilitasi medik, unuk menentukan penyebab sakit, agar dapat ditentukan obat, modalitas terapi dan atau sikap tubuh agar tidak nyeri lagi.

Sementara ini istirahatkan dan kurangi beban pada lutut yang nyeri.




Minggu, 06-06-2010 17:24:08 oleh: Tri agus maryatno

Ibu saya,usia 68 th,kedua lututnya sudah lama terasa nyeri kalau untuk berjalan,sebaiknya periksa ke dokter specialis apa?, bagaimana kalau difoto ronten dulu u mengetahui penyebabnya?

Terimakasih.




Minggu, 06-06-2010 17:56:48 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Bpk (?) Tri Agus Maryanto. Silahkan mencari dokter spesialis penyakit dalam konsultan rheumatologi atau spesialis rehabilitasi medik.

Foto rontgen merupakan salah satu pemeriksaan penunjang. Silahkan berkonsultasi dulu, agar dapat dibuatkan pengantar untuk melakukan foto rotgen, ataupun penunjang lain.




Minggu, 06-06-2010 19:56:53 oleh: Tri agus maryatno

Telapak kaki saya sampai tumit terasa panas dan pegal juga di sekitar pergelangan tangan sampai kejari - jari juga terasa panas dan linu. Saya sudah beberapa kali cek darah u mengetahui koresterol, ternyata hasilnya hanya selisih sedikit dari kondisi normal. termasuk gejala apa ya.. ini dokter?



Rabu, 16-06-2010 08:48:29 oleh: jefri mardi

Salam kenalBu'Nury..sy mau konsul nie.
lutut sebelah kiri ayah sy skt n bengkak sudah 5 hari ini dan ayah sy ada pyakit gula, asam urat dan rematik,sampai skrg kaki ayah sy masih bengkak.(Umur ayah saya 60th)
Sy mau Tanya :
1. Apa bengkak lutut kaki karena asam urat?
2. Apakah ada obat herbal untuk menyembuhkan lutut ayah saya?
3. Apakah masih bisa disembuhkan dok?
Sy mohon balasan dan tanggapan Ibu.
Sy tggu.
Atas perhatiannya, sy ucapkan terima kasih.




Rabu, 16-06-2010 13:59:28 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mas (?) Jefri. yang bisa saya sampaikan penyakit (utama) yang harus diwaspadai - penyakit gulanya. Asam urat menjadi pemberat. Rematik? saya agak ragu dengan istilah rematik yang mas Jefri pergunakan , mungkin = gangguan sendi menurut istilah sehari- hari , yang berarti gangguan persendian karena usia.

Jadi bengkaknya karena apa? Ke tiganya bisa berperan.

Apakah obat herbal bisa? Pertama gula darahnya kendalikan. Sendinya bila ada obat herbal untuk anti radang , silahkan?

Apakah bisa disembuhkan? Saya cenderung mengatakan, bisa dikendalikan.




Rabu, 23-06-2010 10:30:51 oleh: Ario Avianto

Bu Nury,
salam kenal, data tinggi/berat badan saya adalah 185/85, selama ini tidak pernah ada masalah dengan lutut dan persendian saya. tetapi akhir-akhir ini pada saat jongkok terasa sakit mulai dari bagian paha bawah dekat lutut, hingga lutut bagian luar/samping. dan saat berjalan terkadang ada bunyi klik seperti saat menggerakkan sendi dan agak nyeri di bagian sisi luar lutut.

apakah ini juga gejala pengapuran ?
ada saran dari Ibu?

terima kasih




Selasa, 29-06-2010 03:14:57 oleh: arfansyah

bu nury..saya arfan,saya mau menanyakan mengenai sakit yang saya alami..umur saya 22th,saya merasakan ngilu di kaki kiri saya pada saat saya mau tidur malam saja bu..,sampai-sampai karna merasakan ngilu tersebut,mata saya susah untuk tidur,padahal saya udah ngantuk sekali,tapi karna ngilu jadinya ngk bisa tidur,,kira2 apa yang harus saya lakukan bu...dan apakah nama penyakit yang saya derita ini bu..mohon balasanya,,saya sangat mengharapkan jawabanya bu..terimakasih




Minggu, 01-08-2010 15:44:02 oleh: duddy seitiawan

Bu dokter maaf saya mau konsul dong
penyakit yang saya derita apabila lutut saya di tekuk aga lama sekitar 15 menit suka kaku dan susah untuk di lurusin mohon petunjuk dan apa obatnya ??untuk penyembuhan lutut saya ini.Terima kasih
salam
duddy




Minggu, 01-08-2010 17:45:34 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Usia berapa mas Duddy?
Coba lakukan latihan yang saya lampirkan pada artikel. Bila 15 menit jadi kaku, coba setiap 10 menit ubah posisi.









Senin, 13-09-2010 18:12:55 oleh: Oktavianus

Hai Bu dr. Nury

Orangtua (ayah, ibu) saya tinggal dikampung, usia 54 thn. Mereka setiap hari ke kebun di gunung, jd setiap hr naik turun gunung. Dan sering bawa hasil kebon ditaruh di kepala. Sekarang mereka mengalami gejala sakit di persendian lutut, tulang paha & di tulang ekor, terasa sangat nyeri bahkan kadang2 sampai mereka tak bisa berdiri.
Saya mau tanya apa obat untuk menyembuhkan sakit ortu saya itu? Truz, dari segi makanan, apa ada makanan khusus yg bisa dikonsumsi untuk penyembuhan sakit itu?
Mohon petunjuknya dokter & tks sblmnya




Jumat, 19-11-2010 07:57:55 oleh: Ririn

Bu Dokter,
salam kenal, saya ibu dg 2 anak, usia saya 32th, sewaktu hamil anak kedua th lalu, saya dites kepadatan tulang & hasilnya -3, yg artinya kena osteoporosis, (kata dokter kandungan saya,hal itu tidak apa2 krn sedang hamil). kadang lutut kanan terasa nyeri.akhir2 ini nyeri di lutut kanan semakin sering terasa.. apalagi kalo setelah duduk akan berdiri & kadang2 bunyi krek.
bagaimana menurut bu dokter? saat ini saya belum tes kepadatan tulang lagi & saya mengonsumsi tablet kalsium setiap hari. terima kasih bu..




Sabtu, 05-03-2011 13:04:43 oleh: emilda

Salam kenal Bu dokter.....
Buk saya ingin naya nih,,,,suami saya mengalami nyeri di lutut udah hampir 8 bulan,,nyri di lutut itu di sertai pembengkakan di lututnya.
Kemudian kami bawa berobat ke dokter ahli bedah dan tulang dan dokter menyarankan untuk CT SCAN.Dr hasil CT SCAN terlihat bahwa suami saya menderita kista di lutut.Sebenarnya apa penyebab kista di lutut? Apa penanganan nya selain operasi sebagaimana yg telah dokter sarankan,,,terima kasih buk....




Sabtu, 01-10-2011 14:54:46 oleh: masyitah ali

bu dokter,saya berusia 30 thn,sudah mengalamami kecelakaan dan patah tulang juga retak pada persendian lutut.sekarang saya telah operasi dan sudah 1bln lamax.tp saya masih susah menekukkan lutut.kalau ditekuk serasa ada yang mengganjal dilutut dan nyeri .bagaimana bisa supaya lutut saya bisa ditekuk lagi?
kiat kiat apa yang perlu saya lakukan?




Selasa, 31-01-2012 12:08:02 oleh: risa ervina ariana

hai bu, salam kenal ya
saya risa bu, mau tnya sma ibu. ibu sya mengalami sakit pada lutut, dan beliau merasa sakit sudah lumayan lama. setelah saya liat / pegang lututnya sya merasa disekitar lutut tersebut agak kenyal, entah itu cairan ataw apa saya tidak mengerti. tetapi itu sya kira bukan bengkak bu. dan sekarang tempat yg agak kenyal itu semakin besar, mohon dibantu bu, apa kch itu penyakit, sangat berbahaya kah ?? apa obatnya bu ?? mohon dibantu, karena saya sangat khwatir bu
terima kasih




Minggu, 19-02-2012 08:17:45 oleh: siti

dok sy berumur 30 sepulang saya ngajar sy naik ojeg turun dari mtr g sadar rok sy nyangkut di bustef trs tukang ojegnya jln trs otomatis sy ketarik mtr posisi sy lgs duduk tp kaki kiri nyeri sekali.trs sy lgs rontsen hslnya tulang sih bagus cm tempurung sobek.lulut sy sampe skrg msh bengkak dan nyeri kl buat jln nekuk jg blm bisa.yg sy tanyakan sy hrs bagaimana?




Selasa, 24-04-2012 11:57:10 oleh: catherine

siang dok, mau tnya.. Mama saya umur 70th, tb 155, bb 55, kaki nya katanya kesemutan ga hilang2, di lutut agak bengkak dibagian dalam, betis mengecil, dulu pernah cek ke dokter, tulang rawan di panggung pengapuran, tp karena udh tua klo dioperasi resiko sembuh pun kecil, jd dibiarkan aja.. Nah skrg skitnya smakin menjadi dan slalu kesemutan, bagaimana solusinya.. thx dok



Sabtu, 26-05-2012 10:26:41 oleh: YUSRINA MEGAWATI

sangat bagus sekali dok



Sabtu, 09-06-2012 21:23:38 oleh: zakiyatul fitri

ass.bu sya mau menanyakan tentang keluhan sy,sy seorang remaja berusia 20 thn, sdh 3 thn ini lutut sy linu, kdng sring skit klo g sengaja kesenggol ma tmn..udah sy prksa ke dokter malah di rontgen,..tpi tulang lutut sy baik2 saja kt doktr malah tulangnya padat...sya jg sudah pernah pijat revleksi...tpi sampai skrang blm sembuh...kira2 lutut saya kenapa ya bu,,,,? trus solusinya bagaimana? trimakasih atas jawabanya..




Jumat, 15-06-2012 10:48:10 oleh: Candra

salam kenal Bu Dokter,

umur saya 34 thn, sebulan yang lalu, waktu saya bangun tidur, tiba2 lutut kanan saya sakit (bengkak) dan susah buat digerakkan. Sesudah konsul ke dokter, diagnosanya radang sendi.
dan saya dikasi obat penghilang rasa nyeri dan osteokom/osteforte, salep fenadol.

saya sudah konsumsi semua obatnya, tapi lutut saya masi belum normal, dan itu sangat membatasi ruang gerak saya.

kemudian saya coba ke dokter spesialis orthopedi, disuruh foto rontgen. Hasilnya tulang saya ok, dan menurut dokter orthopedi,masalahnya ada di tendon, dan bukan radang sendi.

Kemudian saya coba untuk pijat urut, eh malah jadinya tambah bengkak, sehingga sangat berat sekali untuk berjalan. Saya coba menghilangkan bengkak dengan parutan jahe dan kencur dicampur minyak tawon. Tapi masih aja bengkak.
Kemudian saya coba dengan kompres es.

skrg saya juga lagi konsumsi obat dokter, dikasi resep inadexon, ascordia dan pentazol.

dan sampai sekarang lutut saya masih bengkak dan nyeri. ada saran dari teman untuk coba akupuntur.

bagaimana cara menghilangkan bengkak di lutut saya ya dok? apa saya masih perlu lakukan kompres es atau saya ke rehabilitasi medik saja?

thankyou





Kamis, 12-07-2012 20:35:38 oleh: Sinthia Dewi Pangau,SE

kenal bu dokter.
Sebulan yang lalu saya ikut diklat.Waktu lari pagi nggak pemanasan.dan dua hari kemudian aku nggak bisa jongkok sampai sekarang ini.perlu diketahui bu dokter s




Sabtu, 14-07-2012 11:50:07 oleh: inang zainal

salam ibu dr. Nuri yg baik hati..
sy mau konsul, sudah 2 minggu ini bunda saya (usia 62 , agak gemuk) otot sendix ngilu dan sakit kl berdiri . sdh ke dokter, katax pelumas yg ada di sendix mngurang. smntra ini baru dikasih obat resep dokter..

senen bsk qt diminta kembali lg tuk diagnosa lbh jauh, krn bunda sdh trasa sgt sulit tuk berdiri.

pertanyaan sy, apa dlm kondisi yg dmikian dan usia serta berat badan yg berlbih, bisa memungkinkan bagi bunda tuk bs kmbli normal spt biasanya..

mungkin ada masukan dr dokter nury..trimksh

inang zainal, madura





Jumat, 24-08-2012 20:48:51 oleh: yasinta lado

Selamat malam dok
Dok,saya mewakili suami saya atas sakit persendian lututnya,ya usianya emang udah tua,tapi masih kuat kerja
70 tahun,naik turun tangga kapal,lututnya sering nyeri,dan kelihatan bengkak,tapi dia ngak mau ke dokter itu masalah nya,sekarang ini kalau nyeri lutut kambuh yg diminum adalah diklofenak pil,saya mau tau jenis pil apa yg bagus untuk nyeri lutut,tnx bu dokter.




Sabtu, 25-08-2012 07:27:08 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Yasinta, obatnya sudah benar. Hanya sekarang plus latihan seperti gambar pada tulisan ini.

Latihan di lakukan saat lutut sedang tidak sakit.
Perhatikan apahak saat sakit teraba panan. Bila teraba panas, kompres dengan es. Esnya dibungkus dulu, agar tidak menempel langsung.




Rabu, 29-08-2012 16:02:01 oleh: In

Siang Dokter
Ibu saya awalnya kena sakit stroke ringan, karena kurang gerak lutunya jadi kaku tidak bisa diluruskan sejak nopember 2011 sampai sekarang, mohon bantuan dokter

Terima kasih
Iin




Minggu, 09-09-2012 21:51:22 oleh: heri

Salm kenal Bu Dokter

Orang tua yang perempuan umur 50th diharuskan untuk operasi pada kedua lutut kakinya karena adanya tulang yang tumbuh dan adanya tulang yang sudah kropos di tempat tekukkan antara kaki dan betisnya kalau berjalan sakitnya minta ampun dokter mengajurkan untuk operasi 1 kaki biayanya 50juta.mohon untuk solusinya terima kasih




Jumat, 14-09-2012 10:59:24 oleh: yeni

dear dr. nuri

dok..kok dengkul saya sakit ya, awalnya bagian kanan, sekarang juga bagian kiri. saya sekarang jadi terbatas, kalo naik tangga suka sakit, dipake sujud juga sakit, dipakai berdiri setelah jongkok apalagi...

kira2 kenapa ya dok...apa saya mulai tua hehehe, padahal saya masih umur 30 th, tp mmg berat sknr jd 60 kg (karena minum hormon u proses persiapan hamil).

mohon infonya dok....kira2 apa yg harus saya lakukan, apa sakit seperti ini bisa sembuh...dan berbahayakah..

terima kasih before bu dokter...:)




Selasa, 25-09-2012 11:28:52 oleh: marcilia christy

Saya berumur 43 tahun. Tinggi badan saya 162 cm, berat 52 kg. Yang mau saya tanyakan, lutut saya mengalami pembengkakan dan sakit apalagi kalau malam seperti keram dan ngilu rasanya. Harus bagaimana ya ? terima kasih



Kamis, 18-10-2012 10:01:21 oleh: Solihin

saya pria, usia 42 tahun, jarang berolah raga.

Awal saya mengalami nyeri lutut yaitu saat sy memaksakan jalan lintas alam (jalan agak menanjak), seminggu kemudian mulai terasa nyeri yaitu saat jongkok terasa sakit, esoknya bertambah parah nyeri itu dan semakin parah, sy ke dokter (tes darah asam urat normal) di beri obat : Omedeson & Na.Diklofent (aturan 3 X sehari, masing2 10 butir di minum habis), setelah 3 hari sy sembuh / normal. 1 Minggu kemudian sy main Futsal, sakit lagi berobat lagi dg obat yg sama (obat sama jumlah sama, di minum habis) tapi tidak sembuh seperti pengobatan awal (hanya mengurangi), masih sakit 1 minggu kemudian main futsal lagi, semakin parah sy berobat lagi di ganti obat : Renadinac & Omedeson (aturan sama, jmlh sama, habis di minum), sampai habis obat tidak sembuh, nyeri semakin parah dan di sendi lutut bagian atas mulai bengkak semakin hari sptnya makin nyeri.

Saya sakit apa ?

Apakah bahaya sy mengkonsumsi obat tsb diatas hampir 3 mingggu berturut turut?

Terimakasih

Hien




Selasa, 29-01-2013 02:54:36 oleh: ririn

saya wanita usia 21 tahun.

saya mengalami nyeri pada lutut sebelah kanan,awalnya karena saya kerja malam di pasar membantu ibu, mula-mula terasa nyeri lama sangat sakit seperti ditusuk-tusuk sampai gak bisa jalan 2 hari.berjaannya waktu nyeri sering timbul. saya juga blom pernah konsultasi kedokter kira-kira kenapa dengan lutut saya?

mohon jawabannya

terimakasih




Selasa, 29-01-2013 20:27:50 oleh: nur

malam bu dokter. saya wanita usia 38 thn bb 50 kg.. sy didiagnosa oa lutut kiri dan kanan. apakah ada kemungkinan penyakit ini membuat saya tdk bisa berjalan lagi? apa yg hrs sy lakukan ? desperate rasanya.. oya saya menyusui bayi 3 bulan. jd saya tdk meminum obat yg diresepkan dokter(arthrilox dan rantinidin)



Selasa, 26-02-2013 14:44:37 oleh: kuncoro

dear dr. nuri
saya pria berumur 23tahun,
keluhan saya ketika sesaat setelah saya jongkok lama terutama setelah BAB,lalu kemudian saya berdiri,kaki kiri saya tepatnya dibelakang lutut sering mengalami ngilu/nyeri saat digunakan untuk berdiri dengan posisi meluruskan lutut saya sejajar badan ketika tegak berdiri.
dulu saya jg prnah mengalami tp smbuh sendiri,dan skrg kambuh lagi.
penyakit appakah itu?apakah ada solusi untuk penyembuhannya?
terimakasih.




Kamis, 07-03-2013 13:33:56 oleh: nurliyana

dear ibu Nuri...
aku seorang wanita berumur 22 tahun. waktu hari minggu kemarin aku jalan ke curug yang ada di puncak..dan ketika aku jalan turun untuk pulang tiba-tiba lutut kananku keseleo...sampai bunyi,,dan sakitnya ga nahan...aku sampai tidak bisa berjalan. akhirnya aku di tandu oleh teman"ku... pulang dari sanh aku langsung urut kaki'ku...tapi besoknya kakiku mlah gak bisa jalan sama sekali...
dan sampai sekarang kakiku msih sakit..tapi lumayan sudah bisa jalan walaupun blum sempurna..aku mau tanya obat untuk ngilangin rasa sakit di lutut apa ya?
thanks




Senin, 25-03-2013 18:37:39 oleh: Muharramah Aliyah

Salam..
Klo lutut nyeri pada malam hari itu kenapa ya??
dan gimana cara menyembuhkannya?




Rabu, 27-03-2013 12:18:08 oleh: zainab

salam..
3 bulan yang lalu anak kecelekaan motor lutut bergeser, sampai saat ini lutut masih bengkak dan susah di lipat masih sakit alhamdulila bs jalan walaupun pake 2 tongkat,, mohon solusinya bagaimanan menghiangkan bengkak dan sakit agar bs melipat kaki trim;s




Senin, 06-05-2013 08:38:26 oleh: Slamet Sutrisno

Senin, 6 Mei 2013 oleh: Slamet Sutrisno
Salam sejahtera.
Saya laki-laki berumur 50 tahun.
Kaki kiri saya melengkung ke luar (O) sehingga lutut terasa sakit dan ngilu, jika sakit terasa suhu badan panas dan lemas sampai tidak dapat jalan, saya invalid kaki dan pakai kruk tangan, kaki kiri sebagai penahan beban badan, saya sudah berobat ke dokter orthopedi tapi belum teratasi, apakah ada kneebrase (bukan Longleg brace)yg dapat membantu meluruskan lutut? Obat apa yang tepat untuk mengatasi sakit pada lutut saya?
Mohon informasi dan diagnosenya, dan saya sampaikan terima kasih.




Rabu, 15-05-2013 01:11:12 oleh: Arizana Sad'yah inas

permisi ibu, knp ya daerah tulang dengkul siku dsb terasa sangat sakit jika jalan terlalu lama, ? umur saya baru 17 tahun.... saya menderita seperti ini sejak saya TK... terimakasih,



Sabtu, 15-06-2013 12:21:15 oleh: murtamin

saya pernah terjaatuh tahun 2000 dan mengalami patah tulang di punggung saya dan di operasai pasang pen, pada thn 2012 july. sakit ngilu dilutut saya, akhirnya ambil kesimpulan utk operasi keluarkan pen tadi, tapi sampai sekarang lutut saya juga masin sakit kalau pertama berdiri, dan dari berdiri mau duduk lutut saya kaku dan sakit, bagaimana cara mengatasi dan mengobatinya, tolong jawan nya terima kasih.



Sabtu, 03-08-2013 11:43:45 oleh: weny

bunda...
apa sih penyakit keni pada lutut?apakah berbahaya?




Selasa, 15-10-2013 14:06:28 oleh: Icha

Assalamualikum...maaf Dok menyita waktu nya sedikit, saya mau tanya sebenarnya mamah saya sakit Άƿά Ÿ̲̣̣̣̥α̩̩̩ lutut nya bengkak, sehingga untuk berjalan pun Beliau sampai tertatih tatih dan menyeret nyeret untuk melakukan kegiatan nya, Άƿά Ɣª♌ğ harus mamah saya lakukan Dok untuk mengurangi sakit nya, άȶάϋ mamah saya harus periksa Άƿά ?! Mohon jawaban nya Ÿ̲̣̣̣̥α̩̩̩ Dok..Wssllam..



Rabu, 18-12-2013 13:16:53 oleh: bambang riyanto

siang,dok kenapa lutut ayah saya terasa nyeri yang menusuk saat istirahat siang maupun malam hari,,padahal bila dibuat aktifitas rasa nyeri tidak begitu terasa,,itu termasuk oa apa mungkn yang lain,,untuk mengurangi rasa sakit terapi apa yang bisa dilakukan,,nyerinya menusuk sekali dan teramat sakit sekali,terimakasih atan jawabannya



Sabtu, 21-12-2013 13:33:57 oleh: nuryanti

saya berusia 25 tahun, saya sedang hamil
sudah seminggu ini disekitar paha& kaki saya merah kecil2 diraba benjol dan lama2 menjadi biru
hal ini biasa saya alami bila kecapean
bangun tidur betis saya uratnya seperti terjepit
sakit saat diluruskan
ini faktor penyakit atau faktor saya hamil





Senin, 23-12-2013 12:04:41 oleh: nia

saya umur 38 th yang rasakan kaki terasa nyeri yang sebelah kanan sampai kepinggang pernah saya terpeleset waktu saya hamil tapi saya urut ke patah tulang dengkul nya lengser sdh di betulkan samapai saat ini nyeri terasa sakit sekali sampai saya tdk bsa tidur dn terasa kaki berat sampai dua duanya untuk jongkok aja susah apakah urat uratnya kejepit atau gmna dn upaya apa yang hrus saya lakukan dn obat apa yang bisa mengurangi rasa sakit dan bagaimna biara saya bisa tidur nyenyak dn tdk merasakn sakit di dengkul terima kasih



Sabtu, 28-12-2013 00:42:38 oleh: eltriyani farida

dok umur saya 21, lutut kanan saya sllu terasa ngilu, malah kadang smpai bkin paha dan selangkangan kanan saya jg terasa kaku. kira kira lutut saya knapa yh dok?



Selasa, 28-01-2014 09:02:05 oleh: Yudi Mulyono

Selamat pagi dr Nury
Saya ingin berkonsultasi mengenai kondisi ibu saya.
Lututnya bengkak sudah 3 bulanan dan terasa berat. Baru saja kemarin diperiksa oleh seorang dokter saraf dan di USG juga, ternyata menurut dokter di lutut ibu saya ada cairan. Dokter menyarankan untuk disedot cairannya karena waktu saya tanya apakah masih ada obat minum yang dapat membantu mengeluarkan cairan, dokter saraf tersebut menyatakan tidak ada. Jadi ibu memutuskan untuk mengikuti saran dokter dengan disedot cairannya. Waktu disedot, dokter terlihat sulit menembus posisi tempat cairan berada, dia menyatakan "keras", sampai berpindah 3 lokasi baru bisa disedot cairannya, jumlah tersebut hanya 5 cc. Warna cairannya kuning muda. Setelah itu ibu saya disuntik dengan obat seperti susu.
Dari sisi warna cairan dari lutut, apakah hal tersebut normal? Apakah jumlah 5 cc memang bisa menyebabkan pembengkakan?
Kemudian ada yang menyatakan, kalau disedot malah merangsang tubuh membentuk cairan lebih banyak lagi, apakah ini benar?
Mohon tanggapannya dr Nury. Atas perhatiannya saya sampaikan banyak terima kasih




Senin, 10-02-2014 16:25:41 oleh: Rizky Amaliyah

Umur saya 17th berat badan 40kg tinggi 145
Saya sering nyeri dilutut, dan suka bengkak dipergelangan tangan juga jari tangan.
Saya kenapa ya dok..berat badan juga susah naik :(




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY