Leonardo Paskah Suciadi

Pisang dan Yakult untuk Saluran Cerna Kita

Sabtu, 20-09-2008 14:07:06 oleh: Leonardo Paskah S
Kanal: Kesehatan

Pisang dan Yakult untuk Saluran Cerna Kita

Mungkin gangguan saluran cerna yang paling lazim dialami sehari-hari oleh sebagian dari kita adalah susah BAB (konstipasi), atau gangguan diare. Konstipasi cenderung lebih banyak dialami seiring bertambahnya usia, sedangkan diare lebih banyak dijumpai pada kanak-kanak. Namun pada prinsipnya kedua gejala penyakit tersebut sama-sama melambangkan fungsi saluran cerna yang disharmoni, ya fungsi gerak/ motilitas ususnya, ya keseimbangan antara koloni bakteri baik-jahat, ya fungsi penyerapannya, maupun memang dikarenakan penyakit atau luka tertentu di saluran cerna.

Susah BAB

Susah BAB mungkin langganan para remaja di kota-kota besar dikarenakan pola hidup dan makan yang kurang bersahabat dengan saluran cerna. Remaja putri lebih sering mengalaminya, dan umumnya terkait dengan ‘4 serba kurang’ yaitu porsi makanan yang kurang (diet ketat), kurangnya serat dari sayuran-buah, kurang minum air putih dan kurang gerak fisik. Jadi tidak heran sebagian dari kita sering jengkel dengan kebiasaan sulitnya BAB, BAB yang keras, bahkan hingga berdarah. Dan tidak jarang untuk menuntaskan masalah ini malah memilih lari ke konsumsi obat-obat pencahar. Sebenarnya masalah utamanya ya karena disharmonisasi di saluran cerna itu, sehingga perbaikan pola hidup dan makan lebih efektif. Saran untuk masalah susah BAB adalah banyak minum air putih sejuk, minimal 8 gelas sehari, terutama ‘sedetik’ menjelang tidur malam dan ‘sedetik’ setelah bangun pagi. Proses tidur akan membuat usus-usus kita juga ikut ‘tertidur’ sehingga pergerakannya kurang, sementara air putih sejuk akan merangsang persyarafan untuk pergerakan usus-usus yang sedang tertidur tadi. Saran lain berupa banyak-banyak gerak jalan dan perbanyak porsi sayuran-buah. Apabila pencahar memang dibutuhkan, pisang dapat menjadi alternatif pencahar alamiah yang sangat baik.

Pisang memiliki kandungan ion Kalium yang cukup tinggi dan ion tersebut berperanan penting dalam pergerakan usus kita. Berbagai buah-buahan lain juga dapat mensuplai ion Kalium cukup baik pula. Konsumsi pisang sampai beberapa buah dalam sehari akan memperlancar siklus BAB dengan efek samping amat minimal ketimbang mengkonsumsi obat-obat pencahar. Perhatian terutama pada mereka yang mengidap penyakit ginjal kronik (gagal ginjal) dan penyakit jantung. Mereka dengan penyakit demikian memang tidak dianjurkan makan pisang rutin karena di dalam tubuhnya sudah tertumpuk ion Kalium yang berlebihan sehingga dapat terjadi keracunan.

Sulit BAB bukan sekedar masalah mengganggu kenyamanan, terdapat berbagai komplikasi yang sering menyertai misalnya wasir (ambeien), turun berok (hernia inguinalis) karena keseringan mengedan sampai resiko kanker usus besar. Jadi kesulitan BAB sudah selayaknya ditangani secara komprehensif dan jangka panjang.

Diare

Diare atau mencret lebih banyak dijumpai dan lebih serius permasalahannya pada kanak-kanak. Masalah utama dari diare adalah dehidrasi yang dapat mengancam karena tubuh kehilangan sejumlah cairan dan elektrolit penting. Dan kanak-kanak amat rentan terhadap komplikasi tersebut. Oleh karena itu penanganan diare terpenting adalah mengganti cairan dan elektrolit tubuh tersebut, misalnya dengan minum oralit atau larutan isotonik lainnya. Sebagai catatan, beberapa minuman isotonik sport di pasaran jika tidak terpaksa lebih baik tidak digunakan saat diare karena kandungan gulanya yang tinggi sehingga bisa jadi memperparah diare yang sedang berlangsung.

Jadi ketika anak sedang diare yang terpenting untuk menjadi perhatian ibu adalah bagaimana mengganti carian tubuh dan elektrolit yang hilang, bukannya buru-buru memberi antibiotik ataupun obat-obat penghenti diare. Antibiotik adalah obat penting jika diare anak disertai darah (disentri) yang berarti diare tersebut disebabkan oleh bakteri atau parasit. Namun perlu diketahui bahwa diare pada anak sebagian besar justru disebabkan oleh virus, sehingga antibiotik tidak efektif (atau malah akan memperberat diare) dan umumnya diare viral dapat sembuh sendiri kurang dalam 1 minggu. Sementara itu, bat penghenti atau ‘penyumbat’ diare tidak mendapat tempat pada penanganan pada diare kanak-kanak karena resikonya lebih besar ketimbang manfaatnya.

Upaya penanganan diare viral adalah memperkuat benteng pertahanan di usus anak, salah satunya yang berupa koloni bakteri baik (flora normal). Oleh karena itu, penanganan diare viral disepakati efektif dengan pemberian agen probiotik (bakteri hidup baik yang baik), seperti misalnya Lactobacillus di dalam yakult. Bakteri baik akan membuat pagar hidup yang kokoh sehingga membuat populasi virus terdesak dan diare akan lebih cepat mereda. Jadi ketika si kecil sedang diare, menambahkan bakteri (probiotik) justru adalah terapinya, bukan malah mem-bom bakteri baik di usus dengan antibiotik. Selain itu suplemen mikronutrien Zinc (Seng) sudah terbukti dapat mempercepat proses pemulihan diare.

Jadi jika ada ‘obat’ alamiah yang aman semacam pisang dan yakult, buat apa kita harus mencari laksatif dan antibiotik jika memang tidak diperlukan dalam kasus konstipasi ataupun diare?

Bookmark and Share

Tag/Label pencernaan, probiotik, diare, konstipasi
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Sabtu, 20-09-2008 14:32:50 oleh: Oktovianus Pogau

saya pernah alamai juga hal ini, tapi syukur nggak sampai para. Dan sekarang sudah tidak lagi demikian.

Tapi thanks tips, saya akan lari ke Pisang dan yakult kalau mengalaminya lagi.
salam kenal dari PAPUA.




Sabtu, 20-09-2008 15:02:23 oleh: ritapunto

betul mas,

sy pernah diare dan di opname di RS Pondok Indah, buah yg boleh dimakan cuma pisang bakar/oven, tanpa rasa (tp manis alami), sehari kemudian..sy udah bisa....gak encer lagi.




Sabtu, 20-09-2008 16:24:23 oleh: leonardo paskah

alo bung oktavianus,sudah lama tidak sua tulisan Anda d wikimu,atau saya yg sudah lama ga buka wikimu y hehe..salam buat papua! Tetap aktif slalu



Minggu, 21-09-2008 08:52:56 oleh: Meidy

Pada yogurt juga ada bakteri Lactobacillus kan ?

Tapi kalo lagi diare apa bisa minum Yakult ?

Di rumah biasanya mengkonsumsi Culturelle. Tapi lebih sering lupa minumnya... Kalo gak salah ada juga yang namanya Protexin ya ?




Minggu, 21-09-2008 10:50:20 oleh: M.zuriat Fadil

sip!artikel ini bener-benr lagi aku butuhkan soalnya selama bulan puasa ini pencernaan jadi kurang lancar....

eh tapi kemarin saya memakai buah pepaya untuk memperlancar pencernaan dan ternyata lumayan bagus hasilnya(?).tolong dijelaskan apakah pepaya punya kandungan yang sama dengan pisang atau tidak.




Senin, 22-09-2008 08:53:14 oleh: Yulius Haflan

Mungkin lebih baik jgn sebut merek, dok. Kan msh ada minuman yg sejenis, contohnya Vitacarm, dll. Tp memang sih tuh minuman udah generik banget.



Rabu, 24-09-2008 13:09:44 oleh: Leonardo Paskah S

Mbak Meidy,
dalam penanganan diare cair akut yang sedang populer saat ini adalah terapi dengan Zinc (mikronutrient seng) dan agen probiotik (yang mengandung bakteri pencerna seperti Lactobacillus dll).
Seperti yang mas Haflan bilang, ada banyak produk di pasaran yang mengandung probiotik tersebut selain Yakult, termasuk juga yogurt. Jadi bukan semata monopoli Yakult. Hanya karena yakult adalah produk probiotik pertama di Indo makanya saya 'terpaksa' menyebut nama dagang itu agar pembaca mengerti judul artikel ini (ketimbang Probiotik, misalnya).

Pepaya juga baik bagi pencernaan, dan memang rata-rata buah dan syuran baik untuk memperlancar BAB karena kandungan seratnya dan eletrolit. Namun pisang memang sedikit lebih istimewa karena kandungan kaliumnya lebih tinggi dari rata-rata buah dan penyajiannya ringkas yaitu tinggal dikupas. Sedangkan pepaya dll seringkali kandungan vitaminnya lepas saat proses pengolahan, misalnya dengan dipotong kecil2, ditaruh dalam lemari es berjam-jam hingga kering, dll..




Rabu, 13-05-2009 15:52:16 oleh: Theresia

Yth.Pak Leonardo,Anak sy sejak usia 1thn smp skrg 2thn 3bln,Babnya slalu keras.Tiap hari sy beri jus buah & mkn sayur banyak,tetap konstipasi. setelah 2 hari sy beri pencahar baru bisa Bab.Suplemen sy cb juga tidak membantu.Apa yg bisa sy lakukan? Sejak lahir minum susu formula,krn saya tidak ada asi sama sekali.



Kamis, 14-05-2009 19:45:22 oleh: Leonardo Paskah S

Ibu Theresia,
konstipasi pada anak memiliki banyak faktor yang melatarbelakangi, salah satunya psikis, aktivitas yang masih terbatas dengan usianya sekarang sehingga persarafan ususnya juga kurang aktif. Tidak perlu terlalu agresif menggunakan pencahar secara rutin karena itu tentunya tak baik. Sementara saran saya tetap rutin jus buah dan sayur minimal 3 porsi per hari, perbanyak menu pisang, tambahkan yakult atau rpobiotik lainnya , minum air putih yang sejuk banyak-banyak, satu gelas setiap sesaat bangun tidur, dan perbanyak aktivitas fisik seperti berjalan dan bermain.




Rabu, 16-09-2009 23:48:51 oleh: fitra

Yth.Pak Leonardo, saya hampir sebulan ini babnya encer dan mengalami sakit perut juga, tetapi saya siasati dengan teh dan yakult dan hasilnya lumayan lalu saya mencoba tdk meminum teh dan yakult dan mulai kambuh lagi. tapi saya belum mencoba memakan pisang dan menu makanan saya kebanyakan pedas dan goreng-gorengan. dok apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu?



Sabtu, 19-09-2009 10:28:38 oleh: Leonardo Paskah S

alo Sdri.Fitra..
menilik pola makan Anda yang banyak lemak dan serba pedas, saya kira bisa jadi saluran cerna Anda yang sensitif (diare) dipengaruhi sedikit banyak oleh pola makan demikian. Jadi saya sarankan makanan pedas dan gorengannya dikurangi , terlebih jika sedang diare. Yakult boleh diminum rutin, dan pisang maupun toast (roti bakar) juga dianjurkan. Jika sakit perut acapkali dirasakan, rasanya hal itu dapat berkaitan dengan gejala 'maag' karena pola makan Anda tadi, jadi coba dulu obat maag warung dulu saja untuk 2 hari ini.
Semoga membantu




Sabtu, 09-03-2013 11:32:34 oleh: mito

Salam kenal ..
anak saya sekarang lagi diare dan usia ny 7 bulan ..
saya akan coba memberikan pisang ..
pisang apa yang paling bagus ??




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY