Ikhwan Kunto Alfarisi

Penyebab dan Gejala Tumor Otak

Rabu, 10-09-2008 13:44:51 oleh: ikhwan kunto alfarisi
Kanal: Kesehatan

Tumor disebabkan oleh mutasi DNA di dalam sel. Akumulasi dari mutasi-mutasi tersebut menyebabkan munculnya tumor. Sebenarnya sel kita memiliki mekanisme perbaikan DNA (DNA repair) dan mekanisme lainnya yang menyebabkan sel merusak dirinya dengan apoptosis jika kerusakan DNA sudah terlalu berat. Apoptosis adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, serta fragmentasi nukleus dan sel itu sendiri. Mutasi yang menekan gen untuk mekanisme tersebut biasanya dapat memicu terjadinya kanker.

 

Selama tahun 1988–1990 tereatat sejumlah 112 penderita tumor otak berbagai jenis yang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Sebagian dari penderita tumor otak tersebut memang pada mulanya ditemukan di klinik Neurologi karena umumnya menunjukkan gejala-gejala yang sifatnya neurologis.

Di kalangan medis pada umumnya sudah dikenal trias gejala tumor otak yaitu nyeri kepala, muntah dan ditemukannya edema papil pada pemeriksaan fundus. Tetapi sebenarnya gejala klinis tumor otak sering tidak sejelas itu, apalagi pada fase dini. Tumor otak bisa memberikan gejala klinis beragam tergantung kepada lokasi dan ukurannya. Gejala itu bisa khas, tapi bisa pula kabur, sehingga bila kita tidak waspada bisa terkecoh dengan dugaan yang keliru.

 

GEJALA TUMOR OTAK

Tumor otak bisa mengenai segala.usia, tapi umumnya pada usia dewasa muda atau pertengahan, jarang di bawah usia 10 tahun atau di alas 70 tahun. Sebagian ahli menyatakan insidens pada laki-laki lebih banyak dibanding wanita, tapi sebagian lagi menyatakan tak ada perbedaan insidens antara pria dan wanita. Gejala umum yang terjadi disebabkan karena gangguan fungsi serebral akibat edema otak dan tekanan intrakranial yang meningkat. Gejala spesifik terjadi akibat destruksi dan kompresi jaringan saraf, bisa berupa nyeri kepala, muntah, kejang, penurunan kesadaran, gangguan mental, gangguan visual dan sebagainya. Edema papil dan defisit neurologis lain biasanya ditemukan pada stadium yang lebih lanjut.


Nyeri Kepala (Headache)
Nyeri kepala biasanya terlokalisir, tapi bisa juga menyeluruh. Biasanya muncul pada pagi hari setelah bangun tidur dan berlangsung beberapa waktu, datang pergi (rekuren) dengan interval tak teratur beberapa menit sampai beberapa jam. Serangan semakin lama semakin sering dengan interval semakin pendek. Nyeri kepala ini bertambah hebat pada waktu penderita batuk, bersin atau mengejan (misalnya waktu buang air besar atau koitus). Nyeri kepaia juga bertambah berat waktu posisi berbaring, dan berkurang bila duduk. Penyebab nyeri kepala ini diduga akibat tarikan (traksi) pada pain sensitive structure seperti dura, pembuluh darah atau serabut saraf. Nyeri kepala merupakan gejala permulaan dari tumor otak yang berlokasi di daerah lobus oksipitalis.

Muntah
Lebih jarang dibanding dengan nyeri kepala. Muntah biasanya proyektil (menyemprot) tanpa didahului rasa mual, dan jarang terjadi tanpa disertai nyeri kepala.

Edema Papil
Keadaan ini bisa terlihat dengan pemeriksaan funduskopi menggunakan oftalmoskop. Gambarannya berupa kaburnya batas papil, warna papil berubah menjadi lebih kemerahan dan pucat, pembuluh darah melebar atau kadang-kadang tampak terputus-putus. Untuk mengetahui gambaran edema papil seharusnya kita sudah mengetahui gambaran papil normal terlcbih dahulu. Penyebab edema papil ini masih diperdebatkan, tapi diduga akibat penekanan terhadap vena sentralis retinae. Biasanya terjadi bila tumor yang lokasi atau pembesarannya menckan jalan aliran likuor sehingga mengakibatkan bendungan dan terjadi hidrocepallus.


Kejang
Ini terjadi bila tumor berada di hemisfer serebri serta merangsang korteks motorik. Kejang yang sifatnya lokal sukar dibedakan dengan kejang akibat lesi otak lainnya, sedang kejang yang sifatnya umum atau general sukar dibedakan dengan kejang karena epilepsi. Tapi bila kejang terjadi pertama kali pada usia dekade III dari kehidupan harus diwaspadai kemungkinan adanya tumor otak.

Bookmark and Share

Tag/Label tumor otak
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
122 komentar pada warta ini
Jumat, 12-09-2008 08:22:49 oleh: ikhwan kunto alfarisi

tulisan ini terinspirasi dr umi ku (siti rosyidah), di dedikasikan untuk seluruh rakyat indonesia..

love u mom




Minggu, 14-09-2008 04:29:24 oleh: Dr Nuvi Nusarintowati

Mas Ikhwan, bagus tulisannya. Sangat membantu. Memang mengenali gejala penyakit apapun secara dini bisa membantu penanganan yang lebih optimal. Terima kasih.



Minggu, 14-09-2008 09:13:46 oleh: ikhwan kunto alfarisi

ya bu nuri, terima kasih kembali...

doakan utk ibuku jg ya bu? ibuku sdh stadium tertinggi (kata dokter david, rspp)




Minggu, 14-09-2008 14:05:51 oleh: Dr Nuvi Nusarintowati

Mas Ikhwan, saya doakan yang terbaik untuk ibunya ya....mudah-mudahan keluarga tetap sabar dan terus berikhtiar. Oya mas, aku nuvi bukan nuri...tapi adiknya kok...jadi gak apa-apa ketuker nama..hehehe.



Minggu, 14-09-2008 14:51:48 oleh: Oktovianus Pogau

Dengan tulisan ini saya akan usaha untuk lebih menjaga diri lagi.
makasih buat penulisnya, salam kenal.

http://pogaufree.blogspot.com




Rabu, 17-09-2008 08:02:03 oleh: ikhwan kunto alfarisi

salam kenal bang/om okto dr saya di jkt, salam utk warga papua yg ada dsana



Jumat, 19-09-2008 10:51:28 oleh: ikhwan kunto alfarisi

ibu saya sdh tidak bisa dibekam, kondisinya sdh sulit utk dibekam.. ini juga sdg kami upayakan



Senin, 22-09-2008 23:07:36 oleh: Hendra Djaya

Buat Bung Ikhwan kalo boleh saya tahu sudah berapa lama ibunya menderita penyakit ini?

Maaf ya...karena saat ini adik saya mengalami gejala hal yang sama seperti tulisan bung Ikhwan, tetapi sampai detik ini saya sendiri belum mendapat kepastian yang jelas dari pihak RS maupun dokter tentang penyakit yang diderita oleh adik saya.

Saat ini adik saya ada di bandung. sudah sering keluar masuk rumah sakit tetapi hasilnya tidak tuntas/membuahkan hasil.

Gejalanya tiba2x drop sampai dengan pingsan penanganan di RS hanya infus dan antibiotik.

Sudah di CT Scan tetapi dari hasilnya nihil belum diketahui apa2x.

Mungkin saya bisa menganalisa dari apa yang pernah dialami sebelumnya oleh ibunya bung ikhwan.

Terima kasih atas perhatiannya.




Selasa, 23-09-2008 08:55:06 oleh: ikhwan kunto alfarisi

ibu saya sakit sejak januari 2007. beliau tdk merasakan sakitnya, serangan tumornya spt tiba2x.

bgm jika periksa di rmh.sakit di jkt? rmhsakit di jkt alatnya lebih bagus dibanding di bandung. rmh.sakit di bandung itu paling canggih hanya di hasan sadikin + rmh sakit yang baru di dkt pasar baru dkt stasiun (bukan rs.kebon jati)




Selasa, 23-09-2008 10:08:03 oleh: eni usmiyati

iya niy.. jd belajar lg... dalam arti info 2 terbaru ..selama ini sering bgt skit kepala & suka mual/.... pacar c nyuruh periksa n scan aja.. tp sumpah tkut bgt...
mdh2n aja ga ada ap2............trs kira2 ada alternatif laen ga y... untuk ngatasin gejala trsbt yg ciri2'a ke tumor otak
??????????




Selasa, 23-09-2008 10:28:02 oleh: ikhwan kunto alfarisi

bnyk hal yg bisa dilakukan dalam menghindari hal2x tsbt, bisa dg langkah2x "kognitif":
1. berpfikir positif
2. menjauhi stres
3. bnyk senyum
4. selalu bergembira dll.




Jumat, 03-10-2008 23:29:35 oleh: Hendra Djaya

Terima kasih bung Ikhwan atas jawabannya.

Hanya saja Allah punya kehendak lain terhadap adik saya.
Adik saya telah meninggal dunia tanggal 29 September 2008 yang lalu.

Dari diagnosa dokter yg saya dapat dia terserang virus dari penyakit paru-parunya yang baru sembuh, yang menyebabkan jaringan syaraf di otaknya menyumbat sehingga peredaran darahnya terganggu.

Terima kasih atas informasinya, semoga orang tua bung Ikhwan cepat sembuh.





Sabtu, 04-10-2008 08:32:42 oleh: Bayu Wardhana

Menyampaikan informasi lanjutan :

Umi, ibu dari penulis Ikhwan Kunto ini, telah dipanggil Allah pada tanggal 2 Oktober 2008 lalu. Mari kita mendoakan agar teman kita Ikhwan dan keluarga diberi ketabahan dan keikhlasan.




Sabtu, 04-10-2008 10:40:20 oleh: Ritapunto

Innalilahi wa inna ilaihi rojiun..semoga amal & ibadahnya diterima di sisi Allah SWT, mas ikhwan yang tabah ya, tingkatkan ibadah pribadi agar menjadi birull wali dain bagi almarhumah..amien.



Sabtu, 04-10-2008 10:44:23 oleh: Meidy

Turut Berduka Cita. Semoga amal dan ibadah beliau diterima oleh Allah SWT.



Sabtu, 04-10-2008 11:17:12 oleh: Nury Nusdwinuringtyas


Mengucapkat turut bela sungkawa mas Ikhwan

Kami mengiringi dengan doa, semoga ketabahan keluarga yang ditinggal, melapangkan jalan untuk beliau. Amin




Sabtu, 04-10-2008 11:25:47 oleh: phil lea

Mas Ikhwan....Kami sekeluarga mengucapkan turut berdukacita, semoga amal dan ibadahnya di terima Allah SWT

@ Mas Hendra Djaya, kami sekeluarga turut berdukacita, semoga amal dan ibadahnya diterima oleh Allah SWT.




Sabtu, 04-10-2008 13:44:17 oleh: Melani Laksmono

Mas Ikhwan & Mas Hendra...turut berdukacita. Teriring doa dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.



Selasa, 07-10-2008 19:29:36 oleh: ikhwan kunto alfarisi

terima kasih bnyk yaa? sungguh sulit melihat org yg tercinta tak ada disisi kita.. subhanallah

mas hendra, saya tak bisa berkata apapun kecuali turut berduka cita..




Kamis, 09-10-2008 13:28:35 oleh: ikhwan kunto alfarisi

umi lg apa yaa? :D



Jumat, 10-10-2008 12:04:28 oleh: naissya fadwadillah

pokoknya kalau kita lihat keluarga kita atau orang terdekat kita berkata kalau mereka sakit kepala pada pagi hari, kita mesti waspada, bukannya jadi parno,karena jangan sampe kita kehilangan mereka karena kita tidak memperdulikan hal sepele... aku gak mau kalian merasakan seperti yang aku alamin, karena dady aku terlambat diketahui sakitnya.



Senin, 13-10-2008 22:29:15 oleh: Hendra djaya

Saya dan keluarga turut berduka cita mas ikhwan, semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah SWT.

Memang berat ditinggal orang yang kita cintai..tetapi itulah kehidupan......

Untuk keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan dan keihklasan, sama seperti yang saya alami sekarang ini........




Selasa, 14-10-2008 11:45:07 oleh: ikhwan kunto alfarisi

ada band:
letih terlihat di wajah yg tua itu, tertidur pulas dalam alunan gelap mlm.. dibalik senyum mu, teduhkan ku

terbayang potret engkau msh muda, ajarkan sebuah kata cinta dalam hidup..kenimatan kasih mu, nyata pulihkan jiwa ku yg kadang goyah...

pesonamu msh jelas ku rasa hingga kini, menemani hingga ku dewasa.. derai air mata dan pengorbanan mu tak kan tergantikan, terima kasih ibu

waktu cepat bergulir sisakan bnyk kisah, dia yg kau cinta telah lama meninggalkan dirimu sendiri.. namun tetap kau berdiri tegak pd dunia..




Minggu, 26-10-2008 15:03:46 oleh: Bunga Juwita

Saya,TuRut berduka cita yg sdlam2'a..

om ikhwan,informasi yg om ksh iTu berguna bgt bwt aq,aq dRi kcl da srng nglamin nyeri pd kpl N ada bnjolan kcl d'kpl aq... tgl 4 kmrin pcr aq Ct scan,dy trkna tumor Otak stadium awal,smnjak itu dy jd psmis bgt,aq da cba bwt bkn dy kya dlu lg tp dy ttp ja bgtu... om ikhwan gmna ya cra'a bkn dy smngat lg? tolong bntuin aq...




Rabu, 05-11-2008 12:31:50 oleh: Dianita

saya juga sering pusing2 tapi jarng minum obat dan berobat ke dokter. saya sering takut, tapi siapa yang bisa kasih solusi untuk saya?



Jumat, 07-11-2008 15:13:58 oleh: ikeu ratnawati

Saya punya anak yg terkena tumor otak ketika dia berumur 7 th 10 bulan, gejalanya sama, telah dioperasi januari 2005. Tp sampai sekarang motorik nya masih terganggu, belum bisa duduk sendiri, dan syaraf matanya terganggu. Tp perkembangan badannya sangat baik. Kalau ada yg punya informasi tentang terapi untuk penderita tumor otak sangat kami tunggu



Senin, 10-11-2008 08:26:06 oleh: ikhwan kunto alfarisi

mbak juwita, penyakit fisik yg stadium awal msh bisa diobati dg membangkitkan semangat (psikis)nya.. coba utk diberi semangat, jgn sampai dia depresi yaa? ajarkan nilai-nilai agama jg

mbak dianita, coba diperiksa lewat ct.scan..hasilnya akan lbh efektif kok, dicoba yaa?

bu ikeu, coba telp ke rmh sakit dharmais: 0215681570




Selasa, 06-01-2009 09:25:15 oleh: Muh. Idris


Sy Idris di Mks, ternyata bukan cuma keluarga kami yang mengalami tp hampir semua org. oh yah...bpk sy jg dirawat di RS Ibnu Sina dgn gejala Tumor otak kecil. dan melihat komentar teman2 sy jd pesimis apa ortu kami bs tertolong? Tp ada beberapa teman lain mencoba mengobati secara alternatif dgn doa dr jarak jauh dan di beri minum air ramuan. krn sdh 4 bulan bpk dirawat belum jg mendapat hasil memuaskan. Apalagi memang bpk tidak mau di operai. Salam hormat ku.




Kamis, 08-01-2009 19:45:52 oleh: ikhwan kunto alfarisi

ya, semua ini memang hrs mendapat perhatian dr masy krn penyakit ini sungguh sangat berbahaya. tetapi, jika dg polahidup sehat dan berpikiran jernih maka kita akan sedikit lebih terhindar dari penyakit ini.

semoga dg tulisansaya ini dpt membantu masy untuk mencegahterjangkitnya penyakit ini




Rabu, 21-01-2009 18:39:56 oleh: pujiati

Anak saya berumur 7.5 tahun, menderita tumor otak, dan telah di operasi pada july 2007, saat ini tumor masih ada dan kepala mulai membesar di sebabkan adanya hydrocephalus, kami saat ini sangat membutuhkan informasi tentang penyembuhan anak kami, kami sangat ingin berbagi cerita dengan saudara2 yang berkenan, disamping saat ini kami tidak memiliki dana untuk operasi. Trima kasih sebelumnya.



Kamis, 22-01-2009 11:38:53 oleh: ikhwan kunto alfarisi

silahkan konsul dg dr. David (dokter ahli syaraf di RS.pusat pertamina jkt)



Selasa, 03-02-2009 16:31:26 oleh: dita ayu pratiwi

assalamu'alaikum wr. wb.
perkenalkan nama saya dita, beberapa bulan ini ibu saya sering menderita sakit kepala tak tertahankan, mual kemudian muntah dan gejala lainnya seperti disebutkan dalam artikel diatas. dan memang betul setelah melakukan pemeriksaan CT-scan terdapat tumor di otak ibu saya.. ini ujian bwt keluarga kami, mohon bimbingan informasinya mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan pengobatan ataupun yang lainnya.
terimakasih banyak sebelumnya..




Selasa, 03-02-2009 17:45:37 oleh: ikhwan kunto alfarisi

wass. bisa nohp mbak dita? nanti kita sharing..
kirim aja ke ikhwan_kunto@yahoo.com




Minggu, 08-02-2009 20:38:48 oleh: regiplandita

assalamu'alaikumwr.wb
Sebelumnya perkenalkan nama saya regiplandita.udah seminggu ini saya sering sakit kepala dibagian kanan.sakitnya bisa sangat sakit pabila malam hari,jadi susah tidur sampai pagi waktu bangun suka sakit juga.rsa sakitnya linu sekali,sedikit pingin muntah,kalau lagi batuk juga suka sakit.Akhi,apakah ana harus periksakan ini semua kedokter atau gimana baiknya?
Jazakallah khoiron katsiran




Senin, 09-02-2009 08:02:30 oleh: ikhwan kunto alfarisi

wasslm..
biar lbh tenang, sebaiknya cek ke dokter terdekat. stlh itu, tanya ke dokter: "dok, apakah perlu di foto (scan)?"
terima kasih, semoga lekas sembuh yaa?




Kamis, 12-02-2009 08:57:42 oleh: yonni asmi

Salam kenal. Boleh ikutan tanya ya mas?, adik saya didiagnosa terkena tumor otak kecil, saya sangat ingin tahu lebih banyak tentang tumor, seandainya anda bisa menjelaskan tentang SOL, saya sangat berterima kasih.



Jumat, 13-02-2009 14:51:25 oleh: ikhwan kunto alfarisi

utk lebih banyak mengenal kanker, silahkan menghubungi yayasan kanker indonesia (klo gak salah, alamatnya ada di jaksel).. coba tanya yayasan yang berkaitan ttg kanker ke telp 108 atau datang ke dokter terdekat dr rmh.

hehehehe, salam hangat dr saya




Jumat, 27-02-2009 13:38:11 oleh: ikhwan kunto alfarisi

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) bersama PT Roche meluncurkan 'Rumah Kita' di Jl Percetakan Negara IX No 3, Jakpus

silahkan telusuri yaa?




Senin, 02-03-2009 11:40:13 oleh: Tyara

Mas,keponakan sy sdh CT Scan dan positif Tumor Otak Dg. Diameternya 5 cm dg posisi diantara otak besar dan kecil,gejal yg paling terlihat akhir2 ini add sakit kepala.Dan menurut diagnosis kepalanya sdh menujukan adanya kemungkinan ke arah hidrosefalus (Pembesaran Kepala). Mas,bisa rekomendasikan sy RS. yg tepat u/ sy datangi.Posisi sy ada di Bandung dan umur ponakan sy baru 5 tahun.Atau u/ siapa sj yg membaca tulisan ini mohon sekali bantuan informasinya.Thq



Rabu, 04-03-2009 19:46:34 oleh: ikhwan kunto alfarisi

hayoo, siapa yg bisa bantu? silahkan memberi infonya dsini..



Sabtu, 07-03-2009 09:53:47 oleh: ryanto pontoh

selamat pagi ... semoga keluarga bisa lebih tabah menjani krn saya punya teman juga sakit tpi skit tumor...tanks



Jumat, 27-03-2009 16:31:33 oleh: noprigawati

almarhum suami saya juga meninggal karena tumor otak, 2 pekan setelah dirawat di RS, koma 7 hari setelah dioperasi kraniotomi dengan SOL dan hidrosefalus.
menurut informasi dari teman, katanya tak perlu dioperasi pengangkatan tumor cukup dipasang selang saja untuk menyalurkan cairan hidrosefalusnya, karena tumor bisa disinar. tapi waktu itu saya tetap mengikuti saran dokter yang mengoperasi karena saya takut salah mengambil keputusan. saat ini baru Rumah Sakit RSPAD GATOT SUBROTO yang memiliki alatnya. jika mau ke sana hubungi Dr. TERAWAN, daftar antriannya cukup panjang.
semoga tulisan ini bermanfaat.
Untuk almarhum Abang tersayang "Zulkarnaen Salampessy" dari Ayang, Afaf dan Khadijah




Selasa, 07-04-2009 06:53:55 oleh: ikhwan kunto alfarisi

hal-hal yg dapat mencegah dan mengobati tumor (cukup terbukti):
1. spirulina
2. habbatussauda/jintan hitam/nigella sativa
3. minyak zaitun
4. buah-buahan
5. air yang mengandung bio dan oksigen
6. air zam-zam
7. berolahraga
8. tidur yg cukup
9. sayur mayur
dan lain-lain

ada tambahan?? lebih baik mencegah daripada mengobati kan?




Rabu, 08-04-2009 11:02:45 oleh: ikhwan kunto alfarisi

ada tambahan: madu dan sarang semut (ramuan tanaman dr papua)



Minggu, 19-04-2009 00:22:51 oleh: Heppy Prafitriana

Mas Ikhwan, ibu mertuaku di diagnosa ada tumor di otaknya, apakah tumor harus selalu dioperasi ya mas? Klo di jkt dmana yg plg bgs ya, tp jg yg biayanya bs dcover askes, krn ibu mertuaku pensiunan PNS, trima kasih byk sblmnya...



Selasa, 28-04-2009 12:32:57 oleh: Cynthia

say sering nyeri kepala yang sangat hebat dan disertai pingsan dansaya sering kelur masuk rumah sakit tapi ketika di EEG kata dokter itu tumor tetepi di CT scan nihil, sebenarnya ini apa yah mas. tlong bantu



Kamis, 30-04-2009 08:42:42 oleh: ikhwan kunto alfarisi

mbak heppy: lebih baik di scan dulu di rmh sakit terkemuka agar mendapat data yg valid lalu konsult dg dokter syaraf.. lebih baik pakai herbal dahulu, siapa tau bisa bereaksi cpt.. doa saya utk beliau dr sini



Kamis, 30-04-2009 08:45:49 oleh: ikhwan kunto alfarisi

mbak cyntia: sdh konsult dg dokter syaraf?




Sabtu, 16-05-2009 14:20:22 oleh: ichda faradila

wah serem jga yah ternyata bsa se prh itu



Senin, 18-05-2009 18:57:26 oleh: yani

nama saya yani,, saya sempat kaget banget membaca tetang tumor otak ini..karena gejala yang disebutin sangat sama sekali dengan apa yang saya alami...saya sempet memeriksa kdokter tp saya mndptkn hslnya yaitu epilepsi tp dokter msih meragukan dngan hsl ini,dokter yg me2riksa saya mnyarankn untk pemeriksaan ulang krn takut ada tumor dikepala saya tp saya tdk mau krn saya tkut.
pertnyaan saya disini apa perbedaan epilepsi dngn tumor otak??
apakah ada hubungannya??

ditunggu jawabannya secepatnya....oce...
sekian dan terima kasih




Selasa, 19-05-2009 17:31:04 oleh: yani

ass,,,,

mas tolong dijwb donk pertnyaan saya..

krn nyeri dikepala saya tuh sama bgt dgn apa yg djelasin di google tntng gejala2nya...

tolong bantuannya ya mas

terima kasih

wass...




Rabu, 20-05-2009 16:30:24 oleh: ikhwan kunto alfarisi

info ttg epilepsi:
http://www.kalbe.co.id/index.php?mn=med&tipe=cdk&detail=printed&cat=det&det_id=49




Rabu, 20-05-2009 16:32:18 oleh: ikhwan kunto alfarisi

menurut penelitian di jepang, menggunakan otak dg maksimal maka akan mengurangi resiko tumor otak. makin jarang orang menggunakan otak, maka makin besar terkena penyakit tumor otak.



Selasa, 26-05-2009 10:20:31 oleh: Arief

Sekedar sharing, ayah saya juga mengalami penyakit yang sama, tumor otak. Dirawat di RSPAD 2 minggu kemarin (masuk tgl 11 dan keluar tgl 25 Mei 2009). Tindakan yang dilakukan adalah VP shunt dan biopsi. Dari hasil lab diketahui bahwa tumornya jinak. Dokter menawarkan terapi lanjutan yaitu radioterapi, tapi kami sekeluarga agak kurang nyaman kalau terapi-nya sampai harus 'menyentuh' otaknya. Akhirnya mungkin kami sekarang berikhtiar dengan pengobatan herbal, yaitu dengan keladi tikus, spirulina/chlorella, sayuran + buah2an. Gak lupa kasih semangat (ini yang paling susah) + doa. Mudah2an hasilnya bagus..



Jumat, 29-05-2009 10:31:52 oleh: ikhwan kunto alfarisi

betul sekali, tanaman keladi tikus dpt dipercaya sbg obat tumor



Minggu, 07-06-2009 12:38:08 oleh: jenny bustaman

tolong dijawab donk soalnya penting banget nih...suami saya waktu dibln maret '09 mengalami sakit muntah + mual + kepala berputar2x..setelah dibawa ke klinik, dokter mengatakan bhw suami aku kena gejala vertigo, tp setelah minum obat dr klinik tidak kunjung sembuh...pada tgl 17 april '09 aku membawa suamiku ke rs. satya negara dan dokter mengusulkan untuk di MRI saja krn dokter tdk nyakin ini vertigo, trus krn kami pikir untuk minum obat dulu, setelah minum obat keadaan suami aku lumayan sembuh dan bs bekerja kembali...setelah lwt 1,5bln kami mengonsumsi obat dr dokter, suami aku mulai menunjukan kondisi badan yg tdk fit, dengan gejala sesak nafas ( krn dia ada batuk ), lemas dan mual tp tdk sakit kepala...tgl 3 juni 2009 siang hari aku membawa suami ke rs satya negara untuk di MRI, sore harinya aku mendpt telp dr rs tsb bhw hslnya udh keluar dan disrh segera ke sana, akupun berpikir ada apa ya? setelah kami nyampe ke sana dr lab mengabarkan hal yg sangat membuat saya sangat terpukul, bhw didalam otak kecil suami aku ada semacam benjolan segede kelereng, tp tdk tahu itu apa? bs jd itu infeksi atau tumor, aku sampe shok dan dihrskan MRI yg ke dua kalinya untuk memastikan apakah itu tumor atau bkn? sampe skrg aku blm melakukan MRI yg kedua kalinya, menurut kalian apa yg hrs aku lakukan? tlg dijawab ya...thanks.



Minggu, 07-06-2009 15:19:42 oleh: ikhwan kunto alfarisi

bu, mending ikuti saran dr.satya negara saja deh.. dia itu dokter handal yg sdh berpengalaman, almh. ibu saya juga pernah ksana kok



Rabu, 01-07-2009 15:33:11 oleh: dr.jonson sihombing

makasih yeah ma kunto
tulisan nya bagus ngt




Jumat, 31-07-2009 22:57:21 oleh: Nur Mega

sudah lama sy mengalami nyeri kepala sebelah/migren,yg disertai nyeri di mata dan gigi, mual, tp sekarang intensitas kambuhnya lebih sering dan lama, kalau mulai timbul biasanya seperti ada urat di kepala yang ditarik kencang skali sehingga tampa sadar saya teriak karena sakit sekali dan jari tangan saya kadang2 kesetrum, apakah ini juga gejala tumor otak ya mas..?



Rabu, 12-08-2009 22:27:12 oleh: Nurman Hidayat

saya semakin khawatir...

karena saya merasakan gejala itu semua....

apa yang harus saya lakukan..??

mohon bantuannya....




Rabu, 19-08-2009 09:21:42 oleh: alfiyatus sholichah

Assalamualaikum...
sy gak tau ap yg t'jd sm tbuh sy...tp yg sy rasakan sy sering sakit kepala n tiba-tiba pingsan.. 2 minggu ini sy sudah pingsan 2x.... kr2 sy knapa? sdh sy priksakan,tp tekanan darah sy juga normal. mohon bantuannya




Senin, 31-08-2009 15:26:22 oleh: alfian syah

someone wanita yang gua cintai nd gua begitu sayangi ternyata wanita itu punya penyakit yang bagi gua nd bagi orang" k'banyakan sangat lah menakutkan. . .

gua mau wanita itu sembuh total nd menjadi wanita yang hidup tanpa beban berat di hidup nya. . .

karna gua sayang banget ma dia. . . .
_ I ALWAYS LOVE YOU MPEM _




Rabu, 07-10-2009 22:42:59 oleh: widiyanto

Tulisannya bagus and jadi sumber ilmu ! Saya butuh info tentang penanganan dan hal" yang dapat membantu kesembuhan dan juga hal" yang mesti dihindari apa saja dari semua aspek !! Kekasih saya didiaqnosa terkena kangker otak dan saya tidak mau kehilangan dia !! selain berdoa saya juga ingin membatu dengan mengetahui hal" tersebut !! kalo bisa kirim ke email saya ya mas !! makasih




Selasa, 13-10-2009 16:48:42 oleh: ranny fitriany

makasih yah mas ikhwan bagus bgt tapi kok gak scara umum penyebab kankernya?



Minggu, 18-10-2009 23:23:48 oleh: lanita d

Tulisanny bgs & sngt brmnfaat.yg ingn sya tnyakn apakh vertigo bs trgolng gjla tumor otak??
sya pnya vertigo & sring mrsa nyeri dkpala bgian blkng,hngga mmbwt mata brair.
Dktr mmberi sya Xanax,tp tetap sja rsa nyeriny dtg,nmun frekuensiny tdk sring.
Apa yg hrs sya lakukn??
*sya kena vertigo & nyeri dkpla sdh ada 3thn ini*
Mohon sarannya..thx




Sabtu, 24-10-2009 01:25:32 oleh: Danang A

tulisan anda sedikit memberi saya gambaran.
tapi saya ingin sedikit lagi kepastian apakah penyakit yang saya derita juga merupakan gejala kanker otak.
saya sering mengalami nyeri kepala sebelah yang hebat. dan itu terjadi setiap hari selama 1-2 bulan pertahun. sakitnya seperti yang diderita mbak Nur Mega (31-07-2009)dan semakin tahun nyerinya semakin hebat. apakah penyakit saya ini merupakan gejala kanker otak? terima kasih.




Senin, 26-10-2009 20:56:09 oleh: NURINA SUSANTI

terimakasih utk pengetahuanya... kadang" saya juga sering merasakan hal yang sama,,tapi saya tidak pernah terkena kejang..hanya saja saya sering sekali mengalami pusing mendadak.. saya juga sering terkena migrain!!! tapi saya anggap itu hanya hal spele!!! apakah tindakan saya itu benar??? tolong beritahu solusinya!!! terimakasih...



Selasa, 24-11-2009 14:33:26 oleh: Andy

akhir2 ini stiap 3 bulan istriku pingsan, d sertai kejang kurang dari 1 menit.diagnosa dokter syaraf smntra epilepsi kr jatuh/benturan,saat ini yg d rasa kepala pusing sampe ke leher dan muntah. setelah d kasih phenitoin dan dekapote,mhn d infokan..obat herbal yg cocok, smntara memang minum obat herbal dr alternative ternama dan produk dari china..



Selasa, 08-12-2009 10:06:23 oleh: yulita sari

Assalamua'laikum Wr.Wb, terima kasih, informasinya sangat membantu,yg saya ingin tanyakan apa penderita epilepsi cenderung untuk terkena tumor otak? terima kasih sebelum dan sesudahnya



Sabtu, 12-12-2009 20:24:40 oleh: desi juliana

thank's y..
bwt informasi nya..
tp ak mw nanya nie...
kalau sakit kepala bagian depan, sering ngantuk n penglihatan kabur.. termasuk gejala kanker otak gak?
balez y..
please...




Minggu, 13-12-2009 14:34:37 oleh: Ferian Nur Hidayah

Bung ikhwan..
Tlisannya saya c0pas k blog saya y..bgus skali..

Kalu bung ikhwan,uminya yg kna tum0r..
Kalu ferian si,feriannya sendiri..:)

sudah operasi 3kali..ni cuti dah kuliahnya..
Minta d0anya rekan2 y,supaya dberi jalan ksembuhan..Amiin Ya Rabb..




Selasa, 15-12-2009 12:13:55 oleh: firdausi nuzulia

ehh...
apa bedanya antara tumor otak sama kanker otak,...??!?
tolong beri jawabannya karena saya sangat membutuhkannya....!!!

tyuz kalau kita sudah di vonis dokter, kalau kita terkena tumor otak, apa yang harus kita lakukan, ...
apa kita harus menunggu waktu kematian kita??!?
tolong beri jawabannya dengan segera karena saya sungguh - sungguh membutuhkannya...??!?

sebelumnya terima kasih..




Jumat, 15-01-2010 09:12:05 oleh: puji astuti

Thanks ya buat ilmu nya....

sy mo tanya nie,,ibu sy sakit tumor otak dah 4 thn,,apakah mungkin bs menjadi kanker otak.....?????

Dan sudah menekan syaraf mata,,sehingga penglihatan nya ibu sy sdh mulai berkurang..

Di tunggu ya jawabannya....???




Senin, 18-01-2010 22:00:55 oleh: Rachmat Hidayat

mas,ak belum tau tentang tumor.ak jd tau setelah baca tulisan2 di atas.tp ak bingung,apa gejala tumor di sertai dengan benjolan?soalny,ak dah seminggu ini muncul benjolan di selangkangan.rasanya sakit & tidak bernanah.ak nanya ke temen2ku malah pada bilang ''hati2 barangkali tumor''
ak jd takut mas.tp ak jg g ngrasain gejala2 tumor yg di sebutin di atas.jadi kira2 gimana mas?itu tumor ap bukan.
makasih,mohon maaf bila ad kata2 yg salah




Selasa, 26-01-2010 17:38:14 oleh: adhe yunanda

kenapa tumor otak lebih banyak di alami laki-laki dari pada wanita ?
dan apa yang di maksud dari hemifer serbri dan korteks motorik ?
intrakkanal yang meningkat ?
edema papil ?
pain sensitive ?




Kamis, 11-02-2010 13:20:30 oleh: KRISILIA SIAHAYA

thnks untk infrmsx....

tapi...... saya mau tnx????
apkh udh ada obtnya




Senin, 01-03-2010 16:56:58 oleh: wahyu budi setiyawan

assalamualaikum .
Perkenalkan nma saya wahyu.
Mas,saya punya pacar,dia mempunyai tumor.
pcr sya sdh pernh d^rwt d^RSPP selama 2 minggu
dan minggu kmrn pacar saya prksa k^dktr,kta^a pacar saya hrus d^rwt krn klo tdk d^rwt akn membahayakan py pers0al^a kta dktr^a klo g9 tnggl 15-17 maret hrus sgra d^rwt py tnggl 22 maret pacar saya UAN(Ujian Nasional)
saya butuh informasi dari Mas .. ..?
Tolong d^BaLaz yh .
thx




Kamis, 04-03-2010 14:01:48 oleh: anastasia

saya prihatin dengan segala penyakit kanker
tentuny a sedih mendengar orang yg kita sayangi seperti itu




Kamis, 11-03-2010 05:58:19 oleh: jamin saleh

saya hanya pengen tanya ke teman-teman, ponakan saya 5 tahun, dikepala bagian belakang mengeluarkan cairan, dokter memberikan selang yang dituruskan ke lambung guna membuang cairan tersebut, gejala yang dialami, sering sakit kepala dan gampang ngantuk (tidur) apakah ini tumor otak? bagaimana cara penanganannya?terimaksih




Jumat, 12-03-2010 10:49:05 oleh: lusi

ITU SUATU INFO YANG SANGATLUAR BIASA PENTINGNYA BAGIKU DAN ORANG LAIN.
KITA DAPAT MENGETAHUI SESUATU YANG JARANG DIPERHATIKAN ORANG LAIN.
TAPT,,,,JANGAN TERLALU OVER YANG.............
NANTI SAKIT KEPALA BIASA DIBILANG PULA TUMOR OTAK,,Kan g' benar......................




Kamis, 25-03-2010 11:12:50 oleh: lala

Info ini sangat2 berguna sekali,pengalaman saya sebagai orang awam dalam ilmu kesehatan info ini sangat membantu sekali. karena pada tahun 2006,saya punya keponakan meninggal akibat TUMOR OTAK stadium 2 dan koma selama 9 hari di ruang NICU/PICU Anak RS. Thamrin.Gejala awal selain sering muntah tanpa sebab,batu dan juga pilek,yang terpenting jangan terlalu sering kepala anak itu terbentur.karena penyebab awal keponakan saya sering jatuh dan terbentur.Dia meninggal pas saat usianya 2 tahun,dia seorang anak laki2 yang pintar,saya sangat sayang sekali karena dari lahir, sakit dibawa ke RS, koma di RS dan meninggal saya yang ngurusin. Semoga " FAHREZA DARMAWAN - 28 Oktober 2004 - 27 Oktober 2006 " mendapatkan kebahagiaan di sisi NYA.Amin..............



Senin, 29-03-2010 14:16:15 oleh: orinita prayiwi

saya sering sekali sakit kepala gan merasa mual,,
apakah saya juga terkena penyakit ini??




Senin, 05-04-2010 05:31:26 oleh: meyrina

mas ikhwan,

d bagian kiri otak mama saya divonis terdapat tumor, skrg ini mama jadi kehilangan keseimbangan, mudah lupa, dan pandangan agak kabur.
dokter menyarankan untuk dilakukan operasi pengangkatan tumor. Yang saya mau tanyakan, apakah ada efek samping dr pengangkatan tumor ini? krn saya sempet baca sebuah artikel, pengangkatan meningioma justru dapat mengakibatkan kanker otak..

Untuk pengobatan alternatif seperti herbal, kira2 ada rekomendasi tempat kah?

trima kasih banyak..




Rabu, 07-04-2010 16:25:57 oleh: siti ardaniah

Semoga dengan dunia semakin maju akan cepat ada obat Yang Paten u/ penyakit yg membahayakan.



Kamis, 08-04-2010 23:17:18 oleh: beauty

maU tanya....
aq sUka MndeRita sKit kePaLa yg BneR2 skiT.....
PrsaaN kepala bner2 maU pcaH...
dsmping iTu prnah mngaLami tRauma kepaLA..Tb2 Pucink trusz jaTuh n KepaLa terbentuR keRas....

sKit kePaLany MuncuL-tmbuL-MncuL-tmbuL GTu...
ap Itu ad resiKo tumOr otaK???




Rabu, 14-04-2010 13:35:43 oleh: ayu wisda yuleningtyas

...saya mengalami pusing semenjak usia 9 tahun..sekarang usia saya 19 tahun..dan pusing itu semakin parah...sering kambuh..dan terkadang disertai mual hingga muntah..sering kali saya mengalami hilang keseimbangan...tekanan darah juga tidak stabil..kalaupun stabil gejala yang timbul tetap saja parah..saya belum pernah mengalami kejang..tapi mental saya mudah tertekan hingga sempat mengalami depresi..terkadang di dalam kepala saya seperti ada yang menekan...bahkan semua penyakit yag berhubungan dg kepala sering saya alami seperti vertigo dan migrain..
apa ada kemungkinan saya mengalami tumor otak..atau kanker otak.....?




Rabu, 21-04-2010 15:46:30 oleh: Elin herlina

...aku sering mengalami sakit kepala yg begitu hebat,sampe2 ga bisa tahan.Gejala yang aku rasain sakit kepala yg begitu hebat,suka tiba2 muntah,sering lupa atau jadi orang yg pelupa,Dan suka keluar darah dari hidung.Awalnya aku ragu untuk periksa karna takut dengan hal yg mengejutkan tapi akhirnya aku Medical chek Up dan hasilnya aku di vonis aku mengidap Tumor otak.Dokter menyarankan aku untuk operasi tp aku belum lakuin karna aku takut beresiko karna di kepala,,,? Apa selain di opeasi ada cara lain untuk mengobai tumor yg aku derita????
aku hanya bisa berdoa Pada TUHAN smoga ada keajaiban............ (amin)




Kamis, 22-04-2010 09:46:50 oleh: Dennis Caliandra

Cara pengobatan & pencegahan tumor otak, karena tumor ini masih kecil. Saya butuh masukan dokter.



Kamis, 22-04-2010 12:32:31 oleh: Putri Astasya

kakak saya tercinta meninggal seminggu yang lalu karena adanya tumor otak di otak kecilnya, tumor itu menekan batang otaknya sehingga almarhumah kehilangan kesadaran selama 3 hari sampai akhirnya meninggal dunia. hidup masih terasa sangat hampa saat ini, terbayang kesakitannya..
ya Allah, semoga penyakit dan derita yang di alaminya dapat menjadi penghapus dosanya. AMIN




Kamis, 22-04-2010 12:58:19 oleh: Putri Astasya

untuk teman teman semua yang ingin mencoba pengobatan alternatif, bisa mencoba untuk mendatangi terapi pengobatan nur syifa, banyak yang merekomendasikan untuk berobat kesana, tp karena pada saat itu kondisi almarhumah dalam keadaan koma, jd saran dr teman teman pada saat itu belum bisa kami laksanakan, bisa teman teman coba searching di google, semoga membantu



Kamis, 29-04-2010 16:45:07 oleh: zannah permata rani

makasi,,,, Dengan saya MemBaca ini Saya jadi lebih Tau Gmna cara Saya Merawat ibu saya yang Sedang Terserang Penyakit tumor,,,,, Ini sangat Berguna,,
BuNda Cepet SeMbuh y,,,, Aq Msih sangat MembUtuhkan mu ..???? Bunda ILove You Forever,,,,,,,, Thanks




Sabtu, 08-05-2010 12:44:08 oleh: rahmayani

mas ikhwan,sy sering x skt kpl smpai2 smua kgiatan sy tunda,klo skt@ ud kmbuh wduh g bs ngapain2,ibu sy jg gt knp y,..



Sabtu, 29-05-2010 11:19:00 oleh: pujiastuti

Pacar saya terkena tumor otak sudah stadium akhir, saya mau nanya selain operasi jalan apa yang harus kami lakukan? saat ini pacar saya melakukan terapi dan menggunakan obat2 dari medis sejauh ini keadaanya baik2 saja, tapi sewaktu waktu dia sering pingsan dan mengeluarkan darah dari hidungnya, saya khawatir sampai kapan dia akan bertahan dalam keadaan seperti ini, terus terang saya takut, tolong ya kasih tau bagaimana caranya supaya dia sehat seperti dulu.



Kamis, 10-06-2010 12:47:18 oleh: anggawulan

Assalamu'alaikum, ms Ikhwan sy mau sharing dg Anda, boleh mnta no hp Anda ?



Kamis, 10-06-2010 13:10:19 oleh: angga

Assalamu'alaikum, ms Ikhwan sy mau sharing dg Anda, boleh mnta no hp Anda ?
Saudara sy juga terkena tumor otak, dan kata dokter tumornya sudah membesar.
apakah tumor otak juga ada kaitannya dengan syaraf pd otak ?
trimakasih atas jawaban anda




Jumat, 11-06-2010 10:28:17 oleh: Ambar Wati

Pd Th. 1998 sy Menderita Tumor Otak Jinak yg berada tepat biblkng telinga tetapi sh dioperasi mmng setelah operasi keadaan saya membaik tetapi sudah hmpr 3 bulan ini gejala yg dlu saya rasakan timbul kempali seperti Pusing yg sangat hebat dan bila pusing itu datang maka tmpt tumor yg sudah dioperasi itu akan terasa sakit n nyeri...
Yang Ingin saya Tanyakan Apakah Mungkin tumor itu dapat tumbuh lgi??? N Apa yg harus Sy lakukan Karena Sy Sangat Takut...
Mohon Penjelasannya???
Terima Kasih..




Senin, 21-06-2010 16:11:54 oleh: Bunda

Bunda punya pengalaman th.2007 nanda tercinta terponis tumor otak , terasa runtuh dunia ini tanda yang bunda dapat nanda tercinta sering muntah namun bunda tak henti memohon kepada ALLAH beri hamba petunjuk untuk selalu bersamanya dan diberi jalan pengobatannya, Alhamdullah hampir 6 bln.nanda mondok di RS Husada Jakarta menjadi pasien Prof.Padmo & Prop.Suhartati di RSCM kini mamda sdh kelas 1 SMA dan Bunda selalu berharap semua mendoakan agar ALLAH selalu melimpahkan nikmat sehat kepadanya Amin



Minggu, 27-06-2010 16:49:45 oleh: Imas Siti Saodah

mksih ea tulisan nya!!!

Imas pengen tanya, low tumor otak bsa sembuh se utuh nya ga???




Senin, 28-06-2010 00:56:37 oleh: anggun

apa benar tumor otak dapat diobati dengan keladi tikus? Terimakasih ats jawabannya



Sabtu, 10-07-2010 16:09:30 oleh: nurlina

saya mau tny,sy udh lm skit kpala d bagian blkg n depan,dah hampir 1 bln nch rmbut sy rontok nya bnyk n gk wajar,trus mata sy rs na pdih bgt n klo utk ngeliat agk kabur gtu ru 2 mingguan ni,,,apa ada kemungkinan sy trkena kanker otk???d tggu jwbn na ya,,,



Kamis, 22-07-2010 11:22:11 oleh: Nabil

Sharing...
Saya baru saja kehilangan anak saya yang ketiga 3 ahri yang lalu yang mana masih berumur 1 tahun 23 bulan. Anak saya meninggal karena penyakit tumor otak. Saya terlambat mengetahuinya karena anak saya yang belum bisa bicara sehingga tidak diketahui kalau ada penyakit berbahaya di kepalanya.Setelah dipikir2 ke belakang, akhirnya istri saya mulai menemukan gejala-gejala awal mulai anak saya berumur satu tahun:
1. Saat anak saya umur satu tahun, waktu pulang lebaran, dia tertidur di mobil, kemudian bangun dan rewel minta digendong terus sama saya dan tidak mau digendong yang lain. INi adalah hal yang tidak biasa karena biasanya anak saya sangat menyenangi bepergian dengan mobil. Kini baru tahu mungkin waktu itu dia sudah terkena tumor di otaknya, dia membutuhkan satu posisi yang enak dan tenang dan itu dia dapatkan hanya saat digendong ayahnya.
2. Dengan sebab yang sepele anak saya pernah jatuh, juga lebih kurang saat umur satu tahun dan sempat pingsan beberapa detik, kemudian sadar lagi dan kembali segar dan bermain seperti biasa.
3. 28 Mei anak saya terus-terusan memegang kepala, susah makan, maunya hanya ASI,saya bawa ke dokter anak hanya dikasi obet pereda sakit.
4. 25 JUni akhirnya saya minta CT Scan, dan ternyata tumornya sudah seikuran 6x7x5 dengan bentuk tidak beraturan.

Kami langsung merawatnya, melakukan operasi pemasangan VP Shunt, namun apa daya dokter pun seolah pesimis dan anak kami akhirnya dipanggil yang kuasa tanggal 19 JUli 2010 jam 04.00 di Rumah sakit.

Pelajaran buat semuanya:
1. Jangan lengah dan menganggap sepele terhadap keluhan anak, segera periksa dokter dan bila perlu lakukan CT scan bila anak mengeluh sakit kepala yang tidak sembuh-sembuh./
2. Bila anak jatuh tanpa sebab atau hanya kesandung batu kecil namun jatuhnya parah, segera lakukan CT Scan.
3. Info RS yang saya dapatkan bisa mengobati tumor tanpa operasi adalah RS ADVENTIS PENANG MALAYSIA DAN RUMAH SAKIT LAM HWEE PENANG MALAYSIA. Sayang saya tidak sempat kesana




Kamis, 22-07-2010 12:18:13 oleh: Kusman

trima kasih atas info-info yang Xan semua berikan...!!



Kamis, 26-08-2010 08:22:31 oleh: macsome

untuk pencegahan dan penyembuhan saya sarankan mengkonsumsi propolis.yaitu obat yg terbuat dari sari sarang lebah.insya Alloh sembuh
OBAT ADALAH SARANA, ALLOH YG BERKUASA




Kamis, 23-09-2010 18:53:15 oleh: ahmad taufik

assalamu'alaikum...
terimakasih mas ikhwan, infonya sangat berguna sekali bagi saya. adik saya pernah mengalami kecelakaan dan menyebabkan benturan pada kepala, dan tak terlihat aneh setelah kejadian tsb. tapi setelah 2 th berlalu adik saya pernah mengalami kejang, dan biasanya terjadi sebulan sekali kadang lebih..., dan dinyatakan epilepsi, tapi sekarang 3 th lebih kejang malah tidak terkontrol, setiap 5 menit kejang dan terus kejang selama 24 jam. setelah periksa lagi scan gel. otak, terus ct. scan dan yang terakhir MRI di nyatakan tumor otak. yang saya mau tanyakan apakan benturan dimasa lalu bisa menyebabkan tumor? dan apakah ada alternatif lain selain operasi? terima kasih semoga mas ikhwan selalu di berikan nikmat sehat oleh Allah SWT. amien.




Selasa, 19-10-2010 19:38:40 oleh: fita rahmawati

saya sakit kepala mulai smp, dan waktu SMA rasa sakitnya mulai parah, mulai dari penglihatan saya samar-samar, pusing di sertai mual, rambut saya rontok, bagian kepala saya yang sakit yaitu bagian belakang, daya ingat menurun.
apa ini tumor otak? atau kanker otak?
tolong di balas, karena penting untuk saya




Rabu, 16-02-2011 12:08:00 oleh: gus

lumayan menambah wawasan, tks sharingnya...
sedikit saran ...saya nemu artikel ini lewat google..dan saya bukan orang yang bergerak di bidang kedokteran...banyak istilah yang saya tidak familiar, kalau bisa bahasanya dibuat lebih umum, biar orang awam seperti saya jadi lebih paham...anyway tks tulisan bermanfaatnya...semoga tetap dapat menulis




Kamis, 10-03-2011 13:34:43 oleh: nila alfitasari

sy ibu yg anaknya menderita Tumor batang otak,yg gejalanya anak panas tinggi 42c,dan dictscan hasilnya hydrosifalus,dan setelah oprasi,hasilna gak ada perubahan harus oprasi,dan oprasi pasang VP shunt,tak berhasil pula dan harus di ctscan dan oprasi lg,blm ada perkembangan lg,di ctscan lg hasilna TUMOR BATANG OTAK,Smua dokter kaget,dan ternyata sudah terminal,ato stadium ahir,ank km koma hampir 2 bln dipicu,dan ahirnya meninggal diusia 17 bln,pd tgl 15 -4-2010.dia jga mutah mutah diaere panas,ternyata dia sakit tumor batang otak.dan bukan hydrosifalus.keluar rumah sakit sdh 12kli.memang anak km tdk di MRI,ternyata TUMOR BATANG OTAK itu mengakibatkan hydrosifalus,,,



Kamis, 31-03-2011 18:26:42 oleh: CHERA

jujur aq takut,,,

krna sdik banyak ne trjdi di driku,,,
ap yg hrs aq lakuin,,,,,,

aq binggung,,,,

beri ak solusi utk hadapi smw ne,,

aq berhapr ne hanya pemikiran ku n dag terjadi dikhdpn nyata ne,,,,,,




Kamis, 28-04-2011 14:05:31 oleh: noerrachmad

Assalamualaikum wr wb...
For All....
bila anda menemukan ataupun mengalami hal-hal yang seperti diatas , saran saya segera lakukan MRI Kontras...Insya Allah akan segera diketahui apa penyebabnya .... dan bisa dilakukan pencegahan sedini mungkin, karena bila tidak bijak menghadapinya dapat menimbulkan FITNAH...
Wassalamualaikum wr wb...




Sabtu, 04-06-2011 15:41:17 oleh: desi indriatika

Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat.
maaf, saya mau bertanya ....
Saya pederita tumor otak astrositoma.Saya harus bagaimana agar penyakit itu tidak kambuh lagi.karena saya sudah 6 kali operasi?




Sabtu, 13-08-2011 17:44:26 oleh: ikhwan kunto alfarisi

maaf, sdh lama saya tidak buka artikel ini.. jika mau sharing ttg tumor otak, silahkan gabung di facebook saya: ikhwan_kunto@yahoo.com

terima kasih banyak




Selasa, 23-08-2011 02:41:37 oleh: heriandi

mas,,,,,nanya ni,,,,,saya dah lama mengalami sakit kepala mulai dari sejak SD dan sampe sekarang ......baik sakit kepala keseluruhan maupun sebelah ( migran) dan saya sering lupa ...........bahkan saya sakit kepalanya setiap hari dan berlangsung beberapa jam kalau saya tidak minum obat kepala saya tidak bisa sembuh,,,,,mas yang saya mau nanya apakah ini gejala tumor otak ataw gmana mas...klo benar saya dah kena gejala tumor ,,,,,,langkah awal yang saya lakukan apa mas.........dan cara alami yang saya lakukan agar kepala saya tidak sakit lagi gmana mas



Minggu, 11-09-2011 13:23:36 oleh: Okta Dwi Rahayu

dulu waktu saya masih kecil saya mengalami tumor jinak dikepala, lalu tumor itupun diangkat melalui operasi, apakah tumor itu dapat tumbuh lagi atau tidak karna saya seering mengalami sakit kepala?...dan apakah keturunan saya akan mengalami hal yg sama karana saat ini ayah saya mengalami tumor jinak juga?..



Sabtu, 22-10-2011 14:57:22 oleh: rossy ade diana

asskm...
sya pngen nyak,,skrang sya kuliah d slah stu universitas medan,,,
sya pnya pnykit yg aneh tpi tk twu ap nma pnyakit itu,,udah 1 tahun lbh sya slalu msuk rumah skit,tp jwbn pnykt sya slalu brbda,,, sya sring mngalami sakit kpala berlbihan yg tk bsa sya tahan kn,klaw rsa itu uda kumat,sya tk bsa mlhat skitar 5 menit dn psti kluar darah dri hidung saya,,, tpi kluaga tk mngthui,,, ada yg thu ap nm pnyakit saya.. mksy yg mw brbgi am sya...




Senin, 24-10-2011 10:11:00 oleh: chy

pak,,,
tolong bntu sya,,
sya pngen twu...
sya tkut pnykit itu bnar trjdi,,,
dn tkut akn khlangn smua y
bntu sya keluar dari msalah ini
apakh itu kanker otak atw bukan,???
sya sring skit kpla yg tk wajar dri sbelum y saya rasakan,,,sampai tak bisa melhat
tak tahan melawan rasa skit itu klaw udah datang, bkan skali tpi berkali-kali
ap yg saya buat skarng??
apkh hrus du2k diam sja,mnunggu dtang ajal mnjput
atw berusaha mncri twu pnyakit itu pak,,tolong sya pak,,,,,,,,,




Rabu, 18-01-2012 19:50:38 oleh: rani ambar

dok, akhir2 ini saya merasakan nyeri kepala di bagian belakang sudah sekitar 3 minggu dan tidak kunjung sembuh. sakit kepalanya hilang timbul. dokter umum mendiagnosa saya hanya mengalami stres namun saya kurang yakin karena pusingnya tidak kunjung hilang dok. apa yang harus saya lakukan dok ? saya khawatir dan cukup stres dengan keadaan saya.



Senin, 19-03-2012 14:30:46 oleh: Yulia Wulandari

Saya ingin bertanya, gejala tumor otak yang muntah spontan itu, berupa apa? apakah berupa darah?

terimakasih,
saya tunggu jwabannya, :)




Jumat, 23-03-2012 21:18:24 oleh: siti azizah

bapak/ibu sya mau tanya "Apakah penderita kanker itu umurnya pendek ?"



Rabu, 08-08-2012 00:38:09 oleh: yanto supriatna

setelah saya membca tulisan d'atas saya sangat merinding sekali.. Secara g keblulan conter yg saya tempati .. Mengundang kisah air mata yg sangat menyedihkan.. Ibu yg pnya conter cerita dia pnya anak cwe cantik banget masih sekolah kelas 2 d'Bpi pinter,cekatan+rajin ibadah, tpi allah berkehendak lain jum'at dia meraskan gejala2 yg seperti d'atas d'bicarakan hari saptu d'rawdt RS, pada hari minggu sore dia d'ambil sama yg maha kuasa.. "selamat jalan saynk walau aku g pernah tau siapa kmu tpi aku sangat salut sama apa yg udah kmu lakuin selama masa hidup kamu" aku janji akan selalu buat mamieh kmu tertawa selalu..



Kamis, 16-08-2012 13:21:09 oleh: rosi

membaca tulisannya saya jadi menangis,soalnya suami saya yg usianya 26th terkena tumor otak,gejalanya tidak seperti yg tertulis diatas.tetapi terjadi kejang sebagian badannya dan kadang seluruh badannya kejang sampai beliau tidak sadar.awalnya saya kira epilepsi tp setelah di scan ternyata tumor otak disebelah kiri...sekarang saya berhenti berobat kedokter dn berobat tradisional,sekarang saya beri air kunyit dan susu coklat untuk 3kali sehari...semoga Allah memberikan kesembuhan buat suami saya....aminnnn



Sabtu, 12-01-2013 21:06:23 oleh: agus santosa

saya dari BALI, IBU SAYA DIVONIS mengidap tumor otak pada akhir desember 2012,saya bingung musti gimana,
hasil MRI menunjukan terjadi PENDESAKAN DI VRENTIKEL IV KE SISI KIRI.
mungkin ada cara untuk memulihkan kondisi ibu saya.
mohon bantuan dan saran.
jika dilakukan operasi dokter tidak bisa komen apa-apa,karena tumor yg ada bukan cuma satu saja, tapi ada banya di bagian otak kiri.




Senin, 29-07-2013 15:05:49 oleh: LINA ARY SAPUTRI

,,,PERKENALKAN NAMA SAYA LINA
,,,SAYA MAU TANYA MASS..
APA INI GEJALA KANKER OTAK?
1.SAYA SERING MERASAKAN PUSINK YANG GAK KARUAN RASANYA SAKIT SEKALI
2.SAYA SERING MUNTAH PADAHAL TIDAK NGAPA''IN
3.TENSI DARAH SAYA TIDAK NORMAL KADANG 70 SAJA...
GIMANA CARA MENGETAHUINYA,,,KALO SAYA KE DOKTER SAYA TAKUT BGT MAS,,,.
MAKASIH SEBELUMNYA....:




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia