Muhammad Nizar

Ada Mesjid Palembang di Lhoknga

Senin, 08-09-2008 06:48:05 oleh: Muhammad Nizar
Kanal: Wisata

Ada Mesjid Palembang di Lhoknga Mesjid menjadi fokus utama kegiatan umat muslim selama bulan Ramadhan ini. Jika anda termasuk orang yang suka berkunjung ke mesjid apalagi suka melakukan "safari tarawih" dari mesjid ke mesjid, ada satu mesjid yang layak anda kunjungi. Mesjid ini memiliki arsitektur khas Sumatera Selatan. Terletak di desa Mon Ikeun, Lhonga, sekitar 20 km arah barat kota Banda Aceh. Di gerbang masuknya jelas terukir nama mesjid itu, "Mesjid Palembang Darussalam". Jadi anda tidak perlu pergi ke Palembang jika ingin "mencicipi' khusyuknya shalat di mesjid Palembang. Mesjid ini merupakan sumbangan dari masyarakat Palembang untuk masyarakat Aceh korban tsunami sekitar 2 tahun lalu.

Berdiri di atas tanah 500 m2, mesjid Darussalam menjadi ciri khas Lhoknga, yang sebelumnya telah rata tersapu tsunami. Dengan bentuk atapnya yang melengkung, berundak-undak dan terdiri dari 3 atap bertumpuk yang mirip dengan bangunan tradisional China. Bangunan didominasi cat putih, memiliki ruang terbuka selasar mengelilingi bangunan utama menambah kuat kesan oriental pada Mesjid yang dibangun selama 6 bulan di tahun 2006. Sebuah menara azan berbentuk seperti menara mercu suar, menambah kesan eksotis pada Mesjid Palembang Darussalam. Halaman luas tempat parkir kendaraan pun tersedia, benar-benar sebuah situs religius yang cocok juga sebagai tempat wisata.

Sebenarnya sebelum bencana tsunami, tanah tempat berdirinya mesjid merupakan lahan milik sebuah SMP yang bersebelahan. Mesjid desa Mon Ikeun sendiri dulunya terletak di dalam kawasan pasar Lhoknga, lebih kurang 1 km dari tempat sekarang. Para donator menganggap pembangunan kembali mesjid di kawasan pasar tidak sesuai oleh karena itu mereka meminta di tempat yang baru. Atas musyawarah bersama maka diputuskan mesjid berdiri di tempat sekarang, persis di sisi kanan jalan Banda Aceh - Meulaboh.

Mengenai bentuk arsitektur mesjid yang khas Palembang ada cerita tersendiri. Ketika panitia pembangunan mesjid memperlihatkan desain, warga berkeberatan karena dianggap oleh masyarakat desa mirip bangunan China. Mereka ingin bentuk seperti lazimnya bentuk mesjid di Aceh. Sebagaimana yang disampaikan oleh Imam Mesjid Palembang, Tgk. Dahlan, 45 th, sabtu (6/9), kepada penulis. "Panitia pembangunan Mesjid ingin bentuk mesjid khas Palembang. Panitia dibentuk oleh mereka sendiri. Warga semula agak keberatan mengingat bentuknya seperti bangunan China. Tetapi pihak donor ingin mempertahankan ciri khas Palembang nya. Jadi setelah bermusyawarah masyarakat pun dapat menerimanya" Tgk. Dahlan menceritakan awal penentuan arsitektur mesjid. Tgk Dahlan sendiri warga setempat, kini tinggal sebatang kara karena anak istrinya telah meninggal akibat tsunami. Walaupun rumah ibadah ini disebut mesjid tetapi hingga kini untuk salat Jumat belum dapat diselenggarakan mengingat masih minimnya jumlah penduduk sekitar. "Walaupun ini ditulis mesjid tapi sebenarnya tingkatannya masih Mushalla karena belum menyelenggarakan shalat Jumat. Maklum saja, penduduk di sini paling bersisa 20% dari jumlah semula. Kalau untuk Jumat kami pergi shalat ke Mesjid yang di sana "Kata Tgk Dahlan, pria hitam manis yang telah dipercayakan menjadi Imam sekaligus pengelola Mesjid Palembang Darussalam sejak mesjid diresmikan.

Mesjid beraksitektur oriental ini menjadi "oase religius" bagi para musafir yang melewati jalan sekitar. Tak ketinggalan masyarakat Palembang yang berada di Aceh pun ramai mengunjunginya. Mesjid dengan bentuk berbeda dari bentuk lazimnya tentu menjadi sesuatu yang unik. Mesjid ini bisa saja akan menjadi tujuan wisata religius, sebagaimana yang dicanangkan oleh pemerintah Aceh. Namun sebagaimana tempat wisata tentulah kondisi bangunan harus dijaga sebaik-baiknya. Sayangnya di beberapa tempat tampak cat-cat yang mulai mengelupas.

Semakin kaya khazanah bangunan mesjid di Aceh. Ada beragam model bangunan mesjid. Sepanjang tetap diperbolehkan dalam syariat, bentuk mesjid model apapun tidaklah mengapa. Apalagi masih berasal dari sesama rumpun nusantara yaitu Palembang. Mari berkunjung Lhoknga, ada Mesjid Palembang disana

Bookmark and Share

Tag/Label jalan, masjid, masjid palembang, aceh, lhoknga
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
3 komentar pada warta ini
Senin, 08-09-2008 12:10:06 oleh: Muhammad Nizar

mana nih orang palembang di wikimu? main-mainlah ke aceh..



Senin, 08-09-2008 15:56:49 oleh: Sandhy.ED

Assalamualaikum....
Aku orang Palembang niy..., tapi blum pernah main ke Aceh...
Tahu Lhoknga dari buku Hafalan Sholat Delisa nya Tere Liye..
Jadi setiap denger Lhoknga, hati masih teriris-iris ...., semoga Lhoknga bisa secepatnya pulih dan Masjid Palembang Darussalam secepatnya benar2 bisa berfungsi sebagai masjid...Amin..




Senin, 28-12-2009 23:09:41 oleh: wahyu kurniawan

masjid Palembang Darusalam merupakan masjid bantuan dari masyarakat Sumatera Selatan yang dibangun pada tahun pada bulan januari 2005 lalu, dimana dalam pembangunan masjid sendiri memang dikerjakan oleh masyarakat palembang. selama itu banyak suka duka yang kami lewati termassuk bagaimana merasakan gempa yang setiap harinya dpat diraskan.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY