widodo judarwanto

Keterlambatan Bicara Pada Anak, Normalkah?

Rabu, 03-09-2008 11:59:00 oleh: widodo judarwanto
Kanal: Kesehatan

Pendahuluan

Bahasa adalah bentuk aturan atau sistem lambang yang digunakan anak dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungannya yang dilakukan untuk bertukar gagasan, pikiran dan emosi. Bahasa bisa diekspresikan melalui bicara mengacu pada simbol verbal. Selain itu bahasa dapat juga diekspresikan melalui tulisan, tanda gestural dan musik. Bahasa juga dapat mencakup aspek komunikasi nonverbal seperti gestikulasi, gestural atau pantomim. Gestikulasi adalah ekspresi gerakan tangan dan lengan untuk menekankan makna wicara. Pantomim adalah sebuah cara komunikasi yang mengubah komunikasi verbal dengan aksi yang mencakup beberapa gestural (ekspresi gerakan yang menggunakan setiap bagian tubuh) dengan makna yang berbeda beda.

Gangguan bicara dan bahasa adalah salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Keterlambatan bicara adalah keluhan utama yang sering dicemaskan dan dikeluhkan orang tua kepada dokter. Gangguan ini semakin hari tampak semakin meningkat pesat. Beberapa laporan menyebutkan angka kejadian gangguan bicara dan bahasa berkisar 5 - 10% pada anak sekolah.

Penyebab keterlambatan bicara sangat luas dan banyak, Gangguan tersebut ada yang ringan sampai yang berat, mulai dari yang bisa membaik hingga yang sulit untuk membaik. Keterlambatan bicara fungsional merupakan penyebab yang sering dialami oleh sebagian anak. Keterlambatan bicara golongan ini biasanya ringan dan hanya merupakan ketidakmatangan fungsi bicara pada anak. Pada usia tertentu terutama setelah usia 2 tahun akan membaik. Bila keterlambatan bicara tersebut bukan karena proses fungsional maka gangguan tersebut haruis lebih diwaspadai karena bukan sesuatu yang ringan.

Semakin dini mendeteksi keterlambatan bicara, maka semakin baik kemungkinan pemulihan gangguan tersebut. Bila keterlambatan bicara tersebut nonfungsional maka harus cepat dilakukan stimulasi dan intervensi dapat dilakukan pada anak tersebut. Deteksi dini keterlambatan bicara harus dilakukan oleh semua individu yang terlibat dalam penanganan anak ini. Kegiatan deteksi dini ini melibatkan orang tua, keluarga, dokter kandungan yang merawat sejak kehamilan dan dokter anak yang merawat anak tersebut. Sehingga dalam deteksi dini tersebut harus bisa mengenali apakah keterlambatan bicara anak kita merupakan sesuatu yang fungsional atau yang nonfungsional.

 

Proses Fisiologis Bicara

Menurut beberapa ahli komunikasi, bicara adalah kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan bahasa oral (mulut) yang membutuhkan kombinasi yang serasi dari sistem neuromuskular untuk mengeluarkan fonasi dan artikulasi suara. Proses bicara melibatkan beberapa sistem dan fungsi tubuh, melibatkan sistem pernapasan, pusat khusus pengatur bicara di otak dalam korteks serebri, pusat respirasi di dalam batang otak dan struktur artikulasi, resonansi dari mulut serta rongga hidung.

Terdapat 2 hal proses terjadinya bicara, yaitu proses sensoris dan motoris. Aspek sensoris meliputi pendengaran, penglihatan, dan rasa raba berfungsi untuk memahami apa yang didengar, dilihat dan dirasa. Aspek motorik yaitu mengatur laring, alat-alat untuk artikulasi, tindakan artikulasi dan laring yang bertanggung jawab untuk pengeluaran suara.

Di dalam otak terdapat 3 pusat yang mengatur mekanisme berbahasa, dua pusat bersifat reseptif yang mengurus penangkapan bahasa lisan dan tulisan serta satu pusat lainnya bersifat ekspresif yang mengurus pelaksanaan bahsa lisan dan tulisan. Ketiganya berada di hemisfer dominan dari otak atau sistem susunan saraf pusat.

Kedua pusat bahasa reseptif tersebut adalah area 41 dan 42 disebut area wernick, merupakan pusat persepsi auditoro-leksik yaitu mengurus pengenalan dan pengertian segala sesuatu yang berkaitan dengan bahasa lisan (verbal). Area 39 broadman adalah pusat persepsi visuo-leksik yang mengurus pengenalan dan pengertian segala sesuatu yang bersangkutan dengan bahasa tulis. Sedangkan area Broca adalah pusat bahsa ekspresif. Ketiga pusat tersebut berhubungan satu sama lain melalui serabut asosiasi.

Saat mendengar pembicaraan maka getaran udara yang ditimbulkan akan masuk melalui lubang telinga luar kemudian menimbulkan getaran pada membrane timpani. Dari sini rangsangan diteruskan oleh ketiga tulang kecil dalam telinga tengah ke telinga bagian dalam. Di telinga bagian dalam terdapat reseptor sensoris untuk pendengaran yang disebut Coclea. Saat gelombang suara mencapai coclea maka impuls ini diteruskan oleh saraf VII ke area pendengaran primer di otak diteruskan ke area wernick. Kemudian jawaban diformulasikan dan disalurkan dalam bentuk artikulasi, diteruskan ke area motorik di otak yang mengontrol gerakan bicara. Selanjutnya proses bicara dihasilkan oleh getaran vibrasi dari pita suara yang dibantu oleh aliran udara dari paru-paru, sedangkan bunyi dibentuk oleh gerakan bibir, lidah dan palatum (langit-langit). Jadi untuk proses bicara diperlukan koordinasi sistem saraf motoris dan sensoris dimana organ pendengaran sangat penting.

 

Penyebab Keterlambatan Bicara

Penyebab gangguan bicara dan bahasa sangat banyak dan luas, semua gangguan mulai dari proses pendengaran, penerus impuls ke otak, otak, otot atau organ pembuat suara. Adapun beberapa penyebab gangguan atau keterlambatan bicara adalah gangguan pendengaran, kelainan organ bicara, retardasi mental, kelainan genetik atau kromosom, autis, mutism selektif, keterlambatan fungsional, afasia reseptif dan deprivasi lingkungan. Deprivasi lingkungan terdiri dari lingkungan sepi, status ekonomi sosial, tehnik pengajaran salah, sikap orangtua. Gangguan bicara pada anak dapat disebabkan karena kelainan organik yang mengganggu beberapa sistem tubuh seperti otak, pendengaran dan fungsi motorik lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan penyebab ganguan bicara adalah adanya gangguan hemisfer dominan. Penyimpangan ini biasanya merujuk ke otak kiri. Beberapa anak juga ditemukan penyimpangan belahan otak kanan, korpus kalosum dan lintasan pendengaran yang saling berhubungan. Hal lain dapat juga di sebabkan karena diluar organ tubuh seperti lingkungan yang kurang mendapatkan stimulasi yang cukup atau pemakaian 2 bahasa. Bila penyebabnya karena lingkungan biasanya keterlambatan yang terjadi tidak terlalu berat.

Terdapat 3 penyebab keterlambatan bicara terbanyak diantaranya adalah retardasi mental, gangguan pendengaran dan keterlambatan maturasi. Keterlambatan maturasi ini sering juga disebut keterlambatan bicara fungsional.

 

Keterlambatan Bicara Fungsional

Keterlambatan bicara fungsional merupakan penyebab yang cukup sering dialami oleh sebagian anak. Keterlambatan bicara fungsional sering juga diistilahkan keterlambatan maturasi atau keterlambatan perkembangan bahasa. Keterlambatan bicara golongan ini disebabkan karena keterlambatan maturitas (kematangan) dari proses saraf pusat yang dibutuhkan untuk memproduksi kemampuan bicara pada anak. Gangguan ini sering dialami oleh laki-laki dan sering tedapat riwayat keterlambatan bicara pada keluarga. Biasanya hal ini merupakan keterlambatan bicara yang ringan dan prognosisnya baik. Pada umumnya kemampuan bicara akan tampak membaik setelah memasuki usia 2 tahun. Terdapat penelitian yang melaporkan penderita keterlambatan ini kemampuan bicara saat masuk usia sekolah normal seperti anak lainnya.

Dalam keadaan ini biasanya fungsi reseptif sangat baik dan kemampuan pemecahan masalah visuo-motor anak dalam keadaan normal. Anak hanya mengalami gangguan perkembangan ringan dalam fungsi ekspresif: Ciri khas lain adalah anak tidak menunjukkan kelainan neurologis, gangguan pendengaran, gangguan kecerdasan dan gangguan psikologis lainnya.

Keterlambatan bicara fungsional pada anak sering dialami penderita yang mengalami gangguan alergi terutama dermatitis atopi dan saluran cerna. Gangguan saluran cerna adalah gejala berulang seperti meteorismus, flatus, muntah, konstipasi, diare atau berak darah. Lidah tampak timbal geographic tounge, drooling (sialore) atau halitosis. Seringkali disertai gangguan tidur malam, dengan ditandai sering gelisah, bolak, balik, mengigau, tertawa, menangis dalam tidur, malam terbangun, brushing dan sebagainya.

 

Cara Membedakan Berbagai Keterlambatan Bicara

Dengan memperhatikan fungsi reseptif, ekspresif, kemampuan pemecahan masalah visuo-motor dan pola keterlambatan perkembangan, dapat diperkirakan penyebab kesulitan berbicara.

 

 

Tabel 1. Diagnosis banding beberapa penyebab keterlambatan berbahasa dan bicara

Diagnosis

Bahasa reseptif

Bahasa ekspresif

Kemampuan pemecahan masalah visuo-motor

Pola perkembangan

Keterlambatan fungsional

normal

Kurang normal

Normal

Hanya ekspresif yang terganggu

Gangguan pendengaran

Kurang normal

Kurang normal

normal

Disosiasi

Redartasi mental

Kurang normal

Kurang normal

Kurang normal

Keterlambatan global

Gangguan komunikasi sentral

Kurang normal

Kurang normal

normal

Disosiasi, deviansi

Kesulitan belajar

normal,

kurang normal

Normal

normal,

kurang normal

Disosiasi

Autis

Kurang normal

normal,

kurang normal

Tampaknya normal, normal, selalu lebih baik dari bahasa

Deviansi, disosiasi

Mutisme elektif

normal

Normal

normal,

kurang normal

 


 

Dalam membedakan keterlambatan bicara merupakan fungsional atau nonfungsional harus memahami manifestasi klinis beberapa penyebab keterlambatan bicara. Untuk memastikan status keterlambatan fungsional harus dengan cermat menyingkirkan gejala keterlambatan nonfungsional. Gejala umum keterlambatan bicara nonfungsional adalah adanya gangguan bahasa reseptif, gangguan kemampuan pemecahan masalah visuo-motor dan keterlambatan perkembangan,

Dicurigai keterlambatan bicara nonfungsional bila disertai kelainan neurologis bawaan atau didapat seperti wajah dismorfik, perawakan pendek, mikrosefali, makrosefali, tumor otak, kelumpuhan umum, infeksi otak, gangguan anatomis telinga, gangguan mata, cerebral palsi dan gangguan neurologis lainnya.

Ciri lain keterlambatan bicara nonfungsional biasanya termasuk keterlambatan yang berat. Keterlambatan dikatakan berat bila bayi tidak mau tersenyum sosial sampai 10 minggu atau tidak mengeluarkan suara sebagai jawaban pada usia 3 bulan.Tanda lainnya tidak ada perhatian terhadap sekitar sampai usia 8 bulan, tidak bicara sampai usia 15 bulan atau tidak mengucapkan 3-4 kata sampai usia 20 bulan

 

Tabel 2. Tampilan klinis keterlambatan bicara yang sering dikaitkan dengan keterlambatan bicara nonfungsional

 

4 - 6 BULAN

* Tidak menirukan suara yang dikeluarkan orang tuanya;

* Pada usia 6 bulan belum tertawa atau berceloteh

8 - 10 BULAN

* Usia 8 bulan tidak mengeluarkan suara yang menarik perhatian;

* Usia 10 bulan, belum bereaksi ketika dipanggil namanya;

* 9-10 bln, tidak memperlihatkan emosi seperti tertawa atau menangis

12 - 15 BULAN

* 12 bulan, belum menunjukkan mimik;

* 12 bulan, belum mampu mengeluarkan suara;

* 12 bulan, tidak menunjukkan usaha berkomunikasi bila membutuhkan sesuatu;

* 15 bulan, belum mampu memahami arti "tidak boleh" atau "daag";

* 15 bulan, tidak memperlihatkan 6 mimik yang berbeda;

* 15 bulan, belum dapat mengucapkan 1-3 kata;

18 - 24 BULAN

* 18 bulan, belum dapat menucapkan 6-10 kata; tidak menunjukkan ke sesuatu yang menarik perhatian;

* 18-20 bulan, tidak dapat menatap mata orang lain dengan baik

* 21 bulan, belum dapat mengikuti perintah sederhana;

* 24 bulan, belum mampu merangkai 2 kata menjadi kalimat;

* 24 bulan, tidak memahami fungsi alat rumah tangga seperti sikat gigi dan telepon;

* 24 bulan, belum dapat meniru tingkah laku atau kata-kata orang lain;

* 24 bulan, tidak mampu meunjukkan anggota tubuhnya bila ditanya

30 - 36 BULAN

* 30 bulan, tidak dapat dipahami oleh anggota keluarga;

* 36 bulan, tidak menggunakan kalimat sederhana, pertanyaan dan tidak dapat dipahami oleh orang lain selain anggota keluarga;

3 - 4 TAHUN

* 3 tahun, tidak mengucapkan kalimat, tidak mengerti perintah verbal dan tidak memiliki minat bermain dengan sesamanya;

* 3,5 tahun, tidak dapat menyelesaikan kata seperti "ayah" diucapkan "aya";

* 4 tahun, masih gagap dan tidak dapat dimengerti secara lengkap.

 

Penatalaksanaan

Penatalaksanaan keterlambatan bicara fungsional biasanya tidak memerlukan penanganan secara khusus. Keterlambatan bicara golongan ini biasanya akan membaik setelah usia 2 tahun. Meskipun penyebabnya bukan karena kurang stimulasi, tetapi keadaan ini memerlukan stimulasi yang lebih dibandingkan anak yang normal. Stimulasi yang lebih ini tidak harus melalui terapi bicara oleh seorang terapis yang memerlukan dana dan waktu yang tidak sedikit. Meskipun terapi bicara juga tidak merugikan bagi anak. Pada anak normal tanpa gangguan bicara dan bahasa juga perlu dilakukan stimulasi kemampuan bicara dan bahasa sejak lahir. Bahkan bisa juga dilakukan stimulasi sejak dalam kandungan. Dengan stimulasi lebih dini diharapkan kemampuan bicara dan bahsa pada anak lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan kualitas komunikasinya.

Pada keterlambatan bicara nonfungsional harus dilakukan stimulasi dan intervensi sejak dini secara khusus oleh tenaga profesional sesuai penyebabnya. Semakin dini upaya tersebut dilakukan akan meningkatkan keberhasilan penanganan keterlambatan bicara tersebut. Gangguan keterlambatan nonfungsional perlu dilakukan pendekatan secara multi disiplin ilmu. Penanganan keterlambatan bicara dilakukan pendekatan medis sesuai dengan penyebab kelainan tersebut. Multi disiplin ilmu yang terlibat adalah dokter anak dengan minat tumbuh kembang anak, neurologi anak, gastroenterologi anak, alergi anak, psikolog anak, psikiater anak, rehabilitasi medik, serta klinisi atau praktisi lainnya yang berkaitan.

 

Penutup

Keterlambatan bicara karena gangguan fungsional atau karena imaturitas fungsi bicara pada anak sering dijumpai. Kelainan ini baisanya tidak berbahaya dan akan membaik pada usia tertentu. Orang tua harus dapat membedakan dengan keterlambatan bicara nonfungsional, karena bila dilakukan intervensi dini dapat memperbaiki prognosis..

 



Dr Widodo Judarwanto SpA

KORESPONDENSI DAN KOMUNIKASI :

CHILDREN ALLERGY CENTER
Rumah Sakit Bunda Jakarta, Jl Teuku cikditiro 28 Jakarta Pusat
PICKY EATERS CLINIC (KLINIK KESULITAN MAKAN)
JL Rawasari Selatan 50 Jakarta Pusat. Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat
telp : (021) 70081995 - 4264126 - 31922005
email : wido25@hotmail.com , http://alergianak.bravehost.com

 

 
Bookmark and Share

Tag/Label terlambat bicara anak
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
26 komentar pada warta ini
Rabu, 03-09-2008 12:36:36 oleh: Anwariansyah

Berguna, Dok. Tapi ada yang aneh dengan anak yang terlambat bicara. Pengalaman saya ada fenomena aneh pada beberapa keponakan saya termasuk anak saya sendiri yang kecilnya terlambat bisa bicara sampai usia 2 tahun, besarnya dikit pintar ngomong kaya orang tua.



Rabu, 03-09-2008 12:53:27 oleh: ikhwan kunto alfarisi

wah, skalian promosi yaa?
data nya lengkap bgt, baguussss....




Rabu, 03-09-2008 16:17:22 oleh: Agus Mardhika

Waaaa.. kebetulan sekali artikel ini.. soalnya anak saya sekarang juga lagi terapi di klinik tumbuh kembang anak di OMC rawamangun. Tadinya saya ingin di RS.Bunda Jakarta tempat dokter Widodo Judarwanto proktek kali yah. tapi menurut informasi katanya klinik tersebut pendaftarannya sudah tutup dan baru akan buka lagi pada bulan oktober, jadinya saya mendaftarkan anak saya di OMC rawamangun.

Pertama anak kami mendapatkan 2 terapi. usia anak saya 16 bulan belum bisa jalan dan bicara. terapi jalan 2 kali pertemuan anak saya sudah lari kesana-kemari. tapi untuk bicara sampai sudah 6 kali pertemuanpun tampaknya belum ada kemajuan. bahkan setelah terapi jalan dihentikan diberikan terapi baru klo tidak salah okupasi, untuk bisa lebih fokus katanya. (bener ga sih Dok).

Dan untuk biaya cukup berat juga yah seperti yang di katakan Dokter sangat benar. untuk 1 terapis 100.000 sekali pertemuan ditambah 15.000 uang administrasi, seminggu 2 kali pertemuan. kalau mau ketemu dokternya 1 dokter terapis 150.000 dan anak saya ada Dokter 2 terapis.

mohon informasi tentang klinik tumbuh kembang rs. bunda jakarta. email aja ke mardhika_mu@yahoo.com terima kasih dok.. btw bener ga sih kliniknya baru buka bln oktober. istri saya sudah mendaftar dari 2 bulan yang lalu tuh katanya oktober baru buka..




Rabu, 03-09-2008 19:50:18 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@ dr Widodo, Terima kasih
Tolong tuliskan asma pada anak, saya sedang menyiapkan OA genu (sambil belajar, he he, katanya belajar, kok malah mainan wikimu)

@mas Agus Mardhika. Selama ini ke mana?
Sudah mencoba ke RSCM?




Jumat, 05-09-2008 11:13:02 oleh: Agus Mardhika

@ Ibu Dokter Nury Nusdwinuringtyas ;-)) OOT: sudah 2 bulan ini harus membiasakan untuk manggil Bu/Pak Dokter



Saya tidak kemana-mana ko Bu, saya jadi pembaca Wikimu yang baik aja,

ooo.. di RSCM ada juga yach.. nanti saya cari informasi deh.




Sabtu, 04-10-2008 18:06:53 oleh: iin andriani

dr, saya iin mantan suster OK bunda jakarta( keluar bunda mei 2005). saya skrang ada di ethopia afrika. anak saya umur 2,1 thn mengalami keterlambatan bicara. dia cuma bs bicara mamah, papah,ada beberapa kt yg kdng hilang timbul,sering ngoceh tp tidak bisa dimengerti.dia alergi makanan:seafood,telur, ayam dan semua makanan yg mengakibatkan alergi.alergi susu jg, dia cm bs minum susu nutrilon soya dan susu non lactose.untuk menindak lanjuti keterlambatan bicaranya,saya hrs bagaimana? sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih



Sabtu, 04-10-2008 18:33:39 oleh: Esa Dian

hmm??
kufikir, tergantung kondisi n situasinya,
faktor2 yg disebud di atas emang bener, tapi, jika si anak emang malas, dan bisa jadi karena orang tua????




Selasa, 28-10-2008 07:46:53 oleh: Singgih A

Bu Iin, turut prihatin dgn kondisi putra ibu. Tak jauh beda dengan putri saya (2thn 4bln). Kata yg bs diucapkan secara fasih cuma "ayah". Lainnya gak bakal bisa tau artinya selain saya dan ibunya.
Tapi saya perhatikan kendala utama pada putri saya itu dia malas mencoba menirukan. Sering saya ajak bercermin sambil memperhatikan gerak bibir, dia gak mau konsen merhatiin. Ato kadang nonton tv / nyetel film kesukaannya sambil ngomentari berharap dia mau menirukan. Tapi dia bunyinya asal banget. Seperti emang gak ada keinginan untuk mengucap yg bener, apalagi mencoba menirukan berulang2. Kadang kalo sedikit saya paksa, dia pasang tampang mo nangis, seolah2 saya paksa sesuatu yg dia gak mampu dan takut salah.

Kira2 kenapa putri saya ini ya...




Selasa, 18-11-2008 08:19:52 oleh: Yohanes Pancaran

Dokter,
Saya guru anak luar biasa di Pulau Flores. Saya pernah melihat sebuah alat untuk terapi bicara bagi anak-anak cacat mental. Bentuknya seperti sikat gigi, dan akan digunakan untuk memijat rongga mulut anak yang kebanyakan air liur.
Saya mohon informasi untuk alat ini, dan kalau boleh alamat tokonya sekalian.
Terima kasih

Yohanes Pancaran
http://www.gudanginfo.bravehost.com
pancaran9@gmail.com




Selasa, 18-11-2008 10:38:22 oleh: Meidy

Pak Yohanes, mungkin sebagai informasi bisa mengunjungi www.talktools.net

Semoga bisa membantu.

Btw.. pak dokter mungkin super sibuk ya ?? Udah banyak lho yang bertanya tapi belum sempat dijawab ;-)





Sabtu, 13-12-2008 23:32:32 oleh: dewi rosaria indah

Artikel bpk kayanya sedikit banyak membantu rasa ingin tahu saya karena memang sampe skg anak saya (perempuan, 2,7th) belum lancar berbicara, yang bisa ia ucapkan hanya kata "mamah, papah, kakek, nenek, dedek, minum, mau, susu" dan disertai bahasa inggris lainnya seperti "yes, no, i know, no way" (karena kebetulan dia suka nonton prog tv berlangganan khusus acara bayi dan anak2) dan belum mampu berbicara dgn 2 kata sekaligus. kadang kami sbg orangtua juga tidak mengerti maksud perkataannya. karena bahasa lainnya sangat asing ditelinga tapi dia termasuk anak superaktif, hub dgn anak seusia juga baik cuma klo bicara msh blm nyambung:-) tp sy lihat kosakata mengalami kemunduran karena kata2 yg biasa dia ucapkan dulu sdh tdk pernah dia ucapkan lagi. pdhl di dlm keluarga kami tidak menggunakan 2 bahasa. sy ingin membawa ke terapis wicara tp di kota saya msh blm ada ahlinya. sy sdh membawa ke dokter anak dan diberi obat utk 3 bulan ttp blm ada kemajuan mudah2an bpk bs kasih saran apa yg sebaiknya kami lakukan mengingat usianya sdh mau 3 thn. trims



Selasa, 03-03-2009 22:27:36 oleh: chintya ayu dewi

bagus pak,bg yg g tw pnybab anak blm bs bicara udah sdikit paham dg bc artikel bpk,anak sy 2,4bln blm bs bicara jg,kl mw ap2 cm tarik tgn sy ke arah p yg dia mw,pdhl saat umurnya msh 6 bln ud bs ngmg,ma2 pa2,mum(minum),mam(mkn),lampu, tp stlah umur 2 th smua kt2 it hilang,sy k dokter anak di kasih obt dan di suruh terapi,skrg anak sy terapi di indica center,terpi yg di kasih skrg terapi SI(sensori integritasi),ud hampir 2 bln trapi tp anak sy blm ad menjukkan kemajuan,karna terpi yg di berikan bkn tarepi bicara.,krn terapinya hanya bongkar pasang,ambil bola,yg sy ingin itu terapi bicara,kl cm bgkar pasang sy di rumah jg bs,ap bner pak terapi untuk anak yg terlmbat bicara itu awalnya hras SI td???
tlg di jwb pak di chintyaervani@yahoo.com
trims pak




Selasa, 03-03-2009 23:02:03 oleh: Liemeina

pak DOkter, saya punya keponakan, umur 2.5 tahun. Sampai umur segitu, dya blum bisa bicara dok. dulu waktu umur 1 tahun lebih,mau manggil 'maaa' gitu, tp sekarang panggil papa mama saja tidak mau. Pernah satu kali tu tangannya dipeganggin terus sama mamanya supaya ngomong. Eh ampe nangis2 juga dya tetap aja ga mau ngomong... akhirnya kan dibawa ke dokter anak gitu. Eh, malah sm dokter yang bersangkutan, dya divonis autis... katanya pengaruh susu gitu.. (seperti yang ada di artikel dokter yang tentang susu formula) dan setelah di tes, katanya kadar lithium rendah tapi merkurinya tinggi gitu. jadi sama dokternya dianjurkan ganti ke susu non dairy (kyk soy milk high protein yg buat body builder gtiu) trus dengan berbagai supplemen termasuk Lithium.
Proses pergantian susu ini sih baru berjalan 1 bulan dan belum begitu terlihat perkembangannya. Tapi apa iyah kalau cuma dilihat dari terlambatnya berbicara dan kebiasaan dia yang suka memutar2 mainan langsung di-cap autis?
Wajarkah pemberian susu sejenis itu buat balita?
Yang terakhir, nenek saya masi ckup tradisional dan menganjurkan untuk dibawa ke tempat urut. Walaupun tidak secara langsung bisa sembuh, tapi katanya setelah 7-10 pengurutan, akan membaik. Tapi dokter yang sedang menanganinya tidak setuju. Jadi sebaiknya bagaimana ya dok?

Makasih Dok!!! ^^




Selasa, 03-03-2009 23:05:41 oleh: Liemeina

@ kak chintya ayu dewi... ponakannku juga kasusnya sama.... kenapa yah Dok?kenapa sekarang bnyk kasus begini?
sama dokter yang bersangkutan, kakak dimnta untuk mengganti susu nya ga?
apa karena pengaruh susu formula?




Selasa, 29-09-2009 10:02:08 oleh: Ferima Unti,S.Ag

Asskm,Pak Dokter,anak saya berumur 22 bulan,sekarang ini belum bisa ngomong,tapi sering ngobrol pakai bahasa sendiri (bahasa Planet),kata2 yang bisa diucapkannya adalah ayah dan na (kesana) am (makan atau minum),tapi dia mengerti jika disuruh dan mampu menunjukan anggota badannya jika ditanya.perlu diketahui anak saya mengalami alergi dingin,saya sangat kawatir sekali atas keterlampbatannya ini,soalnya anak yang seusia dia sudah bisa ngomong merangkai 4 kata,apa juga hal ini dipengaruhi oleh susu formula atau bagaimana,saya mohon petunjuknya dokter apa yang harus saya lakukan.



Selasa, 29-09-2009 10:07:45 oleh: Ferima Unti,S.Ag

Asskm,Pak Dokter,anak saya berumur 22 bulan,sekarang ini belum bisa ngomong,tapi sering ngobrol pakai bahasa sendiri (bahasa Planet),kata2 yang bisa diucapkannya adalah ayah dan na (kesana) am (makan atau minum),tapi dia mengerti jika disuruh dan mampu menunjukan anggota badannya jika ditanya.perlu diketahui anak saya mengalami alergi dingin,saya sangat kawatir sekali atas keterlampbatannya ini,soalnya anak yang seusia dia sudah bisa ngomong merangkai 4 kata,apa juga hal ini dipengaruhi oleh susu formula atau bagaimana,saya mohon petunjuknya dokter apa yang harus saya lakukan.



Kamis, 05-11-2009 13:17:13 oleh: kobayashi jarod

artikel ini sangat bagus dog,kebetulan anak laki2 saya yg sekarang berumur 3th 3bln hanya mampu mengucapkan beberap kata saja,setelah saya membaca artikel ini perasaan saya sedikit berbeda,apakah anak laki2 terlambat berbicara itu wajar dog?



Rabu, 11-11-2009 15:41:00 oleh: eva

anak saya perempuan yang sangat cantik,6th usianya, belum lancar berbicara. dia anak yang ceria dansehat serta sangat jarang sakit. sampai usia 2 th dia bisa mengucapkan beberapa kata dengan pengucapan satu kosa kata dengan baik,kemudian tiba-tiba menghilang sampai sekarang. saya sudah ke psikolog, dr anak,neorolog,tumbuh kembang hingga pada tumbuh kembang di RSCM.sudah tes bera segala untuk pendengarannya.tidak ada kepastian apa yang dialami anak saya. sudah terapi wicara sampai alternatif saya lakoni tapi saya tidak mendapat jawaban apa yang dialami anak saya dan anak saya tetap tidak berbicara. sekarang sedang terapi wicara dan alternatif,sedikit mengalami kemajuan tapi entah sampai kapan saya terpisah dengan bidadariku itu karena dia terapi dilain kota yang intensif 2 jam setiap hari, senin-sabtu.apa yg harus saya lakukan lagi dok?help me untuk siapa saja yang mampu memberi solusinya karena saya telah buntu...



Jumat, 20-11-2009 14:51:05 oleh: Much.Muslik

pak anak saya umur 5 th belum bisa bicara tapi diajak bicara dia ngerti,pernah saya bawa ke dokter syaraf katanya bagus semua setelah dites,dulu pernah kena setep.terus yang saya tanyakan apa bisa bicara anak saya ini ?



Selasa, 12-01-2010 20:59:43 oleh: kartini dyah setyorini

sy tertarik dgn artikel ini, anak sy umur 26 bln tp br bs ngomong ayam, allah, ayah, kl diajak bicara sih anaknya ngerti dan kl disuruh jg bisa. kenapa ya kok blm bisa ngomong bunda, maem, minum,dll? ada cara yg lbh cpt gak? mksh



Senin, 05-04-2010 14:36:14 oleh: ANTOK ALFATIHI

dok.... kalo bisa lebih lengkap lagi komponennya sperti : etiologi, patofisiologi, dlll



Rabu, 21-04-2010 22:00:28 oleh: yayah fikriyyah

lg khawatir tingkat tinggi, stelah bc artikel ini jd sdikit lbh tenang. anakku laki2 skrg umurnya 20 bln.blum bisa ngluarin 1 kata pun, yg keluar dr mulutnya msh bahasa planet."apecapeca"..."cekecekecek" "apetahpetah" "papapa" "mamama"....tanpa tau apa artinya. dia ngerti perintah, kalo mau minta sesuatu dia berekspresi dg bahasa tubuh dan kata2 yg ga dimengerti itu..klo bc tabel si kyknya keterlambatan fungsional.bener ga ya?



Rabu, 12-05-2010 15:45:38 oleh: najwa urwatal wusqo

Dokte widodo, trimakasih info bermanfaat banget,
sya punya adik usia 2 thn lbh, dia belum bisa menucapkan kata, cuma bila dia lagi nangis saat tidur atau lagi marah kadang keluar kata, tapi lbh sering diam, dan bila dia menginginkan sesuatu dia paling menunujuk, tapi dia faham bila diajak bicara, bahkan kadang dia meniru sesutu yng dia lihat, sedah dilakuakan pemeriksaa dan dilakaukan foto ronsen pada kepala, bahkan sudah dilakukan terapi untuk bicara,bagaimana menurut dokter dengan masalah ini?

terimakasih,,,




Senin, 16-07-2012 18:40:07 oleh: sandi arianto

dok terimakasih atas artikelnya.
Anak saya ber umur 2.3 tahun. bisa bicara hanya ayah dan bisa menunjuk dirinya, ayah, ibu akan tetapi kalau diajak ngobrol cuek dan disuruh dia mengerti. Apakah anak saya normal dok!, selama ini belum perna saya ajak ke dokter spesialis anak. pada usia 1.5 tahun pernah positif tifus dan menginap di rumah sakit.
Mohon bantuan untuk sarannya.
Trimakasih sebelumnya.




Sabtu, 21-07-2012 21:32:00 oleh: hari prisanto

Dok, anak saya usia 24 bln belum mampu mengucapkan satu kata pun, tp mampu melakukan perintah-perintah sederhana. apa mungkin ada gangguan di pendengarannya? saat dipanggil namanya kadang dia nengok, saat saya mengucap mana cicak! dia mencari kedinding. sebaiknya anak saya dibawa kedokter apa? dokter saraf atau tht mohon pencerahannya



Rabu, 19-12-2012 20:59:35 oleh: meni fiteri

Dok, terimakasih atas artikelnya.
Dok anak saya laki-laki usianya 3 tahun 9 bulan, belum bisa berbicara lancar. cuma bisa 2 atau 3 kata, dan jika menginginkan sesuatu dgn menunjuk dan menarik tangan seseorang yang di kenalnya. dan kalau kita tidak mengerti dia akan menangis. Anak saya bisa menyanyikan lagu ABCD bahasa inggris dan menghitung bahasa inggris sampai 10. Dan juga anak saya lahir di USA dan sekarang kami tinggal di malaysia kota kuantan, pahang. Saat pindah ke malaysia mulailah saya masukkan kesekolah pada usia 3 tahun namun tidak banyak kemajuan dalam berbicara. Di skolah dia mengenal 3 bahasa. yaitu, bahasa melayu, bahasa mandarin dan bahasa inggris. Sebagai bahasa pengantar guru kepada muridnya memakai bahasa inggris.
Yang akan saya tanyakan kepada dokter... Bisakah dokter menjelaskan masalah ini dan sebaiknya bagaimana ?. oya... saya sedang mengikuti terapi baru 2 kali di jakarta.kebetulan sedang liburan. cuma untuk 2 minggu.




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY