Linda SetyaNugraha

Hati-hati Gunakan Jasa Agen PRT!

Rabu, 31-01-2007 16:05:17 oleh: Linda SetyaNugraha
Kanal: Hukum

Berhati-hatilah dalam mencari agen pembantu, karena tidak sedikit yayasan atau agen PRT yang 'nakal', tukang tipu dan tidak bertanggung jawab atau juga komersil (mau narik uang banyak aja). Sebaiknya pakai agen rekomendasi dari teman yang sudah ketahuan bagus atau tidaknya.

Kalau ada yang tahu bagaimana menghadapi yayasan tukang tipu & tidak bertanggung jawab, please be informed. Hanya 1 bulan sudah 3 kali gonta-ganti pembantu, uang admin 450ribu + ongkos 30ribu melayang.

Juga sebagai informasi buat yang lain agar tidak terjebak seperti saya. Berhati-hatilah dalam mencari agen PRT, terutama agen di bawah ini:

Talenta Agency
Akte Notaris: No.2, Zulkifli Harahap
Jl. Mangga No. 12D Gandaria Selatan
Telp. 75902530

Tapi kenyataannya di rumah kontrakan tanpa telpon rumah:
Jl. Terogong Raya 2 No. 30, Rt 7/ Rw 10
Cilandak Barat
Telp. 68722528, 93274429, 93274322, 68189430, 081389299866, 081383246464,  (sepertinya suka gonta ganti no hp)
Ibu Elis, Agus (katanya pendek), Ado (kurir).

Mau sharing aja pengalamanku baru-baru ini.

Pembantuku yang dibawa oleh susternya Tristan (anakku yg ke 2) dan masih sepupu,  harus pulang ikut kakak sepupunya (susternya Tristan). Karna susternya Tristan harus segera pulang, ibunya sakit gondog harus dioperasi. Setelah dioperasi, 3 minggu kemudian meninggal. Belum lagi dia punya rencana nikah pada waktu yang berdekatan.

Repotnya minta ampun karna sekali pulang 2 orang. Setelah suster pengganti 'akhirnya' dapat juga yang cocok, sekarang tinggal cari pembantu. Terima kasih Dunia Ibu yang telah memberi info daftar yayasan baby sister, aku pakai More Fransisca dan memang benar yayasannya rapi dan bisa dipercaya.

Nah, untuk yayasan atau agen PRT aku agak kesulitan, sudah browsing ke sana kemari, dapatnya hanya 2. Selebihnya tidak jelas. Aku beli Nova dan cek di bagian yayasan baby sister juga. Cari yang juga menyediakan PRT, karna yayasan yang direkomendasikan temanku kosong, tidak ada PRT-nya.

Hingga akhirnya kita coba telpon Talenta Agency, dengan no. flexi 68722528, esia 92910902. Kami minta yang umur 18-20an, belum nikah & belum ada rencana nikah dalam waktu dekat. Ada katanya, umur 22, asal Yogya, belum nikah. Lalu dikirimlah PRT ini, namanya Viahenasari, panggilnya Via.

Nah kejanggalan mulai terjadi ketika saya tanyakan KTP-nya. Katanya (Via) yang asli di yayasan, tidak punya copy-nya. Dia sering telpon-telponan (dia bawa hp) sampai tengah malam. Kadang saya bangun untuk cek si kecil jam 2.30 pagi, dia masih telpon-telponan. Esoknya bangun siang, lalu tengah hari dia tidur siang di kamar ibu saya,  karna ada TV dan AC. Kerjanya berantakan, seperti orang bingung, ga konsen karna sibuk sms.

Tidak sengaja waktu saya cari barang di lt. 3 tempat gudang & kamar pembantu, aku ketemu copy KTP dia. Dan kaget ternyata KTP-nya Sumatera Selatan, tahun lahir 1977 tapi anehnya ditip-ex lalu ditulis tangan. Akhirnya Via kukembalikan ke yayasan itu.

Saya minta uang adminnya dibalikin (450.000), tapi hanya boleh dikembalikan 300.000. Akhirnya saya minta penggantinya Via. Setelah menunggu 2 minggu, barulah dikirim penggantinya jam 10 malam, namanya Daina, 17 th tanpa surat keterangan &  KTP juga tanpa pemberitahuan sama sekali! Sampai kami harus dibangunkan malam-malam.

Baru 4 hari sudah dijemput keluarganya untuk pulang dan keluarganya itu tebus ke yayasan 500.000 (admin + ongkos) karna orang tua di kampung diberitahu bahwa anaknya di bawa kabur orang (ini juga ceritanya rumit & panjang).

Lalu kami diberi pengganti yang katanya umur 30, belum nikah, ternyata dikirimin oma-oma umur 50th, cucunya sudah 6 dan tidak mau kerja sama sekali. Ngakunya suster, sudah mo kerja di Hongkong. Keesokan harinya, PRT oma itu kabur dan kami curiga dia bawa uang si Daina yang ketinggalan. Ternyata dia hanya dijadikan jaminan agar bisa tarik si Daina saja, pantas ga mau kerja sama sekali.

Kami berkali-kali  telpon ke yayasan itu, tapi karna mereka menggunakan flexi & esia, ga pernah mau angkat telpon (karna sudah ke record). Kalaupun kita coba ganti nomer telpon,  Ibu Elis tidak pernah ada, sedang ini, itu, kesana, ke sini.

Temanku juga bilang kalau yayasan itu tidak bagus, saudaranya pernah dikasih PRT yg katanya eks TBC. Juga hilang uang admin-nya. Akhirnya sampai saat ini ga diberi pengganti, uang admin 450ribu + ongkos 30.000 melayang.

Saya & suami malas ke yayasan itu, selain jauh, juga kami yakin ga gampang.

Rasanya kesal sekali, stres, pusing juga pembantu yg ga jelas keluar masuk, sehingga banyak barang-barang yg hilang (kecil dan gampang dikantongin). Mungkin ga seberapa tapi kesel aja kan kalo lagi perlu ga ada, belum lagi barang-barang yang rusak karna ceroboh.

Semoga ibu-ibu yang lain jangan mengalami seperti saya, jadi berhati-hatilah bila mau menggunakan agen PRT.

 

Bookmark and Share

Tag/Label Tidak ada tag/label untuk artikel ini.
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
3 komentar pada warta ini
Rabu, 31-01-2007 17:34:54 oleh: illian deta arta sari

Dari informasi rekan-rekan atau pemberitaan di koran, memang banyak agen PRT di Jakarta yang nggak beres. Pembantunya pun sudah kongkalikong sama agen itu. Modusnya, untuk mempekerjakan pembantu itu, harus membayar uang administrasi ke agen. Nah, baru seminggu, dua minggu atau berapa si pembantu kabur dan agen seolah lepas tangan (padahal mereka sudah berkonspirasi). Kalau nggak gitu, ada juga pembantu yang menggunakan KTP palsu trus join ke agen dan kalau sudah kerja akan mencuri di rumah majikan. Karena KTP palsu, maka akan sulit mengejar orang itu. Nah, lebih baik mengambil pembantu dari daerah saja. Misalnya kawan sedaerah dari pembantu tetangga deket rumah atau temen atau saudara.



Rabu, 31-01-2007 22:41:14 oleh: Mimbar Saputro

Ya memang sepanjang yang saya ketahui lebih baik melalui orang yang kita kenal. Jadi latar belakang keluarganya mudah ditelusuri.



Rabu, 31-01-2007 22:43:46 oleh: Mimbar Saputro

Seorang pegawai, jago betul memasukkan teman-temannya yang sesama PRT. Namun sayang asal baru 3 bulan berjalan, sudah pada cabut. Lalu datang lagi penggantinya. Terakhir kami ketahui bahwa karena setiap kali memasukkan PRT dia dapat bonus, maka dengan cerdik dia membujuk rekan yang sudah masuk agar keluar lagi sehingga bisnis PRTnya moncer.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY