Aprilia

Sudahkah Anda Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)?

Jumat, 29-08-2008 08:25:22 oleh: Aprilia
Kanal: Layanan Publik

Tidak menyadari bahwa hari ini adalah hari terakhir pembayaran PBB tanggal 28/8 (artikel ini aku buat tanggal 28/8 jam 22.00). Sekedar kebiasaan rutin setelah gajian, langkah pertama, membayar semua tagihan-tagihan yang biasanya jatuh akhir bulan juga.

Tiba sampai lembar merah PBB...wah beruntung ‘pas' hari ini jatuh temponya dan yang terpikir bayar lewat klikbca saja, karena kalau setor akan lewat waktu. Segera aku berkunjung ke klikbca, memasukkan semua info dan terbayarlah PBB tersebut.

Tak lama kemudian aku memeriksa folder-folder PBB-ku. Kok masih ada PBB tahun 2006 yang masih belum ada tanda lunas atau slip transfer. Aku masuk kembali ke klikbca. Kuperiksa PBB tahun 2007, ternyata tertera ‘sudah terbayar atau data belum tersedia', begitu keterangannya. Berarti sistemnya benar, aku sudah membayar PBB tahun 2007.

Aku masukkan kembali data tahun 2006. Ternyata memang belum terbayar karena masih tertera jumlah yang masih harus dibayar. Kusamakan tagihan PBB yang ada ditanganku dan jumlah yang harus dibayar, ternyata beda. Kubaca peraturan dibelakangnya, ternyata ada Denda keterlambatan bayar sebesar 2% per-bulan dari pajak yang tertagih. Kuhitung berapa bulan aku lewat waktu dikalikan dengan 2% dan kujumlahkan, ya benar...totalnya adalah yang tertera pada klikbca. Akhirnya kubayar jumlah tersebut.

Akibat keteledoranku, aku terpaksa membayar lebih besar 48% sebuah denda dan pelajaran yang berarti : -( . Disini memang aku tidak sampai proses meminta keringanan denda. Pertama, masih malas berurusan dengan kantor pajak. Kedua, tidak yakin akan dikabulkan karena PBB tahun berikut-berikutnya telah kubayar.

Yang jelas, aku terbantu dengan adanya klikbca, bisa membayar PBB sampai detik terakhir. Juga melakukan pembayaran PBB yang telah lewat waktu tanpa harus menunda dan berketemu dengan orang-orang pajak (maaf ya Bapak/Ibu pengurus kantor pajak, masih takut sih). Tapi membayangkan denda bunga yang besarnya kurang lebih sama dengan bunga kartu kredit, rasanya belum rela ; -)

Paling tidak aku sudah berusaha menjadi wajib pajak yang baik...maju terus kantor pajak, semoga makin baik pelayanannya dan pajaknya digunakan sebaik mungkin juga ya.

Bookmark and Share

Tag/Label pajak bumi dan bangunan, pbb, klikbca
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
12 komentar pada warta ini
Jumat, 29-08-2008 10:25:06 oleh: chika

Nanya dong Mbak, kalo bayar pajak lewat atm kan nggak ada kertas kecil sebagai bukti lunas, biasanya kita dapat dari kantor pajak setelah bayar. Apakah struk BCA cukup sebagai bukti atau tetap harus ditukar di kantor pajak? Karena saya pernah dapat informasi, kita harus dapat stempel lunas dari kantor pajak.



Jumat, 29-08-2008 13:52:18 oleh: Aprilia

Sewaktu aku selesai membayar dengan klikbca, tertera keterangan bahwa 'ini merupakan bukti pembayaran yang sah', maka aku cetak hasilnya dan aku jadikan satu dgn tagihan PBB.

Aku rasa untuk pembayaran lewat ATM hal ini juga berlaku. Hati2 dgn bukti ATM yang dapat pudar, sebaiknya di fotocopy. Jika sampai dikemudian hari ada masalah, maka bisa dilacak dari bukti ATM itu.




Jumat, 29-08-2008 15:45:50 oleh: Meidy

Kalo saya terakhir dapat tagihan PBB tahun 2005 untuk selanjutnya gak pernah dapat... nyasar ke tetangga kali (selalu kalo mau ngambil di kelurahan udah kalah cepat) tapi saya selalu membayar tiap tahun berpatokan dengan nomornya. Tiap tahun saya selalu membayar pada bulan-bulan awal takut kelupaan (tahun ini bulan April 2008).



Jumat, 29-08-2008 16:58:02 oleh: Phil Lea

Good Girl.!!!!



Selasa, 02-09-2008 11:54:13 oleh: wagimin

Kalo tidak dapat tagihan PBB dari kelurahan, bisakah kita dapat dari tempat lain. Biasanya sewaktu kita mau jual rumah, pihak notaris selalu minta tagihan PBB terakhir yang mencantumkan nilai tanah dan nilai bangunan. Sedangkan di bukti pembayarannya tidak terperinci nilai tanah dan nilai bangunan secara terpisah, tapi jumlah yang dibayar seluruhnya.



Rabu, 28-01-2009 17:22:11 oleh: achmad syarifudin

kalau tagihan pbb kita tidak sampai kerumah tetapi kita rutin bayar via atm, bagaimana caranya kita bisa mendapatkan tagihan pbb tersebut, karna butuh buat ajb.

terima kasih




Senin, 15-06-2009 18:00:21 oleh: Laode Diman

bayar pajak lewat ATM gimana caranya??
klau telat bayar pajak dendanya berapa persen...?




Senin, 05-09-2011 11:26:51 oleh: dorawaty silitonga

Pak cara melihat tagihan PBB untuk tahun 2006 dan 2008 gmana?




Sabtu, 04-02-2012 11:00:40 oleh: anik suryati

saya sudah membayar pbb melalui RW, tgl 14/08/2011,tapi belum ada bukti pembayaran, STTS, SPPT. Kemana saya harus mengecek pelunasan pajak thn 2011, karena hari ini sudah tgl 4 feb 2012.



Kamis, 15-03-2012 16:24:35 oleh: sutris stress

@anik suryati :
bantu jawab : bayar PBB jgn melalui RW/RT dan semacamnya..boleh jadi slipnya dari mereka,
tapi untuk lebih bagusnya bayar di kantor pajak setempat atau via ATM (tercatat gitu lohh..)
jadi aman,tentram sentosa wakakaka




Minggu, 20-05-2012 07:29:47 oleh: Zya Verani

Tanya: ada nggak sih website yang mencantumkan list yang sudah membayar pajak PBB. karena kasus saya juga sama seperti Ibu Anik Suryati sudah bayar tapi belum dapat buktinya. sedangkan sekarang sudah masuk tahun yang baru :(



Rabu, 28-08-2013 14:57:33 oleh: kamaluddin

cara mengetahui bahwa PBB saya sudah di bayar





Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY