Srinaeni S. Dewi

Berbagi Cerita Sampah Elektronik di USA

Selasa, 26-08-2008 09:48:26 oleh: Srinaeni S. Dewi
Kanal: Layanan Publik

I'm the "save the planet" kind of girl. Membaca info di wikimu soal pengumpulan baterei ( http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=10122 ), kalo aku di sana (Indonesia), I might join you. Ini sekedar berbagi cerita bagaimana pengelolaan sampah di negeri Paman Sam.

 

Di sini (Monterey, California, USA) untungnya di tiap rumah udah ada 3 jenis tempat sampah: sampah biasa, sampah daur ulang (kertas, dus, dll), dan sampah kompos (yard waste termasuk food scrap semisal cangkang telur, kulit buah, sayuran layu, dll). Seminggu sekali diangkut truk sampah yang datang ke tiap rumah/lingkungan.

Kalo botol plastik dan kaleng minuman, biasanya aku kumpulin, terus aku jual ke recycling center, lumayan dapat recehan. Awalnya aku malu ngejual botol-botol bekas itu, tapi aku tebalin muka aja. Ternyata sampai sana, "orang kaya" turun dari mobil Lexus pun ikut ngantri. Mrk bahkan ngajak anak-anaknya ngantri. Pulang dari sana, aku dapat $20. Lumayan, buat beli bensin.

Buat baterei, emang harus dikumpulin terpisah. Di sini, biasanya aku bawa ke Whole Food Market. Buat electronic waste (macam TV, monitor, vacuum cleaner, dll) kita bisa telepon kantor Waste Management and they'll pick it up on the certain days. Free of charge.

Buat handphone yang udah rusak dan gak kepake, bisa disumbangkan ke beberapa institusi. Kita tinggal masukin dalam amplop dan kirimkan ke kantor pos. Gak perlu bayar perangko. Handphone bekas/rusak itu akan dibersihkan dan diprogram ulang hingga bisa (hanya) menelepon 911, meski tanpa phone carrier/provider sekali pun. Hp-hp itu akan didistribusikan ke shelter-shelter atau ke keluarga/kalangan tidak mampu.

Di beberapa daerah di Jakarta sebenarnya program daur ulang dan kompos lingkungan udah dimulai oleh warganya (dengan koordinasi ketua lingkungan) sejak beberapa tahun lalu. Salah satunya adalah lingkungan dekat tempat kosku dulu di daerah Kelapa Dua, Bonjer. Tempat itu selalu rindang dan bersih, seneng deh kalo lewat sana.

Semoga program-program seperti ini cepat menular ke berbagai lingkungan lain, biar Indonesia tambah hijau dan tambah tertib. Kalo nggak dimulai dari kita sekarang, dari 1 orang, siapa lagi atau kapan lagi? Even one person can make a different and contribution. But trust me, you'll never be alone.

Bookmark and Share

Tag/Label sampah, sampah elektronik, baterei, monterey, amerika
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
3 komentar pada warta ini
Selasa, 26-08-2008 11:32:02 oleh: Meidy

Hari ini salah seorang dari rekan kerja udah nyetor 14 baterai bekas di meja saya. Paling tidak ada juga hasilnya saya berkicau soal baterai bekas ;-)

OOT: di Monterey ada saudara saya di sana. Bulan lalu mereka liburan ke Jakarta.




Selasa, 26-08-2008 12:35:09 oleh: chika

wah..asyik ya kalo semua sudah terkelola dengan rapi. sebenarnya kalo dipikir-pikir, masyarakat indonesia tidak susah-susah banget kok untuk diatur. masalahnya juga tidak ada usaha maksimal dari pemerintah baik lokal maupun nasional untuk memfasilitasi sistem pengelola sampah yang terpadu dan aman. contoh gampang : kita di rimah tangga diajarin memisah sampah basah dan kering, tapi ternyata pengambilan sampah oleh petugas dicampur lagi. jadinya usaha kita nggak ada gunanya. akhirnya mubazir juga....



Selasa, 26-08-2008 23:02:06 oleh: ritapunto

salam kenal,
mba sri sharing2 gambar dunk..
saya concern dengan mslh sampah..

http://www.whh.or.id




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY