IIN SOLIHIN

Jualan di Lingkungan Kampus, Apa Saja yang Laku?

Senin, 29-01-2007 17:43:06 oleh: Iin Solihin
Kanal: Opini

Jualan di Lingkungan Kampus, Apa Saja yang Laku?

Pernah kuliah? Pernah keliling di suatu kawasan kampus? Pasti dong ada banyak yang jualan. Nah, pernah terpikirkan tidak untuk nyoba-nyoba berjualan atau bisnis kecil-kecilan di kawasan tersebut? Kalau ya, sebetulnya peluangnya cukup besar. Apalagi kalau pernah kuliah.

Kita akan merasakan betapa sulitnya mencari kertas folio bergaris untuk menyelesaikan tugas. Tetapi di lingkungan kampus justru sebaliknya. Kita akan merasakan betapa sulitnya mencari CD-R/W untuk menyimpan dokumen. Tetapi di sekitar kampus banyak dijajakan barang tersebut. Harganya murah-murah pula. Kita juga akan susah menemukan rental komputer di tempat lain. Namun di kawasan kampus banyak bertebaran pebisnis jasa sewa-menyewa komputer.

Peluang 

Sebetulnya berjualan di kawasan kampus tidak hanya yang disebutkan di atas. Masih banyak produk/jasa lainnya. Artinya, peluang untuk berbisnis di kawasan kampus masih terbuka lebar. Jualan makanan, misalnya. Meskipun di dalam area kampus sudah disediakan kantin, tetapi justru peluang terbesar ada di luar area kampus.

Jika di dalam area kampus civitas akademika makan, minum dan membeli sesuatu hanya terbatas pada jam istirahat atau sebelum perkuliahan dimulai. Di luar area kampus malah nyaris terbuka 24 jam. Sebagai contoh, di kawasan kampus Universitas Bina Nusantara, Kemanggisan Jakarta Barat, pebisnis game online, warnet, rental komputer buka dari pagi sampai larut malam. hari Sabtu-Minggu justru paling ramai.

Begitu juga di dekat kampus Universitas Indonesia, Depok. Sampai radius 2 km dari kampus kuning itu banyak pedagang yang konsumennya sebagian besar mahasiswa. Bahkan tak sedikit mereka yang jualan di kantin, memiliki cabang di luar kampus.

Tak heran ruko, kios, dan sejenis tempat jualan di kawasan itu menjadi tambang emas para pebisnis. Setidaknya bagi pebisnis pemula atau pelaku Bisnis UKM. Harga sewa kios pun tergolong mahal. Berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 20 juta per tahun dengan luas tak sampai 20 meter persegi. Harga sewa bulanan untuk jualan pulsa atau jualan apa saja lebih gila lagi. Pedagang kacamata di kawasan kampus UI, mengaku membayar Rp 700 ribu per bulan untuk sewa tempat di teras sebuah warung makan. Luasnya tak lebih dari dua meter persegi.

Jualan apa saja? 

Lantas, bisnis apa saja yang kira-kira bisa laku dijajakan di kawasan kampus? Banyak, sangat banyak. Di sektor jasa misalnya. Mulai dari rental komputer, game online, warnet, wartel, rental PS, studio foto, fotokopi, penjilidan, sablon, laundry kiloan, salon, pangkas rambut dan masih banyak lagi.

Sementara itu, bisnis produk atau barang tak kalah banyaknya. Misalnya jualan bakso, bakmi, nasi, ayam goreng, baju, kaos, pernak-pernik, aseosris, boneka, stiker, alat-tulis, buku, burger, hotdog, roti, kue basah, es krim, aneka jus, minuman, CD R/W kosong, flash disk, kaset, pulsa, asesoris handphone, tanaman hias dan sebagainya.

Sekedar menyebut contoh, di jalan Sawo, tak jauh dari kampus UI, Depok banyak pelaku bisnis menjajakan berbagai barang dan jasa. Di jalan sepanjang 200 meter -- yang membentang dari Margonda hingga Stasiun Kereta UI itu ada sekitar sepuluh pedagang pulsa elektrik maupun pulsa biasa. Omzetnya rata-rata Rp 600 ribu per hari. Suatu Bisnis yang cukup lumayan untuk jualan dengan satu etalase ukuran 1 meteran, cukup ditunggui satu orang, buka dari pukul 07.00 sampai pukul 19.00.

Begitu juga pedagang boneka. Konon omzetnya bisa mencapai Rp 1 juta per hari. Belum lagi warung nasi. Mulai dari kelas warteg, warung tenda penjual pecel lele, sampai sejenis kafe. Dari kemampuannya bertahan dan berekspansi bisa dipastikan bisnis di kawasan kampus ini cukup mengggiurkan.

  

 

Bookmark and Share

Tag/Label Tidak ada tag/label untuk artikel ini.
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
2 komentar pada warta ini
Selasa, 30-01-2007 03:17:02 oleh: Mimbar Saputro

Pak Iin. Suka saya dengan artikel semacam ini dalam suasana serba amburadul mungkin bisa jadi terobosan. Terimakasih



Selasa, 30-01-2007 14:40:26 oleh: Ozzy

Salut deh buat Pak Iin, bener-bener pebisnis sejati. Ayo trus pak kasih tahu ke kita-kita ilmu dagangnya, biar bisa mengikuti jejak "jualan" bapak ... Tks



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY