Jusananda

Yogyakarta Top Hits edisi 1482, My Dream Come True!!

Jumat, 15-08-2008 15:33:03 oleh: Jusananda
Kanal: Gaya Hidup

Yogyakarta Top Hits edisi 1482, My Dream Come True!!

Rabu 13 Agustus 2008, Jam 11:30 saya meluncur ke RRI Jogjakarta, bertiga dengan seorang kawan dan Nanda Bidadari kecilku yang kujemput dari Sekolahnya, untuk melakukan take voice / rekaman suara untuk acara Yogyakarta Top Hits .

Ini adalah keempat kalinya aku mengisi suara untuk acara legendaris yang telah bertahan selama 1482 episode atau 1482 minggu atau sekitar 26 tahun lebih!!!!

Yogyakarta Top Hits disiarkan oleh 16 Radio Siaran Swasta anggota PRSSNI DIY ( Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia di Daerah Istimewa Yogyakarta ) dan RRI Yogyakarta sehingga total 17 Radio. Jika Suaraku akan segera mengisi seluruh angkasa Yogyakarta pada Hari Jum'at 15 Agustus 2008 mulai pukul 14:00 wib hingga selesai, serentak oleh 17 Stasiun Radio di Yogyakarta!!

Sungguh aku tak menyangka akan menjadi salah satu Voice Over / Pengisi Suara untuk acara Legendaris yang bertahan 26 tahun lebih ini.

26 tahun yang lalu, saat aku masih kelas 1 SD di pinggiran Yogyakarta, setiap Jum'at siang, Jam 14:00wib atau Jam 2 siang adalah waktu yang ditunggu tunggu untuk dapat segera mengetahui dan menikmati pemutaran 10 Lagu karya anak Indonesia terpopuler untuk pekan itu.

Mendengarkan 10 Lagu terpopuler selama sekitar 1 Jam di Radio Transistor di gelombang MW ( AM ) pada tahun 1981 adalah kemewahan tiada tara.....sehingga layak ditunggu-tunggu setiap Jum'at siang oleh ratusan ribu warga Yogyakarta.

Saat itu satu-satunya ajang hiburan adalah Radio, karena satu-satunya Stasiun Televisi yang ada adalah TVRI yang Jam siarnya terbatas dan dikala siaran juga lebih banyak diisi acara Propaganda Rezim Orde Baru sehingga kurang menarik untuk ditonton.

Rasanya gak ada Program Radio sindikasi di Dunia ini, yang diProduksi bersama, lalu disiarkan secara serentak oleh 17 Radio, dan bertahan lebih dari seperempat abad, diproduksi lebih dari 1450 Episode!!

Jika ada pihak yang berwenang dalam memberi pengukuhan atas Rekor Nasional, atau malah Rekor Dunia, Yogyakarta Top Hits layak dinominasikan!!

Saat pertama kali ditawari sebagai Voice Over untuk acara ini, serasa takpercaya karena hanya Penyiar Radio dengan suara Khas dan disukai oleh sesama Orang Radio di Yogyakarta dan yang direkomendasikan oleh "petinggi" Radio untuk diperbolehkan mengisi suara di Program Bergengsi ini saja yang bisa terpilih.....( Biar Fals asal SOMBONG!!! ).

Terimakasih Tuhanku Yang Maha Kasih, ini salah satu "Dream Come True" yang kau berikan untukku. Teringat puluhan tahun lalu aku membayangkan bisa membawakan acara Yogyakarta Top Hits dan didengarkan oleh Pacar, Guru, Kawan, Orang Tua dan kroni-kroni yang lain.....ternyata impian itu Kau kabulkan dengan penantian yang tak menyiksa....karena kusempat melupakan impian itu, bergulat dengan aktifitas yang jauh dari urusan siaran Radio

Selepas SMA Tahun 1993 saya meninggalkan Yogyakarta dan tidak terfokus untuk mewujudkan mimpi menjadi penyiar Radio, melainkan fokus ingin menjadi Penerbang dan mendaftarkan diri di sekolah Penerbang PPLP Curug.

Gagal menjadi penerbang, saya pantang pulang kampung sebagaimana jutaan kaum urban lainnya, dan terdampar di Ibukota. Kuliah sambil bekerja di Ibukota mengantarkan saya meraih mimpi yang lain, yaitu tinggal di Bandung, meski hanya setahun, lalu menjadi penduduk BALI selama 8 Tahun, dan sempat mencicipi rasanya menjadi Tourist di negara lain.

Dan di seberang pulau sana, nun di Denpasar-BALI, pada tahun 2000, bermodal sebagai Radio Freak, saya secara iseng melamar sebagai Penyiar Radio usai Resign dari Perusahaan Otomotif terbesar di Indonesia. Ternyata langsung diterima! Saya bisa siaran di Radio, mengudara sebagai "Penerbang" yang menghiasi udara Pulau Dewata.

Akhir 2006, pasca Gempa Bumi 5,9 SR meluluhlantakkan Yogyakarta, kuputuskan kembali pulang ke Yogyakarta tercinta. Sebagai "Penerbang", "Angkasawan", tak nyaman rasanya kalau tidak mengudara, maka kuberharap ada informasi Lowongan Penyiar Radio.

Sekali lagi Sutradara Agung Maha pengatur Skenario Hidup Umat manusia menunjukkan KuasaNYA, aku mendengar Lowongan Penyiar disalah satu Radio diYogyakarta, dan kebetulan adalah Radio Favouritku saat usia Sekolah dulu.

Beberapa impianku yang telah terwujud semakin membuktikan keberadaan Sang Pengatur diatas sana, dan meyakinkan aku bahwa Do'a yang tak terucappun akan didengarNYA, dan Cita-cita kita yang terlalu banyakpun, bisa Dia wujudkan.

MERDEKA!!!

Jusanada ( Menulis artikel ini di kantor sambil mendengarkan YTH edisi 1482 bersama kawan-kawan )

 

Bookmark and Share

Tag/Label radio, film-musik
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
6 komentar pada warta ini
Jumat, 15-08-2008 20:03:24 oleh: Phil Lea

Mas Jus..selamat ya atas keberhasilan anda, dan semuanya itu tidak terlepas dari jawaban dan rencana Yang Agung kepada anda.!!!
Salam Kenal mas.!!




Sabtu, 16-08-2008 08:19:53 oleh: Jusananda

Salam kenal juga,Bung Phil.Dan terimakasih.



Rabu, 10-09-2008 14:35:36 oleh: irma oktravia ningrum

mas selamat y bisa mewujudkan cita2 yang lama tertunda
aku juga sejak duduk dibangku SMP sudah bermmpi menjadi seorang penyiar..
tapi sampai skr aku malah kerja dibgian pasar modal
yang berkutak kutik dengan dunia IT n analisa, sangat berbeda banget dengan kebiasaanku yang gemar cuap-cuap.
semoga Allah juga mendengar doa ku agar aku bs mewujudkan cita2ku yang tertunda. AMIEN.
doain aku ya mas




Rabu, 10-09-2008 14:44:32 oleh: irma oktravia ningrum

mas klo bs aku minta tips n triknya menjadi penyiar yang baik...
aku masih bertekat pengen jadi penyiar radio.
skalian klo ada informasi lowongan penyiar tolong dikabarin ya mas soalnya aku juga waktu kuliah s4 magang d salah satu radio d jogja.thaks ya mas




Rabu, 10-09-2008 15:01:16 oleh: Jusananda

==>Mbak Irma
Ngomong ngomong, tinggal dimana sekarang?
Kalo memang pernah siaran...meski sekedar magang, khan setidaknya paham perangkat siaran dan prosedur siaran Radio, rasanya kalau minat jadi Penyiar beneran yang gak sekedar magang, udah tinggal buka pintu!!
Pantau saja Radio ditempat tinggal Mbak Irma, cari yang paling mBak Irma sukai, yang format lagu dan gaya penyiarnya cocok sama Mbak Irma, lalu beranikan diri sering2 main ke studio-nya....akrabin diri dan tunjukkan minat jadi penyiar ke Manajemennya.....
Insya Allah kalau itu dilakukan akan berhasil mewujudkan cita2.
Standarnya sih, kalo minat jadi penyiar, yach rajin2 ndengarin Radio, begitu terdengar Radio yg kita dengarkan BUKA LOWONGAN PENYIAR, buru2 ngelamar!!
Yang Standar juga, cari info dikoran lokal, biasanya iklan lowongan Penyiar ada disana....
Hehehehe....Standar banget yach masukan dari saya?

Tapi yang utama, kalo serius nyari peluang, yakin lah bahwa Yang di Atas akan menunjukkan jalan bagi kita.

Kalau soal siaran yang baik, subyektif juga sih...
Saya pribadi hanya berusaha agar APAPUN YANG SAYA UCAPKAN HARUS BERMAKNA, MENGANDUNG PESAN POSITIF BAGI PENDENGAR.
SELAIN PADA ACARA TALK SHOW, SAYA TAK MAU KEBANYAKAN NGOMONG KARENA SEBAGIAN BESAR PENDENGAR RADIO INGIN MENDENGARKAN LAGU!!
MAXIMAL BICARA 4MENIT HARUS PUTAR LAGU 3 - 4 LAGU, BARU NGOMONG LAGI.
KEMUDIAN LAGU YANG DIPUTAR HARUS MEMPRIORITASKAN REQUEST PEMIRSA DULU, BARU MEMUTAR LAGU PILIHAN KITA, DENGAN CATATAN LAGU YANG DI REQUEST TIDAK/BELUM TERLALU SERING DIPUTAR!
TERUS, PERBANYAK WAWASAN KITA, RAJIN2 BACA WIKIMU!!
HEHEHE
LIAT DECH BLOG SAYA DI www.aghniya.co.cc

Semoga sukses

Jusananda

www.aghniya.co.cc




Rabu, 08-10-2008 21:21:56 oleh: Ajreng

Wah,,jd pengen jg ky mas!! Sy jg mw jd pnyiar,,biasany syarat bwt ktrima yg plg basic ap sih?swra ok..hrs cantik,ckep gt y..ey,liat tipsny mas,sy dh lakuin scr g lgsg,cz alhmdulillah menang kuis2 gt..jd sring maen kRadio<ambil hdiah>hehe..btw kl pz tny lwongn,psti kbykn bwt nakSMA,pdhl sy dh kul..ey,gmn c tips2 bwt jd Mc yg hndal..oia,sLm kenal mas! Makasi..



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY