T.Palgunadi

1 Ons (memang) 100 Gram

Selasa, 19-02-2008 15:22:03 oleh: b0cah.org
Kanal: Iptek

Apakah kamu pernah disuruh ibumu untuk membeli terigu sebanyak –misal-- 5 ons ? Tahukah kamu berapa banyak 5 ons itu? Apakah di sekolah kamu diajarkan berapa kilogramkah satu ons itu?

Tanyalah kepada orang tua kamu, atau nenek-kakekmu yang pernah merasakan pendidikan jaman Belanda, ya, 1 ons itu sama dengan 100 gram.

Pernah tersiar kabar bahwa 1 ons itu bukan 100 gr, salah satunya dapat kamu baca di sini (coba kamu search di google dengan kata ”1 ons” ) berita itu menyebutkan bahwa 1 ons itu bukan 100 gram tetapi 28.35 gram. Dalam berita itu disebutkan bahwa seseorang pernah dikeluarkan dari pekerjaannya di sebuah perusahaan asing karena salah dalam menerapkan ukuran tersebut.

Wah yang bener mana nih??

Kedua-duanya benar ... lho koq??

Apa yang orang tua, kakek nenek kamu bilang itu benar, ons adalah satuan berat yang dimiliki oleh bangsa Belanda yang setara dengan 100 gram (lihat literatur berikut )

Perlu diketahui bahwa satuan ukuran di dunia ini bermacam-macam, ada sistem Amerika, sistem Inggris, Sistem Metrik, dan sebagainya. Dan ada kalanya sebuah satuan memiliki nilai yang berbeda, misalnya ons kita tadi, jika kita anggap bahwa nama ons itu berasal dari kata ounce (amerika), onza (spanyol), once (prancis), maka masing-masing juga memiliki ukuran yang berbeda (1 ounce = 28.35 g ; 1 onza = 27.3 g ; 1 once = 30.5 g)

Wah bingung ya? Tapi untunglah pemerintah kita telah mengeluarkan Undang-undang mengenai ukuran ini (UU no 2 tahun 1981 ), disana disebutkan ukuran-ukuran apa yang barlaku di Indonesia, yaitu mengacu kepada Standard Internasional (SI) yaitu contohnya:

Satuan panjang = meter (m)

Satuan massa = kilogram (kg)

Dalam Peraturan itu juga disebukan bahwa, Pemerintah Indonesia melarang penggunaan lambang atau sebutan ukuran selain yang terdapat dalam Undang-undang tersebut (Pasal 29 UU no 2 th 1981 ).

Berarti seharusnya penggunaan satuan ons sudah tidak diperbolehkan lagi (asyiik di sekolah kamu tidak perlu susah-susah menghapal satuan yang aneh-aneh semisal pon, kodi, gross, dll nya itu ya..)

Tidak hanya di Indonesia (seperti penggunaan ons bagi ibu kamu yang membuat kue), kebiasaan menggunakan ukuran yang tidak standar ini ternyata masih berlangsung di seluruh dunia misal pada industri sepatu dan pakaian (masih menggunakan inchi) juga industri minyak (menggunakan ukuran barrel)

Wah,jadi ingat kisah diatas yang di beritakan di mana-mana tentang tulisan 1 ons bukan 100 gram. Hmm coba kalau orang yang dikeluarkan dari pekerjaannya itu sempat membaca rubrik b0cah ini, bisa jadi dia tidak jadi dikeluarkan ya..

Nah sekarang kalau disuruh ibu kamu membeli terigu 5 ons, coba jelaskan bahwa sebaiknya kita menggunakan 500 gram, karena ukuran ons sudah tidak berlaku lagi di Indonesia.***

 

 

(Sumber : b0cah.org -- http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=136&Itemid=40)

Bookmark and Share

Tag/Label ons, gram, satuan ukuran
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
3 komentar pada warta ini
Rabu, 03-02-2010 17:21:37 oleh: Probo

Untuk masalah ini, silakan baca juga ulasan dari otoritas metrologi ilmiah di Indonesia: http://bit.ly/aCJ2fD



Minggu, 09-02-2014 13:15:10 oleh: Brent G

Satu ons (tetap) bukan 100gr! Artikel ini memang sudah lama, tapi penting untuk meluruskan supaya tidak salah terus menerus. Mari kita belajar lagi.

Di Belanda, mereka sendiri kebingungan dengan satuan ons! Resmi di sana 1 pound dibagi 16 hasilnya adalah 1 ons. 1 pound (kurang lebih) 453 gram. Jadi 16 ons = 1 pound = 453 gram. 1 ons = 453/16 = (kurang lebih) 30gr!

Tigapuluh gram ke 100gr Jauh kan?

Sekali lagi.. 1 ons (tetap) BUKAN 100gr! Cuma orang pasar aja yang tidak mau tau.




Jumat, 18-04-2014 10:15:33 oleh: Muhammad Rizal

sudah lumrah dan disepakati bangsa pasar 1ones = 100 gram



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY