Micky Jo

Uban takut sama santan kelapa loh...

Senin, 05-11-2007 09:56:36 oleh: Micky Jo
Kanal: Kesehatan

Uban takut sama santan kelapa loh...

Apa sih uban itu? Apa yang perlu kita ketahui tentang uban, dan kenapa uban bisa muncul di usia muda?

Menurut Dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp.KK(K), munculnya uban disebabkan oleh banyak hal. Yang paling utama adalah karena faktor genetik atau keturunan. Uban terjadi karena pigmen rambutnya sudah tidak ada lagi. "Padahal, pigmen inilah yang menentukan warna rambut," jelas dokter spesialis kulit dan kelamin dari Jakarta Skin Center ini.
Ada 2 macam pigmen rambut, yaitu :

1.Pigmen eomelanin..

Pigmen eomelanin biasanya terdapat pada orang-orang berkulit berwarna, seperti Asia, Arab, India dan sebagainya. "Pigmennya berwarna gelap, hitam. Jadi, rambut dan kulitnya pun berwarna gelap."

2.Pigmen feomelanin..

Pigmen ini terdapat pada orang-orang kulit putih. "Pigmennya berwarna kuning. Tapi, bukan berarti mereka tidak punya pigmen eomelanin. Mereka tetap punya, tapi prosentasinya sedikit. Orang Asia juga punya pigmen feomelanin, meski tidak banyak. Kan tidak semua orang Asia berkulit dan berambut hitam."

Di kepala, banyak sekali akar rambut. Nah, ada sebagian yang memang tidak bisa memperoduksi pigmen. Misalnya pada kasus albinism (albio) dan vitiligo. Albino adalah orang yang tidak mempunyai pigmen dan seluruh kulit dan rambutnya putih, sementara vitiligo hanya sebagian yang putih. "Ini juga faktor genetik dan nggak bisa disembuhkan."

Jika kadar pigmennya kurang, rambut pun akan semakin pirang dan kemudian putih, beruban. Biasanya, uban muncul pada orang tua, karena produksi melaninnya memang sudah mulai berkurang. Metabolisme untuk memproduksi pigmen sudah mulai lambat atau bahkan tidak ada lagi.

Ada orang yang sudah tua tapi belum beruban atau hanya muncul sedikit, tapi ada pula yang masih muda tapi rambutnya sudah ubanan semua. Ini juga karena faktor genetik. Jika belum banyak uban meski sudah tua, berarti metabolisme pembentukan pigmennya memang bisa bertahan lama.


Hal - hal yang memicu terjadinya uban, antara lain :

•-         Faktor Genetik

•-         penyakit imunologi anemia pernisiosa, yakni jenis kekurangan darah yang sering menyebabkan rambut beruban

•-         adanya kelainan metabolisme, misalnya gangguan tiroid atau kurang gizi. Kurang gizi bisa membuat jumlah enzim pembetuk pigmen berkurang,

•-         pemakain zat kimia, misalnya cat rambut

•-         Pemakaian jenis sampo yang banyak mengandung sulfur yang tinggi

Secara medis, uban juga tidak bisa diobati. Jika penyebabnya faktor genetik, yang bisa dilakukan hanyalah mencat rambut. "Sebaiknya jangan mencabut uban, karena justru akan mengurangi jumlah helai rambut".

Ada beberapa cara untuk mengatasi uban, antara lain :

1. Pengecatan rambut, tentu, cat rambut memiliki efek samping. Berdasarkan   bahannya, cat rambut dibagi dua, yakni :

 -  cat rambut dari bahan kimia, Cat rambut dari zat kimia selama ini disebut-sebut bisa menyebabkan kanker darah. Meskipun sebetulnya belum bisa dibuktikan secara pasti. Yang pasti, cat rambut bisa memicu eksim kontak (dermatitis kontak). "Timbul rasa gatal, biasanya dari kepala, terus ke muka dan bisa pula badan. Bahkan, pada bentuk yang agak hebat, timbul urtikaria (bengkak biduran), yang cepat menjalar. Begitu pakai, langsung bengkak biduran di kulit kepala, sampai akhirnya  bengkak pada   saluran  pernapasan yang   bisa  berakibat  fatal."   Sementara  kalau  eksim, tipenya lambat. "Sekarang kena cat rambut, besoknya baru gatal-gatal."

Disarankan  sebelum memakai cat rambut sebaiknya dicoba dulu di belakang telinga. "Oleskan dan biarkan selama 24 jam. Kalau tidak ada timbul rasa gatal atau pembengkakan, berarti cocok.

- cat rambut dari tumbuh-tumbuhan (hena)

Jenis kedua adalah cat rambut dari tumbuhan, yang biasa disebut hena. "Ini lebih aman, karena mengandung substansi organik dari tumbuh-tumbuhan alam. Efek sampingnya tidak terlalu banyak. Hena ini juga mengisi bagian dalam rambut. Sementara cat rambut kimiawi, hanya melapisi bagian luar rambut, tidak bisa meresap ke dalam rambut."

Ada 2 jenis cat rambut yaitu :

•-         Semi permanent, bersifat sementara sehingga dicuci beberapa kali juga akan hilang.

•-         Permanen, bersifat abadi ( tahan lama ) tetapi tetap harus diulang setiap sekitar 3-4 minggu.

Mengecat rambut dapat dilakukan kapan saja, asal kualitas rambut diperhatikan. Misalnya kalau rambut terlalu kering, sebaiknya pakai kondisioner (pelembab). Juga, harus mengetahui perawatan pencuci rambut. Misalnya, gunakan sampo yang tidak terlalu alkalis (terlalu berbusa), sehingga malah membuat rambut jadi terlalu kering. Tapi kalau sudah ada tanda-tanda rambut porous (rapuh), pengecatan harus dihentikan, tunggu sampai rambut baru tumbuh.

2. Pengobatan secara tradisional, pakailah air santan kelapa, kelapa parutnya juga diambil dicampur dengan santan, tambahkan air nanas, air jeruk nipis. Pakailah untuk keramas 2x seminggu. Hasil perasan bisa dipakai berkali-kali.

Well, semoga bermanfaat friend...

Sumber : www.tabloidnova.com

Bookmark and Share

Tag/Label uban, santan kelapa, tjut nurul alam jacoeb
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
22 komentar pada warta ini
Senin, 05-11-2007 14:07:12 oleh: Ira Meida


mbak... kok ama aku gk mempan? ubannya msh aja nongol. hehehe... "nyemir" lg deh... (^_^)




Senin, 05-11-2007 20:33:17 oleh: Micky Jo

gak apa - apa deh ir...namanya juga usaha iya toh...tapi udah nyoba yang mana neh...yang pakai santan kelapa ya??...



Selasa, 20-11-2007 16:35:46 oleh: Panjikristo

mbak aku juga mau coba, tapi nanti rambutku basah. gimana ya



Selasa, 20-11-2007 17:38:08 oleh: Micky Jo

hmm..mau rambutnya gak basah ya...gimana kalau santannya dibuat sayur aja he..he..ajib..ajib..tuh..



Jumat, 31-10-2008 01:13:40 oleh: Getha

mbak, saya sudah mencoba semua tapi kok belum ada perubahan. kalau kult yang kena pigmen itu sebenarnya penyebabnya apa?



Jumat, 31-10-2008 02:05:12 oleh: Micky Jo

Dear, getha...
Ada beberapa kawan yang juga merasakan khasiat dari santan kelapa ini sehubungan dengan UBAN..perlu agak bersabar ya...O,ya...mengenai pigmen bisa ditanyakan langsung ke ibu dokter dan bapak dokter yang juga wikimuers..seperti ibu nury,semoga bisa membantu..karena saya bukan ahlinya...^_^




Minggu, 08-02-2009 22:39:12 oleh: emmy Basrian

menurutku biarin dech uban itu tumbuh..hitung2 untuk menguji kesetiaan teman hidup. Mau ngga dia menerima kita apa adanya..Ko ngga mau nerima kita ubanan berarti payah deh..berarti janji sehidup semati nya boong donk..baru liat uban aja udah kabur apalagi liat kita keriput..he he



Senin, 25-05-2009 08:01:55 oleh: karel Martin

ada yang hitam ada yang putih,sudah bosan warna hitam biarsaja warna putih



Minggu, 07-06-2009 01:44:11 oleh: ricky

mbak saya mau tanya, bagusan mana santan kelapa sama biji pepaya untuk mengatasi uban, soalnya saya pernah baca katanya kalo pake biji pepaya bagus



Minggu, 13-09-2009 19:43:28 oleh: debbie

mau tanya nih, apakah kalo sudah terlanjur ada banyak uban bs di kurangi dengan pemakaian santan kelapa? mau tanya lagi henna itu beli dimn? apakah itu jenis pewarna rambut yg dijual di toko2 kosmetik?
thanks yach




Jumat, 28-05-2010 13:20:28 oleh: ali chus

Kalo sdh nyoba tp msh ubanan ya biarin aja deh...itung2 berarti kita awet muda,rambut sdh memutih tapi wajah msh segar...drpd rambut item tp wajah pada keriput..



Jumat, 26-11-2010 10:08:03 oleh: izza

dicoba pake kemiri yg disangrai smpe item



Senin, 17-01-2011 18:31:37 oleh: Sutrisno

Indahnya ubanku...mengingatkan kita memang sudah mendekati akhir hidup, membuat kita selalu berusaha dalam kebaikan...Senyumlah...karena senyum adalah obat.



Selasa, 18-01-2011 09:54:27 oleh: Micky Jo

Setujuuuuuuuuu..^_^



Jumat, 18-02-2011 19:39:01 oleh: ino

hahahahaa warna yang dikasi tuhan emang tiada duanya



Sabtu, 26-02-2011 11:02:17 oleh: vita

gmna,,,,,,q msihh muda kok udah ubanan????????????/ gimna donk????????????????? cara ngatasinya gmna?



Sabtu, 26-02-2011 17:03:43 oleh: Micky Jo

bisa dicoba seperti cara diatas vit..:)



Sabtu, 12-03-2011 14:04:31 oleh: maya

mb' gmn ya, sejak usia 11 tahun sy sudh ubanan, sudah sy obati tapi tetap tdk bisa hilang, kalau dicat hilang tapi kalau udah 2 minggu, tumbuh lagi ...
sampai krg masih, mnta resepnya donkz..

thnks




Senin, 04-04-2011 15:18:09 oleh: nana hasan

saya udah sering coba cara2 tradisional buat ngatasin uban, tp ubannya tetap aja nongol. mudah2an artikel yang disampaikan di atas bisa membantu. tapi kalo bisa kasih info terbaru lagi ya mbak... soalnya takut nggak mempan nih. makasih banyak sebelumnya ya...



Jumat, 30-12-2011 10:43:43 oleh: bintang gejora

saya udah pake santan kelapa, tapi uban saya masih aja ada dan malahan makin banyak, kenapa ya ?



Jumat, 20-09-2013 10:12:53 oleh: erick

saya suka cabut uban karena nggak tahan dgn rasa gatalnya. kenapa uban bisa gatal ?



Kamis, 28-11-2013 04:28:52 oleh: syawalkanssas

sya gra" uban jdi ngk kpdean sma tman"


ea ska minder g2 dech




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY