Stevan Ramadhan

Top Fakultas Kedokteran Indonesia 2007

Rabu, 06-06-2007 17:30:02 oleh: Stevan Ramadhan
Kanal: Peristiwa

Top Fakultas Kedokteran Indonesia  2007

Survei ini dimaksudkan untuk mengetahui peringkat perguruan tinggi pada masing-masing program studi, sehingga diharapkan para pembaca terutama pada calon mahasiswa maupun orang tua yang memiliki anak yang hendak memasuki PT memiliki pengetahuan yang cukup mengenai perguruan yang akan dipilih.

Dalam survei ini, yang menjadi responden adalah para ketua program studi. Mereka dipilih karena telah mengenal serta memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai program studi yang dipimpinnya.

 

METODOLOGI

Berdasarkan survei yang dilakukan PDAT, Pusat Data Analisa Tempo dari bulan Januari sampai Februari 2007, sebanyak 183 ketua program studi dari 9 jenis Prodi mengembalikan kuesioner yang dikirimkan. Program studi itu diantaranya Akutansi, Hukum, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Manajemen, Sastra Inggris, Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Informatika.

Dalam survei ini masing-masing responden memilih 10 PT terbaik berdasarkan jenis Prodi. Disamping itu para responden mengisi data-data akademik prodi yang mereka pimpin.

Untuk mendapatkan peringkat PT terbaik digunakan metode analisi pemeringkatan thurstone. Pengukuran diambil dari peringkat PT yang disebut responden dari peringkat 1 (terbaik pertama) sampai peringkat 10 (terbaik ke-10). Dengan metode ini dapat dilihat bagaimana perguruan yang satu memperoleh peringkat lebih tinggi dibandingkan PT lainnya.

 

TEMUAN KUNCI

Sebagian besar PT yang masuk the Best Top 10, adalah PTN serta PT yang berada di Jawa, sebanyak 61% dari PT yang masuk urutan 10 besar berstatus negeri dan 90% berada di Jawa.

 

TOP PRODI KEDOKTERAN

1. UI (BHMN) - Jakarta

2. UGM (BHMN) - Yogyakarta

3. UNAIR (BHMN) - Surabaya

4. UNPAD (Negeri) - Bandung

5. UNDIP (Negeri) - Semarang

6. UNHAS (Negeri) - Makkasar

7. USU (BHMN) - Medan

8. TRISAKTI (Swasta) - Jakarta

9. UNSRI (Negeri) - Palembang

10. UDAYANA (Negeri) - Denpasar

11. ATMAJAYA (Swasta) - Jakarta

12. ANDALAS (Negeri) - Padang

13.UNIBRAW (Negeri) - Malang

14.Maratha (Swasta) - Bandung

15. UNS (Negeri) - Surakarta

 

 

 

SUMBER : www.pdat.co.id
Bookmark and Share

Tag/Label fakultas kedokteran, peringkat
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
61 komentar pada warta ini
Selasa, 08-01-2008 02:48:58 oleh: cya

sangadh membantu buat yg mau masuk pt taun 2008 ini...

jd da bantuan juga buat nentuin pilihan spmb tar..
supaya bisa milih yg bagus tp masih relevan...

mungkin klo dicantumin passing grade taun 2007 kemaren ato plg gag 2006 ttg penerimaan mahasiswa baru yg mendasari urutan pt2 itu lebih baik laghi ya,,trus da alamt dr msg2 pt supaya kita gampang mengakses data2 ttg fakultas kedokterannya.. thx




Senin, 14-01-2008 14:25:04 oleh: patar indra

hmm...fk memang top abizs...
btw,kira-kira universitas yang tercantum namanya kasih masuk formulir pmdknya di sman 17 makassar ga?balas yah...thanks before




Sabtu, 02-02-2008 18:10:10 oleh: haniya

thax bgddd udah bantu,,
gw jd lbh bz prioritasin FK,mana yang mau gw pilih

thax a lot ^_^




Sabtu, 09-02-2008 15:35:29 oleh: Papario

FK Unsoed walaupun baru berdiri dari tahun 2001 tapi prestasinya bagus juga kok....dijamin masuk Unsoed bakal jadi dokter yg berskill, berknowledge, dan berattitude....



Rabu, 27-02-2008 11:45:56 oleh: fk undip'erz

Emang FK Undip ga kalah hebat dr yang lainn nya...
Pantas aja Undip masuk 500 PT terbaik DUNIA...
Bersama dengan UI, ITB dan UGM




Sabtu, 01-03-2008 00:28:56 oleh: SHERLOCK HOLMES

Unsoed ko ga masuk yaahhh??>kedokteran unsoed kan kmaren masuk unggulan nasional.....yang masuk unsoed dapet beasiswa unggulan from depdiknas....Kurikulumnya berakreditasi A sejajar dengan 6 Univ Negeri yang disebutin di atas...piye too??
Iya si kedokteran Unsoed masi baru, n baru dapet akreditasi perdananya yakni akredit B,pi gw yakin banget thun 2010 Unsoed bakal dapet akreditasi A....




Senin, 03-03-2008 09:44:59 oleh: Idha manis

kok unand no 12...!buat unand ,benahi diri dengan meningkatkankan kualitasnya.soalnya gwe mau masuk fk unand nih




Sabtu, 08-03-2008 11:12:09 oleh: bie

bismillah....
saya pikir fk unair adalah yang terbaik di Indonesia, kita telah di akui secara internasional dalam studi2 tertentu pada beberapa penyakit dan kita adalah gudangnya pakar dalam bebarapa disiplin ilmu kedokteran. selain itu saya tidak melihat fk UGM sehebat apa yang di katakan orang dan fk UI pun sama...jujur saya adalah anak seorang penjahit miskin, kalian ga akan lihat fk yang dari segi biaya semurah fk unair dengan segala kualifikasi yang sangat terjamin bahkan untuk bersaing secara internasional. rumah sakit rujukan pertama di Indonesia timur, program spesialis yang sangat terjangkau bahkan gratis yang membuat seoarang anak penjahit miskin seperti saya tidak hanya bermimpi untuk menjadi seorang dokter hebat. fk UI hebat tapi tidak lebih murah dari fk Unair dalam segi biaya, untuk program spesialis harus merogoh 15 juta rupiah/semester...hanya orang berduit yang mampu padahal belum tentu semua orang berduit layak mendapat itu. apalagi fk UGM, sistem yang di janjikan begitu hebat tapi begitu memaksakan diri,dan mereka tidak memiliki sejarah kedokteran yang cukup bagus. sebuah jaminan kualitas dan standar profesi kedokteran yang luar biasa hebat akan anda dapatkan di fk unair tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi bahkan gratis. UGM hebat secara universitas tapi tidak untuk FK dan semua tahu FK UI adalah terbaik dengan sejarah kedokteran yang sangat manis(STOVIA) tapi juga dengan biaya "terbaik". aku bersyukur memilih fk UNAIR..dan bagi kalian yang merasa biaya adalah masalah utama maka minta ampunlah pada Allah karena fk UNAIR adalah yang termurah dan yang terbaik di Indonesia.




Sabtu, 15-03-2008 17:24:09 oleh: frzk

unissula ga msk ya???



Selasa, 25-03-2008 12:03:11 oleh: Fay

Informnya sangat menbantu. dan akan sangat lebih membantu kalau passing grade taon lalu dicantumin juga!!




Minggu, 20-04-2008 12:54:01 oleh: Kadek Hendra Dwitenaya

Klo bole tau,kriteria yg untuk penentuan FK terbaik di Indo apa aja tuch?
Hasilnya objektif ato subjektif?
Trus,kualitas lulusannya dinilai ga?




Senin, 21-04-2008 20:35:54 oleh: cardio

very good... ternyata FK Unair udah masuk 3 besar...hehehe...kukira kalah dari Unbraw.



Rabu, 23-04-2008 16:14:04 oleh: agoez

kalo mau objective, jgn pake data yg dari dalam negeri (Indonesia)... Pake data dari luar negeri aja (SHTJ,CINDOC,Webomatrics, Time). Karena kalo yang survey dari lembaga dalam negeri (PDAT Tempo, Dikti) pasti aka bias. Karena mereka juga alumni dr universitas yg disurvey...bisa-bisa UPH pun masuk ranking 2... hahahaha



Rabu, 23-04-2008 19:55:31 oleh: ryan

FK UNDIP keren kok,, biayanya jg murah ketimbang FK2 lain.FK UI ma UGM bagus tapi MAHAL,cuma buat org2 kaya tp FK UNDIP biayanya masih relevan alis murah.Klo secara otak lo mampu masuk FK mnding di UNDIP deh,secara RSnya juga RS RUJUKaN se Jawa Tengah.Anak2 FK trisakti,atmajaya,unisula,UKI,UNSUD, coassnya ambil forensik di FK undip loh.
So HIDUP FK UNDIP !!!!!
Setau gw FK UNDIP Ma FK UNAIR sama scara kualitas deh,tp klo FK UNPAD kayaknya di bwh FK UNDIP.Dia cuma menag passing grade aja secara lokasinya kan di dkt2 bandung,,, ank jakarta pasti byk yg pilihnnya UNPAD ato UI,bner gak???




Selasa, 29-04-2008 07:58:38 oleh: rina widia

ada yang di negeri,tp didaerah jabode gak???
slain yang diatas




Rabu, 14-05-2008 12:04:06 oleh: wong pinter

saya siswa kls XII,,
saya rasa semua FK baek... tapi yang terbaik menurutku adalah FK UNEJ( jember ).




Kamis, 15-05-2008 22:10:57 oleh: herbha

Memang universitas tertentu memiliki kelebihan sistem dan fasilitas yang dapat meningkatkan kualitas mahasiswanya. Tapi menurut saya saat ini berbagai informasi global sudah mudah diakses, termasuk buku kedokteran luar yang baru banyak e-booknya beredar di internet, jadi yang penting niat dan kerja keras rela berkorban dimanapun anda menuntut pendidikan. Sebagai contoh sudah 3 orang yang mendapatkan medali frist step to nobel prize berasall dari SMU di Papua, bukan dari kota besar.



Selasa, 20-05-2008 11:47:56 oleh: MZA

saya udah lulus salah satu dari 5 fk terbaik yang ada diatas...udah ptt..udah ikut beberapa training...jika bertanya mana yang terbaik...sebagian Bedah dan interna mungkin UI yang plng top...kalo Anak itu UGM yang terbaik, ...Kalo bedah thorax itu Unair yang terbaik...kalo bedah ortopedi...mungkin Unpad yang terbaik....
kalo mslh biaya pendidikan spesialis...tidak ada yang murah termasuk UNAIR...contoh temen saya masuk salah satu bagian disana butuh dana diatas 150 jt...
Kalo pendidikan S1 dan profesi...dari sistem pemebelajaran yang paling maju untuk KBK hanya UGM dan unpad.... UI dan UNAIR baru nyusul belakangan.....kalo Undip masih pake sistem lama...
kalo dari segi fasilitas UI/UGM/UNAIR/UNPAD..saya pikir sejajar...
jadi mana yang terbaik...jawabnya...itu tergantung dari sisi mana memandang




Senin, 26-05-2008 10:13:53 oleh: aufa

saya mahasiswa fk unej..data diatas memang berkaiyan dengan kondisi di fk tersebut pada umumnya..toh,jika kita udah jadi bagian di sana..walaupun masuk di (maaf) yang nomer 1 sekalipun,tapi g belajar ya sama aja..pas udah jadi dokter juga g bisa maksimal..yang penting ialah proses qt di dalam fakultas kedokyeran itu..ntar juga pasien2 kita g aklan nanya: "mas,lulusan mana?angkatan brp?" kan ya g gitu..so,aq kira semua fk sama aja kok..asal yang masuk fk janagn cuma ambil yang erduit thok..tapi ambil yang otaknya jg siip..^^so,biar jadi dokter yang berkualitas..



Selasa, 03-06-2008 19:46:53 oleh: flash

saya termasuk 10 besar lulusan SMU Program akselerasi th 2007, katanya masuk FK tanpa tes, tapi nggak tanpa bayar, bahkan biayanya justru lebih gede. Saya termasuk yang nggak mampu bayar. Sekarang saya kerja bantu ortu jualan di pasar. Kayaknya emang benar, orang miskin di Indonesia dilarang sekolah?????!!!!
Bagi saya FK terbaik didunia adalah yang mau menampung siswa berprestasi meskipun miskin.




Selasa, 03-06-2008 20:10:23 oleh: COKRO

nak,
jangan terlalu mikir bast bist bust best, yang penting jadi manusia dan dokter berguna.

@ aufa
sabar..sabar..sabar donk ah




Rabu, 11-06-2008 19:14:40 oleh: ina

bner gag sih FK trisakti tuh FK swasta trbaik ??
gw udah kterima di sana soalnya ..
tapi kok tesnya boleh pake kalkulator ya??
heran ..
coba waktu tes, gw bawa kalkulator ..
ckckckck ..




Kamis, 12-06-2008 17:54:17 oleh: nads

aku mahasiswa FKUI. aku kira FKunair yang paling bagus. tadinya aku udah masuk FKUnair dari jalur PMDK. tapi kebetulan lulus SPMBnya FKUI, dan domisili aku di Jakarta, aku bersyukur di FKUI.

sebenernya ga perlu takut untuk masuk FK kalau kamu emang lulus. dari pihak univ atau FKnya sendiri pasti bakal ngebantuin. banyak koq dokter2 yang bakal ngebantuin biaya sekolah.
begitu masuk juga nanti banyak tawaran beasiswa.

@ bie: utk ambil spesialis di FKUI, kalau reguler memang 15 jt. tapi kalau selesai PTT, cuma 3 juta semesterannya.





Jumat, 13-06-2008 10:54:03 oleh: Radietya Alvarabie

Sahabat2 ku Mahasiswa Kedokteran, menurut saya Pendidikan Dokter di Indonesia semuanya baik. Memang ada skala penilaian kualitas (Akreditasi) untuk tiap2 Fakultas Kedokteran maupun program studi yang lain, namun ini semua diharapkan sebagai sarana evaluasi bagi Institusi yang bersangkutan dan Institusi lain.
Bila ada yang nilai Akreditasinya baik diharapkan dapat menjadi contoh dan membantu yang lain, bila ada yang masih kurang diharapkan sebagai sarana guna meningkatkan kualitasnya dikemudian hari.

Saya sendiri sangat bersyukur dapat berkuliah di Fakultas Kedokteran (Universitas Jenderal Soedirman/UNSOED). Saya berharap kedepannya FK UNSOED dapat lebih baik lagi begitu juga untuk FK lainnya yang ada di Indonesia, semoga kelak menjadi semakin baik.

Terima kasih untuk FK UNDIP yang telah banyak membantu FK UNSOED hingga sekarang berhasil meraih prestasi yang luar biasa di usia yang masih sangat muda (Penerima Beasiswa Unggulan Nasional/BUN).

Sukses terus untuk Sahabat2 semua.




Rabu, 18-06-2008 16:01:05 oleh: Reza

Menurut saya metodologi pemeringkatan ini masih kurang valid karena hanya berdasarkan kuesioner. Sekarang kan udah ada yang namanya BAN-PT yang tugasnya mengakreditasi perguruan tinggi di Indonesia. Kalo emang ada yg sama2 akreditasinya "A" kan bisa diliat lagi skor yang paling tingginya siapa.
Khusus buat FK buat ngeliat yang mana yang terbaik diliat aja dari statistik kelulusan ujian kompetensi dokter. Secara logika udah bisa diliat kalo semakin banyak yang lulus, semakin bagus kualitas FKnya..

Mungkin ada yang ga setuju??




Senin, 23-06-2008 12:14:07 oleh: kiki

FK UNAIR MEMANG BAGUS TAPI KOMERSIIL SEKALI SEKARANG ..... MASAK TAHUN INI UANG PANGKALNYA MINimal 100 JT..... sejak di pegang Dr Puruhito semakin komersiil .... hanya untuk orang kaya ...



Selasa, 24-06-2008 13:56:49 oleh: nobody

saya mahasiswa fk unlam. Saya pribadi merasa semua fk di indonesia sama baiknya, karena yang paling menentukan kualitas adalah input mahasiswanya. Belum tentu universitas yang terletak di daerah kualitasnya kalah dengan universitas yang ada di kota2 besar. Semoga dengan dikeluarkannya daftar ini bisa membuat para mahasiswa di fk unggulan untuk bisa mempertahankan peringkat universitasnya, dan para mahasiswa di universitas yg belum masuk dalam daftar di atas bisa terlecut untuk menggenjot peringkat universitasnya.



Minggu, 29-06-2008 13:36:18 oleh: lorddhika

Mengikuti prinsip para anesthesiologist di FK Unpad, there is no good technique of anesthesia, there is no good drugs for anesthesia, there is only a good doctor. so kalo buat gw ga penting mana FK yg terbagus, yg penting balik lg ke manusianya. mau masuk FK mana pun elo kalo belet, gada usaha, dan ga ada rasa kemanusiaan dan kebijaksanaan sebagai seorang dokter, maka siap2 aja ketemu sama gw di MKEK ato bahkan siap2 masuk pengadilan. bukan begitu rekan2 sejawat sekalian?



Jumat, 04-07-2008 19:55:23 oleh: ojenn

klo mnurut sya..FK UNAND yg paling bagus di luar jawa.Gak salah tu Unsri lebih baik.soalnya unand passing gradenya lebih tinggi dariusu dan unsri.




Sabtu, 05-07-2008 19:38:09 oleh: muhammad ichsan fathillah

gimana sihh kalo mau dapat beasiswa kedokteran thaun 2009 nanti...
aku sekarang kelas tiga n aku mau sekolah yang tidak membebani orang tua,,
beasiswa itu dapetinnyaa gimana aja???
tolong kasih tau ke aku yah




Senin, 07-07-2008 19:08:52 oleh: taraa

haii,,, aku ank fkugm..
hehe ga nyangka, fk ugm nomer 2,,
aneh bgt ni yang bikin penelitian??!!
bung,, jangan sok tau dehh,, kmu liat apanya koq seenaknya ngerangking!!
duh2, prasaan di ugm, aq ancuur bgt gtu,,
klo penelitian kmu bener,, heheh ga kebayang deh fk2 lain..




Senin, 07-07-2008 19:19:17 oleh: ririn boru hasibuan

pastilah...
fk usu masuk sepuluh besar......
kan usu itu termasuk universitas terbaik di pulau sumatra..
horas bah.......




Selasa, 08-07-2008 21:40:59 oleh: Dwi

Saya Siswi kls Xll. . .MenurutQ Fk Unair is the Best. Lihad aja Passing Gradenya dan Jumlah Peminatnya Paling Tinggi. . Nah, Slain itu Fkg Unair saja Masuk ke dalam nominasi Fkg Unggulan Se-Asia Tenggara




Kamis, 10-07-2008 12:33:27 oleh: harari ukeda

FK unand adalah yang paling terbaik di pulau jawa, sekarang aja dengan program PBL nya fk unand udah bisa disejajarin dengan medical faculty of missisippi USA



Kamis, 10-07-2008 20:21:11 oleh: rara

wah,saya juga mahasiswa FK dr universitas terkenal tapi saya tdk sombong



Minggu, 13-07-2008 16:35:33 oleh: respi

semua FK itu MAHAL
jaman sekarang bohong besar ajah FK itu murah
yah katakanlah masuknya emang gratis tapi buku2nya,biaya praktikum,biaya ujian panum,biaya2 kalo inhal
semua di FK itu butuh duit
ga mungkin banget FK itu murah,,,
non sense,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
dan lagi gag ada FK yang bagus ataw JELEK semua tergantung dari MAHASISWA itu sendiri

SEHARUSnya jangan bangga karena cuman kuliah di FK UI,UGM,delelel lah yang k atanya termasuk 10 besar indonesia
yang penting BERGUNA aPA GAK kalo udah jadi dokter ntar
!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

mana ada FK yang jelek/bagus,,semua FK kan mata kuliahnya sama
yang membedakan hanya dulu2an berdiri nya jadi semakin tua usia suatu FK bakal terlihat semakin bagus itu karena ALUMNI2nya yang udah nyebar dimana2
mau kuliah UI,UGM,UNAIR tapi kalo mahasiswa nya gag jelas yah gag ngaruh lah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!




Rabu, 23-07-2008 10:34:55 oleh: nadia

wah2... sabar sabar...
sabar sodara- sodara....




Jumat, 25-07-2008 11:28:55 oleh: irwan

aduh...aduh...
spulau jawa emang banyak yang saingan FK-nya pdahal pulaunya hanya kecil gtu.......
tapi lihat donk se-indonesia timur dengan luas sbesar itu tetap UNHAS jadi yang terbaik,,,,,mau tau biaya smesterx?????
750.000/smester..heran?....program KBK lg,,,,pbl,csl,international class...
kalo bedah ortopedi,kyakx UNHAS yang terbaik,..
ketua bedah ortopedi dari UNHAS....
jdi yang mw cri FK,di UNHAS adja, krna UNHAS negri bkan BHMN!!!!BHMN, cma cri uang.....
uang kos di sni adaj cma 2 jta/tahun,biya hidup?jangan di tanya!murah bgt........




Sabtu, 26-07-2008 00:21:14 oleh: bianca

bung,ga salah tuh,trisakti d urutan 8?
menurut saya,fk atma jauh lbh baik drpd trisakti.




Sabtu, 26-07-2008 11:24:57 oleh: nizar

koq UNIBRAW peringkat 13 sehh,,,UNIBRAW kan bagus FKnya,,,udah banyak tuh LULUSAN FK UNIBRAW yang sukses udah gitu pinter lagi,,,,
om saya juga lulusan FK UNIBRAW,,,ia sekarang tugasnya di jakarta sbg dokter spesialis kandungan...
ntu ngerangkingnya diliat dari apaan sehh??




Sabtu, 26-07-2008 11:28:06 oleh: nizar

koq UNIBRAW peringkat 13 sehh,,,UNIBRAW kan bagus FKnya,,,udah banyak tuh LULUSAN FK UNIBRAW yang sukses udah gitu pinter lagi,,,,
om saya juga lulusan FK UNIBRAW,,,ia sekarang tugasnya di jakarta sbg dokter spesialis kandungan...
ntu ngerangkingnya diliat dari apaan sehh??




Senin, 28-07-2008 16:46:23 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Begini adik-adik, sekolah formal memang perlu, jadikan peringkat "hanya" untuk pemicu belajar. Makin "rendah" , makin "terpacu" untuk belajar.
Dunia kedokteran, memberikan kesempatan sangat luas untuk berkembang. Jalani yang ada pada sekolah masing-masing , tambah sendiri dengan berkomunikasi. Sudah bisa berkomunikasi dengan internet di Wikimu, sudah merupakan permulaan yang baik. Alam terkembang jadi guru, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Nah, jangan "menyerah ' pada ranking. Pengalaman mengajar, menunjukkan pada saya, kepribadian, kemauan, merupakan kunci sukses.
Pengembangan ilmu, yang bisa membatasi hanya angan-angan kita. Terpaku pada ranking terendah, disitulah kita, puas dengan "ranking" , berhenti kita.

Nah, "ranking" jadikan pemicu. Untuk "menjadi" sesuatu dan "seseorang" banyak faktornya. Berdoa jangan lupa. Saya dapati tidak ada sesuatu yang kebetulan. semua terjadi atas kehendak-Nya.

Selamat berjuang , (para)calon pemimpin Indonesia




Selasa, 29-07-2008 19:47:13 oleh: ferry

HOAH......

Membosankan lihat orang saling bertengkar.......
Udahlah, mari kita lihat diri sendiri aja, apa yang bisa kita sumbangkan untuk orang lain, bila ditrima di FK manapun juga :
1. Bersyukur kepada Tuhan
2. Belajar dengan tekun
3. Mengamalkan ilmunya pada orang lain dengan tulus
4. Mengembangkan ilmunya......

Niscaya, bukan universitasnya yang rankingnya nomor 1 tapi diri kita yang RANGKING 1

Menurut saya begitu




Jumat, 01-08-2008 07:32:37 oleh: Alejandro del los Medicos

Peringkat yang tinggi dan perebutan gengsi ngga njamin suatu FK tertentu menghasilkan lulusan yang baik pula. Daripada sekedar ngomongin gengsi dan rangking, lebih baek semua mahasiswa FK di Indonesia (termasuk aku juga) buka buku belajar baek2 supaya selesai tepat waktu dan IP bagus. Mari kita kembangkan dunia kedokteran Indonesia demi kepentingan rakyat Indonesia. Mari kita jadi dokter yang SCIENCE and SOCIAL oriented. Jangan berpuas diri dulu (apalagi sombong), my friends, mahasiswa kedokteran kita belum ada yang terima nobel di bidang kedokteran. Ayo!





Jumat, 01-08-2008 09:01:01 oleh: mutia

iya betul2.

jaman sekarang fakultas APAPUN di universitas MANAPUN tidak menjamin orang tersebut akan sukses mendapat pekerjaan yang mantap.

bisa saja lulusan dari universitas yg tidak terlalu dikenal justru lebih hebat daripada lulusan dari universitas yg terkenal.

toh nantinya semua lulusan tersebut akan dites kemampuannya

dan akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan, kerjakan dan usahakan.




Jumat, 01-08-2008 09:40:39 oleh: mutiara

buat ina (komentar di atas)

aku anak fk trisakti.

menurutku, kalo ujian pake kalkulator mah tak usah dipermasalahkan.
dan tidak menentukan bahwa universitas yang menggunakan kalkulator saat ujian itu bagus atau tidak.

kita kan bukan anak SD lagi,
yang sebenarnya bukan belajar MATEMATIKA!
melainkan belajar BERHITUNG!


kalo sudah tingkat universitas kan kita sudah tahu tentang cara BERHITUNG (tambah, kurang, kali, bagi) yang biasa dilakukan anak SD.

toh dalam kehidupan sehari2 tidak lucu bila seorang pasien meninggal hanya karena penakar obatnya SALAH HITUNG!

di universitas2 luar negeri, memakai kalkulator untuk BERHITUNG itu adalah hal yang SANGAT BIASA dan wajar.

karena kita belajar ilmunya, bukan hitungannya.

tidak lucu bila waktu ujian kita habis hanya karena kita terlalu lama berhitung,misalnya, 8748932958694235 dibagi 4892356239.

maka waktu ujian mereka (anak2 universitas luar negeri) pun lebih singkat.
karena mereka diasah untuk MENGANALISIS CARA, bukan JAWABAN AKHIR!




Senin, 04-08-2008 21:34:21 oleh: hidan

buat mutiara (komentar di atas)

ya ga mungkin juga "8748932958694235 dibagi 4892356239" jadi soal seleksi. Mbak...mbak... kalo mau ngasih komentar dipikir dulu dong!!!

orang yg pandai MENGANALISIS CARA juga akan biasa berhitung manual.Lihat aja anak2 Olimpiade




Selasa, 05-08-2008 16:52:08 oleh: anisa destya

duh...duh..
koq jd pd ngeributin di univ mana FK yang paling d'best???
yang penting kitanya aja koq, bisa apa nggakita yang insya ALLAH nanti jd dokter,menerapkan ilmu-ilmu yang udah dipelajari untuk menolong sesama dengan tulus...
daripada jebolan univ luar negeri sekalip ato univ terbaik di indonesia sekalipun tp nanti jd dokter yang komersil alias matre??
hehehe...
gw percaya smua mahasiswi kedokteran itu otaknya udah 2500 cc koq..
mobil balap aja kalah :)
yang penting nantinya qta bisa berguna buat semua orang...

success 4 u all
sasha_271289




Selasa, 05-08-2008 17:15:06 oleh: icha_niezt

gw udah diterima di trisakti nih..
alhamdulillah bgt!
tp yg lg gw bayangin, kaya apa ya belajar di FK??
apalagi ospeknya?
duh... separah yang orang-orang bilang ga siy??
ospek trisakti screaming abis!!
senior2qu tercinta, jgn terlalu sadis ya...
juniormu ini janji akan menjadi mahasiswi yang baik dan ngga banyak tingkah..
huhuhu... :(





Rabu, 06-08-2008 11:07:29 oleh: boy

wahh... wah.. kok jadi ribet bgini sih...
jadi tambah bingung mana fk yang terbaik,Q udah di terima di fk unhas..,tapi masih kepikiran untuk ikut test lagi taon dpan,bwt nembak fk ui atw ugm,beri saran donk?aku harus gimana?




Rabu, 06-08-2008 11:43:09 oleh: NN

mnnurut saya FK Unand jauh di atas dr USU dan UNSRI..
dmana2 org tau klo FK Unand itu terbaik dluar pulau jawa dan termurah diantara fkultas kedokteran universitas unggulan lainny..
untuk smestran aj cuma dbebankan Rp 1.050.000,-
srta beasiswa bwt tmn2 yg berprestasi dan krang mampu....
bayangin aj dbndgkan universitas lainny yg konon dpt mncapai pluhan bhkan ratusan juta rupiah...

untuk kualitas ga usah dragukan,,wlawpun murah bkn brrti kualitas FK unand mrahan...
bktinya FK Unand saat ini sdh terakreditasi A

jd bwt tmn2 dn adek2 yg berminat mnjadi dkter g usah rgu untuk mmilih FK Unand sbgai tmpt mnimba ilmu...




Kamis, 07-08-2008 18:54:52 oleh: fktrisaktiinsider

MAKE FK TRISAKTI UR LAST CHOICE TO BECOME A DOCTOR!!!

gw anak fk 3sakti yang udah ngejalanin 90% program fk trisakti buat jadi dokter...n gue kecewa banget sama kampus ini.n gue niat banget ngasi tau smua alesan knapa gw ga recomend elo-elo pada mau masuk fk trisakti..
1. kalo masalah duit ga usah ditanya,emang
mahal..universitas lain juga mahal,tapi mereka
rata2 punya RS sendiri,kita smua tau 1/3
pendidikan dokter dijalanin di RS..nah sekarang
trisakti ga punya RS sendiri...which is kita
harus ngantri buat 1/3 masa pendidikan
kita...lama yah
2. Karena kita numpang tanpa ada perlindungan dari
kampus, makanya Pihak RS ga menghargai
kita... kita dipaksa puas sama nilai C...yang
mana nilai itu akan ngehambat kita saat ingin
ngambil program spesialisasi...itu kenapa
sedikit sekali anak lulusan FK trisakti yang
jadi spesialis..lo mau kaya gitu?
3. Pihak dikjar kampus sama sekali ga mikirin
kepentingan kita..koas...bagi mereka kita
seperti barang yang harus diatur tanpa punya
perasaan,tanpa punya keterbatasan...yang jadi
alasan mereka adalah mereka repot,banyak yang
harus kerjain.jadi mereka ga punya waktu buat
ngurusin koas yang punya keperluan khusus..
Sementara waktu kita koas,besar kemungkinan lo
akan dapet masalah, atau keadaan yang butuh
penyesuaian,dan lo berharap kampus akan
paham,dan ternyata lo akan kecewa..
4. ketika lo koas lo harus siap dikirim ke antah
berantah buat ngejalanin siklus...tanpa punya
pilihan, tanpa punya kepastian di daerah itu lo
akan tinggal dimana, berapa biaya ekstra yang
akan lo keluarin, itu smua urusan lo ...kampus
ga mau ikut campur..lo akan ngerasa ga bisa
dapet dukungan dari kampus lo..lo ngerasa
sendiri..
Universitas lain juga mengirim koasnya untuk
koas di luar jakarta...tapi dengan pilihan,
dengan kepastian,dengan cara




Kamis, 07-08-2008 19:03:28 oleh: fktrisaktiinsider

nyambung yang diatas..

gue kecewa udah masuk kampus ini,tapi terlalu kalo mau mundur..

gue cuma pengen orang2 yang mau milih FK trisakti, tau sebener2nya kampu macem apa yang mereka pilih...
smua omongan gw boleh di konfirm ke anak2 trisakti,kalo bisa yg udah koas yah..karena kalo masi di kampus paling mereka baru ngerasain alesan no.1 aja..
coba banyak cari tau,banyak nanya kalo mau masuk universitas..karena lo akan ngabisin banyak waktu disana, ngeluarin banyak biaya... cari universitas yang worth it..yang ga ngerugiin elo..
gue cuma ga pengen ada orang yang ngerasain yg gue alamin..selagi punya waktu,punya pilihan coba pikir lagi untuk masuk fk trisakti..


for ur information,fk triakti udah daper somasi akan di turunkan akreditasinya,karena sampe taun 2008 belum ada anak trisakti yang ikut Ujian kompetensi...knapa bisa begitu..karena belum ada yang lulus,knapa begitu karena koas ga dipikirin sama pihak kampus,knapa begitu liat lagi message diatas....





Jumat, 08-08-2008 11:55:30 oleh: mr.nicholson


totally unacceptable...

simply awful...

very unprofessional and ridiculuous !!!!

METODE DALAM SURVEI INI ADALAH RESPONDEN KETUA PRODI !

Bukankah itu tidak lain hanyalah permintaan opini kepada yang bersangkutan ?!

okay, ada 183 orang..., itu merupakan jumlah yang cukup untuk membuat a "so-called" clean vote.

tapi untuk mendapatkan hasil survey dengan ketepatan minimal 70% keatas anda masih harus mempertimbangkan BANYAK segi yang lain, seperti NILAI NASIONAL RATA2 (input), FASILITAS, PRESTASI,HASIL KARYA MAHASISWA,LINGKUNGAN, DLL.

ambil contoh, liat aja tuh brawijaya terpuruk di angka sial 13, dan trisakti kalah sama usu

ini mah patut diketawain....

adik2 yang masih kelas sma....

tolong yah...., jangan mudah terpengaruh pada survey kacangan seperti ini. Ikutilah kehendak hatimu...., karena Insya Allah itulah jalan yang terbaik bagimu.

dan intinya, gak peduli bagus apa nggaknya universitasmu, PRESTASIMU TERGANTUNG PADA DIRIMU SENDIRI !!!!!!!




Jumat, 08-08-2008 19:05:41 oleh: bebop


yo'i, gw setuju sama mr. nicholson....

gw jg gak setuju dengan hasil survey bersistem pemilihan ini diserbarkan di internet..

gw takut akan ada banyak anak2 sma yang bakal memiliki pandangan salah mengenai peringkat universitas2 yang ditulis....

by the way kasian juga tuh universitas brawijaya seperti diludahi wajahnya bisa terpuruk di peringkat segitu.... ^^


aduh adek2.... close aja deeh situs ini.... bisa menyesatkan !

tambahan dari gue hampir sama kyk yg diatas, universitas emang penting, tapi bukan segalanya, karena pendidikan dokter yang sebenarnya dimulai ketika kita udah terjun ke masyarakat.




Sabtu, 09-08-2008 11:44:32 oleh: ed

bagusan mana yach FK yarsi atw trisakti ye klu bwt j jkrta? katax yarsi punya RS joinannya ye? bner g sech and trisakti punya juga g y?



Sabtu, 09-08-2008 22:21:47 oleh: Ry

Gue anak Yarsi. Yang gue denger saat ini Yarsi malah lebih bagus dari Trisakti, dan akan terus berkembang. Setiap dokter yang guw ajak ngobrol dosen FK UI dll ] juga bilang gitu.

Cuma mungkin gak semua orang mau karena mahasiswi diwajibkan pake kerudung dan kampusnya yang islami. Padahal fk-nya sendiri udah bagus banget. Apalagi sekarang juga lagi pembangunan gedung baru yang keren abis. Beberapa taun lagi juga udah punya RS sendiri.

Biaya ya standarlah kaya FK swasta lain. Emang lumayan mahal.

Tesnya kayaknya emang gampang. Yang ngisi asal2an juga diterima. Tapi, faktanya, yang bisa lulus itu cuma setengahnya. Misal, tahun ini yang masuk 300 orang. Yang bisa lulus tepat waktu dengan nilai memuaskan, paling cuma 100 orangan. Jadi emang yang berkualitas aja yang bisa lulus dengan baik. Lainnya, ada yang DO, keluar karena gak kuat belajar di fk, dll.

Jadi, ya guw rasa gue gak salah pilih untuk kuliah di Yarsi.




Sabtu, 09-08-2008 23:53:43 oleh: fktrisaktiinsider

udah jelas bagusan YARSI lah...
jangan masuk trisakti kalo ga mau sakit hati




Senin, 11-08-2008 15:27:38 oleh: Githa Mutiara

Bener gag siH FK trisakti kaya gitu??tolong beri kepastian ma aku...!aKu baru mau kuLiah di trisakti,,udah ngeluarin biaya mahaL!aku dari luar daerah!!!apa aku harus di kecewain???tolong balaz koment ku!!!!ini masalah masa depan yang nurut aku important banget!!



Rabu, 13-08-2008 08:00:55 oleh: tommy


iya, aku setuju ma pendapat mr.nicholson dan bebop.

survey ini menyesatkan dan patut segera ditutup.

anak2 sma jangan tertipu yah...




Rabu, 13-08-2008 09:11:59 oleh: Bayu Wardhana

Teman-teman,

kolom komentar di warta ini kami tutup, karena warta ini sudah satu tahun lebih, dan datanya mungkin sudah berubah pada tahun 2008 ini.

salam hangat,

Bayu Wardhana
admin wikimu.com




PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY