Simbol Singo Edan & Arema Miliki Akar Sejarah Panjang

Jumat, 05-06-2009 09:11:46 oleh: Mediansyah


Tahukah Anda, bahwa simbol "singo edan" yang kerap di usung arek-arek Aremania dalam mensuport klub sepakbola  Arema dan Persema Malang  itu tidak asal comot. Namun punya nilai historis atau akar sejarah panjang dan  khas lokal kota Malang?

Simbol singa (foto) memang secara resmi pernah menjadi simbol kota Malang sejak Staatgementeraat kota Malang menetapkannya pada 7 Juni 1937. Keputusan bernomor A2 407/43 ini disahkan pula oleh Gubernur Jendral pada April 38.  Simbol singa  itu  diberi  "sesanti" berbahasa Latin: Malang Nominor Sursum Moveor (Malang Namaku Maju Tujuanku).

Namun, semangat menyingkirkan apa saja yang berbau kolonial, kemudian menyebabkan Dewan Kota Malang mengubah lambang ini pada tahun  1951. SK No 51 DPRD Malang ini mengubah lambang kota menjadi Burung Garuda dan Macan Loreng, namun waktu itu sesantinya tetap.

Kemudian, pada tahun 1964, lambang kota Malang berubah lagi lewat keputusan DPRGR No 7 menjadi seperti sekarang, yakti simbol Tugu dan Bintang sedanga sesanti baru "MalangkuCeswara" dari bahasa Sangsekerta bermakna "Tuhan Menghancurkan yang Batil".

Bagaimanapun juga, jelas simbol "singa edan" memiliki nilai lokal dan historis bagi wilayah  Kota Malang  dan sekitarnya. Bahkan Jika ingin menggali lebih dalam, benayka ditemukan pemimpin-pemimpin Malang purba yang bergelar "Singha" atau "Simha".

 



Sumber: Repro dari Dinas Pariwisata Kota Malang



Lihat Warta Foto Beranda Yang Lain

cetak Bookmark and Share

Penilaian anda

Kirim Foto Pada Teman
* Email penerima:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
7 Komentar pada foto ini
Minggu, 07-06-2009 16:31:51 oleh: wiryo hadi

bagus, ternyata itu merupakan lambang malang tempo dulu toh. saya kira itu cuman melambangkan kesangaran dari seekor singa aja. tapi yang juga penasaran lambang burung garuda dan macan lorengnya. penasaran.



Jumat, 04-12-2009 00:57:23 oleh: Andika adji p

buat yang lebih menarik lagi..yana lrbih garang kalo bisa..



Jumat, 04-12-2009 13:58:08 oleh: mediansyah

di Indonesia, mungkin hanya di daerah Malang, dengan mudah kita menemukan simbol (logo) suporter sepakbola setempat. Simbol (gambar dan patung) singa, sangat banyak ditemukan di pagar, tembok rumah. Bahkan patung singa banyak dibuat dengan gotong-royonhg warga RT, dan banyak ditemukan juga di halaman sekolah SD/TK, perkantoran dll..



Jumat, 30-04-2010 00:23:34 oleh: rendi busar

logo arema dipilih berupa kepala singa juga karena arema sendiri lahir pada bulan agustus, dan simbol zodiak untuk bulan agustus adalah leo.. (suer g boong) :D



Sabtu, 08-05-2010 18:50:14 oleh: randi satria gunadi

betul apa yg dikatakan rendi busar.
bahwa lambang singa itu diambil dr lambang zodiak bulan Agustus. Sebab Arema sendiri lahir pd
11 Agustus 1987. Terlepas dr lambang kolonial itu sendiri, maknanya pun jauh sekali. Lambang singa kolonial menunjukkan kekuasaan pd koloni-koloni yg didudukinya. Sedang lambang singa Arema adalah menggambarkan pemain-pemain Arema memiliki karakter garang seperti singa sehingga disebut edan (dlm bahasa jawanya).

ok saia tunggu di FB inbox -Satsuria ஜ Gunade-




Selasa, 19-06-2012 00:24:19 oleh: sigit

kurang tepat!!! singo edan adalah seorang bupati demak dan seorang panglima perang kerajaan demak yang memiliki pamor besar di wilayah kerajaan demak dan mataram. Dia juga memiliki peranan besar dalam sistem pemerintahan di kota malang. Silahkan dicheck hubungan kerajaan demak dengan mataram di masa setelah kanjeng sunan kalijaga dimasa penjajahan belanda. Nama singo edan hanya diketahui oleh keluarga besar singo edan dan para abdi di kerajaan demak serta segelintir di keluarga kerajaan mataram pada masa itu. Singo edan adalah julukan dimasa tahun 1850'an dimana kerajaan demak sedang mengibarkan genderang perang melawan penjajahan belanda yang sampai akhirnya menyebabkan kerajaan demak benar-benar hancur luluh lantak. sebagian melarikan diri bersama singo edan ke malang dan sebagian besar dibuang ke pengasingan termasuk ayahanda(kakek buyut kami) dari singo edan. Oleh krn itu, banyak orang beranggapan singo edan hanyalah sesosok lambang kota malang tetapi aslinya singo edan adalah legenda kerajaan demak yang dikenang dikota malang melalui gambar singa. lalu, tahukah mengapa nama singa sampai di iNdonesia?? #silahkan check sejarah kedatangan singa dimasa penjajahan belanda-portugis. Apakah singa adalah hewan asli indonesia pada tahun 1930 ??

lalu kenapa ia dijuluki singo edan?? jawabnya adalah karena dia memiliki rambut pirang, panjang , dan bermuka garang seperti singa yang pernah dibawa belanda ke indonesia untuk suatu pertunjukan hiburan para anggota VOC.




Rabu, 13-03-2013 19:14:34 oleh: Gus Pujo

Benar yg dikatakan mas Sigit. Setahu saya,memang julukan/lambang singo edan dibawa oleh para panglima Pangeran Diponegoro yang melarikan diri ke Malang. Perkembangan kota malang sejak itu tidak bisa terlepas dari jasa para singo edan tersebut. Kebetulan saja simbol penjajah memiliki gambar singa yang berhadapan dan kebetulan juga kelahiran Arema pas bulan Agustus dgn lambang sodiak Leo (Singa). Yg jelas Singa atau leo bukan binatang asli Indonesia. Paling tidak SINGO EDAN bukan asal comot, tapi punya nilai sejarah. SELAMAT & SALAM AREMA SINGO EDAN!!!!



Tambahkan Komentar Anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY